Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

93
1 PERSIAPAN UJIAN NASIONAL PERSIAPAN UJIAN NASIONAL Tes Daya Serap (TDS) Tes Daya Serap (TDS) PAKET A PAKET A

Transcript of Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Page 1: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

1

PERSIAPAN UJIAN NASIONALPERSIAPAN UJIAN NASIONAL

Tes Daya Serap (TDS)Tes Daya Serap (TDS)

PAKET APAKET A

Page 2: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

1. Kuda laut jantan adalah hewan satu-satunya di dunia yang hamil. Namun, bukan berarti kuda laut jantan yang memproduksi telur. Telur tersebut tetap dihasilkan oleh yang betina. Lalu disimpan oleh kuda laut jantan dalam perutnya untuk dibuahi dan dijaga antara 10 hari sampai 6 minggu hingga telur menetas. Pada minggu ke-tiga, satu per satu para kuda laut kecil akan lahir dan tumbuh dewasa menjadi kuda laut yang cantik. Kuda laut jantan memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk melahirkan anak-anaknya. Dalam sekali melahirkan dapat mencapai jumlah 15 hingga seribu ekor, tergantung pada jenisnya.

2

Page 3: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Gagasan pokok teks di atas adalah ....

A.Kuda laut dapat melahirkanB.Kuda laut memiliki banyak anakC.Keunikan kuda laut D.Kuda laut jantan hamilE.Proses perkembangbiakan kuda laut

3

Page 4: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

2. Demam Berdarah Dengue banyak berjangkit di daerah tropis dan subtropis di seluruh belahan dunia. Asia menempati urutan pertama dalam jumlah korban tiap tahun. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh curah hujan di Asia yang sangat tinggi terutama di Asia Timur dan Selatan. Jumlah penderitanya tiap tahun meningkat, hampir 95% menyerang anak di bawah usia 15 tahun.

4

Page 5: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Simpulan bacaan tersebut adalah …a.Demam Berdarah Dengue banyak

menyerang anak-anak di bawah usia 15 tahun.

b.Demam Berdarah Dengue banyak menyerang anak-anak di bawah usia 15 tahun di Asia Timur dan Selatan saja.

c. Demam Berdarah Dengue banyak menyerang anak-anak rata-rata berusia 15 tahun di daerah tropis dan subtropis.

d.Demam Berdarah Dengue banyak menyerang anak-anak di bawah usia 15 tahun di daerah tropis dan subtropis.

e.Demam Berdarah Dengue harus diwaspadai terutama di daerah tropis dan subtropis.

5

Page 6: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

3. Penyakit degenerative, selama ini sering dijumpai menimpa masyarakat modern. Ini akibat sebagian orang tidak merawat tubuh dengan baik dan pola hidup yang tidak sehat. Misalnya, kebiasaan merokok, minum-minuman berakohol, kurang olahraga, kurang istirahat, dan stres.Tak ada obat medis yang bisa menyembuhkan penyakit ini secara alamiah. Namun penyakit degenerative ternyata bisa diminimalisasi dengan Cryptomonadales, sejenis ganggang yang hidup di air tawar bersih dan memiliki kandungan nutrisi lengkap untuk membantu meregenerasi sel-sel yang telah rusak. Ganggang (algae) Cryptomonadales ini ditemukan oleh Wang Sun Tee, seorang dosen biodemikal dan guru besar di Ping Tung Technology University Taiwan.

6

Page 7: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Makna kata degenerative pada paragraf tersebut adalah…..

a.Pertumbuhanb.Penuaan dinic.Perkembangbiakand.Pengelupasan sel kulit matie.Pertumbuhan sel

7

Page 8: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

4. Membaca dimulai dengan melihat. Mula-mula anak mulai sadar bahwa tanda dan lambang tertentu menunjukkan nama atau benda. Stimulan masuk lewat indra penglihatan pada tingkat awal membaca. Jika lambang-lambang dirangkaikan tersusun pembicaraan. ……….. Anak siap membaca jika telinganya dapat mendengar.

8

Page 9: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Kalimat penjelas yang sesuai untuk mengisi bagian yang rumpang adalah….

a.Anak mulai diajarkan mengeja huruf alfabet.b.Pembicaraan disusun dan dilatihkan pada anak sejak kecil.c.Anak mulai mengenal huruf.d.Anak harus bisa berbicara.e.Pembicaraan biasanya didominasi oleh gurunya .

9

Page 10: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

5. Teman-teman, kemarin kami sekeluarga pergi ke Gua Maharani. Kami berangkat dari rumah kira-kira pukul 08.00 pagi. Sebelum sampai di sana kami mampir dulu ke warung makan. Walau sederhana, tetapi masakan di situ sangat enak. Terutama soto kemirinya. Kemudian kami melanjutkan perjalanan hingga sampailah di gua Maharani. Benar-benar indah gua ini. (…) Juga terdapat mata air yang jernih. Setelah menyaksikan semuanya, akhirnya kami pulang dengan perasaan senang dan puas.

