Aqidah Akhlak - Tasamuh

download Aqidah Akhlak - Tasamuh

of 12

  • date post

    24-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    58
  • download

    7

Embed Size (px)

description

Aqidah Akhlak - Tasamuh

Transcript of Aqidah Akhlak - Tasamuh

Apakah itu Tasamuh?

Kelompok: IIAnggota : CiCi Farliana Cut Nella Nidya Ilham Hidayatullah Monica Yohana Sari Nurul Hadis Purnama Risky Rosi Anggita Nauli H.

Aqidah AkhlakTASAMUH

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN TASAMUH...?

Tasamuh dapat di artikan toleransi, tenggang rasa, saling menghormati, saling menghargai sesama manusia, tidak mementingkan diri sendiri dan juga tidak memaksa kehendak. Adapun toleransi menurut istilah tasamuh ialah suatu sikap yang menghargai dan menghormati orang lain yang memiliki perbedaan dengan dirinya, baik sukubangsa, ras,golongan, mahzab, organisasi, agama,dan sebagainya.

A. Pengertian Tasamuh Dalam falsafah jawa sikap Tasamuh ini sering disebut dengan tepo seliro, artinya mengukur segala sesuatu dengan intropeksi pada diri sendiri. Kalau aku senang orang lainpun senang, kalau aku tidak suka orang lain juga tidak suka. Orang yang Tasamuh senantiasa berusaha membina persaudaraan dan menghindari konflik dengan orang lain. Ia memiliki prinsip hidup dan falsafah teman seribu terasa kurang, musuh satu terlalu banyak. Memiliki sikap tasamuh, artinya menyadari tentang kelemahan yang dimiliki didunia ini, tidak ada manusia yang sempurna,yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri tanpa bantuan orang lain.

B. Contoh Perilaku TasamuhContoh perilaku Tasamuh antara lain adalah sebagai berikut :

1. Tidak memaksakan kepada orang lain

2. Lapang dada dalam menerima setiap perbedaaan3. Tidak boleh mencaci / mencela pendirian orang lain

4. Tetap bergaul / bersikap baik dengan orang non muslim dalam hal duniawi

Allah SWT berfirman:

Artinya:Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seseorang laki- laki dan seseorang perempuan kemudia Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Teliti (Qs. Al-Hujurat:13)

7

tidak sombong, tidak egois, tidak memaksakan kehendak, tidak pernah meremehkan orang lain, mau menghormati (sikap, pendapat, dan saran) orang lain, mau berbagi ilmu dan pengalaman, saling pengertian, berjiwa besar, terbuka menerima saran dan kritik, senang menerima nasehat orang lain, dan sebagainya.

Dalam menghadapi kehidupan didunia ini, tanpa memiliki sikap tasamuh, suatu pergaulan tidak akan harmonis, rukun dan damai.Cara menanamkan sikap tasamuh dalam diri kita antara lain :Tanamkan niat yang ikhlas untuk membiasakan diri bersikap tasamuh.Tanamkan keyakinan bahwa bersikap tasamuh itu merupakan kewajiban bagi muslim Yakinkan dalam hati bahwa berakhlak tasamuh akanmendatangkan kebaikan dan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.Mulailah bersikap tasamuh dari yang paling mudah kemudian ditingkatkan pada hari-hari mendatang.Berdoalah kepada Allah SWT agar diberi kekuatan membiasakan diribersikap tasamuh. Orang yang berjiwa tasamuh itu memiliki ciri-ciri diantaranya:

C. Fungsi Bersikap TasamuhFungsi bersikap tasamuh antara lain adalah sbb :Mempererat persatuan dan kesatuan serta persaudaraan diantara manusiaMenigkatkan derajat manusiaMeringankan beban penderitaan orang lainMenjaga dan menghormati kewajiban dan hak orang lainMenumbuhkan sikap bertanggung jawab terhadap kehidupan di lingkungan masyarakatMenjaga norma-norma agama , sosial dan adat istiadat.

D. Nadlil Naqli TasamuhQs. Al-Kafiruun : 1/6.

1. Katakanlah: "Hai orang-orang kafir,2. aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah.3. dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah.4. dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,5. dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah.6. untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku."

E. Hikmah Berperilaku TasamuhManfaat dan hikmah bersikap tasamuh antara lain adalah sbb:Menjalin ukhuwah, persatuan, dan kesatuan dalam bermasyarakatMenciptakan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakatTerwujudnya kerukunan dan terhindar dari perpecahanTerwujudnya ketenangan dan terhindar dari ketegangan dan konflikMenghilangkan hasud, fitnah, kebencian, dendam dan permusuhanMenciptakan rasa aman, tenang, tenteram, dan damai di masyarakatMenimbulkan sikap saling menghormati antar sesama.

KesimpulanSetiap manusia wajib memiliki sikap tasamuh, manusia harus menyadari tentang kelemahan apa yang dimiliki didunia ini, tidak ada manusia yang sempurna, yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri tanpa bantuan orang lain. Orang yang bersikap tasamuh senantiasa berusaha membina persaudaraan dan menghindari konflik satu sama lain. Dengan sikap tasamuh, seseorang dapat berhubungan dan bergaul secara rukun dan harmonis dengan orang lain, tanpa menghiraukanadanya perbedaan tertentu diantara mereka.Dengan begitu, kita setiap manusia harus menyadari betapa pentingnya bersikap Tasamuh, karena begitu banyak hikmah yang kita dapat, dan Allah SWT mewajibkan kita bersikap tasamuh dengan sesama muslim maupun yang non muslim dalam hal duniawi. Dalam bersikap Tasamuh sangat banyak mengandung nilai positif dari fenomena kehidupan orang yang berakhlak tasamuh, dan juga banyak mengandung nilai-nilai terpuji dan mulia. Sehingga dapat mendatangkan nilai- nilai luhur yang bermanfaat baik bagi pelakunya maupun masyarakat lingkungannya.