Bahan Sosialisasi SV UGM 2015

27
MELAJU KE MASA DEPAN BERSAMA UNIVERSITAS GADJAH MADA

description

Sosialisasi UGM

Transcript of Bahan Sosialisasi SV UGM 2015

PowerPoint Presentation

CINTAKU KEPADA KAMPUS BIRU

MELAJU KE MASA DEPANBERSAMA UNIVERSITAS GADJAH MADA

KebijakanPenerimaan Mahasiswa Baru SEKOLAH VOKASI UGM 2015

EDUCATION FOR REAL WORK AND BEYOND

Pengakuan dan Reputasi UGMPeringkat 1 Indonesia, Webometric (Januari 2014)Peringkat 1 Indonesia, 4ICU (Januari 2014)1st Prize Sky Grant (solar energy) Total 2013Gold, Robot Berkaki, Trinity College Robot Contest, Connecticut, USA, 2013 2 Golds (Fire Fighting & Natcar) & Silver (Balancer), Robogames 2013, California, USA.

Juara 1 untuk Trinity Fire Fighting Home Robot Contest di Hartford City, Connecticut, Amerika SerikatProgram DiplomaD3 Ekonomi TerapanD3 AkuntansiD3 ManajemenD3 KepariwisataanD3 Bahasa JepangD3 Bahasa InggrisD3 Bahasa PrancisD3 Bahasa KoreaD3 Bahasa Mandarin D3 Kearsipan

D3 Pengelolaan HutanD3 AgroindustriD3 Kesehatan HewanD3 Pengindraan Jauh dan Sistem Informasi GeografiD3 Elektronika dan Instrumentasi Lanjutan ...D3 Rekam MedisD3 Komputer dan Sistem InformasiD3 Metrologi dan InstrumentasiD3 Teknik SipilD3 Teknik ElektroD3 Teknik MesinD3 Teknik Geomatika

23. D4 Bidan PendidikD4 Teknologi Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur SipilD4 Teknologi Pengelolaan dan Perawatan Alat BeratD4 Teknik JaringanUjian Masuk Program Diploma JALUR PENERIMAAN1. PENELUSURAN BIBIT UNGGUL (UNDANGAN)-PBUTM (Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu)-PBUK (Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan)-PBUB (Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi)-PBUSMAK (Penelusuran Bibit Unggul Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah dan Kejuruan) 2. UJIAN TULIS (UTUL)-Ujian Tulis Gelombang I melalui UM UGM 2015-Ujian Tulis Gelombang II

8DESKRIPSI JALUR PENERIMAAN

PENELUSURAN BIBIT UNGGUL TIDAK MAMPU (PBUTM)

PBUTM merupakan bentuk kepedulian Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi. Peserta dibebaskan dari biaya pendidikan selama 6 semester (untuk Diploma III) dan selama 8 semester (untuk Diploma IV), ditanggung oleh UGM, jika memenuhi prestasi yang ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun. Siswa yang diusulkan merupakan 40% siswa terbaik di kelasnya pada semester satu hingga semester lima, atau hingga semester empat untuk siswa kelas akselerasi.

9DESKRIPSI JALUR PENERIMAAN

PENELUSURAN BIBIT UNGGUL KEMITRAAN (PBUK)

PBUK merupakan bentuk kepedulian Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada terhadap pembangunan daerah melalui program kemitraan antara Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan dengan UGM. Ditujukan kepada putra-putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan daerah yang diusulkan dan dibiayai oleh Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang kredibel di daerah.

10DESKRIPSI JALUR PENERIMAAN

PENELUSURAN BIBIT UNGGUL BERPRESTASI (PBUB)

PBUB ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik disertai prestasi bidang ipteks sesuai program studi yang dipilih dengan menyertakan sertifikat kejuaraan lomba ketrerampilan sesuai bidang jurusan yang akan dipilih dan/atau sertifikasi keahlian sesuai jurusan yang akan dipilih. Atau mempunyai prestasi dibidang olah raga/seni dengan menyertakan sertifikat kejuaraan/lomba.

11DESKRIPSI JALUR PENERIMAAN

PENELUSURAN BIBIT UNGGUL SEKOLAH MENENGAH ATAS, MADRASAH ALIYAH, DAN KEJURUAN (PBUSMAK)

PBUSMAK merupakan seleksi untuk memasuki Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada melalui program seleksi administrasi akademik sebagai upaya untuk menjaring calon mahasiswa UGM yang memiliki kemampuan akademik, ketrampilan dan kematangan pribadi, yang ditunjukkan dengan prestasi yang telah dicapai di Sekolah. Siswa yang diusulkan merupakan 40% siswa terbaik di kelasnya pada semester satu hingga semester lima, atau hingga semester empat untuk siswa kelas akselerasi.