10

Page 11: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan tersebut adalah….a.Gua itu membuat kagum siapa pun yang datang.b.Di dalamnya terdapat stalaktit dan stalagmit.c.Pemandangannya sangat menakjubkan.d.Pengunjung dibuatnya terpesona.e.Ingin rasanya berkunjung lagi di Gua Maharani.

11

Page 12: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

6. Perhatikan petunjuk membaca buku berikut!

1) Bacalah kata pengantar!2) Bacalah daftar isi!3) Carilah fokus materi yang akan dibaca!4) Mulailah membaca dengan cermat!5) Tulislah catatan kecil sambil membaca

bagian yang diinginkan!6) Mulailah menulis dari yang sukar!

12

Page 13: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Kalimat petunjuk yang tidak tepat pada petunjuk di atas adalah….a.Kalimat kesatub.Kalimat keenamc.Kalimat ketigad.Kalimat keduae.Kalimat keempat dan kelima

13

Page 14: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

7. Sutardji Calzoum Bachri dilahirkan di Rengat, Riau, 24 Juni 1941. Ayahnya, Mohammad Bachri, berasal dari Prembun, Kutoarjo, Jawa Tengah, yang sejak remajanya mengembara ke Riau. Sutardji adalah anak kelima dari sebelas bersaudara. Pada saat kuliah di Fakultas Sospol Unpad, Bandung Sutardji mulai menulis dalam surat kabar mingguan di Bandung. Kemudian sajak-sajaknya dimuat dalam majalah Horison dan Budaya Jaya. Sutardji dikenal dengan Kredo Puisi yang menarik perhatian dunia sastra Indonesia. O, Amuk, Kapak, adalah dua buku kumpulan puisinya yang terkenal. Selain itu ia juga menulis esai dan cerpen. Kumpulan cerpennya yang sudah diterbitkan adalah Hujan Menulis Ayam.

14

Page 15: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Pernyataan yang sesuai dengan biografi di atas adalah…..a.Sutardji Calzoum Bachri banyak menulis novel.b.Cerpen-cerpennya bercerita tentang kemanusiaan.c.Ayahnya Mohammad Bachri seorang senimand.Sutardji pernah menulis di harian Kedaulatan Rakyat. e.Sutardji menulis sajak di Horison dan Budaya Jaya.

15

Page 16: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

8. Perhatikan grafik berikut! Perbandingan Jumlah Remaja perempuan dan laki-laki di Desa Kendarom

16

Page 17: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

17

Pernyataan yang sesuai isi grafik tersebut adalah….

a.Jumlah remaja laki-laki di Desa Kendarom terus mangalami peningkatan yang drastis.b.Jumlah remaja perempuan di Desa Kendarom tidak mengalami peningkatan.c.Jumlah remaja laki-laki dan perempuan selama empat tahun ini mengalami peningkatan.d.Pada tahun 2010 remaja laki-laki berjumlah 60 orang dan remaja perempuan berjumlah 25 orang.e.Jumlah remaja laki-laki dan perempuan sebanding

Page 18: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

18

Tahun Perkotaan Pedesaan Total ( %)

2007 8,7 17,2 25,9

2008 9,7 24,9 34,5

2009 17,6 31,9 49,5

2010 15,7 32,7 48,4

2011 12,4 25,1 37,5

9.Perhatikan tabel berikut ini! Jumlah Penduduk Miskin setelah Krisis Keuangan

(dalam %)

Page 19: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Pernyataan yang sesuai dengan isi tabel tersebut adalah…..a.Jumlah penduduk miskin perkotaan pada tahun 2008 lebih besar daripada jumlah penduduk miskin pedesaan pada tahun 2007.b.Jumlah penduduk miskin pedesaan tahun 2007 sama dengan penduduk miskin perkotaan pada tahun 2008.c.Jumlah penduduk miskin di perkotaan pada tahun 2008 lebih kecil dibandingkan dengan jumlah di pedesaan pada tahun yang sama.d.Jumlah penduduk miskin pada tahun 2007 lebih besar dibandingkan dengan pada tahun 2011.e.Jumlah penduduk miskin di perkotaan maupun di pedesaan terus meningkat.

19

Page 20: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

10. PT Cahaya Fajar Kaltim sudah memasuki tahap penyelesaian proyek. Dijadwalkan 23 Desember 2012 mendatang, akan dilakukan uji coba terhadap kinerja masing-masing unit dan keseluruhan proses pembangkit listrik berkapasitas 2 x 25 mega watt (MW).

20

Page 21: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Tanggapan yang tepat terhadap isi bacaan tersebut adalah….A.Semakin cepat selesai semakin baik bagi masyarakat Kaltim.B.Penyelesaian proyek seharusnya sesuai dengan waktu yang diberikan.C.Uji coba pembangkit listrik sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kaltim.D.PT Fajar Kaltim sebaiknya memenuhi janji-janjinya.E.Listrik di wilayah Kaltim selalu padam.

