ANALISIS KINERJA PENERIMAAN RETRIBUSI PASAR .Retribusi pasar merupakan salah satu macam sumber...

download ANALISIS KINERJA PENERIMAAN RETRIBUSI PASAR .Retribusi pasar merupakan salah satu macam sumber penerimaan Daerah ... pasar dan strategi ... Gatot Soenarko selaku staf Bidang Pengelolaan

of 101

  • date post

    03-Feb-2018
  • Category

    Documents

  • view

    218
  • download

    3

Embed Size (px)

Transcript of ANALISIS KINERJA PENERIMAAN RETRIBUSI PASAR .Retribusi pasar merupakan salah satu macam sumber...

  • i

    ANALISIS KINERJA PENERIMAAN

    RETRIBUSI PASAR DI KABUPATEN DEMAK

    TAHUN 2006-2009

    SKRIPSI

    Diajukan sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan Program Sarjana (S1)

    pada Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro

    Disusun oleh :

    ARJANGGI WISNU RAGA

    NIM. C2B607010

    FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS DIPONEGORO

    SEMARANG 2011

  • ii

    PERSETUJUAN SKRIPSI

    Nama Penyusun : Arjanggi Wisnu Raga

    Nomor Induk Mahasiswa : C2B607010

    Fakultas / Jurusan : Ekonomi / IESP (Ilmu Ekonomi dan Studi

    Pembangunan)

    Judul Skripsi : ANALISIS KINERJA PENERIMAAN

    RETRIBUSI PASAR DI KABUPATEN

    DEMAK TAHUN 2006-2009

    Dosen Pembimbing : Dra. Herniwati Retno Handayani, MS.

    Semarang, 18 Juli 2011

    Dosen Pembimbing

    (Dra. Herniwati Retno Handayani, MS.) NIP. 19551128 198103 2004

  • iii

    PENGESAHAN KELULUSAN UJIAN SKRIPSI

    Nama Penyusun : Arjanggi Wisnu Raga

    Nomor Induk Mahasiswa : C2B607010

    Fakultas / Jurusan : Ekonomi / IESP (Ilmu Ekonomi dan Studi

    Pembangunan)

    Judul Skripsi : ANALISIS KINERJA PENERIMAAN

    RETRIBUSI PASAR DI KABUPATEN

    DEMAK TAHUN 2006-2009

    Telah dinyatakan lulus ujian pada tanggal 26 Juli 2011

    Tim Penguji

    1. Dra. Herniwati Retno Handayani, MS. ( )

    2. Nenik Woyanti, SE, MSi ( )

    3. Johanna Maria Kodoatie,SE.,Mec.,Ph.D.( )

  • iv

    PERNYATAAN ORISINALITAS SKRIPSI

    Yang bertanda tangan di bawah ini saya, Arjanggi Wisnu Raga, menyatakan bahwa skripsi dengan judul : ANALISIS KINERJA PENERIMAAN RETRIBUSI PASAR DI KABUPATEN DEMAK TAHUN 2006-2009, adalah hasil tulisan saya sendiri. Dengan ini saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa dalam skripsi ini tidak terdapat keseluruhan atau sebagian tulisan orang lain yang saya ambil dengan cara menyalin atau meniru dalam bentuk rangkaian kalimat atau simbol yang menunjukkan gagasan atau pendapat atau pemikiran dari penulis lain, yang saya akui seolah-olah sebagai tulisan saya sendiri, dan atau tidak terdapat bagian atau keseluruhan tulisan yang saya salin, tiru atau yang saya ambil dari tulisan orang lain tanpa memberikan pengakuan penulis aslinya. Apabila saya melakukan tindakan yang bertentangan dengan hal tersebut di atas, baik disengaja maupun tidak, dengan ini saya menyatakan menarik skripsi yang saya ajukan sebagai hasil tulisan saya sendiri ini. Bila kemudian terbukti bahwa saya melakukan tindakan menyalin atau meniru tulisan orang lain seolah-olah hasil pemikiran saya sendiri, berarti gelar dan ijasah yang telah diberikan oleh universitas batal saya terima.

    Semarang, 18 Juli 2011 Yang membuat pernyataan,

    (Arjanggi Wisnu Raga) NIM : C2B607010

  • v

    MOTTO DAN PERSEMBAHAN

    Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan

    sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-

    orang yang khusyu, yaitu orang-orang yang meyakini bahwa mereka

    akan menemui Tuhannya dan bahwa mereka akan kembali kepada-

    Nya

    (Al-Quran surat Al-Baqarah : 45-46)

    Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, dan apabila

    telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-

    sungguh(urusan) yang lain. (SR. Alam Nasyrah, 6-7)

    Kebanggaan kita yang terbesar adalah bukan tidak pernah gagal,

    tetapi bagaimana kita bangkit kembali setelah kita jatuh

    (Confusius)

    Skripsi ini kupersembahkan untuk Ayahanda, (Alm.) Ibunda,

    dan Kakak-kakak tercinta.......

  • vi

    ABSTRACT

    User charges is one kind of local revenue source that are important to Demak regency. This was evident during the fiscal years 2006-2009 actual revenues have increased market levies. However, in achieving its target in 2006 and 2007 are not met (in which realized revenue levy does not reach the target market), that is equal to (-4,83%) and (-1,14%). This indicated there are problems in the performance of market acceptance of user charges in Demak regency.

    This study to calculate the level of efficiency and effectiviness of market acceptance of user charges, to analyze the performance of market acceptance of user charges, and formulate appropriate strategies to improve the performance of market acceptance of user charges in Demak regency.

