Aplikasi Komputer - modul. Sandiwarno+... · Pengantar Perangkat Keras (Hardware) Komputer Komputer

download Aplikasi Komputer - modul. Sandiwarno+... · Pengantar Perangkat Keras (Hardware) Komputer Komputer

If you can't read please download the document

  • date post

    16-Mar-2019
  • Category

    Documents

  • view

    220
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of Aplikasi Komputer - modul. Sandiwarno+... · Pengantar Perangkat Keras (Hardware) Komputer Komputer

Modul ke:

Fakultas

Program Studi

Aplikasi Komputer

PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

Sulis Sandiwarno, S.Kom.,M.KomFASILKOM

Sistem Informasi

Pengantar Perangkat Keras(Hardware) KomputerKomputer adalah peralatan elektronik yang terdiridari perangkat keras (hardware) dan perangkatlunak (software) yang memiliki kemampuan ataudigunakan untuk membantu tugas manusia dengancara menerima dan mengolah data yangdimasukkan menjadi informasi berdasarkanprogram yang dimiliki, yang kemudian hasilnyaditampilkan/ disimpan/ dikirim melalui perangkatkeluaran. Komponen komponen utama dalamPersonal Computer (PC) adalah sebagai berikut :

Keterangan gambar diatas adalahsebagai berikut :System Unit. Unit sistem unit yang memegang tugas utama dalam komputer sepertimikroprosesor, memori, power supply, dan penyimpanan perangkat.

Keyboard. Kebanyakan Personal Computer (PC) dilengkapi dengan keyboardsebagai perangkat input utama. Layout keyboard standar menyediakan 104 kunci diatur dalamempat kelompok, yaitu:Kunci alphanumerik (A-Z, 0-9).Kunci lokasi (home, end dan lain-lain).Keypad numerik.Fungsi kunci (F1-F12).

Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 bagian, yaitu :Keyboard Serial.Keyboard PS/2.Keyboard Wireless.Keyboard USB.

Lanjutan

Mouse

Sebuah mouse adalah perangkat input yang dirancang untuk memanipulasi on-screen grafis benda dan kontrol. Mouse memiliki bola yang berputar pada landasannya. Jikapermukaan digeser, maka bola akan berputar danmengirimkan sinyal ke komputer untuk merubah posisi darikursor. Secara fisik, mouse juga terbagi atas 4, yaitu :

Mouse Serial. Mouse PS/2. Mouse Wireless. Mouse USB.

Hard Disk Drive. Adalah perangkat penyimpanan utama pada PC. Letak biasanya dipasang di dalam komputer dan dapat menyimpan miliaran karakter data.

Optical Drive. Adalah perangkat penyimpanan yang bekerja dengan CD, DVD, Blu-ray, atau beberapa kombinasi dari media penyimpanan. Optical drive berguna untuk bermain CD audio, film DVD, dan Blu-ray film. Mereka juga dapat digunakan untuk menyimpan data komputer pada ditulis CD, DVD, dan Blu-ray disc.

Other Storage. Dalam PC perangkat penyimpanan ini disebut floppy disk drive. Saat ini, drive ini telah digantikan oleh pilihan penyimpanan solid state, seperti USB flash drive dan MMC

Sound System. Sound system untuk PC digunakan untuk menghasilkan suara, PC menggunakan papan sirkuit yang disebut Sound Card, yang biasanya ditempatkan di unit sistem. Sebuah komputer kartu suara mengirimkan sinyal ke speaker

Display System. Sebuah tampilan PC terdiri dari dua bagian. Yang Pertama adalah disebut VGA, mengubah data mentah digital menjadi gambar yang dapat ditampilkan pada monitor. Tampilan perangkat, sering disebut layar komputer atau monitor, output visual hadir, seperti dokumen, foto, dan video. Komputer pribadi sistem dapat menggunakan beberapa jenis teknologi display, termasuk LCD dan LED. Perangkat layar biasanya terintegrasi dengan sistem unit komputer portabel, tetapi ada sebagai perangkat mandiri untuk komputer yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di atas meja. Monitor CRT (Cathode Rays Tube) Merupakan monitor yang berfungsi dengan prinsip penembakan sinar katoda. Bentuk fisikmonitor ini sama dengan televisi namun secara umum hanya terdiri dari 4 blok, yaitu video, vertikal, horisontal dan power supply. Jenis monitor ini memiliki beberapa kelemahan, antara lain adalah: Membutuhkan daya yang besar, menghasilkan panas yang cukup tinggi, memiliki bentuk fisik yang besar (walaupun ada juga yang memiliki dimensi yang kecil namuntetap tidak praktis karena gambar yang dihasilkan tetap kecil) dan memiliki radiasi yang besar(walaupun ada beberapa jenis yang menggunakan jenis tabung tertentu yang mampumenyerap radiasi yang dihasilkan oleh tembakan CRT). Namun, secara umum monitor inimemiliki harga yang cukup rendah sehingga tetap merupakan peratalan standar dalam unit komputer.

