Adm. bisnis

download Adm. bisnis

of 94

  • date post

    09-Apr-2017
  • Category

    Education

  • view

    572
  • download

    3

Embed Size (px)

Transcript of Adm. bisnis

  • PERTEMUAN 1

    I. KONSEP PEMBELAJARAN ADMINISTRASII. KONSEP PEMBELAJARAN ADMINISTRASIBISNIS SEBAGAI MATAKULIAH KBK

    II. RUANG LINGKUP ILMU ADMINISTRASI

  • KONSEP PEMBELAJARAN ADMINISTRASI BISNIS SEBAGAI MATAKULIAH KBK

    1. Untuk pertemuan 1-6 (Sebelum UTS) kuliah terstrukturberjalan seperti biasa, bersifat teori/ceramah/tanyai yangdiberikan oleh Dosen Administrasi Bisnis di kelas. Jika adaPertemuan ke 7 bersifat mereview materi dan atau Quiz sertamencek kembali kesiapan kelompok yang telah dibentukdengan tema tugas yang telah ditentukandengan tema tugas yang telah ditentukan

    2. Ujian Tengah Semester (UTS) dengan nilai 30% bersifatreguler dengan sistem multiple choise, seperti yang selamaini sudah berjalan di BSI. Materi UTS dari pertemuan 1-6

    3. Pertemuan 9-14 pelaksanaan presentasi oleh kelompokmahasiswa yang telah terbentuk. Jika ada pertemuan ke 15bersifat mereview hasil presentasi.

    4. Penginputan nilai dari kehadiran pertemuan 1-14 (10%),tugas Individu (20%) dan presentasi makalah kelompok (40%= Nilai UAS) dilakukan via web bsi oleh dosen pengajarsesuai petunjuk.

  • TUGAS TERSTRUKTUR MATAKULIAH KBKBuatlah makalah/tulisan tentang AKTIVITAS ADMINISTRASIBISNIS sesuai tema yang dipilih dengan cara berkelompok.Dibuat 6 kelompok atau 12 kelompok sesuai jumlah mahasiswadan dipresentasikan pada pertemuan ke-9 s/d 14)

    Isi Materi makalah/tulisan minimal 15 halaman, meliputi:1. Pendahuluan2. Landasan Teori3. Pembahasan 3. Pembahasan

    a. Sekilas PT/Instansi tempat observasib. Prosedur atau kegiatan administrasi (Buat Gambar Alurnya)

    4. Kesimpulan5. Daftar Pustaka6. Lampiran-lampiran (Bukti form yg digunakan)(Isi materi diperoleh melalui: Observasi/Wawancara/Studi Pustaka)

    Pada Cover makalah diberikan judul, nama kelompok, namaanggota dan nama kelas.

  • Kredit Point 20 % Nilai Tugas (Dapatdiambil dari tugas lain selain makalahkelompok)Kredit Point 40 % Nilai Ujian AkhirSemester (UAS) Hasil Diskusi dan Makalah

    Teknis penulisan mengikuti buku panduanKKP/Tugas Akhir yang dapat didownload di web www.bsi.ac.id ruangmahasiswa.

  • Pilihan Tema Diskusi Kelompok

    1. Prosedur Administrasi Surat masuk/keluar/sistem arsip2. Prosedur Administrasi Rekruitmen dan Seleksi3. Prosedur Administrasi Pembelian/Pengadaan Barang4. Prosedur Administrasi Penjualan5. Prosedur Administrasi Persediaan Barang5. Prosedur Administrasi Persediaan Barang6. Prosedur Administrasi Gudang

    (Lakukan Observasi/riset ke Instansi Pemerintah, BUMN/D, Perusahan Manufaktur/Jasa dan Koperasi)

    PENGINPUTAN NILAI KEHADIRAN, TUGAS DAN NILAI UAS VIA WEB BSI OLEH DOSEN PENGAMPUH

  • KEGIATAN WAJIB JURUSAN SEMESTER I

    Sesuai surat edaran dari dari ASM BSI, bahwa kegiatan seminar danworkshop wajib diikuti:1. Seminar Profesionalisme Administrator dalam mengelola

    manajemen2. Workshop Beauty Class dan Handsome Class

    MAHASISWA WAJIB MENGIKUTI SEMINAR DAN WORKSHOP SEBAGAI SALAH SATU BAGIAN NILAI TUGAS (20%)

    DENGAN MEMBUAT RESUME DAN DISERAHKAN LANGSUNG KEPADA DOSEN ADMINISTRASI BISNIS

  • Istilah AdministrasiPerkataan administrasi berasal dari bahasa latinad+ministrare, suatu kata kerja yang berarti melayani,membantu, menunjang, atau memenuhi. Dari perkataan initerjadi kata benda administratio dan kata sifatadministratifus.

