Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

24
ALGORITMA PEMROGRAMAN 1 SYIFA MAYLAN SALAM 1502010

description

materi alpro percabangan dan pengulangan

Transcript of Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

Page 1: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

ALGORITMA PEMROGRAMAN 1

S Y I FA M AY L A N S A L A M1 5 0 2 0 1 0

Page 2: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

ALGORITMAAlgoritma berasal dari nama penulis buku, yakni Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi yang berasal dari Uzbekistan

Pada saat itu, Al-Khwarizmi menulis buku dengan judul Al Jabar wal-Muqabala yang artinya 'Buku Pemugaran dan Pengurangan‘.Dari judul buku tersebut, kita juga memperolehkata “aljabar”

Page 3: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

Menurut Microsoft Press Computer and Internet Dictionary 1997, 1998 , Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Menurut Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi, Algoritma adalah suatu metode khusus untun menyelesaikan suatu persoalan.

Page 4: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

Suatu produk yang dihasilkan dari perancangan suatu aplikasi yang merupakan sebuah intruksi untuk mengatur suatu tindakan tertentu.Serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer.

PROGRAM

PROGRAMMERorang yang membuat program

Page 5: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

Bahasa pemrograman diubah kedalam bahasa yang dipahami oleh komputer dengan menggunakan interpreter atau kompiler. Dalam dunia pemrograman dikenal berbagai macam bahasa pemrograman, namun yang lebih umum digunakan adalah Pascal, Java, C, C++, dan BASIC.

Secara garis besar, bahasa-bahasa pemrograman dapat dikelompokkan menjadi:

– Bahasa beraras tinggi – high level language (Assembler) – Bahasa beraras rendah – medium level language (C, Pascal, Fortran) dan – Bahasa beraras rendah – low level language (Java, C++, C#).

BAHASA PROGRAM

Page 6: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

Pengkonversi source code menjadi bentuk berkas yang dapat dieksekusi secara langsung oleh komputer.

Compiler menerjemahkan perintah secara sekaligus sebelum program tersebut dieksekusi, sehingga program yang dieksekusi oleh compiler dapat berjalan lebih cepat dibanding program yang dieksekusi oleh interpreter.Contoh program yang menggunakan compiler adalah Visual Basic, Visual Delvi, dan Pascal.

COMPILER

Page 7: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

INTERPRETER

Interpreter adalah Perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program lalu diterjemahkan ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin melakukan instruksi yang diminta oleh programmer tersebut.

Page 8: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

Proses ini sangat berbeda dengan compiler, dimana pada compiler, hasilnya sudah langsung berupa satu kesatuan perintah dalam bentuk bahasa mesin, dimana proses penterjemahan dilaksanakan sebelum program tersebut dieksekusi.

Interpreter atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Juru Bahasa berbeda dengan Translator atau penterjemah dalam segi media yang dipakai untuk menerjemahkan. Interpreter akan menterjemahkan bahasa sumber ke dalam bahasa sasaran secara langsung atau orally sementara translator akan menerjemahkan bahasa sumber ke bahasa sasaran secara tertulis.

Java dijalankan menggunakan interpreter yaitu Java Virtual Machine (JVM). Hal ini menyebabkan source code Java yang telah dikompilasi menjadi Java bytecodes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.

PERBEDAAN INTERPRETER DAN COMPILER

Page 9: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

IF

BENTUK PERCABANGAN IF ADALAH BENTUK PERCABANGAN PALING SEDERHANA. PERCABANGAN IF MEMILIKI MAKNA ” JIKA KONDISI TERPENUHI (BERNILAI BENAR), MAKA PERNYATAAN AKAN DIKERJAKAN SEDANGKAN JIKA KONDISI TIDAK TERPENUHI MAKA PERNYATAAN AKAN DIABAIKAN”

Page 10: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

flowchart dan pseudocode

Flowchart adalah diagram yang menunjukkan gambaran masalah

Simbol yang digunakan berbentuk gambar 

Standar Mudah di pahami Tidak dapat langsung dibuat

program Berupa rancangan

Bahasa tinggi yang digunakan menyerupai kode program

Belum standar Mudah di baca Dapat langsung di buat program Sudah hampr berupa

implementasi

Pseudocode adalah penjelasan cara menyelesaikan suatu masalah

Page 11: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

FLOWCHART

Page 12: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

CONTOH FLOWCHART DAN PSEUDUCODE

Algoritma :1. Masukkan phi (π)2. Masukkan jari-jari (r)3. Luas Lingkaran adalah phi dikalikan jari-jari4. Tampilkan luas lingkaran

