59026613 Prospektus Panin Dana Maksima

download 59026613 Prospektus Panin Dana Maksima

of 42

Transcript of 59026613 Prospektus Panin Dana Maksima

  • PROSPEKTUS REKSA DANA

    PANIN DANA MAKSIMA PANIN DANA MAKSIMA adalah Reksa Dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektifberdasarkan Akta Nomor 31 tanggal 11 Agustus 1997 antara PT. Panin Sekuritas Tbk. danPT. Bank Dagang Nasional Indonesia yang dibuat dihadapan Notaris Mudofir Hadi SH. Dan diperbaharui menjadi Akta Nomor 1 tanggal 1 Oktober 1998 antara PT. Panin Sekuritas Tbk.dan Deutsche Bank Aktiengesellschaft cabang Jakarta yang dibuat di hadapan NotarisMudofir Hadi SH. PANIN DANA MAKSIMA adalah Reksa Dana yang bertujuan untuk memperoleh pertumbuhan nilai investasi jangka panjang yang optimal melalui penempatan dana dalambentuk efek ekuitas dan dalam bentuk instrumen pasar uang. PANIN DANA MAKSIMAmemiliki komposisi portofolio dengan target 70% (tujuh puluh per seratus) dalam bentuk efek ekuitas yang tercatat di Bursa Efek di Indonesia dan sisa dana sebesar 30% (tiga puluh perseratus) akan diinvestasikan dalam bentuk instrumen pasar uang.

    PT Panin Sekuritas Tbk. selaku Manajer Investasi melakukan penawaran Unit Penyertaan PANIN DANA MAKSIMA secara terus menerus sampai dengan:

    1.000.000.000 (satu milyar) Unit Penyertaan PANIN DANA MAKSIMA Setiap Unit Penyertaan ditawarkan dengan harga sama dengan Nilai Aktiva Bersih awal sebesar Rp 1.000,- (seribu rupiah) pada hari pertama penawaran, dan selanjutnya harga Unit Penyertaan sama dengan Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan pada hari yang bersangkutan. Minimal investasi awal adalah sebesar Rp.250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah) dan kelipatan Rp.100.000,- (seratus ribu rupiah) untuk investasi selanjutnya. Pemegang Unit Penyertaan menanggung biaya pemesanan penjualan (selling fee) 1%, biaya penjualan kembali (redemption fee) maksimum 1% dan biaya pengalihan (switching fee) 0,5%.

    Manajer Investasi

    PT Panin Sekuritas Tbk.

    Bank Kustodian

    DEUTSCHE BANK AG

    SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUKMEMBELI UNIT PENYERTAAN REKSADANA INI ANDA HARUS TERLEBIHDAHULU MEMPELAJARI ISIPROSPEKTUS INI KHUSUSNYA PADABAGIAN KEBIJAKAN INVESTASI (BABV), FAKTOR-FAKTOR RESIKO (BABVIII) DAN MANAJER INVESTASI (BABIII)

    BAPEPAM TIDAK MEMBERIKAN PERNYATAAN MENYETUJUI ATAU TIDAK MENYETUJUI EFEK INI, TIDAK JUGA MENYATAKAN KEBENARAN ATAU KECUKUPAN ISI PROSPEKTUS INI, SETIAP PERNYATAAN YANG BERTENTANGAN DENGAN HAL-HAL TERSEBUT ADALAH PERBUATAN MELANGGAR HUKUM

    Prospektus ini dibuat di Jakarta pada tanggal 14 April 2010

    Tanggal Efektif: 27 Maret 1997 Tanggal Mulai Penawaran: 1 April 1997

    P E N A W A R A N U M U M

  • PANIN DANA MAKSIMA

    2

    DAFTAR ISI

    I Istilah dan Definisi 3

    II Informasi Mengenai PANIN DANA MAKSIMA 6

    III Manajer Investasi 8

    IV Bank Kustodian 10

    V Tujuan dan Kebijakan Investasi 11

    VI Metode Penghitungan Nilai Pasar Wajar dari Efek Dalam Portofolio PANIN DANA MAKSIMA

    12

    VII Perpajakan 13

    VIII Manfaat Investasi dan Faktor-faktor Risiko yang Utama 14

    IX Alokasi Biaya dan Imbalan Jasa 15

    X Hak-Hak Pemegang Unit Penyertaan 16

    XI Pembubaran dan Likuidasi Reksa PANIN DANA MAKSIMA 17

    XII Laporan Keuangan 19

    XIII Tata Cara dan Persyaratan Pembelian Unit Penyertaan 39

    XIV Tata Cara dan Persyaratan Penjualan Kembali Unit Penyertaan

    40

    XV Skema Pembelian dan Penjualan Kembali PANIN DANA MAKSIMA 41

  • PANIN DANA MAKSIMA

    3

    I. ISTILAH DAN DEFINISI

    1.1. REKSA DANA Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat

    pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi. Sesuai Undang-undang Pasar Modal, Reksa Dana dapat berbentuk Perseroan Tertutup atau Terbuka dan Kontrak Investasi Kolektif. Bentuk hukum reksa dana yang ditawarkan dalam Prospektus ini adalah Kontrak Investasi Kolektif.

    1.2. KONTRAK INVESTASI KOLEKTIF

    Kontrak Investasi Kolektif adalah kontrak antara Manajer Investasi dan Bank Kustodian yag mengikat Pemegang Unit Penyertaan, dimana Manajer Investasi diberi wewenang untuk mengelola portofolio investasi kolektif dan Bank Kustodian diberi wewenang untuk melaksanakan penitipan kolektif.

    1.3. MANAJER INVESTASI Manajer Investasi adalah Pihak yang kegiatan usahanya mengelola Portofolio Efek untuk

    para nasabahnya atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah. 1.4. BANK KUSTODIAN

    Bank Kustodian adalah Bank Umum yang telah mendapat persetujuan BAPEPAM untuk menyelenggarakan kegiatan usaha sebagai Kustodian, yaitu memberikan jasa penitipan Efek (termasuk Penitipan Kolektif atas Efek yang dimiliki bersama oleh lebih dari satu Pihak yang kepentingannya diwakili oleh Kustodian) dan harta lain yang berkaitan dengan Efek serta jasa lain, termasuk menerima dividen, bunga, dan hak-hak lain, menyelesaikan transaksi Efek, dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya.

    1.5. EFEK

    Efek adalah surat berharga.

    Sesuai dengan Peraturan BAPEPAM No. IV.B.1, Lampiran Keputusan Ketua BAPEPAM No. Kep-03/PM/2004 tanggal 9 Pebruari 2004, Reksa Dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif hanya dapat melakukan pembelian dan penjualan atas: a. Efek yang telah dijual dalam Penawaran Umum dan atau dicatatkan di Bursa Efek baik di

    dalam maupun di luar negeri; b. Instrumen pasar uang dalam negeri yang mempunyai jatuh tempo kurang dari 1 (satu)

    tahun, meliputi Sertifikat Bank Indonesia, Surat Berharga Pasar Uang, Surat Pengakuan Hutang, Sertifikat Deposito, baik dalam rupiah maupun dalam mata uang asing, dan Obligasi yang diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia; dan

    c. Surat berharga komersial dalam negeri yang jatuh temponya di bawah 3 (tiga) tahun dan

    telah diperingkat oleh perusahaan pemeringkat Efek. 1.6. PORTOFOLIO EFEK

    Portofolio Efek adalah kumpulan Efek yang merupakan kekayaan PANIN DANA MAKSIMA. 1.7. BUKTI KEPEMILIKAN

    Reksa Dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif menghimpun dana dengan menerbitkan Unit Penyertaan kepada pemodal. Unit Penyertaan adalah satuan ukuran yang menunjukkan bagian kepentingan setiap pemegang unit penyertaan dalam portofolio investasi kolektif. Dengan demikian Unit Penyertaan merupakan bukti kepesertaan pemegang Unit Penyertaan dalam Reksa Dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif. Manajer Investasi melalui Bank Kustodian akan menerbitkan Laporan Bulanan Kepemilikan Unit Penyertaan yang berisi jumlah Unit Penyertaan yang dimiliki oleh masing-masing pemegang Unit Penyertaan dan berlaku sebagai bukti kepemilikan Unit Penyertaan Reksa Dana.

    1.8. NILAI AKTIVA BERSIH (NAB)

    NAB adalah nilai pasar yang wajar dari suatu Efek dan kekayaan lain dari Reksa Dana dikurangi seluruh kewajibannya. Metode Penghitungan NAB Reksa Dana harus dilakukan sesuai dengan Peraturan BAPEPAM No. IV.C.2, Lampiran Keputusan Ketua BAPEPAM No. Kep-24/PM/2004 tanggal

  • PANIN DANA MAKSIMA

    4

    19 Agustus 2004 tentang Nilai Pasar Wajar Dari Efek Dalam Portofolio Reksa Dana, dimana perhitungan NAB menggunakan nilai pasar wajar yang ditentukan oleh Manajer Investasi. NAB Reksa Dana dihitung dan diumumkan setiap Hari Bursa.

    1.9. AFILIASI

    a. hubungan keluarga karena perkawinan dan keturunan sampai derajat kedua, baik secara horisontal maupun vertikal;

    b. hubungan antara satu pihak dengan pegawai, Direktur, atau Komisaris dari pihak tersebut;

    c. hubungan antara 2 (dua) perusahaan dimana terdapat satu atau lebih anggota Direksi atau Komisaris yang sama;

    d. hubungan antara perusahaan dengan suatu pihak, baik langsung maupun tidak langsung, mengendalikan atau dikendalikan oleh perusahaan tersebut;

    e. hubungan antara 2 (dua) perusahaan yang dikendalikan baik langsung maupun tidak langsung oleh pihak yang sama; atau

    f. hubungan antara perusahaan dan pemegang saham utama. 1.10. BAPEPAM

    BAPEPAM adalah Badan Pengawas Pasar Modal.

    1.11. EFEKTIF

    Efektif adalah terpenuhinya seluruh tata cara dan persyaratan Pernyataan Pendaftaran Dalam Rangka Penawaran Umum Reksa Dana Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif yang ditetapkan dalam Undang-undang Pasar Modal dan Peraturan Nomor : IX.C.5 Lampiran Keputusan Ketua BAPEPAM Nomor : Kep-10/PM/1997 tanggal 30 April 1997 (Peraturan IX.C.5). Surat pernyataan efektif Pernyataan Pendaftaran Dalam Rangka Penawaran Umum Reksa Dana Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif akan dikeluarkan oleh BAPEPAM.

    1.12. FORMULIR PEMESANAN PEMBELIAN UNIT PENYERTAAN

    Formulir Pemesanan Pembelian Unit Penyertaan adalah formulir asli yang dipakai oleh calon pembeli untuk membeli Unit Penyertaan yang diisi, ditandatangani dan diajukan oleh calon pembeli kepada Manajer Investasi.

    1.13 FORMULIR PENJUALAN KEMBALI UNIT PENYERTAAN

    Formulir Penjualan Kembali Unit Penyertaan adalah formulir asli yang dipakai oleh pemegang Unit Penyertaan untuk menjual kembali Unit Penyertaan yang dimilikinya yang diisi, ditandatangani dan diajukan oleh pemegang Unit Penyertaan kepada Manajer Investasi.

    1.14. FORMULIR PROFIL PEMODAL

    Formulir Profil Pemodal adalah formulir yang disyaratkan untuk diisi oleh pemodal sebagaimana diharuskan oleh Peraturan Nomor: IV.D.2 Lampiran Keputusan Ketua BAPEPAM Nomor: Kep-20/PM/2004 tanggal 29 April 2004 tentang Profil Pemodal Reksa Dana, yang berisikan data dan informasi mengenai profil risiko pemodal Reksa Dana Panin Dana Maksima sebelum melakukan pembelian Unit Penyertaan Reksa Dana Panin Dana Maksima yang pertama kali di Manajer Investasi atau Agen Penjual Reksa Dana Panin Dana Maksima.

    1.15. HARI BURSA Hari Bursa adalah hari diselenggarakannya perdagangan efek di Bursa Efek, yaitu Senin

    sampai dengan Jumat, kecuali hari tersebut merupakan hari libur nasional atau dinyatakan sebagai hari libur oleh Bursa Efek.