    Untuk menggerakkan personil dalam rangka melakukankegiatan-kegiatan organisasi yang dipimpin, makaAdministrator melakukan administro yang berartimemimpin, mengatur, mengemudikan.

    Istilah yang digunakan bagi administrator dalamorganisasi/perusahaan pada umumnya adalah: Presdir,Direktur, Kepala Divisi, Manager, Ketua, dan Kepala

  • Dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnyakepada Maestro, maka Administrasi harus melakukanadminister (melayani, mentaati) terhadap majikan danmelakukan segala sesuatu sesuai kebijaksanaan majikantersebut sambil menjalankan administrare (yaitumenyelenggarakan Tata usaha: registrasi, inventarisasi,pembukuan, dokumentasi, korespondensi, kearsipan)pembukuan, dokumentasi, korespondensi, kearsipan)untuk mempertanggung-jawabkan segala sesuatunya yangtelah dilakukan menurut prosedur dan formalitas tertentu(mis: membuat berita acara, laporan).

  • Pengertian Administrasi

    Pengertian Administrasi adalah rangkaian kegiatanperbuatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalamsuatu kerjasama untuk mencapai suatu tujuan tertentudapat dicakup dengan satu istilah yaitu administrasi yangdalam bahasa Inggris disebut administration.

    Dari uraian di atas kita dapat menarik kesimpulan tentangAdministrasi. Yaitu sebagai ilmu dan seni.Pengertian dari Administrasi menurut Ilmu adalah suatuilmu yang mempelajari aktivitas manusia yang bersifatkooperatif dan bagaimana cara-cara merealisasikannyayang terkumpul secaras sistemasi.

  • Sedangkan pengertian Administrasi sebagai Seni adalahmerupakan proses kegiatan yang perlu dikembangkansecara kontinu, agar administrasi sebagai suatu cara untukmencapai tujuan yang benar-benar dapat memberiperanan yang diharapkan.

    Pengertian sempit dan luas dari Administrasi adalah:Pengertian sempit dan luas dari Administrasi adalah:Administrasi dalam arti sempit, yaitu berasal dari kataadministratie (bahasa Belanda) yang meliputi kegiatan:Catat-mencatat, surat menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknisketatausahaan.

  • Administrasi dalam arti luas, yaitu dari kata administration(bahasa Inggris), merupakan kegiatan dari pada kelompokyang mengadakan kerjasama untuk mencapai tujuanbersama. Artinya:1. Adanya kelompok manusia (2 orang atau lebih)2. Adanya kerjasama dari kelompok tersebut3. Adanya bimbingan, kepemimpinan, dan pengawasan3. Adanya bimbingan, kepemimpinan, dan pengawasan4. Adanya tujuan kelompok5. Adanya pemanfaatan berbagai sumber

  • Perkembangan Ilmu AdministrasiPerkembangan administrasi, sejak lahirnya tahun 1886sampai sekarang telah menjalani empat masa, yaitu:1. Masa pertama disebut survival period (1886-1930).

    Tahun 1886 sering disebut sebagai tahun lahirnyailmu administrasiilmu administrasi

    2. Masa kedua disebut consolidation and completionperiod (1930-1945).

    3. Masa ketiga disebut human relations period (1945-1959).

    4. Masa keempat disebut behavioral period (1959-sekarang).

  • PEMBAGIAN ILMU ADMINISTRASI

    Pembagian administrasi dapat dikemukakan berdasarkanpendapat para ahli sebagai berikut:YY.. WayongWayong dalam bukunya Fungsi Administrasi Negaramembagi ilmu Administrasi dalam ruang lingkup, yaitu:1. Ilmu Administrasi Negara1. Ilmu Administrasi Negara

    Keseluruhan kegiatan yang dilakukan oleh seluruhaparatur pemerintahan dari suatu Negara dalamusaha mencapai tujuan negara.

