ang, Dicoret Anggaran Kesehatan Kurll ang, BKK Dicoret Bangli (Bali Post) -Anggaran Pendapatan...

download ang, Dicoret Anggaran Kesehatan Kurll ang, BKK Dicoret Bangli (Bali Post) -Anggaran Pendapatan Belanja

of 7

  • date post

    14-Feb-2020
  • Category

    Documents

  • view

    1
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of ang, Dicoret Anggaran Kesehatan Kurll ang, BKK Dicoret Bangli (Bali Post) -Anggaran Pendapatan...

  • Sub Bagian Humas dan Tata Usaha BpK Rl perwakilan provinsi Bali

    Bali Post

    Anggaran Kesehatan ll

    Kurang, BKK Dicoret Bangli (Bali Post) -

    Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bangli 2016 telah tuntas diverifikasi tim Provinsi Bali. Hasilnya, anggaran kesehatan dinilai rnasih di bawah ketentuan 10 persen dari nilai APBD. Menyikapi hal itu, sejumlah pos anggaran pun terpaksa dipangkas, bahkan ada yang dicoret. Hal tersebut diungkapkan Ketua DPRD Bansli Ngakan Made Kutha Parwata, Selasa (29/12) kemarin.

    pendidikan, kata dia. tclah mencapai 31 perstn _{ngka inr telah berade di atas kett,ntuan yang sebesar 20 persen.

    , Saat d,isrnggung mengenaraloKast dana tlantuan sosial (bansos) dan dana hibah. pria asal Bangbang, Tembuku inj menyebtrtkan, antrtra eksekutij dan ]egisletif sepakat tidak- menga nggark-ann1 a. FIol ini orsebabka n he lu rD adant,i, kesamaan persepsi t erkirt Unddng-Undans Nomor 23 Tahun 2014. "Bansos dan dana hibah tidak dianggarkan. perlu ada kesamaan persepsi dulu Kalau dianggarkan. iakutnva malah timbul masalah.,' tegas,Ngahan Made Kutha Pantoata nya. (kmb.15)

    Dijelaskan Kutha Parwata, hasil verifikasi APBD Baneli turun Seniq (28/12) lalu. H;l yang menjadi sorotan yakni anggaran kesehatan. Pemkab Bangli hanya mengangqarkan Rp 83.082.490.450 atiu baru mencapai 7,3 persen dari ApBD untuk sektor kesehatan.

    Menyikapi kekurangan itu, sebanyak 8 pos anggaran harus dipangkas. Tak hanya itu, ada satu pos anggaran yakni Ban-

    tuan Keuangan Khusus 1BKK1 senilai Rp 9 miliar lebih yang clrcoret atau ditiailakan.

    Selain hat tersebut. seium- lah mata anggaran lugi di- verlrrKast guDernur, seperti anggaran perjalanan dinas Iuar daerah dan luar negeri di sejumlah SKPD, anssaran pembelian pakaian olah raga. endek, batik di sejumlah SKPD diminta agar dikurangi. "Hasil pemangkasan ini akan diguna-

    kan untuk menutupi anggaran {esenatan, katanVa.

    Pascaturunnya- hasil veri- fikasi ini, tim anggaran ekse- kutif dan legislalif la_ngsung menggetar rapat untuk Dtem_ bahas tindak lanjut terhadao hal itu. Hasilnya kembali akan disanpaikan ke provinsi. "Ha- sil tindak lanjut itu akan dis- ampaikan ke pemprov." ucao politisi PDI-P inr.

    -

    Sementara terkait anggaran

    Edisi

    Hal ?

  • Sub Bagian l^{urna$ dan l"ata lJsaha l}p!( t{B Perwali!!aru Nru-ovirrsl Bali

    KORUPSI

    PIPANISASI: Terdakwa lmam Wijaya Santosa, usai divonis di Pengaditan Tipikor, kemarin.

    Bos PTAdhi Karya Divonis 2taleun

    DENPASAR - Setelah sebelumnva kena vonis 5 tahun penjara, dalam kasus korupsi asuqqnsi di PT Adhi Karya, giliran Mantan Bos PT Adhi Karya Wijaya Imam Santosa. divonis 2 tahun penjara dalam kasus korupsi pipanisasi Karangasem, ker-narin. Hebohnya, tuntutan Iaksa terkait dengan pengembalian kerugian negara ditolakhakim. Se- hingga pengembalian kerugian negara menjadi "misterius" alias tidak ada yang mengembalikan.

