Akhlaq warga muhammadiyah

download Akhlaq warga muhammadiyah

If you can't read please download the document

  • date post

    08-Jan-2017
  • Category

    Documents

  • view

    647
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Akhlaq warga muhammadiyah

Akhlaq Warga Muhammadiyah Oleh: M. Danusiri

Akhlaq Warga MuhammadiyahOleh: M. Danusiri , . . . . . . . . ., .

Pengertian-PengertianMoralKata moral berasal dari bahsa Yunani mores yang berarti kebiasaan, yang baik dan yang buruk yang diterima secara umum mengenai perbuatan, sikap dan kewajiban.

SusilaKata susila berasal dari bahasa Sansekerta yang telah menjadi bahasa jawa, susilo. Susilo terdiri dari dua kata: su berarti baik, dan silo berarti budiperkerti, tingkahlaku.

EtikaKata Etika berasal dari bahasa Yunani ethos yang berarti kebiasaan baik atau buruk.

AkhlaqKata akhlaq berasal dari bahasa Arab khuluq yang berarti kebiasaan, dorongan jiwa untuk berbuat secara spontan, tak perlu dipikir, tetapi telah menjadi kebiasaan.

Struktur Keberagamaan

Iman dalam hatiDinyatakan dalam perbuatan (Islam) Pelaksanaan dalam tingkat sebaik-baiknya (Ihsan)Terbiasa /habitat berbuat baik (akhlaq)

ImplikasiAtas dasar perbedaan standard ukuran baik-buruk diantara keempatnya adalah sesuatu yang dianggap baik menurut moral, belum tentu baik menurut akhlaq, demikian pula sebaliknya (kadang-kadang). Contoh-contoh:Makan dengan tangan kiri tidak baik menurut adat Jawa, biasa-biasa saja menurut orang-orang Eropa dan Amerika.Sek di luar nikah asal saling suka baik menurut etika, tidak baik menurut akhlaq.Terlalu berterus terang baik menurut moral, etika, akhlaq, belum tentu baik menurut susila Jawa.

Pertentangan nilai Jika terjadi pertentangan nilai antara etika versus akhlaq, antara moral versus akhlaq, maka akhlaq lah yang harus dimenangkanDasar prioritas Pemenangan AkhlaqMisi Islam hanya satu: Aku diutus hanyalah untuk menyempurkan akhlaq . 2. Nilai moral hanya berlaku di kehidupan dunia, sedang nilai akhlaq berlaku hingga akhira t kelak. 3. Allah menyeru agar kita takut kepada-Nya bukan kepada manusia, sebagaimana tersebut dalam QS.

Dan dari mana saja kamu (keluar), maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu (sekalian) berada, maka palingkanlah wajahmu ke arahnya, agar tidak ada hujjah bagi manusia atas kamu, kecuali orang-orang yang zalim diantara mereka. Maka janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku (saja). Dan agar Ku-sempurnakan nikmat-Ku atasmu, dan supaya kamu mendapat petunjuk( QS al-Baqarah/2:150

Tahlilan yang pahalanya dikirmkan kepada orang yang meninggal baik menurut moral (masyarakat tertentu), tidak baik menurut syariat karena tidak dicontohkan oleh Rsulullah hingga generasi ke 4 IslamYasinan yang pahalanya dikirmkan kepada orang yang telah meninggal baik menurut moral (masyarakat tertentu) tidak baik menurut akhlaq (syariat) karena tidak dituntunkan oleh Rasulullah, alias mengada-ada. Semua hadis tentang yasinan yang dikaitkan dengan peristiwa kematian tidak ada yang shahih. Membaca al-Quran secara koor baik menurut masyarakat tertentu, sebenarnya tidak baik menurut petunjuk berikut:

Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat (Qs al-Araf/7:204) .

Jadi, menurut ayat tersebut, yang satu membaca, yang lainnya mendengarkan dan memahami, menghayati kandungan pesan ayat tersebut. Dalam peristiwa kematian terdapat tradisi memutar rekaman bacaan al-Quran, sementara para pelayat asyik ngomong ke sana-sini sesuai groupnya. Hal ini dipandang baik menurut moral masyarakat, tidak baik menurut akhlaq karena petunjuk ayat al-Quran surat al-Araf ayat 204 di atas.Takhtimul Quran dengan cara membaca sendiri tetapi berjamaah yang masing-masing juz yang dibaca berlainan sehingga satu orang satu juz dalam waktu relatif singkat satu al-Quran terbaca semua adalah baik menurut masyarakat (moralis) tertentu, sebenarnya tidak baik menurut akhlaq, sebagaimana petunjuk ayat 204 dari surat al-Araf di atas.Puji-pujian dengan pengeras suara menunggu datangnya imam dalam posisi sudah azan baik menurut moral masyarakat tertentu sebenarnya agak kurang baik menurut akhlaq jika sampai tidak shalat rawatib, atas dasar hadis-hadis berikut:

Shalat fajar terdiri atas dua rakaat dan dilaksanakan sebelum shalat subuh : ( )Artinya: Ibnu Umar berkata: Aku memperhatikan Nabi saw selama satu bulan, beliau selalu membaca Qul yaa ayyuhal kafirun dan Qul Huwallaahu Ahad (HR. at-Turmuzi: 382).

Atas dasar tiga argumentasi di atas, maka kurang bijaksana ketika seseorang memiliki rasa ewuh-perkewuh dengan tetangga, takut dikucilkan, takut ada sanksi sosial ketika tidak mengikuti acara-acara sosial yang jelas-jelas melangar syari.Kita harus sadar bahwa mereka sangat egois, tidak mau tahu apa yang namanya syariat, tidak mau tahu apa akibatnya melanggar syari. Tidak pantas orang yang tahu berilmu, hanyut hancur kepada orang yang tak mau tahu dengan syariat.

