Annisa tri

download Annisa tri

of 73

  • date post

    08-Apr-2016
  • Category

    Documents

  • view

    182
  • download

    21

Embed Size (px)

description

abc

Transcript of Annisa tri

2

PENGENDALIAN DAN PERBAIKAN MUTU VISUAL SELAI PADA PRODUK BISCUIT SANDWICH,DI PT MAYORA INDAH TBK, BEKASIANNISA TRI UTAMMY

PROGRAM KEAHLIAN SUPERVISOR JAMINAN MUTU PANGAN

PROGRAM DIPLOMA

INSTITUT PERTANIAN BOGOR

BOGOR

2013

PERNYATAAN MENGENAI LAPORAN TUGAS AKHIR DAN SUMBER INFORMASIDengan ini saya menyatakan laporan tugas akhir ini adalah karya sendiri dan belum diajukan dalam bentuk apapun kepada perguruan tinggi manapun. Sumber informasi yang berasal atau dikutip dari karya yang diterbitkan dari penulis lain telah disebutkan dalam teks dan dicantumkan dalam daftar pustaka di bagian akhir laporan.

Bogor, Juli 2013

Annisa Tri UtammyJ3E210125

ABSTRAK

ANNISA TRI UTAMMY. Pengendalian dan Perbaikan Mutu Visual Selai pada Produk Biscuit Sandwich, di PT Mayora Indah Tbk, Bekasi. Dibimbing Oleh NUR WULANDARI.

PT Mayora Indah Tbk merupakan salah satu kelompok bisnis produk konsumen Indonesia di bidang pengolahan pangan dengan salah satu produk yang dihasilkan yaitu biscuit sandwich pada divisi biskuit. Proses produksi biscuit sandwich yang dilakukan oleh PT Mayora Indah Tbk mungkin dapat mengalami penyimpangan. Penyimpangan-penyimpangan yang sering terjadi adalah, biskuit hancur, selai meleber, dan selai bertekstur keras. Oleh karena itu perlu diadakan pengawasan mutu pada proses pembuatannya hingga proses packing.Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk dapat mengetahui akar penyebab dan mengadakan perbaikan ialah dengan menerapkan analisa dengan menggunakan metode Gugus Kendali Mutu. Pengendalian mutu dilakukan guna memenuhi persyaratan mutu produk. Kegiatan pengendalian mencakup monitoring proses, tindakan koreksi (bila ada ketidaksesuaian), dan menghilangkan penyebab timbulnya ketidaksesuaian.Kata Kunci: biscuit sandwich, proses sandwiching, proses packing, selai meleberABSTRACT

ANNISA TRI UTAMMY. Visual Quality Control and Improvement of Biscuit Sandwichs jam at PT Mayora Indah Tbk, Bekasi. Supervised by NUR WULANDARI.

PT Mayora Indah Tbk is one of Indonesia's consumer products business group in the field of food processing with one of the products which produced in biscuit division is Biscuit Sandwich. Biscuit sandwich production process which is carried out by PT Mayora Indah Tbk may experience irregularities. Deviations that often happens are crushed biscuits, messy jam, and hard textured jam. Therefore the quality control on the manufacturing process until the packing process needs to be applied.

One effort to do to determine the root cause and make amends is by applying the analysis, using the Quality Control Circle. Quality control is applied in order to meet product quality requirements. Control activities include process monitoring, corrective action (if there are found any nonconformities), and eliminate the causes of nonconformities.

Keywords: biscuit sandwich, sandwiching process, packing process, messy jam

RINGKASANANNISA TRI UTAMMY. Pengendalian dan Perbaikan Mutu Visual Selai pada Produk Biscuit Sandwich, Di PT Mayora Indah Tbk, Bekasi. Dibimbing oleh NUR WULANDARI.

