Banjarmasin Post Edisi Senin 4 April 2011

download Banjarmasin Post Edisi Senin 4 April 2011

of 28

  • date post

    25-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    407
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post Edisi Cetak Senin 4 April 2011

Transcript of Banjarmasin Post Edisi Senin 4 April 2011

  • Banjarmasin Post4 APRIL 2011/

    30 RABIUL AKHIR 1432 H

    SENIN

    HALAMANDEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    NO. 14238 TH XXXIX/ ISSN 0215-2987RP 3.00028

    SI PALUiiiii

    Hal 14 kol 1-3

    Anang Gayam

    18:30MAGRIB

    19:38ISYA

    15:39ASAR

    12:27ZUHUR

    05:08SUBUH

    SETELAHmenjadi sarjana,kalian harus te-rus aktif berpikirdan bekerja dimasyarakat.

    Jangan pikir-kan berapa uangyang akan kali-an dapatkan. Ja-ngan hanya me-nunggu tes PNS.Ingatlah, fi al-ha-rakah al-barakah(dalam gerak itu ada ber-kah)! Begitulah nasihat do-sen kami, (alm) M Laily Man-sur, kepada para mahasiswayang baru tamat kuliah.

    SUPEL dalam pergaulanmembuat sosok Inong Melin-da alias Melinda Dee (47) de-kat dengan banyak orang,Terlebih saat dia bekerja se-bagai senior relation managerCitigold Citibank.

    Bahkan, menurut sejum-lah mantan teman kerja Me-linda, perempuan yang di-duga menilap uang milik na-sabah Citibank itu juga sa-ngat dekat dengan atasan.

    Karena kedekatan itu, sangatasan yang berasal dari luarnegeri jarang memarahi meskiMelinda melakukan kesalah-an saat bekerja. Atasan itukalau rapat dan marah kepadabawahan, semua orang pastikena. Kecuali Melinda, ucapperempuan yang enggan dise-butkan identitasnya kepada

    BELASAN orang tewasdan 83 orang luka-luka.Mereka menjadi korbansaat terjadi bentrokan de-ngan aparat kepolisianKandahar, Afganistan, saatmenggelar aksi mengecampembakaran Alquran, Sab-tu (2/4).

    Ya, mereka marah kare-na kitab suci umat Islamitu dibakar oleh anggotasekte radikal fundamen-talis pimpinan Terry Jo-nes di Amerika Serikat(AS), dua pekan lalu. Duadari korban tewas ituadalah polisi.

    Melinda Dekat Atasan Diduga Larikan Uang Nasabah Rp 90 Miliar

    BPost, Minggu (3/4).Mabes Polri sudah mene-

    tapkan Melinda sebagai ter-sangka penggelapan dana

    nasabah dari tiga perusahaansebesar Rp 17 miliar.

    Hal 14 kol 1-3

    Mujiburrahman

    Bergerak, Berubah

    Sebuah gambaran kehidupan dini hari di Banjarmasin tepatnya di kawasan Pantai Jodoh Jalan JenderalSudirman, Seorang perempuan muda yang tidak peduli dengan dinginnya cuaca memilih berada di luar rumah,Kamis (30/3) kemarin. Entah apa yang diharapkannya dengan berperilaku seperti itu.

    FOTO PILIHANKARYA foto pembaca BPost bisa tampil di halaman ini.

    Kirim foto peristiwa ke redaksi@banjarmasinpost.co.id atau

    apunkanwar@ymail.com atau tag FB Apunk BPost

    Dini Hari di Pantai Jodoh

    Kiriman: Indra/Banjarmasin

    M e n g a p agerak adalahberkah, yaknisuatu kebaikanyang berlimpahruah? Karenagerak adalah ke-hidupan. Kehi-dupan itu tam-pak pada jan-tung yang ber-detak, napasyang keluar ma-suk, tubuh yang

    tidur dan jaga, makan-mi-num dan buang air, tumbuhdari kecil menjadi besar, kaki

    Hal 14 kol 4-7

    Jangan Bakar Alquranku

    Keluarga Kami Juga TerancamAwalnya, aksi berjalan

    tertib meski di antara pe-ngunjuk rasa mengibarkan

    bendera dan menya-takan dukunganterhadap Taliban. Na-mun, aksi berubah men-jadi kerusuhan ketikabanyak orang melaku-kan pembakaran ban,melempari polisi meng-gunakan batu serta men-jarah toko. Polisi langsungbertindak represif, namunmendapat perlawan-an. Bentrokan punterjadi.

