Banjarmasin Post edisi Kamis, 29 November 2012

download Banjarmasin Post edisi Kamis, 29 November 2012

of 32

  • date post

    30-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    384
  • download

    38

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post NO. 14834 TH XLI/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post edisi Kamis, 29 November 2012

  • NO. 14834 TH XLI/ ISSN 0215-2987

    DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    KAMIS29 NOVEMBER 2012/15 MUHARAM 1434 H

    SI PALUiiiii

    Anang Gayam

    12:10 18:1915:35 19:3204:39

    Hal 6 kol 1-3

    HALAMANRP 3.00032

    - Calo aktanya bangaran Manohara, Lak ai+ Baarti dasar parlu duit gasan bahias,

    Nang ai

    M O -M E N -

    TUM satumuharramsaat yang

    paling tepat untuk menapaktilasiperjalanan Rasulullah SAW. Mo-mentum peringatan tahun baru Is-lam ini diperingati oleh umat Islamdengan berbagai kegiatanyang bermanfaat tentunya.Begitu juga dengan lembagapendidikan tempat saya bekerjayang memang berbasis islam.

    Sehari sebelum tahun baruhijriah tepatnya Rabu tanggal14 Nopember 2012 peringatantahun baru hijriah diperingati

    Betapa tidak. Ber-dasar pantauan BPost,ada sejumlah proyekyang terindikasi ma-ngkrak (tidak jelaspenyelesaiannya). Sa-lah satunya pemba-ngunan pasar ikan Pa-gatan. Padahal ratu-san pedagang ikansudah enam tahun ini--sejak kebakaran pa-da 2006-- terpaksa ber-jualan dalam kondisiseadanya di pinggirJalan Anang Poni-ngah.

    Kami sang-at berharap bisa

    kembali berju-alan di tempat lama yang khu-sus bagi penjual ikan. Pen-dapatan kami di sana jauh lebihbesar, kata seorang pedagang

    ikan, M Yusuf, kemarin.Berdasar papanproyek yang kon-

    disinya menge-naskan --am-

    MEKSIKO, BPOST - Kisah haru nantragis dialami seorang ratu kecanti-kan Meksiko, Maria Susana Flores Go-mez.

    Dia tewas sebagai perisai hidupatau tameng saat terjadi baku tembakantara tentara Meksiko dan kelompokbersenjata yang diduga geng (ke-lompok) pengedar narkoba, kemarin.

    PedagangIngin PasarCepat Selesai

    Hal 6 kol 4-7

    z Ratu Kecantikan Tewasdalam Baku Tembak

    Proyek APBD Terancam Mangkrak

    Hal 6kol 4-7

    BANJARMASIN POST/HASBI SUHAILYPEDAGANG ikan di Pagatan terpaksa berjualan di Jalan AnangPoningah Pasar Pagatan Tanbu. Pedagang berharap pemba -ngunan pasar ikan Pagatan segera selesai. Sayang, proyek ituterindikasi mangkrak, bahkan papan proyeknya rusak.

    BATULICIN, BPOST - Tahun 2012 tersisa sebulan lagi.Selama itu pula warga mengharapkan proyek-proyekpembangunan berbiaya APBD (anggaran pendapatanbelanja daerah) bisa selesai. Namun, bagi warga Ta-nahbumbu (Tanbu) harapan itu bisa tidak terwujud.

    SIKAP keras diperlihatkanKepala Inspektorat Tanah-

    bumbu (Tanbu), Ridwanmenanggapi indikasi

    mangkraknya sejumlahproyek.

    Dia mengatakan akanmeminta pengguna

    anggaran tidaksegan-seganmenjatuhkansanksi tegaskepada

    kontraktor apabilatidak memenuhi

    komitmennya.

    Kembali ke Komitmen

    Hal 6 kol 4-7

    Komentar lain di halaman 4

    KitaGabung di Pages BPostOnline

    BELASAN proyek berdana APBDterancam mangkrak, meski sudah diakhir tahun.

    Nona SitaDnegara kita ini haL2 ygmubazir itu SUDAHBIASA jdi jgan heran..

    SEJARAH ko-pi dimulai da-ri Etiopia. Di-perkirakan pa-da tujuh de-kade menda-

    tang, kopi liar yang hidup di hutan tropis negeri ituakan punah.

