APLIKASI KAMUS KOMPONEN ELEKTRONIKA BERBASIS - Jurnal Widia Utami.pdfkamus yang hanya menggunakan...

download APLIKASI KAMUS KOMPONEN ELEKTRONIKA BERBASIS - Jurnal Widia Utami.pdfkamus yang hanya menggunakan satu

of 12

  • date post

    10-May-2019
  • Category

    Documents

  • view

    231
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of APLIKASI KAMUS KOMPONEN ELEKTRONIKA BERBASIS - Jurnal Widia Utami.pdfkamus yang hanya menggunakan...

APLIKASI KAMUS KOMPONEN ELEKTRONIKA BERBASIS ANDROID

Sri Setyaningsih, Herfina, Widia UtamiProgram Studi Ilmu Komputer-FMIPA Universitas Pakuan

Jl. Pakuan PO BOX 452, BogorTelp/Fax (0251) 8375 547

E-mail: tamie.widi@gmail.com

ABSTRAK

Kamus merupakan sebuah buku yang yang berfungsi mengartikan danmenerjemahkan ragam kata. Kamus saat ini banyak tersedia dalam berbagai bentuk. Tidakhanya dalam bentuk buku, kamus saat ini pun dapat ditemukan sebagai aplikasi berbagaimacam perangkat. Baik itu perangkat komputer maupun pada perangkat mobile yang dapatmemudahkan pengguna dalam mengartikan kata dan menerjemahkan kalimat.

Umumnya, informasi tentang komponen elektonika di dapatkan melalui media cetakseperti buku pelajaran dan kamus. Begitu pun dengan media internet. Terkadang, pencariansemua informasi mengenai komponen elektronika melalui media cetak dan media internettersebut kurang ekonomis dan memakan banyak waktu dan biaya. Aplikasi kamus komponenelektronika pada perangkat mobile adalah aplikasi yang dapat digunakan bagi pengguna,khususnya pengguna pelajar dan mahasiswa tentang informasi komponen elektronika danjenisnya dimana saja dan kapan saja tanpa terkendala waktu dan biaya.

Pembuatan aplikasi ini dilakukan dengan mengumpulkan data, melakukanperencanaan sistem dan alur aplikasi serta perencanaan tampilan aplikasi. Aplikasi kamuskomponen elektronika dibangun menggunakan software Eclipse Jee Juno, SDK, ADT denganbantuan SQLite Database Browser dan Mozilla Firefox. Bahasa yanh digunakan padaaplikasi ini adala bahasa JAVA.

Kata Kunci : Android, Aplikasi, Elektronika, Eclipse, Kamus

PENDAHULUAN

Kamus merupakan sebuah bukuyang yang berfungsi mengartikan danmenerjemahkan ragam kata. Kamus saatini banyak tersedia dalam berbagai bentuk.Tidak hanya dalam bentuk buku, kamussaat ini pun dapat ditemukan sebagaiaplikasi berbagai macam perangkat. Baikitu perangkat komputer maupun padaperangkat mobile yang dapat memudahkanpengguna dalam mengartikan kata danmenerjemahkan kalimat.

Kamus komponen elektonika punbanyak dipergunakan sebagai sisteminformasi pencarian tentang pengertiansebuah komponen. Namun, kamuskomponen elektronika yang ada saat inikurang efektif penggunaannya. Masyarakatlebih memilih mencari melalui internetkarena masalah efisiensi waktu dan biaya.Masyarakat juga tidak harus berlama-lamamencari arti dari sebuah komponen.

Saat ini pun tidak hanya siswayang bersekolah di sekolah menengahkejuruan ataupun mahasiswa jurusan

mailto:tamie.widi@gmail.com

elektronika maupun ilmu komputer yangmempelajari tentang pelajaran elektronika,namun sudah ada beberapa sekolahmenengah atas yang juga mempelajarielektronika sebagai bagian dari matapelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Siswatidak hanya dituntut untuk dapatmerangkai sebuah komponen elektronik,tetapi siswa juga dituntut untukmengetahui segala jenis komponenelektronika beserta arti dan fungsi darikomponen tersebut.