    Massa baru mengetahuidan langsung terpantikemosinya ketika mende-ngar khotbah Salat Jumat

    dari Presiden Afga-nistan Hamid Kar-zai yang menyebutadanya aksi pem-bakaran Alqur-an.

    Hal 14 kol 1-3

    Tak hanya menolak meng-antar ke kawasan Taman Hu-tan Raya (Tahura, bukan ta-man hutan rakyat sebagai-mana pemberitaan kemarin)Sultan Adam, yang ditam-

    HUJAN bilang kadasing ampihan. Sudahtalu hari ini harinyapina murung tarus.Paling panasnya sa-tumat haja, imbahitu kadap pulangharinya. Maka wanangin daras, ma-ulah hawanya ma-gin dingin haja.

    Tahura Sultan Adamz Penetapan Keppres Nomor

    52/1989, 18 Oktober 1989z Jarak tempuh dari Banjarbaru/

    Martapura: 20 kmz Jarak tempuh dari

    Banjarmasin: 50 kmz Topografi: datar sampai sangat

    curamz Ketinggian: 63-1.373 mdplz Tanah: Podsolik merah kuning,

    latosol dan litosolz Geologi: Batuan induknya

    merupakan formasi sedimenpra-tersier, batuan pluton danbatuan basa

    z Iklim: Tipe iklim A dan B(Schmidt dan Ferguson)

    z Curah hujan (rata-rata): 1.150-2.000 mm/tahun

    z Temperatur (rata- rata): 20-35C

    z Kelembaban (rata-rata) : 73-82 %.

    Potensi Wisataz Danau/Waduk PLTAz Hutan/Pulau Pinusz Pulau Bukit batasz Air Terjun Surianz Air Terjun Bagugurz Bumi Perkemahan Awang

    Bangkalz Hutan alam Mandiangin

    bang secara ilegal, merekajuga waswas jika berbicaramasalah itu di tempat terbu-ka. Kami dimarahi penam-bang bila melakukan hal itu,ucap seorang pengemudi ke-lotok.

    Di Tahura, ada beberapalokasi yang dirusak penam-bang seperti Desa Kalaan,Desa Rantau Balai, Desa Su-ngai Luar, Desa Gunung Ba-tu, Desa Jambuno dan DesaBunglai.

    Selain itu, Muara SungaiPuliin serta kawasan antaraDesa Kalaan dan Desa Artain.

    Kami lebih memilih tidakmengantar daripada tidakbisa bekerja lagi. Tidak tahubagaimana nasib kami jikabersedia mengantar danmemberitahu lokasi penam-bangan, kata pria yang su-

    dah tahunan menjadi penge-mudi kelotok itu.

    Tak hanya mengkhawatir-kan dirinya, mereka juga ce-mas terhadap keselamatankeluarga. Daripada kamidan keluarga terganggu, le-bih baik tidak mengantar.Bahkan ada pengemudi yangterpaksa memberitahu pe-nambang jika akan ada ra-zia, ucapnya.

    Penambang Awasi dari BukitMARTAPURA, BPOST - Kabar adanya an-caman dari penambang ilegal terhadap parapengemudi kelotok di kawasan Waduk RiamKanan, Aranio, Banjar, sebagaimana pembe-ritaan BPost, terbukti benar. Pengemudi me-nolak mengantar ke kawasan penambanganemas meski dijanjikan imbalan besar.

    WADUK Riam Kanan diAranio, Banjar, adalahsalah satu lokasi wisata diKalsel. Panorama alamyang indah di kawasanwaduk mampu menarikminat para wisatawan baikdari Kalsel, luar Kalselmaupun negara lain.

    Tak sekadar sebagailokasi wisata, waduk itujuga berfungsi sebagai

    Lihat Tahura dari Peri

    AP PHOTO/ALLAUDDIN KHANKUTUK SEKTE - Dengan mengacungkan tongkat sembari meneriakkan kecaman, warga Afganistanturun ke jalan, Sabtu (2/4). Mereka mengutuk aksi pembakaran Alquran yang dilakukan sekte radikalfundamentalis di Ameriksa Serikat.

    pemasok air bersih untukpuluhan ribu pelangganPDAM (Perusahaan DaerahAir Minum) dan pembang-kit listrik tenaga air (PLTA).

    Namun, kesemua ituterancam karena maraknyaaktivitas penambang liar diTahura Sultan Adam yangberada di kawasan waduk.

