Asuhan Kebidanan Antenatal

download Asuhan Kebidanan Antenatal

of 30

  • date post

    24-Jun-2015
  • Category

    Documents

  • view

    169
  • download

    4

Embed Size (px)

Transcript of Asuhan Kebidanan Antenatal

ASUHAN KEBIDANAN ANTENATAL PADA NY S GIIIP2002 ABOOO UK 39-40 MINGGU TUNGGAL, HIDUP, INTRAUTERIN DENGAN KEHAMILAN RESIKO TINGGI DI PUSKESMAS KEDUNG KANDANG

Esti Dewi Megawisudawati 0914315401074

I. Pengkajian DataTanggal Pengkajian : 20 juli 2010 Pukul : 10.00 WIB Tempat : puskesmas Kedung kandang

1. BiodataNama Ibu Umur Agama Pendidikan Pekerjaan Penghasilan Alamat K. kandang 3/ : Ny. S : 27 thn : Islam : SD : IRT :: VI Nama Suami : Tn. P Umur : 30 Thn Agama : Islam Pendidikan : SMP Pekerjaan : Swasta Penghasilan : Rp.800.000 /bln Alamat : K. kandang RT 3/ VI

Alasan DatangIbu mengatakan ingin memeriksakan kandungannya

Keluhan UtamaIbu mengatakan sering sakit pinggang

Riwayat KesehatanRiwayat Kesehatan Yang Lalu Ibu mengatakan tidak pernah menderita penyakit menular seperti TBC, kuning ataupun PMS. Ibu juga tidak pernah menderita penyakit kronis seperti jantung, kencing manis, ginjal maupun asma.

Riwayat KesehatanRiwayat Kesehatan Sekarang Ibu mengatakan tidak sedang menderita penyakit menular seperti TBC, kuning dan PMS, selain itu juga tidak sedang menderita penyakit kronis seperti jantung, kencing manis, gagal ginjal maupun asma.

Riwayat KesehatanRiwayat Kesehatan Keluarga Ibu mengatakan bahwa didalam keluarga tidak ada yang menderita penyakit kronis seperti jantung, kencing manis, gagal jantung maupun asma. Di dalam keluarga juga tidak ada yang menderita penyakit menular seperti TBC, kuning dan PMS. Selain itu tidak ada penyakit menurun maupun kehamilan kembar

Riwayat MenstruasiMenarche : HPHT : Lama : Siklus : Keteraturan : Disminorhea : Fluor Albus : 14 Tahun 20 Oktober 2009 7 hari 28 hari teratur tidak pernah tidak

Riwayat PerkawinanMenikah 1 kali, lamanya 5 tahun Usia pertama menikah 22 tahun

Riwayat Kehamilan SekarangIbu mengatakan saat ini telah hamil anak ke-3 dan saat ini usia kehamilannya 9 bulan. Pada kehamilan ini, saat usia kehamilan 1-3 bulan ibu merasa pusing dam mual. Ibu beberapa kali memeriksakan kehamilannya di Puskesmas. Dan mendapat suntikan TT 1 kali, capsul iodium, tablet tambah darah dan kalk. Ibu juga mengatakan tidak pernah keguguran, hamil anggur maupun hamil di luar kandungan.

Riwayat Kehamilan, Persalinan Nifas yang laluAnak Pertama Ibu mengatakan saat hamil anak pertama, pada awal kehamilan ibu sering merasa pusing dan mual. Ibu selalu memeriksakan kandungannya di bidan dan mendapat suntikan TT 1 kali, capsul iodium, tablet tambah darah dan kalk. Saat persalinan juga ditolong oleh bidan dengan normal. Bayi perempuan, sehat dengan berat badan 3200 gram. Saat ini anak tersebut berusia 4 tahun. Ibu meneteki sampai usia 12 bulan dan nifas tidak terjadi masalah.

Riwayat Kehamilan, Persalinan Nifas yang LaluAnak Kedua Ibu mengatakan, saat hamil anak kedua ibu tidak memiliki keluhan. Ibu memeriksakan kandungannya di bidan dan mendapat suntikan TT 1 kali, capsul iodium, tablet tambah darah dan kalk. Anak kedua lahir dengan normal, perempuan dengan berat badan 3300 gram dan ditolong bidan. Ibu meneteki sampai usia 8 bulan dan nifas tidak ada keluhan .saat ini anak berusia 18 bulan.