12DESKRIPSI JALUR PENERIMAAN

2. UJIAN TULIS ( UTUL )

UTUL diadakan untuk seleksi calon mahasiswa baru Program Diploma Sekolah Vokasi UGM yang berkualitas dengan kemampuan akademik disertai penguasaan bidang keahlian yang unggul untuk menunjang penyelesaian pendidikan sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Materi seleksi meliputi Tes Potensi, Pengetahuan Dasar, Ilmu Pengetahuan Alam / Ilmu Pengetahuan Sosial (sesuai program studi yang dipilih).

13SYARAT PENDAFTARAN

SYARAT UMUM PBUPada tahun ajaran 2014/2015 siswa duduk di tahun terakhir SMA/MA/SMKMemenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor mulai semester 1 sampai dengan semester terakhir harus tuntas (di atas SKBM).

SYARAT UMUM UTULLulus SMA/MA/SMK pada tahun 2013,2014, atau 2015Memenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor mulai semester 1 sampai dengan semester terakhir harus tuntas (di atas SKBM).

14KETENTUAN PEMILIHAN PRODI

Siswa SMA/MA jurusan IPA dapat memilih semua Program Studi.Siswa SMA/MA jurusan IPS dapat memilih semua Program Studi, kecuali :Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil,D4 Teknologi Jaringan, D4 Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat, D4 Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil, Agro Industri, Elektronika dan Instrumentasi (ELINS), Metrologi dan Instrumentasi.3.Siswa SMK memilih Program Studi yang memiliki kesesuaian dengan bidang kejuruannya.

15SYARAT KHUSUS PBU

Peserta PBUTMSiswa yang diusulkan merupakan 40% siswa terbaik di kelasnya pada semester satu hingga semester lima, atau hingga semester empat untuk siswa kelas akselerasi.Pengusulan calon disertai dengan :Fotokopi rapor mulai semester satu sampai lima (sampai semester empat bagi siswa akselerasi) yang disahkan oleh Kepala Sekolah,Surat Rekomendasi dari pejabat terkait. Berasal dari keluarga tidak mampu, didukung dengan data :Fotokopi Kartu Keluarga yang disahkan pejabat desa,Keterangan penghasilan orangtua/wali yang disahkan (oleh camat bagi non karyawan, oleh Bendahara Gaji bagi karyawan institusi),Surat Keterangan Tidak Mampu,Foto rumah tampak depan dan belakang, foto bersama anggota keluarga serta foto ruang belajar.

16SYARAT KHUSUS PBU

Peserta PBUKPengusulan calon oleh Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan mitra UGM. Pengusulan calon disertai dengan :Fotokopi rapor mulai semester satu sampai lima (sampai semester empat bagi siswa akselerasi) yang disahkan oleh Kepala Sekolah ,Surat Rekomendasi dari pejabat terkait,Kemampuan membayar biaya pendidikan yang dibuktikan dengan Surat kesanggupan dari instansi penanggung biaya untuk membayar biaya pendidikan sampai selesai,Nota kesepahaman / nota kerjasama (MoU) antara instansi pengusul dengan UGM.

17SYARAT KHUSUS PBU

Peserta PBUBPengusulan calon disertai dengan Fotokopi rapor mulai semester satu sampai lima (sampai semester empat bagi siswa akselerasi) yang disahkan oleh Kepala Sekolah,Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah, yang menyatakan bahwa calon tersebut akan dapat menyelesaikan pendidikan di Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada,Kemampuan membayar biaya pendidikan yang dibuktikan dengan Surat Kesanggupan Orangtua calon untuk membayar biaya pendidikan sampai selesai,Mempunyai prestasi bidang ipteks sesuai program studi yang dipilih dengan menyertakan sertifikat kejuaraan lomba ketrerampilan sesuai bidang jurusan yang akan dipilih dan/atau sertifikasi keahlian sesuai jurusan yang akan dipilih. Atau mempunyai prestasi dibidang olah raga/seni dengan menyertakan sertifikat kejuaraan/lomba.

