Bab i Kesling

download Bab  i Kesling

of 43

  • date post

    21-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    40
  • download

    0

Embed Size (px)

description

ksehatan lingkungan tugas stase IKM

Transcript of Bab i Kesling

BAB IPENDAHULUAN

1.1 Latar BelakangMenurut World Health Organization (WHO), kesehatan lingkungan adalah suatu keseimbangan ekologi yang harus ada antara manusia dan lingkungan agar dapat menjamin keadaan sehat dari manusia. Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) mendefinisikan kesehatan lingkungan sebagai suatu kondisi lingkungan yang mampu menopang keseimbangan ekologi yang dinamis antara manusia dan lingkungannya untuk mendukung tercapainya kualitas hidup manusia yang sehat dan bahagia. Menurut Hendrik L. Blum (1974), derajat kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh empat faktor utama yaitu : faktor lingkungan, perilaku manusia, pelayanan kesehatan dan keturunan. Keempat faktor tersebut saling terkait dengan beberapa faktor lain, yaitu sumber daya alam, keseimbangan ekologi, kesehatan mental, sistem budaya, dan populasi sebagai satu kesatuan. Lingkungan mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap derajat kesehatan masyarakat. Faktor lingkungan meliputi lingkungan fisik, lingkungan biologik dan lingkungan sosio kultural.Menurut pasal 22 Undang-undang Nomor 23 tahun 1992 tentang Kesehatan menyebutkan antara lain : 1. Kesehatan lingkungan diselenggarakan untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat.1. Kesehatan lingkungan dilaksanakan terhadap tempat umum, lingkungan pemukiman, lingkungan kerja, angkutan umum dan lingkungan lainnya.1. Kesehatan lingkungan meliputi:1. Penyehatan air, tanah dan udara1. Pengamanan limbah padat, limbah cair, limbah gas, radiasi dan kebisingan1. Pengendalian vektor penyakit1. Penyehatan atau pengamanan lainnya1. Setiap tempat atau sarana pelayanan umum wajib memelihara dan meningkatkan lingkungan yang sehat sesuai dengan standar dan persyaratanMenurut WHO ada 17 ruang lingkup kesehatan lingkungan, yaitu: 1. Penyediaan Air Minum2. Pengelolaan air Buangan dan pengendalian pencemaran3. Pembuangan Sampah Padat4. Pengendalian Vektor5. Pencegahan/pengendalian pencemaran tanah oleh ekskreta manusia6. Higiene makanan, termasuk higiene susu7. Pengendalian pencemaran udara8. Pengendalian radiasi9. Kesehatan kerja10. Pengendalian kebisingan11. Perumahan dan pemukiman12. Aspek kesling dan transportasi udara13. Perencanaan daerah dan perkotaan14. Pencegahan kecelakaan15. Rekreasi umum dan pariwisata16. Tindakan-tindakan sanitasi yang berhubungan dengan keadaan epidemi/wabah, bencana alam dan perpindahan penduduk17. Tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menjamin lingkungan.

