AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

38

Transcript of AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

Page 1: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220
Page 2: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220
Page 3: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

1

Pembaca yang budiman, semoga kitasemua selalu dalam lindunganNya.Semoga pandemi ini segera berlalu

sehingga kita bisa menyambut Ramadhandalam iman yang kuat dan badan yang sehat.Untuk edisi kali ini kami tampil secara onlineterlebih dahulu. Edisi cetak bisa didapatkannanti kalau siswa-siswi sudah aktif melakukankegaiatan belajar mengajar di sekolah.

Pembaca yang baik hati, pandemi Covid-19 telah mengajarkan banyak hal kepada kita.Salah satunya adalah pembelajaran untukselalu menja ga kebersihan lahiriah dan bati -niah kita. Kita juga diajarkan untuk lebih ba -nyak mem perhatikan keadaan keluarga kitamasing-masing dan senan tiasa bersyukur atasnikmat iman, sehat, dan alam raya yang telahdikaruniakanNya. Kita hendaknya bersyukuratas karunia itu dengan menjaga dan me nge -lola alam raya termasuk pohon yang menjadisumber oksigen bagi makhluk hidup di dunia.Dalam edisi ini kami menyajikan tentang manfaatpohon bagi kelangsungan hidup kita semua.

Pembaca yang baik hati, dalam edisi inikami juga menyajikan berita tentang permain -an musik angklung, simulasi bencana, bermainperan adik-adik KB/TK. Dari SD ada berita laun -ching buku, LDKP kelas V, LDKM kelas III, safarisosial. Dari unit SMP ada berita tentang gene -rasi peralihan yang belajar gamelan, sosialisasiUjian Sekolah, training remaja1-3, penilaianbentuk lain dalam Ujian Sekolah, dan pe ri ngat -an hari sampah. Dari unit SMA ada beritatentang tadarling, tentang ekskul basket, dankegiatan sadar gizi. Untuk info edukasi kali inimembahas pembelajaran digital.

Pembaca yang dirahmati Allah, tak adagading yang tak retak, tak ada manusia yangluput dari khilaf dan dosa. Untuk itu kamiselalu setia menanti tulisan dan saran daripembaca semua. Dan berharap pembaca yangbudiman sudilah kiranya membuka pintu maafuntuk segala kekhilafan dan kekurangan kami.Marhaban yaa Ramadhan, mari kita sambutbulan mulia dengan penuh suka cita dansemangat membara.

LIPUTAN UTAMAl Sejuta Pohon Berjuta Manfaat // 2-3l Sajisapo // 4LEADERSHIPl Tanamkan Jiwa Kemandiran dan Tanggung-jawab l Be Millenial Religius Leader // 5GREEN EDUCATIAONl Sang Pemimpin Sadar Gizi l CintaiLingkungan, Sayangi Diri dengan MenanamPohon dan Makan Kacang Hijau Bersama // 6SEPUTAR AL MUSLIMl Cara Memberikan Pujian Yang Efektif diKelas l Ekstrakulikuler Bola BasketSMA Al Muslim // 7“Safari Sosial untuk SLB Nur Rahmah” l Sen-tra Persiapan Menyiapkan Anak SenangBermain Huruf dan Angka // 8Pemimpin Cilik Berlatih Simulasi Banjir danGempa Bumi l Bermain Alat Musik Angklungdi Sekolah Al Muslim // 9l Tadarling Sarana Syiar Agama l SD AlMuslim Gelar Launching Buku // 10l Peringatan Hari Sejuta Pohon,“Budidaya Tanaman Mangkokan” // 11l Aku Anak Indonesia, Cintai Ilmu, dan Be-rakhlakul Karimah l Tahfidz Holiday ProgramAnkatan V // 12l Pengembangan Sosial Emosional MelaluiBermain Kooperatif Anak Usia 5-6 di TK Al Mus-lim Sidoarjo // 13l Kunjungan SD Kemala Bhayangkari Balikpa-pan ke SD Al Muslim sebagai Peraih PredikatWhole School l Aish XII IPA II, SMA Al MuslimKesuksesan Kami Tidak Sendiri // 14KARYA SISWAl Galeri Foto // 15-18

SEPUTAR AL MUSLIMl UKS SD Al Muslim Raih Beragam PrestasiHingga Tingkat Nasional // 19LITERASIl Melody of Friendship // 20l Balas Dendam // 21l Tingkatkan GEMARIS Tim KIR SMA Al Mus-lim Kembangkan VEGICHAN dan LakukanRoADSHoW // 22TAHUKAH ANDAl Manfaat Minum Air Hangat // 23INFO EDUKASIl Pembelajaran Digital untuk GenerasiMasa Depan // 24SEPUTAR AL MUSLIMl Peranan orangtua dan Guru dalamPerkembangan Anak // 25l Meningkatkan Rasa Percaya Diri AnakMelalui Sentra Seni l Pemeriksaan Gigi secaraBerkala Wujud dari Holistik Integratif // 26l To be The Best Leader // 27l Merajut Kebersamaan dengan TADABURALAM // 28KARYA SISWAl Ekspektasi Siapa? // 29l Puisi karya klub baca // 30l Belajar Di Rumah Aja... // 31PSIKOLOGIl Pohon Berjuta Manfaat // 32SYIAR & DOAl Shajara // 33SEPUTAR AL MUSLIMl Menjadi Guru Di Rumah // 34

Salam RedaksiAssalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

DAFTAR ISI AL MUSLIM EDISI 42JANUARI - MARET 2020

Page 4: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

2

liputanutama

SEJUTAPOHONBERJUTAMANFAAT

Pohon mana yang digunakan untuk tiangtoterm? Mengapa daun berubah warnapada musim gugur? Bagaimana pohon

mengubah sinar matahari menjadi makanan?Bagaimanakah pohon di setiap negara?Bagaimana pohon bertahan hidup? MengapaAllah menciptakan pohon? Saat mendengardan atau membaca kata “pohon” maka apayang akan muncul dalam benak kita? Cobapejamkan mata dan temukan. Lalu deskrip-sikan apakah pohon itu.

Pohon adalah tumbuhan berkayu yangtumbuh dengan tinggi minmal 5m (16 kaki).Pohon memiliki batang pokok tunggal yangmenunjang tajuk berdaun dari cabang-cabang diatas tanah. Pohon dapat hidup selama seratustahun lebih. Tumbuhan berkayu dengan perca-bangan dekat permukaan tanah di sebut perdu.

Penting untuk diketahui bahwa pepohon -an yang sering kita jumpai di lingkungan seki-tar kita memiliki banyak sekali manfaat. Didae rah padang pasir kering, hanya pohonyang beradaptasi khusus yang dapat bertahanhidup tanpa air. Pohon akan tumbuh dimana-pun asalkan terdapat cukup cahaya, kehangat -an, dan kelembapan. Namaun, meskipunberada dalam kondisi yang sesuai dan tanah-nya subur memerlukan waktu bertahun-tahununtuk tumbuh menjadi phon dewasa.

Pohon tersusun oleh banyak bagian. Dibawah tanah, akar mengambil air dan mineraldari tanah. Air dan mineral dibawa ke atasyaitu ke daun melalui batang yang dilindungioleh kulit kayu (pepagan). Cabang menyo -kong daun, bunga, dan buah dari pepohonan.Di atas, tajuk daun tersusun oleh ranting, ca-bang, dan dedaunan. Pola pertumbuhan dansusunan ranting, cabang, dan dedaunanberbeda antara satu spesies satu denganspesi es lainnya. Pohon di tempat terbukadapat dipengaruhi oleh angin kencang secarapermanen. Dedaunan dan ranting yangmenghadap angin akan mati, dan tajuk men-jadi miring sekali ke satu sisi. Tajuk pohonmenyediakan tempat bernaung yang idealbagi banyak spesies burung.

Pohon yang dipangkas mempunyai ca-bang-cabang yang telah terpangkas sehingga

pucuk baru tumbuh dari ujung batang danmembuatnya menjadi lebih rindang.Pepohon an di jalan mungkin dipangkas untukmencegah cabang besar menimpa kabel ataumenghalangi cahaya yang masuk ke dalamgedung-gedung.

Allah SWT menciptakan pepohonan de -ngan berbagai bentuk dan warna daun.Pepohon an berdaun lebar memiliki lembardaun yang pipih dan tipis. Dedaunan tersebuttersusun sedimikian rupa di pohon sehinggadapat menerima cahaya matahari sebanyakmungkin. Hal ini penting karena daun hijaumenggunakan energi matahari untuk mem-buat seluruh makanan yang diperlukan pohontersebut untuk tumbuh dan hidup. Daun ter-tutup oleh kutikula yang kedap air. Di sisibawah, terdapat pori-pori kecil yang dina-makan stomata, fungsinya memungkinkangas-gas keluar masuk daun.

Daun mengandung pigmen hijau yangdisebut klorofil sehingga daun memilikiwarna. Istilah klorofil berasal dari bahasa Yuna -ni yaitu chloros artinya hijau dan phyllosartinya daun yang diperkenalkan tahun 1818dimana pigmen tersebut diekstrak daritumbuhan dengan menggunakan pelarutorganik. Hans Fischer peneliti klorofil yangmemperoleh Nobel Prize Winner pada tahun 1915berasal dari Technishe Hochschule, Munich

Germany. Klorofil adalah pigmen pemberi warna

hijau pada tumbuhan, alga dan bakterifotosintetik. Senyawa ini yang berperan dalamproses fotosintesis tumbuhan dengan me -nyerap dan mengubah tenaga cahaya menjaditenaga kimia.

Dalam proses fotosintesis, terdapat 3 fungsiutama dari klorofil yaitu memanfaatkan energimatahari, memicu fiksasi Co2  menjadikarbohidrat dan menyediakan dasar energetikbagi ekosistem secara keseluruhan. Dan karbo -hidrat yang dihasilkan fotosintesis melalui prosesana bolisme diubah menjadi protein, lemak, asamnukleat dan molekul organik lainnya.

Klorofil menyerap cahaya berupa radiasielektromagnetik pada spektrum kasat mata(visible). Misalnya, cahaya mataharimengandung semua warna spektrum kasatmata dari merah sampai violet, tetapi seluruhpanjang gelombang unsurnya tidak diserapdengan baik secara merata oleh klorofil.

Klorofil dapat menampung energi cahayayang diserap oleh pigmen cahaya ataupigmen lainnya melalui fotosintesis, sehinggaklorofil disebut sebagai pigmen pusat reaksifotosintesis. Dalam proses fotosintesis tumbuhanhanya dapat memanfaatkan sinar deng anpanjang gelombang antara 400-700 nm.

Di musim gugur, tumbuhan di wilayahBumi yang ada di belahan Bumi utara danselatan seperti daun pohon maple dan oakspada umumnya mengalami perubahan warna.Pada musim gugur, tumbuhan itu mendapat -kan lebih sedikit cahaya matahari sehinggadaun mengalami perubahan kimia.

Perubahan kimia yang terjadi pada daunmenyebabkan daun berubah warna. Sebenar -nya proses perubahan warna itu tidak terjadipada semua daun. Pohon berdaun jarumseperti pohon pinus, pohon cemara tidakberubah warnanya sepanjang tahun dan jugatidak menggugurkan daunnya.

Pada musim gugur, ketika produksi klorofilberkurang dan klorofil yang ada didegradasi,maka pigmen lain yang ada pada daun mulaiterlihat. Warna kuning terjadi karena adanyakandungan pigmen karotenoid pada daun.

Oleh Zaimatus Zaifaro, M.Pd.

Page 5: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

3

Kemudian, seiring dengan berubahnya suhu,pigmen karotenoid pun berkurang danpigmen warna merah yang disebabkan olehantosianin akan terlihat. Ketika semua pigmentersebut sudah terdegradasi, daun akanmenjadi berwarna cokelat yang disebabkankarena pigmen tanin yang tersisa. Karenadaun tersebut tidak berguna lagi bagi pohon,maka secara alami, pohon akan membuangbagian yang tidak diperlukan tersebut. olehkarenanya, daun-daun pun berguguran.

Bayangkan jika sebuah pohon tanpa daun,maka tidak aka nada tanda-tanda kehidupanpada pohon tersebut. maha besar Allah SWTdengan segala ciptaannya. Ia telah meleng -kapi setiap ciptaanNya dengan “property”yangdibutuhkan untuk hidup dan bertahan hidup.Allah melengkapi pepohonan terutama pohonbesar dengan pepagan. Pepagan merupakanlapisan pelindung kedap air yang menutupibatang, cabang, dan ranting suatupohon. Pepagan tersebut tipisdan halus sewaktu masihmuda, tetapi menjadi tebaldan bergabus ketikapohon bertambahumur.

Pepaganmengandung bahan-bahan resin yangmembantumenghalangi seranganserangga. Pepaganbergabus jugamencegah hilangnya airdari batang dan bertindaksebagai penyekat. Pepaganharus tumbuh untuk mengimbangibatang kayu yang membesar danmenggantikan bagian-bagian luar yang rusak.Indonesia terkenal dengan hutan hujantropisnya. Pohon hutan hujan tropis biasanyamemiliki pepagan yang tipis, oleh karenaiklimnya yang hangat sepanjang tahun.

Hutan merupakan salah satu tempatdimana tersimpannya kekayaan sumber dayaalam yang merupkanan sumber kehidupanbagi makhluk hidup. oleh karena itu hutanmemiliki sejuta manfaat bagi kehidupanmanusia. Manfaat hutan sebagai sumberbahan baku kayu, juga mengatur tata air, ha -bitat berbagai tumbuhan dan satwa liar.Indonesia merupakan Negara kepulauan danmemiliki iklim tropis yang terletak diantara duabenua; Asia dan Australia. Karena letak nya dantermasuk kawasan tropika maka Indonesiamemiliki keanekaragaman hayati yang tinggi.oleh sebab itu Indonesia disebut sebagai Negaramega biodiversity yang berarti memilikikeanekaragaman hayati sangat tinggi.

Selain beberapa bagian yang kita ketahuidari pohon, terdapat bagian lain yang jugamemiliki peranan penting dalam kehidupansebuah pohon; akar. Akar pohon memiliki duafungsi utama. Pertama, menambatkan pohonsecara kuat ke dalam tanah. Kedua, menyerapair dan mineral yang larut dari dalam tanah.Sebagian besar akar tumbuh menyebar ke

samping menembus tanah. Panjang akar didalam tanah dapat mencapai jarak yang samadengan tinggi pohon yang kita lihat tumbuhdi atas permukaan tanah.

Hutan, tanah, dan air memiliki hubungansangat erat. Misalnya, hutan campuran yangmemiliki banyak seresah dan tumbuhanbawah melindungi tanah dari bahaya erosi.Beberapa system agroforestri tradisional,seperti kebon tatangkalan/talun, danpekarangan yang memiliki struktur tajukvegetasi berlapis-lapis dan banyak seresahseperti ekosistem hutan juga sangat baikdalam melindungi tanah dari bahaya erosi.Sementara itu, pengaruh evapotranspirasitumbuhan dapat mengurangi kadar air dalamtanah. Akibatnya, berat tanah menjadiberkurang. Sebaliknya, akibat hujan tanahyang jenuh air lebih mudah longsor karenaikatan antar partikel tanah berkurang.

Pada umumnya dalam kondisitanah jenuh dengan air, akar

pepohonan dapat menahankelongsoran tanah sekitar

80%. Karena itu apabilapepohonan hutanditebang maka akrpepohonanmembusuk di dalamtanah dan kekuatanmenahan longsorberkurang. Akibatnya

pasca penebanganpepohonan hutan,

tanah kian rentanterhadap bahaya longsor.

selain itu, dampak lain yangditimbulkan oleh penebangan

hutan adalah jumlah air yang tersediamenjadi besar karena evapotransportasi daritumbuhan menjadi kecil. Namun, ketika turunhujan, sebagian besar air akan mengalir diatas permukaan tanah. Akibatnya nilai aliranpermukaan tanah sangat besar dan mubazirkarena iar berlebihan langsung masuk kesungai dan menimbulkan banjir, terutamaapabila sungainya dangkal akibat pelumpurandari erosi tanah. Namun, permu kaan air tanahdapat menurun dan pengisian kembali air kedalam tanah oleh air hujan sa ngat sedikit.Karena itu banyak mata iar yang kering,permukaan air sumur menurun, dan terjadikekurangan air bersih terutama pada saatmusim kemarau.

Akar pohon dengan tanah merupakansatu kesatuan yang kuat sehingga mampumencegah erosi. Akar pepohonan dapatmenyerap air hujan dengan sangat baiksehingga ia tidak mengalir sia-sia. Akarmengikat air di pori-pori tanah danmenjadikannya sebagai cadangan air dimusim kemarau danketersediaan air tanahsecara berkesinambungantetap terjaga danmenjadikan debitmata air sungai,danau, sumber

mata air tetap besar.Adapun keberadaan hutan kota, taman,

dan ruang terbuka hijau, selain berperanmenjaga system hidrologi juga sangat pentingdalam produksi oksigen dan penyerapankarbon diosida yang berpotensi sebagaipencemar di udara dan penyebab pemanasanglobal. Penting untuk diketahui bahwasebatang pohon dapat menghasilkan oksigen1..2 kg per hari, sementara satu orang bernafasmemerlukan 0.5 kg oksigen per hari. Sehinggasatu pohon dapat menunjang kebutuhanoksigen dua orang per harinya. Dan jika terjadipenebangan satu pohon maka hal itu berartitelah terjadi pe ngurangan kesempatan bernafasdua orang warga Negara.

Manusia di dalam kehidup an sehari-harinya sangat tergantung pada lingkung anbiofisik maupun ekosistem. Pasalnya dalamkehidupan sehari-hari berbagai kebutuhanprimer atau kebutuhan biologisnyatergantung oada lingkungannya. Semisal,manusia butuh oksigen, air, dan pangan,sementara itu untuk memenuhi kebutuhannon-primernya manusia antara lainpemenuhan kepuasan akan benda-bendamaterial atau kekayaan yang dieksploitasi darialam dan rekreasi serta hiburan denganmenikmati keindahan alam/ekosistem.Pepohonan yang terdapat di sekitar lingkungankita mampu menyejukkan dan meneduhkanlingkungan dan suasana hati.

Walaupun manusia dalam kehidupannyasangat tergantung pada lingkungan/ ekosis-tem, tetapi banyak diantaranya yangcenderung memiliki pandangan seolah-olahdi dalam kehidupannya tidak membutuhkanlagi dukungan lingkungan terutama pohon dise kitar tempat hidupnya. Faktor informasi danpersepsi manusia tentang lingkunganterutama pohon berperan penting dalammempengaruhi tindakan/perilaku manusiaterhadap keberadaan pohon. oleh karena itu,merupakan sebuah keputusan tepat dantindakan terpuji ketika lembaga pendidikan almuslim menekankan penanaman etika pedulilingkungan terhadap segenap civitas akademi k -nya melalui leadership dan green educa tion.Semoga dengan melalui kedua mata pelajaranunggulan ini akan terlahir generasi-generasipenerus pemimpin dan perjuangan bangsa danagama yang bukan hanya memiliki rasa peduli

terhadap sesama, namun juga terhadap lingkung an, khususnya

terhadap keberadaandan keberlangsungan

PoHoN.

Lembaga pendidikanal muslim menekankanpenanaman etika pedulilingkungan terhadap

segenap civitas akademi k -nya melalui leadership dan

green educa tion.

Page 6: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

4

liputan utama

oksigen adalah merupakan gas yangsangat penting bagi kehidupanmanusia. oksigen diperlukan dalam

proses pembakaran zat makanan untukmenghasilkan energi. Energi tersebut kitagunakan untuk dapat menjalankan semuaaktivitas tubuh kita. Dari manakah oksigenitu berasal? oksigen diperoleh dari tum-buhan hijau yang ada di alam semesta ini.oksigen diperoleh saat tumbuhan hijaumelakukan proses fotosintesis.

Saat proses fotosintesis tumbuhan me -ngeluarkan oksigen yang kita hirup sepan-jang hari. Pada waktu kita bernafas kitameng hi rup udara segar/oksigen (o2) danmembu ang karbondioksida (Co2). Dalam se-menit kita bisa menarik nafas kira-kira 18kali. Jika kita coba menghitung dalam satujam kita menarik nafas itu sekitar 1.080 kaliyaitu 60 menit dikali 18 kali. Dan bila dihi-tung dalam sehari menjadi 25.960 kali. Tentuini merupa kan jumlah yang banyak. Kalaukita hitung sampai kita berumur sekarangini, tak ter hing ga berapa banyaknya oksigenyang kita perlukan untuk hidup.

Bagaimana jika tumbuhan hijau di seke-liling kita, dialam semesta ini semakin hari

semakin habis? Darimanakah lagi sumber oksi-

gen yang kita perolehuntuk bernafas?. Pertanyaanitu menjadi tugas kita semua

penghuni alam semesta ini.Allah memberikan semua itu

gratis buat kita. oksigen yang gratiskita peroleh dari tumbuhan hijau

yang ada di alam semesta ini. Kitahanya perlu merawat dan melestaikankeberadaan tumbuhan hijau disekitar

lingkungan kita agar dapat terus kita gu-nakan. Coba saja oksigen yang kita hirup

harus kita bayar. Mungkin kita semua tidakakan lagi sanggup untuk tetap bernafas

karena mahalnya oksigen. Sebagai bentuk rasa syukur kita akan

gratis oksigen yang kita hirup ini adalahmenanam pohon. Pekerjaan yang sangatmudah namun memiliki banyak manfaatuntuk kedepannya hingga generasi berikut-nya. Jadi apa yang harus kita lakukan seba-gai langkah peduli kita akan keberlang sung-an kehidupan kita?. Fungsi sebuah pohonselain penghasil juga sebagai penyimpancadangan air, sebagai penyerap polutan dariudara yang kita hirup, pencegah erosi, me -ngurangi efek rumah kaca, menurunkansuhu udara di sekitarnya, menjadi habitatberbagai jenis hewan, dan sebagainya.

Pohon adalah platform penting bagilingkungan hidup, bagi kehidupan mahlukhidup.Sebagian orang menyangka bahwaprogram penghijauan bukanlah suatuamalan yang mendapatkan pahala di sisiAllah, sehingga ada diantara mereka yangbermalas² dalam mendukung program terse-but. Demi menepis persangkaan yang salahini, kali ini kami akan mengulas PENTINGNYAPENGHIJAUAN menurut tuntunan RasulullahSAW beserta dalil²nya.Mungkin anda masihmengingat sebuah hadits yang masyhur dariRasulullah SAW, beliau bersabda,

“Jika seorang manusia meninggal dunia, ma -ka terputuslah seluruh amalannya, kecualidari tiga perkara: sedekah jariyah (yang me -ngalir pahalanya), ilmu yang dimanfaat kan,dan anak shaleh yang mendo’akan kebaikanbaginya”. [HR. Muslim]. Jadi, menghijaukan

lingkungan dengan tanaman yang kita ta -nam merupakan sedekah dan amal jariyahbagi kita –walau telah meninggal- selamatanaman itu tumbuh atau berketurunan. Ra-sulullah SAW bersabda,

“Tak ada seorang muslim yang menanampohon atau menanam tanaman, lalu burungmemakannya atau manusia atau hewan,kecua li ia akan mendapatkan sedekahkarena nya”. [HR. Al-Bukhoriy]

Seorang muslim yang menanam tanam -an tak akan pernah rugi di sisi Allah SWTsebab tanaman tersebut akan dirasakanmanfaatnya oleh manusia dan hewan, bah -kan bumi yang kita tempati. Tanaman yangpernah kita tanam lalu diambil oleh siapasaja, baik dengan jalan yang halal, maupunjalan haram, maka kita sebagai penanamtetap mendapatkan pahala, sebab tanamanyang diambil tersebut berubah menjadisedekah bagi kita.

