BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 147

download BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 147

of 24

  • date post

    29-Dec-2016
  • Category

    Documents

  • view

    216
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 147

  • BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

    Pada bab ini akan dibahas mengenai kesimpulan dari Tugas

    Akhir ini. Selain kesimpulan akan diberikan juga saran-saran untuk pengembangan yang dapat dilakukan pada Tugas Akhir PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK SISTEM PENDAFTARAN DAN UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI NON SPMB.

    5.1 Kesimpulan

    Dengan adanya sistem pendaftaran online dan pelaksanaan ujian masuk perguruan tinggi non spmb maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa :

    1. Sistem pendaftaran online mampu membuat proses pendaftaran peserta ujian menjadi lebih mudah dan cepat. Calon peserta ujian dapat mendaftar dimana saja dan kapan saja dengan membuka website perguruan tinggi tersebut.

    2. Sistem mampu meminimalisasi tingkat kecurangan peserta ujian dengan adanya fitur pengacakan nomor soal ujian.

    3. Sistem mampu menampilkan hasil ujian secara detail meliputi nilai peserta ujian maupun nilai peserta keseluruhan.

    4. Sistem mampu menampilkan informasi peserta yang lulus ujian dengan cepat secara langsung.

    147

  • 148

    5.2 Saran Saran pengembangan yang masih dapat dilakukan dalam

    sistem ini antara lain adalah : 1. Memperkuat sistem keamanan data pada sistem. Karena

    pada umumnya ujian bersifat sangat rahasia sehingga data-data soal ujian dan peserta tidak boleh bocor.

    2. Penambahan fitur pada proses pendaftaran dan ujian dengan memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang saat ini. Misalnya proses pendaftaran menggunakan teknologi SMS pada telepon seluler.

  • DAFTAR PUSTAKA

    [1] Amri, M.Choirul. 2003. Pengantar ASP.Net. Ilmu Komputer, Jakarta.

    [2] Budi Harto, Widodo. 2003. Panduan Bagi Programmer .Net Menguasai Visual Basic.Net Tingkat Lanjut. PT.Elex Media Komputindo, Jakarta.

    [3] Fowler, Martin. 2004. UML Distiled. Pearson Education [4] Gomma, Hassan. 2000. Designing Concurent, Distributed,

    And Real-Time Aplications With UML. Addison Wesley.

    [5] Permadi, Untung. 2002. Pemrograman ASP.Net Menggunakan VB.Net. PT.Elex Media Komputindo, Jakarta.

    [6] Rumbaugh, James. Ivar Jacobson, Grady Booch. 1999. The Unified Modeling Language Reference Manual. Addison Wesley.

    [7] Santoso, Harip. 2003. Membangun Aplikasi WEB Menggunakan VB.Net/ASP.Net. PT.Elex Media Komputindo, Jakarta.

    [8] Suharis, Salim. 2005. Perancangan dan Pembuatan Sistem Ujian Online Berbasis Komponen. Teknik Informatika. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

    [9] Team, Imagine. 2005. Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak Sistem Perkuliahan Online (SPO). Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

    149

  • 150

    (halaman ini kosong)

  • LAMPIRAN A Dokumen Review Survey

    1. STEKPI Jakarta Berdasarkan survey yang dilakukan tanggal 26 April 2006,

    telah didapatkan informasi yang berhubungan dengan Sistem Pendaftaran Online dan Ujian berbasis komputer dalam Penerimaan Mahasiswa Baru di STEKPI Jakarta. Keterangannya adalah sebagai berikut : 1.1 Keterangan sistem Sistem menggunakan bahasa pemrograman PHP untuk

    pengembangan web dan database yang digunakan adalah SQL Server.

    Aplikasi yang digunakan untuk Ujian Offline (intranet) adalah Net Support School Pro 8.

    1.2 Mekanisme pendaftaran Peserta ujian membayar atau mentransfer biaya pendaftaran

    terlebih dahulu ke nomor rekening bank yang telah ditunjuk oleh pihak STEKPI.

    Setelah mendapat nomor bukti pendaftaran, peserta ujian mengisi formulir pendaftaran di website yang disediakan, www.stekpi.ac.id/RegistrasiOnline.

    Data yang disikan pada formulir pendaftaran online berupa : nomor bukti pendaftaran, nama, alamat, email, nomor telepon, asal sekolah, tempat tanggal lahir. Untuk Jumlah Nem, nomor ijazah tidak perlu diisikan apabila belum dikeluarkan dari sekolah peserta ujian.

    Untuk validasinya (pengecekan), terdapat kerjasama antara Public Relation dan bagian keuangan, dimana bagian keuangan memberikan rekening koran kepada public relation dan kemudian memberikannya kepada bagian teknisi untuk divalidasi siapa saja yang telah membayar biaya pendaftaran.

    151

    http://www.stekpi.ac.id/RegistrasiOnline

  • 152

    Setelah validasi berhasil, pendafar akan diberi kartu ujian untuk dapat mengikuti ujian, yang dapat diambil sebelum ujian dimulai.

    Seleksi peserta ujian tidak dipilih berdasarkan nilai raport, NEM ataupun STTB. Karena setiap pendaftar yang telah membayar biaya pendaftaran dapat mengikuti ujian penerimaan mahasiswa baru di STEKPI.

    Untuk menjamin sistem security web nya administrator memberikan data berupa dummy. Sehingga jika hacker mencoba masuk ke database, yang dilihat adalah database yang bukan sesungguhnya. Serta untuk menghindari adanya SQL Injection, admin menggunakan validasi POST and GET variabel sebelum dieksekusi dengan SQL command. Di samping itu, STEKPI memiliki peralatan (firewall) security untuk menjamin keamanan web nya.