21

Page 22: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

11. Tranfusi darah adalah pemindahan darah dari seseorang kepada orang lain yang membutuhkan. Pemberi darah disebut donor dan penerimanya disebut resipen. Tranfusi sebaiknya dilakukan dengan golongan darah yang sama, karena bila golongan darah donor berbeda dengan golongan darah resipen dapat terjadi hemolisis. Bila seseorang sangat membutuhkan penambahan darah melalui tranfusi, padahal tak ada donor yang mempunyai golongan darah yang sama, maka dapat dilakukan tranfusi dari donor dengan golongan darah tertentu (lihat skema) dengan sangat berhati-hatidan terlebih dahulu melakukan tes kompatibilitas darah donor dan resipen.

22

Page 23: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Donor ResipenA A ABB B AB

AB ABO A B AB O

23

Page 24: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Pernyataan yang sesuai dengan kutipan berita tersebut adalah….a.Tranfusi darah dapat dilakukan sewaktu-waktu.b.Golongan darah manusia bermacam-macam.c.Pemberi darah disebut resipen dan penerimanya disebut donor.d.Tranfusi hanya terjadi pada donor golongan darah yang sama saja.e.Golongan darah AB bila bertemu dengan golongan darah yang sama maka akan terjadi kelainan pada anak.

24

Page 25: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

12. Pagi ini Desta harus segera menebus obat ke … Setelah itu, ia mengikuti … kerja di bengkel Honda. Sesudah itu, Desta harus ke … untuk menemui salah satu dosen pembimbingnya.25

Page 26: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Kata baku yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang pada paragraf di atas adalah…..

a.Apotek, praktik, kampusb.Apotik , praktik, kampusc.Apotek, praktek, campusd.Apotek, praktek, kampus e.Apotik, praktik, campus

26

Page 27: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

13. (1) Pada saat ini cuaca dan suhu udara sangat tidak menentu. (2) Panas dingin berganti-ganti tanpa bisa diprediksi. (3) Akibat pergantian cuaca ini menyebabkan berbagai penyakit menyerang. (4) Terutama anak-anak lebih mudah diserang penyakit. (5) Penyakit yang sering muncul adalah flu, batuk, dan gangguan pernapasan.

27

Page 28: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Kalimat yang mengandung antonim dalam paragraf di atas adalah……

A.Kalimat (1) D. Kalimat (4)B.Kalimat (2) E. Kalimat (5)C.Kalimat (3)

28

Page 29: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

14. Penulis menghimbau agar para pembaca tergelitik untuk memberikan kritik dan saran demi perbaikan karya tulis ini. Perbaikan kata tergelitik dalam kutipan tersebut agar tidak bermakna kias adalah….

A. berpendapat B. terpacu C. terhasutD. berkenanE. kegelian

29

Page 30: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

15. Kenangan manis itu tak mudah ia lupakan.Kalimat di atas mengandung perubahan makna…..

a. Menyempit b. Meluas c. asosiasi d. konotasi e. sinestesia

30

Page 31: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

16. Dalam dunia perfilman kita mengenal Piala Citra. Sedangkan dalam upaya pelestarian lingkungan kita mengenal hadiah Kalpataru. Dalam rangka mengembangkan industri kecil dikenal penghargaan Upakarti .

Pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah …

a. Kapan penghargaan-penghargaan itu diberikan?b. Berapa macam piala dan penghargaan yang

dimiliki pemerintah?c. Mengapa kita memiliki banyak penghargaan?d. Apa saja penghargaan yang kita miliki?e. Siapa yang sering mendapat penghargaan?

31

Page 32: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

17. (1) Final yang disaksikan 15000 penonton di stadion ini sebenarnya menampilkan dua petenis terbaik di tanah liat. (2) Safira datang ke Holland Garros setelah memenangi dua turnamen WTA premiere secara berturut-turut yaitu Roma dan Madrid. (3) Kuznetsova menjadi juara pada turnamen di Stuttgart dan finalis di Roma. (4) Akan tetapi, penampilan Safira pada pertandingan yang berlangsung pada suhu udara cukup dingin itu tidak seperti permainannya pada babak pertama hingga semifinal.

32

Page 33: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Kalimat fakta ditandai nomor ....

A.(1) dan (2) B.(1) dan (4)C.(2) dan (3) D.(2) dan (4)E.(1) dan (3)

33

Page 34: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

18. Sikapnya sering mengecewakan orang lain. Bahkan orang lain bisa dibuatnya jengkel dan kebingungan. Hal itu terjadi karena lain sakit lain diobat, lain luka lain dibebat.

Arti peribahasa pada paragraf tersebut adalah……..

A. Apa yang diberikan berbeda dengan yang diminta.

B. Setiap orang mempunyai sifat yang berbeda-beda.

C. Apa yang dilakukan merugikan orang lain.D. Orang yang tidak memiliki pendirian tetap.E. Orang yang suka kebingungan

34

Page 35: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

19. Perhatikan penggalan puisi berikut!

Pancaran HidupDi pagi hariAku berangkat bekerjaTampak olehku seorang laki-lakiMengorek-ngorek tong mencari

nasi

35

Page 36: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Maksud puisi tersebut adalah….