Rasulullah SAW bersabda,

“Tak ada seorang muslim yang menanampohon, kecuali sesuatu yang dimakan daritanaman itu akan menjadi sedekah baginya,dan yang dicuri akan menjadi sedekah. Apasaja yang dimakan oleh binatang buas da ri -nya, maka sesuatu (yang dimakan) itu akanmenjadi sedekah baginya. Apapun yang di-makan oleh burung darinya, maka hal ituakan menjadi sedekah baginya. Tak ada se -orangpun yang mengurangi, kecuali itu akanmenjadi sedekah baginya” . [HR. Muslim]

Kita bisa menanam pohon dari lingkung antempat tinggal kita berada. SAJISAPo (satu jiwasatu pohon) adalah merupakan salah satu upa -ya kita menyelamatkan lingkungan. Deng anmenanam kita bisa mengambil manfaatnyayaitu, batang, buah, dan bunga yang bisadipetik. Permasalahannya kadang terkendaladengan lahan di halaman rumah kita. yang ku-rang memadai. Tetapi hal ini bisa disiasati de -ng an menanam. l

SAJISAPO

Page 7: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

5

Jum’at, 6 Maret 2020 Siswa-siswi SD Al Muslim kelas 3 Ibnu Sina,Ibnu Rusydi, dan Ibnu Khaldun melakukan kegiatan LDKM (LatihanDasar Kemandirian) di Rumah Emak, Trawas-Mojokerto. Seluruh

siswa berangkat dari sekolah pukul 08.00 dengan mengendarai minibus dan mobil hiace, sampai di lokasi pukul 10.00 seluruh siswa lang-sung berkumpul di depan Rumah Kayu dan bersiap mendengarkanarahan Ustazah Dewi lalu deng an khitmat menyanyikan lagu IndonesiaRaya dan Mars Al Muslim bersama-sama.

Setelah itu seluruh siswa sesuai dengan kelompok yang sudahterbagi melakukan kegiatan mencuci dan menjemur slayer, menyetrikabaju santai, dan merapikan tempat tidur dan barang pribadi denganpendampingan wali kelas dan pendamping masing-masing kelompokserta ada tim obsever selama kegiatan berlangsung. Semua kegiatantetap berjalan meski hujan deras mengguyur area kegiatan dan seluruhsiswa tampak bersemangat dan senang.

Sabtu, 7 Maret pukul 03.00 dini hari seluruh siswa melakukankegiatan Qiyamul Lail bersama-sama, tak lupa mereka membaca surat-surat pendek sambil menunggu adzan shubuh berkumandang. Setelahitu pukul 06.00 melakukan kegiatan senam bersama dan jungle track-ing di bukit belakang Rumah Emak, anak-anak sangat bersema ngat danantusias, lalu yang tidak kalah seru ke- giatan membuat snack sehatdan minuman sehat. Menu yang di- buat ada ote-ote, roti bakar, pisanggoreng keju, es susu cokelat, es milo, es jeruk dan semua disu-kai anak-anak serta yang unik di kegiatan LDKM (Latihan Dasar Ke man dirian) kaliini ada kegiatan jual beli yang mengajarkan anak-anak bagaiamanamenyambut pembeli dan melayani pembeli dengan baik dan sopanserta menentukan harga untuk mendapat keuntungan/ laba.

Kegiatan akhir yang berkesan adalah karakter anak-anak dalammenjadi pendengar yang baik dalam mendengarkan motivasi dariUstazah Erlina sebelum kembali ke sekolah dan sikap disiplin sela -ma berkegiatan serta janji yang diucapkan anak-anak untuk selalubisa mandiri dimanapun berada dan menjadi anak yang bisa me -ngerjakan tugas rumah dengan baik dalam membantu orang tua.#tanamkanjiwakemandiriandan tanggungjawab_sdalmuslin.

lSiti Mukholifah/ Guru SD AL Muslim

Be a millennial religius leader, demikian tema yang diusung dalamkegiatan LDKP kelas V SD Al Muslim pada tahun pelajaran2019/2020 bertempat di Villa Griya CMA, Pacet, Mojokerto deng -

an dimotori Ust. Udin bersama segenap ustadz/ustadzah kelas limadan Ust. Ryan, Ust. Anggoro, Ust. Nanik, Ust. Bilal, Ust. Abud, Ust. Hari,Ust. Siti, dan Ust. Zaim.

Be a millennial religius leader, sebuah tema yang menggambarkandan memotivasi serta penerapan dari hadist Rosulullah. Diriwayatkanoleh Imam Bukhori Muslim yang artinya “Dari Ibnu Umar r.a dari NAbiMuhammad S.a.W. sesungguhnya Rosulullah bersabda: setiap orangadalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban ataskepemimpinannya. Seorang kepala negara adalah pemimpin atas raky-atnya dan akan diminta pertanggungjawaban perihal rakyat yang dip-impinnya. Seorang suami adalah pemimpin atas anggota keluarganyadan akan ditanya perihal keluarga yang dipimpinnya. Seorang isteriadalah pemimpin atas rumah tangga dan anak-anaknya dan akan di-tanya perihal tanggungjawabnya. Seorang pembantu rumah tanggaadalah bertugas memelihara barang milik majikannya dan akan ditanyaatas pertanggungjawabannya. Dan kamu sekalian pemimpin dan akanditanya atas pertanggungjawabannya (HR. Muslim)”.

Berbagai kegiatan dan game yang disusun seta dilaksanakan dalamkegiatan LDKP kali ini mendukung penerapan hadist di atas. Menjalinkerjasama yang baik dengan anggota kelompok, menentukan strategi,mengidentifikasi tokon inspiratif, serta melatih kecakapan antaranggota tim dalam menyelesaikan tugas merupakan tujuan game in-spiring figure, smelalui game ini siswa mampu melatih dirinya denganbaik. pun demikian dengan break out edu yang tak kalah serunya. Ma -sing-masing kelompok diharuskan bisa berpikir kritis, kreatif, mela -kukan kolaborasi yang baik serta berkomunikasi dengan baik dalammemecahkan dan menyelesaikan kode pada kotak.

Keseruan itu pun bisa terasa saat mereka berpindah ke game take theflag. Dalan game ini siswa saling berdiskusi dan membua keputusan siapayang akan menajdi leader dan siapa yang akan menjadi anggota kelompok,dimana sang leader memiliki tugas mengarahkan anggota kelompoknyadalam mencapai tujuan. Semua anggota kelompok memeiliki kewajibanmenutup matanya, mempertajam pendengarannya, menyimak instruksidari leader. Sementara leader yang telah mereka pilih mengarahkan ang -gota kelompoknya untuk memindahkan bendera. Di sinilah letak dituntut-nya konsentrasi dan saling menghargai, karena suara yang riuh reda bisamemecah konsentrasi yang ada. Bagi kelompok yang mampu memindah -kan benderanya dengan baik dan lebih cepat dari yang lain, maka mereka -lah yang berhak menjadi pemenangnya. Keseruan itu belum berhenti disa na. Pun demikian dengan motivasi yang disampaikan oleh Ust. Harimampu menggugah hati segenap siswa kelas lima yang mengikutikegiatan LDKP ini. lFachruddin Arif Hidayat, S.Kom/ Guru SD AL Muslim

BE A MILLENIALRELIGIUS LEADERLDKP KELAS V SD AL MUSLIM,31 JANUARI-1 FEBRUARI 2020 VILLA GRIYA CMA, PACET,MoJoKERTo

TANAMKAN JIWAKEMANDIRIAN DANTANGGUNGNJAWAB

KEGIATAN LDKM TAHUN AJARAN 2019/2020

leadership

Page 8: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

6

greeneducation

Masalah gizi merupakan hal yangsangat kompleks dan pentinguntuk segera diatasi. Terutama

karena Indonesia merupakan salah satunegara yang mempunyai permasalahangizi paling lengkap. Beberapa penelitianmenyebutkan bahwa masalah gizi di In-donesia cenderung terus meningkat.Permasalahan gizi di Indonesia yangbelum terselesaikan antara lain gizi ku-rang, dan stunting.

oleh karena itu, pengetahuan ten-tang gizi pada makanan sangat diper-lukan sejak dini, sebagai upaya mena -namkan kesadaran akan penting nyamengkonsumsi makanan yang sehat danbergizi seimbang. Dalam rangkaperingatan Hari Gizi Nasional, SD Al Mus-lim menyelenggarakan kegiatan yang di-laksanakan pada hari Selasa, tanggal 21Januari 2020 dengan tema “CintaiLingkungan, Sayangi diri”.

Kegiatan yang berlangsung dari jam07.30-11.30 diikuti 816 siswa dan 70 orangguru dimulai dengan kegiatan pemaparanoleh kepala sekolah SD AL Muslim, Ustad -zah Fatimatuz Zahro, S.Pd., M.Pd., yangmenjelaskan bagaimana pentingnya pen -tingnya gizi yang terkandung pada kacanghijau. Dengan demikian diharapkan seluruhsiswa SD Al Muslim khususnya dan selu ruhanak Indonesia pada umumnya menge-tahui jenis-jenis makanan yang ber gizitinggi dan baik untuk kesehatan. Ke giat anselanjutnya diisi dengan tampilan dok cil SDAl Muslim dengan menyanyikan lagu CuciTangan dan Pahlawan Lingkungan.

Selanjutnya, siswa dan guru mela kukankegiatan makan kacang hijau bersa ma dikantin utara dan kantin selatan SD Al Mus-lim. Kegiatan tersebut bertujuan untukmengenalkan dan membiasakan anak-anakmakan-makanan yang sehat dan bergizi.Selain itu, siswa juga lebih pa ham kandun-gan yang ada dalam kacang hijau antaralain vitamin A, B, C, D, E, dan K serta mineralpenting seperti kalsium. Zat besi, magne-sium, fosfor, dan seng (Zinc).

Kegiatan selanjutnya adalah literasiyang dilaksanakan di kelas masing-mas-ing. Kegiatan literasi dilaksanakan de -ngan cara menuliskan pengetahuansiswa tentang gizi yang terkandung pa-da kacang hijau yang pada hari sebe lum -nya sudah dipelajari oleh siswa deng anmencari informasi bersama dengan orangtua. Literasi bertujuan untuk meningkatkanminat baca, dan kemampuan menulis siswaSD Al Muslim serta meningkatkan peranorang tua dalam pembelajaran siswa ketikadi rumah.

Pesan yang disampaikan dalamkegiatan hari gizi SD Al Muslim adalahdengan mengonsumsi kacang hijau se-bagai pelengkap komponen makananbergizi lengkap dan seimbang, anak-anak dapat menerapkan makanmakanan yang bergizi baik dalam ke-hidupan sehari-hari, serta dengan literasidapat meningkatkan pengetahuan ten-tang gizi pada makanan danmeningkatkan minat baca, serta peranorang tua terhadap motivasi belajarsiswa. lYustian/ Guru SD

CINTAILINGKUNGAN,SAYANGI DIRI

DENGANMENANAM

POHON DANMAKAN KACANGHIJAU BERSAMA

Remaja dapat mencapai produktivitasdan kreativitas yang maksimal sertamempunyai kemampuan berpikir

kritis, apabila mereka sehat. Remaja sehattidak hanya dari fisik, tetapi juga dilihatdari kognitif, psikologis, dan sosial. Per-kem bangan saat remaja sangat pentingdan dibutuhkan gizi yang cukup untukmasa perkembangan mereka menujudewasa. Peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 kali ini diutamakan untuk generasimile ni al atau remaja masa kini.

Sang pemimpin mengikuti acara PuncakHari Gizi Nasional ke-60 pada hari Rabu, 29Januari 2020. Kegiatan ini dilaksanakan diaula SMA Al Muslim dan diikuti siswa kelas Xdan XI. Bekerja sama dengan Program StudiS1 Gizi Fakultas Kesehatan MasyarakatUniversitas Airlangga, SMA Al Muslim berha -rap siswa dapat mengetahui pentingnya giziuntuk pertumbuhan dan perkembanganoptimal di masa mereka saat ini.

Tema kegiatan kali ini yakni “Gizioptimal untuk Generasi Milenial”. Sesuaideng an tema kegiatan bahwa kegiatan initepat sasaran, karena siswa SMA

merupakan generasi milenial. Puncak HariGizi Nasional ke-60 diawali dengansambutan dari KPS/Kadept Gizi FKMUNAIR dan Kepala SMA Al Muslim.

Sosialisasi tentang Gizi Seimbanguntuk Milenial disampaikan oleh BapakTrias Mahmudiono, S.KM, MPH, MPH(Nutr.), GCAS, Ph.D selaku dosen ProgramStudi S1 Gizi FKM UNAIR. Selama sosialisa siberlangsung siswa mendapatkan ilmu yangberkaitan dengan gizi seperti pan duanmakan sehat metode “Isi Piring ku” sesuaiusia, makanan 3B (Beragam, Bergizi, danBerimbang) dan GGL (Gula, Garam, Lemak).

Kegiatan diakhiri dengan sesi tanyajawab, pembagian doorprize, danmengunjungi berbagai macam bazarseperti konsultasi gizi, pemeriksaan HB,games gizi, dan cooking demo yangberlangsung seru. Semoga denganantusiasme siswa SMA Al Muslim dapatmencentak generasi sadar gizi.#SangPemimpin Sadar Gizi# Sang PemimpinMenjadi Milenial Sadar Gizi# Ayo JadiMilenial Sadar Gizi. lDella Vinta Asprilla, S.Pd./ Guru Geografi SMA Al Muslim

SANG PEMIMPINSADAR GIZI

Page 9: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

Ekstrakulikuler bola basket merupakan salahsatu ekstrakulikuler favorit bagi para siswakarena permainan ini sangat popular di ka -

langan pelajar baik dari level SD sampai perkulia-han Ekstrakulikuler bola basket merupakan wadahkegiatan yang sangat ditunggu. Karena di sinianak belajar banyak diantaranya organisasi sam-pai menyalurkan bakat mereka yang harus terusdiasah. Selain itu, permainan bola basket memilikisederet manfaat sebagai berikut.

Melatih otot tubuh. Faktanya, olahraga inimampu menggerakkan seluruh organ tubuh se-cara intens. Misalnya saat sedang berlari, mendri -bel, melempar, dan lainnya yang selalu me li bat -kan otot tubuh. Menjaga ketahanan tubuh. Gera -kan-gerakan saat bermain bola basket dapatmembuat badan menjadi lincah sehingga mampumenjaga ketahanan tubuh.

Menahan daya imunitas tubuh. Tak hanyabuah-buahan yang mampu mengoptimalkan sis-tem imun tubuh, tetapi olahraga bola basket jugabisa melakukannya. Aktivitas itu merupakan salahsatu olahraga yang mampu mencegah bakteridan virus yang bersifat patogen.

Membangun keseimbangan dan koordinasitubuh. Bermain bola basket adalah olahraga yangdilakukan antara kerja sama tangan, kaki, danmata dalam koordinasi yang erat. Tentunya hal iniakan membangun keseimbangan dan keterampil -an fungsi koordinasi tubuh.

Meningkatkan keterampilan motorik. Setiappemain harus menggerakkan hampir seluruhanggota tubuh inti dalam olahraga ini, sehingga

mampu meningkatkan saraf motoriknya.Membentuk tubuh ideal. Permainan bola bas-

ket adalah aktivitas yang sangat identik denganolahraga fisik. Karena itulah kalori akan terbakardengan sendirinya.

Tubuh menjadi lebih tinggi. Tak sedikit atletbola basket memiliki badan yang tinggi. Hal itudikarenakan permainan bola basket mampu me -regangkan otot kaki, tulang belakang, serta tulangkaki. Dengan memanjangkan tulang-tulang terse-but, tubuh akan menjadi lebih tinggi.

Menurunkan berat badan. olahraga bola bas-ket dapat membakar sekitar 700-750 kalori yangada, sehingga lemak yang berlebih akan hilangsaat bermain. Menghindari osteoporosis. Hal inibermanfaat lantaran melakukan aktivias lari yangda pat membuat tulang-tulang dalam tubuh akansemakin kuat jika dilakukan secara teratur.

Meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Bolabasket adalah permainan cepat yang melibatkanbanyak lari, dribbling, berbalik cepat, passing,melompat, dan melempar bola ke ring. Jadi,olahraga ini dapat berfungsi sebagai latihan kar-diovaskular yang efektif, karena mempercepatpernapasan dan meningkatkan pasokan darahyang mengangkut manfaat oksigen ke otot-otot.

Permainan bola basket terdiri dari beberapateknik yang harus dikuasai oleh pemain. Teknik ter -sebut adalah dribel, passing dan shooting. Tek nikdrible dilakukan dengan cara memantulkan bolabas ket menggunakan satu tangan atau ber gantian,tidak diperbolehkan memantulkan bola dengankedua tangan. Fungsi drible untuk membawa boladari area sendiri ke area lawan. Teknik passing biasadilakukan dengan tiga cara yaitu passing dada (chestpass), passing bawah (bounce pass), dan pas singatas (overhead pass). Teknik shooting, meme gangbola dengan jari-jari dan bol a didorong ke atasmenuju ring untuk dimasukkan keranjang.

Skore dalam permainan bola basket berbeda-beda tergantung dari area bola itu dilepaskan, bilabola dilepaskan di dalam area garis setengah ling -karan maka skore yang diperoleh adalah dua, jikabola dilepaskan di luar garis setengah lingkar anmaka skore yang diperoleh tiga, tetapi apabila se-orang pemain dilanggar dalam posisi berusahamence tak skore pemain tersebut diberi kesempat -an melakukan tembakan bebas yang skorenyasatu dalam satu tembakan.

Pelaksanaan ekstrakulikuler bola basket SMAAl Muslim setiap minggu dua kali latihan yaitu dihari Rabu dan Jumat jam 16.00 hingga 17.30 sete-lah pulang sekolah. Bakat bisa memenang kan per -mainan, sedangkan kerja sama tim dan kecerdasanbisa memenangkan kejuaraan. Di dalam tubuhyang kuat terdapat jiwa yang sehat, mari bero-lahraga. lAhmad Mauliidy, S.Pd./ Guru PJOKSMA Al Muslim

Agar pujian yang diberikan guru menjadiefektif dan bermakna, ada beberapa tahapanyang perlu dilakukan, antara lain1. Perhatikan usaha yang dilakukan oleh siswa.2. Lakukan kontak mata dengan siswa.3. Tersenyum tulus dan antusias.4. Sampaikan pujian kepada siswa dengan

mendekatinya, terutama untuk siswatingkat menengah atas.

5. Persiapkan pujian dengan memutuskanapa yang akan dikatakan dan spesifikuntuk tugas tersebut.

6. Jelaskan perilaku yang ingin Anda perkuatdengan menceritakan perasaan Andatentang hal itu dengan komentar spesifikseperti, “opini yang kamu sampaikantertata dengan baik dalam esai ini.”

7. Yang paling penting, jangan mengga bung -kan pujian dengan kritik. Untuk me misahkanpujian dengan kritik, hindari menggunakankata, “tapi” segera setelah pujian.Semua ini dapat membuat pujian efektif di

kelas. Pujian yang efektif dapat memberisiswa semacam penguatan positif yang untukmencapai kesuksesan, memotivasi merekauntuk belajar, dan meningkatkan partisipasimereka di kelas.

Langkah-langkahmemberikan pujian

yang efektif

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

7

seputaral muslim

EkstrakulikulerBola BasketSMA Al Muslim

Dalam melaksanakan prosespembelajaran di kelas, seseorangsiswa memerlukan dorongan yang

kuat baik dari dalam dirinya dan juga darilingkungan. Dorongan yang kuat dari dalamdiri seseorang siswa akan mencuat karenaadanya dorongan atau stimulus darilingkungan. Di dalam kelas, stimulus dapatberasal dari teman atau guru.

Bukti empiris dapat dilihat dari penelitianRobert A. Gable, et al. (2009) yang menun-juk kan bahwa pujian dapat memiliki dampakpositif pada pembelajaran akademik siswadan perilaku sosial. Meskipun dampaknyapositif, pujian tidak boleh terlalu sering dibe -rikan. Selain karena pujian tersebut menjaditidak bermakna, guru mungkin akan merasatidak nyaman saat memberikan pujiansecara konsisten.

Alasan lain mungkin karena guru mung kintidak tahu cara menyampaikan pujian yangefektif. Guru dapat memberikan pujian umummenggunakan frasa seperti, “Kerja bagus!” Atau“Kerja bagus, Nak!” Ungkapan umum bukancara yang efektif bagi guru untuk memberikanumpan balik di kelas. Frasa umum tidakditujukan kepada siapa pun atau tidak padaketerampilan tertentu. Terlebih lagi, meskipunfrasa umum ini mungkin baik untuk didengar,tetapi lebih cenderung memiliki arti yang luas,dan terlalu sering digunakan dapat menjadimembosankan. Jadi, apa yang bisa membuat

pujian menjadi “jenis yang tepat”?Waktu pemberian pujianKetika seorang guru menggunakan pujian

untuk mengapresiasi usaha siswa dalam peme -cahan masalah atau dalam praktik, buat pujianitu lebih efektif. Pujian yang efektif dapat diarah -kan kepada siswa atau kelompok siswa secaraindividu ketika guru ingin menghubungkanpujian dengan perilaku tertentu. Itu juga berartibahwa pujian tidak boleh diberikan untuk pres -tasi sepele atau usaha yang lemah oleh siswaseperti penyelesaian tugas kecil atau siswa me -nye lesaikan tanggung jawab mereka. Contoh nya“Saya bisa melihat kerja keras mu dari produk ini”.

