Askep CA Kolon

download Askep CA Kolon

of 49

  • date post

    28-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    143
  • download

    4

Embed Size (px)

description

CA KOLON

Transcript of Askep CA Kolon

  • ASKEP PADA KLIEN DENGAN CA KOLON

  • PENGERTIAN: Tumor adalah suatu benjolan / struktur yang menempati area tertentu pada tubuh, dan merupakan neoplasma yang dapat bersifat jinak / ganas. (FKUI,2008:268). Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan pembagian sel yang tidak teratur dan kemampuan sel-sel ini untuk menyerang jaringan biologis lainnya, baik dengan pertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ke tempat yang jauh (metastasis).

    SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA dan KOMPUTER

    MH THAMRIN

    JL. RAYA PONDOK GEDE NO. 23-25 KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR

    Telp. : 8096411, 809 6792 Fax. : 8092235 e-mail stimkmht@cbn.net.id

    SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER

    Mata kuliah : Dasar Akuntansi

    Hari: Selasa/ 11 Nop 2008

    Kelas

    : KA/1

    Waktu: 90 Menit

    Jurusan : KA / MI/ SI

    Dosen : Seno S. Hadi, SE, MM

    Semester: Ganjil 2008/2009

    Sifat : Tutup Buku

    SOAL :

    1. PT. INTASCO adalah perusahaan yang bergerak di bidang pemasangan instalasi listrik dan didirikan pada tanggal 1 juli 2007. Beriut ini adalah neracatuk enam bulan pertama operasi yang berakhir pada tanggal 31 desember 2007.

    Kas Rp. 1.465.500,0Piutang Kontrak Selesai 592.000,00

    Bahan-bahan Instalasi ....... 2.224.300,00

    Peralatan Instalasi .. 1.800.000,00

    Persekot Sewa Kantor 2.400.000,00

    Kendaraan .. 2.100.000,00

    Ersekot Asuransi 57.600,00

    HUtang Dagang .. 1.255.700,00

    Modal Saham .. 5.000.000,00

    Pendapatan Kontrak Instalasi 8.750.000,00

    Biaya Listrik dan Air 126.300,00

    Gaji dan Upah Karyawan .. 3.475.000,00

    Biaya Komisi Kontrak 327.500,00

    Biaya Administrasi Kantor .. 237.500,00

    Untuk keperluan penyusunan laporan keuangan akhir tahun , data yang dapat dikumpulkan pada 31 desember 2007 adalah sebagai berikut :

    a. Pemakaian bahan instalasi Rp. 1.650.000,00

    b. Sewa kantor Rp. 2.400.000,00 adalah untuk 4 tahun dan dibayar pada 1 juli 2007.

    c. Biaya asuransi Rp. 14.400,00

    d. Gaji belum dibayar Rp. 125.000,00

    e. Biaya listrik terutang Rp. 11.700,00

    f. Masih terdapat persediaan bahan pembantu kantor seharga Rp. 47.500,00 ( termasuk dalam Biaya Administrasi Kantor )

    g. Kendaraan dan peralatan instalasi ditaksir hanya berumur 4 tahun dan beban depresiasi ditentukan sama setiap tahunnya masing-masing aktiva

    h. Komisi yang masih harus dibayar Rp. 110.000,00

    Diminta :

    Menyusun Neraca dan Laporan Rugi-Laba PT INTASCO untuk semester pertama operasinya berakhir tanggal 31 desember2007 dengan bantuan neraca lajur.

  • Kanker rekti adalah pertumbuhan sel abnormal atau keganasan / maligna pada daerah rectum.

    Kanker kolorektal adalah suatu tumor kedua yang mematikan setelah kanker paru, lebih banyak pada pria dari pada wanita (Lucmans 1993).

    * Kanker kolon adalah pertumbuhan sel yang bersifat ganas yang tumbuh pada kolon dan menginvasi jaringan sekitarnya (Tambayong, 2000 : 143).

  • Kanker kolon adalah suatu bentuk keganasan dari masa abnormal/neoplasma yang muncul dari jaringan epithelial dari colon (Brooker, 2001 : 72). Kanker kolon/usus besar adalah tumbuhnya sel kanker yang ganas di dalam permukaan usus besar atau rektum (Boyle & Langman, 2000 : 805).

  • Dari beberapa pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa kanker kolon adalah suatu pertumbuhan tumor yang bersifat ganas dan merusak sel DNA dan jaringan sehat disekitar kolon (usus besar). Pertumbuhan yang tidak teratur ini menyebabkan kerusakan DNA, menyebabkan mutasi di gen vital yang mengontrol pembagian sel, dan fungsi lainnya (Gale, 2000 : 177).

  • 1. Usia, lebih sering pada usia diatas 50 tahun. Walaupun pada usia yang lebih muda dapat terkena ( Sekitar 3% )2. Polyp kolorektal :pertumbuhan tumor pada dinding dalam usus besar dan rektum. > pada usia diatas 50 tahun. polyp ini tumor jinak, tetapi dapat berubah jadi kanker. 3. Riwayat kanker kolorektal keluarga, bila klg dekat yang terkena resiko untuk terkena kankerFaktor resikoEtiologi: Idiopatik

  • 4. Kelainan genetik perubahan pada gen tertentu resiko kanker kolorektal. Bentuk yang paling sering dari kelainan gen adalah: hereditary nonpolyposis colon cancer (HNPCC), adanya perubahan gen HNPCC. Sekitar 3-4 hr penderita cacat gen HNPCC akan terkena kanker kolorektal, dimana usia yang tersering saat terdiagnosis adalah diatas usia 44 tahun.