    Ramalan kepunahan kopi muncul dari analisispeneliti Inggris dan Etiopia melalui jurnal ilmiah PLoSONE. Analisis dikerjakan melalui bantuan mesinpembaca nasib kopi yang dibuat menggunakan pro-gram komputer. Kopi pun dipilih, yaitu kopi arabikayang merupakan spesies kopi paling diminati di dunia.

    Kepunahan kopi arabika bisa terjadi pada2080, ujar Aaron P Davis, peneliti dari Royal BotanicGardens, kemarin.

    Penikmat kopi memang sangat bergantungpada kopi dengan nama spesies Coffea arabica ini.Kopi arabika menguasai 70 persen penjualan kopidi seluruh dunia. Sisanya, 30 persen, berasal darikopi robusta.(tik)

    Kopi Terancam Punah

    di Ukhuwah. Ada berbagai lombadan kegiatan yang memberikankesan dan makna untuk meme-riahkan tahun baru Islam.

    Arabian StyleAditiya Rina Aulia, tiya-aulia.blogspot.com

    Hal 6 kol 1-3

    BUBUHAN Palui,Garbus wan Tulamaktapaksa singgah di wa-rung nang murah wa-yah bajajalanan kaBanjar. Sababnya, bu-buhannya sudah kaha-

    Nyamannya Tahu

    BANJARBARU, BPOST - Pem-beritaanBPost tentang permai-nan calo pengurusan akta ke-lahiran di Banjarbaru, meman-tik sejumlah warga kota ituyang pernah memanfaatkanjasa mereka, angkat suara.

    Cerita mereka nyaris sa-ma. Karena terlalu sibuk, me-reka bersedia menyerahkanuang yang jumlahnya jauh le-bih besar dari ketentuan. Na-mun mereka juga mengaku,dalam hati muncul pertanya-an tentang penggunaan uang

    Calo Itu Berjuluk Manohara

    ratusan ribu bahkan jutaanrupiah sebagai imbalan men-dapatkan akta kelahiran.

    Dari mereka pula terung-

    kap adanya calo yang kerapberaksi di pengadilan negeri(PN) dan Disdukcapil Ban-jarbaru. Dia berjenis kelaminperempuan berbadan ge-muk. Perempuan tersebutdijuluki Manohara.

    Kepada orang yanghendak mengurus aktakelahiran baik di penga-dilan maupun Disduk-capil, biasanya langsungdidekati. Dia men-

    EDY RAHMANSYAH

    Panitera PN Banjarbaru

    Susahnya, banyakwarga yang nggak mau repot ataumemang tidakpunya waktu

    Hal 6 kol 4-7

    EPA/NOROESTE /HO HANDOUT EDITORIAL USE ONLY/NO SALES

    Mahasiswa Unlam Juara II ASEAN

    PRESTASI membanggakan bagi U-niversitas Lambung Mangkurat (Unlam),SMKN 4 Banjarmasin dan Kalsel diper-sembahkan Ahroina Nurmiliana.

    Mahasiswi semester III FKIP Unlam itumeraih medali perak pada ajang Asian SkillCompetition bidang teknologi fashion.Medali emas juga diraih perwakilan Indo-nesia, Dwi Puspaningrum

    Kompetisi bertema MTV ASEAN RedCarpet itu diikuti 11 peserta dari tujuhnegara di Asia Tenggara, yakni Indonesia,Laos, Thailand, Vietnam, Brunei Da-russalam, Malaysia dan Filipina, pada 15-17 November 2012 di Jakarta ConventionCentre.

    Kebahagiaan kini dirasakan Ahroina.Beda saat sebelum dan saat menjalanikompetisi. Ketika itu rasa minder men-

    dera hidupnya. Aku benar-benar minderterlebih di awal lomba karena peserta lainbagus-bagus. Sama sekali tidak men-yangka bisa juara dua, dia kepada BPost,Rabu (28/11).

    Pada lomba itu, Ahroina membikinpakaian berupa jas modifikasi futuristikdengan menggunakan kain katun Dong-gala polos dari Gorontalo. Sedangkanroknya memadukan nuansa etnis tra-disional dan modern.

    Semua peserta membuat jas serupa.Namun untuk rok modelnya boleh di-variasi asalnya berbahan sama. Kainnyasudah ditentukan panitia. Kami jugahanya diberi waktu 18 jam untuk men-yelesaikan semuanya, kata dia.

