Auto+ Magazine 03/2014

32
APRIL 2014 EDISI 3

description

Majalah Andra Febrian Auto Blog edisi ketiga.

Transcript of Auto+ Magazine 03/2014

Page 1: Auto+ Magazine 03/2014

APRIL 2014EDISI 3

Page 2: Auto+ Magazine 03/2014

2 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

04 Ertiga Makin Sporty Hanya diproduksi 200 unit. 05 Luxio Facelift Semakin elegan.

06 Pajero Sport V6 Makin perkasa dengan mesin MIVEC.

07 Fiesta EcoBoost Dengan mesin kecil namun bertenaga. 08 Avanzanation dan Spin Facelift Avanzanation pulang turing dan spyshot Spin.

09 Review BMW i8Mobil listrik dahsyat dari BMW!

10 First Impression Toyota YarisKuda hitam dari Toyota.

12 First Impression Brio Satya LCGC terhebat dari Honda.

14-24 Auto Expo 2014 India Mengupas mobil-mobil menarik. 26 Mobil CBU BekasCBU yang tak langka.

28 Apakah arti warna mobil? Bukan secara spiritual, namun psikologis

31 Our YouTube ChannelSubscribe!

21

12

0422

08 26

28

Page 3: Auto+ Magazine 03/2014

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 3

Persaingan bisnis terus berjalan dengan ketat. Semua produsen saling membuat inovasi dan strategi demi tetap eksis di pasarnya. Promosi gencar dilakukan cemi menarik konsumen. Tak terkecuali pada pasar otomotif, dalam hal ini mobil.Tahun 2014 ini momentum untuk memper-baharui mobil-mobil yang sudah ada ataupun menambah modelnya. Hal itu telah ditunjuk-kan oleh beberapa produsen. Dari hanya tam-bah fitur, tambah varian, pembaharuan kecil, major change hingga tambah model baru.Tak semua pihak untung dalam lomba inovasi tersebut. Sentra mobil bekas tak seramai dulu. Kedatangan LCGC dan MPV baru membuat pembeli lebih suka berbondong-bondong ke dealer mobil baru.Hal tersebut juga memaksa kami untuk terus update baik di blog maupun majalah ini. Makanya, rubrik New Cars disini semakin penuh. Penuh dengan mobil-mobil anyar yang terus berdatangan. Namun, topik kami di majalah ini bukan ten-tang semua itu. Kami membahas mobil-mobil yang menarik di Auto Expo 2014 yang dihe-lat bulan lalu di Delhi, India. Mungkin terasa kurang penting, namun harusnya ini adalah topik yang lebih penting.Begitulah, semoga anda enjoy membaca Auto+ edisi ketiga ini. Mohon maaf bila ada kesalahan, Selamat membaca!

Salam,Andra Febrian

Editor In Chief Andra Febrian, [email protected] Associate EditorAndra Febrian, [email protected]

Contributing WriterRayhan Zhafir, [email protected]

Contributing WriterRakhen Naufal, [email protected]

Art DirectorAndra Febrian, [email protected]

Graphic ArtistAndra Febrian, [email protected]

Circulation OfficerAndra Febrian, [email protected]

Sales OfficerAndra Febrian, [email protected]

andra-febrian.blogspot.comidcarblog.blogspot.com

FROM THE EDITOR

Page 4: Auto+ Magazine 03/2014

4 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

NEW CARS ERTIGA MAKIN SPORTY

uzuki mungkin mera-sa Ertiga kalah ‘kece’ dibandingkan Mobilio.

Jawaban mereka adalah Ertiga Sporty. Dengan bum-per depan dan belakang baru plus side skirt, kami berharap semoga Suzuki tak mengu-langi kesalahan APV Luxury dengan kualitas bodykit yang sangat buruk. Ertiga Sporty sudah pernah ditampilkan di IIMS 2013 dengan status konsep. Saat itu ia dipasang pelek 17 inci.

“Hadirnya Suzuki Ertiga Sport sekarang ini merupakan jaw-aban atas keinginan calon pembeli yang berjiwa muda untuk memiliki sebuah kend-araan yang ideal,” tutur Davy J. Tulian, Director 4W Sales, Marketing & DND SIS.Ertiga Sporty ini berbasis dari tipe GL. Hal tersebut terlihat dari tiadanya garnish krom pada bagian buritan dan hilangnya steering audio switch di setir.Ada 9 ubahan yang hadir di

Suzuki Ertiga Sporty. Salah satunya, Ertiga Sporty meng-gunakan ban berukuran 205/55 R16 dan pelek palang lima berdiameter 16 inci yang menurut kami mirip pelek Proton Exora.Ertiga Sporty ini dilempar ke pasar dengan harga on the road DKI Jakarta Rp 191,35 juta untuk transmisi otoma-tis. Sementara yang bertrans-misi manual 5-speed dijual dengan harga Rp 180,35 juta.

S

AUTOBILD

Page 5: Auto+ Magazine 03/2014

NEW CARSI

SAHABAT ELEGAN

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 5

etelah lima tahun tanpa perubahan berarti, Luxio butuh

penyegaran demi mengo-bati penjualannya yang mulai menurun. Pada 19 Februari di Hotel Kempinski, akhirnya Daihatsu melun-curkan New Luxio den-gan banyak perubahan pada interior dan ekste-rior. Beberapa perubahan dilakukan oleh desain-er senior Daihatsu asal Indonesia, Mark Widjaja yang mendesain Daihatsu Ayla.

Di depan, hadir lima bilah krom tebal yang bisa dipakai untuk ngaca. Lalu dibawahnya hadir pula gril trapesium yang ditemani sepasang foglamp.Dari samping, dipasang side moulding dan pelek baru. Di belakang diberi-kan bumper yang serasi dengan side moulding.Untuk kenyamanan penum-pang, Luxio kini memakai kursi lebih lebar dan busa lebih tebal. Material fab-ric pelapis jok memiliki motif baru dan kelir hitam.