: : ( : 1109). Ibnu Umar berkata: Hal yang aku ingat (jaga) dari Nabi saw adalah 10 rakaat yang terdiri atas: (1) Dua rakaat sebelum dluhur, (2) Dua rakaat sesudahnya, (3) Dua rakaat sesudah Maghrib di rumahnya, (4) Dua Rakaat sesudah Isya di rumahnya, dan (5) Dua rakaat sebelum shalat Subuh (HR. al-Bukhari: 1109)

Shalat sunnah sebelum shalat Ashar dapat dilakukan dua atau empat rakaat: : ( )Ali berkata: Nabi saw. Melaksanakan shalat empat rakaat sebelum ashar, dan beliau memisahkan antara empat rakaat tersebut dengan mengucapkan salam kepada Malaikat muqarrabin, orang-orang Islam dan mukmin yang mengikutinya (HR. at-Turmuzi:394). Nashiruddin mengatakan hadis ini Hasan.

Sebelum Maghrib

: ( ).

Dari Anas bin Malik, ia berkata: Jika seorang Muazzin mengumandangkan azan (Maghrib), maka para Sahabat Nabi saw berebut mendekati tiang-tiang (untuk shalat sunnat) sampai Nabi Saw keluar, sementara mereka tetap dalam keadaan menunaikan shalat sunnat dua rakaat sebelum shalat Maghrib (HR. al-Bukhari:1801).

: , , ( )

Dari Ibnu Umar, ia berkata: Aku pernah shalat beserta Rasulullah saw. Sebelum Dhuhur dua sujud (rakaat), sesudahnya dua sujud (rakaat), sesudah Maghrib dua sujud (rakaat), sesudah Isya dua sujud (rakaat), dan sesudah Jumah dua sujud (rakaat) aku kerjakan bersama Nabi saw di rumahnya (HR. Muslim: 1200).

Atas dasar sejumlah hadis tentang shalat sebelum dan sesudah shalat fardlu tersebut dan inilah yang telah menjadi akhlaq Rasulullah, mengindikasikan begitu besar utama dan pentingnya shalat sunnah rawatib tersebut dibanding sekedar puji-pujian yang hanya karangan manusia. Akan kurang mendatangkan simpatik massa kalau lagu dan jenis fokalnya kurang merdu. Maka, sebaiknya shalat sunnah rawatib dulu baru puji-pujian kalau memungkinkan. Jasngan dibalik melakukan puji-pujian tanpa shalat sunnah Rawatib.

Urgensi Shalat Sunnah : ( )

Dari Tamim bahwa Nabi saw bersabda: perbuatan orang yang pertama kali dihisab besuk di hari kiyamat adalah tentang shalat.jika telah ia kerjakan dengan sempurna, dicatat baginya sempurna. Jika ia tidak kerjakannya dengan sempurna, maka Allah akan bersabda kepada Malaikat: periksalah apakah kamu dapati perbuatan tathawwu bagi hambaku untuk kamu lengkapkan dengannya shalat fardunya yang sempit (kualitasnya jelek). Demikian juga tentang zakat, lalu diperhitungkan segala perbuatan semacam itu (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad, dan ad-Darimi

Jika kita mau berpikir objektif, rasional, dan syarI, pasti memprioritaskan shalat sunnah rawatib daripada puji-pujian tanpa shalat rawatib. Sebaiknya shalat rawatib dulu baru puji-pujian jika memungkinkan.

Keharusan Warga MuhammadiyahHarus berakhlaq mulia. Artianya, habitat WM berbuat baik. Inilah dasarnya: (Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudipekerti yang agung 9QS al-Qalam/68:4)2.Dapat diteladani orang lain karena kebaikan akhlaqnya sebagaimana Rasulullah, Demikian Dasarnya:

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah QS al-Ahzab/33:21).

Indikator Uswah HasanahSidiq (jujur), warga Muhammadiyah harus jujur: : . . , , ( ) Dari Nabi saw bersabda: sesungguhnya benar (jujur) itu menuntun kepada kebaikan, dan kebaikan itu menuntun ke surga, dan seorang itu (senantiasa) berlaku benar sehingga tercatat di sisi Allah sebagai orang jujur. Dusta menuntun kepada lancung. Lancung menuntun kepada neraka. Dan seorang (yang senantiasa) berdusta tercatat di sisi Allah sebagai pendusta. Itulah pentingnya Warga Muhammadiyah dituntut untuk jujur.

b. Amanah (dapat dipercaya), artinya setiap WM harus amanah. Hadis berikut merupakan ancaman bagi yang tidak amanah: ( ) Tiada seorang hamba yang Allah memberikan amanah (tanggungjawab) kemudian tidak melaksanakannya dengan baik kecuali ia tidak menemukan baunya surga (HR.Muttafaqun alaih). c.Fathanah (Cerdas). Sudah menjadi trade Mark, bahwa Muhammadiyah adalah golongan sosial keagamaan paling modern, istablis, acuntable di dunia hingga saat ini. Dalam bergama harus kritis tetapi tetap dalam koridor syarI, dan anti taklid buta. d.Tabligh (menyampaikan) kebenaran. Muhammadiyah memiliki doktrin amar maruf nahi munkar bil hikmah, tanpa kekerasan, sehingga dikenal moderat. Tetapi harus diingat senantiasa strik dalam beribadah, hanya mencontoh Rasulullah.

Skema Amanah() ()

,

() ()

3. Dalam beribadah (dalam beragama) harus mukhlish (murni) tanpa tercampur oleh agama apa pun selain Islam, maupun tercampur oleh ciptaan manusia. Allah berfirman:

PeringatanPerintah Allah untuk beragama secara