Banjarmasin Post Edisi Edisi Kamis, 18 Oktober 2012

download Banjarmasin Post Edisi Edisi Kamis, 18 Oktober 2012

of 32

  • date post

    11-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    492
  • download

    22

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post Edisi NO. 14793 TH XLI/ ISSN 0215-2987

Transcript of Banjarmasin Post Edisi Edisi Kamis, 18 Oktober 2012

  • Banjarmasin PostHALAMANRP 3.000

    DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    KAMIS

    32 18 OKTOBER 2012/2 ZULHIJAH 1433 HNO. 14793 TH XLI/ ISSN 0215-2987

    SI PALUiiiii

    Anang Gayam12:09 18:1515:20 19:2404:46

    - Parkirannya mahadang ahlinya, Lak ai+ Pakai karcis haja gin dahulu, Nang ai

    Gabung di Pages BPostOnlineKita

    Komentar lain di halaman 4

    ...atau alammulai bosanb e r s a h a b a tdengan kita...coba kitabertanya pada rumputyang bergoyang..

    UNIK, kreatif tapi menjadi pertanyaan.Seorang pria Israel, Izhar Gafni berhasilmeciptakan sepeda kayuh berbahan kertaskarton. Sepeda berbahan karton itu mampudikayuh, persis sepeda biasa.

    Ini adalah puncak dari semua-nya, dan saya mengerjakan ini selamaempat tahun. Membuat kotak darikertas karton sangat mudah. Kotak kartonakan cukup kuat dan tahan lama. Namun,membuat sepeda dari kertas karton sangatsulit, kata Gafni, kemarin.

    Saat membuat sepeda karton ini, Gafni

    ADI PRADANAadipradana83.blogspot.com

    Andai AlamBisa Bicara

    Hal 6 kol 4-7

    PEKANBARU, BPOST - Per-damaian yang didengungkanDanlanud TNI AU Pekanba-ru, Riau, Kolonel (Pnb) BowoBudiarto kepada para jurnalis,ternyata manis di bibir. Pu-luhan jurnalis Pekanbaruyang menggelar aksi, Rabu(17/10), secara tegas menya-takan belum ada perdamaian.

    Sejumlah jurnalis yangmenjadi korban tindak keke-rasan tentara AU saat hendak

    Robert Dipecat, Kau Kuhabisimeliput jatuhnya pesawattempur Hawk 200, juga men-yatakan belum ada kesepa-katan untuk melupakan ka-sus itu.

    Kami tidak pernah ber-damai. Kami mendesak pe-laku tindak kekerasan itudibawa ke mahkamah militer.Tidak cukup hanya memintamaaf, ucap jurnalis Riau Pos,Didik Herwanto. Dia adalahpria yang dicekik dalam kon-

    disi telentang oleh seorangperwira TNI AU dalam fotodan rekaman yang beredar dimasyarakat.

    Seusai aksi, bersama RianFB Anggoro dari LKBN Antara

    Aksi Kecam Kekerasan Tentara Marak

    Hal 6 kol 4-7

    Sepeda dari Kertas Kartonharus menemukan lipatan yang tepat. Halitu pun memerlukan waktu cukup lama.Saya membutuhkan satu setengah tahun,melalui percobaan dan kegagalan, sampai

    saya menemukan pola lipatan yangtepat, ucapnya.

    Jika sudah diproduksi massal,Gafni mengklaim bahwa harga

    sepeda ini tak akan lebih dari 20 dollar ASatau kurang dari Rp 200.000. Saat sayamemulai, banyak yang menertawakan. Kinibanyak yang tanya lokasi pembelian, ucapdia. (rtr/kps)

    PELAIHARI, BPOST - BupatiTanahlaut (Tala), H Adrian-syah (Aad) mengaku sudahdua kali dimintai keteranganoleh penyidik Pol-da Kalsel. Penyidikitu menemui Aaduntuk meminta ke-terangan terkaitkasus dugaan suapyang diduga meli-batkan dirinya danWali Kota Banjar-masin, H Muhidin.

    Ditemui usai me-ngikuti serah terima jabatan(Sertijab) Komandan Kodim1009 Pelaihari, Rabu (17/10),Aad mengatakan menghor-mati proses hukum kasustersebut. Termasuk pula, du-kungan Bareskrim Mabes Pol-ri terhadap Polda Kalsel untukmengungkap kasus yang

    Aad Ngaku 2 KaliDiperiksa Polda

    Permintaan itu konon di-dasari pertimbangan, Andiyang juga elite PD didugaterlibat kasus korupsi proyekpembangunan Sekolah Olah-raga Nasional (SON) di Ham-balang, Bogor, Jabar, senilai Rp2,5 triliun.

