Analisis Web E-government Kota Bandung

download Analisis Web E-government Kota Bandung

of 13

  • date post

    27-Jun-2015
  • Category

    Documents

  • view

    1.130
  • download

    31

Embed Size (px)

Transcript of Analisis Web E-government Kota Bandung

ANALISIS WEB E-GOVERNMENT KOTA BANDUNG

LAPORANDiajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Kapita Selekta pada jurusan Teknik Informatika Kelas III-C

Oleh :

1 2

Muhammad Bahri Nur Nasution Putra Ikhsda Wijaya S

(1083176) (1083098)

PROGRAM DIPLOMA III TEKNIK INFORMATIKA POLITEKNIK POS INDONESIA BANDUNG 2010

AbstrakPemerintahan di Indonesia saat ini masih menerapkan sistem dan proses kerja yang kaku sehingga tidak dapat menunjang hasil kerja yang maksimal. Oleh karena itu, seharusnya pemerintah dapat mengubah sistem tersebut dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang tengah berkembang dengan pesat saat ini untuk meningkatkan kemampuan dalam mengolah, memproses, mengelola, menyalurkan dan mendistribusikan data, informasi, dan pelayanan publik guna memfasilitasi berbagai interaksi yang kompleks dengan masyarakat baik nasional dan internasional, bidang usaha, bahkan dengan lembaga-lembaga negara lain. E-Government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan.e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-toCustomer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G).Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik. Kata Kunci : E-Government, G2C, G2B, G2G

1. Pendahuluan

Kota Bandung merupakan sebuah kota dan sekaligus menjadi ibu kota dari provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Kota Bandung dikelilingi oleh pegunungan, sehingga bentuk morfologi wilayahnya bagaikan sebuah mangkok raksasa, secara geografis kota ini terletak di tengah-tengah provinsi Jawa Barat, serta berada pada ketinggian 768 m di atas permukaan laut, dengan titik tertinggi di berada di sebelah utara dengan ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut dan sebelah selatan merupakan kawasan rendah dengan ketinggian 675 meter di atas permukaan laut. Kota Bandung secara resmi mendapat status gemeente (kota) dari Gubernur JenderalJ.B. van Heutsz pada tanggal 1 April1906dengan luas wilayah waktu itu sekitar 900 ha, dan bertambah menjadi 8.000 ha di tahun 1949, sampai terakhir bertambah menjadi luas wilayah saat ini. Saat ini pemerintah kota bandung sudah mempunyai website e-government (http://www.bandung.go.id/) yang banyak mempunyai fungsi dalam

menginformasikan potensi-potensi daerah, event-event, layanan publik, pengaduan masyarakat, forum dan sebagainya. Penggunaan fasilitas e-government di lembaga pemeritahkota Bandung saat ini masih mengutamakan dari segi kuantitas dibanding kualitasnya. Oleh karena itu penulis dalam paper ini akan menganalisis kinerja dari egovernment milik pemerintah kota Bandung.

2. Pembahasan E-Government (EG) adalahpenggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta halhal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Governmentto-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.mengacu kepada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahuntuk bertukar informasi dan pelayanan kepada penduduk, perusahaan-

perusahaan,danpemerintahan lainnya.Bentuk e-government ada 4macam, yaitu government-to-customer,government-to-business, government-to-government.E-Government government-to-employees, oleh pemerintah dan dan

dilakukan

menggunakan teknologi informasi. Teknologiinformasi tersebut digunakan untuk mendukung proses bisnis-nya berupa pertukaraninformasi dan pelayanan kepada penduduk, perusahaan, dan pemerintah lainya. E-Governmentdapat memberikan keutungan berupa kemudahan dalam pembuatan KTP,pembayaraan pajak, penyediaan data demografi, dan sebagainya. EGovernment adalahadalah e-bisnis yang dilakukan oleh pemerintah untuk menjalankan proses bisnisnya, yaitupemerintahan dan layanan masyarakat.

3. Analisis Berikut adalah analisa yang lebih mendalam mengenai website kota Bandung berdasarkan kategori website yang baik.

