Akhlaq terpuji dan akhlak tercela

of 15/15
Nama Kelompok: 1. Bagus Setia (08) 2. Atika Salsa (09) 3. Hilda Firsta (17) 4. Nyimas Tri (29) AKHLAQ TERPUJI DAN TERCELA SMA MUHAMMADIYAH 1 GRESIK
  • date post

    11-Feb-2017
  • Category

    Education

  • view

    845
  • download

    10

Embed Size (px)

Transcript of Akhlaq terpuji dan akhlak tercela

PowerPoint Presentation

Nama Kelompok:Bagus Setia (08) Atika Salsa (09)3. Hilda Firsta (17)4. Nyimas Tri (29)AKHLAQ TERPUJI DAN TERCELASMA MUHAMMADIYAH 1 GRESIK

Akhlak secara terminologi berarti tingkah laku seseorang yang didorong oleh suatu keinginan secara sadar untuk melakukan suatu perbuatan yang baik.Akhlak merupakan bentuk jamak dari kata khuluk, berasal dari bahasa Arab yang berarti perangai, tingkah laku, atau tabiat. cara membedakan akhlak, moral dan etika yaitu Dalam etika, untuk menentukan nilai perbuatan manusia baik atau buruk menggunakan tolok ukur akal pikiran atau rasio, sedangkan dalam moral dan susila menggunakan tolok ukur norma-norma yang tumbuh dan berkembang dan berlangsung dalam masyarakat (adat istiadat), dan dalam akhlaq menggunakan ukuran Al Quran dan Al Hadis untuk menentukan baik-buruknya. Akhlak itu terbagi dua yaitu Akhlak yang Mulia atau Akhlak yang Terpuji (Al-Akhlakul Mahmudah) dan Akhlak yang Buruk atau Akhlak yang Tercela (Al-Ahklakul Mazmumah).PENGERTIAN AKHLAQ

Akhlakul karimah adalah tingkah laku yang terpuji yang merupakan tanda kesempurnaan iman seseorang kepada Allah. Akhlakul karimah dilahirkan berdasarkan sifat-sifat yang terpuji. Orang yang memiliki akhlak terpuji ini dapat bergaul dengan masyarakat luas karena dapat melahirkan sifat saling tolong menolong dan menghargai sesamanya. AKHLAQ TERPUJI

a.IkhlasIkhlas adalah salah satu hal yang bisa menyebabkan suatu amalan ibadah kita diterima Allah Ta'ala. Yang dimaksud dengan pengertian ikhlas adalah memurnikan ibadah atau amal shalih hanya untuk Allah dengan mengharap pahala dari Nya semata. Jadi dalam beramal kita hanya mengharap balasan dari Allah, tidak dari manusia atau makhluk-makhluk yang lain.

b.AdilAdil berarti menempatkan/meletakan sesuatu pada tempatnya.

c.BersyukurSyukur menurut kamus Al-mujamu al-wasith adalah mengakui adanya kenikmatan dan menampakkannya serta memuji (atas) pemberian nikmat tersebut.Sedangkan makna syukur secara syari adalah : Menggunakan nikmat AllahSWT dalam (ruang lingkup) hal-hal yang dicintainya.

MACAM-MACAM AKHLAQ TERPUJI

d.AmanahSecara bahasa amanah bermakna al-wafa (memenuhi) dan wadiah (titipan) sedangkan secara definisi amanah berarti memenuhi apa yang dititipkankan kepadanya. Hal ini didasarkan pada firman Allah SWT:

Sesungguhnya Allah memerintahkan kalian untuk mengembalikan titipan-titipan kepada yang memilikinya, dan jika menghukumi diantara manusia agar menghukumi dengan adil (QS An-Nisa:58).

e.Rasa maluRasa malu merupakan rem atau pengekang dari segala bentuk kemaksiatan. Sepanjang rasa malu ini ada terpelihara pada jiwa seseorang maka dirinya akan terjaga dari segala godaan syetan yang mengajak kepada perbuatan dosa. Dengan memiliki rasa malu, orang akan terjaga akhlaknya. Oleh karena itu semua agama samawi mengajarkan kepada umatnya untuk berakhlak mulia yang salah satunya adalah memlihara rasa malu.Sabda Rasulullah s.a.w, "Sesungguhnya setiap agama mampunyai akhlak, dan akhlak Islam adalah rasa malu," (Riwayat Imam Malik).

Menghargai karya orang lainMenghargai karya orang lain termasuk sifat terpuji.Menghargai karya orang lain adalah sikap menghormati karya orang lain sebagai hasil kreatifitasnya dengan cara memberika apresiasi yang positif berupa kata-kata yang menyenangkan,pujian,dan memberikan semangat.

Bentuk-bentuk menghargai karya orang lain:Melalui ucapanMengucapkan kata-kata yang menyenangkan berupa pujian atau memotivasi terhadap karya yang dihasilkan oleh orang lain.Kekuatan kata-kata sangat besar pengaruhnya terhadap karya yang dihasilkan oleh orang lain.Tidak mencaci atau mengejek bila ada karya teman atau orang lain yang menurut kita kurang bagus dan biasa saja.2. Melalui PerbuatanYakni dengan menggunakan hasil karya orang lain tersebut untuk diambil manfaatnya.Kita diarang berbuat kerusakan di muka bumi,maka kita juga dilarang berbuat kerusakan terhadap hasil karya orang lain.

