BAB 1 2 3 Tugas TIK Kelas 9

download BAB 1 2 3 Tugas TIK Kelas 9

of 42

  • date post

    22-Jan-2017
  • Category

    Education

  • view

    187
  • download

    2

Embed Size (px)

Transcript of BAB 1 2 3 Tugas TIK Kelas 9

Nama Kelompok :

1

2

Nama Kelompok :M. Arya Tegar S

Rizkul Mubarok

Syauqi M. I

3

SMP N 18 SEMARANGMenuIndikatorSoalMateri

BAB 1 Mengenal Program Pengolah Persentasi MS. Powerpoint

4

Materi :BAB 1 Mengenal Program Pengolah Presentasi MS. PowerpointBAB 2 Membuat PresentasiBAB 3 Menambahkan Tabel, Grafik, Dan Diagram

5

Soal

BAB 1BAB 2BAB 3

6

Bab 1Pengertian Ms. PowerpointMengaktifkan Program Ms. PowerpointMenutup Program Ms. PowerpointMengenal Lembar Kerja Ms PowerpointMengidentifikasi Office ButtonMengidentifikasi Ribbon TabMenyimpan Dokumen

7

A . Pengertian Ms.Powerpoint Microsoft Powerpoint adalah sebuah program aplikasi microsoft office yang berguna sebagai media presentasi dengan menggunakan beberapa slide.

Aplikasi ini sangat digemari dan banyak digunakan dari berbagai kalangan, baik itu pelajar, perkantoran dan bisnis, pendidik, dan trainer.

Kehadiran powerpoint membuat sebuah presentasi berjalan lebih mudah dengan dukungan fitur yang sangat menarik dan canggih. Fitur template/desain juga akan mempecantik sebuah presentasi powerpoint.

8

B . Mengaktifkan Ms. PowerpointKlik tombol StartPilih Program/ All ProgramsPilih Microsoft OfficeMicrosoft Office Power Point 2007.a. Membuka MS. PowerPoint Klik Start Klik All Programs Klik Microsoft Office Klik Microsoft Office PowerPoint (2007) Maka akan tampil lembar kerja MS. PowerPoint (2007)

9

C . Menutup MS. Powerpoint Cara 1 Klik tombol Close(X) di pojok kanan atas Cara 2 Klik file pada menu bar paling atas kemudian tekan close atau exit Cara 3 Tekan Alt+F4Bila muncul pertanyaan untuk menyimpan, silahkan pilih Yes atau no

10

D . Mengenal Lembar Kerja Ms. Powerpoint

11

E . Mengindentifikasi Office ButtonMs. Office Button berisi fungsi-fungsi utama dari File, antara lain : New, Open,Save, Save as, Prit, Prepare, Send & Publish.

12

F . Mengindetifikasi Ribbon TabSetiap Ribbon Tab akan menampilkan Ribbon yang berisi beberapa set dari Tool Groups. Ribbon tabs dalam Ms. PowerPoint 2007 antara lain :

HomeDesignSlide ShowInsertAnimationReviewView

13

Ribbon Tab HomeRibbon yang terdiri dari beberapa tool group, antara lain : Clipboard, Slides, Font, Paragraph, Drawing dan Editing, yang berfungsi untuk mengatur format slide dan isinya.

14

Ribbon Tab InsertRibbon tab Insert terdiri dari beberapa tool group, antara lain : Tables, perintah untuk menambahkan table pada tampilan slide Anda. Illustrations, terdapat tombol-tombol yang bisa Anda gunakan untuk menyisipkan gambar, clipart, photo album, shapes, smartart, dan chart (grafik). Links, tombol-tombol pada tool group ini dapat digunakan untuk membuatlink pada slide. Media Clips, untuk memperkaya tampilan slide Anda, maka anda dapat menambahkan file sound (suara) atau movie (film).

15

Ribbon Tab Design Page Setup, terdapat tombol untuk mengatur orientasi dari slide, apakah anda akan menggunakan orientasi portrait atau landscape. Themes, Anda bisa menggunakan pilihan desain yang sudah disiapkan oleh Ms. PowerPoint 2007untuk slide Anda. Background, untuk memperindah slide yang Anda buat, anda bisa menata latar belakang slide Anda dengan menggunakan menu pada toolgroup ini.

16

Ribbon Tab Animations Preview, tombol ini dipergunakan untuk melihat hasil dari animasi yang Anda berikan untuk slide Anda. Animations, Anda dapat memilih animasi bagi objek yang ada pada slide, terdiri dari animate dan custom animations. Transition to This Slide, untuk memebrikan slide pada perpindahan slide yang Anda buat.

17

Ribbon Tab Slide ShowStart Slide Show, untuk menentukan dari mana slide Anda dijalankan, apakah dari awal atau dari slide yang sedang aktif atau pilihan Anda sendiri.Set Up, pada tool group ini terdapat tombol yang bisa digunakan untuk menyembunyikan slide , merekam narasi dan menentukan urutan slide yang akan ditampilkan.Monitors, Anda bisa mengatur resolusi dari slide presentasi Anda pada tool group ini

18

Ribbon Tab ReviewProofing, digunakan untuk melakukan pengecekan pada tata tulis yang Anda buat di slide.Comments, Anda bisa memberikan catatan pada slide yang Anda buat.Protect, Anda bisa menggunakannya untuk melindungi slide presentasi yang Anda buat

19

Ribbon Tab ViewPresentation Views, pada bagian ini Anda dapat melihat keseluruhan dari slide yang telah Anda buat. Anda bisa melihatnya secara normal, slide sorter, notes page, dan slide show. Show/Hide, untuk membantu Anda dalam membuat slide presntasi, Anda bisa menampilkan penggaris dan garis bantu.Zoom, Anda dapat memperbesar ukuran slide yang Anda buat atau secara normal.Color/Grayscale, Pada bagian ini anda dapat menentukan apakah slide yang Anda buat berwarna (color) atau hitam putih.