Kualitas PujianPujian harus selalu dihubungkan dengan

suatu proses, bukan kecerdasan siswa. Pujianuntuk kecerdasan cenderung membuat siswaberpikir bahwa jika ingin dipuji siswa harus cer -das. Sedangkan seharusnya pujian diberikanatas usaha atau kerja keras dari sutau pekerjaan. lEnes Tiara Evanda, S.Pd. / Guru Biologi SMA Al Muslim

Cara MemberikanPujian Yang

Efektif di Kelas

Page 10: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

8

seputaral muslim

Sidoarjo, 10 Februari 2020 – siswa- siswi kelas 4 Al Farabi SDAl Muslim, Jl. Raya Wadungasri No. 39-F Sidoarjo sudah se-lesai mengadakan acara safari sosial di SLB Nur Rahmah

yaitu pada tanggal 13 Februari 2020.Acara ini bertemakan “Be A Millenial Leader For Another

Leader” dan bertujuan menjadikan anak- anak yang berkebu-tuhan khusus untuk bisa menjadi seorang pemimpin meskiberbeda dari anak normal lainnya dan kelak bisa menjadi ke-banggaan keluarga mereka. hal ini juga mengacu pada programsafari sosial di sekolah kita yaitu share (berbagi), care (peduli) andtrust (percaya). Acara safari sosial ini diadakan bukan hanyauntuk membantu anak- anak yang berkebutuhan khusus, tetapisiswa- siswi kelas 4 Al Farabi SD Al Muslim juga turut andil dalamkegiatan sosial ini seperti membantu dalam pembungkusanbingkisan, bermain puzzle, dan menyanyi bersama.

Acara ini salah satunya yang paling seru adalah menyanyi,yang pertama yaitu menyanyikan lagu islami tampilan dari SLBNur Rahmah. Mereka menyanyikan lagu tersebut dengan gayakhas tersendiri dan lucu sehingga susana menjadi riang gembira.Selanjutnya tampilan dari siswa- siswi kelas 4 Al Farabi SD AlMuslim dengan lagu Asmul Husna dengan khidmatnya susanamenjadi hening sejenak.

Dan acara puncak safari sosial ini adalah penyerahan secarasimbolis dari siswa- siswi kelas 4 Al Farabi SD Al Muslim kepadaPihak SLB Nur Rahmah berupa snack sehat, perlengkapan seko-lah, meja mengaji, kipas, alat terapi, dan kebutuhan yang di bu-tuhkan SLB (Sekolah Luar Biasa) tersebut.

Kegiatan sosial ini dari awal sampai akhir berjalan denganbaik. ”Semua berjalan dengan lancar, dengan hikmat, dan sesuaidengan yang diharapkan oleh kedua belah pihak baik dari SD AlMuslim mapun SLB Nur Rahmah”.

“Safari Sosial untukSLB Nur Rahmah”

M asa anak usia dini merupakan masauntuk meletakkan dasar pertama dalammengem bangkan kemampuan kognitif,

bahasa, sosial emosional, fisik motorik, serta nilaimoral dan agama. Sekolah merupakan salah satutempat yang tepat untuk mengembangkankemampuan yang dimiliki anak sejak dini. Sebagaitempat untuk mengembangkan kemampuanyang dimiliki anak, KB-TK Al-Muslim sudahmenggunakan model pembelajaran sentra yaitupembelajaran berpusat pada minat siswa.

Pendekatan sentra dalam pendidikan AnakUsia Dini merupakan pusat pembelajaran denganmetode bermain sambil belajar atau belajar sambilbermain. Integrasi pendidikan nilai-nilai kehidupandirancang untuk mengembangkan seluruhpotensi anak. Pembelajaran sentra merupakanpembelajaran yang difokuskan pada anak. Gurusebagai pengawas dan fasilitator.

Pembelajaran sentra di KB-TK Al Muslimmempunyai bermacam-macam sentra yaitu:Sentra Imtaq, Sentra Balok, Sentra Persiapan,

Sentra Bermain Peran, Sentra Seni, Sentra olahTubuh. Jumlah dan nama sentra dalamperkembangan pendidikan saat ini dapatdisesuaikan dengan kondisi serta kebutuhansekolah. Dan kegiatan sentra ini dilakukandengan cara moving class, yaitu anak pindahkelas, sehingga anak-anak dapat merasakanbelajar sambil bermain di semua sentra.

Sentra Persiapan merupakan sentra yangdiadakan untuk mengembangkan kemampuanliterasi, kemampuan keaksaraan baik hurufataupun angka. Sehingga anak siap untukmenempuh pendidikan selanjutnya. Sentrapersiapan di tujukan pada ranah perkembangankognisi (berpikir) dan motorik, kaya dengankeaksaraan, dan mempersiapkan anak mengenaltulisan, huruf dan berhitung.

(Juma’at/24/1/2020) para siswa KB Mekar-1belajar dan bermain di sentra persiapan denganberbagai kegiatan main yaitu: bermain dakonangka 1-5, Menggunting kertas dengan pola garislurus, mengelompokkan benda sesuai ukuaranbesar-kecil, membaca buku cerita bergambar,menyusun kartu huruf, dan bermai plastisinmembuat suatu bentuk telor ayam.

Pada pijakan sebelum bermain, anak-anakdiberi kesempatan mengamati dan menanyatentang suatu tema Selanjutnya anak akan

mendapatkan informasi tentang suatu hal baru.Pengetahuan yang telah dimiliki dan pengetahuanbaru yang diperolah akan dituangkan dalammengasosiasi. Pada tahap ini, anak diberi kebebas -an memilih kegiatan main yang diinginkan, ber -eksplorasi dan lain sebagainya

Mengkomunikasiikan merupakan akhir darikegiatan saintifk. Anak diberi kesempatanmenyampaikan perasaan atau kesannya selamabelrmain di sentra. Melalui kegiatan di sentrapersiapan ini, anak akan mengembangkanpotensi yang dimiliki, mengembangkan krea -tiv itas, imajinasi anak serta melatih saraf mo -torik anak. Sehingga kesiapan menuju mem -baca dan menulis akan terasah dengan baik.

lNur Immatus /KB Al Muslim

SENTRA PERSIAPAN MENYIAPKAN ANAK

SENANG BERMAINHURUF & ANGKA

Page 11: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

9

seputaral muslimBencana alam adalah peristiwa atau

rangkaian peristiwa yang mengancamdan mengganggu kehidupan dan

penghidupan masyarakat . Pada umumnyabencana alam terjadi karena adanya perubahanpada kondisi alam baik secara perlahan maupunsecara ekstrem. Selain itu, bencana alam dapatterjadi karena ada faktor campur tanganmanusia yang tidak bertanggung jawab,misalnya penebangan pohon yang berlebihanyang menyebabkan tanah longsor.

Banjir merupakan salah satu bencana alamdim ana daratan tergenang oleh air secara ber-lebihan. Bencana alam ini umumnya terjadikarena intensitas hujan yang tinggi sehinggamenyebabkan aliran air sungai me luap. Selainitu, faktor lain yang menye bab kan banjir adalahperilaku manusia yang tidak bertanggung jawab(penebangan pohon, membuang sampahsembarangan, dll)

Rabu (4/3/2020) sebanyak 140 anak KB-TKAl Muslim sang pemimpin cilik mengikutiserangkaian kegiatan simulasi bencana alamyang bekerjasama dengan Bandan Penang -gulangan Bencana Daerah Jawa Timur, yangdipimpin oleh Bapak Subandi. Selain itu denganBPBD pihak KB TK Al Muslim juga meng gan -deng Yayasan Dana Sosial Al Falah Surabaya.

Rangkaian acara diawali gerak lagu Mitigasi

Bencana alam, yang dipimpin oleh Nur Fadhilah,selaku sie acara pada acara tersebut. Sebagaiacara selanjutnya adalah sambutan dari kepalaKB TK Al Muslim dan pihak BPBD. Acara yangdiadakan di aula KB TK ini bertambah meriah,saat Pak Alvian, selaku koordinator BPBD mem-Zberikan penjelasan tentang bencana alam,

Penjelasan tentang bencana sangat menarikbagi anak karena disampaikan dengan mediafilm edukasi penanggulangan bencana. Sehing -ga penjelasan bisa dipahami anak. Media audio -visual sangatlah cocok untuk anak usia dini saatpenjelasan suatu hal. Film edukasi yang sangatmenarik anak-anak adalah bencana banjir, gem-pa bumi, serta angin puting beliung. Anak-anakdiajak bersikap cepat tanggap terhadapperubahan alam sekitar.

Kegiatan simulasi bencana ini sebenarnyamerupakan kali kedua, karena anak-anak jugasudah pernah mendapatkan ilmu tentangpenanggulangan bencana. Tujuan diada kan -nya kegiatan simulasi bencana ini untukmengingat kembali cara-cara melindungi dan

sikap cepat tanggap bila ada bencana alam.Setelah mendapatkan pengarahan dan pen-

jelasan tentang cara perlindungan diri, makadimulailah simulasi. Anak-anak diarah kan masukkelas, apabila ada suara sirine ben cana, makaanak-anak bisa melindungi diri dengan cara ber-sembunyi di bawah me ja, mengambil tas danmelindungi kepalanya serta menjauhi kaca. Saatsirine kedua di bunyi kan, secara tertib anak-anakkeluar ke las dan menuju ke titik kumpul yangsudah ditentukan.

Pada saat keluar kelas, anak-anak diarahkanmelawati jalur evakuasi yang telah ditentukansambil menutup kepa la de ng an tangan atautasnya. Hal ini bertu juan su pa ya bagian kepalaanak atau pun orang dewasa te-tap aman.

Alhamdulillah kegiatan berjalan dan sukses.Pembelajaran yang menyenangkan sekaligusberkesan bagi anak-anak, karena anak-anak bisamelakukan sendiri. Tapi kegiatan ini sebatassimulasi. Semoga tidak ada bencana alam. Kitasemua selalu dalam lindungan Allah. Aamiin.

lDewi Nasuhah/TK Al Muslim

Pemimpin Cilik BerlatihSimulasi Banjir dan Gempa Bumi

Budaya bangsa Indonesia sangat banyakdan beraneka ragam. Tiap daerah, tiapsuku memiliki budaya sendiri dan berbeda-

beda serta memiliki keunikan tersendiri. Salahsatu budaya Indonesia adalah musik angklung.Musik angklung sudah mendunia, sudah dikenaloleh negara lain. oleh karena itu kita sebagaigenerasi penerus, hendaknya bangga dan patutmelestarikan kekayaan budaya bangsa. Salahsatu cara melestarikan budaya bangsa adalahdengan bermain alat musik, yaitu angklung.

Angklung, alat musik dari Jawa Barat atautanah Sunda. Alat musik ini terbuat dari bambu.Angklung sangat mudah dimainkan, hanyatinggal digoyangkan saja. Bunyi yang dihasilkanberasal dari tabung bambu yang punya ukuranberbeda dari kecil sampai besar. Suaranya yangkhas pastilah membuat orang tertarik padamusik angklung.

Bermain angklung ternyata memiliki manfaatyang baik untuk anak-anak serta bisa digunakansebagai alat pendidikan, karena ber mainangklung diperlukan kerjasama, tanggung jawabserta disiplin para pemainnya. Selain itu belajarangklung dapat meningkatkan daya ingat dankemampuan belajar anak. Anak diajak menghafalkata kunci nada dan memahai jenis panitur agarbisa menghasilkan instrument yang indah.

Guna melestarikan budaya bangsa sertamenumbuhkan kraetivitas anak, maka di TK AlMuslim mengadakan ekstrakurikuler angklungyang diadakan tiap hari Rabu yang diasuh olehustadz Fajar. Sebanyak 48 anak kelompok A danB sangat semangat mengikuti ekstrakurikulerangklung. Jumlah peserta yang sangat banyak,maka tim angklung dibagi 2 kelompok. Apabilakelompok 1 bermain angklung, maka kelompom2 sebagai penonton dan menyimak permainanangklung. Anak-anak bermain secara bergantian.

Ustadz Fajar sebagai pengajar ekstrakurikulerangklung sangat bersemangat dalam menerang -kan bagaimana cara memainkan angklung, caramemegang, menggoyangkan angklung sesuainotasi angkanya, sehingga terdengar suara bunyiyang indah. Salah satu lagu yang sudah dikuasaianak-anak adalah lagu Kasih Ibu serta lagu Sa -yang Semuanya.

Bermain musik dan menyanyi memang sa -ngat mengasyikkan bagi anak. Melalui musik ke -mampuan akademik anak juga akan terasah de -ngan baik. Angklung memang banyak manfaat -nya, yaitu melatih kerjasama pada anak, disiplindan tanggung jawab. Lewat angklung anak be -lajar mencintai budaya bangsa Indonesia. AnakIndonesia anak yang bangga dan cinta padabudaya bangsa. lMudjiastutik/TK

BermainAlat MusikAngklung

di SekolahAl Muslim

Page 12: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

10

seputaral muslim

Kegiatan tadarus keliling (tadarling)merupakan salah satu kegiatanpenunjang pembelajaran di SMA Al

Muslim. Kegiatan tadarus keliling merupakansalah satu kegiatan yang dilaksanakan siswalaki-laki dan perempuan, mereka salingbersilaturahmi ke rumah temannya secarabergantian untuk tadarus membaca Alquran,murojaah bersama, dan salat berjamaah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan setiapbulan pada hari Sabtu. Setiap kelas mendapatbagian satu kali dalam satu bulan. Kegiatan iniwajib diikuti semua siswa SMA Al Muslimdengan tujuan meningkatkan pemahamanterhadap ajaran agama Islam, menanamkankecintaan siswa terhadap Alquran. Tadarling inijuga sejalan dengan program mengaji di sekolahyaitu salah satunya mampu membaca Alquransesuai kaidah bacaan yang benar sertadiharapkan mampu menghafalkan Alquran.Selain itu, tadarling ini merupakan salah satuupaya syiar agama kepada masyarakat.

Selanjutnya tadarling juga merupakan

sarana home visit yangmampu menjalin silaturahimdengan orang tua dan melatihinteraksi sosial siswa denganlingkungan di luar sekolah. Haltersebut juga senada denganprogram ungulan sekolah yaituLeadership. Salah satu pilarLeadership adalahCommunicating with other/berkomunikasidengan orang lain. Adanya tadarling diharapkanmampu memupuk serta mengembangkan polainteraksi dan komunikasi siswa-siswi SMA Almuslim dengan lingkungan luar sekolahkhususnya bersama orang tua.

Tadarling juga diharapkan menjadi sebuahsarana dalam mengembangkan kemampuandan membentuk watak, kepribadian, sertaperadaban yang bermartabat dalam hidupdan kehidupan atau dengan kata lainpendidikan berfungsi memanusiakan manusiaagar menjadi manusia yang benar sesuaidengan norma yang dijadikan landasan.

Kegiatan tadarling meliputi pembukaan,kataman Alquran, tausiyah, dan doa sekaligussebagai penutup. Dalam kegiatan pembukaguru pendamping atau orang tua memberi kansambutan. Dilanjutkan kataman Alquran, semuasiswa mendapatkan bagian untuk membacakansatu sampai satu setengah juz Alquran. Usaimenyelesaikan pembacaan Alquran, kegiatanberikutnya tausiyah, kemu dian ditutup olehustaz/ustaza pen damping dengan membaca doakhotmil quran dan diamini para siswa. Setelahdoa bersama, se mua siswa melaksanakan salatDuhur berja maah, makan bersama, dan pulang.lM. Misbahus Surur, S.Pd. Guru Bahasa Inggris SMAAl Muslim

Semakin merebaknya virus corona tidakmenyurutkan semangat siswa SD Al Muslimuntuk terus berkarya. Hal ini terbukti de -

ngan diluncurkannya beberapa buku karya siswadan guru SD Al Muslim. Peluncuran buku inibertepatan dengan kegiatan dialog interaktifyang diadakan pada Sabtu, 14 Maret 2020. Nara-sumber dialog ini adalah Dr SasantiYuniar,SpKJ(K), psikiater anak dan remaja.

Ada empat buku yang dilaunching pada hariini, yaitu: “Cerita Kita” kumpulan cerpen karyasiswa-siswi kelas VI Ibnu Sina dan VI Ibnu Rusydi. “Bunga Rampai” merupakan kumpulan pantun,puisi dan cerpen siswa-siswi Kelas V Ibnu Sina.Buku ini unik karena handmade. Buku ini aslitulisan tangan siswa. Buku ketiga adalah ” Fantas-tic Journey”. Buku ini merupakan kumpulan ceritakarya siswa-siswi Kelas VI Ibnu Khaldun dan VI AlFarabi. Buku terakhir adalah “Damar PangeranImpian” buku ini merupakan buku dongeng pet-ualangan yang mendebarkan karya MuyatunYahmo, guru SD Al Muslim.

“Buku karya siswa ini merupakan proyekliterasi siswa kelas V dan VI. Sebagai bentuk aktu-alisasi diri, sarana untuk menuangkan ide, pen -dapat, angan-angan, maupun khayalan me reka.Dalam buku ini siswa diberi kemerdekaan untukmenulis cerita sesuai imajinasi dan horizon hara-pan mereka, tidak ada tema khusus dalam edisiini. Merekalah para author sejati, yang insyaalahsuatu saat nanti akan terbit karya-karya spektak -uler dari tangan-tangan mereka.” kata Us Muyasebagai guru bahasa Indonesia mereka.

Kegiatan launching buku ini diisi denganacara bedah buku dan parade pantun yangdibawakan oleh para penulisnya dengan diiringipiano oleh Evan Aryo kelas VI. Selanjutnya buku-buku itu dijual kepada wali murid yang hadirdalam acara tersebut.

“Terimakasih yang tidak terhingga kami ucap-kan kepada seluruh pengajar bidang study Ba-hasa Indonesia dan wali siswa atas motivasi dankerja keras yang diberikan baik moral maupunmaterial sampai terwujudnya buku kumpulancerpen ini. Buku ini diharapkan menjadi doron-gan kepada seluruh siswa  untuk bisa men-uangkan kreativitas dan tulisan sebagaipengembangan karakter dan jati diri. Kami men-gucapkan terimakasih kepada semua pihak dantim penelaah yang telah bersama- sama mem-berikan sumbangan pikiran sehingga bukukumpulan cerpen siswa kelas VI SD Al MuslimJatim dapat terwujud” kata Fatimatuz Zahroh,S.Pd, M.Pd. dalam sambutannya.

Semoga langkah awal yang sedikit me maksaini bisa menjadi pembuka kotak pandora yangmemicu kreativitas mereka. Se - hingga ke depan-nya akan bermekaran karya-karya mereka yanglebih hebat lagi. Aamiin. lMuya/SD

Tadarling SaranaSyiar Agama

SD AL MUSLIMGELAR

LAUNCHINGBUKU

Page 13: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

11

Peringatan Hari Sejuta Pohon dilakukanoleh warga SMP Al Muslim melaluikegiatan “Budidaya Tanaman

Mangkokan”. Kegiatan tersebut dilaksanakanpada Jumat, 10 Januari 2020. Budidaya tana-man Mangkokan yang diikuti oleh seluruhsiswa kelas VII ini selain untuk memeringatiHari Sejuta Pohon juga untuk memperkenal -kan tanaman mangkokan sebagai icon seko-lah. Kegiatan ini diawali dengan pengenalanstruktur daun mangkokan hingga beberapamanfaat daun mangkokan yang disampai kanoleh Milla dan Raafy, perwakilan dari kelas IX Bselaku pokja icon sekolah. Secara bergan tian,keduanya memberikan penjelasan bahwa tana-man mangkokan dikenal sebagai tanaman obatyang populer di nusantara.

Tanaman mangkokan merupakan  perdutahunan yang tumbuh tegak, tingginya menca-pai 1-3 meter, bahkan dapat tumbuh hingga 6meter. Batangnya berkayu, bercabang, panjangdan lurus. Sedangkan, bentuk daunnya bulat,berdaun tunggal, berwarna hijau tua, bertang -kai, dan agak tebal. Tanaman ini disebut tana-man mangkokan karena bentuk daunnya bulatberlekuk seperti mangkok dengan pangkalberbentuk jantung. Sedangkan tepi daunnyabergerigi dengan pertulangan menyirip.

Mangkokan dikenal sebagai tanamanberkhasiat peluruh, antiseptik, hingga de-odoran. Bagian yang biasanya dipakaiadalah daun dan akarnya. Manfaat dankhasiat mangkokan antara lain sebagai an-tibakteri, antioksidan, memperlancar sirkulasidarah, mencegah terjadinya gejala anemia, danmemperkuat tulang. Mangkokan juga dapatmembantu mencegah infeksi pada luka danmencegah masuknya bakteri dan kuman kedalam tubuh, sehingga tubuh lebih sehat danterlindungi dari berbagai penyakit.

Penjelasan selanjutnya disampaikan olehUstazah Ummu. Beliau memberikanpenjelas an tentang produk yang dapat di-hasilkan dengan bahan dasar daunmangkokan. Produk-produk tersebut antaralain agar-agar dan minyak rambut atau

minyak cem-ceman. Bahan-bahan yang di-gunakan untuk membu at agar agar daridaun mangkokan antara lain: 200 gramdaun mangkokan, 240 gram gula putih, 14gram bubuk agar-agar, 1800 cc air, 5 helaidaun pandan. Cara membuatnya: (1) blen -der daun mangkokan bersama daun pandandan air hingga halus, kemudian sa ring dansisihkan; (2) campurkan air daunmangkokan dengan gula putih dan agar-agar, aduk rata; (3) nyalakan api, didihkanlarutan sambil diaduk-aduk, sisihkan; (4)tuangkan larutan puding ke dalam cetakan,diamkan hingga dingin; (5) setelah dingin,masukkan puding ke dalam lemari pendi -ngin. Puding mangkokan siap disajikan.

Produk daun mangkokan yang dapatdibuat selanjutnya adalah minyak rambutatau minyak cem-ceman. Adapun bahanyang diperlukan antara lain: daun mang -kokan, daun pandan, dan minyak kelapa.Cara membuatnya: (1) iris-iris daun mang-kokan dan daun pandan, lalu keringkan se-lama dua hari; (2) masukkan irisan daunmangkokan dan daun pandan yang sudah

dikeringkan ke dalam minyak kelapa, lalurendam selama 1 minggu, (3) minyak ram-but dari daun mangkokan siap digunakan.

Selain memaparkan tentang proses pem -buat an produk olahan daun mangkokan, Us-tazah Ummu juga menyampaikan langkah-langkah menanam tanaman mangkokan untukdapat dibudidayakan oleh siswa di sekolahmaupun di rumah. Adapun alat dan bahanyang digunakan untuk menanam tanamanmangkokan antara lain polybag, media tanam(tanah dan pupuk kompos), batang tanamanmangkokan (1 ruas sekitar 15-20 cm), air.

Dari pengetahuan yang sudah didapatkantersebut, seluruh siswa kelas VII melakukankegiatan menanam tanaman mangkokan di ha-laman sekolah. Siswa-siswi ini terlihat sa ngatantusias mempraktikkan cara mena nam tana-man mangkokan menggunakan peralatan yangtelah disediakan. Tanaman mangkokan hasilkarya siswa-siswi ini se lanjutnya disimpan digreen house hingga tum buh besar dan siapuntuk ditanamkan di halaman sekolah untukmenambah populasi ta naman mangkokanyang sudah ada di sekolah. lUstazah Fadhila, SMP

seputaral muslim

Peringatan Hari Sejuta Pohon,“Budidaya Tanaman Mangkokan”

Page 14: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

12

seputaral muslim

TAHFIDZ HOLIDAYPROGRAM ANGKATAN V

Kamis (14/11) bertepatan dengan hari anak sedunia 2019, SDAl Muslim melakukan kunjungan ke Panti Asuhan Nurma diPerum Pondok Jati Blok BM 22 Sidoarjo. Safari sosial meru -

pa kan kegiatan rutin yang dilakukan setiap 2 bulan sekali dengantujuan untuk memupuk empati, simpati, rasa syukur, dan jiwa so -sial sejak dini. Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa SD Al Muslimmampu menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama.

