ATM Drive Thru project

download ATM Drive Thru project

of 23

  • date post

    05-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    247
  • download

    47

Embed Size (px)

description

project ATM drive thru pondok inda

Transcript of ATM Drive Thru project

  • Fasilitator :

    - Ir. Maulina Dian. P. MT - Ir. G.Harso A Harbani - Dr. Ir. Laksmi G Siregar. MS

    Nama : Muhammad Jihad Gasti Nim : 14120006

    PROGRAM STUDI ARSITEKTUR FAKULTAS

    TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI NASIONAL

    JAKARTA

    Perencanaan dan Perancangan

  • Muhammad Jihad Gasti ( 14120006 ) Program Studi Arsitektur - ISTN

    1

    DAFTAR ISI

    BAB I PENDAHULUAN Latar belakang..................................................................2 Tujuan...............................................................................2 Sasaran............................................................................2 Identifikasi masalah..........................................................2 Rumusan masalah............................................................3 Pendekatan masalah........................................................3 BAB II TINJAUAN Pengertian umum.............................................................4 Jenis jenis ATM.............................................................4 Keamanan........................................................................7 Lokasi...............................................................................7 BAB III DATA Data tapak........................................................................9 Data bangunan................................................................10 BAB IV ANALISA Fungsi ruang...................................................................13 Tapak..............................................................................15 Analisa bangunan...........................................................16 Arahan desain.................................................................18 DAFTAR PUSTAKA

  • Muhammad Jihad Gasti ( 14120006 ) Program Studi Arsitektur - ISTN

    2

    BAB I PENDAHULUAN

    Latar belakang Setiap tahun pertumbuhan teknologi semakin maju, di zaman modern ini segala aktivitas harus dilakukakan dengan serba cepat dan benar sehingga timbulah ATM DRIVE THRU yang dapat memberikan kenyamanan dan pelayanan yang baru bagi para nasabah. ATM ini terletak di jalan raya metro pondok indah, kecamatan kemayoran lama, Jakarta Selatan. dengan posisi strategis dekat dengan pusat perbelanjaan, pelayanan kesehatan, dan pendidikan. Tujuan

    - Mempermudah para nasabah Bank dalam melakukan transaksi

    - Meningkatkan pelayanan bagi nasabah

    Sasaran - Nasabah bank yang menggunakan kedaraan

    Identifikasi Masalah

    1. Tapak : - Lokasi ATM harus strategis - Proses masuk dan keluarnya kendaraan supaya

    tidak terlalu sulit dalam melakukan manuver. - Terdapatnya taman untuk memberikan kesan

    nyaman kepada nasabah bank

    2. Bangunan - Karena untuk digunakan dalam jangka waktu

    yang panjang maka pemilihan bahan bangunan harus kuat dan tahan lama

    - Bentuk dan desain harus memiliki ciri tersendiri.

  • Muhammad Jihad Gasti ( 14120006 ) Program Studi Arsitektur - ISTN

    3

    3. Ruang - Diperlukan tempat bagi petugas untuk memantau

    kegiatan di sekitar bank 4. Keamanan

    - ATM dapat digunakan kapanpun sehingga diperlukan waktu 24 jam dalam pengawasan serta memiliki CCTV

    Rumusan Masalah - Bagaimana cara membuat proses sirkulasi keluar

    masuk kendaraan baik? - Dimana letak daerah hijau untuk memberikan

    kesan baik pada nasabah? - Dimana penempatan pos jaga untuk memberikan

    keamanan pada nasabah?

    Pendekatan Masalah - Melakukan survei untuk mencari lokasi

    yang strategis. - Menentukan bentuk denah yang nyaman

    bagi para nasabah.

  • Muhammad Jihad Gasti ( 14120006 ) Program Studi Arsitektur - ISTN

    4

    BAB II TINJAUAN

    Pengertian Umum ATM Drive Thru Drive Thru Mesin ATM yang dapat melakukan seluruh transaksi seperti halnya ATM biasa meliputi penarikan tunai, inquiry saldo, transfer, ganti PIN, pembelian dan pembayaran tagihan. ATM Drive Thru memiliki keunikkan dalam lokasi dan bentuk karena didesain khusus untuk dapat melayani nasabah tanpa harus turun dari mobil.

    Jenis Jenis ATM

    Constant Bit Rate (CBR) adalah kategori layanan dalam ATM yang didisain untuk mendukung aplikasi yang membutuhkan kecepatan transmisi yang bisa dijamin konsistensinya sepanjang hubungan berlangsung (highly predictable transmission rate). CBR menjaga hubungan sinkronisasi antar pengguna akhir selama hubungan berlangsung. CBR pada dasarnya ditargetkan untuk mendukung aplikasi layanan suara (telephony) yang toleransi terhadap delay jaringannya sangat ketat.