Manfaat menghargai karya orang lainAkan terjalin hubungan yang harmonis dan tentram dalam masyarakat,bangsa,dan negara.Dengan menghargai orang lain,maka orang lain akan menghargai kitaMemberikan penghargaan pada orang lain berarti kita telah berperiaku terpuji.Menjauhkan diri dari sikap menghina,mencela,dan mengejek hasil karya orang lain.Membuat orang lain senang dan gembira karena hasil karyanya dihargaiKita tidak dapat mengingkari bahwa keberhasilan seseorang tidak dicapai dengan mudah dan santai tapi dengan perjuangan yang gigih,ulet,rajin.Oleh karena itu,kita patut memberikan penghargaan atas jerih payah tersebut.Isyarat mengenai keharusan seseorang bersungguh-sungguh dalam berkarya dijelaska dalam Al-Quran sebai berikut:

Akhlak Mazmumah (tercela) adalah perbuatan yang tidak dibenarkan oleh agama (Allah dan RasulNya). Akhlak tercela ini merupakan cerminan bahwa seseorang tersebut mempunyai prilaku yang kurang baik, hal tersebut bisa saja disebabkan karena kita mulai jauh pada aturan aturan agama.

maka Allah mengilhamkana kepada jiwa itu(jalan) dan ketakwaannya.Sungguh beruntunglah orang-orang yang mensucikan jiwa itu.Dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya(QS.as-Syams(91):8-10)

AKHLAQ TERCELA

ISRAFIsraf ialah perilaku berlebih-lebihan dalam membelanjakan,memakai,dan menggunakan sesuatu yang halal atau melampaui batas yang dibutuhkan oleh dirinya.2. TABZIRTabzir yaitu perilaku borors dalam membelanjakan,memakai,dan menggunakan sesuatu yang halal untuk yang haram3. GHIBAHGhibah adalah istilah Arab yang berarti umpat,gunjingan,dan fitnah.Secara istilah Ghibah adalah menyebutkan kekurangan atau aib seseorang yang tidak disukai rang tersebut.Allah mengibaratkan bahwa perilaku ghibah itu seperti makan bangkai saudaranya.Mengapa?karena orang yang dibicarakan itu tidak bisa membela atau berbuat sesuatu untuk menyangkal apa yang dibicarakan,sebab dirinya tidak tahu kalau sedang dibicarakan.

MACAM-MACAM AKHLAQ TERCELA

4. FITNAH(tuduhan yang tidak semestinya)Kata fitnah dalam al-Quran digunakan tidak semata memiliki makna melempar tuduhan tetapi semua kata fitnah menunjukkan hubungan yang tidak harmonis.Pada bahasan ini kata fitnah ialah melempar tuduhan atau isu negatif terhadap seseorang kepada khalayak umum sehingga timbuk ketidak harmonisan.5. DOSA BESAR Perbuatan dosa besar adalah sesuatu perbuatan yang apabila dilakukan maka pelakunya dituntut untuk bertaubat.Akibat dari dosa besar itu bisa berwujud batalnya keimanan seseorang kepada Allah atau dijatuhinya hukuman bagi pelakunya.

macam-macam dosa besarSyirik (mempersekutuan Allah)Syirik adalah dosa yang paling besar,Allah swt menyatakan bahwa dosa yang tidak diampuni adalah perbuatan syirik.b. RiddahRiddah adalah pernyataan keluar dari agama islam.Pelakunya disebut murtad yaitu orang yang meninggalkan agama islam dan pindah ke agama yang lainc. Meninggalkan ShalatMeninggalkan shalat maksutna tidak mengerjakan shalat lima waktu karena melecehkan atau mengingkari kewajiban shalat.

d. Durhaka kepada Orang TuaDurhaka kepada orang tua ada 2 macam;Dapat berupa tindakan secara langsung,yaitu berbuat yang tidak sepantasnya kepada orang tua.Seperti:membangkang perintahnya padahal itu baik,membentak dan peilaku buruk lainnya.Menimpakkan kehinaan kepada orang tua karena peilaku sanga anak,Misalnya:seseorang mencaci kawannya dengan kata-kata yang merendahkan kedua orangtuanya lalu kawannya yang dicaci membalas perkataan itu dengan serupa.Karena hakekat perbuatan itu mengenai kepada orang tuanya sendiri.

e. PenyihirPenyihir adalah seseorang yang mempelajari sihir dan mengamalkannya.f. Membunuh Menghilangkan nyawa seseorang tanpa alasan yang dibenarkan syariat Islam adalah haram,demikian melukai bagian tubuh dalam bentuk apapun.Dan ini dosa yang paling besar setelah kekafiran(syirik dan riddah).g. Merampok dan MencuriMerampok (muharib) ialah merampas harta secara terang-terangan di hadapan khayalak ramai dengan menggunakan senjata dan tidak segan-segan membunuh orang yang meghalanginya.Mencururi adalah mengambil harta yang disimpan di tempat yang terjaga secara sembunyi-sembunyi.

h. Berjudi Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. (QS.al Maidah (5):90)BerzinaBerzina adalah hubungan seksual yang diharamkan.zina merupakan perbuatan dosa besar setelah,kufur,syirik dan membunuh.j. Meminum minuman kerasMinuman keras adalah esuatu yang apabila diminum dapat menimbulkan efek hilangnya daya kontrol baik emosi maupun kesadaran.