    Hal 14 kol 4-7

    Hal 14 kol 4-7

    Gabung di FB Banjarmasin Post

    Komentar lain di halaman 4

    PENAMBANG liar di Tahura,kembali beraksi. Bahkan,

    mereka mengancam wargadan pengemudi kelotok

    Kita

    Vhia Az-zahraDbeRipenJagaankHusus sjdSn...agar tdk

    mkn mEnjadi2,mkin dbiarinmkn mErajalela..jd hRstEgas..

    Stpbali LinaLiam BruhierItu ga bsdbiarkn,ntar ygrugi wargadsana jg,dmpat drpnambng lian n tdkbrstruktur/trrncna sprtiitu,bs mngakibtkn bnjir nlongsor,buat wrga yg bradad daerh trsbt jgn tkt,kalianhrs kmpak tuk mlaporkn haltsbt kpd yg brwjib.

    Mahar Ada Maknanya

    BANJARMASINPOST/KURNIAWAN

    RIAM KANAN - Kelotok menjadi alat transportasi utama di Waduk Ri-am Kanan PLTA Ir PM Noor, Aranio, Banjar. Seiring meningkatnyapenambangan liar di Tahura, para pengemudi kelotok terancam jiwanya.Foto diambil Minggu (3/4).

    Cahaya MatahariBerkurang

    PUSAT observartory NASA berhasilmengambil gambar matahari yang memperli-hatkan bintang besar itu berada di balikbayangan bumi.Mengutip FoxNews, kemarin,pengambilangambardilakukan ketikapesawat khususNASA melintasiposisi musimgerhana. Ini adalah periode saat satelitpengintai berada di belakang bumi selama 72menit setiap hari.

    Kadang-kadang pesawat itu berputar dibelakang bumi dan bisa melihat planet yangtertutupi matahari. Namun, hasilnyamengejutkan karena cahaya matahariperlahan-lahan menghilang dari pandangan.

    Berdasar rekaman gambar itu, bulan jugamelewati bahkan memotong bagian gelapmatahari. (kps)

    NET

    NET/MILISTersangka kasus dugaan penggelapan uang nasabah Citibank, MelindaDee (tengah) dalam suatu acara bersama dua temannya.

    - Penambangnya wani maancam,Lak ai+ Amun polisi datang, bukahan jua, Nang ai

    0404/B01

  • Banjarmasin Bungas2Banjarmasin PostSENIN 4 APRIL 2011

    BANJARMASIN, BPOST - Jajaran PerumPegadaian bakal mengajak masyarakatuntuk mengikuti jalan sehat yang dilaksa-nakan 10 April.

    Demikian dikatakan Dwi Santoso, Pim-pinan Kantor Cabang Perum PegadaianBanjarmasin, tentang rencana kegiatan ituyang terkait dengan HUT Pegadaian yangke-110 pada 1 April.

    Tujuannya, sebagai bentukapresiasi dan penghargaan Pe-rum Pegadaian terhadapmasyarakat, katanya,Minggu (3/4).

    Jalan sehat dimulai darihalaman kantor Guber-nur, dilanjut ke Jalan Kera-maian, DI Penjahitan, AS Mu-saffa, Suprapto, Lambung Mangkurat, Su-dirman dan berakhir ke halaman kantor gu-bernur lagi.

    Peserta akan diberi kupon undian saatmendaftar. Dan kupon itu wajib dibawa saatkegiatan. Nanti, petugas yang ada di JalanLambung Mangkurat akan memotongkupon itu dan peserta bisa mengambil ma-kanan ringan yang telah disediakan.

    Peserta menulis identitasnya di kuponitu. Dan kuponnya akan diikutkan dalampengundian hadiah, tambah Dwi.

    Pemenang undian diputuskan berdasar-kan hasil pengundian yang disaksikan no-

    5 Motor SuzukiMenanti Pemenang

    Q Pegadaian akan Gelar Jalan Sehattaris, petugas Dinas Dosial serta perwakilandari kepolisian. Hadiah tidak bisa dibawalangsung karena dalam bentuk replikahadiah.

    Hadiah bisa langsung diambil 11 Aprildi Kantor Pegadaian Cabang Banjarmasinpada jam kerja. Pajak undian ditanggungpemenang, susulnya.

    Khusus pemenang kendaraan Suzuki,selain bayar pajak, juga harus

    bayar biaya balik namakendaraan.Total hadiahny