72386180 Penanganan Syok Obstetri Terbaru Dan Resusitasi Neonatus

20
 PENANGANAN SYOK OBSTETRI TERBARU DAN RESUSITASI NEONATUS Penanganan syok obstetri terbaru Syok Syok adalah kegagalan sirkulasi berat yang bersifat umum. Aliran dar ah ke org an yan g tidak ade kuat tid ak mampu member ikan per fus i oksigen jaringan yang diperlukan untuk metabolisme selular yang normal. Hipoksia selular akan menyebabkan metabolisme anaerob, pembentukan asam metabolik dan asidosis metabolik. Manif estas i klini k hipo perfus i adala h kepuc atan dan menur unnya su hu ku li t ka rena vas ok onstr ik si kul it ; ol ig ur ia membe ri kesan menurunnya aliran darah ginjal. Walaup un hi po tn si se ri ng di temuka n secara kl in ik, syok dan hip ote nsi buk anl ah suatu sin oni m. Syo k yan g ber at mun gki n ter dap at pada keadaan tekanan sistemik yang normal dan sebaliknya, perfusi yang adekuat bisa terdapat pada keadaan hipotensi. Berkurangnya aliran darah merupakan kondisi fisiologik patologik yang kritis dari pada menurunnya tekanan darah. Brkurangnya aliran darah akibat menurunnya curah jantung, baik karena tidak cukupya darah balik vena ( venous return) ataupun karena ke lai nan jan tun g in tr in sik. Dara h bal ik vena yan g ti da k ad eku at merupakan penybab yang paling umum dan disebabkan oleh berku rangn ya volu me sirku lasi (hipo volemia), vaso dilata si perife r atau obstruksi mekanik. PEMERIKSAAN FISIK Pemeriksaan umum : Hi po tens i dan ta ki kardi merupaka n temuan yang khas. Nadi cenderu ng menj adi cepat, lemah dan volumenya keci l. Fre kusens i per nap asan ser ing men ing kat (br adi kar di mun gkin mer upakan suatu tanda stimulasi vagal atau keadaan patologik jantung). Kuli t bi asanya di ngin, lembab basah dan si anot ik atau pucat. Berkeringat dan vasokonstriksi perier merupakan manifestasi dari respons adrenergik tubuh terhadap penurunan volume darah yang tiba-tiba.

Transcript of 72386180 Penanganan Syok Obstetri Terbaru Dan Resusitasi Neonatus

PENANGANAN SYOK OBSTETRI TERBARU DAN RESUSITASI NEONATUSPenanganan syok obstetri terbaru Syok Syok adalah kegagalan sirkulasi berat yang bersifat umum. Aliran darah ke organ yang tidak adekuat tidak mampu memberikan perfusi oksigen jaringan yang diperlukan untuk metabolisme selular yang normal. Hipoksia selular akan menyebabkan metabolisme anaerob, pembentukan asam metabolik dan asidosis metabolik. Manifestasi klinik hipoperfusi adalah kepucatan dan menurunnya suhu kulit karena vasokonstriksi kulit; oliguria memberi kesan menurunnya aliran darah ginjal. Walaupun hipotnsi sering ditemukan secara klinik, syok dan hipotensi bukanlah suatu sinonim. Syok yang berat mungkin terdapat pada keadaan tekanan sistemik yang normal dan sebaliknya, perfusi yang adekuat bisa terdapat pada keadaan hipotensi. Berkurangnya aliran darah merupakan kondisi fisiologik patologik yang kritis dari pada menurunnya tekanan darah. Brkurangnya aliran darah akibat menurunnya curah jantung, baik karena tidak cukupya darah balik vena (venous return) ataupun karena kelainan jantung intrinsik. Darah balik vena yang tidak adekuat merupakan penybab yang paling umum dan disebabkan oleh berkurangnya volume sirkulasi (hipovolemia), vasodilatasi perifer atau obstruksi mekanik. PEMERIKSAAN FISIK Pemeriksaan umum : Hipotensi dan takikardi merupakan temuan yang khas. Nadi cenderung menjadi cepat, lemah dan volumenya kecil. Frekusensi pernapasan sering meningkat (bradikardi mungkin merupakan suatu tanda stimulasi vagal atau keadaan patologik jantung). Kulit biasanya dingin, lembab basah dan sianotik atau pucat. Berkeringat dan vasokonstriksi perier merupakan manifestasi dari respons adrenergik tubuh terhadap penurunan volume darah yang tiba-tiba.

