Alat - alat Berat

download Alat - alat Berat

of 32

  • date post

    22-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    406
  • download

    17

Embed Size (px)

description

Alat - alat Berat

Transcript of Alat - alat Berat

ALAT PENGANGKUTAN DALAM AKTIVITAS PENAMBANGAN

Pengangkutan (hauling) adalah serangkaian pekerjaan yang dilakukan untuk mengangkut batuan/endapan bijih dari satu tempat (tambang) ke tempat yang lain (tempat penimbunan atau pengolahan).Macam-macam alat angkut (Gambar 2.1)antara lain :1. Truck2. Bulldozer 3. Conveyors4. Cable Way transportation5. Skip6. Pipa dan pompa7. Cage8. Power scraper9. Tongkang, kapal tunda, dan kapal bijih10. Lori dan lokomotif

GAMBAR 2.1(1)MACAM-MACAM ALAT ANGKUT

1. Power scraper Alat ini dapat menggali muatannya sendiri, mengangkut tempat yang ditentukan, lalu menyebar dan meratakan muatan tersebut. Dengan operator yang terlatih dan berpengalaman juga merupakan suatu alat presisi karena dapat menggali tanah atau menimbuni suatu tempat. Dapat pula memotong lereng tanggul atau atau lereng bendungan, menggali tanah yang terdapat diantara bangunan beton, meratakan jalan raya atau lapangan terbang Sedangkan effisiensinya tidak hanya tergantung dari kedalaman tanah yang digali, jarak angkut dan macam material yang ditangani, tetapi juga angkut dan macam material yang ditangani, tetapi juga dari keadaan mesin serta keterampilan dan pengalaman operatornya. Ditinjua dari segi penggeraknya ada 2 macam power scrapers, yaitu : a) Scraper yang ditarik oleh bulldozer (tractor down scraper ) Alat ini adalah power scraper yang kuno, yaitu scraper yang belum memiliki mesin mengegrak (prima mover) sendiri, sehingga selalu ditarik oleh sebuah bulldozer atau tractor. Alat ini tentu saja produksinya tak dapat tinggi karena gerakan bulldozer sebagai penariknya sangat lambat. Sedang jarak angkutnya yang ekonomis (67 m (200 ft)). b) Scraper yang memiliki mesin penggerak sendiri (self propelled scrapers) Alat ini (lihat gambar 11) adalah power scraper yang modenr, yaitu scraper yang memiliki mesin pengerak khusus, sehingga gerakannya gesit dan lincah. Dengan sendirinya produksi alat ini dapat tinggi. Untuk pengankutan jarak sedang (+ 5 m) sudah terbukti dapat menyaingi truk, baik dari produksi maupun biay aper ton (m3) nya. Self Propelled power scraper sekarang semakin berkembang sehingga ada beberapa macam model, antara lain : i. Conventional (Standard) power scraper Alat ini hanya memiliki sebuah mesin penggerak yang ditempatkan dibagian depan (tractor side ; lihat gambar 12). Mesin ini fungsinya hanya untuk mengangkut dengan kecepatan tinggi. Tetapi pada saat pengisian mesin ini tak memiliki tenaga tarik (pulling force) yang besar. Oleh sebab itu agar waktu pengisiannya dapat lebih cepat, maka pada saat menggali dan mengisi mautannya harus didorong oleh sebuah bulldozer. Cara pengisian demikian ini disebut pusher loading. Dan dengan cara pengisian tersebut ternyata conventional power scrapers menjadi mampu menangani material yang lebih bervariasi keadaannya, misalnya saja mampu menangani material dari tanah liat yang lunak, apsir berlempung sampai batu kerikil, batubara yang lunak atau sudah pecah-pecah dan batuan hasil penggaruan (ripping)