Riwayat KBIbu mengatakan setelah hamil dan melahirkan anak pertama, pernah menggunakan KB suntik selama 1,5 tahun dan tidak ada keluhan. Setelah melahirkan anak kedua ibu tidak menggunakan KB apapun. Setelah anak ketiga lahir, ibu berencana menggunakan KB pil.

Pola Kebiasaan Sehari hariPola makan Ibu mengatakan sebelum hamil dan saat hamil ini ibu makan 3 kali sehari dengan menu yang sama dari pagi, siang dan malam, yaitu nasi 1 piring, sayur 2 erus, tempe 1 potong, telur / pindang / tongkol 1 potong . terkadang ada buah pisang dan susu 1 gelas. Ibu mengatakan dalam sehari minum 7 8 gelas. Pola eliminasi Ibu mengatakan sebelum hamil, BAK 4 5 kali sehari dan saat hamil ini BAK meningkat menjadi 7 8 kali sehari. Sedangkan BAB tetap 1 kali sehari, lancar dan tidak ada keluhan apapun.

Pola Kebiasaan Sehari hariPola aktivitas Ibu mengatakan setiap hari selalu mengerjakan pekerjaan rumah seperti memasak, menyapu, mencuci dan mengepel sendiri. Pola istirahat Ibu mengatakan sebelum dan saat hamil, ibu tidur kurang lebih 8jam/ hari, yaitu tidur siang 2 jam dan tidur malam 8 jam.

Pola Kebiasaan Sehari hariPola kebersihan Ibu mengatakan sebelum dan saat hamil, ibu mandi, gosok gigi, ganti pakaian dan celana dalam sebanyak 2 kali sehari atau saat lembab. Pola seksual Ibu mengatakan sebelum hamil melakukan hubungan seksual 2 kali seminggu dan saat hamil ini ibu mengatakan masih melakukan hubungan seksual dan tidak ada gangguan, dalam seminggu 1 kali.

Riwayat Psikososial, Budaya dan SpritualIbu mengatakan hubungan dalam keluarga baik, saat periksa ibu diantar oleh suami. Selain itu, dalam keluarga juga tidak terlalu memegang budaya seperti acara selamatan juga jarang dilakukan. Ibu juga mengatakan menganut agama islam dan terkadang mengikuti acara tahlil RT.

Data Objektif Pemeriksaan UmumKeadaan umum : baik Kesadaran : composmentis Tekanan darah : 110/50 mmHg Suhu : 36,5rC Denyut nadi : 82x/menit Pernapasan : 21x/menit

Tinggi badan : 150 cm BB sekarang : 53 kg BB sblm hamil :45 kg LILA : 23,5 cm HPHT : 20-10-2009 TP : 27-7-2010

Pemeriksaan Fisik Inspeksi: rambut hitam, bersih, tidak rontok, dan penyebaran merata. : tidak pucat, tidak oedem, tidak tampak cloasma gravidarum. : simetris, konjungtiva merah muda, sklera putih. : lubang hidung simetris, bersih, tidak tampak sekret, tidak ada pembesaran polip. Telinga : simetris, bersih, tidak tampak adanya serumen. Mulut : bibir tidak pucat, lembap, tidak tampak adanya caries maupun stomatitis. Leher : tidak tampak adanya pembesaran kelenjar tiroid dan vena jugularis Payudara : tampak simetris, bersih, lembek dan punting susu menonjol. Perut : tidak tampak adanya strioe gravidarum, terdapat hiperpigmentasi pada linea nigra, tidak tampak adanya luka bekas operasi. Genetalia : bersih, tidak tampak adanya sekret, keputihan, varises dan tidak berbau Ekstremitas : Atas : tidak tampak adanya oedem Bawah : tidak tampak adanya oedem maupun varieses Kepala Muka Mata Hidung

Pemeriksaan Fisik PalpasiLeher : tidak teraba pembesaran kelenjar tiroid dan vena jugularis Payudara : tidak teraba benjolan abnormal, kolostrum sudah keluar Perut : Leopold I : TFU 3 jari di bawah processus xyphoideus (30 cm) teraba bulat dan lunak ( bokong ) Lepold II : disebelah kanan teraba bagian memanjang dan keras (punggung) dan sebelah kiri teraba bagianbagian kecil bayi Lepold III : teraba bagian bulat dan keras ( kepala ) dan kepala sudah masuk PAP Lepold IV : kepala sudah masuk PAP 4/5 TBJ : (TFU-11) x 155 = (30-11) x 155 = 2945 gram

