Banjarmasin Post - 16 Februari 2009

download Banjarmasin Post - 16 Februari 2009

of 28

  • date post

    14-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    572
  • download

    1

Embed Size (px)

description

Edisi Cetak Banjarmasin Post - 16 Februari 2009

Transcript of Banjarmasin Post - 16 Februari 2009

  • DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

    Banjarmasin PostNO. 12466 TH XXXVII/ ISSN 0215-2987

    16 FEBRUARI 2009/

    20 SAFAR 1430

    SENIN

    Hal 14 kol 1-3

    Hal 14 kol 4-7

    Hal 14 kol 1-3 Hal 14 kol 4-7

    ua puluh tahunsudah kebebasandirasakan wargaAfganistan.Namun, konflik

    bersenjata terus terjadi dinegeri yang dipimpin Pre-siden Hamid Karzei itu.

    Saat itu kami bersuka ci-ta. Jihad dan penderitaankami membuahkan hasil.Kami melepaskan tembakankegembiraan ke udara. Ten-tara Merah (pasukan Uni So-viet), kata salah seorangmantan mujahid Afganistan,Mohamman Soliman.

    Kabar perginya pasukanmusuh dari Afganistan dide-ngar Soliman dan teman-te-manya dari radio BBC. Se-mula mereka tak percaya.

    Namun, saat kami masuk

    PotongGaji

    Hal 14 kol 1-3

    BerenangTetap Kering

    BERENANG tentu membikin tubuhmenjadi basah. Lain dengan bebek. Meskiberenang, tubuhnya tetap kering. Mengapa?Ternyata, tubuh hewan itu memilikisemacam pelapis berupa bulu lembut. Buluitu juga yang membuatnya bisa menga-pung.

    Biasanya bebek juga mengeluarkansejenis minyak dari tubuh. Minyak inidisebarkan melalui paruh ke seluruh bulu-bulunya. Karena minyak tidak akan pernahlarut dalam air, jadi air hanya melewatitubuhnya. Minyak itu juga menghalangi airmenempel pada bulu, sehingga bebek tidakterlihat basah.

    Saat berenang, bebek menggunakankakinya yang memiliki selaput di antarajari-jarinya. Selaput itu bisa melebar danmengecil. Fungsinya bak dayung. (vvn)

    Menimang Cucu

    JAKARTA, BPOST - Terpidana mati kasuspembunuhan, Gunawan Santosa, dikabar-kan sedang stres. Gunawan yang mendekamdi Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jatengitu stres karena Kejaksaan Agung (Kejagung)menegaskan segera mengeksekusi dirinya.

    Stres itu wajar. Ya kalau orang maudihukum mati pasti mengalami tekanan,ujar Pengacara Gunawan, Alamsyah Hana-fiah, Minggu (15/2).

    Kejagung memberi tenggat sebulan bagiGunawan untuk mengajukan PeninjauanKembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA).

    Gunawan mengotaki pembunuhan man-

    BEBO.COM

    MANCHESTER Unitedpantas bersyukur mempu-nyai pemain-pemain yangloyal pada klub.

    Adalah duo pemain ve-teran Ryan Giggs dan GarryNeville, yang mengaku siappotong gaji di kontrak baru.

    Faktor usia memang takbisa dibohongi. Giggs danNeville juga sadar mulai me-lamban seiring dengan ber-tambahnya usia mereka.

    Hal itu yang membuat ke-dua pemain veteran The RedDevils ini bersedia gajinyadipotong.

    Seperti yang dilansir TheMail, Minggu (15/2), Giggssetuju selama satu tahun kedepan, gajinya yang sebesar75 ribu poundsterling perpekan akan dipotong.

    Padahal, jika pemain asalWales itu bersedia barmain diTimur Tengah atau AmerikaSerikat tentu mendapat gajiyang lebih besar.

    Tapi, Giggs memang lebihsenang mengakhiri pensiun-nya kelak sebagi legenda OldTrafford.

    Total sepuluh gelar LigaIngris telah dipersembahkanGiggs buat satu-satunya klubyang pernah dibelanya itu.

    Selain Giggs, Neville akanmendapat potongan di kon-trak barunya.

    Bek tersebut kemungkin-an besar menerima gaji 45.000per pekan di kontrak baru-nya.

    Ryan Giggs

    YYYYY

    Apa bedanyadenganTommy.Dia divonis15 tahun,Gunawandivonis matiALAMSYAH HANAFIAH

    Pengacara

    Gunawan Santosa Stres

    ERAMUSLIM.COM

    Pasukan Taliban yang hingga kini terus melakukan perlawanan terhadappasukan AS di Afganistan.