A.Seorang tukang sampah.B.Orang yang malas bekerja.C.Orang yang berusaha meraih cita-citaD.Seseorang yang melihat pengemis mencari

sesuap nasi di tong sampah.E.Orang yang patut dikasihani

36

Page 37: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

20. Cermatilah kutipan puisi berikut !

Sajak KitaDik, pagi kita cerahAkankah hari ini kita indahDik, jika senja kita merahMungkinkah malam benderang dengan sinar

mentari……………………..Dik, rimba kita gersang Sanggupkah?Kita menadah hujan-Nya kelak kitaDia curahkan diam-diam

37

Page 38: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Kalimat yang bermajas untuk melengkapi bagian rumpang puisi tersebut yang tepat….

A.Malam begitu indahB.Cinta kita selalu adaC.Pasti hidupmu bahagiaD.Jangan lupa hidup ini sementaraE.Adakah rumah yang ramah untuk kita

38

Page 39: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

21.Sambil melingkarkan tas lusuh itu di pundaknya, Rahman menenteng tas kresek hitam berisi lima puluh potong pisang goreng hangat. Semua juga sudah tahu, Rahman selalu menitipkan gorengan dari ibunya ke warung tempat ia bersekolah. Cibiran teman-teman yang tak bersimpati kepadanya seperti tak pernah sanggup menggoyahkan prinsipnya. Baginya hanya dengan berdagang gorengan itulah ia tetap dapat bersekolah.

39

Page 40: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Nilai kehidupan yang terdapat dalam cuplikan cerita tersebut adalah….A.seorang ibu menggoreng pisang setiap pagi untuk dijual ke sekolahB.seorang anak bersekolah setiap hari sambil membawa tas kresekC.sekolah membawa tas yang sudah lusuh dan tas kresek warna hitamD.demi cita-cita, ke sekolah sambil menjual gorengan tak masalahE.sekolah dan jualan adalah dua hal yang berbeda

40

Page 41: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Bacalah kutipan cerpen berikut, kemudian kerjakan soal nomor 22 s.d. 24!

Aku hanya geleng-geleng kepala sedangkan Emak segera beranjak ke dapur dengan wajah sedih. Pulang sekolah dengan wajah jengkel aku memasuki halaman rumah.

…..“Mak!! Emak!!!” teriak Mbak Ika. “Pasti ada

yang tidak beres,” gumamku. “Lihat baju ini!” teriaknya sambil menyodorkan sebuah baju ke hadapan Emak. “Ada apa dengan baju ini?” Tanya Emak. “Ada apa, ada apa, masa nggak lihat ada apa di baju ini. Lihat! Apa ini?” tanyanya dengan membentak. “Emak tidak tahu, Nduk.”

41

Page 42: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

“ Nggak tahu, nggak tahu gimana? Siapa tadi yang mengambil dari jemuran?” “Emak.” “Nah! Sekarang ngaku saja kalau memang Emak yang membuat noda di baju ini,” bentaknya kasar. “Benar, Nduk. Emak memang nggak tahu. Untuk apa Emak bohong sama aku?” “Halaahh!! Sudah, pokoknya sekarang harus dicuci sampai bersih. Awas, kalau nanti nodanya nggak hilang, nggak aku beri uang belanja buat besok,” ancam Mbak Ika. “Sudahlah. Biar aku saja yang mencuci baju itu,” tawarku. “Nggak perlu! Orang tua seperti ini perlu diberi pelajaran supaya jera,” bentaknya. Aku pun langsung diam.

42

Page 43: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

22. Kalimat yang menunjukkan bukti latar tempat di rumah sesuai kutipan cerpen tersebut adalah ….

A. Kalimat pertama dan keduaB. Kalimat ketiga dan keempat C. Kalimat pertamaD. Kalimat kelima dan keenamE. Dua kalimat terakhir

43

Page 44: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

23. Konflik yang terjadi pada kutipan cerpen tersebut adalah ...

A. Aku hanya geleng-geleng kepala.B. Mbak Ika memarahi Emak.C. Aku menawarkan mencuci baju.D. Aku diam tidak membantah.E. Perseteruan keluarga.

44

Page 45: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

24. Watak tokoh Ika dalam kutipan cerpen di atas adalah….

A. penyayang B. kasar C. ketusD. suka menuduhE. pembohong

45

Page 46: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

25. Bacalah kutipan naskah drama berikut ! Situasi di rumah, Siska dan ayahnya baru saja

makan siang. Mereka duduk di satu meja.

Bapak : Bagaimana sekolahmu tadi, apa ada masalah? (Lalu meminum beberapa teguk air putih dari gelas)

Siska : Tadi Bu Guru menganjurkan kami menabung. (Sambil mengusap mulutnya dengan sapu tangan)

Bapak : Bagus itu. Kapan mulainya?Siska : Besok sudah bisa. (Sambil

menumpuk bekas piring mereka).Bapak : Besok kamu mau nabung berapa?