    1.16. PENAWARAN UMUM

    Penawaran Umum adalah kegiatan penawaran Unit Penyertaan Reksa Dana Panin Dana Maksima yang dilakukan oleh Manajer Investasi untuk menjual Unit Penyertaan kepada Masyarakat berdasarkan tata cara yang diatur dalam Undang-undang Pasar Modal beserta peraturan pelaksanaannya dan Kontrak Investasi Kolektif.

    1.17. PERNYATAAN PENDAFTARAN Pernyataan Pendaftaran adalah dokumen yang wajib disampaikan oleh Manajer Investasi

    kepada BAPEPAM dalam rangka Penawaran Umum Reksa Dana Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif yang ditetapkan dalam Undang-undang Pasar Modal dan Peraturan Nomor: IX.C.5 Lampiran Keputusan Ketua BAPEPAM Nomor: Kep-10/PM/1997 tanggal 30 April 1997.

  • PANIN DANA MAKSIMA

    5

    1.18. PROSPEKTUS

    Prospektus adalah setiap pernyataan yang dicetak atau informasi tertulis yang digunakan untuk Penawaran Umum Reksa Dana dengan tujuan pemodal membeli Unit Penyertaan Reksa Dana, kecuali pernyataan atau informasi yang berdasarkan peraturan BAPEPAM yang dinyatakan bukan sebagai Prospektus.

    1.19. LAPORAN BULANAN KEPEMILIKAN UNIT PENYERTAAN

    Laporan Bulanan Kepemilikan Unit Penyertaan adalah laporan bulanan yang menunjukkan jumlah Unit Penyertaan yang dimiliki oleh Pemegang Unit Penyertaan dan berlaku sebagai bukti kepemilikan dalam Reksa Dana Panin Dana Maksima. Laporan Bulanan Kepemilikan Unit Penyertaan akan dikirimkan oleh Bank Kustodian dalam waktu selambat-lambatnya 7 (tujuh) Hari Bursa setelah akhir bulan.

    1.20. UNDANG-UNDANG PASAR MODAL

    Undang-undang Pasar Modal adalah Undang-undang Republik Indonesia No. 8 tahun 1995 tentang Pasar Modal tanggal 10 Nopember 1995.

  • PANIN DANA MAKSIMA

    6

    II. INFORMASI MENGENAI PANIN DANA MAKSIMA

    2.1. Dasar Hukum

    PANIN DANA MAKSIMA berbentuk Kontrak Investasi Kolektif berdasarkan Akta Nomor 63 tanggal 24 Maret 1997 antara PT Panin Sekuritas Tbk. dengan PT. Bank Dagang Nasional Indonesia yang dibuat di hadapan Mudofir Hadi SH. Dan diperbaharui menjadi Akta Nomor 1 tanggal 1 Oktober 1998 antara PT Panin Sekuritas Tbk. dan Deutsche Bank Aktiengesellschaft cabang Jakarta yang dibuat di hadapan Notaris Mudofir Hadi SH.

    Unit Penyertaan ditawarkan dengan harga penawaran sama dengan Nilai Aktiva Bersih awal Rp 1.000,- (seribu rupiah) setiap Unit Penyertaan pada hari pertama penawaran. Selanjutnya nilai Unit Penyertaan ditetapkan berdasarkan Nilai Aktiva Bersih pada hari yang bersangkutan. Unit Penyertaan akan ditawarkan secara terus-menerus sampai dengan jumlah 300.000.000 (tiga ratus juta) Unit Penyertaan untuk PANIN DANA MAKSIMA. Apabila jumlah tersebut telah habis terjual, maka Manajer Investasi dapat menambah jumlah unit setelah mendapat persetujuan dari BAPEPAM.

    2.2. Penawaran Umum

    PT. Panin Sekuritas Tbk. sebagai Manajer Investasi melakukan penawaran umum atas Unit Penyertaan PANIN DANA MAKSIMA secara terus menerus sampai dengan 300.000.000 (tiga ratus juta) Unit Penyertaan. Setelah itu Manajer Investasi dapat menambah jumlah Unit Penyertaan setelah mendapat persetujuan dari BAPEPAM. Masing masing Unit Penyertaan PANIN DANA MAKSIMA ditawarkan dengan harga sama dengan Nilai Aktiva Bersih awal per Unit Penyertaan sebesar Rp. 1.000,- (seribu rupiah) pada hari pertama penawaran. Selanjutnya harga Unit Penyertaan PANIN DANA MAKSIMA ditetapkan berdasarkan Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan pada akhir hari bursa yang bersangkutan.

    2.3. Penempatan Dana Awal

    Dalam rangka Penawaran Umum PANIN DANA MAKSIMA, telah ditempatkan dana awal sebagai berikut:

    No. Nama Sponsor Jumlah Unit

    Penyertaan (Unit)Jumlah Dana

    (Rp) 1 2 3 4 5 6 7

    PT Panin Bank PT Panin Sekuritas Tbk. Aries Liman Kun Mawira Hendra H Kustarjo Winston Sual Hendra Sutanto

    10.000.000 1.000.000

    500.000 150.000

    50.000 30.000 30.000

    10.000.000.000 1.000.000.000

    500.000.000 150.000.000

    50.000.000 30.000.000 30.000.000

    Total Unit / Dana Awal 11.760.000 11.760.000.000

    Sesuai Peraturan BAPEPAM No. IV.B.1., pihak yang telah menempatkan dana awal tersebut tidak dapat melakukan Penjualan Kembali dalam jangka waktu 1 (satu) tahun sejak efektifnya Pernyataan Pendaftaran REKSA REKSA.

    2.4. Ikhtisar Keuangan Singkat

    Sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Bapepam Nomor VIII.G.9 tentang Informasi Dalam Ikhtisar Singkat Reksa Dana.

    2006 2005 Jumlah Hasil Investasi (%) 70,19 % 26,82 % Hasil Investasi setelah memperhitungkan beban pemasaran (%)

    66,82 %

    24,31 %

    Beban operasi (%) 2,12% 7,48 % Perputaran portolio 0,65 x 0,52 x Persentase penghasilan kena pajak 5,65 % 11,41 %

    Tujuan tabel ini adalah semata-mata untuk membantu memahami kinerja masa lalu dari Reksa Dana. Tabel ini seharusnya tidak mempertimbangkan sebagai indikasi bahwa kinerja masa depan akan sama dengn kinerja masa lalu.

    2.5. Pengelola PANIN DANA MAKSIMA

  • PANIN DANA MAKSIMA

    7

    PT. Panin Sekuritas Tbk. sebagai Manajer Investasi didukung oleh tenaga profesional yang terdiri dari Komite Investasi dan Tim Pengelola Investasi.

    a. Komite Investasi

    PT. Panin Sekuritas Tbk. juga menerapkan adanya fungsi komite Investasi dan Tim Pengelola Investasi dalam pengelolaan dana. Komite Investasi akan mengarahkan dan mengawasi Tim Pengelola Investasi dalam menjalankan Kebijakan dan Strategi Investasi sehingga sesuai dengan tujuan investasi. Anggota Komite Investasi terdiri dari: Mumin Ali Gunawan

    Warga Negara Indonesia. Pendiri dari Panin Grup dan menjabat sebagai Presiden Komisaris PT. Panin Sekuritas Tbk.

    Aries Liman

    Warga Negara Indonesia, lulusan dari Technische Hochschule Karlsruhe, Jerman. Sejak 1982, menekuni industri tekstil dan garmen dan saat ini menjabat sebagai Direktur dari beberapa perusahaan tekstil. Telah aktif dalam Pasar Modal sejak 1987. Saat ini menjabat sebagai Wakil Presiden Komisaris PT. Panin Sekuritas Tbk.

    Kun Mawira Warga Negara Indonesia. Saat ini menjabat sebagai Presiden Direktur dari PT. Rana Sankara (eksportir dan manufaktur garmen) dan perusahaan afiliasinya serta menjabat sebagai Komisaris PT. Panin Sekuritas Tbk. Telah aktif berkiprah di pasar modal Indonesia sejak 1988.

    Made Rugeh Ramia Warga Negara Indonesia, lulusan Fakultas Ekonomi Gajah Mada dan New York Institute of Finance, dengan spesialisasi dalam Analisis Saham dan Keuangan. Memulai karirnya sebagai pengawas di Direktorat Jendral Pengawasan Keuangan Negara, kemudian pada Direktorat Jendral Moneter Departemen Keuangan, sampai dengan 1977. Menjadi pegawai BAPEPAM (sejak didirikan) dari 1977-1989. Bergabung dengan Bank Pasifik di tahun 1989 dan kemudian dengan Panin Grup sebagai Presiden Direktur dari PT. Panin Sekuritas Tbk. sejak 1991. Made Rugeh Ramia telah memperoleh ijin perorangan di bidang Penasehat Investasi dari BAPEPAM berdasarkan Surat Keputusan Ketua BAPEPAM Nomor: KEP-24/PM-PI/1995 tanggal 29 Mei 1995 dan ijin perorangan sebagai Wakil Penjamin Emisi Efek dari BAPEPAM berdasarkan Surat Keputusan Ketua BAPEPAM Nomor KEP-68/PM/IP/PEE/1993 tanggal 18 November 1993.

    b. Tim Pengelola Investasi

    Tim Pengelola Investasi bertanggung jawab atas aktivitas pengelolaan dana tiap-tiap hari, sehingga tercapai hasil investasi yang sesuai dengan tujuan dan kebijakan investasi dari Reksa Dana Panin. Tim Pengelola Investasi dipimpin oleh: Winston Sual Warga Negara Indonesia, lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dengan spesialisasi pada Uang dan Perbankan. Memulai karirnya di pasar modal Indonesia pada tahun 1989 sebagai Floor Trader. Sebelum bergabung dengan PT. Panin Sekuritas Tbk. pada tahun 1994 menjabat sebagai Direktur dari PT Phillindo Santana Perkasa yang membawahi bidang perdagangan dan investasi saham. Saat ini menjabat sebagai Direktur dan bertanggung jawab dalam bidang Manajemen Investasi. Winston Sual telah memperoleh ijin perorangan di bidang Penasehat Investasi dari BAPEPAM berdasarkan Surat Keputusan Ketua BAPEPAM Nomor: KEP-05/PM-PI/1995 tanggal 18 Januari 1995 dan ijin perorangan sebagai Wakil Penjamin Emisi Efek dari BAPEPAM berdasarkan Surat Keputusan Ketua BAPEPAM Nomor: KEP-33/PM/IP/PEE/1996 tanggal 11 April 1996.

  • PANIN DANA MAKSIMA

    8

    III. MANAJER INVESTASI

    3.1. Keterangan Singkat Tentang Manajer Investasi

    PT. Panin Sekuritas Tbk. didirikan berdasarkan akta No. 369 tanggal 27 Juli 1989 jo akta No. 59 tanggal 4 September 1989, kedua akta tersebut dibuat di hadapan Benny Kristianto, S.H., Notaris di Jakarta, yang telah mendapat pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia sesuai dengan Surat Keputusannya Nomor C2-8438.HT.01.01.Th.89 tanggal 7 September 1989, serta telah diumumkan dalam Tambahan No. 2985 Berita Negara Republik Indonesia No. 90 tanggal 10 November 1989. Akta tersebut telah mengalami beberapa kali perubahan dengan perubahan terakhir dituangkan dalam akta No. 99 tanggal 28 Juni 2002 dibuat oleh Dahlia, SH., penganti dari Fathiah Helmi, S.H., Notaris di Jakarta, yang Laporan Data Akta Perubahan Anggaran Dasar tersebut telah diterima dan dicatat oleh Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Departemen Kehakiman Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pada tanggal 15 Agustus 2002 di bawah No.C-15301 HT.01.04 TH.2002. PT. Panin Sekuritas Tbk. sebagai Manajer Investasi telah memiliki ijin usaha sebagai Manajer Investasi dari BAPEPAM berdasarkan Surat Keputusan Ketua BAPEPAM Nomor KEP-01/PM/MI/1997 tanggal 31 Januari 1997. PT. Panin Sekuritas Tbk. telah pula memiliki ijin usaha dari BAPEPAM sebagai Perantara Pedagang Efek berdasarkan Surat Keputusan Ketua BAPEPAM Nomor KEP-205/PM/1992 tanggal 14 April 1992 serta telah memperoleh ijin usaha dari BAPEPAM sebagai Penjamin Emisi Efek berdasarkan Surat Keputusan Ketua BAPEPAM Nomor 206/PM/1992 tanggal 14 April 1992. Pada tanggal 31 Mei 2000 PT. Panin Sekuritas Tbk. telah mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta. Saat ini modal disetor PT. Panin Sekuritas Tbk. adalah Rp. 90.000.000.000,- (sembilan puluh milyar rupiah). Dalam pengelolaan dana PT. Panin Sekuritas Tbk. mendapat dukungan penuh dari Panin Grup, yang telah memiliki reputasi tinggi dalam industri jasa keuangan dan perbankan.