Dasbor Luxio kini sudah two tone dan memakai setir model palang tiga. Harga Luxio baru ini tidak jauh berbeda dengan pen-dahulunya, yaitu sekitar Rp 157-186 juta (on the road DKI Jakarta). Sebagai infor-masi, tipe M ditiadakan dan tipe D naik kelas.Daihatsu Luxio terbaru masih mengandalkan mesin lawas dengan kon-figurasi 4-silinder 1.495 cc bertenaga 97 dk dan torsi 134 Nm masih dimanfaat-kan.

S

AUTOBILD

Page 6: Auto+ Magazine 03/2014

6 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

PAJERO SPORT V6 HADIRNEW CARS

ada 7 Maret, Pajero Sport hadir den-gan varian lebih bertenaga. Dengan mesin dengan konfigurasi V6 berkode

6B31 ini memiliki kapasitas 2.998 cc didukung teknologi Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control alias MIVEC, tenaga yang dihasilkan mencapai 220 hp di 6.250 rpm dan torsi puncak 291 Nm/4.000 rpm.Mesin ini dipasangkan dengan transmisi oto-matis 5-speed INVECS II dengan Sportronic. Sementara untuk sistem penggeraknya hanya tersedia 2-Wheel Drive (2WD) saja. “Hadirnya

New Pajero Sport ini adalah sebuah bagian dari memperluas varian Pajero selama ini sehingga konsumen bisa memilih,” jelas Duljatmono, Operating General MMC Manager Marketing Division KTB.Pajero Sport V6 ini akan ditawarkan dengan harga Rp 481 juta. Namun harga tersebut masih berdasarkan BBN 2013. Akan ada penye-suaian ketika BBN 2014 yang diperkirakan ada kenaikan 5 persen.Pajero Sport V6 hadir dengan warna baru, yaitu Deep Blue Mica.

PAUTOBILD

Page 7: Auto+ Magazine 03/2014

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 7

ew Fiesta dengan mesin EcoBoost 1.0 liter kini telah hadir di Indonesia. Hal terse-but ditegaskan dengan mengajak awak

media melakukan test drive pada hari Senin, 24 Februari di kawasan Alam Sutera Serpong, Tangerang. Mesin EcoBoost 1.0 liter dengan tenaga 3 silinder merupakan senjata Ford di seluruh dunia. Mesin ini pun sering mendapat pujian dan penghargaan di seluruh dunia. Memang, seperti inilah mesin masa depan. Menurut Bagus Susanto, Managing Director

PT Ford Motor Indonesia kehadiran New Fiesta mesin EcoBoost 1.0L ini menambah jumlah line-up New Fiesta yang diproduksi menjadi 9 unit model.“New Fiesta EcoBoost 1.0L menjadi model top of the line up dari seluruh model New Fiesta yang ada. Harganya tentu bakal diatas Few Fiesta 1.500 cc yang sudah ada lebih dulu. Tipe New Fiesta EcoBoost 1.0L yang bakal tersedia adalah tipe M/T 1.0L Sport, A/T 1.0 Sport, dan A/T 1.0 Sedan,” jelas Bagus Susanto.

FIESTA ECOBOOST 1.0 HADIR

N

EDISI DEPAN Edisi depan, kami bocorkan. Di Auto+ Edisi 4 - April 2014 akan ada komparasi yang seru. Apa itu? Tunggu saja tanggal mainnya. Ada juga mobil baru yang sedang ngetren. Ada juga... udah deh, tunggu aja edisi selanjutnya!

Page 8: Auto+ Magazine 03/2014

NEWS

8 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

PETUALANGAN AVANZANATION

BERAKHIR SETELAH

35.000 KM etelah melakukan perjalanan menjelajahi Indonesia sejak bulan Februari lalu, tim Avanzanation Journey akhirnya tiba di

Jakarta. PT Toyota Astra Motor (TAM) menyam-but mereka di dealer Auto2000, Tebet, Jakarta (9/3).Tim Avanzanation berangkat dari 3 titik ber-beda. Tim wilayah barat berangkat dari Banda Aceh, tim wilayah tengah dari Pontianak, dan tim wilayah timur dari Merauke. Total jarak yang ditempuh ketiga tim ini kurang lebih 35.000 km dan melintasi lebih dari 45 kota.“Kegiatan ini merupakan sebagai bentuk apr-esiasi Toyota kepada pelanggan. Yang kami

lakukan adalah suatu rasa syukur atas pen-capaian sekaligus kepercayaan masyarakat terhadap Toyota,” jelas Johnny Darmawan, Presiden Direktur TAM dalam sambutaannya.Selain melintasi berbagai daerah dan menyak-sikan beragam budaya, tim Avanzanation Journey juga melakukan kegiatan corporate social responsibility (CSR). Contohnya mem-berikan bantuan obat-obatan kepada korban letusan Gunung Sinabung (tim barat) dan ban-tuan paket sembako, kebersihan, buku eduka-si, serta mesin praktek untuk sekolah/yayasan (tim tengah dan timur).

S

CHEVROLETSPIN FACELIFT?

ertama kali diperkenalkan di Indonesia pada April 2013, saat itu Spin langsung booming di Tanah Air ini. Desain keren, mesin diesel dan fitur lengkap menjadi alasan. Inden pun men-

gular.Namun kini Spin seakan kehilangan pamor apa-lagi setelah Honda Mobilio menyerang. Makanya Chevrolet menyiapkan strategi dengan mengeluar-kan Spin facelift. Mereka pun sedang mengujinya.Terlihat pada spyshot dari detikOto lampu depan dan pelek berwarna hitam smoke dan bodykit over-fender yang disamarkan stiker segitiga. Apakah ini Spin crossover seperti yang digosipkan sebelumnya? Tunggu saja tanggal mainnya.

P

DETIKOTO

Page 9: Auto+ Magazine 03/2014

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 9

nilah sportscar BMW yang terdahsyat sepeninggal 8-Series. Berbasis pada mobil konsep BMW Vision EfficientDynamics yang

dipamerkan beberapa tahun yang lalu, BMW i8 2014 menunjukkan visi BMW dari plug-in hybrid berperforma tinggi. Mobil ini dapat ngebut 0-100 km/jam dalam 4,4 detik, full charge hanya tiga jam dari stop kontak garasi biasa dan konsumsi BBM 40 km/liter, karena ini hybrid.Untuk i8, BMW membelah dua mesin enam silinder 3.0 liter konvensional. Jadi i8 menggu-nakan mesin 1.5 liter inline tiga silinder turbo-charger dipasangkan dengan motor listrik dan baterai lithium-ion battery pack. Mesin bensin menggerakkan roda belakang melalui trans-misi otomatis enam percepatan, sedangkan roda depan digerakkan motor listrik dengan transmisi 2-speed.