46

Page 47: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Siska : Tiap hari uang saku saya lima ratus rupiah. Akan saya tabung yang dua ratus rupiah.

Bapak : Ya…. Bapak setuju. Tapi jangan harus dua ratus. Jika di sekolah ada rapat, kamu pulang pagi, besoknya tabunglah tiga ratus rupiah. Begitu juga waktu olahraga, menabung bisa dikurangi jadi seratus saja. Jadi kamu harus belajar menyesuaikan keadaan.

Siska : Baik, Pak.Bapak : Bapak ke dalam dulu. (Lalu

masuk ke dalam dan Siska membawa piring kotor lalu pergi).

47

Page 48: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Isi drama tersebut adalah…A.keadaan sekolah Siska.B.Siska ingin menabung.C.Kesepakatan antara Bapak dan Siska tentang menabung.

D.Uang jajan Siska akan dikurangi.E.Acara makan siang.

48

Page 49: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

26. Perhatikan kutipan novel berikut!Raja Adil gembira benar-benar mendengar

berita hasil pelayaran raja Maulana ketika lebih daripada yag diharapkan. Usaha kompeni, jadi terhalang dan pikiran Sultan jadi kalang-kabut. Oleh karena ia pun makin tabah berani melawan Indrapura yang berserikat dengan kompeni. Dan hasratnya makin keras dan besar hendak mencari perhubungan dengan Pauh. Jiak Pauh dapat digerakkan menyerang padang dari darat, dan Aceh dari sebelah utara, dan dari laut, niscaya tenaga kompeni lemah, dan Indrapura tentu takkan berdaya lagi.

49

Page 50: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Unsur ekstrinsik kutipan novel di atas adalah…..

A.sosialB.ekonomiC.religiusD.budayaE.historis

50

Page 51: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

27. (1) Atlet dari (2) Propinsi Jawa Timur sehat-sehat sehingga (3) penasihatnya tidak perlu menghabiskan obat yang dibelinya di (4) apotek terkenal itu.

Kata yang tidak baku pada kalimat di atas adalah nomor ….

A. 1 B. 2 C. 3D. 4E. 1 dan 2

51

Page 52: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

28. Wulan, Sari, Wisnu, dan saya membentuk kelompok belajar. Dalam kelompok itu (1)… selalu berdiskusi. Wulan anak terpandai, (2) … ditunjuk sebagai ketua kelompok. Wali kelas sering bercerita kepada wali murid bahwa (3) … adalah kelompok belajar yang kompak.

Isian yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah….

A. (1) mereka, (2) dia, (3) kamiB. (1) kami, (2) dia, (3) kamiC. (1) kalian, (2) ia, (3) kamuD. (1) kami, (2) ia, (3) kalianE. (1) mereka, (2) kami, (3) kalian

52

Page 53: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

29. Sejak pagi ia bermuka masam. Makna ungkapan di atas

adalah……

A. perasaan tidak senangB. mendapat teguranC. belum mandiD. rasanya ingin marah-marahE. terlambat bangun

53

Page 54: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

30. Tema: Manfaat Rimpang Jahe untuk Kesehatan

Kalimat penjelas yang sesuai dengan tema tersebut adalah …

A. Jahe pedas rasanya.B. Minuman jahe banyak digemari

masyarakat Indinesia. C. Rimpang jahe sangat tua.D. Rimpang jahe dapat mengobati

masuk angin dan batukE. Jahe disukai kebanyakan orang Asia.

54

Page 55: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

31. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!

(1) Tikus dan serangga yang ikut menghuni rumah memang menjengkelkan. (2)Bukan hanya menjijikkan, tetapi juga dapat mendatangkan penyakit. (3) Namun, Anda jangan khawatir, Anda dapat menggunakan alat elektronik penghasil gelombang ultrasonic. (4) Dengan alat itu tikus dan serangga akan meninggalkan rumah Anda. (5) Alat elektronik dihasilkan siswa SMK.

55

Page 56: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Kalimat tidak efektif pada paragraf tersebut terdapat dalam kalimat bernomor ... .

A.1B.2C.3D.4E.5

56

Page 57: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

32. Paragraf berikut yang didalamnya terdapat hubungan perbandingan adalah….

A. Kegiatan berkomunikasi tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Pada saat bercakap-cakap, kita sering tidak menyadari apakah bahasa yang digunakan sudah benar atau masih kurang baik.

B. Banyak orang berpendapat bahwa bahasa lisan lebih kuat daripada bahasa tulis. Sebagai bukti orang lebih tahan menghabiskan waktu luangnya untuk bercerita daripada membuat tulisan.

57

Page 58: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

C. Sekarang juga aku akan berangkat ke sana kalau mempunyai uang. Akan tetapi, hal itu tidak mungkin aku lakukan, karena untuk ongkos makan saja aku sudah kewalahan.