Sandwich pada dasarnya adalah dua atau lebih irisan roti dengan satu atau lebih isian di antaranya (Abelson 2006). Pada awalnya sandwich berupa dua potongrotiyang menjepitdaging,sayuran,kejuatau berbagai teman makan roti lainnya, dan biasanya diberibumbuatausaussehingga menambah cita rasa. Namun demikian dalam perkembangannya sandwich tidak hanya diterapkan pada produk roti, sandwich juga diterapkan pada produk seperti cake dan biskuit.Dalam proses produksi biscuit sandwich secara keseluruhan mulai dari proses mixing, moulding, cooking dan sandwiching, biscuit sandwich yang dihasilkan oleh PT Mayora Indah Tbk memiliki potensi terjadinya penyimpangan mutu. Penyimpangan yang biasa terjadi yakni penyimpangan secara organoleptik seperti biskuit pecah, biskuit berbentuk oval, selai keruh, selai berantakan/meleber, berat biskuit over/under, dan berat selai over/under.Kegiatan praktik kerja lapangan penulis di PT Mayora Indah Tbk, Bekasi terkait dengan pengendalian dan perbaikan mutu visual selai pada produk biscuit sandwich Slai Olai. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengkaji penyimpangan visual biscuit sandwich dengan mengadopsi metode GKM (Gugus Kendali Mutu), yaitu melakukan analisa masalah dengan menggunakan fishbone diagram (diagram tulang ikan) untuk menganalisis akar-akar penyebab penyimpangan tersebut.

Metode yang dilakukan yakni observasi lapang yang mencakup pengamatan dan wawancara, studi pustaka, pengambilan data, dan analisis data. Proses pengambilan dan pengukuran contoh yang dilakukan sesuai dengan prosedur yang dilakukan di PT Mayora Indah Tbk, Bekasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan histogram sederhana. Hasil analisis histogram yang dilakukan terhadap sampling biscuit sandwich dalam kemasan primer selama kurang lebih satu bulan menunjukkan bahwa karakteristik mutu visual produk belum terkendali. Hasil analisis diagram sebab-akibat menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap visual produk adalah mesin, metode, dan manusia. Berdasarkan analisis dengan why-why analysis, saran tindakan pengendalian yang dapat dilakukan yaitu memberikan pelatihan (training) kepada tenaga kerja (helper/operator) mengenai mesin yang digunakan dalam proses produksi agar dapat menyesuaikan penggunaan mesin dalam kondisi-kondisi tertentu seperti menyesuaikan kecepatan mesin dengan jumlah helper, dan kecepatan pengemasan oleh helper. Juga perlu mengganti spareparts yang sudah waktunya diganti, dan pemasangan spareparts yang hilang agar mesin berjalan dengan stabil.

PENGENDALIAN DAN PERBAIKAN MUTU VISUAL SELAI PADA PRODUK BISCUIT SANDWICH, DI PT MAYORA INDAH TBK, BEKASI

ANNISA TRI UTAMMY

Laporan Praktik Kerja Lapangansebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelarAhli Madya pada

Program Diploma Keahlian Supervisor Jaminan Mutu Pangan

PROGRAM KEAHLIAN SUPERVISOR JAMINAN MUTU PANGAN

PROGRAM DIPLOMAINSTITUT PERTANIAN BOGOR

2013

Judul

: Pengendalian dan Perbaikan Mutu Visual Selai pada Produk Biscuit Sandwich, di PT Mayora Indah Tbk, Bekasi.

Nama

: Annisa Tri Utammy

NIM

: J3E210125

Program Keahlian: Supervisor Jaminan Mutu Pangan

Disetujui oleh

Dr Nur Wulandari, STP MSiPembimbing

Diketahui oleh

Prof Dr M. Zairin Junior, MSc

Ir C.C.Nurwitri, DAA Ditektur Program Diploma

Koodinator Program keahlian

Tanggal Lulus :

PRAKATAAssalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhPuji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT., atas berkat dan rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini. Laporan PKL yang berjudul Pengendalian dan Perbaikan Mutu Visual Selai pada Produk Biscuit Sandwich, Di PT Mayora Indah Tbk, Bekasi ini disusun sebagai salah satu syarat kelulusan pada program keahlian Supervisor Jaminan Mutu Pangan di Program Diploma Institut Pertanian Bogor.Laporan ini membahas mengenai pengawasan dan pengendalian mutu atau yang biasa disebut dengan Quality Control berdasarkan hasil PKL yang penulis lakukan di PT Mayora Indah Tbk, Bekasi Selama tiga bulan terhitung sejak tanggal 1 maret sampai dengan 31 mei 2013 melalui pengamatan langsung, partisipasi aktif, wawancara, dan studi pustaka. Laporan PKL ini terselesaikan berkat bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, oleh karena itu ucapan terimakasih tidak lupa penulis berikan kepada kedua orang tua Ibu Nur Laila dan Romo Hendra Purnadi, Kakak-kakak Adityo Wicaksono dan Dwi Putri Arlina, juga Adik Muhammad Catur Ilham yang tiada henti memberikan doa, dukungan dan semangat kepada penulis. Ibu Dr. Nur Wulandari ,S.TP.,M.Si selaku dosen pembimbing, atas bimbingan dan arahan yang diberikan dalam penyelesaian laporan ini. Serta seluruh dosen Program Keahlian Supervisor Jaminan mutu Pangan yang telah menyampaikan ilmu-ilmu yang bermanfaat. Ibu Hany Tresnasari yang telah memberi izin penulis untuk melaksanakan PKL di PT Mayora Indah Tbk, Bekasi, Bapak Sumantri selaku pembimbing lapangan, Bapak Rudy Fritz, Bapak Fiqi, Bapak Mamat, Bapak M. Nazri Rabbani, dan Bapak Adi yang telah menyempatkan membimbing, mengarahkan dan memberikan ilmu-ilmu yang bermanfaat selama penulis melaksanakan PKL, serta karyawan-karyawan lainnya atas bantuan dan kerjasamanya. Usman Habib yang selalu menjadi pendengar yang baik, Fujia Utami Maulida, Dea Zharfanisa dan Mita Mandasari teman-teman satu tempat PKL, teman-teman kelompok belajar selama tiga tahun Belinda, Fitri dan Rifani serta seluruh teman-teman Program Keahlian Supervisor Jaminan Mutu Pangan angkatan 47 diploma IPB. Sahabat-sahabat sedari SMP dan SMA Anisa, Dien, Falah, Nadia, Prita, Ragil, Raisa dan Selly dan Upi yang tiada henti memberikan semangat kepada penulis.Dalam peyusunan laporan PKL ini sepenuhnya penulis sadari masih jauh dari sempurna. Untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan sebagai masukan untuk menjadi lebih baik lagi. Penulis berharap laporan PKL ini dapat bermanfaat bagi pembacanya.Bogor, Juni 2013

Annisa Tri Utammy

DAFTAR ISIxvDAFTAR ISI

DAFTAR GAMBARxvi1PENDAHULUAN11.1Latar belakang11.2Tujuan21.3 Ruang Lingkup22METODE KAJIAN22.1 Tempat dan Waktu pelaksanaan22.2 Teknik Pengumpulan Data33KEADAAN UMUM PERUSAHAAN43.1 Sejarah dan Perkembangan Perusahaan43.2 Visi dan Misi Perusahaan53.3 Lokasi Perusahaan53.4 Struktur Organisasi dan Ketenagakerjaan64KEGIATAN UNIT PRODUKSI84.1 Biskuit84.2Selai94.3 Bahan Baku94.4Proses Produksi125 SISTEM PENGENDALIAN MUTU155.1

Mutu155.2

Quality Management165.3

Pengawasan Mutu Bahan Baku Selai185.4

Pengawasan Mutu Proses Produksi Selai185.5 Pengawasan Mutu Produk Akhir196 HASIL DAN PEMBAHASAN196.1

Pengumpulan Data196.2

Analisis