Berdasarkan hal tersebut makadibuatlah aplikasi komponen elektronikaberbasis android dengan harapan siswamaupun masyarakat dapat dengan segeramenemukan arti dari sebuah komponenelektronika dengan mudah dan cepat.Pengguna hanya perlu mendownload danmenginstall aplikasi tersebut padaperangkat mobile mereka dan dapatlangsung digunakan.

TUJUAN PENELITIAN

Tujuan dari penelitian ini adalahmerancang dan membangun aplikasikamus komponen elektronika padaperangkat mobile phone berbasis androiduntuk memudahkan masyarakat maupunpelajar dalam memahami sebuahkomponen elektronika dan termasuk jeniskomponen yang mana sebuah komponentersebut.

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup penelitian inidibatasi pada pengolahan data daninformasi mengenai jenis-jenis komponenelektronika yang termasuk dalamkomponen aktif dan komponen pasifbeserta fungsi dan kegunaan darikomponen elektronika.

MANFAAT

Manfaat dari penelitian ini antaralain :

1. Membantu pengguna khususnyapengguna smartphone berbasisandroid dalam mendapatkan

informasi tentang komponenelektronika.

2. Memperdalam materi sertamengasah kemampuan dalammengembangkan suatu aplikasi.

3. Mempermudah pencarian informasiyang berhubungan dengankomponen elektronika.

LANDASAN TEORI

KamusKamus adalah sejenis buku rujukan

yang menerangkan makna kata-kata. Iaberfungsi untuk membantu seseorangmengenal perkataan baru. Selainmenerangkan maksud kata, kamus jugamungkin mempunyai pedoman sebutan,asalusul (etimologi) sesuatu perkataan danjuga contoh penggunaan bagi sesuatuperkataan. Untuk memperjelas kadang kalaterdapat juga ilustrasi di dalam kamus.

Pengelompokkan kamus dibagimenjadi 2, yaitu :

a. Berdasarkan bahasa :- Kamus Ekabahasa adalah

kamus yang hanyamenggunakan satu bahasa.Kata-kata (entri) yangdijelaskan dan penjelasannyaadalah terdiri daripada bahasayang sama. Kamus inimempunyai perbedaan yangjelas dengan kamus dwibahasakarena penyusunan dibuatberdasarkan pembuktiandata korpus. Ini bermaksuddefinisi makna ke atas kata-kataadalah berdasarkan makna yangdiberikan dalam contoh kalimatyang mengandung kata-kataberhubungan. Contoh bagikamus ekabahasa ialah KamusBesar Bahasa Indonesia.

- Kamus Dwibahasa adalahkamus yang menggunakan duabahasa, yakni kata masukandaripada bahasa yangdikamuskan diberi padanan

http://id.wikipedia.org/wiki/Korpushttp://id.wikipedia.org/wiki/Kamus_Besar_Bahasa_Indonesiahttp://id.wikipedia.org/wiki/Kamus_Besar_Bahasa_Indonesia

atau pemerian takrifnya denganmenggunakan bahasa yang lain.Contohnya:Kamus Inggris-Indonesia, Kamus DwibahasaOxford Fajar (Inggris-Melayu;Melayu-Inggris).

- Kamus Aneka Bahasa adalahkamus yang sekurang-kurangnya menggunakan tigabahasa atau lebih. Misalnya,kata Bahasa Melayu BahasaInggris dan Bahasa Mandarinsecara serentak. Contoh bagikamus aneka bahasaialah Kamus Melayu-Cina-Inggris Pelangi susunan YuenBoon Chan pada tahun 2004.

b. Berdasarkan isi :- Kamus Mini. Pada zaman

sekarang sebenarnya susahuntuk menjumpai kamus ini.Iajuga dikenali sebagai kamussaku karena ia dapat disimpandalam saku. Tebalnya kurangdaripada 2 cm.

- Kamus Kecil. Kamusberukuran kecil yang biasadijumpai. Ia merupakan kamusyang mudah dibawa.KamusDwibahasa Oxford Fajar(Inggris-Melayu;Melayu-Inggris).