    Afganistan di Antara Soviet dan Amerika

    Kebebasan Itu Hanya SesaatTanggal 15 Februari 1989. Saat itu, roda-

    roda tank Uni Soviet (kini Rusia) bergerakmeninggalkan perbatasan. Berputarnya roda

    tank itu menjadi simbol berakhirnya pen-jajahan negeri yang kini terpecah

    itu di Afganistan.

    ke kota, kabar itu benar. Me-reka telah pergi, ujar Soli-man. Akibat pendudukan U-ni Soviet selama sepuluh ta-hun menewaskan sedikitnya1,5 juta warga Afganistan.

    Hal 14 kol 4-7

    tan mertuanya, Boedyharto.Pengawal Boedyharto, Serka Eka Siyep juga

    tewas dalam pembunuhan yang dilakukanmantan anggota marinir TNI AL suruhanGunawan. Meski berhasil dibekuk polisi,Gunawan beberapa kali kabur dari sel. Selamapelarian, dia sempat menjalani operasi face off.

    Alamsyah menegaskan kliennya tidakterima dihukum mati. Pasalnya, TommySoeharto yang menjadi aktor pembunuhanhakim agung hanya diganjar 15 tahun pen-jara.

    SIPALUiiiii

    Anang Gayam

    12:36 15:58 18:44 19:5605:08

    TjiptomoMengakudi Jakarta

    BANJARMASIN, BPOST - Berulang kaliBonifatius Tjiptomo Subekti (56) menutupwajah dengan telapak tangan. Sambil me-nundukkan kepala, dia berusaha meng-hindari kilatan lampu kamera para warta-wan yang terus memburunya sejak turundari mobil tahanan bernopol DA 149 G.

    Minggu (15/2), mantan Komisaris PT GiriJaladhi Wana (GJW) itu dijebloskan ke LapasTeluk Dalam Banjarmasin. Seperti diberi-takan BPost, buron kasus dugaan korupsipembangunan Pasar Sentra Antasari ituditangkap saat santai di salah satu kafe diCirebon, Jabar, Jumat (13/2).

    Setelah dijemput dan diinapkan di rumahtahanan Kejaksaan Agung, Tjiptomo diter-bangkan di Kalsel. Pesawat Garuda Indo-nesia yang membawanya tiba di BandaraSyamsudin Noor Banjarbaru sekitar pukul09.00 Wita.

    Nasi RawanWAY A H bajalanan ka Banjar bubuhannya

    basinggah ka wadah mamarinanya Palui.Salain bailang, bubuhannya sakaligus handakumpat bamalam di wadah sidin.

    Bubuhan ikam baiknya istirahat satumatka kamar, karna satumat lagi makan siang kitamakanan baimbai. Sakamar batiga kada apa-apa jua kalu Lui, ujar mamarinanya ma-nakuni.

    Adalah Partai Pemuda In-donesia (PPI) pimpinan man-tan ketua umum Komite Na-sional Pemuda Indonesia(KNPI) Hasanuddin Yusufyang memasukkan Ari seba-gai bacapres dalam Pemilu2009. Nama suami ar-tis Rika Calebout itudiusulkan sejumlahdewan pimpinan dae-rah (DPD) sepertiNangroe Aceh Darus-salam (NAD), Jatim,Banten dan Lampung.

    Tadi saya sudahberbincang-bincangdengan DPD-DPD. A-da nama baru yangmasuk ke daftar capres, yaituAri Haryo Wibowo alias AriSigit, ujar Sekretaris BadanPemenangan Pemilu PPI,

    Akhmad Mujiyanto kepadawartawan di sela-sela Rapim-nas III PPI di Jakarta, Minggu(15/2). Selain Ari, bacapresPPI antara lain Susilo Bam-bang Yudhoyono, Sri SultanHamengkubuwono X, Prabo-

    wo Subianto, Sandia-go Uno (ketua umumHimpunan Pengusa-ha Muda Indonesia),Agusrin MaryonoNajamuddin (guber-nur Bengkulu) danHasanuddin Yusuf.

    Namun, Sekreta-ris Jenderal DPP PPI,Niko Silitonga meng-ungkapkan Ari hanya

    masuk dalam daftar 25 ba-capres.