Gambar 1 Tampilan utama e-government kota bandung

Keterangan range : 1 5 : tidak bagus 6 7 : cukup bagus 8 10 : bagus

Bobot No Unit Analisis NilaiPotensi daerah

Bobot Kategori Nilai40%

Jumlah Total

% Nilai Total

Informasi menu 1 utama dalam website 25 %

Komoditas utama

27%

100%

22,75 %

Kualitas SDM

18% 16%

Tahap I Informasi tambahan dalam fasilitas Website Tahap II 20% Tahap III 40% 21% 100% 15,4%

2

G2C

28%

3

Penyediaan hubungan

15 %

G2B G2G

27% 100% 21% 12,6 %

15% < 10 detik

10-30detik 4 Aksesibilitas 10% 100% 100%

>30 detik

Animasi

18%

5

Design

Teks lengkap

32%

100%

7,1%

Grafis

21%

1 Tingkat

15%

2 Tingkat Jumlah tingkatan 6 informasi 20% 3 Tingkat

17,5%

100% 17,5%

14%

4 Tingkat

17,5%

Jumlah

100%

86,85%

Keterangan : Potensi Daerah adalah menginformasikan tentang kondisi daerah yang bersangutan seperti investasi, pariwisata dan penjualan hasil alam didaerah tersebut.

y

Nilai bobot website ini :10 dengan perhitungan 10/10 x 40% = 40% karena pada website ini penjelasan yang mengenai potensi daerah yang terdapat di Kota Bandung dengan rinci dan menampilkan data-data yang akurat mulai dari bidang pariwisata, hotel, seni dan budaya, tempat reakreasi dan sebagainya yang terdapat pada Kota Bandung.

y

Komoditas utama menjelaskan atau menginformasikan kekayaan alam yang terkandung di Kota tersebut yang berfungsi untuk menambah pemasukan dearah. Contohnya dalam sektor pertanian, kehutanan, pertambangan, perkebunan, sumber air peternakan, pariwisata, tempat belanja dan sebagainya.Nilai bobot website ini : 9 dengan perhitungan 9/10 x 30% = 27% karena pada website ini informasi mengenai hasil utama dari Kota Bandung dari bidang pariwisata ditampilkan secara terinci dan dengan perhitungan yang matang.

y

Kualitas SDM ialah kualitas masyarakat pada Kota yang bersangkutan maksudnya latar pendidikan yang harus dimiliki pada setiap masyarakat supaya dalam penempatan karyawan pada suatu perusahaan lebih mudah dan sesuai dengan jenjang pendidikan yang mereka dapat.Nilai bobot website ini : 6/10 x 30% = 18% karena dalam website ini kurang dalam menampilkan informasi kependudukan dan latar belakang pendidikan penduduk yang terdapat di Kota Bandung.

y

Tahap I merupakan informasi tambahan mengenai pendidikan baik informasi pendidikan maupun ilmu pengetahuan secara umum maupun informasi pendidikan yang terdapat di pada daerah tersebut.Nilai bobot website ini : kami beri nilai 8 dengan perhitungan 8/10 x 20% = 16 %, karena pada website ini sangat detail menampilkan pendidikan dan saran pendidikan yang terdapat di Kota Bandung.

y

Tahap II merupakan informasi tambahan mengenai perniagaan yang terdapat di Kota Bandung

Nilai bobot website ini : 7 dengan perhitungan 7/10 x 30% = 21%, karena dalam website ini sudah cukup menampilkan informasi mengenai perniagaan, tetapi masih kurang banyak informasi mengenai perniagaan dalam segala bidang.

y

Tahap III merupakan informasi tambahan baik informasi secara umum diluar dari kegiatan pemerintahan maupun informasi khusus yang berkaitan dengan kegiatan pemerintahan kabupaten.Nilai bobot webasite ini : 8 dengan perhitungan 8/10 x 50% = 40%, karena secara keseluruhan informasi yang diberikan baik informasi secara umum ataupun mengenai kegiatan dalam pemerintahan Kota Bandung itu sendiri ditampilkan secara jelas dan up-to-date.

y

G2C (goverment to citizien) ialah website tersebut melakukan hubungan langsung ke masyarakat contohnya komunikasi secara online antara user dengan websitekota atau kabupaten tersebut.

Nilai bobot webasite ini 9 dengan perhitungan 9/10 x 40% = 28% karena pada website ini menampilkan menu-menu yang membuat interaksi antara penduduk dengan pemerintah semakin baik.

y

G2B (goverment to business) ialah website tersebut melakukan kerjasama antara beberapa perusahaan untuk menghasilkan suatu keuntungan (bisnis). Contohnya dalam bidang pariwisata yang bekerjasama dengan perusahaan lain yang bersangkutan seperti penginapan dan travel agent.Nilai bobot website ini :9 dengan perhitungan 9/10 x 30% = 27% karena pada website ini menampilkan beberapa link dengan tempat wisata maupun bekerja sama dengan perusahaan swasta maupun perusahaan negara.

y

G2G (goverment to goverment) ialah website tersebut menjelaskan tentang kerjasama antara beberapa kota atau kabupaten lain.Nilai bobot website ini : 7 10 x 30% = 21% karena pada website ini sudah melakukan kerjasama antara lembaga pemerintah lainnya, walaupun terkadang link yang bersangkutan tidak terkoneksi dengan baik.

y

Aksesibilitas adalah kecepatan jaringan untuk mengaks