  • 5. Pernah menderita penyakit sejenis, dapat terserang kembali dengan penyakit yang sama

    6. wanita yang memiliki riwayat kanker indung telur, kanker rahim, kanker payudara

    7. Radang usus besar, berupa colitis ulceratif atau penyakit Crohn yang menyebabkan inflamasi pada usus jangka waktu lama, resiko terserang kanker kolorektal.

    8. Diabetes, meningkatkan 40 % berkembangnya kanker kolorektal

    9. Rokok dan alkohol

  • 10. Diet a. Faktor diet akan mempengaruhi pembukaan saluran cerna untuk terjadinya karsigonesis. Lemak meningkatkan terdapatnya agen promotor, serat dan kalsium yang mereduksi pembukaannya. b. Diet tinggi lemak tidak tersaturasi dapat menimbulkan karsinogenis dengan peningkatan level asam fecalbile yang berimplikasi pada timbulnya kanker. c. Makanan yang berserat akan membatasi gerak kanker dengan mempercepat waktu transit intestinal.

  • Gambaran Polyp Neoplasma

    A) tubular adenoma, (B) villous adenoma, (C) tubulovillous adenoma, (D) karsinoma pada tangkai tubular adenoma, (E) karsinoma invasif yang muncul dari sebuah villous adenoma.

  • Kolitis ulseratif & Penyakit Chorn yang beresiko terhadap munculnya Ca kolorektal

  • Faktor predisposisi 1. Kebiasaan makan, yang mengandung banyak karbohidrat refined dan rendah serat kasar, Burkitt ( 1971 ) diet rendah serat, tinggi karbohidarat mengakibatkan perubahan pada flora feses dan perubahan degradasi garam empedu / hasil pemecahan protein & lemak, sebagian dari zat ini bersifat karsinogenik. 2. Diet rendah serat juga menyebabkan pemekatan zat yang berpotensi karsinogenik ini dalam feses massa transisi feses meningkat, akibatnya kontak zat yang berpotensi karsinogenik dengan mukosa usus bertambah lama.

  • Ada 3 Klp utama gen dalam regulasi pertumbuhan sel:

    Proto-onkogen Gen penekan tumor Gen gatekeeper (Tumor Suppresor Gene = TSG)

    menstimulasi &TSG menghambat Berfungsi:meregulasi pertbhn pertumbuhan sel, 1.Mempertahankan & pembelahan sel. menginduksi apoptosis integritas genomik (kematian sel yg terprogram). 2. Mendeteksi kesalahan genom & mperbaikinya bfungsi melakukan kontrol negatif (penekanan) pada pertumbuhan sel dikenal anti-onkogen

    Gen p53 merupakan salah satu dari TSG , berfungsi:Menyandi protein dengan berat molekul 53 kDa. Mendeteksi kerusakan DNA, Menginduksi reparasi DNA. PatofisiologiAdanya mutasi pd 3 gen tsb ggn mekanisme kontrol p tbhn sel

  • Keluhan utama pasien dengan kanker kolorektal berhubungan dengan besar dan lokasi dari tumor.

    Tumor yang berada pada kolon kanan, Tumor pada kolon kiridimana isi kolon berupa cairan, iritasi dan respon refleks, perdarahancenderung tetap tersamar s/d lanjut sekali. mengakibatkan perubahan pola defekasi Jarang menyebabkan obstruksi )., mengecilnya ukuran feseskr lumen usus >dan feses masih encer. dan konstipasi karena lesi kolon kiriGejala klinis : rasa penuh, nyeri abdomen, melingkar mengakibatkan. perdarahan dan symptomatic anemia (menyebabkan kelemahan, pusing obstruksidan penurunan berat badan,

  • Pertumbuhan kanker menghasilkan efek sekunderpenyumbatan lumen usus obstruksiulserasi pada dinding usus perdarahan.Penetrasi kankerperforasi dan absesmetastase ke jaringan lainlesi terbatas pada mukosa dan submukosa

  • Patofisiologi Kanker kolon dan rektum ( 95 % ): adenokarsinoma ( muncul dari lapisan epitel usus ) Dimulai sebagai polip jinak jadi ganas dan menyusup serta merusak jaringan normal invasi ke sturktur sekitarnya Sel kanker dapat terlepas dari tumor primer dan menyebar ke organ lain melalui beberapa cara : 1. Infiltratif langsung ke struktur yang berdekatan 2. Melalui kelenjar limfe perikolon dan mesokolon 3. Hematogen biasanya ke hati kr kolon mengalirakan darah ke system portal. 4. Penyebaran secara transperitoneal 5. Penyebaran ke luka jahitan, insisi abdomen atau lokasi drain.

  • Kanker kolorektal digolongkan berdasarkan metastasenya : Stadium A : tumor dibatasi pada mukosa dan submukosa saja Stadium B : kanker yang sudah menembus usus ke jaringan di luar rectal tanpa keterlibatan nodus limfe. Stadium C : invasi ke dalam system limfe yang mengalir regional Stadium D : metastase regional tahap lanjut dan penyebaran yang luas & tidak dapat dioperasi lagi.

  • STADIUM KANKER

  • Manifestasi KlinisGejala sangat ditentukan oleh lokasi kanker, tahap penyakit, dan fungsi segmen usus tempat kanker berlokasi,: Adanya perubahan defekasi ( konstipasi ) Melena Perubahan dalam penampilan feses Tenesmus Anemia Perdarahan rectal

  • Manifestasi Kanker kolon kanan,

    Karena isi kolon berupa cairan, gejala cenderung tetap tersamar hingga stadium lanjut. Jarang obstruksi,