Mesin bensin dan motor listrik digabungkan untuk menghasilkan 362 hp yang fantastis, 569 Nm torsi dan kinerja all-wheel -drive, semua terintegrasi ke dalam sasis yang 10 kilogram lebih ringan dan 1,5 inci lebih panjang dari Seri 3. i8 juga ditunjang pelek 20 inci.BMW mengatakan i8 juga dapat melakukan perjalanan 35 km dan mencapai kecepatan tertinggi 120 km/jam hanya dengan motor listrik. Dengan mesin bensin 1.500 cc i8 akan mencapai kecepatan tertinggi 249 km/jam.BMW i8 akan tiba di musim semi dan harg-anya mulai dari AS$ 136.000 atau Rp 1,659 miliar. Memang agak mahal, nnamun sangat sepadan dengan teknologi yang sedemikian rupa. Apakah Indonesia dapat i8, masih belum jelas. Yang pasti, bagi kami ini lebih keren dan lebih murah dari Lamborghini.

BMW I8, MOBIL SPORT YANGPEDULI LINGKUNGAN

REVIEW I

I

idcarblog.blogspot.com

Page 10: Auto+ Magazine 03/2014

10 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

oyota sedang gencar memamerkan mobil terbarunya yang belum

dijual, All New Yaris. Pesanan yang sudah menumpuk hingga ribuan orang men-dorong Toyota untuk memamerkan Yaris 2014 ini tak terkecuali di mal. Di sebuah mal di Bogor, kami menjumpai sebuah All New Yaris 2014 TRD Sportivo ter-parkir manis demi menarik perhatian pengunjung.Usaha itu tak sia-sia, mobil hitam tersebut sering diper-hatikan pengunjung yang penasaran. Ada yang men-coba membuka pintunya,

namun dikunci. Kaca film dengan kegelapan 90 pers-en dipasang agar interiornya menjadi misteri bagi pen-gunjung. Sebelumnya, maaf soal kualitas fotonya karena hanya mengandalkan smart-phone lama.Bentuk Yaris yang berevolusi membuat penampilannya terlihat naik kelas. Berbasis dari All New Vios, lampu sipit yang lebar membuat Yaris makin mempesona. Begitu pula lampu belakang berde-sain unik yang terpasang manis di buritan Yaris. Pelek 16 inci yang identik den-gan Vios juga membuatnya

semakin menggugah.Bodykit TRD Sportivo yang tertempel pada All-New Yaris ini membuatnya sema-kin gagah dan sporty. Tak lupa diselipkan sepasang Daytime Running Lights (DRL) LED di bagian depan Yaris 2014 ini. Plus stiker di pintu samping dengan tulisan TRD Sportivo mem-buatnya terkesan semakin dinamis. Kemungkinan body kit TRD tersebut merupak-an desain lokal mengingat body kit itu baru tersua di Tanah Air.Kalau di belakang, terpasan-glah spoiler atas dan spoiler

FIRST IMPRESSION

SANG KUDAHITAM

T

FOTO : ANDRA FEBRIAN

Page 11: Auto+ Magazine 03/2014

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 11

bumper yang berpadu dengan desain asli Yaris yang membuat tampi-lannya dari belakang menarik perhatian orang yang melirik. Tak tampak jejak Yaris lama disini.Sayang, seperti yang kami sebutkan tadi, kaca film yang dipa-sang sangat gelap sehingga tak ada kes-empatan untuk sekedar mengintip interiornya. Yaris terbaru ini dileng-kapi dengan head unit yang dapat digunak-an untuk berselancar

internet, persis seperti Vios. Selain itu ada jok yang berbahan fab-ric dengan motif yang matching dengan tema TRD Sportivo. Harga All New Yaris 2014 sendiri akan berkisar Rp 210-270 juta. Saat ini Toyota sedang bin-gung menentukan harga Yaris karena tidak stabilnya dollar dan akan digelarnya Pemilu 2014. Peluncuran? Maret 2014 yang artin-ya bulan ini dan seben-tar lagi. Ditunggu ya, Toyota!

FIRST IMPRESSIONI

Klik untuk video review. Bila tak bisa, langsung ke www.youtube.com/watch?v=RkvWRHUKX_I

Page 12: Auto+ Magazine 03/2014

12 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

BRIOSATYAREVIEW

FIRST IMPRESSION

FOTO : ANDRA FEBRIAN

onda meluncurkan Brio Satya demi meng-hadang laju Agya dan

Ayla yang telah diperkenal-kan sebelumnya. Dengan harga mulai dari Rp 106 juta, ini merupakan Honda ter-murah pada dekade ini di Indonesia. Apakah valuenya sebanding dengan hargan-ya?Disini kami mereview Brio Satya tipe S dengan harga Rp 111 juta dengan aksesori opsional yaitu gril hitam-putih. Dari penampilan, Brio Satya S terlihat lebih baik daripada Brio S CBU dengan hendel pintu sewarna bodi. Walaupun pelek besi hitam

dengan dop penghias tetap melekat pada Brio Satya ini.Di belakang, Honda mema-sang banyak emblem yang membuat buritan Brio Satya terlihat rame. Ada tulisan ‘Honda Prospect Motor’, ‘Brio Satya S’, ‘i-VTEC’ dan tak lupa logo mawar berbentuk pesegi. Emblem yang dise-butkan pertama dan tera-khir wajib dipasang di mobil LCGC.Di dalam, tak banyak per-bedaan dibandingkan Brio CBU, Brio 1.2 bahkan Mobilio. Sebenarnya bukan selera banyak orang. Apalagi warna beige dan hitam rasanya kurang cocok dengan Brio.