Pseudocode :1. Input phi (π)2. Input jari-jari (r)3. Luas = π x r x r 4. Print luas lingkaran 

Page 13: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010
Page 14: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

IF … ELSE

Bentuk percabangan IF … ELSE adalah bentuk percabangan yang memiliki makna ” jika kondisi IF terpenuhi (bernilai benar), maka pernyataan yang berada di dalam IF akan dikerjakan dan pernyataan yang berada di dalam ELSE akan diabaikan sedangkan jika kondisi IF tidak terpenuhi, maka pernyataan yang berada di dalam IF akan diabaikan dan pernyataan yang berada di dalam ELSE akan dikerjakan”

Page 15: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

NESTED IF

Bentuk percabangan NESTED IF pada dasarnya sama saja dengan bentuk percabangan IF yang lainnya, namun dalam NESTED IF memiliki percabangan lagi didalam percabangan IF utama.

Page 16: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

IF … ELSE MAJEMUK

Bentuk percabangan IF … ELSE MAJEMUK adalah bentuk percabangan yang paling rumit. Namun sebenarnya hamper sama dengan bentuk percabangan IF … ELSE, hanya saja IF … ELSE MAJEMUK memiliki banyak percabangan, sesuai dengan kondisi-kondisi yang harus dipenuhi untuk mengerjakan sebuah pernyataan.

Page 17: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

SWITCH

Bentuk percabangan SWITCH adalah bentuk percabangan yang hampir sama dengan bentuk percabangan IF … ELSE MAJEMUK. Namun dalam SWITCH, syarat kondisi hanya berupa char atau integer.

Page 18: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

ARRAY

Array Secara teoritis array itu merupakan variable yang dapat menampung lebih dari satu data dengan tipe data yang sama dan dibedakan berdasarkan nomor indeksnya. Dalam bahasa C, array selalu dimulai dari indeks ke-0 (nol).

Deklarasinya : Tipe data varibel[indeks]; Contoh : int data[10];Deklarasi tersebut berarti kita membuat variable nilai bertipe data integer dengan jumlah elemen 10. Yang dimulai dari indeks ke-0 sampai dengan indeks ke-9.

Page 19: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

Pengisian data ke dalam array : Contoh 1 :Scanf(“%d”,&nilai[6]); Artinya : - meminta input data dari keyboard untuk mengisi array indeks ke-6 misal kita menginputkan angka 7.

Page 20: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

STRING

String merupakan sebuah array yang berisi data-data bertipe karakter (Array of Char). String selalu diakhiri dengan karakter null(\0). Sekumpulan karakter-karakter yang diapit dengan kutip ganda (“”) disebut sebagai konstanta string. Dalam bahasa C akan secara otomatis menambahkan karakter null pada setiap akhir konstanta string untuk menandakn akhir dari sebuah string.

Page 21: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

Contoh Deklarasi : char pesan[21] -Membuat array char sebanyak 20 karakter, dari karakter indeks ke-0 sampai indeks ke-9-Indeks ke 20 digunakan sebagai tanda akhir dari string.

Page 22: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

Inisialisasi String

1. Jumlah indeks string tidak diinisialisasikan dan data yang diinput langsung berupa konstanta string.

2. Jumlah indeks tidak di inisialisasi, dan data di input berupa kumpulan karakter.

3. Deklarasi array of char dan inisialisasinya dipisahkan, maka pengisian data ke dalam array harus menggunakan fungsi strcpy.

4. Inisialisasi dengan inputan dari keyboard. Data yang diinputkan dapat menggunakan spasi.

5. Inisialisasi dengan inputan dari keyboard. Data yang diinputkan tidak dapat menggunakan spasi.

Page 23: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

Mencetak String ke Layar

a. Mencetak string sebagai konstanta stringb. Mencetak string sebagai kumpulan karakter

Page 24: Alpro Syifa Maylan Salam 1502010

Fungsi Manipulasi String

1. Strcpy : fungsi ini berfungsi untuk menyalin isi suatu string ke string yang lain.

2. Strlen : Fungsi ini berfungsi untuk menghitung jumlah karakter dalam suatu string.

3. Strcmp : Fungsi ini akan membandingkan dua string secara case sensitive. Fungsi ini akan menghasilkan sebuah nilai integer dengan ketentuan :

- Nilai return (>0), ketika string 1 lebih besar dari string 2 - Nilai return (=0), ketika string 1 sama dengan string 2 - Nilai return (<0), ketika string 1 lebih kecil dari string 2