Pemeriksaan Fisik AuskultasiDada : tidak terdengar adanya wheezing dan ronchi Denyut nadi ibu : 82x/menit DJJ : bunyi terdengar keras dan jelas ( 142x/menit )

PerkusiReflek Patela : +/+

Identifikasi Diagnosa / MasalahDx : GIIIP2002 Ab000 Uk 3940 minggu, tunggal, hidup, intrauterin dengan kehamilan resiko tinggi Ds: Ibu mengatakan ini merupakan kehamilan yang ketiga, anak pertama saat ini berusia 4 tahun dan anak kedua berusia 18 bulan. Ibu mengatakan tidak pernah keguguran, hamil anggur maupun hamil diluar kandungan. Menstruasi terakhir 20 Oktober 2009. Ibu mengatakan ada gerakan dari janin dan tidak berlebihan.

Identifikasi Diagnosa / MasalahDo : TTV : TD : 110/50 mmHg Nadi : 82x/menit RR : 21x/menit Suhu : 36,5rC HPHT : 20 Oktober 2009 TP : 27 Juli 2010 TBJ : 2945 gram Palpasi : TFU 3 jari di bawah Px (30 cm), punggung kanan, letak kepala, sudah masuk PAP 4/5 bagian DJJ : terdengar jelas (142x/menit)

Identifikasi Diagnosa PotensialPersalinan Lama Perdarahan

Identifikasi Tindakan Kebutuhan Segera

IntervensiDx : GIIIP2002 Ab000 uk 3940 minggu, tunggal, hidup, intrauterin dengan kehamilan resiko tinggi Tujuan : setelah dilakukan asuhan kebidanan diharapkan tercipta persalinan yang aman, nyaman, bayi dan ibu sehat. KH : 1. Palpasi : TFU sesuai dengan usia kehamilan 2. TTV dalam batas normal : Tekanan darah : 110/70 130/80 mmHg Nadi : 60 100x/ menit Pernapasan : 18 24x/ menit Suhu : 36, 5 37, 5 0 C DJJ terdengar jelas sebanyak 120 160 x/ menit

IntervensiJelaskan hasil pemeriksaan bahwa keadaan ibu dan bayi yang dikandung dalam keadaan baik. R : Informasi yang tepat akan membuat ibu tenang dan kooperatif sehingga petugas akan lebih mudah melakukan tindakan. Anjurkan ibu untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang sesuai dengan kebutuhan ibu hamil. R : Makanan berfungsi sebagai zat pembangun, pengatur, dan tenaga yang di butuhkan ibu dan bayi sehinga ibu dalam keadaan yang baik dan bayi tumbuh dengan normal. Anjurkan ibu untuk istirahat cukup R : Saat istirahat terjadi vasodilatasi sehingga kebutuhan oksigen dan nutrisi yang terdapat dalam darah berjalan lancar sehingga tercipta power yang optimal, ibu menjadi bugar dan kebutuhan janin terpenuhi. Anjurkan ibu untuk tidur dengan posisi yang nyaman R : Tidur dengan posisi yang nyaman akan mempermudah ibu untuk tidur dengan nyenyak sehingga kebutuhan istirahat ibu tercukupi.

IntervensiAnjurkan ibu untuk senam hamil R : Gerakangerakan pada senam akan mengakibatkan vasodilatasi dan otototot menjadi lentur yang akan berfungsi untuk mengurangi resiko terjadinya persalinan lama. 6. Jelaskan tentang gawatdaruratan yang mungkin terjadi pada saat persalinan maupun tanda tanda menjelang persalinan R : Ibu dapat segera mengetahui apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan, siap untuk menghadapinya dan dapat mengambil keputusan yang tepat sehingga ibu dan bayi segera ditangani 7. Anjurkan ibu untuk segera menuju tempat kesehatan apabila muncul tanda bahaya pada kehamilan atau tanda persalinan R : Ibu dapat segera ditangani sehingga mengurangi resiko terjadinya hal hal yang tidak diinginkan 8. Jelaskan masalah penggunaan KB R : Ibu dapat mengeti akan macam macam KB beserta