    3.2. Pengalaman Manajer Investasi

    A. Kinerja PANIN DANA MAKSIMA/pengelolaan PANIN DANA MAKSIMA dengan prinsip kehati-hatian, pemahaman mendalam akan nilai suatu investasi, serta disiplin dalam investasi telah terbukti memberikan hasil yang superior.

    Kinerja PANIN DANA MAKSIMA menunjukkan kemampuan defensif (mempertahankan nilai investasi) disaat krisis ekonomi melanda Indonesia. Namun menunjukkan pertumbuhan yang sangat dinamis, pada saat ekonomi mulai pulih. Hasil investasi PANIN DANA MAKSIMA sejak diluncurkan pada tanggal 1 April 1997 adalah sebagai berikut:

    Kinerja Panin Dana Maksima

    Tanggal

    Maksima Reksadana Saham IHSG

    NAB %

    Keuntungan1 th terakhir

    NAB %

    Keuntungan1 th terakhir

    NAB %

    Keuntungan 1 th terakhir

    01-Apr-97 1,000.00 1,000.00 638.22 30-Dec-97 832.56 -16.74% 649.89 -35.01% 374.11 -41.38% 30-Dec-98 1,199.65 44.09% 854.33 31.46% 398.04 6.40% 30-Dec-99 3,481.79 190.23% 1,634.68 91.34% 676.92 70.06% 22-Dec-00 2,199.94 -36.82% 989.33 -39.48% 416.32 -38.50% 28-Dec-01 2,256.80 2.58% 1,016.98 2.79% 392.04 -5.38% 28-Dec-02 2,640.06 16.98% 1,129.59 11.07% 424.95 8.39% 30-Dec-03 4,367.89 65.45% 1,724.01 52.62% 691.90 62.82% 30-Dec-04 5,939.50 35.98% 2,453.88 42.34% 1,003.09 44.98% 29-Dec-05 7,521.54 26.64% 2,933.12 16.02% 1,162.64 10.32% 28-Dec-06 12,813.41 70.36% 4,564.71 55.63% 1,805.52 55.30% 28-Dec-07 16,995.46 32.64% 6,244.40 52.21% 2,745.83 52.08% 30-Dec-08 10,859.92 -36.10% 3,054.20 -51.09% 1,355.41 -50.64% 30-Dec-09 24,281.59 123.59% 5,993.56 96.24% 2,534.36 86.98% Kinerja investasi PANIN DANA MAKSIMA Dana Maksima dibandingkan dengan kinerja rata-rata Reksa Dana Saham lainnya, serta Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

  • PANIN DANA MAKSIMA

    9

    0.00

    5,000.00

    10,000.00

    15,000.00

    20,000.00

    25,000.00

    Apr-97

    Oct-97

    Apr-98

    Oct-98

    Apr-99

    Oct-99

    Apr-00

    Oct-00

    Apr-01

    Oct-01

    Apr-02

    Oct-02

    Apr-03

    Oct-03

    Apr-04

    Oct-04

    Apr-05

    Oct-05

    Apr-06

    Oct-06

    Apr-07

    Oct-07

    Apr-08

    Oct-08

    Apr-09

    Oct-09

    Panin Dana Maksima

    Rata-rata RD Saham

    IHSG

    Panin Dana Maksima vs. Rata-rata Reksa Dana Saham vs. IHSG

    B. Krisis ekonomi yang terjadi telah mengakibatkan redemption yang signifikan pada PANIN DANA MAKSIMA. Sebagian besar investor/sponsor PANIN DANA MAKSIMA bergerak dalam bidang Perbankan, yang pada saat krisis ekonomi sangat membutuhkan likuiditas, sehingga melakukan redemption. Namun komitmen yang penuh dari grup Panin telah membuat PANIN DANA MAKSIMA tetap bertahan dalam periode yang sangat sulit tersebut.

    3.3. Pihak yang Terafiliasi dengan Manajer Investasi

    Pihak yang terafiliasi dengan Manajer Investasi adalah PT. Bank Pan Indonesia Tbk.

  • PANIN DANA MAKSIMA

    10

    IV. BANK KUSTODIAN 4.1. Keterangan Singkat Mengenai Bank Kustodian

    Deutsche Bank AG, Cabang Jakarta, telah memiliki persetujuan sebagai kustodian di bidang pasar modal berdasarkan Surat Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal Nomor Kep-07/PM/1994 tanggal 19 Januari 1994. Deutsche Bank AG didirikan pada tahun 1870 di Jerman yang merupakan salah satu institusi keuangan yang memiliki pelayanan terpadu di dunia.

    4.2. Pengalaman Bank Kustodian

    Di Indonesia, Deutsche Bank AG, cabang Jakarta telah memberikan pelayanan kustodian sejak tahun 1994 dan Fund Services sejak tahun 1996. Deutsche Bank AG, Cabang Jakarta adalah Fund Services terbesar saat ini yang memberikan pelayanan untuk Reksa Dana Terbuka.

    4.3. Pihak yang Terafiliasi dengan Bank Kustodian.

    Pihak yang terafiliasi dengan Deutsche Bank AG, Jakarta Branch (Bank Kustodian) adalah PT. Deutsche Securities Indonesia.

  • PANIN DANA MAKSIMA

    11

    V. TUJUAN DAN KEBIJAKAN INVESTASI 5.1. Tujuan dan Kebijakan Investasi

    PANIN DANA MAKSIMA bertujuan untuk mencapai apresiasi investasi jangka panjang yang optimal melalui penempatan dana dalam bentuk efek ekuitas dan instrumen pasar uang, PANIN DANA MAKSIMA memiliki komposisi portofolio yang terdiri dari minimum 50% dan maksimum 95% dengan target 70% dalam bentuk efek ekuitas yang tercatat di Bursa Efek di Indonesia. Untuk menjaga likuiditas, sisa dana akan diinvestasikan dalam bentuk instrumen pasar uang. Bagian terbesar dari portofolio saham akan diinvestasikan pada efek ekuitas yang dinilai rendah (undervalue) dibandingkan dengan kondisi fundamentalnya, untuk menghasilkan apresiasi modal jangka panjang yang optimal. Sedangkan investasi pada efek ekuitas lainnya dilakukan untuk jangka waktu yang lebih pendek dan dengan mempertimbangkan faktor makro ekonomi dan analisa pasar. Penempatan sebagian portofolio pada instrumen pasar uang dilakukan bila Manajer Investasi menilai bahwa investasi dalam bentuk efek ekuitas pada saat itu tidak memberikan laba yang memadai untuk tingkat Risiko yang ada, dan juga untuk mengantisipasi kemungkinan penjualan kembali Unit Penyertaan (redemption). Dalam melakukan proses investasi dan pengambilan keputusan, Manajer Investasi melakukan analisa efek ekuitas per efek ekuitas secara keseluruhan (bottom-up approach) untuk memilih efek ekuitas yang dinilai rendah sebagai inti dari investasi (core holding). Sedangkan analisa makro ekonomi dan analisa pasar digunakan sebagai dasar pertimbangan bagi Manajer Investasi untuk menentukan besaran alokasi investasi dalam portofolio efek ekuitas.

    5.2. Pembatasan Investasi

    Sesuai dengan Peraturan BAPEPAM Nomer IV.B.1, mengenai Pedoman Pengelolaan Reksa Dana berbentuk KIK dalam melakukan pengelolaan investasi, Manajer Investasi tidak diperbolehkan untuk melakukan tindakan-tindakan sebagai berikut:

    a. membeli Efek yang diperdagangkan di Bursa Efek luar negeri yang informasinya tidak dapat

    diakses melalui media massa atau fasilitas internet yang tersedia; b. membeli Efek yang diperdagangkan di Bursa Efek luar negeri yang informasinya dapat

    diakses melalui media massa atau fasilitas internet yang tersedia lebih dari 15% (lima belas per seratus) dari Nilai Aktiva Bersih;

    c. melakukan transaksi lindung nilai atas pembelian Efek yang diperdagangkan di Bursa Efek luar negeri lebih besar dari nilai Efek yang dibeli;

    d. membeli Efek Bersifat Ekuitas yang diterbitkan oleh perusahaan yang telah mencatatkan Efeknya pada Bursa Efek di Indonesia lebih dari 5% (lima per seratus) dari modal disetor perusahaan dimaksud;

    e. membeli Efek yang diterbitkan oleh suatu perusahaan lebih dari 10% (sepuluh per seratus) dari Nilai Aktiva Bersih Reksa Dana pada setiap saat. Pembatasan ini termasuk pemilikan surat berharga yang dikeluarkan oleh bank-bank tetapi tidak termasuk Sertifikat Bank Indonesia dan obligasi yang diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia;

    f. menjual Unit Penyertaan kepada setiap pemodal lebih dari 2% (dua per seratus) dari jumlah Unit Penyertaan yang ditetapkan dalam kontrak, kecuali : 1. bagi Manajer Investasi, semata-mata untuk kepentingan sendiri dan bukan untuk

    kepentingan Pihak lain. Pembelian tersebut guna menjamin pembayaran atas penjualan kembali Unit Penyertaan oleh pemegang Unit Penyertaan; dan

    2. kelebihan pemilikan Unit Penyertaan tersebut yang dimiliki oleh pemegang Unit Penyertaan yang berasal dari penanaman kembali pembagian keuntungan.

    g. membeli Efek Beragun Aset lebih dari 10% (sepuluh per seratus) dari Nilai Aktiva Bersih Reksa Dana dengan ketentuan bahwa setiap jenis Efek Beragun Aset tidak lebih dari 5% (lima per seratus) dari Nilai Aktiva Bersih Reksa Dana;

    h. membeli Efek yang tidak melalui Penawaran Umum dan atau tidak dicatatkan pada Bursa Efek di Indonesia, kecuali Efek pasar uang, Obligasi yang diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia;

    i. membeli Efek yang diterbitkan oleh pihak yang terafiliasi baik dengan Manajer Investasi maupun pemegang Unit Penyertaan lebih dari 20% (dua puluh per seratus) dari Nilai Aktiva Bersih, kecuali hubungan afiliasi yang terjadi karena penyertaan modal pemerintah;

    j. menempatkan dana investasi dalam kas atau setara kas kurang dari 2% (dua per seratus) dari Nilai Aktiva Bersih Reksa Dana;

    k. terlibat dalam kegiatan selain dari investasi, investasi kembali, atau perdagangan Efek; l. terlibat dalam penjualan Efek yang belum dimiliki (short sale); m. terlibat dalam pembelian Efek secara margin; n. melakukan emisi obligasi atau sekuritas kredit; o. terlibat dalam berbagai bentuk pinjaman, kecuali pinjaman jangka pendek yang berkaitan

    dengan penyelesaian transaksi dan pinjaman tersebut tidak lebih dari 10% (sepuluh per seratus) dari nilai portofolio Reksa Dana pada saat pembelian;

  • PANIN DANA MAKSIMA

    12

    p. membeli Efek yang sedang ditawarkan dalam Penawaran Umum dimana Manajer Investasi bertindak sebagai Pemjamin Emisi dari Efek dimaksud;

    q. terlibat dalam transaksi bersama atau kontrak bagi hasil dengan Manajer Invesasi atau pihak afiliasinya;

    r. membeli Efek Beragun Aset dimana Manajer Investasinya sama dengan Manajer Investasi Reksa Dana dan atau terafiliasi dengan Kreditur Awal Efek Beragun Aset tersebut; atau

    s. membeli Efek Beragun Aset yang tidak tercatat di Bursa Efek.

    Dalam hal Manajer Investasi bermaksud membeli Efek yang diperdagangkan di Bursa Efek luar negeri, pelaksanaan pembelian Efek tersebut baru dapat dilaksanakan setelah tercapainya kesepakatan mengenai tata cara pembelian, penjualan, penyimpanan, pencatatan dan hal-hal lain sehubungan dengan pembelian Efek tersebut antara Manajer Investasi dan Bank Kustodian.

