Azi Restu Power Point

download Azi Restu Power Point

of 34

  • date post

    18-Jun-2015
  • Category

    Documents

  • view

    970
  • download

    2

Embed Size (px)

Transcript of Azi Restu Power Point

Untuk kelas XII semester I

STANDAR KOMPETENSIMemahami dampak perubahan sosial

KOMPETENSI DASARMenjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat

INDIKATOR Memberikan contoh berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat Mendeskripsikan bentuk bentuk perubahan sosial Memberikan contoh faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial Mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial

Perubahan sosialSemua masyarakat mengalami perubahan atau tidak ada masyarakat yang stagnan(berhenti). Pada dasarnya perubahan tersebut merupakan proses modifikasi struktur sosial dan pola budaya dalam masyarakat. Perubahan itu dapat terjadi dalam bentuk lambat, cepat, direncanakan, tidak direncanakan, serta perubahan besar dan kecil. Perubahan itu meliputi perubahan sikap, perilaku, nilai, pola, lembaga, struktur, dan lapisan-lapisan sosial.

(Menurut Selo Soemardjan) Perubahan sosial adalah segala perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan didalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya termasuk didalam nilai-nilai, sikap dan pola-pola perilaku diantara kelompokkelompok masyarakat.

Perubahan sosial : suatu variasi dari cara-cara hidup yang diterima yang disebabkan oleh perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi serta karena adanya difusi dan penemuan baru dalam masyarakat. (Jhon Lewis Gillin)

Perubahan sosialMenunjukkan pada modifikasi yang terjadi dalam pola kehidupan manusia. Modifikasi-modifikasi tersebut terjadi karena sebab intern dan ekstern. (Samuel Koenig)

Contoh perubahan sosialGambar ini menunjukkan sudah ada perubahan sosial yaitu dulunya bersifatt tradisional sekarang sudah modern atau yang dulunya menggunakan bajak dengan tenaga khewan sekarang sudah diganti dengan tenaga mesin (traktor)

Gambar petani yang sedang membajak

Bagai mana Perjuangan rakyat Prancis membebaskan diri dari kediktatoran Raja louwis. Sebagai hasil dari perjuangan rakyat Prancis maka terjadilah perubahan sosial terutama dalam bidang sosial dan politik.Wujud dari perubahan tersebut dikenal dengan istilah : Liberty Egality Proternity

BENTUK-BENTUK PERUBAHAN SOSIAL Perubahan lambat (evolusi) Perubahan cepat (revolusi) Perubahan kecil Perubahan besar Perubahan direncanakan Perubahan yang tidak direncanakan

Perubahan lambat (evolusi) Perubahan evolusi adalah perubahan yang terjadi dalam proses lambat, waktu yang cukup lama dan terdapat suatu rentetan perubahan kecil yang mengikutinya tanpa rencana atau kehendak masyarakat yang bersangkutan. Contohnya perubahan dan perkembangan dari masyarakat meramu menjadi masyarakat bercocoktanam. Dalam hal ini ada beberapa teori yang mengupas tentang teori evolusi yaitu : Teori evolusi dan Unilinier (evolutionary and UnilinierTheory). Salah satu tokohnya adalah Herbert Spencer. Teori ini menggambarkan dimana didalam semua masyarakat pasti mengalami suatu tahapan dari primitif menjadi beradab, sederhana menjadi kompleks atau dari interior menjadi superior.

Ket. Mayarakat dan kebudayaan Berkembang mengikuti garis lurus dari tahap yang sederhana ketahapan yang kompleksSalah satu pelopor dari teori ini adalah Herbert Spencer

2. Teori lingkaran (cycle) Tokoh pendukung teori iniSpegler. Menurut teori ini masyarakat mengalami perkembangan seperti bentuk lingkaran yaitu perubahan dalam lingkaran yang dapat diperkirakan setiap individu dengan cara yang sama mengalami perkembangan dari kelahiran menuju kedewasaan, menuju masa tua, dan akhirnya menuju kematian.

Masyarakat mengalami perkembangan seperti lingkaranMasyarakat mengalami perkembangan seperti bentuk lingkaran.

3.Teori Multilinier (Multiliganggapned Theories of evolution )

Teori ini mengangap bahwa perkembangan yang dialami oleh manusia sifatnya menyeluruh (luas). Sebagai dampak dari hasil perubahan dan perkembangan yang dialami oleh manusia maka dapat melahirkan teori-teori baru baik untuk mengembangkan ataupun untuk mengendalikannya.

II. Perubahan Revolusi Perubahan revolusi adalah perubahan mengenai sendi sendi pokok kehidupan masyarakat atau lembaga masyarakat yang berlangsung secara cepat. Adanya revolusi sering kali diawali dengan ketegangan atau konflik dalam tubuh masyarakat yang bersangkutan.

Syarat syarat terjadinya revolusi : Adanya keinginan untuk melakukan suatu perubahan Adanya pemimpin atau sekelompok orang yang mampu memimpin masyarakat tersebut. Pemimpin tersebut dapat menampung aspirasi masyarakat yang tidak merasa puas dan kemudian dijadikan program atau arah gerakan masyarakat. Adanya momentum yang tepat untuk revolusi.

III. Perubahan kecil Perubahan kecil adalah suatu perubahan yang terjadi pada unsur-unsur struktur sosial yang tidak membawa pengaruh langsung bagi masyarakat. Contohnya perubahan mode pakaian tidak membawa pengaruh berarti bagi masyarakat secara keseluruhan.