Kami harap di facelift brikut-nya Honda memberi warna interior hitam seluruhnya.Satu hal yang mengganggu yaitu headrest yang menya-tu pada jok sehingga tak bisa diatur ketinggiannya. Namun ada bagusnya, karena bentuknya mirip jok semi-bucket.Pada tipe Satya S dipasang head unit 1-DIN yang berde-sain membosankan dan ber-fitur minim. Kalau anda ingin meminang Brio Satya S, kami sarankan untuk mengganti head unitnya.Di kabin belakang, legroom dan bagasi kurang lega. Wajar karena Brio dibuat

H

Page 13: Auto+ Magazine 03/2014

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 13

FIRST IMPRESSIONI

kecil dengan panjang 3,6 meter. Namun baiknya, visibilitas ke belakang baik akibat penggunaan kaca belakang besar.Honda memilih untuk mencangkokkan mesin 1.198 cc 88 dk yang merupakan mesin tercanggih di kelas LCGC berkat penggunaan katup variabel i-VTEC. Mesin tersebut juga merupakan mesin yang paling berenaga dan paling irit, tentunya dengan bantuan i-VTEC.Ada enam pilihan warna yaitu putih, hitam, silver, merah, oranye dan abu-abu. Tak ada warna biru dan warna khas Brio, hijau pada Brio CKD. Hal ini disebabkan sudah tak tersedianya cat tersebut di pabrik Honda di Karawang. Itulah sebabnya Brio Sports yang notabene CBU dari Thailand masih memiliki

pilihan warna hijau.Oh ya, bagi peminat LCGC matik, Brio Satya tak memiliki tipe berpersneling otomatis. Bila tetap ingin Brio matik, ada Brio 1.2 tipe S dengan harga Rp 133 juta dan tipe E Rp 138 juta.Mau lebih bertenaga? Pilih Brio Sports. CBU dari Thailand, bermesin 1.339 cc 100 hp namun harganya jauh diatas Satya yaitu Rp 172-182 juta.Kalau masih tertarik dengan Satya, kami mer-ekomendasikan tipe E karena fiturnya lebih lengkap hanya dengan menambah Rp 6 juta. Foglamp, wiper belakang, head unit 2-DIN, pelek alloy dan lain-lain telah hadir di Satya E.

Klik untuk video review. Bila tak bisa, langsung ke www.youtube.com/watch?v=RkvWRHUKX_I

Page 14: Auto+ Magazine 03/2014

14 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

HONDA JAZZ HADIR DI INDIAenerasi baru Honda Jazz membuat debut India yang sedang berlangsung di Auto Expo 2014. Honda Jazz akan

diluncurkan di Indonesia pada pertengahan 2014. Jazz ini punya tampang yang keren, interior yang fleksibel dan fun to drive. Untuk India, Jazz akan diluncurkan dengan bensin dan mesin diesel. Mesin bensin akan berkapasitas 1.200 cc i-VTEC empat silinder bermotor yang ditempatkan di Brio Satya. Di Brio, mesin ini menghasilkan 88 hp dan torsi 109 Nm. Sebuah varian diesel dari Jazz akan meluncurkan bersama tipe bensin. Mesin diesel yang dimaksud adalah i-DTEC mesin empat silinder 1.500 cc yang menghasilkan

100 hp dan torsi 200 Nm. Di Indonesia Jazz akan hadir dengan mesin 1.500 cc i-VTEC baru yang bertenaga 138 hp.Di Indonesia, Jazz hadir tak lama lagi. “Jazz terbaru? Tahun ini masuk Indonesia,” kata Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy di Bandung dikutip dari detikOto.“Dan akan kita produksi juga di Indonesia, seperti Jazz yang sekarang,” ungkapnya.Mobil ini juga dikabarkan dapat dipesan di dealer Honda dengan memberikan tanda jadi sejumlah Rp 5 juta dan fotokopi KTP. Siap tempur, Jazz?

Honda JazzMesin : 1.497 cc 4 silinder 138 hp0-100 km/jam : N/AKonsumsi BBM : N/ATransmisi : 5-speed manual & CVT/FWDHarga : Rp 200-260 jutaan (estimasi)

G

INDIANAUTOSBLOG

Page 15: Auto+ Magazine 03/2014

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 15

uzuki SX4 S-Cross telah mengalami debut India pada Auto Expo. SX4

S-Cross yang dianggap seb-agai penerus hatchback SX4 di pasar internasional, diung-kap pada Maret tahun lalu di Geneva Motor Show.Mobil ini dilengkapi dengan fitur seperti sistem ALLGRIP 4WD Suzuki dan double sun-roof. Suzuki juga menunjuk-kan bahwa S-Cross berper-ingkat 5 bintang Euro NCAP untuk perlindungan kesela-matan kecelakaan tersebut.

Secara internasional, S -Cross tersedia dengan bensin dan mesin diesel. Mesin bensin 1.600 cc menghasilkan 120 hp pada 6.000 rpm dan torsi 156 Nm pada 4.400 rpm. Mesin dipasangkan dengan transmisi manual 5-speed atau gearbox CVT yang men-girimkan daya ke roda depan untuk model 2WD dan keem-pat roda pada model AWD.Mesin diesel yang dimaksud adalah mesin MultiJet 1.600 cc Fiat yang dapat mem-produksi 120 hp pada 3.750

rpm dan torsi 320 Nm pada 1.750 rpm. Dipasangkan den-gan gearbox manual 6-speed, tersedia dalam pilihan peng-gerak 2WD dan 4WD.Di Indonesia sendiri, SX4 S-Cross mungkin tak akan diproduksi CKD di Indonesa lagi. Penyebabnya adalah kapasitas yang sudah penuh. Mungkin bisa didatangkan dari Thailand atau India. Kalau waktunya, SX4 S-Cross ham-pir dipastikan hadir tahun ini juga.

WHAT DO YOU SX FOR?

