Bab 9 Kinematika

download Bab 9 Kinematika

If you can't read please download the document

  • date post

    11-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    22
  • download

    8

Embed Size (px)

description

Handout Kinematika Partikel

Transcript of Bab 9 Kinematika

Gerak Lurus, Gerak Melingkar dan Gerak Parabola dalam Vektor

Peta Konsep

Posisi

GLB KecepatanGerak Lurus

GLBB

Percepatan

Hubungan

Gerak ParabolaJarakKetinggianWaktuKecepatan sudutPosisi sudutPercepatan sudutGerak MelingkarGMBBGMB

Standar Kompetensi

Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika titik.

Kompetensi Dasar

Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan vector.

Indikator

Membedakan persamaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan Menjelaskan hubungan antara vector posisi, vector kecepatan dan vector percepatan.Menjelaskan posisi sudut, kecepatan sudut, dan percepatan sudut.Menjelaskan hubungan antara gerak melingkar dengan gerak lurusMemahami konsep gerak parabola

BAB 1GERAK LURUS, GERAK MELINGKAR DAN GERAK PARABOLA DALAM VEKTOR

A. Persamaan Gerak LurusDi dalam gerak lurus kita mengenal ada dua macam gerak yaitu :Gerak Lurus Beraturan

Gerak lurus beraturan terjadi jika kecepatan benda konstan (v = 0)Dalam persamaan dapat kita tuliskan seperti :x= x0+vt

Gerak Lurus Berubah Beraturan

Gerak lurus berubah beraturan terjadi pada benda yang kecepatannya berubah tetapi percepatannya konstan. Dalam persamaan dapat dituliskan :

A. 1. Vektor Posisi, Vektor Perpindahan, Vektor Kecepatan dan Vektor PercepatanA .1.1 Vektor Posisijiy x i = vector satuan dalam arah sumbu-x j = vector satuan dalam arah sumbu-y

Vektor posisi dapat dituliskan : r = x i + y j

Vektor perpindahan benda (r ) didefinisikan sebagai perubahan posisi suatu titik pada waktu tertentu terhadap titik acuannya (dari posisi awal ke posisi akhir ). Bentuk persamaan perpindahan suatu benda dapat dituliskan sebagai selisih antara vector posisi akhir dan vector posisi awal. r = r2 r1

Besarnya vector posisi Sudut yang dibentuk antara r dengan sumbu x

A.1.2 Vektor Kecepatan Vektor kecepatan merupakan turunan pertama dari vector posisi. Setiap benda bergerak pasti mempunyai kecepatan. Kecepatan merupakan besaran vector yang disamping mempunyai besar juga mempunyai arah. Kecepatan rata rata () merupakan hasil bagi perpindahan dengan selang waktu, dan secara matematis dapat dituliskan :Sedangkan vector kecepatan dapat dituliskan :Dan besarnya kecepatan partikel dapat ditentukan A. 1.3 Vektor PercepatanVektor percepatan merupakan turunan pertama dari vector kecepatan. Sedangkan percepatan itu sendiri dapat ditimbulkan karena adanya perubahan kecepatan suatu benda yang bergerak. Percepatan rata rata ( didefinisikan sebagai perubahan kecepatan dalam tiap satuan waktu. Secara matematis percepatan rata rata dapat dituliskan sebagai berikut :

Sedangkan vector percepatan dapat dituliskan sebagai berikut :

B. Persamaan Gerak MelingkarPO

rsxyGerak melingkar dalam kehidupan sehari hari dapat kita temui seperti putaran roda, putaran baling baling kincir angin, baling baling helicopter, putaran gir, putaran jarum jam, putaran piringan CD dan lain sebagainya.B. 1. Posisi SudutDalam gerak rotasi seperti yang telah diketahui contohnya, kita mengenal koordinat polar atau kutub (r, ) dengan r menyatakan jari jari jari jari lingkaran dan menyatakan perpin-dahan sudut. Hubungan antara r, dan s dapat dituliskan sebagai berikut :B.2 Kecepatan SudutKecepatan sudut atau sering disebut juga sebagai kecepatan sudut anguler (), yaitu besarnya sudut putaran yang ditempuh per satuan waktu. Kecepatan sudut diukur dalam radian per sekon. Secara matematis kecepatan sudut dapat dituliskan sebagai berikut :Sedankan kecepatan sudut rata rata dapat dituliskan juga sebagai berikut : B. 3 Percepatan SudutPercepatan sudut () terjadi karena adanya perubahan kecepatan sudut dalam selang waktu. Percepatan rata rata () dapat didefinisikan sebagai hasil bagi perubahan kecepatan sudut dengan selang waktunya. Secara matematis dapat dituliskan sebagai berikut :

Tabel. Analogi Persamaan Gerak Lurus dan Gerak Melingkar (Rotasi).Gerak TranslasiGerak Rotasi

C. Persamaan Gerak ParabolaDalam kehidupan sehari hari sering kita melihat loncatan bunga api, semburan air dari selang yang bocor , peluru yang ditembakkan dari meriam, dan benda yang dijatuhkan dari pesawat yang sedang melaju mengikuti suatu lintasan tertentu. Dari contoh contoh tersebut dapat diketahui bahwa lintasan yang ditimbulkan berupa lintasan lengkung (parabola).Gerak parabola adalah salah satu jenis gerak yang lintasannya parabola seperti contoh diatas.

Waktu yang diperlukan sampai titik puncak Ketinggian maksimun pada gerak peluru dapat dituliskan sebagai berikut : Jarak maksimun pada gerak peluru dapat dituliskan sebagai berikut :