    Demi Bangsa Ahroina Cuti Kuliah

    Hal 6 kol 1-3

    NET

    ISTIMEWA

    Ahroina Nurmiliana

    Maria Susana Flores Gomez

    ADA pernya-taan bijak dari st-riker Timnas Indo-nesia, Andik Ver-mansyah susaimenekuk Singapura 1-0 dalam laga Piala AFF2012 di Stadion Bukil Jalil, Kuala Lumpur, Ma-laysia, Rabu (28/11).

    Pemain asal Surabaya, Jatim, itu memintamasyarakat Indonesia tidak apriori atau mem-benci timnas. Boleh membenci PSSI, boleh

    Tolong Jangan Benci Timnasmembenci KPSI. Tetapi tolong jangan mem-benci kami, timnas yang berjuang untukbangsa, kata dia.

    Halaman 17 & 21

    Laporan Langsungdari Malaysia

    Hal 6 kol 1-3

    FOTO:AFP,GRAFIS:BAYU

    Banjarmasin Post

    2911/B01

  • 2Banjarmasin Post

    KAMIS 29 NOVEMBER 2012Banjarmasin Bungas

    PenyimpanganTerus Bertambah FITRA Ungkap Potensi Kerugian Negara

    Dalam pemaparannya po-tensi kerugian negara di KalselRp 865,4 miliar dengan jum-lah kasus sebanyak 1.609. Dari13 kabupaten kota di Kalsel,kabupaten Tanah Laut beradadi posisi pertama dengan po-tensi kerugian Rp 153,9 miliar.

    Disusul Tanah Bumbu, de-ngan potensi kerugian Rp 65,7miliar, Balangan, Rp 47,4 mi-liar, Batola, Rp 33,7 miliar danKabupaten Banjar Rp 18,3miliar.

    Hal tersebut diungkapkanKoordinator Advokasi FI-TRA, Hadi Prayitno, dalamseminar Pencegahan KorupsiMelalui Peningkatan KualitasPelayanan Publik dan Penge-lolaan APBD di Aula KayuhBaimbai, Rabu (28/11).

    Menurutnya, potensi keru-gian bersumber dari penge-lolaan APBD. Yakni berupapengadaan barang dan jasa,bantuan sosial (bansos) yangtidak dipertanggungjawab-kan, hibah tidak tepat sasaran,dan penerimaan APBD yangkurang dari seharusnya.

    Faktor tersebut, hampirdialami berbagai kabupatenkota. Untuk Tanah Laut misal-nya, permasalahan bansos

    Tergiur Kalung Yunita Dihabisi Honorer Karantina Dibekuk Merampok

    yang jadi penyebab utama,serta pekerjaan pihak ketigayang tidak selesai pekerjaan-nya.

    Ia menjelaskan jika potensikerugian tersebut merupa-kan akumulasi dana yangtidak dapat dikembalikan. Jikadalam rentang waktu ter-tentu, sesuai dengan batasanBPK tidak dapat dikembal-ikan, maka akan masuk unsurtindak pidana korupsi.

    BANJARMASIN, BPOST - Forum Indonesiauntuk Transparasi Anggaran (FITRA) mem-beberkan potensi kerugian negara dari Kalseluntuk rentang waktu 2008 hingga 2011berdasarkan data IHPS Badan PemeriksaKeuangan (BPK) semester satu 2012.

    BANJARBARU, BPOST - Melan(3) terus ngoceh dengan nadagembira sembari memainkan kainbatik pelindung jasad ibundanyaYunita (33) yang terbujur tak ber-nyawa di ruang tamu rumahnya.

    Yunita tewas di tangan AryfaRahman (25), honorer di KantorKarantina kesehatan Trisaksi diBandara, yang berniat merampaskalung emas di lehernya, Rabu (28/11) 15.30 Wita. Ibu tiga anak itutewas dengan luka tusuk di pung-gung, dada dan leher. Pascakeja-dian, suasana duka mewarnai ru-mah korbandi Jalan Kasturi 1 Gang3 RT 32 RW 7 Kelurahan SjamsudinNoor, Kecamatan Landasan Ulin.

    Anak pertama korban, Monika tampaksedih terus membaca surah Yassin di hadapanjasad ibundanya yang ditutup kain batik.Adam, anak kedua korban, duduk diam de-ngan mimik sedih. Dia sesekali keluar rumahdan masuk ke dalam lalu duduk di sampingjasad ibunya.

    Menurut informasi, perampokan berlang-sung saat korban sendirian di dapur rumahnya.Melan anak bungsunya tengah tertidur dikamar. Kedua anak korban, Monika dan Adamtengah belajar mengaji di TK Alquran. Se-dangkan sua