Bahan Tayang KLHS_03112015

Click here to load reader

download Bahan Tayang KLHS_03112015

of 12

  • date post

    30-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    231
  • download

    7

Embed Size (px)

description

KLHS RTRW

Transcript of Bahan Tayang KLHS_03112015

FGD & KONSULTASI PUBLIK

FGD & KONSULTASI PUBLIKKAJIAN LINGKUNGAN HIDUP STRATEGISRTRW KABUPATEN MUNA BARAT 2015-2035Direktorat Pembinaan Tata Ruang Direktorat Jendral Tata RuangKEMENTERIAN AGRARIA & TATA RUANG (ATR)Latar BelakangKajian Lingkungan Hidup Strategis RTRW Kabupaten Muna Barat 2015-20352Kajian lingkungan hidup strategis (KLHS), merupakan rangkaian analisis yang sistematis, menyeluruh, dan partisipatif untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan/atau kebijakan, rencana, dan/atau program. Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Pemerintah dan pemerintah daerah wajib membuat KLHS untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan/atau kebijakan, rencana, dan/atau program.Terkait dengan penyusunan RTRW Kabupaten Muna Barat, maka KLHS memiliki relevansi yang tinggi di dalam konteks pembangunan daerah, dimana KLHS menawarkan dua manfaat utama yaitu:a)Mengatasi kelemahan dan keterbatasan AMDALb)Mempromosikan prinsipprinsip pembangunan berkelanjutan dan ramah lingkungan 2Maksud dan TujuanKajian Lingkungan Hidup Strategis RTRW Kabupaten Muna Barat 2015-20353Maksud kegiatan adalah mengintegrasikan temuan temuan proses pelaksanaan kajian lingkungan hidup strategis untuk memperbaiki rumusan kebijakan, rencana, maupun program dalam RTRW Kabupaten Muna Barat.

Tujuan kegiatan adalah memberi kontribusi perbaikan materi Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Muna Barat melalui:(1) Penelaahan dan evaluasi pengaruh rumusan kebijakan pembangunan, rencana tata ruang dan program pemanfaatan ruang Kabupaten Muna Barat terhadap lingkungan hidup dan keberlanjutan fungsi lingkungan hidup; (2) Pengintegrasian konsepkonsep pembangunan berkelanjutan ke dalam dokumen RTRW Kabupaten Muna Barat ; (3) Mengidentifikasi kondisi dan permasalahan lingkungan serta alternatif pengelolaan sumber daya alam di Kabupaten Muna Barat.

3Keluaran KLHSKajian Lingkungan Hidup Strategis RTRW Kabupaten Muna Barat 2015-20354Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah tersusunnya laporan kegiatan KLHS yang memuat penilaian (assessment) perkiraan dampak-dampak lingkungan pada khususnya dan dampak terhadap keberkelanjutan pembangunan yang bersifat strategis akibat kebijakan, rencana, dan program (KRP) dari RTRW Kabupaten Muna Barat tahun 2015 2035. Terhadap perkiraan-perkiraan tersebut, kemudian direkomendasikan penyempurnaan KRP yang dapat menjamin kualitas lingkungan hidup dan keberlanjutan pembangunan yang dikehendaki.4Definisi KLHSKajian Lingkungan Hidup Strategis RTRW Kabupaten Muna Barat 2015-20355Konsep (KLHS) berasal dari Strategic Environmental Assesment (SEA) dimana SEA ini berasal/diawali dari perencanaan pengembangan wilayah/perencanaan penggunaan lahan di negara-negara maju. SEA ini kemudian di Indonesia lebih dikenal dengan nama KLHS. Sadler dan Verheem (1996) mendefinisikan KLHS sebagai a systematic process for evaluating the environmental consequences of proposed policy, plan, or program initiatives in order to ensure they are fully included and appropriately addressed at the earliest appropriate stage of decision-making on par with economic and social considerations Adapun UU 32/2009 tentang PPLH, Pasal 1 Nomor 10 mendefinisikan KLHS sebagai rangkaian analisis yang sistematis, menyeluruh, dan partisipatif untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan telah terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan/atau KRP.5Metode PendekatanKajian Lingkungan Hidup Strategis RTRW Kabupaten Muna Barat 2015-20356Metode dalam pembuatan KLHS RTRW Kabupaten Muna Barat yaitu menggunakan metode cepat atau quick appraisal. Metode cepat merupakan metode kajian yang lebih mengandalkan pengalaman dan pandangan para pakar (professional judgement) dan cenderung bersifat kualitatif. Metode ini digunakan apabila situasinya darurat, KRP membutuhkan penilaian yang cepat, waktu dan sumberdaya yang ada terbatas, serta tidak tersedia data yang cukup. Kelebihan dari metode ini adalah prosesnya yang cepat.

Aplikasi kajian cepat KLHS meliputi:Pelingkupan :Identifikasi issue penting melalui rangkaian proses ilmiah/ metodelogis. Ini diperoleh melalui kegiatan FGD

Kajian dampak:Melakukan analisis, perhitungan, simulasi dampak dan kecenderungannya untuk melihat pengaruh lingkungan yang akan ditimbulkan apakah positif dan negatif

6Matriks KLHSKajian Lingkungan Hidup Strategis RTRW Kabupaten Muna Barat 2015-20357

7Matriks KLHSKajian Lingkungan Hidup Strategis RTRW Kabupaten Muna Barat 2015-20358

8Matriks KLHSKajian Lingkungan Hidup Strategis RTRW Kabupaten Muna Barat 2015-20359

9Matriks KLHSKajian Lingkungan Hidup Strategis RTRW Kabupaten Muna Barat 2015-203510

10Matriks KLHSKajian Lingkungan Hidup Strategis RTRW Kabupaten Muna Barat 2015-203511

11TERIMA KASIH12