Suzuki SX4 S-CrossMesin : 1.598 cc 4 silinder 120 hpTorsi maksimum : 156 NmKonsumsi BBM : N/ATransmisi : 5-speed manual & CVT/FWD & AWDHarga : Rp 230-280 jutaan (estimasi)

SINDIANAUTOSBLOG

Page 16: Auto+ Magazine 03/2014

16 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

ETIOS CROSSMENYASAR ANAK MUDA

Dengan tampilan crossover, Toyota ingin membuat anak muda kesengsem dengan

Etios Cross.

oyota meluncurkan Etios Cross di Auto Expo 2014 yang ber-

langsung di Delhi. Akan diluncurkan pada Mei 2014, pemesanan sudah dibuka oleh Toyota Kirloskar Motor, APM Toyota di India. Etios Cross dibangun pada plat-form yang sama dengan Etios Valco, Etios Liva dan Etios Sedan.Etios Cross menyasar anak

muda yang ingin show-off. Dengan bumper macho, pelek gagah dan overfender tebal memberi kesan tang-guh pada Etios Cross.Etios Cross juga didukung oleh mesin yang sama den-gan Etios standar di India yaitu mesin bensin 1.500 cc yang menghasilkan 90 hp, mesin bensin 1.200 cc yang menghasilkan 80 hp dan mesin diesel 1.400 cc yang

menyemburkan 69 hp.Etios Cross akan mendapat-kan defogger jendela belakang, speedometer dengan jam digital, Suspensi MacPherson di depan dan torsion beam di bagian belakang. Etios Cross juga mendapat diatur ketinggian kursi pengemudinya, kemu-di dibalut kulit, sistem audio dengan Bluetooth, USB, Aux-in, CD player, remote control

T

Page 17: Auto+ Magazine 03/2014

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 17

dan kontrol audio di setir.Etios Cross juga mendapatkan ABS dan EBD, airbag pengemudi dan penumpang, dan lembaran baja anti karat untuk mencegah korosi.Kelihatannya belum ada rencana dari PT Toyota Astra Motor untuk mem-

produksi Etios Cross di Indonesia. Padahal bila mau mobil ini bisa jadi pesaing berat Nissan Livina X-Gear yang melenggang sendirian. Kalau Etios Cross dijual di Indonesia, hargan-ya dapat bertengger di angka Rp 180-200 jutaan.

Toyota Etios CrossMesin : 1.198 cc 4 silinder 79 hp0-100 km/jam : 14,7 detikKonsumsi BBM : 16,8 km/l (tol)Transmisi : 5-speed manual/FWDHarga : Rp 180-200 jutaan (estimasi)

INDIANAUTOSBLOG/MOTORBEAM

Page 18: Auto+ Magazine 03/2014

18 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

aruti Suzuki, produsen mobil terbesar di India meluncurkan Celerio

di Auto Expo.Celerio ini didukung oleh 998 cc tiga silinder (berkode K10B) yang memuntahkan 68 PS pada 6.000 rpm dan 90 Nm torsi pada 3.500 rpm. Mesin tersebut dikawink-an baik dengan transmisi manual 5-speed atau trans-misi manual otomatis (AMT). Celerio diklaim mendapatkan konsumsi BBM 23,1 km/l .Hatchback ini memiliki dimensi panjang 3.600 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1.560 mm dan wheelbase 2.425

mm. Celerio memiliki radius putar 4,7 meter dan ground clearance 165 mm. Berat kotor mobil ini antara 810-830 kg.Empat tipe yang tersedia yaitu LXi , VXi , ZXi dan Option ZXi. Tpe flagship Option ZXi dilengkapi dengan fitur-fitur seperti dua airbag depan untuk pengemudi dan pen-umpang, ABS, foglamp, pelek alloy, sistem musik 2 DIN dan konektivitas Bluetooth.Teknologi AMT hanya dise-diakan hanya untuk LXi dasar dan varian VXi. Nah, ada kemungkinan kalau pabrik PT. SIS yang baru akan

merakit mobil kejutan sep-erti Celerio ini. Memang ben-tuk Celerio lebih wajar dari Wagon R yang tinggi dan kotak.Bila jadi maka Celerio bisa jadi penantang berat kembar Agya-Ayla mengingat Wagon R yang bentuknya terlalu beda. Apalagi dengan trans-misi matik yang lebih cerdas bisa jadi Celerio ini bisa jadi bintang di kelasnya.Bila memang PT SIS berniat menjual Celerio maka mobil ini mungkin sudah hadir 2015.

SUZUKICELERIOM

Suzuki CelerioMesin : 998 cc 3 silinder 68 hpTorsi : 90 Nm/3.500 rpm0-100 km/jam : N/AKonsumsi BBM : 23,1 km/l (klaim)Transmisi : 5-speed manual & AMT/FWDHarga : Rp 75,2-88,5 juta (India)

INDIANAUTOSBLOG

Page 19: Auto+ Magazine 03/2014

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 19

et set, redi-GO! Datsun baru saja meluncurkan mobil konsep pertama di Delhi Auto Expo 2014. Dinamakan

Datsun redi-GO Concept, itu adalah preview bagaimana Mini SUV Datsun akan terlihat seperti apa, jika memutuskan untuk mem-buatnya. Lampu LED daytime running light dan tailla-mps menghiasi mobil, sementara gril besar signature “grille D-cut” Datsun mendominasi muka. Tidak ada sunroof namun atap dihi-

tamkan dengan pola tessellated yang khas menampilkan kesempatan personalisasi di masa depan.Tidak ada rencana menempatkan redi-GO Concept ke dalam produksi, tapi Datsun mengatakan jika ingin melakukannya, mini SUV ini akan menargetkan harga hatchback kompak mapan, yaitu “berada dalam jang-kauan pertama kalinya pembeli.” Jadi apa yang Anda pikirkan, tertarik?

GET SET,REDI-GO!

G

HALO, MOBIL LISTRIK SPORT DARI MAHINDRA

alo, sebuah nama yang unik untuk sebuah mobil sport. Selain punya nama yang unik, ia juga dipersenjatai tenaga

listrik.Mahindra Reva, yang mengambangkannya sudah selama 4 tahun kebelakang, akhirnya bisa menawarkan sistem QuickCharge e2o, yang memungkinkan mobil untuk di isi daya listriknya secara cepat dengan tiga pilihan, melalui smart port support yang ada pada mobil, melalui solar panel, dan colokan listrik dirumah.Sekali isi ulang baterai, Halo bisa diajak berja-lan sejauh 200 km pada varian tertinggi, juga ada opsi jangkauan 100 km sampai 150 km, dengan kecepatan maksimal saat dikebut mencapai 160 km perjam.