Jarak angkutnya yang ekonomis berkisar antara 150 1700 m (500 5.000 ft). kapasitasnya berkisar antara 24 64 ton (20 54 cuyd) dengan tenaga mesin antara 325 615 HP. Jumlah tahanan gulir (rolling resistance) dan kemiringan jalan (grade resistance) yang dapat diatasi berkisar antara 3 10 %. Sedangkan ongkos pemilikan (ownership costs) dan ongkos operasinya (operating costs) adalah yang termurah dari smeua modal power scrapers yang dikenal pada saat ini. ii. Tandem (Dual Machine) Power Scrapes Jenis ini memiliki mesin ganda. Mesin pertama ditempatkan dibagian depan seperti pada jenis conventional (standard) dan berfungsi sebagai meisn penarik (pulling power unit). Sedangkan mesin kedua ditempatkan dibagian belakang bowl (scraper siode ; lihat gambar 13) dan berfungsi sebagai mesin pendorong (pushing power unit) pada saat mengisi muatannya. Sehingga ala tini tak membutuhkan bulldozer lagi sebagai alat dorong. Disamping itu karena alat ini memiliki mesin ganda, maka dapat bekerja di daerah-daerah yang kodisinya lapangan relatif jelek.

Jarak angkutnya yang ekonomis berkisar antara 100 1.170 m (300 3.500 ft). kapasitasnya antara 24 52 ton (20 50 cyd) dengan tenaga mesin antara 288 950 HP. Jumlah tahanan gulir dan kemiringan jalan yang dapat dialami sekitar 10 %. Sedangkan ongko spemilikan dan ongkos operasinya lebih tinggi dari yang conventional (standard) power scraper

iii. Elevating Power Scrapers Alat jeni sini dilengkapi dengan elevator pada bagian depan bowl tepat di atas pisaunya (cutting edge) yang berfungsi untuk membantu menaikkan hasil galian kedalam bowl (lihat gambar 14) terutama apabila menghadapi material-material yang sulit ditangani seperti pasir kering yang kohesinya sangat rendah, sehingga bila tidak memakai elevator akan segera meluncur keluar dari bowl.Jenis power scraper ini ada yang bermesin tunggal (single engine) dan ada pula yang bermesin ganda (tandem or dual engine). Untuk yang bermesin tunggal jarak angkutnya yang ekonomis berkisar antara 13 38 ton (11 34 cuyd) dengan tenaga mesin antara 150 550 HP. Jumlah tahanan gulir dari kemiringan jalan yang dapat dialami berkisar antara 3 7 %.

Sedangkan ongkos pemilikan dan ongkos operasinya termasuk tinggi. Untuk yang bermesin ganda jarak angkutnya yang ekonomis berkisar antara 150 670 m (500 2.000 ft). Kapasitasnya dapat berkisr antara 19 38 ton (16 34 cuyd) dengan tenaga mesin antara 280 700 HP. Jumlah tahanan gulir dan kemiringan jalan yang dapat dialami lebih dari 10 %. iv. Push Pull Power ScrapersMerupakan dua unit power scraper yang pada saat penggalian dna pengisian digabung menjadi satu unit (lihat gambar 15). Jenis power scraper yang digabungkan adalah yang bermesin ganda (tandem or dual engine).

Disini power scraper yang berada di depan berfungsi sebagai penarik (pulling unit). Sedangkan power scraper kedua yang berada di belakang berfungsi sebagai pendorong (pushing unit) bagi alat pertama. Bentuk sambungan kedua power scraper tersebut telah dirancang khusus sehingga mudah mengaitkan dan melepaskannya (lihat gambar 16). Jadi selama melakukan penggalian dan pengisian kedua unit power scraper itu memiliki empat meisn yang merupakan gabungan mesin-mesin dari kedua alat tersebut, sehingga gabungan alat tersebut memiliki tenaga penggalian dan pengisian yang lebih besar.

Jarak angkut yang ekonomis berkisar antara 150 1.700 m (500 500 ft). sedangkan ongkos pemilikan dan ongko soperasinya hampir sama dengan jenis elevating scrapers yang bermesin ganda.