Di sini siswa SD Al Muslim berkegiatan bersama anak-anak PantiAsuhan Nurma. Salah satu rangkaian acaranya adalah memberikanbingkisan berupa sembako dan beberapa produk lain yang dibutuh -kan. Penggalangan dana infak setiap hari Jumat yang digunakan un tukbelanja segala keperluan. Dengan mengusung tema “Aku Anak Indo -ne sia, Cintai Ilmu, dan Berakhlakul Karimah,” diharapkan agar ge -nerasi milenial memiliki akhlakul karimah dan cinta akan ilmu pe nge -tahuan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Acara dibuka dengan bacaan basmallah bersama, dilanjutkansambutan oleh kepala sekolah atau yang mewakili, dan sambutandari pihak yayasan panti asuhan. Selanjutnya penyerahan bingkis -an secara simbolis dan hiburan dari anak-anak Panti Asuhan Nur -ma dengan membawakan shalawat dan dilanjutkan tampilananak-anak kelas 4 Ibnu Khaldun dengan menyanyikan lagu “AllahTuhanku, Islam Agamaku”. Kemudian dilanjutkan dengan rang -kaian acara makan siang bersama. Mereka antusias dalam berbagikeceriaan dengan bermain bersama di Taman Abhirama untukmen jalin persahabatan dan persaudaraan antara seluruh siswa ke -las 4 Ibnu Khaldun dan anak-anak Panti Asuhan Nurma. Ini meru-pakan momen yang tak terlupakan bagi seluruh yang hadir.

Sebelum kegiatan makan bersama dan bermain bersama acaraditutup dengan doa dan foto bersama. Dengan melakukan kun -jung an sosial seperti ini diharapkan dapat menambah rasa syukurkepada Allah SWT atas nikmat yang sudah dilimpahkan kepadakita serta menumbuhkan rasa empati terhadap sesama.

Kegiatan berjalan lancar sesuai dengan rencana, meski adasedikit kendala, namun sudah dapat teratasi. Semoga apa yang di-lakukan dalam kegiatan tersebut membawa keberkahan baik bagisegenap siswa dan guru yang mendampingi serta semua anak-anakPanti Asuhan Nurma. Diharapkan safari sosial yang dilakukan oleh SDAl Muslim ini dapat bermanfaat, berguna, mengedukasi, sertamenghibur seluruh anak-anak Panti Asuhan Nurma. oleh karena itu,untuk melanjutkan komitmen yang telah ada, SD Al Muslim akan tetapkonsisten untuk meneruskan acar ini. lUstadza Lisa/ Guru SDMenjadi seorang Hafidz adalah dambaan setiap umat muslim.

Dengan menjadi Hafidz, seseorang tidak hanya bermanfaatuntuk dirinya di dunia, tetapi juga dapat memberikan

mahkota kemuliaan bagi orang tuanya di akhirat kelak. oleh sebabitu, yayasan Al Muslim Jawa Timur menyuguhkan program liburanbagi siswa, yaitu “Tahfidz Holiday Program Mandiri”.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dua kali dalam setahun, yaknisaat libur semester gasal dan libur kenaikan kelas untuk mengisiliburan siswa agar lebih bermanfaat dan bermakna denganmenghafal Al Qur’an. Pada libur semester gasal tahun ajaran2019/2020 ini, kegiatan “Tahfidz Holiday Progam Mandiri”dilaksanakan mulai tanggal 16—21 Desember 2019. Kegiatantersebut adalah yang kelima kalinya dengan jumlah peserta 53 siswa,44 peserta dari unit SD dan 9 peserta dari unit SMP.

Kegiatan ini dilakukan di Rumah Emak, Trawas, Mojokerto, JawaTimur. Kegiatan inti program tersebut meliputi hafalan, muroja’ah,dan menulis Al Qur’an. Disamping kegiatan inti tersebut, adakegiatan tambahan berupa tadabbur alam, dan outbound. Selainmelatih hafalan, peserta juga melatih kemandiriannya. Selama satuminggu, peserta harus menyiapkan segala kebutuhannya sendiri,melatih manajemen waktu, meningkatkan kepercayaan diri denganmenjadi imam serta pengisi kultum.

Program ini diharapkan dapat dijadikan pilihan liburan yangbermanfaat. Selain mendapatkan ilmu, pegetahuan, dan pengalam -an, siswa dapat menjadikan program tersebut sebagai jalan untukmewujudkan impiannya sebagai Hafidz dan kebanggaan untuk orangtuanya di dunia dan akhirat. lWiwik dan Indri SD

Aku Anak Indonesia,Cintai Ilmu, dan

Berakhlakul Karimah

Page 15: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

13

seputaral muslim

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupa -kan pendidikan yang paling fundamentalkarena perkembangan anak di masa

selanjutnya akan sangat ditentukan olehberbagai stimulusi bermakna yang diberikansejak usia dini. awal kehidupan anak merupakanmasa yang paling tepat dalam memberikandorongan agar anak dapat berkembang secaraoptimal (Permen Pendidikan dan Kebudayaan RInomor 146 tahun 2014)

Anak usia dini diharapkan tumbuh danberkembang sesuai dengan usianya. Lingkupperkembangan anak PAUD yang tertulisdalam Permen Dikbud RI nomor 146 tahun2014 menyatakan bahwa perkembanganadalah bertambahnya fungsi psikis dan fisikanak meliputi sensorik (mendengar, melihat,meraba, merasa dan menghidu), motorikkasar dan halus, kognitif (pengetahuan, ke -cer dasan), komunikasi, sikap religius, sosialemosional dan kreativitas

oleh karena itu, orang tua, guru, danmasyarakat memiliki peran penting dalampendidikan anak usia dini serta harus mulaimemikirkan cara terbaik untuk me ngem-bang kan keterampilan anak, agar anak bisaterampil berkomunikasi dengan baik danlancar, mampu mengenali dan memecahkanmasalah, beradaptasi dan bersikap fleksibel,menghargai sesama dan lain sebagainya.

Salah satu cara untuk mengembangkanketerampilan anak adalah melatih keteram -

pilan sosial emosional. Sosial emosional salahsatunya adalah perilaku prososial, mencakupkemampuan bermain dengan teman sebaya,memahami perasaan, merespon, berbagi,menghargai hak dan pendapat orang lain,bersikap kooperatif, toleran dan berperilakusopan. (Permen Dikbud no 137 tahun 2014)

Salah satu prinsip pembelajaran yangterdapat dalam Permen Dikbud RI nomor 146tahun 2014 adalah belajar melalui bermain.Anak usia dini mendapatkan pembelajaranyang bermakna melalui bermain. Bermainmerupakan kegiatan yang memberikan kese-nangan dan dilaksanakan untuk kegiatansendiri, yang lebih ditekankan pada caranyadaripada hasil yang diperoleh dari kegiatanitu. Salah satu pengembangan sosialemosional anak adalah melalui bermainkooperatif dengan teman sebaya.

Bermain kooperatif/ bermain bersamasangat penting untuk meningkatkanperkembangan sosial emosional anak.Bermain kooperatif adalah permainan yangdi lakukan secara bersama atau berkelompok,di mana stiap anak mendapatkan peran dantugas masing-masing untuk mencapai suatutujuan bersama. Salah satu kegiatan untukmengasah kemampuan bermain kooperatifini adalah bermain di sentra peran, karenasetiap anak mendapat tugas untuk mencapaisuatu tujuan. Bermain peran di TK Al Muslimmenjadi favorit anak-anak. Salah satunya

anak-anak kelompok B-2 usia 5-6 TK Al Muslim.Anak-anak selalu terlihat senang gembira, bah -kan ada yang meloncat kegirangan disaat akanbermain di sentra peran. Mereka bisa bereksplordan antusias sekali bermain, karena dunia anakadalah bermain.

Rabu (15/1/2020), anak kelompok B-2bermain sentra peran tema rekreasi. Alang -kah senangnya anak-anak. Rekreasi tidakasing bagi anak-anak. Salah satu peran yangada adalah memainkan peran sebagai pen-jual dan pembeli di tempat rekreasi, meman -cing sebagai acara rekreasi.

Bermain kooperatif, khusunya anak kelom -pok B di TK Al Muslim secara umum sudahbagus. Anak-anak bermain bersama temanlainnya. Hal ini terlihat saat bermain peran disentra peran ataupun bermain di playground.Terlihat adanya interaksi yang bagus antar anak.Namun masih ada beberapa anak yangpendiam hanya menjadi penonton saja.

Pengaruh bermain kooperatif denganteman sebaya sangatlah banyak sekali.Menurut hasil penelitian membuktikanbahwa mela lui bermain kooperatif anakmempe ro leh pengalaman baru ataupunpengetahuan baru, baik pengetahuan kearahpositif maupun ke arah negatif. Lingkungansekitar anak sangat menentukanperkembangan sosial emosional anak..

Peran orang tua sangat penting dalam per -kembangan sosial emosional anak. Anak yangmasih berusia 4- 6 tahun, belum mampu memi -lah yang baik dan tidak baik untuknya. Kejadiandan pengalaman yang didapatkan dari ling -kung an sekitar akan menjadi suatu pene muanbaru bagi anak, anak akan mudah mengingathal baru dan menirunya.

Pada umunya bermain kooperatif denganteman sebaya sangat besar peranya di dalamaspek perkembangan sosial emosional. Melaluibermain kooperatif anak mendapatkan penge-ta hun baru, yang belum pernah ia ketahui darilingkungannya. Bermain kooperatif merupakansalah satu metode pengembangan sosial emo -sional anak. Melalui bermain kooperatif akanterwujud interaksi sosial anak, kebersamaan,kerjasama serta belajar mematuhi aturan yangada. Anak adalah aset besar kita, maka berilahkebebasan kepada anak kita untuk bermain de-ngan teman sebaya. Namun tetap dalam pe-ngawasan kita. Anak sehat dan cerdas menujuIndonesia Emas. lNur Fadhilah/TK Al Muslim

PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONALMELALUI BERMAIN KOOPERATIF

ANAK USIA 5-6 Di TK Al Muslim Sidoarjo

Page 16: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

Kapiten Charity Competition merupakanperhelatan kegiatan siswa kelas XII IPA II se-bagai aplikasi pembelajaran Leadership

dalam bimbingan Ust. Zaimatus Zaifaro, M.Pd.,pada Sabtu, 09 Novem ber 2019. Serangkaiankegiatan terdiri dari kompetisi Bullet JournalCreative dengan konsep daily activities bertujuanmeningkatkan kreativitas remaja mulai dari umur12—16 tahun di daerah Sidoarjo, Surabaya, dansekitarnya, bazaar, pertunjukan music di pang-gung terbuka, serta menyantuni anak yatim diPanti Asuh an Insanul Kamil, Tropodo, Waru,Sidoarjo bekerjasama dengan Standard sebagaiperusahaan produk alat tulis berlangsungdengan lancar dan menyenangkan.

“Dalam pelaksanaan kegiatan ini kami tidaksendi ri, kami didampingi oleh walas kami, yaituUstadzah Putri sebagai wali kelas XII IPA II”, jelasSatria yang bertanggung jawab sebagai ketua

pelaksana kegiat an. Antusias para peserta su dahterlihat dari meja registrasi yang dipenuhi pesertayang melakukan daftar ulang meskipun jammasih menunjukkan pukul 7 pagi. Tepat pukul08.00 dilakukan kegiatan pem buka an di aulaSMA Al Muslim Sidoarjo. Beberapa menit kemu-dian segenap peserta diarahkan ke lokasi pe -ngerjaan Bullet Journal oleh panitia kelas XII IPA II.

Berbagai ide kratif bisa kita temukan disini. dalam menentukan siapa pemenangnyadibutuhkan kejelian dan kesesuaian tema.Mereka yang bertindak sebagai juri dalamkegiatan ini adalah tim profesional Stan dart. “halini dilakukan untuk menghidari adanya hal-halyang tidak diinginkan, oleh karena itu, kamimendapuk tim professional Standart sebagaijuri, selain itu, kegiatan ini juga terlaksana ataskejasama antara Standart dan segenap siswaSMA Al Muslim khususnya siswa kelas XII IPA II.

Para juara berhak menerima hadiah uang tunaisebesar Rp700.000,-, piala, serta sertifikat.

Hadir pula Kepala SMA AL Muslim, Ust.Mahmuda, S.Ag., M.Pd., beserta waka kuriku-lum SMA Al Muslim, Ust. Nunuk Winarsih, S.Pd.dalam kegiatan Kapiten Charity Competitionyang memberikan dukungan dan semangatbagi segenap siswa. Dalam kegiatan kali ini,kepala SMA Al Muslim juga berkesempatanmenyerahkan

Tepat pukul 15.30 WIB kegiatan dilanjutkanke panti asuhan. “Di sini kami berbagi bersa -ma adik-adik panti asuhan, dana yang kamiperoleh dari pendaftaran lomba bullet journalkami kumpulkan dan berikan kepada mereka”,papar Berli salah satu siswa kelas XII IPA IIyang juga turut berkecimpung dalam kegiatantersebut. “Bukan hanya itu, dalam kegiatanberbagi ini kami juga mengajukan proposalbantuan kepada pihak Standart yang Alham-dulillah diACC”, imbuh Fe sang bendahara ke -giatan. “Kami juga membuka jembatan ak hiratyang berupa kotak kardus lalu kami letakkandi kelas dimana kotak ini sebagai pengingatkami dan semua guru sereta te man-temanSMA Al Muslim bahwa kita bukan hanya bisamemberikan sumbangan tenaga dan pikiran,tetapi juga dana”, imbuh Rozy.

“Senyum adek-adek panti asuhan, semangatpeserta bullet journal, serta dukungan dari sege-nap guru, membuat kami memahami bahwa suk-ses itu tidak bisa dilakukan sendiri. Ust. Zaimse lal u menyemangati kami, “Ayo kita sukses ber -sama”, dan kali ini kami menyadari apa yangsenantiasa beliau ucapkan kepada kami melaluikegiatan yang kami lakukan” papar Ilham.

Tepat selepas sholat maghrib kegiatan dipanti asuhan kami akhiri. Ada banyak kenang -an bersama mereka. Ada banyak senyum di-antara kami. Ada transfer semangat dari guru-guru kami. Terimakasih kepada semua pihakyang telah mendukug keterlaksanaankegiatan ini. l

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

14

KESUKSESAN KAMITIDAK SENDIRI

Aish XII IPA II, SMA Al Muslim

Kunjungan SD KemalaBhayangkari Balikpapanke SD Al Muslim sebagai

Peraih PredikatWHOLE SCHOOL

Lomba Budaya Mutu memang telah berlalu, namungaungnya masih terasa hingga ke pelosok nusan-

tara. Maka tak heran bila SD Al Muslim sebagai peraihpredikat Whole School seolah menjadi magnet bagisekolah-sekolah lain yang pastinya merasa sangat pe-nasaran dengan kondisi sekolah. Seperti halnya SDKmala Bhayangkari Balikpapan yang berkunjung ke SDAl Muslim pada Senin, 17 Februari 2020 dengan rom-bongan satu bus yang berjumlah 30 siswa siswi kelas VIdan 5 guru termasuk kepala sekolah.

Rombongan disambut dengan tari Remo yangditampilkan oleh tiga siswi dari kelas tiga danempat. Lalu dilanjut dengan sambutan-sambutandan pemaparan profil sekolah oleh kepala SD AlMuslim. Lantas, rombongan diajak berkeliling kearea sekolah diantaranya ke UKS. Di UKS, para kaderUKS dan dokter kecil (dokcil) memberikan penje-lasan tentang UKS dan produk-produk yang telahdihasilkan seperti Banalim (Banana Lime HandSoap) yaitu sabun cuci tangan berbahan dasardaun kulit pisang, jeruk, dll.

Selanjutnya mereka belajar tentang komposteryang terletak di bagian belakang sekolah dangreenhouse yang berisi tidak hanya beragamtanam an namun juga ikan yang menggemaskanserta tak lupa beramah tamah dengan siswa dansiswi sesama kelas VI SD Al Muslim. Sepanjang per-jalanan keliling Al Muslim tak henti-henti para siswadan guru bertanya tentang banyak hal yang belummereka pahami dan hal-hal yang baru bagi

mereka. Saat berada di perpustakaan, para tamusangat senang melihat banyaknya jumlah buku ba-caan yang tersedia dengan tempat membaca yangnyaman serta ruangan pendukung yang dinginmembuat betah siapapun yang masuk sekan takingin beranjak keluar.

Perjalanan berakhir di ruang guru, dan sambilmenikmati hidangan yang telah disiapkan, paratamu dihibur dengan tampilan angklung dari siswasiswi kelas III sampai kelas V dan yel-yel dari parakader UKS dan dokcil. Para kader menyerukanuntuk selalu hidup bersih dan menjaga lingkungansekitar baik di rumah maupun di sekolah. Tak hanyaingin menjadi penikmat seni, para tamu tertantanguntuk turut menyuguhkan tampilan berupa lagubertema Adiwiyata yang menjadi unggulan sekolahmereka. Lagu penuh semangat dan riuh dinyanyi -kan oleh seluruh siswa dan guru. Tepuk tanganbergemuruh saat mereka selesai bernyanyi.

Di ujung acara, kepala SD Kemala Bhayangkarimenyampaikan ucapan terima kasih dan mengung -kapkan kebanggaan beliau atas keramah-tamahandan sambutan yang luar biasa dari Al Muslim. Sertatak lupa memberi doa yang tulus agar Al Muslim te -rus berjaya dan hebat mencipta para calon pe mim -pin bangsa. Sebagai penutup, beliau me ngun-dang para siswa dan segenap keluarga besar AlMuslim untuk berkunjung ke Balikpapan sebelumdiresmikan sebagai ibukota negara. Bagaimana?Ikut? lAnnaSulisetiawati

seputaral muslim

Page 17: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

15

galerifoto

Sholat Dhuha di Masjid Al HidayahJl Belimbing Pocan

Anak Playgroup belajar menanam

padi di kebun Al Muslim

Sosialisasi Cegah Virus Corona (rajin cuci tangan dan PHBS)dr FK Kesehatan masyarakat Unair Sby

Tema work Kelompok B dlm acara camping Kids d Almuslim

Kerjasama anak playgroup mmbawa buah denganmika dalam acara out bond kids kb tk almuslim

Uji ketangkasan dn konsentrasi"lompat dn balik gelas" dlm acara out bond kids

Bermain peran tertib berkendaraan dalam acara puncak Tema alat transportasi

Page 18: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

16

galerifoto

Seluruh siswa dan guru mengadakan sholat ghoib untuk Atha kelas 3 Al Kindi

Tim Dokter Kecil menyambut para tamu dari Depok

Mengasah jiwa entrepreneur melaluikegiatan merencanakan, membeli,memasak, dan menjual hasilnya (LatihanDasar Kemandirian) Pembinaan pola hidup sehat dari KepalaPuskesmas Waru dan praktik cuci tangan

Siswa kekas 3 belajar mencuci baju sendiri

Siswa kelas 5 merangkai puzzle berkelompokdalam Latihan Dasar Kepemimpinan (LDKP)

Page 19: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

17

galerifoto

Doa bersama siswa kelas 9 dan orang tua bersama ustadz Rifai.

Bagi-bagi makan siang untuk pekerja harian selama pandemi covid19.Pembagian sembako dengan sistem drivethru

Seluruh warga SMP AL MUSLIM membuat ecobrik untuk memperingati hari sampah

nasional

Kader kesehatan remaja SMP AL MUSLIM melaksanakanscreening kesehatan kepada seluruh siswa SMP AL MUSLIM.

Kader Kesehatan Remaja SMP AL MUSLIM mensosialisasikan bahaya danpencegahan terhadap covid19 ke pada seluruh warga sekolah.

Page 20: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

18

galerifoto

KIR SMA Al Muslim sosialisasi makanan bergizi seimbang dan produk kebab Vegichan di SD Al Huda

Sosialisasi tips masuk STAN

Peduli kaum duafa dan anak yatim melalui baksos

Talk show PTN favorit oleh alumni SMA Al Muslim di acara ekspo kampus

Doa dan restu untuk kakak kelas XII agar sukses USP-BKS

KIR SMA Al Mualim membuat handsaniteizer

untuk lindungi diri dari covid 19

Page 21: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

19

seputaral muslim

SD Al Muslim merupakan salah satu sekolahyang mendukung penuh kegiatan UsahaKesehatan Sekolah (UKS). Hal ini dapat

dibuktikan dari berbagai partisipasi aktif SD AlMuslim dalam mengembangkan UKS, mulaidari kelengkapan sarana dan prasarana UKS,pelaksanaan program-program UKS, yaitudalam me laksanakan pendidikan kesehatan disekolah (health education in school), menyeleng-garakan pelayanan kesehatan di sekolah (helathservice in school), dan menciptakan lingkungansekolah sehat (helath full school living), sertaberbagai partisipasi aktif lainnya terhadaplingkungan sekitar, terutama pada radius 500meter dari sekolah.

Sudah banyak prestasi yang diraih olehtim UKS SD Al muslim, mulai dari tingkatkabupaten maupun nasional. Beberapa di-antaranya, yaitu:

Kader UKS SD Al Muslim terdiri dari Dok-ter Kecil, Dokter Kecil Mahir Gizi (DKMG),Dokter Gigi Kecil, Komunitas PemberantasJentik-jentik (Komantik), Koordinator Tang-gap Bencana di Kelas (Kortabelas), LeaderEco Doctor Club (LED Club), Kader SadarLingkungan (Kadarling), dan lain sebagainya.Kader-kader tersebut memiliki koordinator/

guru UKS yang selalu membimbing, men-dampingi, memonitoring, dan melakukanevaluasi terhadap pelaksanaan programyang telah direncanakan. Koordinator/ guruUKS dan kader UKS secara berkala mendap-atkan pelatihan/ pembinaan baik daripuskes mas, maupun dari dinas pendidikankabupaten, dan dinas kesehatan kabupatenSidoarjo. Setiap kader UKS memiliki produkunggulan sebagai perwujudan pelaksanaanprogram masing-masing kader. Produk-pro-duk unggulan tersebut, bukan dibuat hanyakarena proyek saja, namun produk-produktersebut dibuat berawal dari identifikasimasalah serta analisis ketersediaan sumberdaya yang dimiliki oleh SD Al Muslim.