18SYARAT KHUSUS PBU

Peserta PBUSMAKSiswa yang diusulkan merupakan 40% siswa terbaik di kelasnya pada semester satu hingga semester lima, atau hingga semester empat untuk siswa kelas akselerasi. Pengusulan calon disertai dengan Fotokopi rapor mulai semester satu sampai lima (sampai semester empat bagi siswa akselerasi) yang disahkan oleh Kepala Sekolah,Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah, yang menyatakan bahwa calon tersebut akan dapat tekun dan berhasil dalam menyelesaikan pendidikan di Program Diploma Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada,Kemampuan membayar biaya pendidikan yang dibuktikan dengan Surat Kesanggupan Orangtua calon untuk membayar biaya pendidikan sampai selesai.

19PROSEDUR PENDAFTARAN

Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI atau BTN, pada tanggal 3 Februari s.d. 4 Mei 2014, sebesar Rp 10.000,00 (PBUTM), Rp 250.000 (PBUB&PBUSMAK), Rp 350.000 (PBUK). Dengan mengisikan kode jalur peneriman diikuti tanggal lahir.

Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM):Biaya: Rp 10.000,00Kode : 932 diikuti dengan tgl. lahir (ddmmyyyy)

Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (ddmmyyyy)Biaya: Rp 350.000,00Kode : 933 diikuti dengan tgl. lahir (ddmmyyyy).Penelusuran Bibit Unggul SMA/SMK/MA (ddmmyyyy)Biaya: Rp 250.000,00Kode : 934 diikuti dengan tgl. lahir (ddmmyyyy)

Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (ddmmyyyy)Biaya: Rp 250.000,00Kode : 935 diikuti dengan tgl. lahir (ddmmyyyy)

20PROSEDUR PENDAFTARAN

Login ke situs http://um.ugm.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran dan pemilihan program studi (dapat memilih 3 program studi sesuai urutan prioritas keminataan).

Mengunggah berkas pendaftaran dan semua persyaratan disertai bukti prestasi pendukung (sertifikat, piagam, dan lain-lain) pada situs diatas.

Pendaftaran dilaksanakan tanggal 3 Februari 2015 s/d tanggal 5 Mei 2015 (Hari tarakhir pendaftaran ditutup pada Pukul 15.00 WIB).

Informasi lebih lengkap dapat dilihat di website : pmb.sv.ugm.ac.id

21JADWAL KEGIATAN TAHUN 2014

22REKAP KELENGKAPAN BERKAS

NoBerkas PendaftaranPBUSMAK PBUK PBUTM PBUB UTUL 1. Album Panitia (yaitu lembar ke-2 (setelah Kartu Peserta) yang dicetak/print oleh pendaftar saat selesai mengisi formulir pendaftaran online di situs um.ugm.ac.id) 2. Pas foto berwarna terbaru (4 lembar), ukuran 4x6 (background biru) 3. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah - 4. Surat Kesanggupan dan Surat Rekomendasi dari mitra sebagai penyandang dana serta Dokumen MoU dengan UGM - - - - 5. Surat Kesanggupan pembiayaan, bermaterai -- 6. Fotokopi Rapor yang disahkan oleh pihak sekolah - 7. Fotokopi Piagam Kejuaraan/Sertifikat - - - -8. Fotokopi Kartu Keluarga- - -- 9. Surat Keterangan penghasilan orangtua/wali yang disahkan oleh pejabat terkait - - 10. Surat Keterangan tidak mampu dari pemerintah setempat disertai foto rumah, foto ruang belajar dan foto bersama anggota keluarga- - - - 11. Fotokopi STK/STTB/UN- - - - 23

INFO LEBIH LANJUT WEBSITE : um.ugm.ac.id pmb.sv.ugm.ac.id

E-MAIL :[email protected]

CONTACT PERSON :Suparyanto (0822 9911 3359)

24CATATANJangan percaya kepada orang yang mengaku bisa memasukkan puteranya di UGMInformasi dari Bimbingan Tes mohon dikaji kebenarannyaTidak ada pungutan selain biaya/tarif yang ada di laman resmi UM UGM Silahkan berkomunikasi lewat sekretariat UM UGM atau Sekretariat PMB SV-UGM

SEKRETARIAT UM UGM

Alamat: Direktorat Akademik Jl. Pancasila Boulevard Bulaksumur, Yogyakarta.Telp. : (0274) 551222, 6491808, 6491919Faks. : (0274) 551222E-mail : [email protected] : um.ugm.ac.id

Kantor Pusat Sekolah Vokasi UGMSekip Unit I, Jl. Kaliurang, Yogyakarta.Telp. : (0274) 541020, 6491221Faks. : (0274) 541020E-mail : [email protected] : sv.ugm.ac.id

Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Vokasi UGMTelp/Fax : (0274) 588999Email : [email protected] : pmb.sv.ugm.ac.id

Terima Kasih