    1.3 Mekanisme pelaksanaan ujian Ujian penerimaan mahasiswa baru di STEKPI

    diselenggarakan setiap sebulan sekali sebelum dimulainya Tahun Ajaran baru.

    Aplikasi yang digunakan untuk Ujian Offline (intranet) adalah Net Support School Pro 8, dimana didalamnya terdapat sistem untuk tutor dan untuk student. Tutor disini adalah Super admin yang memiliki seluruh hak akses, misalnya mengawasi jalannya ujian dari monitor peserta ujian, membimbing peserta saat ujian, dan mengatur segala teknis yang berhubungan dengan ujian kecuali add, update dan delete soal.

    Dalam satu sesi ujian peserta mengerjakan 80 soal multiple choice. Untuk scoring atau penilaian soal, mekanisme nya sama dengan SPMB. Jika jawaban benar ditambah 4, jawaban salah dikurangi 1, dan jika tidak dijawab sama dengan 0.

    Peserta ujian dapat mengerjakan soal dari nomer berapapun yang dia inginkan.

  • 153

    Jam yang digunakan untuk ujian adalah jam server. Sehingga jika terdapat mahasiswa yang terlambat, waktu yang tetap dipakai untuk mengerjakan soal ujiannya adalah sisa waktu dari jam server.

    Standar nilai ujian agar bisa masuk ke jurusan yang diinginkan oleh peserta ujian adalah dilihat dari nilai yang tertinggi sampai yang terendah.

    Hasil atau nilai ujian untuk menyatakan dia diterima atau tidak, tidak bisa langsung keluar karena menunggu hasil dari ujian TOEFL mahasiswa baru. Namun sebenarnya, Net Supprot School Pro 8 telah menyediakan fasilitas untuk bisa langsung mengetahui hasil/nilai yang didapat.

    Sedangkan untuk input soal, dosen diberi login untuk dapat menginputkannya. Sehingga bukan Super User yang melakukannya, karena ditakutkan adanya kebocoran soal.

    Untuk menjamin security soal-soal yang diujikan, aplikasi Net Support School Pro 8 memberikan fasilitas Deploy yang digunakan untuk memproteksi soal-soal ujian yang terdapat di database. Maksudnya jika ada siswa yang mungkin juga membeli aplikasi ini, kemudian mengaktifkannya pada lingkungan Wifi STEKPI, maka ia hanya tetap terdaftar sebagai student (bukan tutor). Sehingga dia tidak memiliki fasilitas selengkap tutor, dan Super user yang memiliki fasilitas sebagai tutor dapat menonaktifkan atau mendisable IP address yang digunakan oleh student.

    1.4 Kesimpulan

    Berdasarkan survey yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa kelebihan dari web pendaftaran dan aplikasi sistem ujian mahasiswa baru di STEKPI :

    Memudahkan pendaftar, sehingga pendaftar merasa lebih mudah mendaftar online.

    Sistem security yang dapat meminimalisasi adanya pencurian atau ketidak validan data.

  • 154

    Adanya fasilitas support soal multimedia untuk ujian penerimaan mahasiswa baru.

    Adanya fasilitas deploy yang menjamin keamanan soal-soal ujian.

    Sedangkan kelemahan dari web pendaftaran dan aplikasi sistem ujian mahasiswa baru di STEKPI :

    Pada sistem ujian, soal antara peserta yang satu dengan yang lain tidak dirandom, sehingga kurang menjamin validnya jawaban peserta ujian.

    Antara sistem pendaftaran dan ujian belum terintegrasi menjadi satu kesatuan.

    Berikut ini merupakan flowchart proses Pendaftaran dan

    Ujian PMB di STEKPI :

    Gambar lampiran A.1 Flowchart proses pendaftaran dan ujian

    penerimaan mahasiswa baru di STEKPI

  • 155

    2. Universitas YARSI Jakarta Berdasarkan survey yang dilakukan tanggal 27 April 2006,

    telah didapatkan informasi yang berhubungan dengan Sistem Pendaftaran Online dan Ujian berbasis komputer dalam Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas YARSI Jakarta. Keterangannya adalah sebagai berikut : 2.1 Keterangan Sistem Bahasa pemrograman yang dipakai untuk pengembangan

    Web adalah VB dengan database MySQL. 2.2 Mekanisme Pendaftaran Peserta ujian mengisi formulir pendaftaran pada web terlebih

    dahulu. Setiap pendaftaran akan diberikan nomor pendaftaran. Kemudian pendaftar dapat membayar atau mentransfer biaya

    pendaftaran ke nomer rekening yang telah disediakan. Setelah pendaftar menyerahkan bukti pembayaran atau

    divalidasi, pihak YARSI akan menghubungi pendaftar dan menanyakan nomer pendaftaran mana yang akan dipakai untuk mengambil kartu ujian.

    Data yang dibutuhkan pendaftar dalam mengisi form pendaftaran adalah nama, alamat, email, nomer telepon, asal sekolah, tempat tanggal lahir. Sedangkan jika Nem, Nomer Ijazah, raport belum dikeluarkan, maka tidak perlu diisikan di form pendaftaran.

    Setelah itu pendaftar dihubungi oleh pihak YARSI, pendafar akan diberi kartu ujian untuk dapat mengikuti ujian, yang dapat diambil sebelum ujian dimulai.

    Seleksi peserta ujian tidak dipilih berdasarkan nilai raport, NEM ataupun STTB. Karena setiap pendaftar yang telah membayar biaya pendaftaran dapat mengikuti ujian penerimaan mahasiswa baru di Univer