H

INDIANAUTOSBLOG

Page 20: Auto+ Magazine 03/2014

20 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

TATA BOLTPERSEMBAHAN BARU TATA

ata Motors meluncur-kan pengganti Manza, Tata Zest sedan kom-pak di New Delhi hari

ini. The Zest terungkap ber-sama kembar hatchback-nya, Tata Bolt. Menurut Tata, nama Zest ber-makna “menandakan seman-gat hidup, lincah dan ener-gik“. Seperti Bolt, Zest diinput oleh tiga desain studio Tata Motors (di Pune, India, Coventry, Inggris dan Turin, Italia). Sumber tenaga Zest datang

dari bensin dan mesin die-sel. Mesin yang baru dikem-bangkan adalah 1.200 cc bensin turbocharger empat silinder Revotron yang juga menghasilkan 85 hp @ 5.000 rpm dan 140 Nm torsi antara 1,750-3,000 rpm. Mesin die-sel menjadi Quadrajet 1.300 cc yang menyemburkan 90 hp @ 4.000 rpm dan torsi 200 Nm antara 1,750-3,000 rpm. Basisnya adalah sedan sub-4 meter, Manza. Zest beruku-ran panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.570

mm. Bobot kendaraan 1.106 kg dan dilengkapi dengan tangki bahan bakar 44 liter. Di dalam, ada Human Machine Interface system baru milik Tata. Ada layar touchscreen 5 inci menawar-kan berbagai fungsi seperti Bluetooth, integrasi smart-phone, navigasi dan integrasi sosial media.Belum ada kabar kapan Zest masuk Indonesia. Namun Tata Motors Indonesia pernah memamerkan Tata Manza di IIMS 2013.

ZEST

T

Tata ZestMesin : 1.200 cc bensin 4 silinder 85 hp1.300 cc diesel 4 silinder 75 hpTorsi max : 140 Nm (1.2) /190 Nm (1.3)Transmisi : 5-speed manual/FWDHarga : Rp 160-190 juta (estimasi Indonesia)

ZEST DAN BOLT, PERSEMBAHAN BARU TATA

Page 21: Auto+ Magazine 03/2014

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 21

ZEST DAN BOLT, PERSEMBAHAN BARU TATA

Tata BoltMesin : 1.200 cc bensin 4 silinder 85 hp 1.300 cc diesel 4 silinder 75 hpTorsi max : 140 Nm (1.2) /190 Nm (1.3)Transmisi : 5-speed manual/FWDHarga : Rp 130-160 juta (estimasi Indonesia)

ata Motors juga melun-curkan pengganti Indica Vista mereka,

Bolt di sebuah acara di New Delhi. Menurut Tata, nama Bolt ber-makna “sikap kemenangan dan tetap di depan“. Mobil itu dirancang dengan masu-kan dari tiga desain studio Tata Motors di Pune (India), Coventry (Inggris) dan Turin (Italia). Meskipun Bolt mirip Vista pada bentuk, Tata memasang grille baru den-gan ‘Humanity Line’ dan

lampu proyektor yang mem-bedakan Bolt dari Vista. Di dalam, Tata memasang sistem infotainment HARMAN yang seluruhnya baru dengan layar sentuh 5 inci yang men-dukung berbagai fungsi.Bluetooth, voice recognition, integrasi smartphone, navi-gasi, integrasi sosial media dimiliki semua oleh Bolt. Ia ditawarkan dengan ben-sin dan mesin diesel. Mesin bensin berkapasitas 1.200 cc turbocharger empat silinder Revotron yang akan meng-

hasilkan 85 hp @ 5.000 rpm dan torsi 140 Nm antara 1,750-3,000 rpm. Mesin die-sel adalah 1.300 cc Quadrajet yang memuntahkan 75 hp dan torsi 190 Nm.Tak diketahui secara pasti kapan Tata Motors Indonesia mengganti Vista dengan Bolt ini. Bolt akan sangat meng-giurkan bagi konsumen Indonesia apalagi meli-hat harga Vista di Tanah Air hanya Rp 129,9 juta. Bolt pal-ing lambat hadir ke Tanah Air pada 2015.

BOLT

T

Page 22: Auto+ Magazine 03/2014

22 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

ata Nano Twist Concept Active meru-pakan petunjuk kuat untuk Tata Nano yang selanjutnya. Ada sebuah grille

tersenyum lebar diatur di bagian depan dengan foglamp baru, aksesori hitam di kap mesin dan lampu depan yang ber-nuansa hitam. Fitur lain yang utama pada mobil ini adalah bagasi yang bisa dibuka terlihat di Nano untuk pertama kalinya.Interior mobil ini diperkaya dengan ber-bagai warna dan desain baru, itu mirip dengan Nano saat ini. Mobil konsep ini dilengkapi dengan power steering (Electric Power Steering Assisted atau EPA) dan LED indikator bahan bakar dan pendingin pen-gukur suhu, tiga fitur yang diluncurkan pada Tata Nano Twist beberapa minggu sebelumnya. Nano masih mempertahank-an rem teromol di keempat roda dan trans-misi manual empat kecepatan.Nano Twist Active adalah memberikan lebih banyak makna untuk posisi yang telah direvisi dari ‘Smart City Car‘.Ada kabar kalau Tata Nano mau masuk Indonesia. Mungkin saja yang dimasukkan adalah Tata Nano baru ini.