    5.4. Kebijakan Pembagian Hasil Investasi

    Setiap hasil investasi yang diperoleh PANIN DANA MAKSIMA tidak akan dibagikan secara tunai tetapi akan diinvestasikan kmbali, sehingga akan meningkatkan Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan.

    VI. METODE PERHITUNGAN NILAI PASAR WAJAR DARI EFEK DALAM PORTOFOLIO PANIN DANA MAKSIMA

    Metode Perhitungan Nilai Pasar Wajar dari Efek dalam Portofolio Reksa Dana adalah mengacu kepada peraturan Nomor IV.C.2 tentang Nlai Pasar Wajar dari Efek Dalam Portofolio Reksa Dana, dalam peraturan ini yang dimaksud:

    Penentuan Nilai Pasar Wajar dari Efek dalam portofolio Reksa Dana wajib ditentukan dan

    disampaikan oleh Manajer Investasi kepada Bank Kustodian. Dalam hal harga perdagangan terakhir Efek di Bursa Efek tidak mencerminkan Nilai Pasar

    Wajar pada saat itu, Manajer Investasi wajib menentukan Nilai Pasar Wajar dari Efek dengan itikat baik dan penuh tanggung jawab, dengan mempertimbangkan harga perdagangan sebelumnya atau harga perbandingan Efek sejenis.

    Penentuan Nilai Pasar Wajar dari Efek yang diperdagangkan di luar Bursa Efek (over the counter) menggunakan harga referensi sebagai berikut; 1) Surat Utang Negara menggunakan informasi harga yang dikeluarkan oleh

    Penyelenggara Perdagangan Surat Utang Negara di luar Bursa Efek. 2) Obligasi perusahaan menggunakan informasi harga yang tersedia dalam sistem yang

    ditetapkan oleh Bapepam sebagaimana yang dimaksud dalam Peraturan Bapepam Nomor X.D.I tentang laporan Reksa Dana.

    Penentuan Nilai Pasar Wajar dari Efek dari Perusahaan yang dinyatakan pailit atau kemungkinan besar akan pailit, atau gagal membayar pokok utang atau bunga dari Efek tersebut, wajib berdasarkan itikad baik dan penuh tanggung jawab oleh Manajer Investasi dengan menggunakan asas konservatif dan diterapkan secara konsisten.

  • PANIN DANA MAKSIMA

    13

    VII. PERPAJAKAN

    Berdasarkan Peraturan Perpajakan yang berlaku, penerapan Pajak Penghasilan (PPh) atas pendapat Reksa Dana yang berbentuk Kontrak Investasi Kolektif, adalah sebagai berikut:

    No Uraian Perlakuan Pph Dasar Hukum A.

    B.

    Penghasilan Reksa Dana yang berasal dari: a. Pembagian uang tunai

    (dividen) b. Bunga obligasi c. Capital gain / diskonto obligasi d. Bunga deposito dan diskonto

    sertifikat Bank Indonesia e. Capital gain saham di bursa f. Commercial Paper dan surat utang lainnya Bagian laba termasuk pelunasan kembali (redemption) Unit Penyertaan yang diterima pemegang unit

    PPh tarif umum Bukan obyek PPh* Bukan obyek PPh PPh final (20%) PPh final (0,1%) PPh tarif umum Bukan obyek PPh

    Pasal 4 (1) UU Pph Pasal 4 (3) huruf j UU Pph jo. 5 PP No.6 th 2002 jo. Psl 4 Kep Menkeu RI No.121/KMK.03/2002 Psl 5 PP No.6 th 2002 jo. Psl 4 Kep. MenKeu RI No.121/KMK.03/2002 Psl 2 PP No. 131 th 2000 jo. Psl 3 Kep MnKeu RI No.51/KMK.04/2001 PP No.41 tahun 1994 jo. Psl 1 PP No.14 th 1997 Pasal 4 (1) UU Pph Pasal 4 (3) huruf I UU Pph

    *Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.6 tahun 2002 dan peraturan pelaksananya, bunga dan diskonto obligasi yang diperdaganggakan dan atau dilaporkan perdagangannya di Bursa Efek yang diterima Reksa Dana yang terdaftar pada BAPEPAM tidak dikenakan pemotongan pajak selama 5 (lima) tahun pertama sejak pernyataan efektif dari BAPEPAM diperoleh.

    Informasi perpajakan tersebut di atas dibuat oleh Manajer Investasi berdasarkan pengetahuan dan pengertian dari Manajer Investasi atas peraturan perpajakan yang ada sampai dengan Prospektus ini dibuat. Apabila di kemudian hari terdapat perbedaan interprestasi atas Peraturan Perpajakan yang berlaku maka Manajer Investasi akan menyesuaikan informasi perpajakan di atas. Bagi pemodal asing disarankan untuk berkonsultasi dengan penasehat perpajakan mengenai perlakuan pajak investasi sebelum membeli Unit Penyertaan. Dalam hal terdapat pajak yang harus dibayar oleh pemodal sesuai peraturan perundang-undangan dibidang perpajakan yang berlaku, pemberitahuan kepada pemodal tentang pajak yang harus dibayar tersebut akan dilakukan dengan mengirimkan surat tercatat kepada pemodal segera setelah Manajer Investasi mengetahui adanya pajak tersebut yang harus dibayar oleh pemodal.

  • PANIN DANA MAKSIMA

    14

    VIII. MANFAAT INVESTASI DAN FAKTOR-FAKTOR RISIKO YANG UTAMA

    Pemegang Unit Penyertaan PANIN DANA MAKSIMA dapat memperoleh manfaat investasi sebagai berikut:

    a. Diversifikasi Investasi - dengan dukungan dana yang cukup besar, PANIN DANA MAKSIMA

    menjanjikan diversifikasi portofolio investasi yang akan memperkecil risiko yang timbul. b. Pengelolaan yang profesional - PANIN DANA MAKSIMA dikelola dan dimonitor setiap hari

    oleh para manajer profesional yang berpengalaman di bidang manajemen investasi di Indonesia, sehingga pemodal tidak lagi perlu melakukan riset, analisa pasar dan berbagai pekerjaan administrasi yang berhubungan dengan pengambilan keputusan investasi.

    c. Unit Penyertaan mudah dijual kembali - setiap penjualan kembali oleh Pemegang Unit Penyertaan wajib dibeli kembali oleh Manajer Investasi.

    d. Pembagian laba kepada pemodal tidak dikenakan pajak - setiap pembagian laba, termasuk pembayaran atas penjualan kembali Unit Penyertaan tidak dikenakan pajak.

    Sedangkan risiko investasi dalam PANIN DANA MAKSIMA dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain:

    a. Risiko Perubahan Kondisi Ekonomi dan Politik Perubahan kondisi perekonomian dan politik di luar negeri dapat mempengaruhi politik

    Indonesia dan perekonomian dan yang bersifat terbuka. b. Risiko Berkurangnya Nilai Unit Penyertaan Investasi pada instrumen berpendapatan tetap berdasarkan pada turun naiknya harga yang

    akan mempengaruhi nilai dari Unit Penyertaan di dalam Reksa Dana. c. Risiko Likuiditas Dalam situasi tertentu, jika pemegang Unit Penyertaan secara bersama-sama melakukan

    penjualan kembali kepada Manajer Investasi, dan Manajer Investasi tidak memiliki cukup dana untuk membeli kembali Unit Penyertaan.

    d. Risiko Wanprestasi Risiko ini dapat terjadi apabila emiten lalai atau gagal memenuhi kewajiban membayar

    pokok dan bunga dari efek utang pada waktu yang telah ditetapkan.

  • PANIN DANA MAKSIMA

    15

    IX. ALOKASI BIAYA DAN IMBALAN JASA

    Dalam pengelolaan PANIN DANA MAKSIMA terdapat biaya-biaya yang harus dikeluarkan oleh PANIN DANA MAKSIMA, Manajer Investasi maupun Pemegang Unit Penyertaan.

    9.1. Biaya yang menjadi beban PANIN DANA MAKSIMA:

    a. imbalan jasa Manajer Investasi sebesar 2% (dua persen) per tahun dari Nilai Aktiva Bersih, yang dihitung secara harian berdasarkan 365 hari per tahun dan dibayarkan setiap bulan.

    b. imbalan jasa Bank Kustodian : Kisaran PANIN DANA MAKSIMA

    0-100 Milyar >100-300 Milyar >300-500Milyar >500 Milyar

    0,25% p.a. dari nilai aset 0,22% p.a. dari nilai aset 0,20% p.a. dari nilai aset 0,17% p.a. dari nilai aset

    yang dihitung secara harian berdasarkan 365 hari per tahun dan dibayarkan setiap bulan.

    c. biaya transaksi (termasuk pajak) dan registrasi efek. d. imbalan jasa Akuntan Publik, Konsultan Hukum dan Notaris setelah PANIN DANA

    MAKSIMA beroperasi. e. Pembayaran pajak yang berkenaan dengan hal-hal tersebut di atas.

    9.2. Biaya yang menjadi beban Manajer Investasi:

    a. biaya persiapan pembentukan PANIN DANA MAKSIMA, termasuk biaya pembuatan Kontrak Investasi Kolektif dan penerbitan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, termasuk imbalan jasa Akuntan Publik, Konsultan Hukum dan Notaris.

    b. biaya administrasi pengelolaan portofolio. c. biaya pemasaran. d. biaya percetakan dan distribusi Formulir Pembelian Unit Penyertaan, Surat Konfirmasi dan

    Formulir Penjualan Kembali Unit Penyertaan, Prospektus, Laporan Keuangan Tahunan dan Tengah tahunan.

    9.3. Biaya yang menjadi beban Pemegang Unit Penyertaan:

    a. biaya penjualan Unit Penyertaan (selling fee) yang dikenakan pada saat calon pemegang Unit Penyertaan melakukan pembelian.

    b. biaya penjualan kembali Unit Penyertaan (redemption fee) yang dikenakan pada saat pemegang Unit Penyertaan menjual Unit Penyertaan dalam Reksa Dana.

    c. biaya pengalihan Unit Penyertaan (switching fee) yang dikenakan pada saat pemegang Unit Penyertaan mengalihkan Unit Penyertaannya di antara Reksa Dana yang dikelola oleh Manajer Investasi Panin Sekuritas.

    9.4. Alokasi Biaya

    Jenis Keterangan Dibebankan ke Reksa Dana Jasa Manajer Investasi Jasa Bank Kustodian

    2% p.a. dari nilai aset {0-100 Milyar 0,25%; >100-300 Milyar 0,22%; >300-500 Milyar 0,20%; >500 Milyar 0,17%} p.a. dari nilai aset

    Dibebankan kepada pemodal Biaya Penjualan Biaya Penjualan Kembali Biaya Pengalihan

    1% dari nilai transaksi {0-1 th 1%; >1-2 th 0,5%; >2 th 0%} dari nilai transaksi 0,5% dari nilai transaksi

  • PANIN DANA MAKSIMA

    16

    X. HAK-HAK PEMEGANG UNIT PENYERTAAN

    Dengan tunduk pada syarat-syarat sesuai tertulis dalam Kontrak Investasi Kolektif, setiap Pemegang Unit Penyertaan masing-masing PANIN DANA MAKSIMA mempunyai hak-hak sebagai berikut:

    a. Hak untuk memperoleh keuntungan berupa Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan yang

    akan bertambah nilainya dengan diinvestasikan kembali setiap keuntungan yang dibuat oleh PANIN DANA MAKSIMA;

    b. Menjual kembali sebagian atau seluruh Unit Penyertaan PANIN DANA MAKSIMA; c. Memperoleh bukti penyertaan dalam PANIN DANA MAKSIMA; d. Memperoleh informasi tentang Nilai Aktiva Bersih harian serta informasi penting lainnya

    yang berhubungan dengan PANIN DANA MAKSIMA; e. Hak untuk memperoleh laporan-laporan sebagaimana dimaksud dalam Peraturan

    BAPEPAM Nomor X.D.1; f. Dalam hal likuidasi, memperoleh hasilnya secara proporsional sesuai dengan jumlah

    kepemilikan Unit Penyertaan;

    Dalam hal PANIN DANA MAKSIMA dibubarkan dan dilikuidasi maka hasil likuidasi harus dibagi secara proposional menurut komposisi jumlah Unit Penyertaan yang dimiliki.

