Banjarmasin Post edisi cetak Sabtu 14 Juli 2012

download Banjarmasin Post edisi cetak Sabtu 14 Juli 2012

of 32

  • date post

    09-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    346
  • download

    15

Embed Size (px)

description

Banjarmasin Post edisi NO. 14700 TH XL/ ISSN 0215-2988

Transcript of Banjarmasin Post edisi cetak Sabtu 14 Juli 2012

  • Kita

    Komentar lain di hal 4

    Gabung di Pages BPostOnline

    DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Anang Gayam

    12:29 18:2815:53 19:4105:07

    Banjarmasin Post14 JULI 2012/

    24 SYAKBAN 1433 H

    SABTU

    NO. 14701 TH XL/ ISSN 0215-2987

    SI PALUiiiii

    32 HALAMANRP 3.000

    Hal 6 kol 1-3

    JAKARTA, BPOST - Maksud hatimembongkar korupsi, tetapi justrumerana karena diduga melakukankorupsi. Itulah yang dialami politisiPartai Amanat Nasional (PAN) Wa

    Ode Nurhayati. Se-telah menja-

    di ter-

    Hidup di PohonSEORANG pegiat lingkungan di Tasmania,

    Australia nekat hidup selama 7 bulan di pohonsetinggi 60 meter. Bahkan, pekan kemarin, sang

    penggiat itu, Miranda Gibson,merayakan ulang tahunnya ke-31di pohon.

    Gibson melakukan itu sebagai bentuk protesterhadap maraknya perambangan hutan diAustralia. Protes itu disebarluaskan dia melaluimilis, media sosial dan blog yang semuanyadilakukannay di pohon.

    Aksi Gibson ternyata juga memecahkan rekorhidup terlama di pohon, di Australia. Rekorsebelumnya selaam 208 hari yang dilakukanManfred Stephen pada 1995. Saya berkomitmentetap di sini sampai hutan ini dilindungi. Sayatentu berharap prosesnya lebih cepat darisekarang karena banyaknya pohon yang ditebangisetiap hari, kata Gibson. (kps)

    Siti Meninggal di PengungsianTaufik Pasrah Wa Ode Dicopot

    dakwa, dia dinonaktifkan sebagaianggota DPR.

    Tragisnya lagi, sikap pasrah diper-lihatkan PAN. Sang Sekjen TaufikKurniawan justru hanya mengatakankeputusan itu keluar bukan karenaadanya intervensi.

    Hal 6 kol 4-7

    PERGAULANremaja diKalsel kianbebas. Takhanya di dunianyata, juga didunia maya.Tak ada malu.Seakan tak takutdosa. Moralitaspun tersisihkan.Siapa yang salah?Apa solusinya?

    Baca:BPost

    Edisi Minggu(15/7) besok

    TIGA Sa-rangkai, Palui,Tulamak wanGarbus, katujubajajalanan kabanua urang.

    Kalu sudahkasasahanganbanar handaktulak, bubuhan-nya wani sing

    Mes wan Bar

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 1-3

    Hal 6 kol 1-3

    NET

    NovaMustikaPriwinartoParahhh,pemerintahsetempat

    harus mengmbil langkahyang tegas dengan haltesbut,,, jngn biarkanrakyatnya jd korban.

    NandaRihandaSebaiknyapertambanganbatu baradiberi batasan tertentu &pemukiman warga jugadiberi batasan. Agar tidakterjadi hal yg merugikanantar 2 pihak.

    Nasib tragis dialami wargaJalan Angkasa RT 2 Desa Su-ngai Danau, Siti Atika (50).Jumat (13/7), dia meninggaldi lokasi pengungsian.

    Meninggalnya Siti bukankarena tenggelam atau hanyutdibawa air bah. Akan tetapi,diduga karena kondisi sakityang makin parah di tengahsapuan banjir.

    Rabu (11/7) dini hari, Sitidibawa pulang oleh keluarga-

    nya setelah beberapa harimenjalani perawatan di RS-UD Ulin, Banjarmasin, kare-na terserang stroke. Tidak di-sangka, kepulangannya ber-tepatan dengan terjanganbanjir ke desanya.