- Kamus Besar. Kamus inimemuatkansegala leksikal yang terdapatdalam satu bahsaa. Setiapperkataannya dijelaskanmaksud secaralengkap.Biasanya ukurannyabesar dan tidak sesuai untukdibawa ke sanasini.Contohnya Kamus BesarBahasa Indonesia.

ElektronikaElektronika adalah ilmu

pengetahuan yang mempelajari tentangpengendalian arus listrik yang dapat dioperasikan dengan cara mengontrol aliranelektron, pengendalian elektron ini terjadi

dalam ruangan hampa atau ruang yangberisi gas bertekanan rendah seperti tabunggas dan bahan semikonduktor.

Sementara itu, definisi daripengertian elektronik adalah kata sifatyang dapat kita hubungkan dengan pirantipiranti kekalng atau sistem yangmengunakan piranti piranti electron.Contoh dari perangkat elektronik adalahpengemudi elektronik (electronic control),perlengkapan elektronik (electronicaquipment), piranti elektronik (electronicdevice) dan instrumen musik yangmenggunakan alat elektronika.

Komponen ElektronikaKomponen elektronika adalah

komponen komponen yang dipasangkanatau yang digunakan dalam keperluanmembangun sebuah rangkaian baik iturangkaian sederhana sampai rangkaiankompleks dengan kondisi dan syarattertentu agar rangkaian tersebut bisadigunakan sesuai dengan tujuan sangpembuat. Ya mungkin bisa juga diartikansebagai komponen komponen yanghamper ada di setiap keperluan untukmerangkai alat elektronika.

Dua macam komponen ini adalahkomponen aktif dan komponen pasif. Duamacam komponen elektronika yang akankita pelajari dalan dasar elektronika iniselalu ada dalam setiap rangkaianelektronika.

- Komponen aktif adalah jeniskomponen elektronika yangmemerlukan arus listrik agar dapatbekerja dalam rangkaianelektronika. Contoh komponenaktif ini adalah Dioda, Transistordan IC juga Lampu Tabung.Besarnya arus panjar bisa berbeda-beda untuk tiap komponen2 ini.

- Sedangkan komponen pasif adalahjenis komponen elektronika yangbekerja tanpa memerlukan aruslistrik. Contoh komponen pasifadalah resistor, kapasitor,transformator/trafo, dsb.

http://muchlas.ee.uad.ac.id/v2/kuliah/teknik-elektro-s1/dasar-elektronika/bab-i-dasar-elektronika/http://id.wikipedia.org/wiki/2004http://id.wikipedia.org/wiki/Leksikalhttp://www.scribd.com/doc/58222791/1-Pengertian-Elektronika

Dalam dasar elektronika penggunaankedua jenis komponen ini hampir selaludigunakan bersama-sama, kecuali dalamrangkaian-rangkaian pasif yang hanyamenggunakan komponen-komponen pasifsaja misalnya rangkaian baxandall pasif,tapis pasif dsb. Untuk IC (IntegratedCircuit) adalah gabungan dari komponenaktif dan pasif yang disusun menjadisebuah rangkaian elektronika dandiperkecil ukuran fisiknya.

JDKJava Development Kit (JDK)

adalah Sun Microsystems produkditujukan untuk pengembang Java. Sejakdiperkenalkannya Java, telah jauh SDKJava yang paling banyak digunakan.Padatanggal 17 November 2006, Sunmengumumkan bahwa akan dirilis dibawah GNU General Public License(GPL), sehingga membuat perangkat lunakbebas. Hal ini terjadi sebagian besar padatanggal 8 Mei 2007. JDK ini berguna saatmenulis kode program. Seperti halnyaJRE, JDK juga memiliki JVM didalamnya.

- javac, yaitu program untuk meng-compile kode sumber.

- java, yaitu program untukmeluncurkan aplikasi.

AndroidAndroid adalah sistem operasi yang

berbasis Linux untuk telepon selularseperti telepon pintar dan computer tablet.Android menyediakan platform terbukabagi para pengembang untuk menciptakanaplikasi mereka sendiri untuk digunakanoleh bermacam peranti bergerak.Awalnya, Google Inc. membeli A