  • PANIN DANA MAKSIMA

    17

    XI. PEMBUBARAN DAN LIKUIDASI PANIN DANA MAKSIMA 11.1. PANIN DANA MAKSIMA dapat bubar dikarenakan hal-hal sebagai berikut:

    a. BAPEPAM dapat menginstruksikan, mengalihkan, membekukan dan membubarkan PANIN

    DANA MAKSIMA setiap saat apabila terjadi penyimpangan, untuk kepentingan Pemegang Unit Penyertaan.

    b. Apabila jumlah Nilai Aktiva Bersih PANIN DANA MAKSIMA di bawah 3.000.000 (tiga juta) Unit Penyertaan selama 90 hari berturut-turut, Manajer Investasi dapat membubarkan PANIN DANA MAKSIMA dengan persetujuan BAPEPAM.

    c. Manajer Investasi dan/atau Bank Kustodian mengundurkan diri, dan dalam waktu 60 (enam puluh) hari tidak diperoleh penggantinya, setelah mendapat persetujuan BAPEPAM.

    11.2. PANIN DANA MAKSIMA dapat dibubarkan tanpa perlu membubarkan Reksa Dana lainnya.

    11.3. Dalam hal PANIN DANA MAKSIMA dibubarkan, maka likuidasinya dilakukan oleh Manajer

    Investasi di bawah pengawasan akuntan publik yang disetujui BAPEPAM. Imbalan jasa Konsultan Hukum, Akuntan Publik, Notaris dan biaya lain kepada pihak ketiga menjadi tanggung jawab dan wajib dibayar oleh Manajer Investasi dan tidak boleh dibebankan pada kekayaan PANIN DANA MAKSIMA.

    11.4. Setelah dikurangi kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi, hasil dari likuidasi akan dibagi

    secara proporsional menurut komposisi jumlah Unit Penyertaan yang dimiliki oleh masing-masing Pemegang Unit Penyertaan. Manajer Investasi wajib mengumumkan rencana pembagian hasil likuidasi tersebut dalam 2 (dua) surat kabar harian berbahasa Indonesia yang bersirkulasi nasional.

    Pembagian hasil likuidasi akan dilakukan oleh Bank Kustodian dengan pemindahbukuan atau

    transfer kepada pemegang Unit Penyertaan atau ahli waris/pengganti haknya yang sah yang telah memberitahukan kepada Bank Kustodian nomor rekening banknya.

    Apabila dalam 10 (sepuluh) hari kerja sejak tanggal pembubaran PANIN DANA MAKSIMA masih terdapat Pemegang Unit Penyertaan yang tidak memberitahukan nomor rekening banknya atau mengambil pembagian hasil likuidasi, maka hasil likuidasi tersebut akan disimpan dalam suatu rekening giro yang menjadi tanggung jawab Manajer Investasi sampai Pemegang Unit Penyertaan yang bersangkutan memberikan instruksi secara jelas. Informasi yang lebih rinci mengenai pembubaran dan likuidasi dapat dibaca dalam Kontrak Investasi Kolektif (KIK) PANIN DANA MAKSIMA pada Manajer Investasi.

  • PANIN DANA MAKSIMA

    18

    XII. LAPORAN KEUANGAN

    dbs&d Doli, Bambang, Sudarmadji & Dadang Registered Public Accountants

  • PANIN DANA MAKSIMA

    19

  • REKSA DANA PANIN DANA MAKSIMALAPORAN ASET DAN KEWAJIBANPer 31 Desember 2009 dan 2008

    (Dalam Rupiah)

    Catatan 2009 2008

    ASET

    2c, 3

    Saham 550,773,849,005 278,284,938,576 Waran 230,599,240 11,895,930,165 Deposito berjangka 30,000,000,000 17,000,000,000

    Jumlah Portofolio Efek 581,004,448,245 307,180,868,741

    Kas 4 1,540,447,918 4,361,456,622

    Piutang 5 6,540,296 47,097,462

    Piutang pajak 2f,7b 1,529,296,495 446,979,704

    Jumlah Aset 584,080,732,954 312,036,402,529

    KEWAJIBAN

    Biaya yang masih harus dibayar 6 1,205,993,240 665,948,683

    Utang pajak 2f,7a 85,238,863 143,403,246

    Uang muka pemesanan unit penyertaan 8,505,000 10,605,000

    Utang lain-lain 8 235,860,320 3,666,723,046

    Jumlah Kewajiban 1,535,597,423 4,486,679,975

    ASET BERSIH 582,545,135,531 307,549,722,554

    Jumlah unit penyertaan yang beredar 2b,9 23,985,386.8880 28,294,856.2533

    Nilai aset bersih per unit penyertaan 24,287.50 10,869.46

    Catatan atas laporan keuangan terlampir merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari laporan keuangan secara keseluruhan

    Portofolio efek (Biaya perolehan sebesar Rp 472.900.973.773 dan Rp 455.199.999.054 pada 31 Desember 2009 dan 2008)

    20

  • REKSA DANA PANIN DANA MAKSIMALAPORAN OPERASIUntuk Tahun Yang Berakhir Pada Tanggal-tanggal 31 Desember 2009 dan 2008

    (Dalam Rupiah)

    Catatan 2009 2008

    PENDAPATAN INVESTASI

    Bunga 2d,10 1,524,228,960 1,307,893,803 Dividen 2d,10 8,876,859,029 12,843,867,389

    Jumlah Pendapatan Investasi 10,401,087,989 14,151,761,192

    BEBAN INVESTASIPengelolaan investasi 2d, 11 9,029,451,632 8,672,930,077 Kustodian 2d, 12 986,432,578 955,245,095 Lain-lain 2d, 13 1,076,884,728 1,043,709,610

    Jumlah Beban Investasi 11,092,768,938 10,671,884,782

    PENDAPATAN INVESTASI BERSIH (691,680,949) 3,479,876,410

    KEUNTUNGAN (KERUGIAN) INVESTASI YANG TELAHDAN BELUM DIREALISASI

    Keuntungan (kerugian) investasi yang telah direalisasi 2d,14 87,801,332,450 20,712,049,584 Keuntungan (kerugian) investasi yang belum direalisasi 2d,15 256,122,604,784 (204,861,209,286)

    Jumlah Keuntungan (Kerugian) Investasi Bersih 343,923,937,234 (184,149,159,702)

    KENAIKAN (PENURUNAN) ASET BERSIH DARI AKTIVITASOPERASI SEBELUM PAJAK PENGHASILAN 343,232,256,285 (180,669,283,292)

    Pajak penghasilan 2f,7c (1,569,528,233) (3,172,476,261)

    KENAIKAN (PENURUNAN) ASET BERSIH DARI AKTIVITAS OPERASI 341,662,728,052 (183,841,759,553)

    Catatan atas laporan keuangan terlampir merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari laporan keuangan secara keseluruhan

    21

  • REKSA DANA PANIN DANA MAKSIMALAPORAN PERUBAHAN ASET BERSIHUntuk Tahun Yang Berakhir Pada Tanggal-tanggal 31 Desember 2009 dan 2008

    (Dalam Rupiah)

    2009 2008

    KENAIKAN (PENURUNAN) ASET BERSIH DARI AKTIVITAS OPERASI

    Pendapatan investasi - bersih (691,680,949) 3,479,876,410 Keuntungan investasi yang telah direalisasi 87,801,332,450 20,712,049,584 Keuntungan (kerugian) investasi yang belum direalisasi 256,122,604,784 (204,861,209,286) Pajak penghasilan (1,569,528,233) (3,172,476,261)

    Jumlah Kenaikan (Penurunan) Aset Bersih Dari Aktivitas Operasi 341,662,728,052 (183,841,759,553)

    TRANSAKSI DENGAN PEMEGANG UNIT PENYERTAANPenjualan unit penyertaan 182,676,825,304 45,470,106,522 Perolehan kembali unit penyertaan (249,344,140,379) (161,654,187,069)

    Jumlah Transaksi Dengan Pemegang Unit Penyertaan (66,667,315,075) (116,184,080,547)

    JUMLAH KENAIKAN (PENURUNAN) ASET BERSIH 274,995,412,977 (300,025,840,100)

    ASET BERSIH PADA AWAL PERIODE 307,549,722,554 607,575,562,654

    ASET BERSIH PADA AKHIR PERIODE 582,545,135,531 307,549,722,554

    Catatan atas laporan keuangan terlampir merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari laporan keuangan secara keseluruhan

    22

  • REKSA DANA PANIN DANA MAKSIMACATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN Untuk Tahun Yang Berakhir Pada Tanggal-tanggal 31 Desember 2009 dan 2008

    (Dalam Rupiah)

    1. Umum

    2. Ikhtisar Kebijakan Akuntansi

    a. Penyajian Laporan Keuangan

    b. Nilai Aset Bersih Reksa Dana

    2. Ikhtisar Kebijakan Akuntansi-lanjutan

    c. Investasi

    Laporan keuangan disajikan sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 49 tentang "Akuntansi ReksaDana" serta prinsip dan praktek akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.

    Transaksi efek-efek dan deposito berjangka dicatat pada tanggal terjadinya transaksi. Investasi dalam saham dinyatakansebesar nilai pasar wajar yaitu harga terakhir saham yang diperdagangkan di bursa efek di Indonesia pada akhir hari bursayang bersangkutan. Investasi dalam saham yang perdagangannya tidak liquid atau harga pasar yang tersedia tidak dapatdiandalkan, maka harga saham tersebut dinilai berdasarkan nilai wajar yang ditentukan oleh manajer investasi.

    Reksa Dana Panin Dana Maksima (Reksa Dana) adalah Reksa Dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif bersifat terbukaberdasarkan Undang-Undang Pasar Modal No. 8 tahun 1995 dan Surat Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal danLembaga Keuangan No.Kep-427/BL/2007 tanggal 19 Desember 2007 dan diubah dengan KEP-176/BL/2008 tanggal 14 Mei2008 tentang Pedoman Pengelolaan Reksa Dana Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif.

    Kontrak Investasi Kolektif Reksa Dana antara PT. Panin Sekuritas Tbk sebagai Manajer Investasi dan Deutsche Bank AGsebagai Bank Kustodian yang dituangkan dalam Akta No. 1 tanggal 1 Oktober 1998, yang dibuat dihadapan Eka PatriyandiSyafi'i, SH., (kandidat notaris) sebagai pengganti Mudofir Hadi, S.H., notaris di Jakarta, selanjutnya diubah dengan Akta No.42 tanggal 23 Desember 2005 dihadapan Fathiah Helmi SH., Notaris di Jakarta dan terakhir dengan Akta No. 12 tanggal 16Januari 2009 dihadapan Ny. Poerbaningsih Adi Warsito SH, Notaris di Jakarta. Dalam penyajian kontrak investasi kolektifdijelaskan tugas dan kewajiban bank kustodian sebagai tempat penitipan harta, administrasi keuangan dan agen pembayaran.

    Sesuai dengan pasal 4 dan 6 Kontrak Investasi Kolektif Reksa Dana, tujuan Reksa Dana adalah untuk memperolehpertumbuhan nilai investasi jangka panjang yang optimal melalui penempatan dana terutama dalam bentuk efek ekuitas dandalam bentuk instrumen pasar uang. Reksa Dana mempunyai alokasi portofolio efek dalam bentuk efek ekuitas maksimum95% ( sembilan puluh lima persen) dan minimum 50% (lima puluh persen) dengan target 70% (tujuh puluh persen) danminimum 2% (dua persen) dam kas atau setara kas, serta sisanya akan diinvestasikan dalam bentuk instrumen pasar uang yangmempunyai jatuh tempo kurang 1 (satu) tahun, meliputi Sertifikasi Bank Indonesia (SBI). surat Berharga Komersial(Commercial pasar) yang telah memperoleh peringkat dari lembaga pemeringkat efek yang telah disetujui oleh BadanPengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan

    Administrasi Reksa Dana dilaksanakan Bank Kustodian yang beralamat di Deutsche Bank Building lantai 4, Jalan ImamBonjol No. 80, Jakarta Pusat.

    Mata uang pelaporan yang digunakan untuk penyusunan laporan keuangan adalah mata uang Rupiah (Rp).

    Tahun buku Reksa Dana adalah 1 Januari sampai dengan 31 Desember. Laporan operasi dan laporan perubahan aset bersihterlampir disajikan untuk menggambarkan transaksi-transaksi yang terjadi untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31Desember 2009 dan 2008.

    Nilai aset bersih per unit penyertaan dihitung berdasarkan nilai aset bersih pada akhir hari kerja dibagi dengan jumlah unitpenyertaan yang beredar pada saat yang sama.