    Rumor yang beredar men-yebutkan, permintaan mun-dur itu diucapkan Yudhoyonodi rumah pribadi, Cikeas, Bo-gor, Minggu (14/10) malam.Kala itu ada syukuran tujuhbulan kehamilan Siti RubiAliya Rajasa (istri putra keduaYudhoyono, Edhie Baskoroalias Ibas).

    Presiden bilang, Andi mung-kin akan lebih sibuk denganurusan pemanggilan-pemang-gilan KPK, sehingga lebih baikmundur dan meninggalkankursi Menpora. Itu perlu ka-rena tugas-tugas akan makinberat. Tekanan makin berat

    melibatkan dua kepala daerahitu.

    Ya, kami hormati saja pro-ses hukum yang sedang ber-

    jalan ini untuk mem-buktikan kebenaran,katanya. Mengenai peme-riksaan, Aad mene-gaskan karena saatitu pemeriksaan ter-hadap kepala daerahharus mendapat per-setujuan presiden (a-turan itu sudah di-

    batalkan Mahkamah Kon-stitusi, Red), maka penyidikmendatanginya guna men-dapatkan keterangan.

    Kepada penyidik, Aad mem-bantah adanya suap terkait ta-pal batas Tala dan Tanahbum-

    H Adriansyah

    Hal 6 kol 4-7

    Posisi Andi Makin Terancam Ibas Bantah Presiden Meminta Menpora Mundur

    dengan kasus Hambalang,sehingga rasanya lebih baikkalau Andi mundur, katasumber yang ikut acara ter-sebut.

    Saat dihubungi, SekretarisKabinet Dipo Alam membe-narkan Andi mengikuti acaratersebut. Dia datang untukacara tujuh bulanan. Tapi,tentang kabar itu, saya tidakdengar, katanya.

    Ibas juga membantah. Ti-dak adalah. Pak Yudhoyonopasti melihatnya secara clear,secara utuh. Dua institusi sajadidamaikan dan diberi tu-poksi (tugas pokok dan fung-si) dan kewenangan masing-masing, kata dia di GedungDPR, Jakarta, Rabu (17/10).

    Menurut Ibas, kabar me-ngenai permintaan Yudho-yono agar Andi mundur ha-nyalah rumor.

    Terkait diminta mundur kitalihat saja nanti, kata sekjenDPP PD ini.

    Menyinggung bahwa ka-sus Hambalang juga didugamelibatkan Ketua Umum DPPPD Anas Urbaningrum, Ibasmenyerahkan ke proses hu-kum. Sejak awal sudah kamitegaskan jika menyangkuthukum kita kembalikan

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 6-7

    BIAR kalakuan pina mambabal tagal nangngaran Palui tu tamasuk urang nang patuh wankuwitan. Nangapa haja kahandak kuwitan a-mun inya kawa mangabulakan dikabula-

    KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK)wajib memenuhi janji, sebagaimanadisampaikan Ketua KPK Abraham Samad,9 Oktober 2012 lalu. Waktu itu Abrahamberjanji memberi kejutan.

    Logikanya ada penetapan tersangka baruyang mengejutkan dalam penyidikandugaan korupsi proyek Hambalang.

    Langkah itu perlu, agar tidak menim-bulkan tanda tanya dan keraguanmasyarakat terkait keberanian KPKmenyeret petinggi partai atau pejabat

    Bukti Kejutan

    Babunyi Tarus

    Hal 6 kol 1-3

    Banjarmasin

    ANTARA/NYOMAN BUDHIANA Denpasar

    BANJARMASINPOST GROUP/DONNY SOPHANDI

    Makassar

    TRIBUNNEWS/DANY PERMANA Jakarta

    ANTARA/ANDREAS FITRI ATMOKO Kudus

    Tulungagung ANTARA/SAHLAN KURNIAWAN

    Andi Mallarangeng

    NET

    JAKARTA, BPOST - Beredar-nya foto model penabrak tu-juh orang, Novi Amelia (25)dalam kondisi berbikini ber-buntut panjang. Rabu (17/10),tujuh polisi dari Polsek Ta-mansari, Jakarta, harus men-jalani pemeriksaan di PropamPolda Metro Jaya.