Permasalahan sampai saat ini diketahui bahwa penyakit terbanyak yang terdapat di wilayah kerja puskesmas didominasi oleh penyakit-penyakit yang berhubungan dengan masalah kesehatan lingkungan.Peranan Puskesmas sangat strategis, karena puskesmas berada pada tingkat terdekat dengan tempat di mana masalah yang menyangkut kesehatan itu terjadi. Sehingga kemampuan untuk mendeteksi adanya masalah serta kemampuan untuk menganalisa besarnya masalah akan menentukan keberhasilan upaya pemecahannya. Masalah pada derajat yang tidak terlalu besar dimana masih dalam lingkup jangkauan kemampuan puskesmas maka masalah tersebut dapat cepat ditangani.Puskesmas Alalak Selatan Banjarmasin merupakan salah satu unit pelayanan kesehatan masyarakat yang berada di bawah Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin yang bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat tingkat dasar di wilayah kerjanya. Wilayah kerja kerja dari Puskesmas Alalak Selatan Banjarmasin meliputi Kelurahan Alalak Selatan, Kuin Utara dan Pangeran. Dalam pelaksanaan kewajibannya sebagai unit pelayanan kesehatan masyarakat, Puskesmas Alalak Selatan Banjarmasin tidak dapat terlepas dari peran serta keberadaan kesehatan lingkungan sebagai salah satu poin vital dari terlaksananya suatu pelayanan kesehatan. Semua kegiatan penyehatan lingkungan dan pemukiman yang dilakukan oleh staf Puskesmas, sebaiknya dilaksanakan dengan mengikutsertakan masyarakat secara bergotong-royong.Peningkatan kesehatan lingkungan dimaksudkan untuk perbaikan mutu lingkungan hidup yang dapat menjamin kesehatan, melalui kegiatan peningkatan sanitasi dasar serta pencegahan dan penanggulangan kondisi fisik dan biologis yang tidak baik, termasuk berbagai akibat sampingan pembangunanUpaya penyehatan lingkungan pemukiman adalah upaya untuk meningkatkan kesehatan lingkungan pemukiman melalui upaya sanitasi dasar, pengawasan mutu lingkungan dan tempat umum, termasuk pengendalian pencemaran lingkungan dengan meningkatkan peran serta masyarakat dan keterpaduan pengelolaan lingkungan melalui analisis dampak lingkungan.Kesehatan lingkungan di dalam suatu pelayanan kesehatan mutlak diperlukan, karenanya pelayanan dan pengelolaan lingkungan yang efisien, efektif dan benar sangat diperlukan untuk diterapkan di Puskesmas Alalak Selatan Banjarmasin. Pelayanan kesehatan lingkungan dalam pelayanan kesehatan di Kelurahan Alalak Selatan, Kuin Utara dan Pangeran secara keseluruhan menjadi tanggung jawab bersama antara Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dan Puskesmas Alalak Selatan Banjarmasin sebagai pelaksana teknis sehari harinyaPenulisan makalah ini, diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan masukan dalam menyusun dan memperbaharui kebijakan kebijakan yang telah ada dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan lingkungan yang optimal di wilayah kerja Puskesmas Alalak Selatan Banjarmasin.

1.2 Tujuan1.2.1 Tujuan UmumMemberikan gambaran kegiatan peningkatan kesehatan lingkungan dan pemukiman yang bertujuan untuk merubah, mengendalikan dan menghilangkan semua unsur fisik dan lingkungan yang terdapat di masyarakat, yang dapat memberi pengaruh jelek terhadap kesehatan mereka pada daerah kerja Puskesmas Alalak Selatan Banjarmasin tahun 2013.

1.2.2 Tujuan Khususa. Terwujudnya kesadaran dan keikutsertaan masyarakat, dan sektor lain yang berkaitan serta bertanggung jawab atas upaya peningkatan dan pelestarian lingkungan hidupb. Meningkatnya mutu lingkungan hidup yang dapat menjamin masyarakat mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimalc. Terselenggarannya pendidikan kesehatan guna menunjang kegiatan dalam peningkatan kesehatan lingkungan dan pemukimand. Terlaksannya pengawasan secara teratur pada sarana sanitasi perumahan, kelompok masyarakat, tempat pembuatan/ penjualan makanan, perusahaan dan tempat-tempat umume. Terlaksananya peraturan perundangan, tentang penyehatan lingkungan dan pemukiman yang berlaku.

BAB IIGAMBARAN UMUM PUSKESMAS ALALAK SELATAN

2.1 Data Umum2.1.1 Keadaan Geografis2.1.1.1 Batas WilayahPuskesmas Alalak Selatan berada di Kecamatan Banjarmasin Utara Kota di Kelurahan Alalak selatan dengan alamat Jl.Alalak Selatan Komp.Dasamaya II Blok K Banjarmasin, dengan wilayah kerja sebanyak 3 kelurahan yaitu Kelurahan Alalak Selatan, Kelurahan Kuin Utara dan Kelurahan Pangeran.Batas-batas wilayah kerja Puskesmas Alalak Selatan sebagai berikut :1. Kelurahan Alalak Selatan Sebelah utara: Kelurahan Alalak Utara Sebelah barat: Kab.Batola Sebelah selatan: Kelurahan Kuin Cerucuk Sebelah timur: Kelurahan Kuin Utara 2. Kelurahan Kuin Utara Sebelah utara: Kelurahan Alalak Utara Sebelah barat: Kelurahan Alalak Selatan Sebelah selatan: Kelurahan Kuin Selatan Sebelah timur: Kelurahan Pangeran