    Korban Banjir Satui Desa Jombang: Desa Jombang: Desa Jombang: Desa Jombang: Desa Jombang: 120 KK

    (402 jiwa) Desa Sinarbulan: Desa Sinarbulan: Desa Sinarbulan: Desa Sinarbulan: Desa Sinarbulan: 1.030 KK

    (3.658 jiwa) Desa Satui Timur: Desa Satui Timur: Desa Satui Timur: Desa Satui Timur: Desa Satui Timur: 120 KK

    (423 jiwa) Desa Sungaidanau: Desa Sungaidanau: Desa Sungaidanau: Desa Sungaidanau: Desa Sungaidanau: 1.530

    KK (6.120 jiwa) Desa Bukit Baru:Desa Bukit Baru:Desa Bukit Baru:Desa Bukit Baru:Desa Bukit Baru:

    195 KK (749 jiwa)

    Banjir Masih Tenggelamkan SatuiSATUI, BPOST - Meski ketinggiannya perla-han surut, banjir di Sungai Danau, Satui, Ta-nahbumbu masih menghambat aktivitaswarga. Berdasar data Badan PenanggulanganBencana Daerah (BPBD) setempat, sekitar 8ribu orang terpaksa mengungsi.

    PENAMBANGAN batubara di Satui merambah

    permukiman hinggamembuat rumah wargalongsor ke lubang galian

    tambang.

    TERJANGAN air bahjuga terjadi di Kotabaru,Dusun Malangkaian, DesaCantung Kanan, Hampang,Kotabaru. Penyebabnyasama, tingginya curah hujanmembuat sungai tidakmampu lagi menampungair. Terjangan banjirmerobohkan satu unitwarung yang berada dekatSungai Malangkaian.

    Selain itu juga merusakjembatan yang menjadiakses bagi warga beberapadusun seperti Malangkaian,Limbur, Sampanahan,Muarauri dan Peramasan.Agar jembatan tetap bisadigunakan, warga ber-gotong royong melakukanpengurukan batu di

    Trauma Longsor 2006

    Hal 6 kol 4-7

    Hal 6 kol 4-7

    ANTARA/FANNYOCTAVIANUS

    Wa Ode Nurhayati

    BATULICIN, BPOST - Istira-hat siang warga Desa SinarBulan RT 9 Kecamatan Satui,Tanahbumbu, terganggu. Ge-taran keras seperti gempabumi membuat mereka lang-sung berlarian meninggalkanrumah. Ketakutan warga kianbertambah karena tiba-tibaterdengar suara bergemuruh.

    Setelah getaran berhenti,warga pun terkejut. Sebagianwilayah desa mereka ternyatalongsor. Nasib mengenaskandialami seorang warga, SusiloWahyu. Rumahnya yang ber-ukuran 15x10 meter ambrolbahkan terseret longsor hing-ga masuk ke lubang penam-bangan batu bara milik PTMufatama Bangun Nusa. Ke-dalaman lubang itu mencapai60 meter.

    Berdasar pantauan BPost,akibat kejadian pada Jumat(13/7) siang itu puing-puingrumah berbahan kayu ulindan tembok beserta isi rumah

    BANJARMASIN POST GROUP/M CHOIRUMANLONGSOR - Warga Desa Sinar Bulan, Satui, Tanahbumbu, melihatlokasi longsornya tanah ke area pertambangan batu bara, Jumat (13/7)

    Warga Langsung Berlarian Tanah Longsor Seret Rumah ke Lubang Tambang

    NET

    DUNIA pertambangan diTanahbumbu memangkarut marut. Fungsikawasan tidak lagi menjadibatasan untuk memberikanizin terhadap aktivitastambang. Masyarakatkemudian yang menjadikorban. Sebenarnya pemanfaatanlahan telah diatur berdasar-kan tata ruang wilayah ditingkat Kabupaten. Didalamnya, telah ditetapkanzona-zona fungsi lahan.

    Kalau di satu kawasantelah ditetapkan fungsinya

    berserakan di dalam lubang.Warga tidak berani mengam-bil karena khawatir longsorkembali terjadi saat mereka didalam lubang. Benar, men-jelang petang, longsor kem-

    bali terjadi meskipun tidakseparah kejadian pada siang.

    Menurut sejumlah warga,mereka pernah memperta-

    sebagaii permukiman, jelastidak boleh dimanfaatkanuntuk kawasan tambang.Demikian pula sebaliktnya,kawasan tambang jugatidak diperkenankan untukpermukiman. Sudah ada batasan-batasan yang diatur melaluitata ruang wilayah. SepertiJalan negara, di sana fungsikawasannya untuk apa?Kalau untuk permukimanatau perdagangan jelassangat melanggar.