D. Jika ingin menjadi penyimak yang baik maka siapkan alat tulis. Lalu catatlah hal-hal yang penting dari yang kalian dengar. Terakhir jawablah pertanyaan yang diajukan.

E. Langit Nampak gelap. Awan bergulung-gulung. Angin berhembus kencang. Sepertinya langit akan menumpahkan kemarahannya pada bumi.

58

Page 59: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

33. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

1) Akhir-akhir ini kita mendengar berbagai aksi kerusuhan massa.

2) Akibatnya banyak kerugian yang diderita masyarakat setempat.

3) Hal itu terjadi karena mahirnya provokator penghasut massa.

4) Aksi kerusuhan massa yang berkepanjangan sangat mengganggu ketentraman.

59

Page 60: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf yang baik bila disusun dengan urutan……

A.4-3-2-1B.3-4-1-2C.2-3-4-1D.1-3-2-4E.1-2-3-4

60

Page 61: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

34.“Tak kenal maka tak sayang.” Ungkapan itu sangat cocok untuk kegiatan pelestarian jenis dan ragam makhluk hidup, seperti tumbuhan dan hewan. Salah satu kegiatan pelestarian adalah kegiatan pencatatan dan pendokumentasian. Dengan demikian, kita lebih dapat mengenal berbagai ragam mahluk hidup. Berdasarkan hal tersebut, Klub Sains OSIS SMK Putra Bangsa bermaksud mengadakan kegiatan Persami di lingkungan Pantai Mutiara. Kegiatan ini dimaksudkan untuk lebih mengenal lingkungan kawasan pantai dan ragam makhluk hidup yang ada di lingkungan tersebut.

61

Page 62: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

62

Kutipan di atas merupakan bagian proposal yaitu….

A.Latar belakangB.TujuanC.KegiatanD.PelaksanaanE.Rencana anggaran

Page 63: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

63

35.Judul proposal: Proposal Kegiatan Pementasan Drama Teater Cermin SMK Putra Bangsa

Kegiatan yang sesuai dengan judul proposal tersebut adalah….

A. Pementasan dramaB. Penggalangan danaC. Perpisahan kelas XIID. Kunjungan ke panti asuhanE. Pentas seni

Page 64: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

(1) tujuan(2) rencana anggaran(3) Judul(4) waktu dan tempat(5) latar belakang(6) Pelaksana(7) kegiatan

64

Page 65: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

65

Urutan yang tepat dalam proposal adalah….

A.7-3-4-1-2-5-6

B.1-2-3-4-5-6-7

C.3-5-1-7-4-6-2

D.2-4-3-6-7-1-5

E.4-2-5-6-1-7-3

Page 66: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

37. Dibutuhkan segera staf marketing berpengalaman. Dengan ketentuan :

1. minimal lulusan SMA/SMK/yang sederajat2. memiliki pengalaman minimal 2 tahun3. memiliki kendaraan sendiri4. usia tidak lebih dari 35 tahun5. surat lamaran dibawa sendiri ke Toyota

Auto 2000 Jln. Imam Bonjol No. 106 Tanah Grogot

Harian Kaltim Pos, 15 Oktober 2012

66

Page 67: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

67

Kalimat pembuka surat lamaran yang tepat adalah….

a.Sehubungan dengan lowongan dalam harian kaltim pos, 15 Oktober 2012. Saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai staf marketing….b.Yang bertanda tangan di bawah ini, saya….c.Bapak Kepala Personalia Toyota Auto 2000 saya tertarik untuk bergabung dengan perusahaan Bapak.d.Sekiranya Bapak berkenan saya mengajukan lamaran pekerjaan.e.Berdasarkan iklan lowongan pada Harian Kaltim Pos, 15 Oktober 2012 maka saya mengajukan lamaran pekerjaan ….

Page 68: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

38. Perhatikan kalimat berikut!

… Kami mohon bantuan Bapak untuk dapat meminjamkan gedung olahraga tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, kami lampirkan proposal kegiatan. Karena kebaikan Bapak dan kerjasamanya, kami mengucapkan terima kasih.

68

Page 69: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

69

Kalimat penutup surat tersebut tidak tepat. Perbaikan yang tepat dalam penutup surat tersebut adalah….

a.Karena kebaikan Bapak dan kerjasamanya, kami mengucapkan terima kasih banyak.b.Atas kebaikan Bapak dan kerjasamanya, kami mengucapkan terima kasih banyak.c.Atas kebaikan Bapak dan kerjasamanya, kami mengucapkan terima kasih .d.Atas perhatian Bapak Personalia, kami mengucapkan terima kasih.e.Atas perhatian dan kerjasama Bapak, kami mengucapkan terima kasih.

Page 70: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

39. Perhatikan kutipan surat lamaran berikut!

… karena memang kami tidak sedang membutuhkan karyawan maka lain waktu saja, Saudara mengajukan kembali surat lamaran pekerjaan.

Isi surat balasan lamaran pekerjaan di atas tidak tepat.