Kader Dokter Kecil Mahir Gizi membuatproduk biskuit SIALIM, yaitu biskuit bayamlele Al Muslim. Biskuit ini terdiri dari 2 varianrasa, yaitu SIALIM merah karena berbahandari bayam merah dan lele, serta SIALIM

hijau karena berbahan bayam hijau dan lele.Produk ini dibuat oleh kader DKMG bertujuanuntuk menyediakan jajanan sehat bergizi seim-bang, karena dalam 1 keping biskuit mengan-dung unsur nilai gizi seimbang, seperti kar bo-hidrat, protein, lemak, vitamin, mineral. Parakader DKMG dibantu oleh koordinator/ pem-bimbing DKMG menghitung nilai gizi melaluiaplikasi penghitungan nilai gizi yang telah ter-validasi. Khasiat dari produk ini, yaitu mencegahanemia, melancarkan pencernaa, meningkatkankesehatan tulang, meningkatkan kesehatanmata. Tim DKMG SD Al Muslim juga membuatproduk selai mangga yang diberi nama MangoJam SIALIM. Produk ini merupakan hasil peman-faatan kearifan lokal tanaman mangga yangbanyak tersebar di Al Muslim. Produk ini ber -man faat untuk melancarkan pencernaan, an-tioksidan, dan mencegah sariawan. Tim DKMGjuga menghitung nilai gizi pada produk ini sertamelabeli tanggal expired pada kemasan produk.

Kader Dokter Gigi Kecil SD Al Muslim turutserta menghasilkan produk unggulan, yaituokulim (obat Kumur Alami Al Muslim, yang ter-buat dari sirih, jeruk nipis, dan bahan alami lain-nya. obat kumur alami ini bermanfaat untukmenguatkan gigi, menyembuhkan sariawan,menghilangkan bau mulut, menghentikan pen-darahan gusi, dan menyegarkan mulut.

Kader Dokter Kecil SD Al Muslimmenghasil kan produk sabun cuci tanganalami, yaitu BANALIM Hand Soap (BananaSkin Lime Al Muslim Hand Soap). Produk inimerupakan sabun cuci tangan dan cuci pir-ing alami yang terbuat dari kulit pisang, ek-strak jeruk nipis, dan pandan. Produk ini sangatramah terhadap lingkungan, karena tidakmenyebabkan pencemaran serta ra mah ter-hadap kulit. Semua bahan-bahan yang digu-nakan dida pat kan dari kebun Al Mu slim danmemanfaatkan limbah kulit buah pisang yangse ring dihidangkan saat makan siang.

Komantik SD Al Muslim menghasilkan pro-duk unggulan berupa LAVoLIM (Lavender Oil AlMuslim), yang terbuat dari ekstrak bunga laven-der yang dijadikan minyak untuk melindungida ri gigitan nyamuk, terutama nyamuk penye-bab penyakit Demam Berdarah Dengue. Selainitu, tim komantik juga membuat produk pe -rang kap nyamuk alami dari barang bekas danmembuat MoSFLIT (Mosquito Files Trap) sebagaisalah satu upaya preventif serangan nyamuk DBDdan memutus mata rantai siklus hidup nya muk.Semua produk unggulan tim kader UKS SD AlMuslim memanfaatkan sumber daya yang ada disekolah, yang merupakan kearifan lokal sekolah,dan sebagai salah satu bentuk upa ya penyelesa-ian masalah-masalah kesehat an yang seringmuncul dalam kehidupan sehari-hari.

Tim UKS SD Al Muslim akan selaluberusaha membina dan mengembangkanserta mening katkan kemampuan hidupsehat dan derajat kesehatan para siswa agardapat mendu kung ketercapaian visi sekolah,yaitu men jadi kan siswa sebagai khalifahtul-lah fil ardh yang rah mat an lilalamin. Semogasemua civitas akade mika Al Muslim dapat is-tiqomah dalam mene - rapkan pola hidupbersih dan sehat untuk masa depan yanglebih produktif, aammmiin, aaamiiin, aaami-iin, yaa raabbal alamiiin. lWiji Agustin, S. Pd

1. Tahun 2012, lomba Kader UKS meraih juara 2 tingkatKabupaten. Lomba diselenggarakan oleh Dinas Kese-hatan Kabupaten Sidoarjo be kerjasama dengan DinasPendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo.

2. Tahun 2013 jura harapan 2 di lomba Kader UKS yangdiselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Ka bupatenSidoarjo bekerjasama dengan Din as Pendidikan danKebudayaan Kabupaten Sidoarjo.

3. Tahun 2013 meraih juara 2 tingkat Kabupaten lombaCeras Cermat Pembina UKS, diselenggarakan olehDinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo bekerjasamadengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabu-paten Sidoarjo.

4. PT. Nestle Indonesia bekerjasama dengan Kementer-ian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesiadan Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesiamenyelenggarakan lomba Dokter Kecil Mahir Gizi ditahun 2017, kami meraih juara 3 tingkat Nasional.

5. Meraih juara 2 tingkat Kabupaten di lomba Penyu-luhan Dokter Gigi Kecil (Sidoarjo Dentist Charity)tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Ikatan DokterGigi Kabupaten Sidoarjo.

6. Di Kompetisi Dokter Kecil se-Jawa Timur 2018 RS PHCSurabaya, meraih juara 3 tingkat Propinsi.

7. Tahun 2018 Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjobekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebuda -yaan Kabupaten Sidoarjo menyelenggarakan lombKader UKS, kami meraih juara harapan 1 tingkatKabupaten.

8. Menjadi Sekolah model percontohan UKS yang di-tunjuk dalam kompetisi Kabupaten/ Kota Se hatTingkat Nasional 2019Kabupaten Sidoarjo.

9. Di tingkat Nasioanal kami meraih juara umum WholeSchool Budaya Mutu Nasional tingkat SD 2019 yangdiselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan danKebudayaan Nasional.

Prestasi tim UKS SD Al Muslim

UKS SD AL MUSLIMRAIH BERAGAM

PRESTASI HINGGATINGKAT NASIONAl

Page 22: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

20

Daun-daun berjatuhan,matahari mulai terlihat dan burung-burung berkicau menyambut indahnya pagi hari. “Pagi hariyang cerah”,ucap seorang anak yang memandangi langit

pagi dari jendela kamarnya. “Charlotte, sarapan sudah siap!”“Iya bu”,mendengar itu Charlotte segera menuju ke ruang

makan.Charlotte melihat ada makanan favoritnya di mejamakan.Charlotte langsung melahapnya tanpa memedulikansekitar. Setelah sarapan Charlotte berpamitan kepada ibunya. Iamenuju sekolah barunya yang berada di Tokyo.

Charlotte sangat tidak sabar untuk mendapat teman baru. Ditengah perjalanan menuju ke sekolah ia melihat seorang anakyang memakai seragam sekolah yang sama dengan Charlotte.Charlotte langsung menghampiri anak itu.

“Hei,kamu murid sekolah osu School kan?”, Tanya Charlottepada anak itu

“Um…. Iya,kamu murid pindahan ya?”, Tanya anak itu“Iya,perkenlakan namaku Charlotte mari kita berteman!”, ucap

Charlotte sambil memegang kedua tangan anak itu“o,iya,namamu siapa?”, Tanya Charlotte“Um.. namaku Mellow”, jawab anak yang bernama Mellow“Salam kenal ya Mellow!”, ucap Charlotte dengan wajah yang

berbinar binar.Mereka menuju ke sekolah bersama-sama. Dalam perjalan ke

sekolah Mellow dan Charlotte mengobrol,tanpa mereka sadarimereka sudah sampai di depan pintu gerbang sekolah. Merekamasuk ke dalam sekolah, Mellow masuk ke kelasnya sedangkanCharlotte ke ruang guru untuk menanyakan kelasnya.

Sesampainya di depan ruang guru, ia melihat guru yangkelihatannya sedang menunggunya. Guru itu menoleh keCharlotte,ia menuju ke Charlotte.

“Apakah kamu Charlotte?”, Tanya guru itu“Iya,saya Charlotte ada apa?”, jawab Charlotte“Ikut saya”, ucap Guru ituCharlotte pun mengikuti Guru itu,ia menuju ke kelas 1-A. Guru

itu membuka pintu kelas 1-A, semua murid di dalam kelasmenatap Charlotte. Charlotte merasa gugup untukmemperkenalkan dirinya di depan kelas,mau bagaimana lagi iatetap harus memperkenalkan dirinya. Guru mempersilahkanCharlotte untuk memperkenalkan diri. Saat memperkenalkan

dirinya Charlotte melihat Mellow tersenyum tipis kepadanya, entahkenapa itu membuatnya merasa tenang. Setelah memperkenalkandiri Charlotte duduk di bangku belakang,karena hanya bangku itusaja yang kosong.

Pelajaran pertama pun di mulai, Charlotte sangatmemerhatikan saat guru sedang menjelaskan sedangkan Mellowmenggambar di buku sketsanya. Brak! Suara buku jatuh, semuayang berada di dalam kelas kaget termasuk guru.

“Maaf Misaki Sensei”, ucap seorang anak laki-laki yangmengenakan headset.

“Lain kali hati-hati dan juga jangan memakai headset saatpelajaran berlangsung”,ucap Misaki sensei.

“Baik, Sensei”,jawab anak itu singkat.Charlotte bertanya kepada Mellow siapa anak itu dan

Mellow menjawab kalau itu ketua kelas, dia bernama Ben.Setelah mengetahui itu Charlotte mencoba berbicara dengan

Ben tetapi gagal karena Ben terlalu fokus.Pelajaran pertama pun selesai, waktunya pergantian pelajaran.

Charlotte pun menyiapkan pelajaran setelahnya. Mellow danseorang anak laki-laki menghampirinya.

“oh… jadi ini anak baru”, ucap laki-laki itu“Masa kamu nggak tahu, tadi kan dia udah ngenalin dirinya”,

jawab Mellow.“Ihh.. maap tadi ketiduran,hehehe..”, jawab anak itu.“Perkenalkan namaku Zack, mari kita berteman”, ucap anak

yang bernama Zack.“Um.. ok”, jawab Charlotte singkat.Mereka bertiga pun mengobrol hingga Ben si ketua kelas

menghampiri kita.“Kalian bisa diem nggak sih!?”, ucap Ben“Enggak”, jawab Zack“Hhhhrrrr,” jawab Ben kesalMumpung Ben sedang berada di sekitar Charlotte, ia segera

berbicara kepada Ben. Ia meminta Ben untuk menjaditemannya,Ben pun tertawa itu membuat Charlotte bingung.

“Kita kan sudah berteman”, ucap Ben.“Sejak kapan?”, Tanya Charlotte“Dari tadi saat kamu memperkenalkan diri”,jelas Ben.Guru pun membuka pintu kelas,semua anak di kelas langsung

duduk di bangku mereka masing-masing. Pelajaran kedua pun dimulai,mereka semua memerhatikan pelajaran di karenakan itupelajaran matematika.

Setelah semua pelajaran pada hari itu selesai semua muridmenuju ruang club masing masing. Charlotte masih belummemilih club apapun, hal itu membuat dia bingung. Ia mencobamelihat kegiatan club-club, saat hendak melihat club musicCharlotte mendengar bahwa club music kekurangan vocalis.Charlotte ingin menawarkan dirinya tetapi ia terlalu malu. Mellowmelihat Charlotte dari dalam ruang music,ia segera menghampiriCharlotte. Mellow menarik tangan Charlotte dan membawanya kedalam ruang musik.

“Teman-teman sekarang Charlotte menjadi vocalis di band ini!!”,teriak Mellow

Mendengar itu Charlotte terkejut,ia tidak pernah bergabungdengan band sebelumnya terlebih lagi ia tidak terlalu bisamenyanyi. Mellow bertanya kepada Charlotte apakah dia bisamenyanyi dan Charlotte jawab tidak. Mellow memaksa Charlotteuntuk menyayikan satu lagu, Charlotte pun tidak bisa menolaknyaia pun menyanyi untuk Mellow.

Suara Charlotte sangat indah,semua yang berada di dalamruang musik tercengang mendengar suara Charlotte. AkhirnyaCharlotte menjadi member resmi band itu. Member yang ada diband itu adalah Ben, Zack, Mellow dan seorang anak perempuanyang bernama Marina. Mereka pun memulai kegiatan club.

Tiba-tiba ada informasi dari para guru,bahwa ada perlombaanband mereka pun di daftarkan untuk mewakili sekolah.Lomba itudi mulai tanggal 5 Mei,mereka berlatih mulai dari sekarang.

Tiga bulan sudah berlalu dan hari yang ditunggu tunggusudah tiba,waktunya mereka untuk menunjukkan hasil kerja kerasmereka. Mereka membawakan 3 lagu dan lagu yang terakhirberjudul The Melody Of Friendship. Akhirnya mereka memenangkanlombanya serta mereka dijuluki sebagai The five melody.

literasi

FriendshipMelody of

Page 23: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

Pada suatu saat hiduplah seorang anakkecil bernama karin dia hidup bahagiadengan keluarganya di istana dan pada

saat ulang tahun ke-15 ada seseorang yangmenerobos istananya dan para penjaga tidaksanggup untuk menghentikannya danpenerobos tersebut membunuh para penjagaserta pengawal dan para maid.

Penerobos tersebut masuk kekamar setiapkamar ia masuki dan mencari sang raja danakhirnya dia menemukannya lantas rajatersebut bertarung melawannya dan rajapunterbenuh tetapi raja dapat mebuatnya terlukadi bagian leher, sebelum pertarungantersebut terjadi raja meminta penyihirkerajaan untuk membawa anak danistrinya pergi jauh dan merekapunberhasil lolos dari sang penerobos.

Mereka pergi kehutan ajaib disanamereka akan aman dari sang peneroboskarena didalam hutan terdapat mahlukajaib yang sangat kuat dan jumlah tidaksedikit,mereka juga tidak akan diserangmahluk hutan karena istri raja memilikihubungan yang kuat pada mahluk hutan danmereka pun disambut lantas mereka punsekarang tinggal disana.

Saat pada suatu malam lista bermimpitentang pembunuhan ayahnya dan pada saat itujuga lista berambisi kuat untuk membalas kandendam ayahnya dan mencari tau siapa kahpenerobos tersebut dan setelah itu ia berjalanmengelilingi hutan untuk mene nang kanamarahnya ditengah hutan ia melihat seekorAbadon (mahluk mitologi) dan karin punmenghampirinya dan berkata’’ kenapa kautermenung wahai abbadon’’. Abadon punmenjawab’’ aku perlu seseorang untuk maumenjadi partnerku dalam pertarung dreambattle’’. Karinpun bertanya’’dream battle itu apa’’sambil kebingungan. Abbadon pun menjawab’’itu adalah pertarungan dimana para mahlukmyth (mitos) dan partner manusianya bertarungdan siapapun yang dapat bertahan sampaiwaktu habis maka mahluk myth tersebut tidakakan hilang dan partner manusianya dapatmeminta suatu permin-taaan dan permintaantersebut akan dikabulkan) sambil menjelaskan.Karin pun mengusulkan bahwa dia maumenjadi partner Abbadon.

Abbadon pun membuat kontrak dengan listadan merubah dirinya menjadi sebuah cincin danjika karin berkata’’ pinjamkan aku kekuatan’’ ma -ka zirah tersebut secara ajaib terpasang ketu -buhnya dan meningkatkan keahlian berta rungserta beberapa sihir. Karin pun kaget karena se-belumnya dia belum pernah bertarung dan tidaktahu apa apa tentang pertarungan maka siAbbadon pun mengusulkan untuk pergi ke pe-nyihir dan lista pun kaget mendengar hal terse-but dan berkata ‘’loh kok kamu tahu’’ sambilkaget dan Abbadon pun menjawab ‘’karenakontrak yang kita buat jadi aku tahu semuatentang kamu’’.

Karin pun pergi kepenyihir dan mem-bangunkannya dan penyihir akhirnyabangun. Lista pun menceritakan tentangkejadian tadi dan penyihirpun kaget danberkata ‘’kalo gitu putri maukah kamubergabung denganku’’. Karin pun berkata‘’tidak karea nanti jika kita menang makapermintaan kita nanti siapa yang dikabulkan’’.Dan abbadon pun keluar dan berkata’’keinginan kalian berdua pasti dikabul -

kan’’karin pun mau bergabung dan membuatkontrak pertemanan kepada penyihir danlista berkata ‘’partner mu mahluk apapenyihir?’’. Penyihirpun berkata’’ orniithopteraparadisea (sayap burung surga) dia adalahratu kupu kupu dan karena dia aku dapatmenggunakan sihir dan menjadi penyihirkerajaaan dan orni memiliki 3 fase yangpertama dia

menjadiseekor ulat dan 2 menjadi kepompong padafase ini saya tidap dapat bertarung karenamothra tertidur dan fase terakhir yaitu bentukkupu kupu itu sendiri pada fase ini mothradapat memaksimalkan kekuatannya dan danorni dapat berkembang dari penga-lambertarung dan saya termasuk tipe peta-rungmarksman dan tuan putri’’. Karin men- jawabaku beum tau dan sepertimya tipe samuraideh soalanya pedangku tadi bukan pedang

kesatria tapi sebuah katana ‘’Dan keesokan harinya kari

n bertanya ke Abbadon siapaaja yang mengikuti dream battle danAbbadon tidak mengetahuinya tetapiAbbadon mengetahu semua petarung telahdibantai kecuali seseorang yang membantaipetarung tersebut.’’ Dan partnernya adalahseekor unicorn. Lista pun selalu berlatihdengan para mahluk hutan dan pada suatusaat karin bertemu sang penerobos danberkata ‘’aku akan membunuhmu’’ dengan

wajah marah. Penerebos tersebut menciumbau karin dan mengetahui bahwa dia

adalah seorang bangsawan dan karinpun berkata ‘’pinjamkan aku kekuatan’’dan zirahnya pun tiba tiba terpasangdan pene ro-bos tersebut jugamengatakan hal yang sama dan tidaklama kemudian penyihir mdatanguntuk menolong lista danmengatakna hal yang sama merekapun bertarung mati matian dan pada

dimana akhirnya mereka bertigaterluka parah dan mereka pun sampai

tidak dapat berdirikarin pun sekuattenaga berdiri dan dengan cepat dia

menebas kepala sang penerobos danakhirnya sang penerobos pun mati dan tibatiba terdapat cahaya dari atas dan ia kagetkarena melihat ibunya adalah sosok sangpengabul harapan, Lista pun memberikanharapannya kepada ibunya dan penyihirmengutarakan keinginanannya dan Karinmenginginkan kerajaaannya kembali semulatetapi ayahnya tetap meninggal. Dan sangpenyihir meminta untuk diberikan kekuatanagar dapat menjadi penyihir meskipun dreambattle telah selesai. keinginan mereka pundikabulkan dan mereka bertiga penyihir karindan ibunya hidup bahagia. l

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

21

literasi

Balas Dendam

Carilah cita mu,

dan kau akan temukan.

Berjalanlah menuju cita mu,

dan kau kan raih.

Ketuklah pintu itu,

dan pintu kan terbuka.

Raihlah,gapai cita mu.

Kegagalan,

bukan akhir dari segalanya.

Tapi semangat tak pernah menyerah,

dan jangan pernah mengeluh,

walau harus berkali-kali jatuh.   

Jalan Citaku

oleh : Alyssa 8C

Page 24: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

Selasa, 28 Januari 2020 Tim ekskul KIR(Karya Ilmiah Remaja) SMA Al Muslimmelakukan roadshow ke SD Nurul Huda

Wadungasri. Kegiatan ini dilakukan untukmengedukasi para siswa usia Sekolah Dasardalam memilah jajanan yang sehat untukdikonsumsi. Selain itu, kegiatan ini bertujuanpula mengenalkan hasil karya tim ekskul KIRSMA Al Muslim. Tim ekskul KIR SMA Al Muslimberhasil mengembangkan produk sehatbergizi seimbang, yaitu Kebab VegiChan.Pemilihan nama VegiChan berasal dari kata“Vegi” yaitu Vegetable yang berarti sayurandan “chan” yaitu Chanos chanos yang meru-pakan nama latin dari ikan bandeng. Tim KIRmemilih ikan bandeng karena ketersediaanikan bandeng sangatlah melimpah di Sidoarjo.Ikan Bandeng memang merupakan kearifanlokal Sidoarjo. Ikan Bandeng untuk pembu-atan kebab didapatkan langsung dari tambakdi daerah tambak, yaitu Kalanganyar, Sidoarjo.Selain itu pemilihan produk kebab Vegichanjuga bertujuan untuk meningkatkan gerakanGEMARIS (Gerakan Makan Ikan dan Sayur)bagi anak-anak usia sekolah.

Kebab ini berbeda dengan kebab padaumumnya dikarenakan tortilla kebab terbuatdari tepung fortifikasi tulang ikan bandeng,beef yang digunakan sebagai isian kebab ter-buat dari daging ikan bandengdan dikombinasi dengansayur-sayuran organicseperti selada, wortel,buncis, kubis, tomat. Se-

lain sayuran, dalam isian kebab juga terdapatjamur kuping. Saus kebab juga dibuat secaraalami menggunakan ekstrak tomat asli.

Kandungan gizi dari kebab ini yaitu kalorisebesar 620 kkal, lemak sebesar 16,63 g, pro-tein sebesar 37,87 g, serta karbohidrat sebesar77,1 g. Kandungan gizi lainnya dari isi kebabyaitu protein, kalsium, fosfor, magnesium, thi-amin, riboflavin, zat besi, potassium, magne-sium, folat, biotin, niacin, biton, vitamin A,vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin E,dan vitamin K. Tidak sekedar itu saja,kandung an ikan bandeng yang telah dikukusdan digunakan sebagai beef serta tepungmeliputi energi 296 kalori, protein 17,1 g,lemah 20,3 g, karbohidrat 11,3 g, kalsium1.422 mg, fosfor 659 mg, dan zat besi 1,9 mg.Jadi, tidak perlu khawatir bila memakankebab vegichan ini, karena di dalam kebab inisudah mengandung gizi yang seimbang.

Tim ekskul KIR SMA Al Muslim termotivasiuntuk mengembangkan kebab Vegichan di-dasari oleh hasil observasi mengenai perilakujajan sehat anak usia sekolah dan jajanansehat yang disukai anak usia sekolah. Perilakujajan sehat anak usia sekolah masih dipen-

garuhi oleh pengetahuan, sikap, dan tindakananak dalam memilih makanan yang akandikonsumsi. Anak usia sekolah merupakanaset dan generasi penerus bangsa. Sepertigajumlah penduduk Indonesia diperkirakan anakyang berusia 5-19 tahun. Jumlah usia anak seko-lah yang cukup banyak itu merupakan modaluntuk menciptakan sumber daya manusiaberkualitas yang dibutuhkan untuk membangunsuatu bangsa. Salah satu sumber daya manusiaadalah anak usia sekolah yang masih beradadalam tahap tumbuh kembang. Pertumbuhandan perkembangan anak usia sekolah diharap-kan dapat berjalan secara optimal sehingga men-jadi investasi bangsa yang bermutu tinggi.