TATA NANO SEMAKIN ACTIVE

Tata Nano Twist ActiveMesin : 624 cc 38 dkTorsi maksimum : 51 NmTop Speed : 105 km/jamKonsumsi BBM : 25 km/l (klaim)Transmisi : 4-speed manual/RWDHarga : Rp 50-70 jutaan (estimasi)

T

INDIANAUTOSBLOG

Page 23: Auto+ Magazine 03/2014

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 23

TATA NANO SEMAKIN ACTIVE

hevrolet meluncurkan Adra SUV Concept di Auto Expo 2014. Adra dikembangkan

sepenuhnya oleh desainer India di GM Technical Centre - India di Bangalore.Adra mengadopsi bahasa desain Chevrolet global yang tradisional sambil menanggapi harapan pelang-gan lokal untuk memenuhi generasi berikutnya dari pembeli India, klaim perusahaan. Ia menawarkan semua keuntungan dari sebuah SUV tradis-

ional seperti ground clearance yang tinggi, visibilitas tinggi, posisi duduk yang tinggi dan ruang interior yang lega dalam paket kompak. Konsep ini berdimensi kurang dari 4 meter.GM India President dan Managing Director, Lowell Paddock men-gatakan bahwa Adra merupakan prestasi besar bagi desainer India yang dikonsep dan dirancang dari bawah ke atas dan itu merupakan kemungkinan baru untuk segmen SUV kompak yang tumbuh cepat.

ADRA, KARYA INDIAC

INDIANAUTOSBLOG

Page 24: Auto+ Magazine 03/2014

24 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

onda memamerkan Mobilio MPV di Auto Expo. Diungkap di Indonesia September lalu, Mobilio adalah MPV yang ditunggu-

tunggu di India. Untuk India, Honda akan meluncurkan Mobilio tahun ini (tahun fiskal berikutnya). MPV ini akan tersedia dengan bensin dan mesin diesel. Sedangkan mesin bensin adalah 1.500 cc i- VTEC Honda City yang menghasilkan 118 hp dan torsi 145 Nm,

mesin diesel akan menjadi 1.500 cc i- DTEC yang menghasilkan 100 hp dan torsi 200 Nm.Sementara mesin diesel akan datang dengan transmisi manual saja, tipe bensin bisa ditawar-kan dalam CVT dan manual 5-speed . Varian flagship Mobilio di India akan mendapat dua airbag depan, ABS, pelek alloy, tombol audio pada setir, wiper belakang dan defogger seb-agai standar.

MOBILIO PAMER DI AUTO EXPO

Honda MobilioMesin : 1.497 cc 118 dkTorsi maksimum : 145 Nm0-100 km/jam : N/AKonsumsi BBM : N/ATransmisi : 5-speed manual & CVT/FWDHarga : Rp 159,9-198 juta (Indonesia)

H

IND

IAN

AU

TOSB

LOG

Page 25: Auto+ Magazine 03/2014

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 25

Page 26: Auto+ Magazine 03/2014

26 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

CBU BEKAS YANG TAK LANGKA

Toyota Alphard 2003Harga : Rp 250-300 jutaan

+ Image Alphard, kabin lega, fitur lengkap- Tampilan tak indah, boros BBM

Alphard ini cocok untuk anda yang ingin dipan-dang kaya. Karena kini harga Alphard 2003 cukup 250-300 jutaan rupiah. Namun dengan value terse-but ada yang perlu dikorbankan, yaitu tampilan yang tak cantik dan boros bahan bakar.

ejak keran impor dibuka lagi oleh pemerintah pada 2000, mobil CBU langsung

menyerbu Indonesia. Kapal-kapal pun penuh dengan mobil impor saat itu. Beberapa mobil CBU langsung laris bak pisang goreng. Disini kami merangkum mobil bekas built-up yang laris sehing-ga unitnya banyak ditemukan.

S Toyota Vellfire 2011Harga : Rp 600-700 jutaan

+ Image, kabin lega, fitur leng-kap- Bodi besar

Inilah Alphard paling can-tik, dinamakan Vellfire. Ia

menggendong mesin 2.4 dan 3.5 liter. Selebihnya anda mungkin sudah tahu. Kabin lega, bodi besar dan fitur berte-baran. Namun ia bukan mobil yang asyik diajak bermanuver akibat bodinya yang bongsor.Namun didalam, anda akan mendapat fasilitas VIP.

Page 27: Auto+ Magazine 03/2014

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 27

Toyota Harrier 2011Harga : Rp 500-635 jutaan

+ Jenis SUV, fitur lengkap- Tampilan usang, spion sasaran pencuri

Harrier cukup menarik karena mendapatkan konsep SUV yang dianut tanpa mengurangi kesan mewah dan dimensi yang tak terlalu bongsor. Apalagi Harrier juga dikenal sebagai Lexus RX. Namun masalahnya tampilannya sudah usang apalagi generasi barunya sudah ada.

Toyota ist 2005Harga : Rp 100-150 jutaan

+ Dimensi kecil, desain unik- Tampilan usang, sering ditemukan kurang terawatIst cukup laris akibat bentuk yang saat itu sangat menarik orang. Selain itu karena dimensinya kecil dan juga disebabkan belum adanya Toyota Yaris di Indonesia. Biarpun saat itu bentuknya revolusioner, kini ist malah ter-lihat usang.

Daihatsu YRV 2001Harga : Rp 70-85 jutaan

+ Dimensi kecil, desain unik- Tampilan usang, sering ditemukan kurang terawatPoin plus-minusnya nyaris sama dengan ist. Hanya saja YRV lebih tua lagi, kini ia berumur 13 tahun. Sehingga harganya kini tinggal Rp 70 hingga 85 jutaan. Jika anda beruntung, ada yang menjualnya Rp 50 juta.

Honda Odyssey 2001Harga : Rp 90-130 jutaan

+ MPV, fitur lengkap (untuk CBU Jepang)- Tampilan usangDengan mesin besar, Odyssey CBU layak dilirik. Apalagi kepraktisannya sebagai mobil keluarga menambah nilai plusnya. Kekurangannya hanya pada desainnya yang sudah tua dan “tak terasa Honda”.

Page 28: Auto+ Magazine 03/2014

28 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

COLORSWHAT’S THE MEANING?

enurut ilmu penge-nalan tentang warna, Colour Psychology

atau psikologi warna, warna bisa dipakai sebagai penentu perilaku manusia. Apapun perkembangannya, warna menjadi sesuatu yang pent-ing, termasuk di dunia oto-motif.Warna pun sangat mendu-kung tampilan serta ‘imej’ dari sebuah mobil. Oleh karena itu ada baiknya Anda men-getahui warna-warna yang bisa memiliki kesan berbe-da-beda untuk mobil-mobil yang Anda miliki.