    The data used in this study is secondary data and primary data. Sampling method used in this study was purposive sampling (traders, officials levy collector market, and clerk Demak regency market managers) with the number 50.

    From the calculation of the level of efficiency and effectiveness in the years 2006-2009 indicated that the average performance of market acceptance of user charges in Demak regency was ineffective (0,59%) but efficient (0,05%). From the SWOT analysis matrix is obtained four strategies namely, SO strategy is to utilize the elements of power that for the maximum capture of the existing opportunities. ST strategy is to take advantage of elements possessed the power to reduce and if necessary, eliminate threats to be faced. WO strategy is the strategy set out in planning efforts to minimize the weaknesses that have to capture the existing opportunities. WT strategy is strategy planning in an effort to minimize the weaknesses that have to cope with the next threats. Performance of market acceptance of user charges in Demak regency has total score o the weighted average of 2,52 means IFE internal position DISPERINDAKOP Demak regency have an average position of the strength and weaknesses, while the total score of the weighted average of 2,49 which EFE indicated that external factors effected directly or indirectly to the opportunities and threats in average positions. Therefore, a sustainable strategy is a strategy of market penetration and product development strategy.

    Key words : Performance of Levies Revenue Market.

  • vii

    ABSTRAK

    Retribusi pasar merupakan salah satu macam sumber penerimaan Daerah yang penting bagi Kabupaten Demak. Hal ini terbukti selama tahun anggaran 2006-2009 realisasi penerimaan retribusi pasar mengalami peningkatan. Namun pada pencapaian targetnya pada tahun 2006 dan 2007 tidak terpenuhi (dimana realisasi penerimaan retribusi pasar tidak mencapai target), yaitu sebesar (-4,83%) dan (-1,14%). Hal ini mengindikasikan terdapat permasalahan didalam kinerja penerimaan retribusi pasar di Kabupaten Demak.

    Penelitian ini bertujuan untuk menghitung tingkat efisiensi dan efektivitas penerimaan retribusi pasar, menganalisis kinerja penerimaan retribusi pasar, dan merumuskan strategi yang tepat untuk meningkatkan kinerja penerimaan retribusi pasar di Kabupaten Demak.

    Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling (pedagang, petugas pemungut retribusi pasar, dan petugas pengelola pasar Kabupaten Demak) dengan jumlah 50 orang.

    Dari perhitungan tingkat efisiensi dan efektivitas pada tahun 2006-2009 diperoleh gambaran bahwa rata-rata kinerja penerimaan retribusi pasar di Kabupaten Demak tidak efektif (0,59%) tetapi efisien (0,05%). Dari analisis matriks SWOT diperoleh empat strategi yaitu, strategi SO adalah memanfaatkan unsur-unsur kekuatan yang dimiliki untuk sebesar-besarnya menangkap peluang yang ada. Strategi ST adalah memanfatkan unsur-unsur kekuatan yang dimiliki untuk memperkecil dan bila perlu menghilangkan ancaman yang akan dihadapi. Strategi WO adalah strategi yang disusun dalam upaya menyusun perencanaan untuk meminimalkan kelemahan yang dimiliki untuk menangkap peluang yang ada. Strategi WT yaitu strategi dalam upaya menyusun perencanaan untuk meminimalkan kelemahan yang dimiliki untuk mengatasi ancaman yang akan datang. Kinerja penerimaan retribusi pasar di Kabupaten Demak memiliki skor total rata-rata tertimbang IFE 2,52 artinya posisi internal DINPERINDAGKOP UMKM Kabupaten Demak memiliki posisi rata-rata terhadap kekuatan dan kelemahan yang ada, sedangkan skor total rata-rata tertimbang EFE sebesar 2,49 yang menunjukkan bahwa faktor eksternal yang mempengaruhi secara langsung maupun tidak langsung terhadap peluang dan ancaman yaitu memiliki posisi yang sedang. Oleh karena itu, strategi yang cocok digunakan adalah strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan produk.

    Kata kunci : Kinerja Penerimaan Retribusi Pasar.

  • viii

    KATA PENGANTAR

    Alhamdulillah Puji Syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT karena

    berkat limpahan Rahmat, Taufiq, Hidayah serta Inayah-Nya penulis sampai saat

    ini masih diberikan bermacam kenikmatan tiada ternilai harganya hingga Penulis

    dapat menyelesaikan skripsi dengan judul Analisis Kinerja Penerimaan Retribusi

    Pasar di Kabupaten Demak Tahun 2006-2009. Skripsi ini disusun untuk

    memenuhi persyaratan menyelesaikan progam Sarjana (S1) Jurusan Ilmu

    Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

    Adalah suatu hal yang mustahil tentunya bila skripsi ini dapat selesai

    tanpa banyak mendapat bimbingan, dukungan, dan bantuan dari berbagai pihak,

    sehingga dalam kesempatan ini penulis menyampaikan penghargaan dan ucapan

    terima kasih :

    1. Bapak Prof. Drs. H. Mohammad Nasir, Msi., Akt., Ph.D selaku Dekan

    Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

    2. Ibu Dra. Herniwati Retno Handayani, MS. selaku dosen pembimbing,

    yang telah memberikan bimbingan, motivasi, masukan-masukan, nasehat,

    dan saran yang sangat berguna bagi penulis untuk menyelesaikan skripsi

    ini.

    3. Bapak Prof. Drs. Waridin MS. Ph.D selaku dosen wali yang telah

    memberikan petunjuk dan dorongan yang diberik