Keluaran urin sedikit atau tidak ada. Vena leher cenderung datar dalam kasus syok hipovolemik dan mengembang dalam kasus syok kardiogenik. Edema perifer atau pulmonal memberi kesan syok kardiogenik. PEMERIKSAAN ABDOMEN Iritasi peritoneum yang difus memberi kesan adanya perdarahan intraabdomen, rupturnya abses tuboovarium atau ruptur viskus.

PEMERIKSAAN PELVIS Temuan-temuan untuk mengungkapkan adanya perdarahn eksternal atau adanya kesan iritasi peritoneum akibat darh atau pus. Kavum dougalsi yang menonjol dapat ditemukan pada kasus perdarahan intraabdomen yang hebat. FAKTOR FAKTOR ETIOLOGI SYOK INTRAPARTUM ATAU POSTPARTUM Perdarahan : Atonia uteri Laserasi vagina atau serviks Ruptur uteri Inversio uteri Kelainan plasenta : solusio plasenta, plasenta akreta, fragmen yang tertahan.

Sepsis : Endometritis Tromboplebitis pelvis Peritonitis Pielonefritis

Emboli paru : Trombosis Cairan amnion

Udara

Penyakit perdarahan otak Perdarahan intrakranial Perdarahan subaraknoid

SASARAN DALAM TERAPI SYOK Tekanan sistolik Gas darah &,35-7,45 > 100 mmHg pO2 > 70 mmHg; pCO2 35-45 mmHg; pH

Tekanan vena sentralis 5-15 cm H2O Tekanan desakan kapiler paru Keluaran urin 15-18 mmHg

> 30 ml / jam

Jenis dan Penyebab

Shock Pedarahan dapat disebabkan oleh: o Penyebab perdarahan di awal kehamilan. o Penyebab perdarahan antepartum. o Penyebab perdarahan postpartum. Shock neurogenik dapat disebabkan oleh : o Kehamilan ektopik terganggu. o Perdarahan tersembunyi disengaja. o Forceps atau ekstraksi sungsang sebelum dilatasi serviks penuh. o Versi internal yang kasar. o Crd's metode. o Rupture uterus. o Inversi akut rahim. o Cepat evakuasi isi rahim sebagai tenaga kerja presipitat dan pecah ketuban di polihidramnion. Hal ini disertai dengan cepat akumulasi darah di daerah splanknikus karena bantuan mendadak tekanan (shock splanknikus). Kardiogenik shock: kontraksi tidak efektif dari otot jantung karena o Infark miokard. o Gagal jantung.

Endotoksik shock: gangguan vaskuler umum karena pelepasan racun. Anaphylactic shock: disebabkan oleh kepekaan terhadap obat. Penyebab lainnya: o Emboli: cairan udara, ketuban atau thrombus. o Komplikasi anestesi: sebagai sindrom Mendelson's. o Shock mungkin disebabkan oleh lebih dari satu faktor sebagai: o Aborsi inkomplete : mengarah ke shock perdarahan dan endotoksik. o Disturbed ectopic and rupture uterus: menyebabkan perdarahan dan shock neurogenik.

Shock karena perdarahan Klasifikasi Perdarahan Kela Blood Loss% s I II 15% 20-25% Gambar Klinis Normal denyut nadi & tekanan darah. Tilt test + ve. Tachycardia. Takipnea. Pulse pressure (