Badan Pengawasan obat dan Makanan Re-publik Indonesia (BPoMRI) 2015 menyim-pulkan hasil pengujian 10.429 sampel PanganJajanan Anak Sekolah (PJAS) yang diambil diseluruh Indonesia menunjukkan 76,18% sam-pel memenuhi syarat dan 23,82% sampelyang tidak memenuhi syarat. Dari tahun 2010-2013 persentase PJAS yang memenuhi syaratmengalami peningkatan, dari 55,52% menjadi80,79%. Sedangkan pada tahun 2014 terjadipenurunan persentase PJAS yang memenuhisyarat, yaitu sebesar 76,18%. Penyebab PJASdari tahun 2009-2014 yang paling tinggi dise-babkan oleh pencemaran microba, BahanTambang Pangan (BTP) berlebihan dan peng-gunaan bahan berbahaya.

Berdasarkan kondisi tersebut, tim KIR SMAAl Muslim telah mengambil sampel danmelakukan uji lab sederhana berbagai

macam jajanan di pinggir jalan dan hasilnyasangat mengejutkan. Sebagian besar jajananyang telah masuk uji lab ternyata positif men-gandung salah satu maupun semua unsur 5P(Pengawet, pemanis buatan, pengenyal, pe -nye dap, dan pewarna berbahaya). oleh ka re -na itu, pemberian edukasi kepada para pe lajarusia sekolah dasar sangatlah penting, sehinggatim KIR SMA Al Muslim setelah me la kukanpengembangan produk juga turut berpartisipasidalam momentum hari gizi nasional, yaitu de -ngan melakukan roadshow edu kasi jajanan sehatbergizi seimbang di SD terdekat, tepatnya di SDNurul Huda Wadungasri.

Tim ekskul KIR SMA Al Muslim menggan-deng tim Dokter Kecil Mahir Gizi (DKMG) SDAl Muslim dalam memberikan apersepsi danmotivasi. Tim DKMG SD Al Muslim mem-berikan tampilan berupa lagu dan dance pent-ingnya jajanan sehat bergizi seimbang, lagudan dance pahlawan lingkungan, serta lagudan dance cuci tangan menurut standardWHo. Tim ekskul KIR SMA Al Muslim mema-parkan ciri-ciri jajanan sehat dan tidak sehat, pro-duk Kebab Vegichan, dan himbauan PerilakuHidup Bersih dan Sehat (PHBS). Tim ekskul KIRSMA Al Muslim juga memberikan doorprizekepada 5 orang siswa SD Al Huda yang dapatmenjawab pertanyaan seputar jajanan sehat.Setelah itu dilanjutkan dengan praktik cuci tan-gan bersama tim DKMG SD Al muslim serta pem-bagian kebab Vegichan sejumlah 60 porsi buatantim KIR SMA Al Muslim.

Siswa-siswi SD Nurul Huda merespon positifterhadap kebab Vegichan buatan tim ekskul KIRSMA Al Muslim. Ulasan-ulasan positif dari parares ponden membuat tim ekskul KIR SMA Al Mus-lim semakin bersemangat dalam mengembang -kan produk-produk unggulan ilmiah yang ber -manfaat bagi khalayak umum. Semoga siswa-siswi di lembaga yayasan Al Muslim dapat men-jadi ge nerasi penerus bangsa yang sehat danberprestasi serta dapat terus berkarya bagi keber-manfaatan di masa depan, aamiin. lLizamul danSulthan Kelas X MIPA SMA Al Muslim

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

22

literasi

Tingkatkan GEMARISTim KIR SMA Al Muslim

Kembangkan VEGICHANdan Lakukan ROADSHOW

Page 25: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

Air merupakan salah satu sumber dayaterpenting bagi keberlangsungansemua makhluk hidup di bumi.

Terkhusus pada manusia, air menjadi satukebutuhan vital sehari-hari yang berwujuddalam bentuk air minum atau air putih.Tubuh kita membutuhkan air sebagai alatpengangkut oksigen serta nutrisi-nutrisilainnya. Air akan mengantarkan nutrisi kesel-sel dan membawa pergi kotoran dari selke luar. Dengan begitu proses pencernaandan peredaran darah dalam tubuh Andaakan menjadi lancar. Tidak heran jika airmenjadi cairan penting yang harus selalutersedia dalam tubuh.

Faktanya, air putih mengandung banyakmanfaat luar biasa bagi manusia. Selainsebagai pelepas dahaga, masih banyakmanfaat yang mungkin belum diketahuimanusia. Hal ini sesuai dengan firman Allah:

Dialah yang meniupkan angin (sebagai)pembawa kabar gembira dekat sebelumkedatangan rahmat-Nya (hujan); dan Kamiturunkan dari langit air yang amat bersih,agar Kami menghidupkan dengan air itu ne -geri (tanah) yang mati, dan agar Kami mem -beri minum dengan air itu sebagian besar darimakhluk Kami, binatang-binatang ternak danmanusia yang banyak. Dan sesungguhnyaKami telah mempergilirkan hujan itu di antaramanusia supaya mereka mengambil pelajaran(darinya); maka kebanyakan manusia itutidak mau kecuali mengingkari (nikmat).

Begitu pentingnya air bagi manusia,sehingga banyak yang mengatakan bahwasetidaknya manusia harus minum delapan gelasair putih setiap hari untuk memenuhi kebutuh -an cairan harian agar tubuh tidak dehidrasi.Dilansir Metro, European Food Safety Authority,menyatakan bahwa ke butuh an harian air putihantara laki-laki dan perempuan berbeda.

Laki-laki setidaknya harus meminum 2liter air, sedangkan pe rempuan memerlukansebanyak 1,6 liter untuk memenuhi kebu tuh -an cairan harian. Ukuran tersebut setara de -ngan 4 botol air mineral untuk laki-laki dansekitar 3 botol untuk perempuan. Selain jeniskelamin, kebutuhan cairan juga dapat beru -bah karena beberapa faktor seperti usia, pe -rempuan yang sedang hamil atau me nyu sui,

berat badan, pengaruh aktivitas fisik, hinggatempat tinggal. Karena mereka yang tinggaldi iklim yang lebih hangat dan lembabcenderung berkeringat lebih banyak dankehilangan lebih banyak cairan.

Kita selalu diingatkan tentang pentingnyaminum air dalam jumlah/takaran yang cu -kup. Namun mungkin belum banyak yangme ngetahui bahwa minum air hangat ter -nyata bisa membawa manfaat lebih jika kitalakukan secara rutin. Kita dapat mencam -purkan air hangat dengan sedikit perasanlemon atau jeruk nipis apabila suka. Pengo -batan Tiongkok dan India Kuno bahkan me -yakini bahwa memulai hari dengan sege lasair hangat bisa membantu memperlancarsistem pencernaan dan memberi sejumlahmanfaat kesehatan, yaitu:

1. Meredakan StressJika kita sedang dilanda stress, minum air

hangat bisa meredakannya perlahan, karenamembuat otot rileks sehingga level hormonkortisol (penyebab stress) menjadi menurun.

Bahkan mandi atau minum air hangat dapatmembantu agar tidur lebih nyenyak. Untuk hasilyang maksimal, jangan hanya air ha ngat, Andadapat minum susu hangat untuk membantumerasa lebih tenang dan nyaman.

2. Memperlancar Proses Pencernaan

Minum air hangat dipercaya mampu me le -gakan dan mengaktivasi saluran pen cer naan.Sebab organ pencernaan akan ter hi drasi lebihbaik dan mampu menge li minasi sampah deng -an lebih cepat seiring dengan mengalirnya air

hangat melalui perut dan usus.

3. Meredakan Gejala FluMinum air hangat dapat membantu

meringankan gejala flu seperti sakittenggorokan, pilek, dan mencegah dehidrasi.Air hangat akan membantu tubuh untukmengurangi iritasi tenggorokan.

4. Mengurangi Sakit saat Menstruasi

Air hangat bisa membawa efek mene -nang kan dan melegakan terhadap otot perutdengan mengurangi kekejangan dan kramyang biasa dialami perempuan ketikamenstruasi.

5. Meringankan gejala akalasiaAir hangat dapat membantu orang

dengan akalasia untuk mencerna denganlebih nyaman. Akalasia adalah kondisi dimana kerongkongan mengalami kesulitanuntuk mengantar makan dalam lambung.

6. Menyehatkan ginjalKebiasaan minum air hangat sambil

duduk juga menyehatkan ginjal. Sepertidiketahui hal itu karena ginjal merupakanorgan berkaitan menyaring cairan tubuh.Dalam kondisi duduk, air yang telah dikon -sumsi akan melalui penyaringan dalam ginjalmelalui Sfirnger. Struktur makuler katub

membuka dan menutup inilah air akantersaring oleh Sfirnger tersebut.

Meskipun banyak dari klaim manfaat airhangat belum sepenuhnya tepat, tapi seti -daknya mengonsumsi air putih secu kup nyatiap hari adalah saran terbaik untuk menjagatubuh terhidrasi secara optimal. Selainmencukupi kebutuhan cairan dari air putih,Anda bisa mendapatkan cairan dari buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyakmengandung air, seperti semangka, jeruk,melon, dan tomat. lEsti Apriani/ Guru SD

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

23

tahukahandaMANFAAT MINUM

AIR HANGAT

Page 26: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

Cloud computing memudahkan, menam-bahkan akses bahan pembelajaran, dan peng-guna layanan digital dengan kapasitas lebihbesar, Jika seluruh data, file, program danaplikasi yang dimiliki organisasi berada diawan, maka sudah tidak dibutuhkanperangkat computer hard drive. Dan de-sentralisasi secara besar-besarandimungkinkan, untuk menjalankantugas sebagai guru yang dapat menggu-nakan net book, tablet digital, ataupunperangkat pintar lainnya untuk menyim-pan, menggunakan kembali, dan kolaborasipekerjaan dimana pun berada, baik di seko-lah, rumah, maupun di dalam perjalanan.

Komputasi awan memanfaatkan teknologivirtualisasi untuk mencapai tujuan dalam penye-diaan sumber daya komputasi sebagai utilitas.Dengan perkembangan kinerja komputasi awanakan membawa peluang bagi perkembangandunia pendidikan di era sekarang ini.

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

24

Digitalisasi akan mendorong tumbuhnyaaplikasi dan konten pembelajaran berbasisdigital sehingga mempermudah siswa untukmengakses video pembelajaran, E-Learning,dan sumber pembelajaran lainnya.

IoT merupakan sebuah konsep yang ber -tujuan memperluas manfaat dari konektifitasinternet. Dengan IoT, manusia dipermudahuntuk melakukan sesuatu, mempersingkatwaktu, dan meringankan beban. Benda-ben -da yang mendukung IoT biasanya telah di -leng kapi dengan sensor-sensor yang sesuaiperuntukannya sehingga benda tersebut da -pat dimonitor dan diken dalikan dari internet.

Memasuki era revolusi industri 4.0, peng-gunaan teknologi dalam setiap aspek kehidu-pan tidak dapat dihindari. Bahkan, saat ini diberbagai penjuru dunia sedang mengem-bangkan kecerdasan buatan atau artificial in-telligence (AI), khususnya di bidang pen didi-kan yang dapat membantu dalam pengem-bangan kualitas dan akses pendidikan. Yangmenjadi pertanyaan saat ini apakah kecerdas -an buatan akan menggatikan pekerjaan seha -ri-hari termasuk profesi guru? Guru harusme ngubah cara mengajar. Apabila kita me -nga jar apa adanya seperti apa yang tertulis dibuku ajar saja, maka mudah digantikan olehteknologi. Namun, jika guru mendengar kan

nasihat Ki Hajar Dewantara, bahwa hakikatpendidikan adalah me ngem-bangkan

karakter, pikiran, dan jasmani siswa,maka guru tersebut tidak akan tergan-tikan oleh kecerdasan buatan. Kecer-dasan buatan mungkin bisamemberikan ilmu pengetahuan padasiswa, tetapi mengembangkan karak-ter tidak bisa dilakukannya. Itu adalahpekerjaan guru. Bagaimana mengin-spirasi, memotivasi, dan membuat

siswa menjadi pelajar yang baik.

PembelajaranDIGITAL

untuk GenerasiMasa Depan

Transforamsipendidikan di EraTeknologi Digitalditandai dengan

kemajuan teknologi.Teknologi tersebutmenggunakan be be -ra pa istilah sebagai

berikut.

1. Cloud Computing

2. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

3. Internet Of Things(IoT)

4. 5G

5. Digitalisasi

6. Big Data

Jaringan 5G juga memiliki potensi besar.Jaringan 5G memungkinkan siswa di daerahterpencil untuk mengakses konten edukasiberkualitas tinggi. Salah satunya adalah tentangpembelajaran berbasis AR (Augmented Reality).

Big Data  adalah istilah umum untuksegala kumpulan file data dalam jumlah yangsangat besar dan kompleks sehingga men-jadikannya sulit untuk ditangani atau dipro -ses jika hanya menggunakan manajemenbasis data biasa atau aplikasi pemroses datatradisional, Big Data menjamin pemrosesandata yang sudah ada dan terhubung dari da -ta yang satu ke data lain untuk membe ri kanmanfaat bagi dunia pendidikan seperti DataPokok Pendidikan (DAPoDIK) yang terhu -bung dengan data lain dilingkungan kemdik-bud. lAli Tamam, S.Pd. (Guru SMA Al Muslim)

infoedukasi

Page 27: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

25

seputaral muslim

Pada tanggal 14 Maret 2020 orang tuasiswa KB-TK Al Muslim ada kegiatanDialog Interaktif dengan narasumber

Dr.Sasanti Yuniar, SpKJ (K) (Psikiater anakdan remaja) tentang ‘’Pola Asuh SebagaiLandasan Pembentukan Kepribadian yangTangguh’’. Selain itu ada kegiatan pengam-bilan hasil observasi perkembangan anak.Peranan guru dan orang tua sangatlah pen-ting dalam pengambilan dan berdiskusiperkembangan anak selama triwulan per-tama di semester genap. Peranan orang tuadalam pendidikan anak dalah pendidikanyang utama.

orang tualah yang memiliki tanggungjawab, kewajiban, dan kuasa untuk men-jadikan anak seperti apa. Guru yang memi-liki kewenangan untuk memberikan pen- didikan yang dipercayakan oleh orang tua.Kerjasama antara orang tua dengan gurusangatlah penting untuk mengetahuiperkembangan pendidikan anak.

Hasil observasi ini diberikan untukmem berikan informasi kepada orang tuamengenai kemajuan perkembangan anakdidik selama di sekolah secara terus mene -rus dan dilakukan dalam 3 bulan (mulaibulan Januari-Maret 2020), sekaligus dapatdigunakan untuk menentukan tindakanberikutnya dari hasil evaluasi/pengamatanyang sudah dilakukan.

Hasil observasi anak merupakan kegiatanmengomunikasikan dan menjelaskan hasil pe-nilaian tentang perkembangan anak setelahmengikuti layanan/kegiatan pembelajaran disatuan PAUD.Pelaporan berupa checklist dandeskripsi tentang perkembangan kompetensisikap, pengetahuan, dan keterampilananak. Hasil observasi perkembangan anakdibuat secara tertulis oleh pendidik.

Penyampaian hasil observasi dilakukan se-cara tatap muka sehingga dimungkinkanadanya hubungan dan informasi timbalbalik antara pihak guru dengan orang tua.

Aspek-aspek pengembangan hasil ob-servasi anak yang diamati meliputi :n Nilai agama dan moral (Kemampuan anak

untuk bersikap dan bertingkah laku)n Fisik Motorik (Motorik kasar dan halus)n Kognitif (Mengenal pengetahuan

umumdan mengenal konsep ukuran,bentuk, dan pola)

n Bahasa (Menerima bahasadan men-gungkapkan bahasa)

n Sosial Emosional (Kemampuan anakuntuk beradaptasi dengan lingkunganyang melibatkan emosi, pikiran dan pe -rilaku)

n Seni (Keahlian membuat karya yangindah)

Setiap anak, pastilah memiliki kelebihandan kekurangan yang berbeda-beda. Setiapanak itu unik, antara yang satu dengan yanglain tidak bisa disamakan, anak usia dinimerupkan peniru ulung terhadap orang de-wasa yang dilihatnya, baik di ru mah ataupundi sekolah. Jadi kita sebagai orang tuaataupun guru hendaklah mampu menjadimodel yang baik, berkualitas bagus. Se-hingga kualitas yang baik bisa berdampakpositif terhadap perkembangan anak yangmeliputi enam aspek perkembangan yang sa -ling berhubungan dan tidak terpisahkan.

Semoga hasil observasi perkembangananak yang diterima mendapatkan hasil yangmemuaskan dan membanggakan buatorang tua untuk memotivasi anak sertamenjadikan generasi muslim khalifatullah filardl yang rahmatan lil alamin.

lHeny Ismiya, KB-TK Al Muslim

PERANAN ORANG TUA dan GURUDALAM PERKEMBANGAN ANAK

Page 28: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

26

Model pembelajaran sentra pada saat inisangatlah tidak asing bagi pendidikPAUD. Bermain dan belajar di sentra

sanggat mengasyikkan bagi anak. Pilihan mainyang beraneka ragam membuat anak-anaksangat senang bahkan kadangkala waktu ber -main habis anak-anak masih asyik bermain danbelajar di snetra.

Salah satu sentra yang ada di KB TK AlMuslim adalah sentra seni. Sentra seni me ngem -bangkan kemampuan motorik halus, kesesuaiangerak, nada dan aspek sosial emosional. Pem -belajaran sentra, dapat meningkatkan pelayan -an pengalaman belajar kepada anak secara lebihmendalam dengan memberikan kebebasanbereksplorasi dalam setiap sentranya. Melatihanak-anak untuk lebih mandiri karena gurusentra bertindak sebagai pengarah dan pem -bim bing atau inspirator, sehingga dalam me la -kukan kegiatan anak di tuntut untuk me la ku-kannya secara mandiri.

Kamis (20/2/2020) sebanyak 18 anakkelompok B-3 mengikuti kegiatan sentra seni.Pilihan main yang ditawarkan adalahmembuat miniatur alat transportasi perahudari stick dan kapal boat dari botol. Temayang disampaikan guru tentang alattransporatsi di air. Sebagai pijakan sebelumbermain, guru menunjukkan buku tentangalat transportasi. Selanjutnya guru juga

memutarkan video interaktif tentang alattransportasi. Harapan diputarkan video iniuntuk menstimulasi rasa ingin tahu anaklebih mendalam.

Langkah selanjutnya, guru memberitahu -kan kegiatan main yang akan dimainkan.Selanjutnya anak bereksplorasi dengan ba -han-bahan yang disediakan. Ada yang mem -buat mainan kapal, kolase dengan kertaspada gambar kapal layar, ada yang menya blongambar kapal sesuai kreasinya dan ada jugayang menyusun stick dengan lem dan dijadikanperahu. Kegiatan yang sangat me nyenangkansekali bagi anak. Anak-anak se ma kin berse ma -ngat tatkala diinfokan bahwa mainan yang telahdibuat bisa dibawa pulang.

Dibalik kegiatan main semua ini, terdapatmanfaat yang besar sekali bagi anak. Salahsatunya melatih rasa rasa percaya diri anak saatmenyelesaikan tugasnya, mengembang kan po -tensi yang dimiliki oleh masing-ma sing indivi du,

melatih rasa tanggung jawab serta melatih rasaempati anak juga. Apabila ada yang selesai,maka anak tersebut di per kenankan membantuteman yang mem bu tuh kan bantuan.

Guru juga memberikan motivasi, bahwasebenarnya bisa membuat mainan sendiritanpa harus membeli. Memamnfaatkanbahan bekas disekitar kita, seperti kardus,botol, kresek dan lain sebagainya.

Selain membuat karya, di snetra seni anak-anak juga diajak bermain alat musik re ba na, ber -nya nyi dan bergerak sesuai dengan irama musik.Kegiatan bernyanyi sangat mengasyikkan juga,karena anak-anak bisa tam pil menyanyi di ataspanggung yang dibuat guru. Semua kegiat anyang telah dilakukan ini tentulah sa ngat ber mak -na, yaitu melatuh rasa percaya diri anak sejak dini.

Kegiatan yang sangat menyenangkan iniinsyaallah mampu meningkatkan rasa per ca yadiri anak. Anak menjadi senang dan se mangatuntuk berkreasi. Rasa percaya diri akan mampumeningkatkan anak dalam ber karya danberprestasi. Aamiin. lUmi Chulsum/TK Al Muslim

Pengembangan anak usia dini holistikIntegratif adalah upaya pengembangananak usia didik yang dilakukan untuk

memenuhi kebutuhan esensial anak yangberagam dan saling terkait secara simultan,sistematis dan terintegrasi (PP 60 tahun 2013).Tujuan umum pengembangan anak usia diniholistik integratif adalah terselenggaranyalayanan pengembangan anak usia dini holistikintegratif menuju terwujudnya anak Indonesiayang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia.

Program layanan holisitik intergratif inimerupakan satu kesatuan yang saling terkait.Sehingga tujuan dari semua layanan ini bisaterwujud. Salah satu layanan kesehatan, gizidan perawatan adalah pemeriksaan gigi.Pemeriksaan gigi secara berkala sangatlahpenting untuk tumbuh kembang anak usia dini.Kebersihan dan kesehatan gigi mempengaruhipertumbuhan anak.

Pemeriksaan gigi secara berkala dilakukantiap 6 bulan sekali atau sesuai kebutuhan. Pe -meriksaan gigi di Al Muslim, khususnya untukanak kelompok bermain dan taman kanak-ka -nak secara rutin dilakukan. Tanpa rasa takut dancanggung anak-anak semangat untuk mengi -kuti pemeriksaan gigi. Hal ini bisa saja terjadikarena periksa giginya bersama teman-teman -nya dan pelayanan dokter gigi juga sangatramah terhadap anak usia dini. Periksa gigimerupakan kegiatan rutin yang dilakukan 6bulan sekali di KB-TK Al Muslim. Pemeriksaan

gigi siswa termasuk pada program holistik inte -gratif, yaitu pendidikan yang berkaitan dengankesehatan dan gizi, pola pengasuhan sertaperlindungan untuk anak

Jadwal pemeriksaan gigi merupakan hari yangditunggu-tunggu oleh siswa kelompok B-2. Seninsiang (9/3), setelah jam istirahat sekitar pukul 11.00siswa kelompok B-2 pergi ke gedung SMP Al Mus -lim untuk periksa gigi dengan drg. Richie. Siswa B-2tampak interest dan banyak bertanya tentang alat-alat periksa gigi.

Beberapa program holistik integratif yangterdapat di KB-TK Al Muslim diantaranya:1. Kesehatan, meliputi pengukuran tinggi

badan, menimbang berat badan,pemeriksaan telinga, kegiatan gosok gigi,imunisasi, dan latihan toilet training.