20

G . Menyimpan DokumenUntuk menyimpan dokumen (Save):Klik Tombol "Microsoft Office"Klik "SaveUntuk menggunakan fitur Save As:Klik Tombol "Microsoft Office"Klik "Save As"Ketik nama untuk PresentasiDalam kotak Simpan sebagai Jenis, pilih Power point 97-2003 Presentation

21

BAB 2 :

CBDEFAG

22

A. Membuat Dokumen Baru1. Klik Office Button > New atau anda dapat menekan Ctrl+N.2. Pada Kotak Dialog yang muncul Pilih Blank & Recent > Blank Presentation.3. Kemudian akan muncul jendela presentasi di layar monitor anda, jendela presentasi yang muncul ini adalah slide judul presentasi.

23

B. Memilih Dan Mengganti Layout/Tampilan slide1. Buka kembali file presentasi Tugas Latihan 3.2. Aktifkan Slide 1.3. Klik tab menu Home > Layout > Title and Content, Perhatikan Perubahannya.4. Coba anda terapkan untuk layout dan slide yang lain sesuai kebutuhan anda.

24

C. Menggunakan Theme Slide1. Aktifkan file presentasi Tugas Latihan.2. Aktifkan slide yang akan diterapkan Themesnya (slide 1).3. Klik tab menu Design, kemudian klik menu More Themes.4. Pada kotak dialog themes yang muncul, pilih jenis themesnya, misalnya Opulent. Coba anda perhatikan perubahannya.

25

D. Menambah Teks 1. Pada tab Sisipkan, di grup Teks, klik Kotak Teks. 2. Klik di presentasi, lalu seret untuk menggambar kotak teks dengan ukuran yang Anda inginkan.3. Untuk menambahkan teks, klik di dalam kotak dan ketik atau tempelkan teks Anda.

26

E . Mengatur Format Teks1. Pertama membukamenu power point.2. Pilih jenis, ukuran tulisan dan warna yang diinginkan.3. Setelah itu dapat mengatur dimana letak tulisan.

27

F . Menyisipkan Gambar/Picture1) Klik menu bar Insert, kemudian pilih Picture.2) Klik From File.3) Selanjutnya akan muncul kotak dialog Insert Picture, seperti tampilan di bawah ini.4) Carilah lokasi tempat gambar berada pada Look in. 5) Pilih salah satu gambar.6) Klik Insert untuk menyisipkan gambar ke dalam slide.

28

G. Menyisipkan Clipart 1.Pertama, buka lembar kerja Ms.Office Power Point 2.Klik menu Insert pada Menu Bar 3.Klik icon Clip Art pada group Ilustration 4.Maka akan secara otomatis tampil jendela Clip Art di sebelah kanan slide.5.Pilih gambar atau animasi yang diinginkan dengan cara Klik

29

Bab 3A. Membuat TabelB. Membuat GrafikC. Membuat Diagram Organisasi

30

A. Membuat Tabel1. KlikInsertdi bagian menu Bar (menu deretan kedua)2. Klik icon Table di deretan ke empat.

31

B. Membuat Grafikbuka aplikasi MS. Powerpointklik menu insertlalu pilih chartpada Tab insert chart klik columnpilih misalnya 3-D clustered columnisi tabel dengan data yang diinginkansetelah selesai mengisi tabel secara otomatis grafik akan terbuatkemudian close jendela Chart in Microsoft Office Powerpoint- Microsoft Excel

32

C. Membuat Diagram Organisasi1.Membuka program power point dan menyiapkan slide.2. Mengarahkan kursor mouse pada menu Insert lalu memilih SmartArt.3. Selanjutnya akan muncul menu pop up. bentuk dapat disesuaikan dengan memilih model struktur organisasi lalu klik Ok.4. masukkan tulisan pada kotak yang tersedia.

33

Soal Bab 11. Yang bukan termasuk toolbar bagian ribbon tab home adalah A.Slides C.Editing B.Drawing D.Text2. Menampilkan hasil dari animation yang sudah dibuat adalah fungsi dari A.Preview C.Proofing B.Show D.Animations

34

Soal Bab 21. Di tab apa Tex box berada?HomeInsert DesignAnimation2. Apa yang termasuk di tab Format?Size D.ProofingZoom C.Show/hide

35

Soal Bab 31. Di grup apa grafik berada?IlustrasionTextDrawingEditing2. Perintah apa yang dapat Membuat diagram organisasi?A. B. C. D.

36

Maaf,Anda Salah

Maaf,Anda Salah

Maaf,Anda Salah

Selamat Anda Benar

40

Selamat Anda Benar

41

Selamat Anda Benar

42