    Ari Sigit Gagal Jadi CapresJAKARTA, BPOST - Keluarga mantan Pre-siden (alm) Soeharto masih memiliki pesonadi kancah perpolitikan nasional. Selain sangputri, Siti Hardijanti Rukmana (Mbak Tutut),salah seorang cucu, Ari Haryo WibowoHardjojudanto (Ari Sigit) masuk bursa bakalcalon presiden (bacapres).

    Hal 14 kol 4-7

    Cari PerlindunganKIPRAH anak dan cucu Soeharto di kancah politik

    tak terlalu menonjol. Dari keenam anaknya, hanyaBambang Trihatmodjo dan Siti Hardijanti Rukmana(Mbak Tutut) yang kelihatan rekam jejaknya. Di bandingBambang, peran Mbak Tutut di lapangan politik lebihmenonjol. Pada 1997, mantan Presiden KH AbdurrahmanWahid (Gus Dur) pernah menyebutnya sebagai pe-mimpin masa depan.

    Awalnya, Mbak Tutut lebih dikenal sebagai pekerjasosial dan pengusaha ternama. Kemudian menjabatsebagai salah satu Ketua DPP Golkar. Selain sebagai anakSoeharto, kepiawaian Tutut kerap dikaitkan dengankeluwesannya bergaul.

    - Ada parpol incar Cendana gasan capres,Lak-ai

    + Kahabisan bensin, Nang-ai

    METRO BANJAR/AYA SUGIANTO

    Tjiptomo (bertopi) dikawal petugas Kejati danPolda Kalsel, Minggu (15/2).

    ANTARA/SOLIHIN KALLA

    Wapres Jusuf Kalla menimang Khalila Azeeza Putri yang baru lahir beberapa harilalu di Jakarta, Minggu (15/2). Khalila merupakan cucu kesepuluh Kalla. Dia lahirsaat sang kakek melakukan kunjungan kerja ke Jepang, Amerika, Belgia danBelanda.

    OISEAUX.NET

  • Tahun ini

    sudah kita

    anggarkan

    membeli

    lahan

    YUDHI WAHYUNIWali Kota Banjarmasin

    2 Banjarmasin Post BANJARMASIN BUNGAS16 FEBRUARI 2009 / 20 SAFAR 1430 HSENIN

    Namun rencana itu bakalmendapat cemoohan warga.Sebab saat ini masih ada em-pat bangunan milik pemkoyang dibanguna di atas sungai.

    Tiga bangunan di JalanJapri Zam Zam adalah KantorDispencapil, Kantor CamatBanjarmasin Tengah, Puskes-mas Teluk Dalam. Satu ba-ngunan, yakni eks bangunanKantor Disparsenibud di Ja-lan RE Martadinata.

    Bagaimana mungkin me-reka (Pemko) mau mem-bongkar rumah warga yangberada di bantaran sungai?Sementara bangunannyasendiri masih berdiri di su-ngai, ujar Halid, seorangwarga Jalan Kelayan A.

    Sebenarnya rencana pe-mindahan empat kantor ter-sebut sudah sejak tahun lalu.Namun, hingga awal 2009belum terealisasi.

    Merujuk pada Perda No-mor 2 Tahun 2007 tersebut,Pemko Banjarmasin akhirnyamenetapkan pada 2010 em-pat kantor tersebut bakal di-pindah.

    Wali Kota Banjarmasin, HAYudhi Wahyuni pada Kamis(12/2) mengatakan, pada 2009pihaknya akan mencari lahanpengganti untuk pembangu-nan empat kantor tersebut.

    Yudhi mengatakan, pe-

    Tak Boleh Banyak Jembatan

    mindahan kantor-kantor itusudah dianggarkan pada2009. Tahun ini sudah kitaanggarkan untuk membelilahannya. Kita masih menca-rinya. 2010 nanti, pasti kitapindah, ujarnya.

    Camat Banjarmasin Te-ngah, Hermansyah menam-bahkan, pihaknya sudahmengincar lahan untuk pem-bangunan kantor baru. Sa-lah satunya, di belakang kan-tor kita ini. Jadi kita tinggalnegosiasi harga dengan pe-milik tanah, katanya.

    Tanah tersebut, lanjut Her-mansyah cukup luas sehing-ga bisa digunakan untuk kan-tor kecamatan dan Puskes-mas Teluk Dalam secara ber-

    dampingan. Jadi saya rasa,2010 kantor sudah dipindahdan dibangun di lahan baru,ujarnya.

    Sementara itu, Plt DinasPengelolaan Sungai dan Drai-nase Kota Banjarmasin, Mur-yanta