    Pasalnya, kuat dugaan fotoitu diambil saat Novi beradadi Polsek Tamansari. Ironis-nya, saat itu Novi hanya me-ngenakan pakaian dalam dandiborgol.

    Pemeriksaan terhadap limapolisi pria dan dua polisi wanita(polwan) itu dilakukan secaramaraton, sejak pagi hinggapetang. Pemeriksaan dilaku-kan untuk menindaklanjuti

    Foto Syur Novidi Ruang Serse

    Tujuh Polisi Diperiksa Propamlaporan korban (Novi), tegasKepala Polrestro Jakarta Barat,Kombes Suntana.

    Menyinggung lokasi peng-ambilan gambar, Suntanamemastikan di ruang resersePolsek Tamansari sehingga or-ang yang mengambil gambarsudah pasti ada di ruang bu-kan untuk umum itu. Hasilpemeriksaan pasti akan kamisampaikan, tegasnya.

    Kepala Bagian Humas Pol-da Metro Jaya, Kombes Rik-wanto, menyayangkan pere-daran foto Novi di dunia ma-ya. Unit cyber crime akan me-nyelidiki siapa yang menye-barkan foto itu, kata dia.

    Hal 6 kol 1-3

    TINDAKANrepresif

    dilakukanpersonel TNI AU

    di Pekanbaruterhadap jurnalis

    ANTARA/ARIEF PRIYONO

    Martasari RinaAh tni tdk berprikmanusiaan, sukany maenkkerasan trus. wartawan jg

    manusia ssuka hati mmperlakukanmnusia,kya binatang z lg dpkuli.

    JURNALIS di beberapa daerah serentak turun ke jalanmengecam aksi kekerasan yang dilakukan personel TNI AUterhadap jurnalis yang akan meliput jatuhnya pesawat tempur Hawk200 di Pekanbaru, Riau. Dalam aksi, Rabu (17/10), mereka menuntutproses hukum terhadap pelaku, bukan sekadar meminta maafkarena tindakan itu sangat bertentangan dengan spirit reformasidan demokrasi.

    NET

    Saya sudah bilang,sejak awal yangterlibat dalamHambalang ini,

    Andi. Juga Anas.Keduanya itu otak

    M NAZARUDDINMantan Politisi Demokrat

    JAKARTA, BPOST - Kabar mengejutkanberembus dari Istana. Kabarnya Susilo Bam-bang Yudhoyono selaku presiden sekaliguspendiri Partai Demokrat (PD) meminta AndiMallarangeng mundur sebagai menteri pe-muda dan olahraga (Menpora).

    News Analysis AHMAD RIFAIPengamat Hukum

    1810/B01

  • Banjarmasin BungasKAMIS 18 OKTOBER 20122Banjarmasin Post

    Kadishubkominfo KotaBanjarmasin, Rusdiansyah,mengatakan dia terus meng-hubungi teknisi yang ada diJakarta.

    Rusdi berharap teknisi ter-sebut mau meluangkan wak-tu agar bisa segera mengope-rasikan komputerisasi di ka-wasan parkir Sudimampirtersebut.

    Sayangnya, ujar Rusdi,hingga saat ini teknisi tersebutmasih belum memiliki waktu.Sehingga mereka belum bisamemastikan kapan bisa da-tang ke Banjarmasin untukmembantu pengoperasianperalatan itu

    Kami akan terus berusahaagar teknisi dari Jakarta bisadatang sesegera mung-kin.Kita maunya secepatnya.Sudah dihubungi, tapi masihsibuk. Terus kita hubungi,ujarnya, Rabu (17/10).

    Sementara itu, pihak pe-ngelola parkir Sudimampir,Feri, mengatakan dua teknisiyang didatangkannya lusakemarin adalah mantan pe-gawai ISS (bukan Center Park,Red) yang memang tak bisamengoperasikan peralatantertsebut.

    Mereka tidak bisa me-

    Komputerisasi Parkir Tunggu AhlinyaBANJARMASIN, BPOST - Pascagagalnyapengoperasian komputerisasi parkir Sudi-mampir, Dishubkominfo Banjarmasin terusberusaha untuk memanggil teknisi dariJakarta, yang menguasai peralatan kompu-terisasi di parkir Sudimampir.

    ngoperasikannya karena takada buku panduannya. Tapikami sudah mempersiapkanpos parkir yang nantinyaakan dipasang peralatan ter-sebut, katanya.

    Menurut Feri, rencananyasebanyak enam pos parkirbakal disiapkan untuk pem-berlakuan kom