70

Page 71: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

71

Perbaikan yang tepat agar balasan surat tersebut menjadi santun adalah…

a.Berhubung belum adanya lowongan di tempat Kami maka Kami mohon maaf tidak dapat menerima Saudara bergabung di perusahaan Kami.b.Mohon maaf Kami belum bisa menerima Saudara.c.Perusahaan Kami tidak membutuhkan karyawan yang belum berpengalaman.d.Berhubung Kami tidak memerlukan karyawan baru maka Kami tidak dapat menerima Saudara.e.Surat lamaran Saudara telah Kami pelajari tapi Kami tidak membuka kesempatan untuk karyawan baru.

Page 72: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

40. Perhatikan ilustrasi berikut!

Karang Taruna Pemuda akan mengadakan kegiatan Gerak Jalan Santai. Ketua Karang Taruna meminta kepada sekretarisnya agar membuat surat undangan untuk para anggotanya.

72

Page 73: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

73

Pesan singkat ketua Karang Taruna sesuai ilustrasi tersebut yang tepat adalah…

a.Segera buatkan dan ikut gerak jalan santai.b.Segera adakan kegiatan gerak jalan santai. c.Undang anggota Karang Taruna gerak jalan santai.d.Segera buatkan undangan kegiatan gerak jalan.e.Segera ikuti kegiatan gerak jalan.

Page 74: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

41. Perhatikan kutipan surat berikut! Salam kangen,Bagaimana kabarmu di Samarinda, Mir? Aku di

Surabaya sehat-sehat saja. Ya, berkat doa kita bersama, kita dapat menjalani kegiatan sehari-hari dengan baik. Lis, aku kangen sekali nih. Aku rindu akan canda dan tawamu. Rasanya tidak semua teman dapat mengiburku di kala sedih, hanya Mira yang tahu perasaanku. Kau memang sahabat sejatiku. Susah dan senang dirasakan bersama. Karena itu kutunggu kedatanganmu untuk bersilaturahmi dengan keluargaku. Akan kusiapkan makanan kesukaanmu.

Sahabatmu,

74

Page 75: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

Isi surat tersebut adalah….

A. Buat Ibu Mira, kakakku di SamarindaB. Untuk sahabat penaC.Bertanya-tanya kabarD.Persahabatan yang tak terpisahkanE. Kerinduan pada sahabat

75

Page 76: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

76

42. Cermati paragraf berikut ini!Peristiwa itu memang telah lama terjadi,

namun dia tak dapat melupakan semua kejadian itu. kepergian ayahnya yang tiba-tiba benar-benar mengguncang batinnya. Tak disangka ayah yang selama ini adalah penopang hidup keluarga pergi untuk selamanya. Dia mengerjapkan matanya yang basah. Dia sadar bahwa kini tanggung jawab keluarga sepenuhnya ada di pundaknya. … Dia merasa sangat berkewajiban menafkahi ibu dan adiknya.

Page 77: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

77

Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang adalah….A.untuk berhenti sekolah.B.sebagai anak tertua.C.Dia harus bekerja keras.D.Ibu dan adiknya mengharapkannya.E.Sekolah tak lagi dia perlukan.

Page 78: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

78

Dengan surat ini saya memberikan kuasa kepada:Nama Pekerjaan Alamat Untuk

Bank No. Rek. Atas nama

::::

:::

Hana AfifahpedagangJln. Raya KM 113 Kuaromengambil uang sebesar Rp20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah)BRI Cabang Tanah Grogot210-33452-002Yunita Quartasari

………………………………………………………….

43. Perhatikan surat berikut!

Page 79: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

79

Kalimat penutup surat kuasa yang tepat adalah…

A.Demikianlah, surat kuasa ini dibuat dengan benar.B.Surat kuasa ini semoga dapat digunakan dengan baik.C.Demikianlah, surat kuasa ini saya buat dengan sesungguhnya untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.D.Demikianlah surat kuasa ini dibuat. Atas perhatianya kami ucapkan terima kasih.E.Harapan kami surat kuasa ini dapat dipergunakan dengan semestinya.

Page 80: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

44. Perhatikan surat perjanjian berikut!

Pasal 5Lahan perkebunan akan diserahkan 10 hari

setelah penandatanganan perjanjian ini, yaitu dengan menyerahkan sertifikat lahan. Oleh penjual kepada pembeli.

80

Page 81: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

81

Isi perjanjian jual beli di atas tentang….

A.hak pembeliB.kewajiban pembeliC.hak penjualD.kewajiban penjualE.hak dan kewajiban pembeli dan penjual

Page 82: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

45. Perhatikan paragraf berikut!

Buku berjudul Dari Balik Dinding Luka, yang ditulis oleh Nita Candra, dan Dian Ibung ini, bercerita tentang perjuangan para korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) untuk keluar dari penderitaan dan bangkit memulai hidup baru yang lebih aman, nyaman, dan tentram. Kisah-kisah tragis pada buku ini disajikan dengan mengalir dan lancar. Meskipun buku ini menggunakan kertas sederhana tetapi isinya menarik untuk dibaca terutama orang yang bernasib sama.

