Askep lansia hipertensi

download Askep lansia hipertensi

of 12

  • date post

    16-Jul-2015
  • Category

    Education

  • view

    120
  • download

    3

Embed Size (px)

Transcript of Askep lansia hipertensi

Create an Office Mix

ASUHAN KEPERAWATANLANSIA DENGAN HIPERTENSIPOLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SEMARANG 2014

CREATED BY KELOMPOK 1

Lansia (lanjut usia) adalah seseorang yang karena usianya mengalami perubahanbiologis, fisis, kejiwaan dan sosial (UU No23 Tahun 1992 tentang kesehata).

LANSIAUsia pertengahan (middle age) ialah kelompok usia 45 sampai 59 tahun.Lanjut usia (elderly) antara 60 -74 tahun.Lanjut usia tua (old) antara 75 -90 tahun. Usia sangat tua (very old) di atas 90 tahun. Batasan lansiaMenurut organisasi kesehatan dunia (WHO), lanjut usia meliputi:

CIRI-CIRI LANSIA

RAMBUT MULAI BERUBAN dan rontokKULIT MULAI BERKERIPUTPENGLIHATAN MEMBURUKPENURUNAN PENDENGARAN GIGI MULAI HABISdan kelainan berbagai fungsi organ vital lainnyaPERUBAHAN MENTAL DAN SPIRITUALFaktor yang Mempengaruhi Proses Menua

Hereditas atau ketuaan genetikNutrisi atau makananStatus kesehatanPengalaman hidupLingkungan

5Konsep hipertensiHipertensi atau darah tinggi adalah penyakit kelainan jantung dan pembuluh darah yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah.

tekanan darah normal adalah 140/90 mmHg, dan tekanan darah sama atau diatas 160/95 mmHg dinyatakan sebagai hipertensi. Batasan ini tidak membedakan antara usia dan jenis kelamin (Marliani, 2007). WHO memberikan batasan :Kebiasaan hidup yang sering menyebabkan timbulnya hipertensi adalah :

Konsumsi garam yang tinggi (melebihi dari 30 gr)Kegemukan atau makan berlebihan Stress Merokok Minum alcohol Minum obat-obatan ( ephedrine, prednison, epineprin)

Tidak ada gejala Tidak ada gejala yang spesifik yang dapat dihubungkan dengan peningkatan tekanan darah. Biasanya baru diketahui setelah melalui pemeriksaan medis.

Gejala yang lazim Biasanya Mengeluh sakit kepala, pusing Lemas, kelelahan, Sesak nafas, Gelisah, Mual Muntah, dan Kesadaran menurun. Tanda dan Gejala

Konsep penatalaksanaanTerapi tanpa obatDiet Diet yang dianjurkan untuk penderita hipertensi adalah :Restriksi garam secara moderat dari 10 gr/hr menjadi 5 gr/hrDiet rendah kolesterol dan rendah asam lemak jenuh Penurunan berat badan

b. Latihan Fisik

c. Edukasi Psikologis Tehnik relaksasi Pendidikan Kesehatan ( Penyuluhan ) 2. Terapi dengan Obatsesui anjuran dokter.

PROSES KEPERAWATANPengkajian umumAktivitas (istirahat)Riwayat KesehatanEliminasiMakanan/ cairanNyeri (pusing)Riwayat merokokDll..

10Diagnosa dan intervensiAsuhan keperawatan lansia dengan hipertensi

Matur suwun....12