Monitor LCD (Liquid Crystal Display)Sistem kerja monitor ini jauh berbeda dibandingkan dengan CRT. LCDmenggunakan cairan kristal khusus yang berpencar apabila dilalui oleh sinyallistrik sehingga menghasilkan bentuk dan warna. Kelemahan LCD adalahharganya yang cukup mahal dan komponen fisik yang ada amat rentanterhadap gangguan, namun LCD juga memiliki beberapa kelebihan diantaranyaadalah: hanya memerlukan daya yang rendah (tegangan yang digunakan hanya12 Volt), bentuk fisik yang kecil dan ramping sehingga mudah ditempatkanserta tidak menghasilkan radiasi

Network and Internet Access

Banyak sistem PC dapat melakukan koneksidengan menggunakan kabel atau nirkabel kejaringan jaringan. Sirkuit jaringan computerberguna untuk menghubungkan ke server

Printer

Sebuah printer komputer adalah perangkat output yang menghasilkan computergenerated teks ataugambar grafis di atas kertas. Ada beberapa variasi printer yang berbeda baik kecepatan maupun kwalitascetakan. Ada dua jenis printer, yaitu:

ImpactPrinter Impact menggunakan print head yang berisi sejumlah jarum metal (metal pins) yang mengenaipita inked yang ditempatkan antara print head dan kertas.

Printer Dot Matrix

Kecepatannya pada umumnya 30 - 550 karakter per detik(cps). Ini adalah yang termurah dan paling ribut darikeluarga printer. Standar cetakan yang diperoleh kurangbagus. Jenis ini disebut dengan Dot Matrix karena hasilcetakan dibentuk oleh hentakan jarum pada pita yangmembentuk karakter berupa titik-titik yang beraturan. Olehsebab itu, maka suara yang dihasilkan oleh printer jenis inijauh lebih besar dan kasar dibandingkan dengan jenisprinter lainnya. Kehalusan hasil cetakan ditentukan olehbanyaknya jarum yang digunakan

Non-impact

Beberapa perbedaan teknologi yang telahdigunakan untuk menyediakan berbagai printer. Adabeberapa jenis printer non-impact, yaitu:

Printer ThermalKarakter dibentuk oleh unsur-unsur yangdipanaskan yang ditempatkan dengan kertas yangsensitif dengan panas khusus yang membentuk titikhitam ketika unsur-unsur menjangkau temperaturekritis.

Printer Ink Jet

Sesuai dengan namanya, printer jenis ini mencetak denganmenggunakan semburan tinta cair pada permukaan kertas,sehingga hasil cetakannya jauh lebih bagus, lebih cepatdibandingkan dengan dot matrix. Printer ini juga mampumencetak warna dengan sempurna, bahkan beberapa jenisprinter bahkan mampu mencetak dengan kwalitas foto danmampu mencetak pada permukaan selain kertas (plastikdan kain). Printer inkjet yang terkenal saat ini adalah CanonBubleJet dan HewlletPackard

Printer Laser Jet

Printer jenis ini memiliki kecepatan dan kwalitas cetakanyang jauh melampaui Dot Matrix dan Inkjet. Prinsip kerjaprinter ini amat mirip dengan mesin photocopy, yaitudengan prinsip serbuk tinta dan elemen pemanas. Secaraumum, printer ini hanya mampu mencetak dengan duawarna (hitam dan putih), namun pada jenis tertentu telahdilengkapi dengan tinta warna sehingga mampu mencetakdengan full color.

Daftar Pustaka

J. Glenn Brookshear, Computer Science An Overview 11th Edition, United States Of America, Addison-Wesley, 2012

June Jamrich Parsons, Dan Oja, New Perspectives on Computer Concepts, 2011 Boston United States Of America, Course Technology, CengageLearning, 2011

June Jamrich Parsons, Dan Oja, New Perspectives on Computer Concepts 2012, Boston United States Of America, Course Technology, CengageLearning, 2012

http://masyhury.web.id/2010/11/kumpulan-ebook-pengantar-teknologi-informasi-gratis/ (diunduh tanggal 3 Maret 2013

Terima KasihSulis Sandiwarno, M.Kom