1. MerahMakna Positif : Keberanian fisik, kekuatan, kehangatan, energi, ‘fight or flight’, stimu-lasi, maskulinitas, kegembi-raan Makna Negatif: Defiance, agresif.

Merah yang dianggap seksi dan eye catching, mencer-minkan karakter yang cen-derung agresif, gesit, penuh energi dan dinamis.Tetapi meskipun agresif dan ceria, mereka ternyata tak terlalu pede alias percaya diri.Merah adalah warna yang kuat. Efek warna merah adalah merangsang secara fisik dan meningkatkan denyut nadi, memberi kesan bahwa waktu berlalu lebih cepat dari itu. Mobil-mobil yang mengung-gulkan kecepatan, identik dengan warna merah, seperti misalnya Ferrari.

2. BiruMakna Positif : Kecerdasan, komunikasi, kepercayaan, efisiensi, ketenangan, keseju-kan dan refleksi.Makna Negatif: Dingin, sikap acuh tak acuh, kurang emosi dan tak ramah (kurang

hangat)

Penyuka warna biru men-cirikan karakter seseorang yang cool alias tenang, cer-das, efisien, komunikatif dan pembawa kesejukan. Namun sayang, sikap acuh tak acuh, ‘adem ayem’ dan tak ramah membuatnya terlihat kurang bergairah dan tak berseman-gat.Biru adalah kebalikan dari merah dan merupakan warna pikiran serta menenangkan. Biru yang kuat akan merang-sang pemikiran yang jernih dan ringan, biru lembut akan menenangkan pikiran dan konsentrasi.

3. Abu-AbuMakna Positif: Netral dan sta-bil Makna Negatif: Kurang percaya diri, kelembaban, depresi, dan kurang beren-ergi

M

Page 29: Auto+ Magazine 03/2014

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 29

Gambar hanya ilustrasi.

Page 30: Auto+ Magazine 03/2014

30 • Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org

Penyuka warna mobil abu-abu mencerminkan sifat bijaksana, praktis, dewasa, stabil, tenang dan bisa diandalkan. Selain itu, warna abu-abu juga bisa mengandung arti lamban, kuno, lemah dan membosankan.

4. HitamMakna Positif: Kecanggihan, glamour, keaman-an, keselamatan emosional dan efisiensi.Makna Negatif: Penindasan, dingin dan anca-man

Hitam adalah semua warna, benar-benar diserap. Implikasi psikologis yang cukup besar. Ini menciptakan hambatan pelindung, karena menyerap semua energi yang datang ke arah Anda. Hitam mengkomunikasikan keunggu-lan kecanggihan dan tak kenal kompromi, serta bekerja sangat baik dengan putih.Hitam dan silver merupakan warna legend-aris penggemar mobil. Warna tersebut san-gat popular, baik di aliran elegan maupun di komunitas sport.Di pasar mobil, hitam termasuk yang pal-ing laris. Hitam mencerminkan karakter sosok yang kuat, tak mudah dimanipulasi dan meng-hargai klasik. Namun sayang, pemilik mobil warna hitam, memiliki kepercayaan dirinya paling rendah di antara semua warna.

5. PutihMakna Positif: Kebersihan, kesucian, kejelasan, kemurnian, kebersihan dan kesederhanaan.Makna Negatif: Sterility, dingin, hambatan dan elitisme.

Jika hitam adalah total penyerapan, putih adalah refleksi total. Warna ini mencermink-an kekuatan penuh spektrum ke mata kita. Penyuka warna mobil putih biasanya berkara-kter penyuka kebersihan, terbuka dan mudah berkomunikasi dengan orang lain.

6. SilverMakna Positif: Glamor, high-class dan anggunMakna Negatif: Pengkhayal

Warna perak mencerminkan pemiliknya yang menyukai tampilan futuristik dan elegan. Terdapat hal yang kurang menyenangkan dari penyuka warna perak, yakni penyuka warna ini cenderung cerewet dan suka pilah-pilih.

7. PinkMakna Positif: Ketenangan fisik, kehangatan, feminin, cinta, seksualitas dan simbol kelang-sungan hidup manusiaMakna Negatif: Inhibisi dan kelemahan fisik

Warna merah muda atau pink adalah cewek banget alias feminin dan disukai banyak wani-ta. Karakter penyuka warna ini adalah kelem-butan dan menenangkan, tapi kurang berse-mangat dan membuat energi melemah.

8. HijauMakna Positif: Harmony, keseimbangan, penyegaran, ramah lingkungan, dan keda-maian Makna Negatif: Kebosanan, stagnasi, dan kurang tenaga

Hijau yang tidak terlalu popular, ternya-ta mencerminkan pilihan individu dengan kepercayaan diri paling besar. Untuk hijau tua mencerminkan tradisional, dapat dipercaya dan seimbang. Warna hijau zamrud, mencer-minkan sang empunya punya cara pandang positif atau optimis.

Warna hijau yang mencolok mata sedemikian rupa tidak memerlukan penyesuaian apap-un dan karena sifatnya yang menenangkan. Berada di tengah spektrum, itu adalah warna keseimbangan. Hijau melambangkan alam, kehidupan dan simbol kesuburan.

Page 31: Auto+ Magazine 03/2014

Designfreebies Magazine • www.designfreebies.org • 31

SUBSCRIBE YOUTUBE KAMIhannel YouTube kami berisi beberapa video review mobil walkaround maupun hingga

masuk kabin yang direkam dari bulan Juni 2013 hingga Maret 2014. Sebut saja Kia Carens, Tata Vista, Renault Duster, Honda Mobilio (2), Honda

Brio Satya, Toyota Yaris dan Proton Suprima S. Tiga diantaranya meru-pakan penampilan mobil saat IIMS.Jadi tunggu apa lagi? Subscribe di http://bit.ly/1lk5eQw atau search Andra Febrian Auto Blog di Youtube!

C

Page 32: Auto+ Magazine 03/2014

k o n t a k a n d r a . f e b r i a n @ g m a i l . c o ma t a u s m s 0 8 7 8 7 1 8 9 2 8 8 4

BACK PAGE ADM A U B E R I K L A N D I S I N I ?