    Perbedaan antara nilai pembelian dan nilai pasar wajar saham dicatat sebagai keuntungan atau kerugian yang belum

    23

  • REKSA DANA PANIN DANA MAKSIMACATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN Untuk Tahun Yang Berakhir Pada Tanggal-tanggal 31 Desember 2009 dan 2008

    (Dalam Rupiah)

    d. Pengakuan Pendapatan dan Beban

    e. Transaksi Hubungan Istimewa

    Pihak-pihak yang mempunyai hubungan istimewa adalah:

    1)

    2) perusahaan asosiasi;

    3)

    4)

    2. Ikhtisar Kebijakan Akuntansi-lanjutan

    e. Transaksi Hubungan Istimewa

    5)

    f. Pajak Penghasilan

    Semua transaksi dengan pihak-pihak yang mempunyai hubungan istimewa, baik yang dilakukan dengan atau tidak dengantingkat bunga atau harga, persyaratan dan kondisi yang sama sebagaimana dilakukan dengan pihak ketiga, diungkapkandalam laporan keuangan.

    perorangan yang memiliki, baik secara langsung maupun tidak langsung, suatu kepentingan hak suara di entitas yangberpengaruh secara signifikan, dan anggota keluarga dekat dari perorangan tersebut (yang dimaksud dengan anggotakeluarga dekat adalah mereka yang dapat diharapkan mempengaruhi atau dipengaruhi perorangan tersebut dalamtransaksinya dengan entitas);

    perusahaan di mana suatu kepentingan substansial dalam hak suara dimiliki baik secara langsung maupun tidaklangsung oleh setiap orang yang diuraikan dalam butir (3) atau (4), atau setiap orang tersebut mempunyai pengaruhsignifikan atas perusahaan tersebut. Ini mencakup perusahaan-perusahaan yang dimiliki anggota dewan komisaris,direksi dan pemegang saham utama dari entitas dan perusahaan-perusahaan yang mempunyai anggota manajemenkunci yang sama dengan entitas.

    perusahaan yang melalui satu atau lebih perantara, mengendalikan, atau dikendalikan oleh, atau berada di bawahpengendalian bersama, dengan entitas;

    karyawan kunci yaitu orang-orang yang mempunyai wewenang dan tanggung jawab untuk merencanakan, memimpindan mengendalikan kegiatan entitas;

    Reksa Dana berbentuk kontrak investasi kolektif adalah subyek pajak yang diperlakukan sebagai persekutuan kongsi ataufirma. Obyek pajak penghasilan Reksa Dana diatur dalam Surat Edaran Direktorat Jenderal Pajak No. SE-18/PJ.42/1996yang dikeluarkan tanggal 30 April 1996 tentang Pajak Penghasilan atas usaha Reksa Dana. Obyek pajak penghasilanterbatas hanya pada penghasilan yang diterima oleh Reksa Dana, sedangkan pembelian kembali (pelunasan) unitpenyertaan dan pembagian laba (pembagian uang tunai) yang dibayarkan Reksa Dana kepada pemegang unit penyertaanbukan merupakan obyek pajak penghasilan.

    Pendapatan deposito berjangka dan jasa giro diakui secara harian. Pendapatan dividen diakui pada tanggal ex (ex-dividenddate).

    Keuntungan (kerugian) yang belum direalisasi akibat kenaikan atau penurunan harga pasar dan keuntungan (kerugian)investasi yang telah direalisasi dilaporkan dalam laporan operasi dan laporan perubahan aktiva bersih periode berjalan.Keuntungan (kerugian) atas penjualan portofolio efek dihitung dengan menggunakan metode rata-rata tertimbang.

    Beban yang berhubungan dengan pengelolaan investasi diakui secara akrual dan dihitung secara harian.

    direalisasikan atas investasi. Keuntungan atau kerugian yang telah direalisasikan merupakan perbedaan antara hargapenjualan bersih dan harga perolehan, termasuk biaya transaksi efek diakui pada saat terjadi penjualan efek. Harga pokokpenjualan efek ditetapkan dengan menggunakan metode rata-rata.

    Investasi dalam deposito berjangka dinyatakan sebesar nilai penempatannya.

    24

  • REKSA DANA PANIN DANA MAKSIMACATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN Untuk Tahun Yang Berakhir Pada Tanggal-tanggal 31 Desember 2009 dan 2008

    (Dalam Rupiah)

    3. Portofolio Efek

    Portofolio Efek terdiri dari :

    Harga Pasar/ PersentaseJumlah efek/ Harga Nilai Wajar/ Terhadap Jumlah

    Jenis Efek Nilai Nominal Perolehan Nilai Nominal Portofolio efek

    Saham

    PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk 281,500 1,250,309,390 1,928,275,000 0.33%PT Aneka Kimia Raya Tbk 5,190,500 3,826,104,439 6,072,885,000 1.05%PT Asahimas Flat Glass Tbk 178,000 275,060,232 329,300,000 0.06%PT Astra International Tbk 82,000 2,565,203,197 2,845,400,000 0.49%PT Astra Otoparts Tbk 841,000 2,724,637,214 4,835,750,000 0.83%PT Bank Bukopin Tbk 91,520,000 40,275,403,476 34,320,000,000 5.91%PT Bank Bumi Arta Tbk 125,000 46,408,638 16,625,000 0.00%PT Bank Danamon Indonesia Tbk 3,918,965 18,402,657,406 17,831,290,750 3.07%PT Bank Mandiri Tbk 5,359,500 16,734,090,665 25,189,650,000 4.34%PT Bank Negara Indonesia Tbk 15,309,000 18,349,207,974 30,311,820,000 5.22%PT Bank Niaga Tbk 22,963,000 16,425,130,631 16,303,730,000 2.81%PT Bank Permata Tbk 300 230,432 240,000 0.00%PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk 1,734,000 1,401,072,000 1,456,560,000 0.25%PT Bank Victoria International Tbk 500,000 58,115,321 69,000,000 0.01%PT Barito Pacific Timber Tbk 1,250,000 2,578,314,679 1,662,500,000 0.29%PT Berlian Laju Tanker Tbk 250,000 220,754,600 162,500,000 0.03%PT BFI Finance Indonesia Tbk 852,500 1,090,158,739.00 1,321,375,000 0.23%PT Ciputra Development Tbk 5,603,000 2,628,356,869 2,717,455,000 0.47%PT Ciputra Property Tbk 55,200,000 12,220,000,494 13,524,000,000 2.33%PT Ciputra Surya Tbk 1,930,500 296,833,157 984,555,000 0.17%PT Delta Djakarta Tbk 89,000 718,751,156 5,518,000,000 0.95%PT Duta Pertiwi Tbk 2,390,000 2,614,145,869 1,625,200,000 0.28%PT Enseval Putera Megatrading Tbk 1,000,000 592,023,700 800,000,000 0.14%

    2009

    p y p j p g

    Beban pajak kini ditentukan berdasarkan kenaikan aset bersih dari aktivitas operasi kena pajak dalam tahun yangbersangkutan yang dihitung berdasarkan tarif pajak yang berlaku.

    Aset dan kewajiban pajak tangguhan diakui atas konsekuensi pajak periode mendatang yang timbul dari perbedaan jumlahtercatat aset dan kewajiban menurut laporan keuangan dengan dasar pengenaan pajak aktiva dan kewajiban. Kewajibanpajak tangguhan diakui untuk semua perbedaan temporer kena pajak dan aset pajak tangguhan diakui untuk perbedaantemporer yang boleh dikurangkan, sepanjang besar kemungkinan dapat dimanfaatkan untuk mengurangi laba kena pajakpada masa datang.

    Pajak tangguhan diukur dengan menggunakan tarif pajak yang berlaku atau secara substansial telah berlaku pada tanggallaporan aset dan kewajiban. Pajak tangguhan dibebankan atau dikreditkan dalam laporan operasi.

    Aset dan kewajiban pajak tangguhan disajikan di dalam laporan aset dan kewajiban atas dasar kompensasi sesuai denganpenyajian aset dan kewajiban pajak kini.

    Penghasilan utama Reksa Dana, kecuali keuntungan atau kerugian atas portofolio obligasi, merupakan obyek pajak finaldan/atau bukan merupakan obyek pajak penghasilan, sehingga Reksa Dana tidak mengakui aset dan kewajiban pajaktangguhan dari perbedaan temporer jumlah tercatat aset dan kewajiban menurut laporan keuangan dengan dasar pengenaanpajak aset dan kewajiban yang berhubungan dengan penghasilan tersebut.

    Pada tangggal 9 Februari 2009, Pemerintah mengeluarkan PP No.16/2009 tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilanberupa Bunga Obligasi. Peraturan tersebut antara lain mengatur besaran tarif pajak penghasilan final atas bunga dandiskonto obligasi yang diterima oleh Reka Dana yang terdaftar pada Badan Pengawas Pasar Modal dan LembagaKeuangan, yakni 0% untuk tahun 2009 sampai dengan tahun 2010, 5% untuk tahun 2011 sampai dengan 2013, dan 15%untuk tahun 2014 dan seterusnya.

    25

  • REKSA DANA PANIN DANA MAKSIMACATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN Untuk Tahun Yang Berakhir Pada Tanggal-tanggal 31 Desember 2009 dan 2008

    (Dalam Rupiah)

    PT Evershine Textile Tbk 206,000 40,615,833 10,506,000 0.00%PT Exelcomindo PratamaTbk 100,000 208,211,725 193,000,000 0.03%PT Gajah Tunggal Tbk 73,652,050 28,522,669,154 31,302,121,250 5.39%PT Gudang Garam Tbk 2,663,000 17,068,515,237 57,387,650,000 9.88%PT H.M Sampoerna Tbk 2,029,000 18,156,838,913 21,101,600,000 3.63%PT Holcim Indonesia Tbk 73,000 42,000,256 113,150,000 0.02%PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk 3,243,050 4,524,615,889 5,642,907,000 0.97%PT Indofood Sukses Makmur Tbk 1,877,500 2,096,874,709 6,665,125,000 1.15%PT Indorama Sintetis Tbk 17,480,500 10,388,711,851 8,215,835,000 1.41%PT Intan Wijaya Chemical Industry Tbk 2,460 739,404 482,160 0.00%PT Jakarta International Hotel and Development Tbk 3,954,500 2,460,216,805 2,412,245,000 0.42%PT Jasa Marga (Persero) Tbk 10,786,500 17,228,816,237 19,523,565,000 3.36%PT Jaya Real Property Tbk 6,884,500 5,703,203,635 5,507,600,000 0.95%PT Kalbe Farma Tbk 25,927,500 23,142,797,832 33,705,750,000 5.80%

    Jumlah Dipindahkan 365,447,325 274,877,797,758 361,607,647,160 62.24%3. Portofolio Efek-lanjutan

    Harga Pasar/ PersentaseJumlah efek/ Harga Nilai Wajar/ Terhadap Jumlah

    Jenis Efek Nilai Nominal Perolehan Nilai Nominal Portofolio efek

    Jumlah Pindahan 365,447,325 274,877,797,758 361,607,647,160 62.24%

    Saham

    PT Kawasan Industri Jababeka Tbk 82,615,000 6,431,011,380 9,831,185,000 1.69%PT Lautan Luas Tbk 8,296,000 7,193,188,303 6,222,000,000 1.07%PT Mandala Multifinance Tbk 887,000 146,810,840 217,315,000 0.04%PT Mandom Tancho Tbk 562,844 2,791,496,583 4,559,036,400 0.78%PT Matahari Putra Prima Tbk 2,340,000 1,768,846,404 2,059,200,000 0.35%PT Mayora Indah Tbk 624,000 1,120,441,939 2,808,000,000 0.48%PT Media Nusantara Citra Tbk 26,007,000 9,900,089,985 5,461,470,000 0.94%PT Metrodata Electronics Tbk 450,000 176,101,965 39,150,000 0.01%PT Mitra Adiperkasa Tbk 62,952,500 35,040,167,930 39,030,550,000 6.72%PT Mobile-8 Telecom Tbk 6,000,000 1,945,043,571 300,000,000 0.05%PT Modern International Tbk 105,000 55,642,461 25,200,000 0.00%PT Multi Indocitra Tbk 1,162,500 1,029,389,204 308,062,500 0.05%PT Multipolar Tbk 73,662,777 6,449,367,717 4,346,103,843 0.75%PT Panca Global Securities Tbk 950,000 135,686,457 137,750,000 0.02%PT Panin Insurance Tbk 17,382,500 5,235,368,346 4,432,537,500 0.76%PT Panin Life Tbk 141,345,000 13,787,605,120 19,788,300,000 3.41%PT Panin Sekuritas Tbk 29,941,760 9,638,193,863 15,270,297,600 2.63%PT Panin Bank Tbk 60,975,903 39,873,851,136 46,341,686,280 7.98%PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk 13,469,500 5,063,451,214 6,869,445,000 1.18%PT Polychem Indonesia Tbk 4,690,583 1,587,241,784 628,538,122 0.11%PT Samudera Indonesia Tbk 188,500 902,424,729 716,300,000 0.12%PT Semen Gresik Tbk 1,008,500 6,733,053,694 7,614,175,000 1.31%PT Sierad Produce Tbk 2,500,000 45,154,350 125,000,000 0.02%PT Summarecon Agung Tbk 9,583,766 3,040,555,418 5,750,259,600 0.99%PT Surya Semesta Internusa Tbk 2,294,000 2,424,001,003 642,320,000 0.11%PT Telekomunikasi IndonesiaTbk 75,000 648,188,750 708,750,000 0.12%PT Tempo Scan Pasific Tbk 5,170,000 3,008,558,281 3,774,100,000 0.65%PT Tira Austenite Tbk 5,000 10,059,000 8,700,000 0.00%PT Tunas Baru Lampung Tbk 3,375,500 1,543,922,142 1,147,670,000 0.20%PT United Tractor Tbk 200 737,479 3,100,000 0.00%Jumlah 924,067,658 442,603,448,807 550,773,849,005 94.80%

