Audensi Dirjen PAUDNI

download Audensi Dirjen PAUDNI

of 25

  • date post

    21-Oct-2014
  • Category

    Documents

  • view

    955
  • download

    11

Embed Size (px)

description

 

Transcript of Audensi Dirjen PAUDNI

KEBIJAKAN PENGELOLAAN DANA DEKONSENTRASI PENDIDIKAN NONFORMAL DAN INFORMAL

DI DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, NONFORMAL DAN INFORMAL (PAUD NI)KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL

1

2

Misi Kementerian Diknas 2010-2014 (MISI 5K):M1. Meningkatkan Ketersediaan Layanan Pendidikan M2. Meningkatkan Keterjangkauan Layanan PendidikanM3. Meningkatkan Kualitas/Mutu dan Relevansi Layanan PendidikanM4. Meningkatkan Kesetaraan dalam Memperoleh Layanan Pendidikan M5. Meningkatkan Kepastian/Keterjaminan Memperoleh Layanan Pendidikan

Visi Kementerian Diknas 2010-2014:

Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan Nasionaluntuk Membentuk Insan Indonesia Cerdas Komprehensif

2

VISI 2005-2025

INSAN INDONESIA CERDAS & KOMPETITIF

PERIODE

2005-2009

2010-2014

2015-2019

2020-2024

TEMA

Peningkatan Kapasitas & Modernisasi

PenguatanPelayanan

Daya Saing Regional

DayaSaingInternasional

TAHAPAN PEMBANGUNAN PENDIDIKAN NASIONAL

2

3

3

PRIORITAS PROGRAM PENDIDIKAN NASIONAL 2010-2014

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)WAJIB BELAJAR 9 TAHUNPENDIDIKAN VOKASIPENINGKATAN KOMPETENSI GURUPENINGKATAN KUALIFIKASI DOSEN

DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, NONFORMAL, DAN INFORMAL

SEKRETARIATDIREKTORAT JENDERAL

DIREKTORAT PEMBINAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

DIREKTORATPEMBINAAN KURSUS DANPELATIHAN

DIREKTORAT PEMBINAAN PENDIDIKAN MASYARAKAT

BAGIAN PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN

BAGIAN HUKUM DAN KEPEGAWAIAN

BAGIAN KEUANGAN

BAGIAN UMUM

SUBBAGIANTATA USAHA

SUBBAGIANTATA USAHA

SUBBAGIANTATA USAHA

STRUKTUR ORGANISASI DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, NONFORMAL, DAN INFORMAL

DIREKTORAT PEMBINAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PAUDNI

SUBBAGIANTATA USAHA

SUBDIREKTORAT PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

SUBDIREKTORAT PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KURSUS DAN PELATIHAN

SUBDIREKTORAT PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PENDIDIKAN MASYARAKAT

SUBDIREKTORATPEMBELAJARAN DAN PESERTA DIDIK

SUBDIREKTORAT PROGRAM DAN EVALUASI

SUBDIREKTORATSARANA DAN PRASARANA

SUBDIREKTORATKELEMBAGAAN DAN KEMITRAAN

SUBDIREKTORATPEMBELAJARAN DAN PESERTA DIDIK

SUBDIREKTORAT PROGRAM DAN EVALUASI

SUBDIREKTORATSARANA DAN PRASARANA

SUBDIREKTORATKELEMBAGAAN DAN KEMITRAAN

SUBDIREKTORATPEMBELAJARAN DAN PESERTA DIDIK

SUBDIREKTORAT PROGRAM DAN EVALUASI

SUBDIREKTORATSARANA DAN PRASARANA

SUBDIREKTORATKELEMBAGAAN DAN KEMITRAAN

SUBDIREKTORAT PROGRAM DAN EVALUASI

4

5

VISI DITJEN PAUDNI

Terselenggaranya layanan pendidikan untuk mewujudkan insan Indonesia yang cerdas, terampil, mandiri, dan profesional.

6

MISI DITJEN PAUDNI

Memfasilitasi layanan pendidikan secara adil, bermutu, dan relevan, melalui penyelenggaraan layanan pendidikan anak usia dini, pendidikan masyarakat, pendidikan kecakapan hidup, kursus dan pelatihan, penyediaan layanan pendidik dan tenaga kependidikan PAUDNI, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan dan potensi peserta didik.

Meningkatkan ketersediaan dan keterjangkauan layanan PAUD yang bermutu melalui penyelenggaraan layanan PAUD yang mampu mendorong kecerdasan anak dalam arti luas dan memberikan kesiapan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Meningkatkan ketersediaan dan keterjangkauan layanan pendidikan keaksaraan berbasis pemberdayaan masyarakat (Literacy Initiative for Empowerment/LIfE) yang mampu meningkatkan keberaksaraan penduduk buta aksara dewasa secara meluas, adil dan merata untuk mendorong perbaikan kesejahteraan dan produktivitas penduduk, serta mendukung perbaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Meningkatkan ketersediaan dan keterjangkauan layanan kursus dan pelatihan yang berbasis pendidikan kecakapan hidup, yang adil, merata, bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dan dunia usaha/industri, khususnya bagi penduduk putus sekolah, sehingga dapat bekerja dan/atau berwirausaha secara produktif, mandiri dan profesional.

Meningkatkan ketersediaan pendidik dan tenaga kependidikan PAUDNI yang bermutu, profesional dan merata, melalui peningkatan kualifikasi, kompetensi, serta pemberian penghargaan dan perlindungan yang adil dan berkelanjutan.