82

Page 83: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

83

Perbaikan yang tepat penggunaan tanda baca paragraf tersebut adalah…

A.Tanda koma (,) setelah kata Candra dihilangkan.B.Tanda koma (,) setelah kata nyaman dihilangkan.C.Tanda titik (.) setelah kata tentram diganti dengan tanda titik koma (;)D.Tanda titik (.) setelah kata lancar diganti dengan tanda titik dua (:)E.Tanda titik (.) setelah kata lancar diganti dengan tanda titik dua (;)

Page 84: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

84

46. “Negeri 5 Menara” , ditulis oleh Ahmad Fuadi, diterbitkan oleh Gramedia, Jakarta pada tahun 2011, hal: 175.Catatan kaki yang tepat adalah…

A. Fuadi, Ahmad.2011.Negeri 5 Menara. Gramedia:Jakarta.

B. Ahmad Fuadi, Negeri 5 Menara (Gramedia: Jakarta) hal: 175

C. Ahmad Fuadi. 2011.Negeri 5 Menara. (Jakarta:Gramedia) halaman 175.

D. Fuadi,Ahmad.2011.Negeri 5 Menara (Gramedia: Jakarta) hlm. 175

E. Ahmad Fuadi, Negeri 5 Menara (Jakarta: Gramedia, 2011), hlm.175.

Page 85: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

85

Rapat Dinas Pembentukan Panitia Perpisahan SMK Putra Bangsa Tanah GrogotHari, tanggal : Sabtu, 27 Oktober 2012Waktu : pukul 09.00-12.00…Acara : 1. Pembukaan 2. Pembentukan panitia perpisahan 3. Penutup

47. Perhatikan notula berikut!

Page 86: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

86

Penulisan notula yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang adalah….

A.Keterangan tempatB.Pemimpin rapatC.Pemimpin nya Kepala SekolahD.Acara selinganE.Doa

Page 87: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

48. Cermati penggalan kata pengantar laporan berikut ini!

Kegiatan pentas seni ini diselenggarakan sebagai wujud rasa bangga memiliki budaya yang beragam. Melalui kegiatan pentas seni generasi muda khususnya pelajar dapat menampilkan kreativitasnya.

87

Page 88: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

88

Inti dari penggalan kata pengantar di atas adalah….

A.harapan penulisB.kritik dan saranC.ucapan puji syukurD.tujuan kegiatanE.harapan pembaca

Page 89: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

49. Perhatikan kutipan laporan berikut !

Di Pulau Nusa Dua tersedia berbagai macam peralatan olahraga air yang dapat kita sewa. Ada perahu motor atau speed boat, selancar ski air, dan sebagainya. Saya dan teman-teman menyewa perahu motor. Kami berputar-putar di sekitar pantai dengan hati-hati. Sungguh sangat mengasyikkan melakukan perjalanan di atas air. Tidak terasa batas waktu menyewa perahu motor sudah habis lalu kami pun duduk-duduk di pantai menikmati pemandangan laut yang indah. Setelah puas menikmati pemandangan pantai, kami kembali ke penginapan.

89

Page 90: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

90

Simpulan isi laporan tersebut adalah…

A.Sebenarnya kami masih ingin menyewanya lagi, tetapi hari sudah sore kami pun membatalkannya.

B.Kami melanjutkan perjalanan wisata laut ini ke pantai yang lain, yaitu Kuta, Pantai Sanur, dan Tanah Lot.

C.Rasanya tidak bosan berada di Pulau Nusa Dua.

D.Indah pemandangan Pulau Nusa Dua.E.Perjalanan ke Pulau Nusa Dua Bali sangat

menyenangkan.

Page 91: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

50. Perhatikan ilustrasi berikut ini!

Dalam rangka ulang tahun sekolah , OSIS akan mengadakan berbagai macam kegiatan. Kegiatannya adalah lomba antarkelas, seperti kebersihan, kerapian, cerdas cermat, dan sebagainya. Maka dari itu Ketua OSIS mendapat tugas menyusun poster.

91

Page 92: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

92

Berikut ini kalimat poster yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…

A.Tunjukkanlah kemampuanmu dengan menjadi juara.B.Saksikanlah pentas kelas dalam HUT sekolah.C.Belajar dengan ulet menjamin keberhasilan Anda!D.Ajaklah keluarga Anda menikmati hiburan di sekolah.E.HUT Sekolah mari kita rayakan bersama! 

Page 93: Bahasa Indonesia Soal TDS paket A 2012

93

Bagaimana dengan hasil jawaban Anda?Apapun hasilnya itulah kemampuanmu, masih ada kesempatan dan peluang untuk memperbaiki. 

Tidak perlu kecewa, tetapi perlu usaha dan doa.

Tunjukkanlah kemampuanmu dengan prestasimu bukan dengan emosimu.