    Waran

    PT Bakrieland Development Tbk 71,950 6,994,351 3,237,750 0.00%PT Budi Acid Jaya Tbk 400,000 10,034,300 40,000,000 0.01%

    2009

    26

  • REKSA DANA PANIN DANA MAKSIMACATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN Untuk Tahun Yang Berakhir Pada Tanggal-tanggal 31 Desember 2009 dan 2008

    (Dalam Rupiah)

    PT Bukit Darmo Property Tbk 57,750 - 1,212,750 0.00%PT Matahari Putra Prima Tbk 2,000,000 279,706,114 108,000,000 0.02%PT Summarecon Agung Tbk 1,108,732 - 77,611,240 0.01%PT Tunas Baru Lampung Tbk 2,500 790,201 537,500 0.00%Jumlah 3,640,932 297,524,966 230,599,240 0.04%

    3. Portofolio Efek-lanjutan

    Tanggal Tk Harga Pasar/ PersentaseJatuh Bunga Jumlah efek/ Harga Nilai Wajar/ Terhadap Jumlah

    Jenis Efek Tempo % Nilai Nominal Perolehan Nilai Nominal Portofolio efek

    Deposito

    Deutsche Bank AG 4-Jan-10 4.00 10,000,000,000 10,000,000,000 10,000,000,000 1.72%PT Mega Bank Tbk 4-Jan-10 6.75 5,000,000,000 5,000,000,000 5,000,000,000 0.86%PT Bank Victoria International Tbk 5-Jan-10 6.00 10,000,000,000 10,000,000,000 10,000,000,000 1.72%PT Bank Victoria International Tbk 4-Jan-10 6.00 5,000,000,000 5,000,000,000 5,000,000,000 0.86%

    Jumlah 30,000,000,000 30,000,000,000 30,000,000,000 5.16%Jumlah Portofolio Efek 472,900,973,773 581,004,448,245 100%

    Harga Pasar/ PersentaseJumlah efek/ Harga Nilai Wajar/ Terhadap Jumlah

    Jenis Efek Nilai Nominal Perolehan Nilai Nominal Portofolio efek

    Saham

    PT Astra International Tbk 270,000 3,856,684,970 2,848,500,000 0.93%PT Astra Otoparts Tbk 841,000 2,724,637,214 2,943,500,000 0.96%PT United Tractor Tbk 200 737,479 880,000 0.00%PT Bank Bukopin Tbk 53,469,500 25,898,348,786 10,693,900,000 3.48%PT Bank Rakyat Indonesia Tbk 1,323,500 5,757,717,290 6,055,012,500 1.97%PT BFI Finance Indonesia Tbk 852,500 1,090,158,739 843,975,000 0.27%PT Bank Bumi Arta Tbk 125,000 46,408,638 7,500,000 0.00%PT Ciputra Property Tbk 56,890,000 11,520,775,037 7,338,810,000 2.39%PT Ciputra Development Tbk 4,479,500 1,412,025,713 824,228,000 0.27%PT Ciputra Surya Tbk 1,930,500 296,833,157 305,019,000 0.10%PT Bank Niaga Tbk 500,000 423,853,696 247,500,000 0.08%PT Bank Danamon Indonesia Tbk 5,020,000 19,032,216,871 15,562,000,000 5.07%PT Bank Negara Indonesia Tbk 39,575,000 45,807,310,117 26,911,000,000 8.76%PT Bank Permata Tbk 300 230,432 147,000 0.00%PT Bank Victoria International Tbk 500,000 58,115,321 46,500,000 0.02%PT Bank Mandiri Tbk 7,705,000 19,941,535,221 15,602,625,000 5.08%PT Barito Pacific Timber Tbk 1,250,000 2,578,314,679 750,000,000 0.24%PT Bumi Resources Tbk 990,000 933,464,572 900,900,000 0.29%PT Bakrieland Development Tbk 2,500,000 157,972,500 180,000,000 0.06%PT Bakrie Sumatera Plantation Tbk 14,500,000 3,339,364,424 3,770,000,000 1.23%PT Mandala Multifinance Tbk 887,000 146,810,840 100,231,000 0.03%PT Panca Global Securities Tbk 950,000 135,686,457 143,450,000 0.05%PT Paninbank Tbk 21,414,836 12,579,957,556 12,420,604,880 4.04%PT Panin Insurance Tbk 16,882,500 5,119,973,896 2,515,492,500 0.82%

    Jumlah dipindahkan 232,856,336 162,859,133,604 111,011,774,880 36.14%3. Portofolio Efek-lanjutan

    Harga Pasar/ PersentaseJumlah efek/ Harga Nilai Wajar/ Terhadap Jumlah

    2009

    2008

    2008

    27

  • REKSA DANA PANIN DANA MAKSIMACATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN Untuk Tahun Yang Berakhir Pada Tanggal-tanggal 31 Desember 2009 dan 2008

    (Dalam Rupiah)

    Jenis Efek Nilai Nominal Perolehan Nilai Nominal Portofolio efek

    Jumlah pindahan 232,856,336 162,859,133,604 111,011,774,880 36.14%

    Saham

    PT Panin Life Tbk 13,000,000 2,661,022,614 1,079,000,000 0.35%PT Intan Wijaya Chemical Industry Tbk 2,460 739,404 216,480 0.00%PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk 1,159,000 4,124,932,097 5,331,400,000 1.74%PT Holcim Indonesia Tbk 11,687,000 6,728,448,933 7,362,810,000 2.40%PT Aqua Golden Mississipi Tbk 4,000 61,909,874 508,000,000 0.17%PT Kalbe Farma Tbk 43,577,000 38,147,490,890 17,430,800,000 5.67%PT Multi Indocitra Tbk 1,032,500 1,006,031,863 175,525,000 0.06%PT Multipolar Tbk 17,777,777 2,045,927,538 888,888,850 0.29%PT Matahari Putra Prima Tbk 2,340,000 1,768,846,404 1,474,200,000 0.48%PT Metrodata Electronics Tbk 450,000 176,101,965 31,950,000 0.01%PT Mayora Indah Tbk 624,000 1,120,441,939 711,360,000 0.23%PT Tunas Baru Lampung Tbk 8,375,500 3,830,875,395 1,591,345,000 0.52%PT Tira Austenite Tbk 5,000 10,059,000 8,000,000 0.00%PT Delta Djakarta Tbk 101,000 815,661,424 2,020,000,000 0.66%PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk 16,381,550 18,541,461,053 12,122,347,000 3.95%PT Mobile-8 Telecom Tbk 6,000,000 1,945,043,571 300,000,000 0.10%PT Mitra Adiperkasa Tbk 34,742,500 27,796,864,687 12,507,300,000 4.07%PT Media Nusantara Citra Tbk 15,000,000 14,384,885,786 2,310,000,000 0.75%PT Petrosea Tbk 400 722,166 1,440,000 0.00%PT Polychem Indonesia Tbk 4,690,583 1,587,241,784 328,340,810 0.11%PT Gajah Tunggal Tbk 75,861,550 29,947,043,096 15,172,310,000 4.94%PT Panin Sekuritas Tbk 27,786,260 8,562,790,338 10,836,641,400 3.53%PT Samudera Indonesia Tbk 188,500 902,424,729 518,375,000 0.17%PT Semen Gresik Tbk 1,620,500 4,145,550,829 6,765,587,500 2.20%PT Sierad Produce Tbk 2,500,000 45,154,350 125,000,000 0.04%PT Mandom Indonesia Tbk 562,844 2,791,496,583 3,095,642,000 1.01%PT Tempo Scan Pasific Tbk 5,170,000 3,008,558,281 2,068,000,000 0.67%PT Duta Pertiwi Tbk 2,390,000 2,614,145,869 2,390,000,000 0.78%PT Jakarta International Hotel and Development Tbk 3,954,500 2,460,216,805 869,990,000 0.28%PT Jaya Real Property Tbk 6,884,500 5,703,203,635 3,442,250,000 1.12%PT Jasa Marga (Persero) Tbk 5,375,000 4,492,857,827 4,891,250,000 1.59%PT Kawasan Industri Jababeka Tbk 163,045,000 11,882,959,534 8,152,250,000 2.65%PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk 13,554,500 4,748,609,558 4,811,847,500 1.57%PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk 200,000 521,783,600 372,000,000 0.12%PT Summarecon Agung Tbk 40,878,266 13,031,883,491 6,785,792,156 2.21%PT Surya Semesta Internusa Tbk 2,294,000 2,424,001,003 963,480,000 0.31%

    Jumlah Dipindahkan 762,072,026 386,896,521,520 248,455,113,576 80.88%3. Portofolio Efek-lanjutan

    Harga Pasar/ PersentaseJumlah efek/ Harga Nilai Wajar/ Terhadap Jumlah

    Jenis Efek Nilai Nominal Perolehan Nilai Nominal Portofolio efek

    Jumlah pindahan 762,072,026 386,896,521,520 248,455,113,576 80.88%

    Saham

    PT Sampoerna Agro Tbk 750,000 867,966,950 892,500,000 0.29%PT Indorama Sintetis Tbk 17,332,000 10,321,657,641 8,666,000,000 2.82%PT Evershine Textile Tbk 206,000 40,615,833 10,300,000 0.00%PT Exelcomindo Pratama Tbk 100,000 208,211,725 95,000,000 0.03%PT Gudang Garam Tbk 3,012,500 14,838,509,619 12,803,125,000 4.17%PT H.M Sampoerna Tbk 905,500 7,586,305,914 7,334,550,000 2.39%

    2008

    28

  • REKSA DANA PANIN DANA MAKSIMACATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN Untuk Tahun Yang Berakhir Pada Tanggal-tanggal 31 Desember 2009 dan 2008

    (Dalam Rupiah)

    PT Modern International Tbk 105,000 55,642,461 28,350,000 0.01%Jumlah 784,483,026 420,815,431,664 278,284,938,576 90.59%

    Waran

    PT Bank Panin Indonesia Tbk Seri IV 54,252,067 14,490,139,666 10,850,413,400 3.53%PT Panin Insurance Tbk Seri IV 600,000 15,653,508 6,000,000 0.00%PT Panin Life Tbk Seri IV 44,760,000 2,764,375,226 984,720,000 0.32%PT Multipolar Corporation Tbk 1,348,765 19,065,170 6,743,825 0.00%PT Matahari Putra Prima Tbk 500,000 77,514,968 7,500,000 0.00%PT Tunas Baru Lampung Tbk 2,500 790,201 687,500 0.00%PT Bukit Darmo Property Tbk 57,750 - 404,250 0.00%PT Budi Acid Jaya Tbk 400,000 10,034,300 15,200,000 0.00%PT Bakrieland Development Tbk 71,950 6,994,351 2,086,550 0.00%PT Summarecon Agung Tbk 1,108,732 - 22,174,640 0.01%

    Jumlah 103,101,764 17,384,567,390 11,895,930,165 3.87%

    Tanggal Tk Harga Pasar/ PersentaseJatuh Bunga Jumlah efek/ Harga Nilai Wajar/ Terhadap Jumlah

    Jenis Efek Tempo % Nilai Nominal Perolehan Nilai Nominal Portofolio efek

    Deposito

    PT Bank Mega Tbk 5-Jan-09 13 5,000,000,000 5,000,000,000 5,000,000,000 1.63%PT Bank Mega Tbk 5-Jan-09 13 2,000,000,000 2,000,000,000 2,000,000,000 0.65%PT Bank Victoria International Tbk 5-Jan-09 11 10,000,000,000 10,000,000,000 10,000,000,000 3.26%

    Jumlah 17,000,000,000 17,000,000,000 17,000,000,000 5.53%

    Jumlah Portofolio Efek 455,199,999,054 307,180,868,741 100%

    2008

    29

  • REKSA DANA PANIN DANA MAKSIMACATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN Untuk Tahun Yang Berakhir Pada Tanggal-tanggal 31 Desember 2009 dan 2008

    (Dalam Rupiah)

    4. Kas

    Akun ini merupakan rekening giro pada Deutsche Bank AG, Jakarta.