Spesifikasi Scraper

Macam-Macam Scraper :i. Scraper yang dilengkapi motor penggerak : Crawler Tractor Pulled Scaper Wheel Tractor Pulled Scraper Keuntungan menggunakan Crawler tractor pulled scraper Diperoleh traction yang tinggi Diperoleh drawbar pul yang besar Dapat bekerja pada medan kerja yang jelek Sangat baik untuk jarak kerja yang pendek (short haul) Dalam pekerjaan scraping tidak memerlukan bantuan bulldozer Kerugiannya : -Tidak dapat berjalan dengan kecepatan tinggi-Lamban kerjanyaii. Scraper tanpa motor penggerak(contohnya : Trailer Model)

Cara Kerja Scraper :Scraper menggusur dan memuat material galian dengan cara : Sewaktu scraper bergerak/berjalan, bowl diturunkan sampai cutting edge menancap pada material yang digali dan appron dinaikkan sehingga material hasil gusuran cutting edge dapat masuk kedalam bowl. Ejector ditarik sampai kesisi belakang bowl; untuk memberi ruang keleluasaan material hasil gusuran masuk kedalam bowl. Setelah bowl penuh (scraper tetap dalam keadaan berjalan); bowl diangkat bersamaan dengan menutup slot/lubang pada cutting edge dengan cara menurunkan appron. Scraper penuh muatan hasil gusuran menuju ke suatu tempat yang memerlukan penebaran/penumpahan hasil gusuran. Pada tempat yang diinginkan, material hasil gusuran dikeluarkan atau ditebarkan/ditumpahkan dengan cara bowl tetap terangkat, scraper tetap berjalan , appron dinaikkan sehingga slot dibagian bawah/dasar bowl terbuka dan ejector digerakkan dari sisi belakang bowl menuju kedepan, sampai isi dalam bowl keluar habis.

2.

2. DUMP TRUCKBanyak dipakai untuk mengangkut : tanah, batuan untuk bangunan, dll pada jarak dekat dan sedang. Karena kecepatannya yang tinggi (kalau jalan baik), maka dump truck memiliki kapasitas tinggi sehingga ongkos angkut per ton material rendah. Kecuali itu juga flexible yaitu dapat digunakan untuk mengangkut bermacam-macam barang dengan muatan yang berubah-ubah dan tidak terlalu tergantung pada jalur jalan (bandingkan dengan lori atau belt conveyer).Alat ini dapat digerakkan dengan motor bensin, disel, butane atau propane. Yang besar-besar biasanya digerakkan oleh mesin diesel. Kemiringan jalan yang dapat dilalui maksimum hingga 35 % (efektif 17 18 %).Penggolongan Dump Trucka. Berdasarkan tenaga penggerak drive Front wheel drive (tenaga penggerak pada roda depan), lambat dan lekas aus bannya. Rear wheel drive (tenaga penggerak pada roda belakang), merupakan tipe yang paling umum digunakan. For wheel drive (tenaga penggerak pada roda depan dan belakang). Double Rear wheel drive (tenaga penggerak pada dua pasang roda belakang).

b. Berdasarkan cara dumping End-dump : mengosongkan muatan kebelakang. Side-dump : mengosongkan muatan kesamping Bottom-dump : mengosongkan muatan kebawah. Bodynya terbuat dari baja yang kuat, berkapasitas anatara 5-40 ton, sekarang 150 ton.Pemilihan tergantung dari keadaan tempat kerja, artinya tergantung dari keadaan dan letak tempat pembuangan material (dump site).Mengenai cara pemilihan ukuran dump truck memang agak sukar menentukannya. Akan tetapi sebagai pegangan dapat dikatakan bahwa kapasitas minimum dari dump truck kira-kira 4 5 kali kapasitas alat penggalinya (power shovel atau dragline).

Kapasitas Truck, dinyatakan dalam: Tonage, dalam ton atau Struck volume, dalam cu yd.Kapasitas volume truck yang diisi peres dengan bagian terat