    2. Ilmu Administrasi NiagaIlmu Administrasi Niaga, adalah keseluruhan kegiatanmulai dari produksi barang dan jasa sampai tibanyabarang atau jasa tersebut ditangan konsumen.

  • Drs. Soekarno. K mengemukakan penggolonganadministrasi dengan memandang dari segi obyekadministrasi, menjadi 3 golongan besar yaitu:1. Administrasi yang berobyek kenegaraan (Public

    Administration) dapat dibagi:a. Administrasi Pemerintahan (Adm.Sipil & Militer)b. Administrasi Perusahaan (BUMN/D)

    2. Administrasi yang berobyek Swasta / Niaga (Business2. Administrasi yang berobyek Swasta / Niaga (BusinessAdministratio) dapat dibagi menjadi:a. Administrasi Perusahaan Manufakturb. Administrasi Perusahaan Jasa

    3. Administrasi yang berobyek Internasional (InternationalAdministration).Termasuk di dalamnya seluruh aktifitas yang bergerakdi bidang internasional seperti UNESCO, UNICEF, IMF,ILO, dan sebagainya yang dilakukan PBB, juga AsiaGames.

  • Prof. Dr. Sondang P. Siagian membagi ilmu administrasidalam dua bagian besar:

    Administrasi Negara:1. Management.2. Administrasi Kepegawaian3. Administrasi Keuangan.

    Administrasi Privat/Niaga:1. Management.2. Management Produksi.3. Industrial Relation.3. Administrasi Keuangan.

    4. Office Management.5. Leadership.6. Filsafat Administrasi,

    dsb.

    3. Industrial Relation.4. Business Education.5. Traffic Management,

    dsb.

  • The Liang Gie merinci Ilmu Administrasi dari dua sudutyaitu:

    Berdasarkan unsur-unsuradministrasi:1. Ilmu Administrasi.2. Ilmu Management.

    Administrasi menurutlingkungan, suasana dantujuan.1. Ilmu Adm. Negara (Adm.

    Kepolisian, militer,2. Ilmu Management.3. Ilmu Komunikasi.4. Ilmu Adm.epegawaian.5. Ilmu Adm. Keuangan.6. Ilmu Adm.Perbankan.7. Ilmu Tata Usaha.8. Ilmu Hub.Masyarakat.

    Kepolisian, militer,pengadilan, dsb)

    2. Ilmu Adm. Perusahaan(Adm. Penjualan,Periklanan. Kepasaran, dsb)

    3. Ilmu Adm. Sosial

  • Lebih lanjut SP. Siagian melihat perkembanganadministrasi yang sangat dinamis dan semakin pentingnyaperanan pemerintah dalam meningkatkan taraf hidupmasyarakat, sehingga pemerintah pun turut berkecimpungdalam kegiatan keniagaan. Hal ini terbukti dengan adanyaPublic Coorporation yang meskipun dikuasai oleh negara,kegiatan-kegiatannya, motif bekerja dan strukturorganisasinya keseluruhannya bersifat keniagaan.Sehingga timbul kegiatan yang bersifat Public BusinessAdministration, seperti dapat dilihat pada gambar di bawahSehingga timbul kegiatan yang bersifat Public BusinessAdministration, seperti dapat dilihat pada gambar di bawahini.

    Public Administration Privat (Business Administration)

    Public BusinessAdministration

  • Prayudi Atmosudirdjo membagi dan memperinci ilmuadministrasi ke dalam:1. Ilmu Administrasi Publik meliputi :

    a. Ilmu Administrasi (Public) International.b. Ilmu Adm. (Public) Nasional, ini dibagi:

    Ilmu Administrasi negara umum.1) Ilmu Administrasi Daerah (Otonom).2) Ilmu Administrasi Negara Khusus.2) Ilmu Administrasi Negara Khusus.

    2. Ilmu Administrasi Privat, yang meli