    5. Piutang

    Akun ini terdiri dari :

    2009 2008

    Deposito Berjangka 4,998,478 22,097,462 Penjualan efek - 25,000,000 Lain-lain 1,541,818 -

    Jumlah 6,540,296 47,097,462

    6. Biaya Yang Masih Harus Dibayar

    Akun ini terdiri dari :

    2009 2008

    Jasa pengelolaan investasi 1,082,236,242 588,581,142 Jasa kustodian 114,411,998 67,628,791 Jasa audit 9,345,000 9,738,750

    Jumlah 1,205,993,240 665,948,683

    7. Pajak Penghasilan

    a. Utang Pajak

    Akun ini merupakan pajak terutang terdiri dari :

    2009 2008

    Pajak penghasilan pasal 23 3,212,413 8,535,432 Pajak penghasilan pasal 25 82,026,450 134,867,814 Jumlah 85,238,863 143,403,246

    30

  • REKSA DANA PANIN DANA MAKSIMACATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN Untuk Tahun Yang Berakhir Pada Tanggal-tanggal 31 Desember 2009 dan 2008

    (Dalam Rupiah)

    7. Pajak Penghasilan-lanjutan

    b. Pajak Kini

    2009 2008Kenaikan (penurunan) aset bersih dari aktivitas operasi sebelum

    taksiran pajak penghasilan menurut laporan operasi 343,232,256,285 (180,669,283,292)

    Perbedaan temporerKerugian (keuntungan) investasi yang belum direalisasi (256,122,604,784) 204,861,209,286

    Perbedaan yang tidak dapat diperhitungkan menurut fiskal :Kerugian (keuntungan investasi) yang telah direalisasi (91,192,221,773) (19,488,537,800)Beban untuk mendapatkan, menagih dan memelihara

    penghasilan yang bukan obyek pajak dan yang pajaknyabersifat final 10,123,522,574 6,365,830,843

    Pendapatan bunga sebelum dipotong pajak final :Deposito (1,458,177,724) (1,246,127,238)Jasa Giro (66,051,236) (61,766,565)

    Penghasilan Kena Pajak 4,516,723,342 9,761,325,234

    Pembulatan 4,516,723,000 9,761,325,000

    Pajak penghasilan :28 % x 4,516,723,000 1,264,682,440 - 10 % x 50,000,000 - 5,000,000 15% x 50,000,000 - 7,500,000 30% x 4,416,723,000 - 2,898,397,500

    Jumlah 1,264,682,440 2,910,897,500

    Pajak dibayar dimuka :Pajak Penghasilan Pasal 23 (1,331,528,853) (1,926,580,112)Pajak Penghasilan Pasal 25 (1,015,470,378) (1,431,297,092)

    Pajak kurang ( lebih ) bayar (1,082,316,791) (446,979,704)

    Rekonsiliasi antara kenaikan (penurunan) aset bersih dari aktivitas operasi sebelum taksiran pajak penghasilan menurutlaporan operasi dengan taksiran penghasilan kena pajak adalah sebagai berikut :

    31

  • REKSA DANA PANIN DANA MAKSIMACATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN Untuk Tahun Yang Berakhir Pada Tanggal-tanggal 31 Desember 2009 dan 2008

    (Dalam Rupiah)

    7. Pajak Penghasilan-lanjutan

    c. Beban Pajak Penghasilan

    Akun ini merupakan beban pajak terdiri dari :

    2009 2008Pajak Kini 1,264,682,440 2,910,897,500 Pajak Final 304,845,793 261,578,761

    Jumlah 1,569,528,233 3,172,476,261

    8. Utang lain-lain

    Akun ini terdiri utang atas :

    2009 2008Biaya penjualan unit penyertaan 132,236,977 10,944,153 Pembelian kembali unit penyertaan 59,325,339 2,382,073,797 Biaya pembelian unit penyertaan 44,298,004 137,146

    Jumlah 235,860,320 2,393,155,096

    9. Unit Penyertaan

    Unit Penyertaan Jumlah Unit Penyertaan Jumlah Pemegang Unit Penyertaan yang beredar Rp. yang beredar Rp.

    Manajer Investasi 3,837,669.8898 93,207,415,687 3,837,669.8898 41,713,387,737 Investor 20,147,716.9982 489,337,719,844 24,457,186.3635 265,836,334,817

    Jumlah 23,985,386.8880 582,545,135,531 28,294,856.2533 307,549,722,554

    10. Pendapatan Investasi

    Akun ini merupakan pendapatan dividen dan bunga yang terdiri dari :

    2009 2008Bunga

    - Deposito berjangka 1,458,177,724 1,246,127,238 - Jasa giro 66,051,236 61,766,565

    Dividen 8,876,859,029 12,843,867,389 Jumlah 10,401,087,989 14,151,761,192

    11. Beban Pengelolan Investasi

    12. Beban Kustodian

    31 Desember 2009 31 Desember 2008

    Beban pengelolaan investasi merupakan imbalan kepada PT. Panin Sekuritas Tbk sebagai manajer investasi Reksa Danamaksimum sebesar 2% per tahun dari nilai aset bersih, beban tersebut dikenakan Pajak Pertambahan Nilai 10% dan PajakPenghasilan pasal 23. Beban jasa pengelolaan investasi dihitung dan dicadangkan setiap hari, dengan cara membagi bebantersebut dengan jumlah hari dalam setahun.

    Beban kustodian merupakan beban untuk jasa pengelolaan administrasi dan imbalan jasa penitipan atas kekayaan Reksa Dana

    Jumlah unit penyertaan yang dimiliki oleh pemodal dan Manajer Investasi pada 31 Desember 2009 dan 2008 adalah sebagaiberikut:

    32

  • REKSA DANA PANIN DANA MAKSIMACATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN Untuk Tahun Yang Berakhir Pada Tanggal-tanggal 31 Desember 2009 dan 2008

    (Dalam Rupiah)

    13. Beban lain-lain

    Akun ini terdiri dari :

    2009 2008

    Beban registrasi 36,733,162 36,137,595 Beban jasa audit 17,500,000 17,500,000 Beban pajak pertambahan nilai 1,003,338,421 964,567,517 Beban lain-lain 19,313,145 25,504,498

    Jumlah 1,076,884,728 1,043,709,610

    14. Keuntungan (Kerugian) Investasi Yang Telah Direalisasi

    15. Keuntungan (Kerugian) Investasi Yang Belum Direalisasi

    maksimum sebesar 0,25% per tahun dari nilai aset bersih dan beban tersebut dikenakan Pajak Pertambahan Nilai 10%. Bebanjasa kustodian dihitung dan dicadangkan setiap hari dengan cara membagi beban tersebut dengan jumlah hari dalam setahun.

    Akun ini merupakan laba bersih atas realisasi penjualan saham dan waran

    Akun ini merupakan kenaikan nilai wajar saham dan waran

    33

  • REKSA DANA PANIN DANA MAKSIMACATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN Untuk Tahun Yang Berakhir Pada Tanggal-tanggal 31 Desember 2009 dan 2008

    (Dalam Rupiah)

    16. Ikhtisar Pembelian dan Penjualan Efek

    Nilai Nominal Jumlah Nilai Nominal Jumlah Jenis Efek Beli Harga Beli Jual Harga Jual

    Saham

    PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk 281,500 1,250,309,390 - - PT Aneka Kimia Raya Tbk 7,590,500 5,595,230,854 2,400,000 2,899,099,839 PT Aqua Golden Mississipi Tbk - - 4,000 676,987,600 PT Asahimas Flat Glass Tbk 178,000 275,060,232 - - PT Astra Agro Lestari Tbk 50,000 950,749,925 50,000 1,139,156,082 PT Astra International Tbk 710,000 14,812,392,405 898,000 21,510,299,369 PT Bakrie Sumatera Plantation Tbk 5,500,000 1,836,276,901 20,000,000 6,619,737,104 PT Bakrieland Development Tbk 4,000,000 309,056,440 6,500,000 1,192,458,450 PT Bank Bukopin Tbk 42,050,500 16,238,009,652 4,000,000 1,359,228,250 PT Bank Central Asia Tbk 2,750,000 9,988,392,379 2,750,000 10,403,706,499 PT Bank Danamon Indonesia Tbk 12,093,465 36,847,520,959 13,194,500 50,055,565,299 PT Bank Mandiri Tbk 13,382,500 39,155,696,963 15,728,000 49,937,733,919 PT Bank Negara Indonesia Tbk 4,184,500 5,685,674,520 28,450,500 36,982,631,514 PT Bank Niaga Tbk 23,763,000 16,822,847,638 1,300,000 841,256,649 PT Bank Rakyat Indonesia Tbk 1,475,000 8,388,298,854 2,798,500 15,637,914,460 PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk 10,600,000 8,564,800,000 8,866,000 7,259,636,703 PT Berlian Laju Tanker Tbk 250,000 220,754,600 - - PT Bumi Resources Tbk 15,750,000 16,955,702,160 16,740,000 21,365,828,238 PT Ciputra Development Tbk 4,073,500 2,181,416,568 2,950,000 1,708,100,049 PT Ciputra Property Tbk 37,287,500 8,022,028,752 38,977,500 11,996,308,307 PT Delta Djakarta Tbk - - 12,000 416,646,045 PT Enseval Putera Megatrading Tbk 1,000,000 592,023,700 - - PT Gajah Tunggal Tbk 6,601,500 1,999,868,795 8,811,000 3,262,156,838 PT Gudang Garam Tbk 1,240,000 11,145,908,388 1,589,500 24,855,167,052 PT HM Sampoerna Tbk 1,123,500 10,570,532,999 - - PT Holcim Indonesia Tbk 700,000 398,361,710 12,314,000 11,277,643,525 PT Indah Kiat Pulp&Paper Tbk 3,102,500 4,410,903,786 16,241,000 20,564,624,281 PT Indika Energy Tbk 300,000 735,242,550 300,000 734,022,450 PT Indo Tambang Raya Megah Tbk 236,500 2,708,598,262 236,500 3,931,448,057 PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk 1,279,500 5,557,112,528 2,438,500 17,283,387,878 PT Indofood Sukses Makmur Tbk 15,200,000 15,369,676,600 13,322,500 27,449,455,924 PT Indorama Sintetis Tbk 148,500 67,054,210 - - PT Jasa Marga (Persero) Tbk 7,911,500 14,842,046,489 2,500,000 2,812,485,250 PT Kalbe Farma Tbk 6,300,500 5,735,668,320 23,950,000 16,714,795,275 PT Kawasan Industri Jababeka Tbk 25,000,000 2,204,495,627 105,430,000 12,163,151,402 PT Lautan Luas Tbk 8,296,000 7,193,188,303 - -

    Jumlah Dipindahkan 264,409,965 277,630,901,459 352,752,000 383,050,632,308

    2009

    Ikhtisar pembelian dan penjualan efek merupakan transaksi efek Reksa Dana dengan rincian sebagai berikut :

    34

  • REKSA DANA PANIN DANA MAKSIMACATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN Untuk Tahun Yang Berakhir Pada Tanggal-tanggal 31 Desember 2009 dan 2008

    (Dalam Rupiah)

    16. Ikhtisar Pembelian