2. Gizi, meniputi kegiatan minum susu, makankue dan makan siang.

3. Rangsangan pendidikan, meliputi kegiatangerakan cuci tangan dengan benar.

4. Pengasuhan, meliputi kegiatan parenting,family day serta pertemuan orang tuadengan psikolog sekolah.

5. Perlindungan, meliputi penyediaan P3K,penyediaan PMK, dan penyediaan ruang UKS.Semoga dengan adanya program holistik

integratif yang ada di KB-TK Al Muslim dapatmeningkatkan kualitas siswa yang sehat, cerdas,ceria sehingga dapat menjadi khalifah fil ard’rahmatan lil alamin yang berakhlak mulia. lDewiSuryowati/TK AL Muslim

Meningkatkan RasaPercaya Diri Anak

Melalui Sentra Seni

seputaral muslim

Pemeriksaan Gigi secara Berkala Wujud dari Holistik Integratif

Page 29: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

27

seputaral muslim

Itulah moto AMC 2K20 yang diselenggarakan oleh oSIS SMPdan SMA Al Muslim tahun ajaran 2019/2020. “Terbang keAngkasa untuk Menakhlukkan Dunia” sungguh luar biasa visi

misi kegiatan tersebut. Dalam kegiatan tersebut para siswa SMPdan SMA Al Muslim yang tergabung dalam kepanitiaan AMC2K20 menunjukkan kepada kita, bahwa mereka mampu berkon-tribusi positif melalui pertandingan dan perlombaan di bidangolahraga, ilmu pengetahuan, dan seni budaya.

Pertandingan dan perlombaan diselenggarakan pada bulanFebruari dan Maret setiap Sabtu dan Minggu 8 Februari hing ga7 Maret dalam rangka Milad Lembaga Pendidikan Al Muslim.Pertandingan dan perlombaan antara lain: Futsal Bupati CupSidoarjo, olimpiade MIPU, dan Tartil untuk tingkat SD/MI se-Sidoarjo Surabaya serta Futsal Bupati Cup Sidoarjo, olimpiadeIPA-IPS, Tahfidz, dan Nasyid untuk tingkat SMP/MTs se-Sidoarjodan Surabaya.

Peserta pertandingan dan perlombaan yang terdaftar dalamkegiatan ini sangat antusias dan optimis mengikuti even ini.Semua itu merupakan hasil kerja keras dan kerja sama PanitiaAMC 2K20 dalam merencanakan, mengorganisasikan, menye-lenggarakan, dan mengevaluasi jalannya acara secara keseluruh -an, termasuk mencari peserta pertandingan dan perlombaan kesekolah-sekolah tingkat SD/MI dan SMP/MTs se-Sidoarjo danSurabaya.

Semua kegiatan dirancang dan diselenggarakan sebagai im-plementasi dari nilai-nilai Leadership Skil yang merupakan salahsatu program unggulan Lembaga Pendidikan Al Muslim. MelaluiAMC 2K20 para siswa ~khususnya panitia AMC 2K20~ berlatihuntuk memimpin dan dipimpin, sebagaimana dalam prinsippembelajaran Leadership, bahwa pemimpin harus mampumemimpin diri sendiri dan orang lain. Dengan demikian, dalameven ini para guru berperan sebagai pengarah dan penasihatsaat dibutuhkan guna kelancaran dan kesuksesan even inikarena panitia yang terdiri dari para siswa tidak mungkin dibiar -kan berjalan tanpa arah dan tujuan.

Sebagaimana moto AMC 2K20 “Fly to Sky to Conquer theWorld,” maka para pendidik dan stekholder menyadari sepenuh-nya, bahwa panitia AMC adalah generasi masa depan dan ditangan merekalah masa depan bangsa dan negara ini diama -nah kan. Ingat kata Sang Proklamator, “Beri aku sepuluh pe-muda, maka akan kuguncang dunia!” Berdasarkan hal tersebut,melalui even ini para siswa diberi kesempatan sebesar-besarnya

untuk menyelenggarakan acara yang tidak boleh dibilang kecil. Ternyata mereka bisa menunjukkan kepada dunia, bahwa

mereka mampu melaksanakan acara yang besar. Terselenggara -nya acara ini tentu dibantu oleh berbagai pihak dan sponsoryang memberikan sumbangan finansial maupun spiritual. Teri -ma kasih kepada para donator maupun sponsor yang pedulidan sadar, bahwa pemuda adalah masa depan dan harapan se-buah bangsa.

Melalui kegiatan AMC 2K20 Lembaga Al Muslim memiliki visi“Mampu mengembangkan dan menghasilkan generasi muslimyang siap menjadi Khalifatullah fil Ardh yang rahmatan lil ala min danberakhlakuk karimah” memberi kesempatan peserta didiknya untukmengejawantahkan bakatnya dalam kepemimpinan.

AMC 2K20 diselenggarakan setiap Sabtu dan Minggu, tang-gal 7-8, 15-16, 21-22 Februari dan Sabtu, 7 Maret 2020. Sebagaipuncak acara akan digelar Closing Party yang akan menghadir -kan Guest Star Ardhito Pramono di Audoturium Center KampusC UNAIR Surabaya pada hari Minggu, 22 Maret 2020. Namunacara Closing Party dibatalkan karena maraknya pandemi Covid-19. Tentu ada kekecewaan bagi semuanya, terutama bagi pani-tia, tetapi kita harus pandai mengelola kecewa menjadi bahagia.

AMC 2K20 tetap sukses besar, sebab saat Opening Ceremonydihadiri Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin, S.H. danjajaran pemerintah Kabupaten Sidoarjo: Kepala Dinas Pendidi -kan Sidoarjo, Kepada Dinas Pemuda oleh Raga dan PariwisataSidoarjo, Camat Waru, Danramil Waru, Sekdes Wadungasri, KetuaRT/RW sekitar sekolah dan tamu undangan dari Yayasan, BPKS,dan konsultan lembaga Al Muslim.

Dalam sambutannya Cak Nur, sapaan akrab Wakil BupatiSidoarjo, mengatakan, “Generasi sekarang tidak hanya cukupdengan pintar, tetapi juga harus sehat!” oleh karena itu Cak Nurmemberikan apresiasi yang luar biasa kepada panitia yangberhasil menyelenggarakan even ini. Saat diwawancarai KepalaDinas Pendidikan Sidoarjo, beliau mengatakan, “Saya senangdengan adanya momen kompetisi ini sehingga anak mampumenumbuhkan bakatnya!”

Reza, sapaan Rezandy Kusbiantoro Nurul Mubin siswa kelasXI MIPA 2, selaku ketua panitia mengucapkan terima kasihkepada semua pihak, terutama atas kerja sama seluruh panitia.Ia mengatakan, “Melalui AMC 2K20 kita bersama Sekolah SangPemimpin belajar menjadi pemimpin masa depan. We must tobe the Best Leader!”

Sukses AMC 2K20 dan semoga berlanjut pada acara ditahun-tahun yang akan datang. Semoga Al Muslim mampumemberikan sumbangsih untuk melahirkan kepemimpinanyang lebih baik di masa yang akan datang. lAgus Salim, WakaKesis waan SMA Al Muslim

TO BE THE BESTLEADER

To Fly the Sky to Conquer the WorldTerbang ke Angkasa untuk

Menakhlukkan Dunia

Page 30: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

28

seputaral muslim

Dalam rangka mewujudkan rasa syukurserta menyaksikan berbagai keindahanciptaan Allah SWT maka yayasan Al

Muslim memberikan kesmpatan kepada semuaguru dan karyawan untuk melaksanakankegiatan “Tada bur Alam ” dengan tujuan wisataDieng Theater, Kawah Sikidang, Candi Arjuna danTelaga Warna. Berangkat pada tanggal 29Nopember 2019 pukul 16.00 WIB dari GedungAl Muslim berjumlah 4 bis dan kembali padatanggal 30 Nopember 2019 pukul 03.00 WIB ditempat yang sama. Dengan Travel Via Jaya Tour.

Selain mewujudkan rasa syukur kitakepada Allah SWT, harapan dari yayasan AlMuslim adanya kebersamaan saling mengenaldari unit yang satu denga yang lain denganadanya guru-guru mau pun karyawan barudari masing-masing unit. Ke giat an tahunanyang biasanya dilaksanakan out bound keluar,kali ini berbeda dengan tahun-tahun se-belumnya. Kali ini guru-guru merasa sa ngatsenang dapat menikmati keindahan tempatwisata yang ada di Wonosobo Jawa Tengah.

Semua kegiatan sudah direncanakan dandiatur dengan baik. Salah satu kegiatan seruyang dilaku kan adalah permainan dan pem-bagian doorprize yang dilakukan saat perjalandi dalam bus. Di setiap bus disediakan sekitar15 doorprize dengan beberapa pertanyaanyang sudah disiapkan oleh panitia diantaranyaada yang disuruh menyanyi, ada yang berce -rita tentang pengalaman selama mengajar,ada juga yang memimpin yel-yel dll.

Kegiatan intinya adalah ketika kita menikmatipa norama Dieng. Sebagai bonusnya, kita dapatme nge tahui sejarah dari masing-masing lokasiwisata yang sudah kita kunjungi.

DIENG PLATEAUDikenal juga dengan sebutan Dataran

Tinggi Dieng, dilihat dari sisi administratif/ge-ografis, letak daerah ini bisa dibilang unik.Sangat jarang ditem u kan di Indonesia dimanasatu wilayah terbagi men jadi dua wilayah Ad-ministratif seperti Dieng, dimana bagianwilayah barat (Dieng Kulon) Ma suk WilayahKabupaten Wonosobo, dan Sebelah Timur

masuk Kabupaten Banjarnegara.Kondisi alam Pegunungan Dieng dengan

ta nah nya yang subur menjadikan sektor per-tanian sebagai Pencaharian utama masyarakatdataran Tinggi Dieng. Jenis-jenis tanamanseperti Kentang, Kobis, Wortel tumbuh suburdalam-petak-petak lahan penduduk yangtersebar di lanskap dan perbukitan Dieng.

KAWAH SIKIDANGDieng terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamat -

an Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Te ngah,wa laupun masih banyak yang menga takan letak -nya di Wonosobo. Untuk mencapainya juga sa -ngat mudah karena letaknya dekat denganKompleks Candi Arjuna dan Candi Bima.

Kawah Sikidang juga tinggi akan kandung -an sulfur atau belerang serta zat beracun lain-nya. oleh sebab itu bau gas yang keluarsangat me nye ngat dan beracun. Untuk kitadisarankan untuk memakai masker ataupenutup mulut lainnya agar tidak keracunangas dan juga harus mematuhi rambu-rambuyang tertera di dekat kawah yang melarangpengunjung untuk menyalakan api atau mem-buang puntung rokok ke da lam kawah.

Keberadaan Kawah Sikidang dengan segalakeunikannya membawa berkah bagi masyarakatsekitar. Semakin ramainya pe ngunjung semakinbanyak lapangan kerja yang muncul. Penduduksekitar bisa ber jualan makanan dan minumanuntuk wisatawan. Biasa nya penduduk menjualma kanan khas Dieng atau berbahan dasar hasilpertanian utama Dieng, yaitu kentang.

Dan yang paling dicari pengunjung adalahTelor Rebus Kawah Sikidang. Ma sya rakat sekitarmenjual telur mentah untuk kemudian direbus disebuah kawah kecil yang airnya mendidih. kitabisa langsung merebus sendiri telur di kawahkecil tersebut, dalam 5 menit akan langsungmatang.

CANDI ARJUNAMerupakan Dataran Tinggi Dieng memiliki

kawasan candi yang sangat luas. Diperkirakan,candi-candi yang terdapat di kawasan ini me -nempati area seluas 90 hektare. Ha nya saja,baru sebagian kecil dari candi-can di tersebutsudah selesai direstorasi. Dari se kian banyakcandi yang ada Dataran Ting gi Dieng, Kom-pleks Candi Arjuna merupa kan yang terluas.

Terletak di Desa Dieng Kulon, KecamatanBatur, Kabupaten Banjarnegara, KompleksCandi Arjuna memiliki luas sekitar 1 hektare.Di kompleks ini, terdapat lima bangunancandi, yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Can diSrikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sem-badra. Selain Candi Semar, keempat can di lainmerupakan candi utama yang digu nakan se-bagai tempat bersembahyang.

Melihat dari bentuk serta ornamen yangterdapat pada setiap candi, diperkirakankeempat candi tersebut dibangun pada masayang berbeda. Candi Arjuna merupakan yangdibangun paling awal, sementara Candi Sem-badra merupakan yang dibangun paling akhir.

TELAGA WARNATelaga ini diberi nama Telaga Warna, karena

fakta soal perubahan warna air da nau yang ber -ubah ubah. Sewaktu-waktu bisa hijau, kuning,ungu atau bahkan warna pelangi. Secara ilmiahini dijelaskan sebagai akibat dari kandungan sul-fur yang tinggi pada air danau. Ketika mataharimenyinari air berkadar sulfur tinggi, air akan me-mantulkan warna bervariasi.

Alhamdulillah kegiatan tadabur alamdapat berjalan dengan lancar dan sukses se-moga kedepan Yayasan Al Muslim semakinjaya dan maju, dikenal dan dipercaya olehmasyarakat sebagai sekolah yang RahmatanLil Alaamin.

lSiti Umroh S.Pd./ PSB

Merajut Kebersamaandengan TADABUR ALAM

Page 31: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

29

karyasiswa

Matahari mulai tenggelam. Langityang awalnya berwarna jingga,perlahan-lahan menggelap. Bin-

tang-bintang mulai terlihat. Bulan punkembali menampakkan dirinya. Aku disini menyaksikan kepergian senjadari balik jendela kamar. Kini, in-dahnya senja telah tergantikanoleh tenangnya malam. Akumelanjutkan kegiatanku yangsempat tertunda. Di meja bela-jarku sudah ada sebuah bukupelajaran dan buku catatan. Ya,besok aku akan menjalankan peni-laian harian. Aku berusaha belajarsekeras mungkin demi mendap-atkan nilai yang baik, karena pela-jaran yang akan dinilai besokmerupakan salah satu pelajaran yangmenurutku tidak mudah.

Keesokan harinya, aku berangkat kesekolah lebih awal untuk mempelajari kem-bali materi yang sudah diajarkan. Di kelassudah ada seorang perempuan dan dualaki-laki yang juga sedang belajar. Akumeletakkan tas di bangku dan segeramembuka buku catatanku. Saat akusedang membaca materi terakhir, seseo-rang menepuk pundakku.

“Belajar mulu, Sha. Udahlah, lanjut nantiaja,” ujar Arin, temanku yang ternyata barudatang. Ia datang bersama Dina.

“Nanggung, Rin, tinggal sedikit lagi. Dari-pada nanti aku nggak bisa jawab soalnya,” balaskutanpa mengalihkan pandangan dari buku catatan.

“Kamu itu nggak belajar juga pasti nilainya bagus, Sha.Percaya deh,” kata Dina. Aku menghela napas panjang mendengar-nya. Sudah berkali-kali aku mendengar teman-teman mengatakankalimat seperti itu. Belajar nggak belajar, nilaimu pasti bagus. Kamukan udah pintar, Sha. Jujur, kalimat-kalimat seperti itu justru mem-buatku tertekan. Mereka selalu mengatakan bahwa aku pasti men-dapatkan nilai bagus, padahal tak jarang aku mendapatkan nilaiyang kurang memuaskan. Dengan mereka mengatakan hal sepertiitu sama saja seperti mereka menaruh ekspektasi yang tinggi ter-hadapku, dan secara tidak langsung aku pun merasa harus bisamewujudkan ekspektasi mereka.

Bel masuk berdering. Seluruh siswa sudah duduk di bangkunyamasing-masing, menunggu guru masuk untuk memulai pelajaran.Beberapa temanku terlihat sedang membuka buku pelajaran, barubelajar untuk penilaian harian, beberapa ada yang santai mengob-rol dengan temannya. Aku –untuk terakhir kalinya– membaca ma-teri terakhir di buku catatanku. Tak lama, guru sudah memasukikelasku.

“Assalamu’alaikum,” guru mengawali pelajaran dengan salam. “Wa’alaikumsalam,”“Baik, hari ini kalian akan menjalankan penilaian harian.

Silahkan masukkan buku-buku kalian, kemudian saya akan mem-bagikan soal,” ujar guru tanpa basa basi. Semua sudah mema-sukkan bukunya. Soal pun dibagikan. Aku membaca basmalah, lalumulai mengerjakan soal.

“Eh, gimana tadi? Kalian bisa nggak?” tanya Lia, temanku, kesemua anak yang kini berkumpul di mejaku.

“Lumayan, sih. Untung aja tadi malamaku belajar,” sahut Vira.

“Tapi tadi aku ada yang nggaktahu jawabannya, akhirnya akujawab ngawur, deh,” tambah Dina.

“Kalo Farsha sih, nggak usah di-tanya. Dia pasti bisa ngerjainsemua soalnya, ya kan, Sha?” akuhanya diam, tak ingin menjawabpertanyaan Lia.

Dua hari kemudian, hasilpenilaian harian dibagikan.

Aku langsung melihat nilaiku.Kecewa. Berat. Hasilnya ternyata

jauh dari ekspektasiku, juga ek-spektasi teman-temanku. Semuatemanku mendatangiku danbertanya.

“Nilaimu berapa, Sha? Pastibagus, ya?” tanya Arin.

“Sha, lihat nilaimu, dong,” kata Dina sambilberjalan menuju mejaku.

“Nilaiku jelek, Rin. Jangan dilihat, deh.”Ujarku, menutupi hasil penilaian harian

yang kupegang. Aku sangat kecewa.Aku tidak bisa mencapai ekspektasiorang-orang. Aku pun berlari ke kamar

mandi. Di sana, aku bertemu denganFarah, temanku dari kelas lain.

“Kamu kenapa, Sha? Kok mukamusedih gitu?” tanya Farah yang melihatku

membasuh muka dengan air. “Nilai penilaian harianku jelek, Far. Aku kecewa

sama diriku sendiri,” Jawabku sambil menghela napasberat. Tatapanku kosong.

“Kamu kecewa karena tidak bisa mencapai ekspektasimu,atau ekspektasi orang lain?” pertanyaan Farah membuatkubungkam.

“Aku tahu kamu sering mendengar kalimat bahwa nilaimu pastiselalu bagus. Padahal sebenarnya itu nggak benar kan, Sha?” akumengangguk pelan.

“Dan karena kalimat-kalimat itulah yang membuatmu kecewasama dirimu sendiri, karena kamu nggak bisa mencapai ekspektasiorang-orang yang telah menaruh keyakinan bahwa kamu akanmendapatkan nilai bagus.” Ucapan Farah sangat benar, selama iniaku memang ingin mencapai ekspektasi semua orang.

“Seharusnya kamu tidak perlu mendengarkan mereka, Sha.Untuk apa kamu berusaha memenuhi ekspektasi orang lain? Yangharus kamu capai adalah ekspektasimu sendiri. Jangan pedulikanpandangan orang lain terhadapmu, karena hal itu justru akanmembuatmu tertekan hingga akhirnya hasil yang kamu dapatnggak akan maksimal.” nasihat Farah membuka pikiranku. Selamaini aku memang salah karena selalu berusaha memenuhi ekspek-tasi orang lain, sedangkan ekspektasi yang kubuat kulupakan be-gitu saja.

“Kamu benar, Far. Selama ini aku terlalu mempedulikan ucapanorang lain. Terima kasih banyak ya, Far. Kamu memang yang palingpaham, hehe.” Aku dan Farah hanya tertawa. Aku pun kembali kekelas dengan perasaan yang lebih tenang dan pikiran yang lebihterbuka. Mulai sekarang, aku akan berusaha mencapai ekspek-tasiku sendiri, dan tidak mempedulikan ucapan orang lain.

Ekspektasi Siapa?Karya: Leilani Najla Putri (Ayi) 9C

Page 32: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

30

karyasiswa

Pohon Adalah Teman KitaKarya: Rania 5A (Klub Baca)

Pohon adalah teman kitaPohon bukanlah musuh kitaSetiap hari berita memberitakan kebakaranhutan

Pohon adalah teman kitaTapi kenapa masih banyak yang merusaknyaPohon bukanlah musuhKita seharusnya menjaga, teman

Pohon tanpa pelit memberi oksigenPohon tanpa pelit membuat bumi asriTetapi kita masih merusak merekaYang tanpa pelit meng-indahkan b umi kita

Pohon adalah teman kitaMarilah kita jaga hutan kitaMarilah kita jaga teman kitaBuatlah masa depan anak cucu

Mari kita tanam pohonDemi masa depan kitaDan demi masa depan cucu kita

Pohonku KehidupankuKarya : Gisela 5E (Klub Baca)

Pohonku...Engkaulah yang mengisi kehidupan kitaSelalu bersama kita...Dan menemani kita...

Tetapi...Sekarang berubahSemua orang telah berubahMereka hanya peduli dengan diri sendiri

Tidak peduli dengan yang lainMereka menebang pohon sembaranganTanpa mereka sadari jika itu...Merugikan orang lain

Dulunya pohon yang menemani kitaSekarang tidakMerka mulai hilang tanpa kita sadari

Tree is My LifeKarya : Izza 5D ( klub Baca)

Pohon kuKaulah pedoman hidupkuTanpamu kami tidak bisa bertahan hidupTidak ada yang kami hirup selain o2yang kau buat...

Buahmu bisa dimakanRantingmu bisa dijualBatangmu yang sangat berharga...Semua tubuhmu sangat berharga...

Kami akan merawatmu dengan penuhkasih sayngTetapi jika kau layu, maafkan kamiTanpamu kami sangat sedihTerimakasih pohonku..

Sang Kawan SejatiAisyah Achmad 4B

Kaulah sang kawan sejatiYang menghiburku setiap hariDengan daunmu yang rindangMenutupku dari panas sinar matahari

Aku selalu merindukanmu, kawankuSaat terjadi kebakaran utanSemua kawanku menjadi abuTolonglah aku ya Tuhan

Sekarang aku tak memiliki kawanTapi, mulai sekarang…!Detik ini juga…!Aku kan mulai kehidupan baru!

Cobaan demi cobaan kujalaniTahap demi tahap kulewatiPerlahan demi perlahan…Terciptalah kehidupan baru!!

Puuhan pohon yang kutanam…Mulai menjadi calon kawan baruSekarang aku tak kesepian!!Terimaksih ya Tuhan …!!

Aku Mencintai PohonKarya: Amira Khairunnisa D 4C (Klub Baca)

Wahai tanaman pohon besarKu kan menjagamuKu kan merawatmuKu kan menyayangimu selalu pohon

PohonEngkaulah satu-satunya tanaman yang kupunyaBanyak akar yang menyebar Banyak daun yang berguguran

Kau yang ada disampingku selaluSelalu ada saat aku sedang sedihKaulah yang mempunyai segala manfaatJika Kau tak ada...