3. Kelurahan Pangeran Sebelah utara: Kelurahan Alalak Utara Sebelah barat: Kelurahan Kuin Utara Sebelah selatan: Kelurahan Kuin Selatan Sebelah timur: Kelurahan Kuin raya Luas wilayah kerja Puskesmas Alalak Selatan adalah 464,75 Ha dengan perincian luas Kelurahan Alalak Selatan 158,80 Ha dengan persentase terhadap wilayah kerja PKM Alalak selatan sebesar 35%, Kuin Utara 104,45 Ha (23%), dan Pangeran 191,51 Ha (42%).

Gambar 1. Peta Wilayah Kerja Puskesmas Alalak Selatan

2.1.1.2 Keadaan tanah dan iklimSebagian besar wilayah Kelurahan Alalak Selatan, Kuin Utara dan Pangeran merupakan dataran rendah dan dilalui sungai-sungai. Iklim yang berpengaruh adalah musim penghujan dan musim kemarau. Faktor Keadaan iklim ini sangat berpengaruh terhadap munculnya penyakit seperti Diare, DBD (Demam Berdarah Dengue) dan ISPA yang cenderung akan menjadi semakin banyak.2.1.1.3 Jangkauan transportasiJarak dari pusat pemerintahan desa/kelurahan adalah :1. Jarak dari pusat pemerintah kecamatan 100 meter.2. Jarak dari ibukota kabupaten/kota 12 kilometer.Seluruh wilayah kerja puskesmas dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda 4 maupun roda 2 sepanjang musim. Terdapat banyak akses jalan dan beberapa jembatan yang menghubungkan antar wilayah yang dilalui sungai dan sekarang jalanan sudah diaspal.Jalan menuju Puskesmas tergolong cukup nyaman karena sebagian besar sudah diaspal. Dan berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa transportasi menuju Puskesmas Alalak Selatan mudah dijangkau.2.1.2 Distribusi pendudukDengan Luas Wilayah 464,75 Ha wilayah kerja Puskesmas Alalak Selatan memiliki jumlah penduduk sebanyak 32.693 jiwa. Di Kelurahan Alalak Selatan jumlah penduduk 11.646 jiwa, di Kuin Utara sebanyak 10.281 jiwa dan Pangeran 10.766 jiwa.

Tabel 2.1 Jumlah Penduduk Berdasarkan Jenis Kelamin di Wilayah Kerja Puskesmas Alalak Selatan Tahun 2012 No KelurahanLaki-laki (jiwa)Wanita (jiwa)Jumlah (jiwa)Kepadatan(jiwa/Ha)

1Alalak Selatan5.9235.72311.64673,3

2Kuin utara5.2325.04910.28198,4

3Pangeran4.9295.83710.76656,2

Jumlah16.08416.60932.693

Sumber: Laporan Tahunan Puskesmas Alalak Selatan Tahun 2012Kepadatan penduduk dapat dihitung dengan jumlah penduduk yang dibagi atas luas wilayah sehingga di dapat jumlah penduduk tiap 1 Km2. Menurut Undang-undang No.5 Tahun 1960, tingkat kepadatan penduduk di suatu daerah dapat dikelompokkan menjadi empat kategori, yaitu :a. Tidak padat :kepadatan penduduk mencapai 50 orang/km2b. Kurang padat :kepadatan penduduk mencapai 51 - 250 orang/km2c. Padat :kepadatan penduduk mencapai 250 - 400 orang/km2d. Sangat padat : kepadatan penduduk melebihi 401 orang/km2Konverter dari satuan Ha kedalam satuan Km2 adalah 1 Ha sama dengan 0,01 Km2.Tabel 2.2 Kep