IV. Perubahan besar Perubahan besar adalah suatu perubahan sosial yang berpengaruh terhadap masyarakat dan lembaga-lembaga, seperti dalam sistem kerja, sistem hak milik tanah, stratifikasi masyarakat. Contohnya : Urbanisasi di kota-kota akan menimbulkan berbagai aspek kehidupan baik yang positif maupun yang negatif.

V. Perubahan direncanakan (planed change) Perubahan direncanakan yaitu suatu perubahan yang direncanakan terlebih dahulu oleh pihak-pihak yang ingin mengadakan perubahan di dalam masyarakat. Pihakpihak yang ingin mengadakan perubahan ini dinamakan agent of change (pelaku perubahan). Cara-cara yang lakukan oleh agen perubahan terlebih dahulu merencanakan secara teratur yang dinamakan rekayasa (social engineering) atau perencanaan sosial (social Planing). Contohnya : Pembangunan tata kota Keluarga berencana Gerakan imunisasi nasional

VI.Perubahan sosial yang tidak direncanakan(unplaned change)Adalah suatu perubahan sosial yang tidak direncanakan, terjadi di luar jangkauan pengawasan masyarakat serta dapat menimbulkan akibat yang tidak diharapkan oleh masyarakat. Contohnya : Meningkatnya angka pengangguran dan kemiskinan di kota-kota besar, Terjadinya banjir akibat penebangan hutan liar.

VII. Proses Perubahan Sosial Proses perubahan sosial dapat melalui beberapa hal yaitu Difusi, adalah proses penyebaran unsur-unsur budaya dari orang ke orang lain dan dari suatu masyarakat ke masyarakat lainnya. Akulturasi, proses penerimaan unsur-unsur kebudayaan baru tanpa menghilangkan unsur-unsur aslinya. Asimilasi, adalah suatu proses penerimaan unsurunsur budaya dari luar. Akomodasi, adalah proses penerimaan unsur-unsur budaya dari luar.

Faktor pendorong perubahan sosial : Faktor ekstern adalahfaktor berasal dari luar masyarakat: Peperangan dengan negara lain Masuknya budaya lain melalui kontak dengan negaralain Kondisi alam yang berubah : seperti gempa, dan tsunami Faktor Intern adalah faktor yg berasal dari dalam masyarakat. Bertambah atau berkurangnya jumlah penduduk Terjadinya pembrontakan atau revolusi Penemuan-penemuan baru di dalam masyarakat itu sendiri Terjadinya konflik/pertentangan dalam masyarakat itu sendiri Pendidikan formal yang maju Ketidak puasan masyarakat Orientasi kemasa depan

Contoh Faktor pendorong perubahan sosial1. Penemuan Pesawat terbang .penemuan ini berdampak terjadinya perubahan yang menjalar dari satu lembaga kelembaga lainnya.Pertama mempengaruhi transportasi udara selanjutnya menjalar ke lembaga lainnya.

Penemuan radio dan televisi Penemuan ini sifatnya memancar ke segala arah yang akan dapt mempengaruhi perubahan lsosial ke perbagai arah dan lembaga kemasyarakatan dan adat istiadat.

Faktor Penghambat Perubahan Sosial Rasa takut terjadi kegoyahan Adat kebiasaan Vested interst Pendidikan teerbelakang Kurang hubungan dengan masyarakat lain Hambatan hambatan yang bersifat ideologis.

TUGAS Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang mendorong terjadinya perubahan sosial dalam masyarakat ! Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor penghambat terjadinya perubahan sosial ! Apa perbedaan discovery dan invention? Berikan contohnya! Mengapa Proklamasi 17 Agustus 1945 disebut revolusi? Perubahan sosial budaya bisa berasal dari luar lingkungan masyarakat. Apa maksudnya, dan berikan penjelasan ?

Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar !Perubahan sosial adalah perubahan pada lembaga lambaga kemasyarakatan Di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya ,termasuk nilai nilai,skap,dan perilaku diantara kelompok kelompok dalam masyarakat Pernyataaan tersebut merupakan pendapat dari tokoh... A.Jhon Lewis Gillin dan Jhon Philip gillin B.Selo Soemardjan C.SamuelKonig D.Herbert spemcer E.Auguste comte

2Adanya suatu perubahan sosial dalam bidang kehidupan tertentu akan diikuti oleh perubahan bidang bidang yang lainnya.Hal ini terjadi karena...A.Perubahan sosial terjadi dengan sendirinya dan terus menerus B.Setiap individu pasti mengalami perubahan C.Lembaga kemasyarakatan pasti mengalami perubahan D.Setiap bidang mengalami perubahan secara bertahap E.Struktur lembaga kemasyarakatan saling kait mengkait

3Contoh perubahan kehidupan dalam bidang pertanian yang dulunya menggunakan bajak dengan tenaga hewan dan kini sudah banyak menggunakan traktor termasuk dalam...A.Proses perubahan sosial B.Jenis perubahan sosial C.Bentuk bentuk perubahan sosial D.Perubahan yang direncanakan E.Perubahan besar

4Suatu perubahan sosial yang berpengaruh tehadap kehidupan masyarakat dalam struktur sosial dan lembaga lembaga nya termasuk sistem kerja,kekeluargaan,dan stratifikasi masyarakat teermsuk bentuk perubahan... A.Kecil B.Revolusi C.Yang direncanakan D.Besar E.Yang tidak direncanakan

5Proses masuknya suatu budaya dari suatu bangsa kebangsa yang lain dapat berlangsung seperti penetrasi pasifique (secara damai) melalui paksaan/kekerasan(violent) dan melalui simbiotik atau proses hidup secara berdampingan.Masuknya suatu budaya dari satu