Tidak ada yang menemani disampingkuTidak ada yang menenangiku selaluTidak ada yang selalu ku rawat selalu

Dimanapun kamu beradaSaat aku sedih...Kau adalah sahabat baikkuAku mencintaimu pohon

Page 33: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

31

Merebaknya virus covid-19 di sejum-lah provinsi di Indonesia membuatpemerintah mengambil keputusan

untuk meliburkan sekolah, dari jenjang TK,SD, SMP dan SMA terhitung mulai Senin 16Maret 2020. Langkah itu diambil untukmengantisipasi penyebaran virus coronajenis baru atau Covid-19 di lingkungan lem-baga pendidikan. Langkah ini pun diambilYayasan Pendidikan Al Muslim Jawa Timurdengan berdasarkan edaran pemerintahProvinsi Jawa Timur. Selama keputusan iniberlangsung diberlakukan sistem Sekolahdari Rumah (School from Home) bagi parasiswa dengan cara Pembelajaran online.Dengan berubahnya sistem pembelajarankonvensional menjadi online maka diper-lukan adaptasi dari berbagai pihak, baikpengajar, siswa maupun orang tua.

Selama satu minggu pertama kondisimasih aman terkendali, anak-anak pun masihdalam masa peralihan, masa suka-suka (masa“liburan” tapi harus belajar). Memasuki mingguke dua, banyak sekali pendapat dari para walimurid selama mendampingi proses belajar on-line ini. Mulai dari hal yang “receh” (mengikutiistilah “kids jaman now”) sampai hal yangserius dengan berbagai analisanya, mulaidari WAG / media sosial wali murid sampaidengan berita-berita di media online. Ya,hal ini secara langsung berdampak dalamkeseharian kita, di mana yang pada hari-hari sebelumnya kegiatan setiap angaotakeluarga tersebar di berbagai tempatberubah menjadi di rumah saja, bekerjadari rumah, belajar dari rumah, meman-faatkan semua sarana yang ada di rumah.

Selama proses ini berlangsung, bebe -rapa hal pun beralih ke wali murid antaralain pendampingan dan pengawasan siswa.Bagi wali murid yang memiliki anak SMPdan SMA mungkin lebih mudah dalam pen-dampingan dan pengawasan pelaksanaanmateri pembalajaran karena anak-anak cen-derung sudah lebih mandiri tetapi dalamsegi pemakaian gawai maka wali murid me-mang lebih ekstra ketat karena tak jarangsaat mereka mengerjakan tugas merekajuga membuka jendela lain yang tidakberhubungan dengan tugas di gawainya(ayah bunda pun mendapat tugas tamba-han menjadi “security” bagi anak-anak). Se-lain itu jadwal selesai pelaksanaan /deadlinetugas yang terus dipantau wali kelas punterkadang membuat wali murid “galau” jikaternyata tugas tersebut belum selesai.

Sedangkan bagi wali murid yang memilikianak dengan usia KB/TK, SD (kelas 1-3) dibu-tuhkan interaksi yang lebih dalam saat prosespengerjaan materi, seperti cara pemakaiangawai, penjelasan materi atau proses doku-mentasinya (ayahbunda pun menjadi fo-tografer atau kameraman dadakan.)

Semua ini tentunya membuat ayah-bunda terkaget-kaget. Di saat tugas dan tar-get dari kantor harus diselesaikan sesuaijadwal, di saat pekerjaan rumah tanggayang tiada hentinya berkejaran denganwaktu, kita semua mendapat tugas tambah -an mendampingi buah hati belajar dirumah. Mau tidak mau kita harus beradap-tasi, menyesuaikan diri dengan situasi yang

berlangsung saat ini. Pengeluaran akanbertambah dengan meningkatnya pema -kaian paket data, biaya konsumsi punmeningkat (isi lemari es yang biasanya bisabertahan seminggu sekarang hanya bisabertahan tiga hari, ini curahan hatinya parabunda ya….). Perlu pengaturan keuanganlebih bijak dalam menghadapi hal ini. Pem-bagian waktu / time management pun perludilakukan, bekerja sama dengan pasanganataupun anggota keluarga yang lain agarproses pendampingan pembelajaran dirumah bisa berjalan lancar dan efektif. Jan-gan lupa untuk mengecek jadwal pelajaranagar pemakaian gawai pun bisa diaturbergiliran untuk semua pihak.

Kita semua dituntut untuk beradaptasidengan cepat, pada awalnya mungkin akanterasa tidak enak, tidak nyaman. Ayahbundayang biasanya sudah menjalani kesehariandengan jadwal yang teratur, harus meny-isipkan beberapa kegiatan baru untuk men-dampingi proses pembelajaran anak-anakdi rumah, mempelajari hal-hal baru, seperti:Google Classroom, Zoom Meeting, menge -dit video, mengatur kompilasi foto, dll(padahal di sisi lain tugas kantor sudah me-nunggu untuk dikerjakan, atasan yang terusmemonitor setiap saat, cucian dan setrikaanyang menumpuk, kondisi rumah yang be-rantakan, belum lagi menyiapkan untuksarapan, makan siang, makan malamanggota keluarga tercinta)

Ayahbunda harus tetap semangat,

karena hal tersebut belum tentu tidak baikdan menyusahkan kita.

“…… Boleh jadi kamu tidak menyenangisesuatu, padahal itu baik bagimu. Dan bolehjadi kamu menyukai sesuatu, padahal itutidak baik bagimu. Allah mengetahui sedan-gkan kamu tidak mengetahui” (QS AlBaqarah 2:216)

Terkadang keseharian kita sudah disi-bukan dengan urusan dunia, hingga saat-nya tiba di mana kita harus berhenti dandiam sejenak untuk mensyukuri nikmatyang ada, yang terkadang tak kita sadari ke-hadirannya.

Tidak pernah terpikirkan dalam benakkita bahwa suatu saat kita akan diberi ke-sempatan berkumpul bersama sekeluarga.Saling bercerita, berbicara, mengungkapkanpermasalahan dengan hati yang tenangdengan pasangan, dengan anak-anak,sholat berjamaah 5 waktu, bisa tetap be -kerja dikelilingi keluarga.

“Maka, nikmat Tuhan-Mu yang manakahyang engkau dustakan?” (QS Ar-Rahmaan55: 13)

Ayat tersebut tercantum berulang kalidalam QS Ar-Rahmaan. Terkadang mem-buat siapapun tertegun membacanya, be-tapa kita, sebagai makhluk-Nya, kadangterlalu sombong untuk sekadar mengucap-kan ‘terima kasih’ kepada Sang Maha Pen-cipta, Allah SWT.

Kita tidak pernah tahu kapan kondisi iniakan berakhir tapi kita tetap harus berse-mangat mendampingi anak-anak kita,memberikan yang terbaik bagi mereka dantetap berbaik sangka terhadap Allah SWT.lVilaily Diah Wijayantri

karyasiswa

Belajar di RumahAja...

Page 34: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

32

psikologi

Dalam rantai makanan manusia danhewan adalah konsumensedangkan pohon (tum -

buhan) adalah produsen. Jadimanusia dan hewan dapathidup karena mereka menjadikonsumen (mendapatkanmakanan dari tumbuhan).

Seiring dengan kemajuandan peradaban manusia. Manusiadengan jumlah populasi yangbertambah banyak sehingga menuntut manusiauntuk bertahan hidup dan mencari tempatsebagai tempat tinggal. Suatu daerahyang dulunya banyak pohonnya(hutan) seiring keadaan menjadiberbalik banyak manusia.

Kebutuhan dan keinginanmanusia dalam menuntut hakhidup dan hak untuk tempattinggal mengakibatkanbeberapa daerah yang suburdan banyak pohonnya menjadigersang karena di jadikan tempattinggal manusia. Daerah yangdulunya hutan penuh dengan pohon-pohon sekarang menjadi tempat tinggalmanusia, sehingga hutan semakin lamasemakin sempit.

Hal ini mengakibatkan perubahan ekosistemhutan. Dulu hutan sebagai tempat cadagan air,daerah resapan air dan tempat tinggal hewansekarang menjadi gersang danmengakibatkan terjadi punahnya beberapahewan dan akhirnya beberapa hewan keluardari hutan menuju perkampungan manusiauntuk mencari makan. Hutan yang sudahgundul tidak bisa menyerap air ketika hujandan mengakibatkan terjadinya longsor.

Pohon dalam kehidupan manusia sangatberperan penting. Karena pohon-pohon ini adalahsumber oksigen yang notabene adalah unsur yang sangatdibutuhkan oleh manusia. Di bawah ini ada beberapa manfaatpohon yang sangat penting yaitu:

1. Pohon menghasilkan Oksigen dan menyerap CO2Jumlah Co2 yang berada di udara akan berkurang apabila

jumlah pohon sangat banyak. Pohon akan yang akan menyerapCo2 dan menghasilkan o2. Selain itu pohon juga akan menyerapgas-gas polusi diantaranya nitrogen oksida, amonia, sulfur diok s i -da, dan ozon serta menyaring partikulat yang keluar dari udaradengan menahannya di daun dan batang pohon. Pohon akanmenghasilkan oksigen (o2) untuk sumber nafas kehidupan kita.

2. Pohon menjadi tempat hidup binatangHutan yang masih banyak pohonnya, hutan yang masih belum

rusak ekosistemnya akan menjadi rumah banyak binatang. Hutanakan menjadi tempat berlindung bagi binatang-binatang. Mulaidari binatang mamalia, unggas, reptil hidup disana dan mem pu -nyai peran masing-masing sehingga ekosistem hutan akan terjagadengan baik.

Ketika ekosistem hutan rusak artinya banyak pohon yangditebang, maka akan terjadi perubahan ekosistem rantai makanantidak seimbang. Maka jangan heran ketika ada binatang buas

keluar dari hutan dan masuk keperkampungan penduduk untuk

mencari makan.

3. Pohon sebagaipenghasil makanan

Pohon merupakan produsendalam rantai makanan. Banyak

sekali makanan yang berasal daripohon, mulai dari buah-buahan bahkan

beberapa suku di Indonesia untuk mendapatkanmakanan pokoknya dari pohon sagu. Ketika

pohon tidak ada berati pabrik makanan akantutup. Apa yang terjadi ketika sebuah

pabrik makanan tutup? Maka akanbanyak manusia dan binatang

yang akan mati. Karena merekatidak bisa makan. Pohon

merupakan sumber makananbagi manusia dan hewan.

4. Pohon sebagaipenunjang semua kebutuhan

manusia.Selain sebagai sumber makanan,

pohon juga bisa dijadikan sebagai obat,batang pohon (kayu) diolah oleh manusia untuk

perabotan furniture, getah pohon bisa digunakankaret, sebagai bahan utama kertas, sepertidiketahui satu rim kertas membutuhkan 1pohon yang usianya sudah 5 tahun (DheaNadya, Kompasiana), hasil dari pohon bisa

untuk dijadikan minyak seperti kelapa/sawit.Hampir semua kebutuhan manusia kalaudicari asal mulanya dari pohon selain dari

bahan baku tambang.

5. Pohon sebagai sumber filsafatBeberapa pohon yang ada dijadikan sebagai

dasar berfikit manusia (manusia jawa) adaistilah,”tugak jati mati” dan “tugak jarak nracak” arti

dari peribahasa ini adalah keturunan orang kecil bisa jadiorang besar, sedangkan keturunan orang besar justru tidak

menjadi apa-apa. Peribahasa ini menjadi motivasi dan pengingat bahwa semua orang bisa menjadi sukses walaupun

bukan keturuan orang besar dan semua orang bisa hancur kesuk -se sannya bila tidak waspada terhadap perubahan.

“Kacang ninggal lanjaran” adalah peribahasa yang artinya lupadiri, tidak tahu berterimakasih, dan melupakan asal-usulnya. Halini mengingatkan kita, ketika menjadi orang yang sukseshendaklah selalu bersyukur kepada Allah dan berterima kasihkepada siapa saja yang pernah menolong kita.

Banyak sekali manfaat dari pohon. Beberapa hal ini sebagian kecildari manfaat pohon. Sudah saatnya kita mulai menjaga po hon,menjaga lingkungan hutan kita tetap terjaga dari tangan-tangan yangtidak bertanggung jawab. Pendidikan tentang pen - tingnya pohonbagi kehidupan manusia dan lingkungan wajib di berikan sejak dini.Hal ini untuk memberi pemahaman bahwa kerusakan lingkunganbanyak dilakukan oleh manusia. Dengan memberi pemahaman danpengertian maka generasi-generasi muda saat ini akan tanggap untukmenjaga lingkungan. Sehingga nanti hutan-hutan tetap terjaga danakan tercipta hutan-hutan ditengah kota. Maka sudah saat kitamemulai, sudah saatnya kita menjaga hutan kita. l

POHONBERJUTAMANFAAT

Page 35: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

33

syiardan doa

Apa tumbuhan terakhir yang Anda lihat?Bisakah Anda mengingat warna, ukuran,dan bentuknya? Bisakah Anda dengan

mudah membedakannya dari tumbuhan lain?Sekarang, bagaimana dengan tumbuhan te -rakhir yang Anda lihat? Sudahkan Anda me ra -wat dan memberikan sedikit kasih sayangun tuk tumbuhan tersebut?

Kecenderungan manusia sering menjadi -kan tumbuhan sebagai alasan untuk kebu tuh -an kehidupan sehingga mengorbankan ke -hidup an mahluk lain. Kita menganggap mah -luk lain (hewan, tumbuhan) lebih rendah di-ban ding dengan kepentingan manusia, ka re-nanya layak dikorbankan. Entah berapa jutahektare hutan yang digunduli atas nama ke-pentingan manusia.

Ada superioritas dalam diri kita karenamanusia dinyatakan sebagai mahluk paling mulia.Memang benar ada sejumlah ayat dan haditsyang mengatakan bahwa manusia adalah mahlukpaling mulia, tapi itu bukan alasan bagi kitamengecilkan mahluk-mah luk lainnya. Bagaimanacara kita mem bangun keakraban dengan makh -luk lainnya yang ber nama pohon ?

Membangun keakraban dengan tumbuhan

1. Interaksi dengan tumbuhanInteraksi sehari-hari dengan tumbuhan

adalah strategi terbaik, kata Schussler. Lingkupyang paling sederhana dengan menanamtanaman yang mudah ditanam seperti daunsorro hijau, dari situlah kita akan membangunemosi kita lewat tanaman. Contohnya kitadapat menyiraminya, mengajak bicara, sampaimenyentuhnya. Kegiatan sederhana tapi meng -

asah rasa empati kita untuk lingkungan sekitar.

2. Membangun komunitas Manusia adalah makhluk sosial yang tidak

bisa lepas manusia lainnya.Salah satunyadengan membangun komunitas yang mem -bahas tentang konservasi tumbuhan di tamanlokal dan kegiatan berkebun. Selain kita men -dapatkan teman yang seide kita juga me -lestarikan tumbuhan disekitar kita denganmembuat kegiatan untuk keseimbangan manusiadan tumbuhan., terutama konservasi tumbuhanmemang penting bagi kesehatan lingkungan. Tapijuga penting, pada akhirnya, bagi kesehatanmanusia.Penelitian tumbuhan sangat pentingbagi banyak terobosan ilmiah, dari tanamanpangan yang lebih tahan hingga obat-obatanyang lebih efektif. Lebih dari 28.000 spesiestumbuhan digunakan secara medis, antara lainsebagai obat anti kanker dan pengencer darah.

3. Masuk dalam kurikulum sejak dini Penting untuk memperkenalkan anak-anak

pada tumbuhan di usia dini, agar mereka tidakbu ta flora. Contohnya mengajak mereka jalan-ja -lan di taman sambil mengenalkan jenis-jenistanaman. Membacakan dongeng dengan tematumbuhan dimana ceritanya memunculkan to -koh tumbuhan. Menanam dan merawat tanamanyang ada di kebun sekolah mulai dari kecil sampaibesar. Dari kegiatan seperti itu maka akan me -munculkan rasa empati dengan tumbuhan.

31. Dan Dia mengajarkan kepada Adamnama-nama (benda-benda) seluruhnya, ke mu -dian mengemukakannya kepada para Malaikatlalu berfirman: “Sebutkanlah kepada-Ku namabenda-benda itu jika kamu mamang benarorang-orang yang.

Islam Memandang Tumbuhan Dalam konsep agama Islam, Allah SWT

menciptakan semua mahluk dengan tugasnyamasing-masing untuk menjaga keseimbangandi bumi ini. Pada surat Al-Baqarah ayat 26 Allahberfirman:

Sesungguhnya Allah tiada malu membuatperumpamaan berupa nyamuk atau yang lebihrendah dari itu. Orang-orang yang beriman yakinbahwa itu benar dari Tuhan mereka, tetapi merekayang ingkar mengatakan: “Apakah maksud Allahmenjadikan ini untuk perumpamaan?”

Hubungan antara manusia dengan mahluklain bukanlah hubungan superioritas, yangmendudukkan mahluk yang satu lebih tinggidibanding mahluk yang lain. Nabi SAW pernahmenegur keras para sahabatnya yang me -ngambil empat anak burung dari sarangnya,hingga ibunya berteriak-teriak mencari mereka.Beliau juga menegur sabatnya yang membakarsarang semut. Bahkan saat perang, Nabi SAWmelarang umat Islam menebang pohon.

Menjadi mahluk yang paling mulia bukanberarti membuat kita bisa semena-mena kepadamahluk lain. Kita tentu saja diper bolehkanmemanfaatkan tumbuhan, hewan, dan yanglainnya untuk kepentingan hidup kita, tapi itudilakukan sekadarnya. Secu kup nya. Tentu, se -cukupnya di sini bisa sangat flek sibel. Batasannyabukan keinginan melainkan kebutuhan.

Keseimbangan seperti itu harus dijaga,selain karena kita dilarang merusak bumiseperti dalam surat Al-Baqarah, juga karenakita semua adalah sama-sama mahluk Tuhan.Masing-masing mahluk bekerja dan beribadahdengan caranya sendiri-sendiri. Mereka bukanbenda mati yang kosong. Mereka jugabertasbih. Dalam Surah Al Isra ayat 44, AllahSWT berfirman yang artinya:

“Langit yang tujuh, bumi dan semua yang adadi dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak adasuatu pun mahluk yang tidak bertasbih denganmemuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengertitasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah MahaPenyantun lagi Maha Pengampun.”

(Pohon)

Page 36: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220

AL MUSLIM/ JANUARI-MARET/ 2020

34

seputaral muslim

Sudah satu bulan lebih anak-anak di-haruskan untuk belajar dirumah.Semua kegiatan belajar mengajar dis-

ekolah dialihkan ke rumah masing masing.Para pekerja kantor juga melakukan aktivi-tas pekerjaannya dirumah. Hal ini dikare-nakan adanya pandemi virus corona ataucovid 19 yang berdampak luar biasa dise-mua bidang. Mulai dari perekonomian sam-pai dengan pendidikan. Himbauan pe me-rintah untuk menjaga jarak dan tetap diru mahsaja serta selalu menjaga kebersihan dengansering mencuci tangan diterapkan untukmenekan penularan virus corona. Al Muslimtelah menerapkan siswa belajar diru mah se-cara daring mulai dari tanggal 16 Maret 2020.

Sebagai orang tua dimulailah denganpersiapan untuk mendukung anak-anak be-lajar dirumah secara daring. Mulai dari per-siapan fisik berupa perlengkapan gadgetyang memadai seperti handphone, laptop,kuota internet yang cukup hingga makananringan pendamping. Yang tidak kalah pent-ing adalah persiapan mental dan batindalam mendampingi anak-anak belajar.Tidak mudah emosi, sabar menunggu anak-anak menyelesaikan tugasnya sendiri,merekam video, mengecek tugas yangsudah dikerjakan sudah terkirim ke ustad/ustadzah dengan benar. Membuat anak-anak tidak bosan dirumah dan tidak merasaterbebani dengan tugas-tugas merupakantantangan tersendiri bagi orang tua.

Berdasarkan jadwal pelajaran sesuaidengan kelas masing-masing, anak-anakmemulai aktivitas belajar daringnya mulaipagi jam 7.30 – 15.30 dengan mata pela-jaran yang lebih sedikit dibandingkan saatsekolah biasanya. Anak jadi memiliki waktulebih untuk beristirahat. Untuk menjaga ke-sehatan mereka, setiap pagi jam 9 ada jad-wal untuk berolahraga yang dipandu olehustad pengajar mata pelajaran olah raga.Gerakan senam direkam melalui video se-hingga anak-anak bisa menirukan gerakansenam. Untuk mengaji anak-anak berinter-aksi dengan ustad/ustadzah tilawati melaluivideo call. Sedangkan materi pelajaran di -sampaikan melalui google classroom olehustad/ustadzah dengan dikemas cukupmenarik dan mudah dipahami anak-anak,baik itu berupa video rekaman ustad/us-tadzah menerangkan pelajaran, video animasiatau power point. Pada saat ramadhan jadwalpelajaran lebih pendek yaitu mulai jam 07.30 –12.00 dengan satu mata pelajaran. Selainuntuk memberi kesempatan fokus beribadah,juga bertepatan dengan pengambilan nilaiakhir tahun pelajaran.

Kerinduan anak-anak untukbersekolah dan bertemu denganteman-temannya sedikit terobati

dengan menggunakan zoom meeting. Ke-bosanan anak-anak dirumah disiasati de ng -an mengasah live skill mereka. Misal denganber bagi tugas melakukan pekerjaan rumahseperti menyapu, mengepel lantai, mencucipiring. Melakukan aktivitas yang menyenang -kan se perti membuat kue bersama, melakukanse suatu sesuai dengan hobi mereka.

Selalu ada hikmah dari suatu peristiwa.Keadaan saat ini, saat orang tua sebagianbesar harus bekerja dari rumah membuathubungan antara orang tua dan anak men-jadi lebih erat. Bisa bermain bersama,bercerita, mendampingi belajar sehingga

mengetahui kelebihan dan kekurangananak di mata pelajaran apa. Jadi lebih tahubagaimana anak-anak berinteraksi denganustadzahnya, dengan teman sekelasnya saatmelakukan zoom meeting. Pembelajaran se-cara daring ini bisa dikatakan memaksa orangtua dan anak-anak untuk lebih mengenaltehnologi. Mengenal google classroom, zoommeeting, dan bisa menggunakan programdasar MS office.

Salut kepada ustad dan ustadzah yangselama ini mengajar anak-anak dengansabar, semangat mengajar mereka memberienergi positif untuk terus mendampingianak-anak belajar dirumah. Bahkan masihterus mengingatkan siswanya untuk menja -ga sholat wajib dan sunah. Tidak segan me -nelfon membangunkan anak-anak untuksholat tahajud. Semoga Allah SWT mencatatsebagai amal jariyah . Semoga dalam kon-disi pandemi ini semua diberikan kekuatan,

kesabaran dan kesehatan. Dan anak-anaktetap semangat untuk belajar di ru -

mah secara daring. Saling menguat -kan, tetap berempati terhadap

sesama, menjaga kesehatande ngan cukup istirahat dan vita-

min, tetap optimis dan semangatmenjalani aktivitas meskipun

dirumah saja. lDian Yuniarti

MENJADI GURUDIRUMAH

Page 37: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220
Page 38: AJALN MUAURSI L- IMMA ERDETIS 2I 04220