    HEGAR WAHYU HIDAYATNews AnalysisDirektur Walhi Kalsel

    Semua Ditabrak

    PEKANBARU, BPOST - Lagi,penghargaan nasional diper-oleh Pemimpin Umum BPostGroup HG Rusdi Effendi AR.Dedikasinya yang tinggi dibidang jurnalistik, membuat

    tokoh pers Kalsel ini beberapakali memperoleh penghargaan.

    Jumat (13/7), Rus-di meraih pengharga-an sebagai Tokoh PersNasional 2012 dariSerikat PerusahaanPers (SPS, dulu Se-rikat Penerbit SuratKabar). Akan teta-pi karena Rusdisedang dalam

    perjalanan usaiibadah umrah,

    p e n g h a r g a a nyang diserahkan Ke-tua Umum SPS Dah-lan Iskan itu diterimaoleh Wakil Pemimpin

    PENERIMA PENGHARGAAN Jakob Oetama (Kompas Gramedia) HG Rusdi Effendi AR (BPost Group) Dahlan Iskan (Jawa Pos) Surya Paloh (Media Group) Mirta Kartohadiprojo (Femina Group) Alwi Hamu (Fajar Group) Budi Santoso (Suara Merdeka) Bram Tuapattinaya (Trinaya/

    Kartini Group) Fikri Jufri (Tempo Group) Goenawan Muhammad

    (Tempo group) Harjoko Trisnadi (Tempo

    group) Syafik umar (Pikiran

    Rakyat group) Basrhil Djabar (Singgalang) Tahar (Pos Kota) Sulastomo (MPH) Tribuana Said (MDS-

    Waspada) Hj Rayati Syafrin (Waspada) Lukman Setiawan

    (Jawa Pos)

    Tokoh Pers Nasional untuk HG RusdiPerusahaan BPost Group, MFachmy Noor.

    Penerima penghargaan itusebanyak 18 orang. Mereka ada-lah sosok-sosok yang dinilaisangat berperan terhadap per-kembangan pers di Indonesia.

    Tokoh-tokoh tenar sepertiJakob Oetama, Dahlan Iskan,Surya Paloh, Gunawan Muham-mad, Tribuana Said dan Fikri Jufri(selengkapnya lihat tabel) jugamenerima penghargaan yangdiberikan dalam acara RakernasSPS dan Konferensi CEO Mediadi Hotel Pangeran, Pekanbaru,Riau.

    Menanggapi pemberianpenghargaan itu, Rusdi menga-takan sangat bersyukur dan ba-hagia. Apalagi penghargaan ituditerimanya usai menjalankanibadah umrah.

    HG Rusdi Effendi ARDOK.BPOST GROUP

    - HG Rusdi dapat galar Tokoh Pers Nasio-nal, Lak ai

    + Barakat dukungan wan doa wargasabarataan, Nang ai

    1407/B01

  • Banjarmasin Bungas2Banjarmasin Post SABTU 14 JULI 2012

    Kedatangannya di KantorKementerian BUMN padaKamis (12/7) lalu, bersamadengan kepala Badan Peren-canaan Pembangunan Dae-rah (Bappeda) dari Kalteng,Kaltim, dan Kalbar. Itu karenadaerah tersebut juga mengalamipenderitaan yang sama.

    Ketika dihubungi Jumat,Rudy mengatakan Dahlanperlu mendorong BUMNmempercepat pembangunandi Kalimantan. Ini agar ma-syarakat Kalsel dan Kaliman-tan lain bisa merasakan dam-pak pembangunannya.

    Apalagi pulau ini merupakanpenghasil energi utama sepertiminyak, gas dan batu bara.Sementara pasokan listrik dariPLN tak kunjung mencukupi.

    Akibatnya sedikit sajaada gangguan maka terjadipemadaman yang berlang-sung lama. Byar-pet masihmengganggu kenyamananhidup masyarakat. Pemba-ngunan Pembangkit ListrikTenaga Uap (PLTU) Asam-asam Unit III pun terkesanlambang, katanya.

    Penyelesaian PLTU terse-but dinilai molor lebih dari se-tahun. Akibatnya pemprov

    SATU hari menjelang pelaksanaan AmerPart 4, panitia pelaksana terus mematangkanpersiapan ajang tahunan tersebut. Sebanyak22 band banua beraliran metal yang menjadipeserta dikumpulkan untuk technical meet-ing. Acara berlangsung di sekretariat AmerCommunity di Jalan Jafri Zamzam, KompleksPWI No 1 Banjarmasin, Kamis (12/4).

    Dalam suasana santai namun tetap serius,mereka membicarakan kesiapan penampilantermasuk aksi EdanE