Askep Hipertensi

download Askep Hipertensi

of 29

  • date post

    18-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    216
  • download

    2

Embed Size (px)

Transcript of Askep Hipertensi

BAB I PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG Hipertensi merupakan resiko morbiditas dan mortalitas premature, yang meningkat sesuai dengan peningkatan tekanan sistolik dan diastolik. Kedaruratan hipertensi terjadi terjadi apabila peningkatan tekanan darah harus diturunkan dalam 1 jam. Peningkatan tekanan darah akut yang mengancam jiwa ini memerlukan penanganan segera dalam perawatan intensif karena dapat menimbulkan kerusakan serius pada organ lain di tubuh. Kedaruratan hipertensi terjadi pada penderita dengan hipertensi yang tidak terkontrol atau mereka yang tiba-tiba menghentikan pengobatan. Adanya gagal ventrikel kiri atau disfungsi otak menunjukkan kebutuhan akan perlunya menurunkan tekanan darah segera. Hal ini memerlukan kesigapan perawat dalam menangani perawatannya. Mengingat peningkatan tekanan darah yang dapat mengancam jiwa ini maka penyusun tertarik untuk menyusun asuhan keperawatan dengan hipertensi ini.

2. TUJUAN A. Tujuan Umum

Untuk mendapatkan pemahaman tentang pelaksanaan Asuhan Keperawatan pada Hipertensi. B. Tujuan Khusus

1

1) 2) hipertensi. 3) hipertensi. 4)

Dapat melaksanakan pengkajian pada klien dengan hipertensi. Dapat menyusun perencanaan keperawatan pada klien dengan

Dapat melaksanakan tindakan keperawatan pada klien dengan

Dapat melaksanakan evaluasi tindakan keperawatan pada klien

dengan hipertensi. 5) Dapat mendokumentasikan hasil Asuhan Keperawatan dengan

baik dan benar.

3. METODE PENULISAN Adapun teknik yang digunakan untuk menyusunnya adalah dengan observasi, wawancara, studi kepustakaan dan mengumpulkan beberapa sumber yang dapat menunjang dalam penyelasaian makalah ini.

4. SISTEMATIKA PENULISAN Makalah ini disusun dalam beberapa BAB, yaitu : KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN BAB II TINJAUAN TEORI BAB III TINJAUAN KASUS DAFTAR PUSTAKA

2

BAB II TINJAUAN TEORI

A. PENGERTIAN Hipertensi dapat didefinisikan sebagai tekanan darah persisten dimana tekanan siastoliknya di atas 140 mmHg dan tekanan diastoliknya di atas 90 mmHg. Pada populasi manula hipertensi didefinisikan sebagai tekanan sistolik 160 mmHg dan tekanan diastoliknya 90 mmHg. Hipertensi merupakan penyebab utama gagal jantung, stroke, dan gagal ginjal..

B. KLASIFIKASI Klasifikasi tekanan darah pada orang dewasa berusia 18 tahun keatas. Kategori Normal Normal tinggi Hipertensi Stadium 1 (ringan) Stadium 2 (sedang) Stadium 3 (berat) Stadium 4 (sangat berat) 140-159 160-169 160-209 210 90-99 100-109 110-119 120 Sistolik, mmHg