7

KEBIJAKAN PAUDNI TAHUN 2011

8

Mengembangkan budaya baca masyarakat melalui peningkatan layanan Taman Bacaan Masyarakat dan penyediaan bahan-bahan bacaan yang berguna baik bagi aksarawan baru maupun anggota masyarakat lainnya agar memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang relevan bagi produktivitas mereka.

Meningkatkan pelayanan pendidikan pemberdayaan perempuan untuk mengangkat harkat dan martabat perempuan, meningkatkan partisipasi perempuan dalam seluruh sektor pembangunan dan menghapuskan berbagai bentuk diskriminasi serta kekerasan terhadap perempuan, serta mendukung upaya pencegahan perdagangan orang (trafficking).

Menumbuhkembangkan pendidikan yang berkeadilan gender melalui peningkatan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam akses, partisipasi, kontrol, dan memperoleh manfaat yang setara dalam bidang pendidikan.

Meningkatkan pelayanan pendidikan kepramukaan dalam rangka membangun karakter bangsa melalui pembinaan gugus depan, peningkatan mutu pembina dan pelatih pramuka serta jambore pramuka.

Meningkatkan kapasitas kelembagaan PNFI baik di tingkat pusat maupun daerah melalui perbaikan sistem manajemen informasi, peningkatan sarana dan prasarana yang memadai, peningkatan ketenagaan yang profesional, dan perbaikan manajemen agar lembaga PNFI mampu memberikan layanan pendidikan prima; tersedia secara merata, terjangkau seluruh lapisan masyarakat, bermutu dan relevan, setara bagi semua warga negara dan terjamin kepastiannya.

8

KEBIJAKAN PAUDNI TAHUN 2011

9

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

PENDIDIKAN KEAKSARAAN

PENGEMBANGAN BUDAYA BACA MASYARAKAT

PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP, KURSUS DAN PELATIHAN

PENDIDIKAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PENGARUSUTAMAAN GENDER (PUG)

1.1

1.2

1.3

1.4

1.5

1.6

PROGRAMPENDIDIKAN ANAK USIA DINI, NONFORMAL DAN INFORMAL

PENGEMBANGAN TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN PAUDNI

PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN

1.7

PENDIDIKAN KEORANGTUAAN(PARENTING EDUCATION)

1.8

9

10

10

10

PROGRAM PAUDNI

A. PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Mengembangkan model penyelenggaraan PAUD Holistik-IntegratifMemperluas layanan PAUD yang bermutu, merata dan berkeadilan, khususnya di daerah dengan indeks kemiskinan tinggi.Mengembangkan Model Percontohan dan Pusat-pusat rujukan yang mengacu standar PAUD Nasional dan/atau InternasionalMelaksanakan pengendalian dan penjaminan mutu dalam rangka standarisasi dan akreditasi PAUD

B. PROGRAM PENDIDIKAN KEAKSARAAN

Menerapkan pembelajaran pendidikan keaksaraan berbasis pemberdayaan masyarakat searah dengan program Unesco, Literacy Initiative for Empowerment (LIFE) atau Aksara Agar Berdaya (AKRAB)Mengembangkan ragam layanan pendidikan keaksaaran yang mencakup: Keaksaraan Dasar, Keaksaraan Usaha Mandiri, Keaksaraan Keluarga, Keaksaraan Komunitas Khusus, dll.

11

11

11

PROGRAM PAUDNI

C. PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP

Mewujudkan kursus yang berorientasi wirausaha pedesaan, perkotaan, dan internasional.Mewujudkan kursus para-profesi (KPP) yang diintegrasikan dengan pengembangan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).Mewujudkan Pusat-Pusat Unggulan Kursus dan Pelatihan yang bermutu, relevan dan berdaya saing.Mewujudkan kursus yang berorientasi wirausaha pedesaan, perkotaan, dan internasional.Mewujudkan kursus para-profesi (KPP) yang diintegrasikan dengan pengembangan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).Mewujudkan Pusat-Pusat Unggulan Kursus dan Pelatihan yang bermutu, relevan dan berdaya saing.

D. PROGRAM PENGEMBANGAN BUDAYA BACA MASYARAKAT

Menyediakan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dalam rangka menunjang Desa Tuntas Buta Aksara, prioritas di provinsi padat buta aksara.Meningkatkan kuantitas dan kualitas Taman Bacaan Masyarakat (TBM)Meningkatkan keberaksaraan dan minat baca penduduk orang dewasa.Mengembangkan TBM di pusat-pusat perbelanjaan.

12

12

12

Meningkatkan ketersediaan dan pendistribusian PTK-PAUDNI sesuai dengan jenis dan jenjang kualifikasi dan kompetensi untuk mendukung layanan PAUDNIMeningkatkan qualifikasi dan kompetensi PTK-PAUDNI melalui pendidikan dan pelatihan yang relevan dengan tugas dan fungsi PTK-PAUDNI.Memberikan penghargaan dan perlindungan (harlindung) secara adil dan proporsional melalui pemberian insentif, jambore dan advokasi bantuan hukum bagi PTK-PAUDNI. Meningkatkan kemitraan dengan berbagai stakeholder, seperti Perguruan Tinggi, Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK), dalam rangka mendukung kebijakan peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan PAUDNI, serta mengoptimalkan partisipasi asosiasi profesi/organisasi mitra independen yang dibentuk masyarakat, dalam rangka pembangunan dan pengembangan PAUDNI.Meningkatkan pelayanan pendidikan kepramukaan dalam rangka membangun karakter bangsa melalui pembinaan gugus depan, peningkatan mutu/kompetensi pembina dan pelatih pramuka serta jambore pramuka.

E. PROGRAM PENGEMBANGAN TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN PAUDNI

PROGRAM PAUDNI

12

12

12

13

13

13

Memper