    Variable Bit Rate (VBR) adalah kategori layanan dalam ATM yang ditujukan bagi aplikasi yang kurang sensitif terhadap variasi kecepatan. Kategori layanan ini memberikan jaminan terhadap suatu kecepatan standar yang disebut sustainable cell rate-SCR, tetapi pengguna masih dimungkinkan untuk melebihi kecepatan tersebut sampai dengan suatu kecepatan maksimum yang disebut Peak Cell Rate-PCR, selama trafik di jaringan belum maksimal. Berdasarkan ketergantungannya terhadap aspek waktu (atau delay jaringan) VBR dikelompokkan lebih jauh ke dalam dua jenis layanan sebagai berikut: Real Time (rt-VBR) dan Non Real Time (nrt-VBR)

  • Muhammad Jihad Gasti ( 14120006 ) Program Studi Arsitektur - ISTN

    5

    Real Time Variable Bit Rate ( Rt-VBR) adalah jenis layanan ATM yang ditujukan untuk aplikasi yang mempunyai ketergantungan relatif tinggi terhadap delay tetapi agak longgar terhadap variasi kecepatan. Pengguna jaringan sama-sama menunggu suatu respon, dan memelihara timing relationships selama hubungan berlangsung. Contoh aplikasi yang mungkin menggunakan layanan ini misalnya, Video conferencing, dan telepon (voice) yang menggunakan teknik kompresi dan silence suppression (teknik yang memanfaatkan waktu jeda bicara untuk diisi pengguna lain dengan metoda statistical bandwidth sharing).

    Non Time Variable Bit Rate (Nrt-VBR) adalah jenis layanan ATAM yang ditujukan untuk i aplikasi aplikasi yang mempunyai toleransi yang lebih longgar terhadap delay jaringan sehingga tidak membutuhkan timing relationships yang terlalu ketat antar sisi penggunanya (interaksi antar user tidak terlalu tinggi). Aplikasi non real time seperti store and forward video, atau aplikasi data yang membutuhkan performansi tinggi atau cell loss rendah (misalnya aplikasi transaksi) merupakan kandidat potensial untuk kategori layanan nrt-VBR.

    Available Bit Rate (ABR) adalah kategori layanan yang didisain untuk aplikasi data yang membutuhkan probabilitas cell loss rendah, tetapi memberikan toleransi terhadap variasi kecepatan transmisi dan delay jaringan. Dengan ABR, keberadaan sumber daya jaringan (network resource) dijamin dalam batas minimum. Tetapi saat jaringan idle, pengguna dimungkinkan untuk mengirimkan informasinya secara maksimum (bursting) sampai pesan pemberitahuan congestion (sibuk) dari jaringan diterima. Aplikasi yang potensial untuk kategori layanan UBR misalnya Web browser.

  • Muhammad Jihad Gasti ( 14120006 ) Program Studi Arsitektur - ISTN

    6

    Unspecified Bit Rate (UBR) adalah jenis layanan ATM yang mempunyai kemungkinan loss yang paling besar. Kategori layanan ini dapat dimisalkan seperti kita naik pesawat sebagai penumpang cadangan, kemudian setelah sampai di atas ketahuan bahwa bebannya lebih (overweight), dalam kasus seperti ini maka kita merupakan penumpang pertama yang akan diterjunkan melalui parasut (dalam hal ini buffer), tetapi bila ternyata persedian parasut-pun habis berarti kitalah penumpang pertama yang akan ditendang ke angkasa! (dengan kata lain cell UBR adalah cell yang mempunyai kemungkinan paling besar untuk hilang highest cell loss probability). Aplikasi yang cocok untuk kategori layanan ini misalnya e-mail.

  • Muhammad Jihad Gasti ( 14120006 ) Program Studi Arsitektur - ISTN

    7

    Keamanan

    - Pengawasan 24 jam - CCTV untuk memantau segala aktivitas

    Lokasi

    Dalam menetukan lokasi ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

    Dekat dengan pasar

    Keputusan pembukaan kantor cabang atau kas di wilayah yang dekat dengan pasar dapat dilakukan apabila terget pasar yang ingin di raih adalah para pedagang pasar tersebut. Misalnya agar dapat mempermudah proses transaksi bisnis mereka. Ukuran pasar yang dijadikan pilihanpun biasanya adalah yang berukuran besar, baik dalam hitungan jumlah transaksi maupun jumlah pengunjung. Misalnya pemilihan pembukaan kantor kas di pasar pagi arengka, hal ini dilakukan agar para pedagang dapat semakin mudah dalam proses transaksi bisnisnya sehingga tidak perlu terlalu khawatir dengan uang tunai.

    Dekat dengan perumahan atau masyarakat

    Apabila suatu perbankan memilih untuk dekat dengan perumahan adalah pada perbankan yang fokus kepada sektor ritel. Hal ini sebagai upaya mendekatkan diri bank kepada masyarakat. Sehingga tidak perlu kesulitan untuk mencari kantor cabang bank yang jauh apabila ingin bertransaksi.

  • Muhammad Jihad Gasti ( 14120006 ) Program Studi Arsitektur - ISTN

    8

    Dekat dengan kawasan industri dan pabrik Hal ini bisa menjadi pertimbangan, apabila segmen yang

    akan dijadikan terget pasar bagi bank adalah pabrik atau karyawan pabrik. Misalnya bank akan menawarkan fasilitas pembiayaan ekspor bagi pabrik yang beroperasi di kawasan industri, maka dengan dekat kepada kawasan industri atau pabrik dapat menjadi pertimbangan dalam membuka kantor di kawasan tersebut.

    Dekat dengan perkantoran

    Pilihan ini dapat diambil jika target pasar yang akan diraih oleh bank adalah kantor serta karyawan kantor tersebut, sehingga dengan membuka kantor yang dekat dengan lokasi perkantoran atau bahkan di gedung perkantoran tersebut menjadi sala