    Sidang dipimpin oleh hakim Ketua Ketut Gede Hariadi, dengan hakim Anggota Patensili dan Sumali. Tim Jaksa adalah Made Subawa cs. Sedangkan terdakwa Wijaya lmam Santosa didampingi oleh pengacara Edi Hartaka.

    Terdakran dinlhtakan bersalah Yaitu melanggar pasal 3 ayat I jo pasal 18 ayat t hurufB undang - undang nomor 3l tahun l,ffiSrtang Tipikor sebagaimana telah diubah dengali'uii(.f{ff- undang nomor 20 tahun 20Ol tentang undang - ffifu yang sama. fo pasal 55 ayat I ke r KLIHP. Dengan konffiini hakim menghukum terdalsua 2 tahun penjara. Denda'Rp 50 iuta subsider 2 bulan. Artinya jika tidak membayar denda hukumannya ditambah 2 bulan. Hukrman ini kibih ringan dari tuntutan Jaksa, yaitu 3 tahun penjara dan d6nda Rp 50 juta subsider 4 bulan penjara. faksa juga sebenarnya menuntut pengembalian kerugian negara Rp 3,3 miliar jika tidak mengembalikan hukuman ditambah2 tahqn: Namun hakim kemarin "membebas- kan" terdalq^/addri pengembalian Rp 3,3 miliar. (art/rid)

    Edisi r &9l, ,rs, bc\- ap\(, Ffal : 2b-

    ..,i.4:. l ,r,._{'

    ll.tl,

    ., .i.:,.1' ,, I .:t--. I : c1;.r L-. Lk;;

    \i. \'il8

    nru

  • Sub hSagiatr Hurnas clan i-ata Usaha 8P!( l{! peu'waNtllla* [,r^ov!nsl Bali

    tq ;. ii ri",,.. ,

    l.'r ' l ':'.:r",11("' il-t .,:::.'',.::/

    *'Dinas PU Buleleng Finalty Rekanan Rp3 Juta/Hari

    Proyek Kantor Camat Sukasada Molor

    PENGERJMN proyek gedung Kantor Camat Sukasada, Buteteng, m..'.H}t#';tJr".:l

    SINGAMJA, NusaBali

    .. Proyek pembangunan gedung Kantor Camat Sukasada tern\rata

    tidak rampung sesuai kontrak kerja. Bupati Buleleng putu Agus Suradnyana pun kecewa saat men-

    injauiokasi proyek, Senin (28/L2) p^agr.

    Proyek tersebut digarap rekanan, PT Amerta SakE laya dengan nilai kontzk Rp 3,4 miliar lebih. Sesuai konualq pekerjaan dimulai 10 Agus- tus dan penyerahan 22 Desem- ber 2015. Namun hingga kemarin, perkembangan fisik baru mencapai sekitar 96 persen. Pihak rbkanan berjanji, seluruh pekerjaan akan tuntas kurangdari 10 hari kedepan "tGndala kami, kelarrangan pekerja Setiap terima upah, langsung ber- henti bekerjaj' ujar salah satu per- wakilan rekanan.

    Bupati Buleleng PuurAgus Suradn-

    ]rana, tampak keceraa dengan keter- lambatan tersebuL DisamPing itu, bupati asal Desa Banyuatis ini le&wa dengan kualitas dari material yang digunakan "Mana material png baik untuk interior dan eksterior, Lihat proyeklGD. IGlau ini,waduhTapi apa sudah kena fi nalty ya?j' katanira

    Bupati mengaku, pada proyek-

    prqrekpng ctilap besar dari slsi pen- danaaq dirinl,a akan Erjun langsung saat penyusunari recana kerja dan sJaratqarat EI6). Iurdilalulianunuk mend4adcanla.ulitasptqrekpngbaik 'lGlauini (pembangunanlcanbrcanral RdIJ saatidakilcttlGdepan semunl'a harus sepengetahuan s4r4 dan saya

    - at

  • }\Tutr}u'wffiMruil

    DPRD Badung Setujui 3 Ranperda yang Dia.iukan Eksekutif

    Ketua DPRD Badung I Putu Parwata menerima Pemandangan U-rr frirll'l PDIP yang dibacakan I Wayan Luwir Wiana.

