Akidah akhlaq - adab berpakaian

download Akidah akhlaq - adab berpakaian

If you can't read please download the document

  • date post

    15-Jan-2017
  • Category

    Education

  • view

    240
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Akidah akhlaq - adab berpakaian

PowerPoint Presentation

Disusun Oleh :Fatimah A. (10)X IPA 2

ADABBERPAKAIAN

MUQADDIMAHPakaian merupakan salah satu nikmat sangat besar yang Allah berikan kepada para hambanya, Islam mengajarkan agar seorang muslim berpakaian dengan pakaian islami dengan tuntunan yang telah Allah dan Rasul-Nya ajarkan. Sehingga dalam berpenampilan pun, kita akan memperoleh pahala.

Berikut ini adalah adab-adab berkenaan dengan berpakaian yang sepantasnya di ketahui oleh seorang muslim:

, .

Wahai Tuhanku,berilah aku kebaikan dengan pakaian ini, dan hindarkanlah aku dari kejahatan yang ditimbulkan.

Berdoa Memakai Pakaian Baru

1

Segala puji bagi Allah yang memberi pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dari-Nya tanpa ada daya dan kekuatan dariku.

Berdoa Memakai Pakaian Lama

1

Aisyah radhiallahu anha berkata:

"Rosululloh sholallohu alaihi wa sallam menyenangi memakai sesuatu dari bagian kanan dalam setiap perbuatan, baik dalam bersandal, berjalan maupun bersuci". (HR. Muslim: 67 atau 268)

Mendahulukan yang Kanan

2

. ( )

Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain Dia.

Berdoa saat Melepas Pakaian

3

:

Arinya :Dari Abu Hurairah, bahwa seorang perempuan datang kepada Nabi saw, lalu katanya : Wahai Rasulullah, sesungguhnya anak perempuanku akan menjadi pengantin, sedang rambutnya telah rusak karena penyakit campak, maka bolehkan aku menyambungnya ? Nabi saw. Menjawab : Allah melaknati orang yang menyambung rambut, orang yang minta disambung rambutnya, orang yang membuat tatoo dan orang yang minta di tattoo.(HR. Abu Dauwud & Ahmad)

Larangan menyambung Rambut

4

Dalam riwayat Muslim, Al Barro bin Azib mengatakan, - - - -.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam itu berperawakan sedang, perpundak bidang, rambutnya lebat terurai ke bahu hingga sampai kedua cuping telinganya. Pada suatu ketika, beliau pernah mengenakan pakaian berwarna merah, tidak ada seorangpun yang lebih tampan dari beliau(HR. Muslim no. 2337)

Memanjangkan Rambut Hingga Bahu

5

Bersih artinya bebas dari kotoran.

Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu anhuma, beliau berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam datang berkunjung ke rumah kami. Tiba-tiba beliau melihat laki-laki yang pakaiannya kotor. Maka beliau shallallahu alaihi wasallam berkata yang artinya, Apakah orang ini tidak mendapatkan sesuatu yang dapat mencuci bajunya?

(HR. Ahmad dan Nasai, dishahihkan oleh Asy Syaikh Al Albani rahimahullah dalam Ash Shahihah)

Berpakaian Bersih

6

Warna pakaian yang dianjurkan untuk laki-laki adalahwarna putih. Tentang hal ini terdapat hadits dari IbnuAbbas, Rasulullahshallallahu 'alaihi wa sallambersabda,"Kenakanlah pakaian yang berwarna putih,karena itu adalah sebaik-baik pakaian kalian danjadikanlahkainberwarnaputihsebagaikainkafan kalian."(HR. Ahmad, Abu Daud dll, shahih).

Memakai Pakaian Putih

7

1997[Bukhari 5892] Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra bahwa Nabi Saw pernah bersabda:

"Jangan berpenampilan sama dengan orang-orang musyrik. Biarkan janggutmu tumbuh subur dan cukurlah kumismu (agar berbeda dengan orang-orang musyrik)".Membiarkan Jenggot Tumbuh Subur

8

1995[Bukhari 5877] Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra bahwa Rasulullah Saw membuat cincin perak dan memberinya ukiran "Muhammad Rasulullah". Beliau bersabda:

"Aku membuat cincin perak dan memberinya ukiran "Muhammad Rasulullah", maka jangan ada siapapun yang mengukir cincin seperti cincinku".Tidak Boleh Mengukir Cincin Seperti Ukiran Cincin Beliau

9

2001[Bukhari 5921] Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra dia berkata:

Saya pernah mendengar Rasulullah Saw melarang qaza (menggunduli kepala dengan menyisakan sedikit rambut untk rumbai-rumbai).Larangan Qaza

10

(715).1 Ibnu Abbas mengatakan, "Nabi SAW keluar denganmengenakan penutup kepala yang dililitkan berwarna hitam."

Menutup Kepala (Dengan Lilitan Kain)

11

2267. Dari Anas bin Malik RA, dia mengatakan, "Pakaian yangpaling disukai Nabi SAW adalah beliau mengenakan jubah bermotif."