    Sub Bagiatl Hurnas dan l-ata {Jsalra 8Pl( l{l Pervvak!tlan !:,l"ovinsi Eali

    "'\'

    .,t''ii.-,+,-,

    -r , .'.1 ': ,

    "N.fl{"-lort"

    .:-:i:.r:l'

    MANGUPURA, NusaBali Rapat paripurna DPRD Badung

    masa persidangan ketiga digelar, Senin (28112), mengagendakan pe. mandangan umum (PU) fraksi-fraksi atas tiga ranc€rngan peraturan daerah (Ranperda) yang diajukan eksekutif. Seluruh fraksi sepakat sembari mem- berikan masukan dan saran

    Tiga ranperda tersebut tentang Pembentukan Produk Hukum Desa, Sistem Pajak Online Daerah, dan lentang Bangunan Gedung. Rapat paripurna dipimpin Ketua Dewan Putu Paruata didampingi Wakilnya ' ! Nyoman Karyana dan I Made Sunarta dihadiri Penjabat Buparti Badung I Nyoman HarryYudha Saka.

    Dalam PU Fraksi PDIP yang diba- cakan I Wayan Luwir Wiana, disebut- kan, pembenfukan produk hukum desa

    Badung," kata Luwir Wiana. PU Fraksi Demokrat yang di bca-

    kan I Nyoman Oka Wdianta meng- ingatkan soal antisipasi hal-hal yang dapat menghambat pelaksanana pa- jhk online. "Kita tidak ingin maksud dan tujuan untuk efisiensi pajak, jushr akan menimbulkan ruang baru bagi pelaku hacker yang menjadi objek bisnis yang dapat merugikan pemerintah dan menguntungkan wajib pajak," katranya.

    Selanjutnya, PU Fraksi Gerin-

    dra yang dibacakan Made Sudarta menjelaskan, khusus untuk pajak online sejatinya telah sejak dahulu didambakan oleh masyarakat untuk menepis kecurigaan tentrang ketidak- transparanan. Akan tetapi dambaan masyarakat bertahun-tahun kandas. "Ke depan ranperda sistem pajak online daerah menjadi titik awal yang baik untuk pemerintah benar-benar memiliki niat yang terpuji demi dam- baan rakyat Badulg yang berdaulat," katanya.

    PU Fraksi Golkar yang dibacakan oleh lNyoman Suka pada intinya me- nerima dan menyetuji ranpeda untuk menjadi perda dengan memberikan atensi khusus. Dalam bidang pem- bentukan produk hukum desa, Fraksi Golkar menilai pengaturan tersebut secara paradigmatik meogubah cara pandang yang menempatkan desa sebagai bagian dari pemerintah. Sejalan dengan itu maka diperlukan produk hukum untuk memenuhi ke- butuhan masyarakat desa.

    Sistem pajak online, dalam pe- nyelanggarannya harus didukung oleh pembiayaan keuangan daerah untuk merealisasikannya. "Bukan berarti uang adalah satu-satunya alat dalam menggerakkan roda pemerin- tahan," katanya. @ asa

    sangat baik untuk menjadikan desa sistem elektronik perpajakan, dalam rnengembangkan kehidupan ekonomi rangka mewujudkan good and clean masyanakatberdasarkan prakarsadan governance," kata Luwir. potensi yang dimiliki. Salah satunya Untuk bangunan gedung, meng- adalah perkembangan otonomi desa. ingat Badung sebagai pusat kegiatan

    Kemudian sistem pajak online, pariwisatakhusunyadiwilayahselatan fraksi yang dipimpin I Gusti Anom terjadi ketidakpatuhan dalam meng- Gumanti menilai pajak online akan gunakanomamenlokalataustyleBali lebih mengedepankan transpransi dalam pertumbuhan gedung. "Perda terutama dalam pemungutan dan Bangunan Gedung ini sebagai salah perhitungan pajak daerah. "Sudah satu ingtrument pengendali dalam iaatnya Barlrrng menggrrnakan penyelenggaran hangunan geclung di

    Edisi t , Eulqr"",go:DrT"g,15 Hal i Z-

    ,&;ruffi ?

  • Sub Bagian Hurnas danr l-ata Usaha tlP!( !{l Perwalqlllarr []t^ovirrsi t]ali

    I\Twil$uw,W'ffiq$$ lr;ivlJui;i\\ iry

    tif juga dalam mengeksekusi akan menyesuaikan dengan rekomendasii' kritik Dewa Rai. Selain aset di Bali Hyatt,

    lanjut politisi PDIp ini,'aset daerah milik Pemprov Bali di Garuda Wisnu, BTDC, dan kawasan Mumbul juga tak disebutkan secara j-elis. la- {ahal, itu sebetulnya sangat diperlukan dalam iekomen- dasi Pansus Aset.

    Karena itu, untuk menun- taskan keempat aset daerah tersebut, D