Memakai Pakaian Bermotif

12

2268. Dari Aisyah RA, istri Nabi SAW: Bahwa ketikaRasulullah SAW wafat, beliau dibungkus dengan jubah bermotif.

Memakai Pakaian Bermotif

12

Tidak mengenakan 2262. Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Pada hari kiamat nanti, Aliah tidak akan memandang kepada orangyang menyeret pakaiannya karena sombong."Larangan Menyeret Pakaian krn sombong

13

(714). ' Anas mengatakan,"Seorang baduy menarik sorbanNabi SAW."Memakai Sorban

14

hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Qhzab : 59)Menutup Aurat

15

Tidak memanjangkan pakaian, baju, mantel dan lainnya melebihi mata kaki, walaupun tidak berniat sombong.Rosululloh sholallohu alaihi wa sallam bersabda:

"(Kain) yang melebihi mata kaki tempatnya dineraka". (HR. Bukhori: 5787)

"Alloh tidak akan melihat orang yang memanjangkan bagian (melebihi mata kaki) karena sombong". (HR. Bukhori: 5788 dan Muslim: 48, 2087)

Tidak Memanjangkan kain Lebih dari Mata Kaki (bagi Pria)

16

Larangan Berpakaian tapi Telanjang dan Kepala spt Punuk Unta

17

Ada dua golongan penghuni neraka yang belum aku lihat, satu kaum yang selalu bersama cambuk bagaikan ekor-ekor sapi, dengannya mereka memukul manusia dan wanita-wanita yang berpakaian tapi telanjang. Mereka berjalan dengan melenggak-lenggok, kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta yang miring. Mereka tidak akan masuk surga & tidak mencium baunya, padahal bau surga bisa tercium dari jarak demikian & demikian.

[HR. Muslim Abu Hurairah radhiyallahuanhu]

Larangan Berpakaian tapi Telanjang dan Kepala spt Punuk Unta

18

- - Larangan Memakai Pakaian Berwarna Merah

19

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna; Telah menceritakan kepada kami Muadz bin Hisyam; Telah menceritakan kepadaku Bapakku dari Yahya; Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Ibrahim bin Al Harits; Bahwa Ibnu Madan; Telah mengabarkan kepada kaminya, Jubair bin Nufair; Telah mengabarkan kepadanya, dan Abdullah bin Amru bin Al Ash; Telah mengabarkan kepadanya, dia berkata; Rasulullahshallallahu alaihi wa sallampernah melihat aku memakai dua potong pakaian yang dicelup ushfur, lalu beliau bersabda, Sesungguhnya ini adalah pakaian orang-orang kafir, maka janganlah kamu memakainya. (HR. Muslim no. 2077)Larangan Memakai Pakaian Berwarna Merah

19

- - . . .Larangan Memakai Pakaian Berwarna Kuning

20

Telah menceritakan kepada kami Daud bin Rusyaid; Telah menceritakan kepada kami Umar bin Ayyub Al Mushili; Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Nafi dari Sulaiman Al Ahwal dari Thawus dari Abdillah bin Amru ia berkata; Nabi shallallahu alaihi wasallam pernah melihat saya sedang mengenakan dua potong pakaian yang dicelup ushfur, maka beliau bersabda, Apakah ibumu yang menyuruh seperti ini? Aku berkata, Aku akan mencucinya. Beliau bersabda:Jangan, akan tetapi bakarlah. (HR. Muslim no. 2077)Larangan Memakai Pakaian Berwarna Kuning

20

Dari Anas bin Malik, ia berkata bahwa Nabishallallahu alaihi wa sallambersabda,

Janganlah kalian memakai sutera karena siapa yang mengenakannya di dunia, maka ia tidak mengenakannya di akhirat. (HR. Bukhari no. 5633 dan Muslim no. 2069).Larangan Memakai Sutera (untuk Pria)

21

Dari Abu Musa Al Asyari, ia berkata bahwa Rasulullahshallallahu alaihi wa sallambersabda,

Diharamkan bagi laki-laki dari umatku sutera dan emas, namun dihalalkan bagi perempuan. (HR. Tirmidzi no. 1720).Larangan Memakai Emas (untuk Pria)

22

1985[Bukhari 5813] Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra, dia berkata: Pakaian yang paling disukai Nabi Saw adalah hibarah.

1986[Bukhari 5814] Diriwayatkan dari Aisyah ra bahwa ketika Rasulullah Saw wafat, jenazahnya ditutup dengan kain burd hibarah (kain persegi empat berwarna hijau).Hibarah

23

ALASAN ALASAN MENUNDA BERJILBABSILAKAN DISIMAK ;)

DAFTAR PUSTAKAwww.slideshare.comwww.tanggaislam.blogspot.comwww.pinterest.comkomikmuslimah.blogspot.comalquran-sunnah.comwww.al-ahkam.netwww.eramuslim.comE-book Kitab Shahih Bukhari