29 Maret 2009

10
WARTAJEMAAT GEREJA KRISTEN PROTESTAN INDONESIA Jemaat Menteng Jl. Cikini V.No.5 Jakarta 10330 Telephone/Fax: 021-31937731 No Rekening : 125 00 0591348 8 Bank Mandiri KCP Kelapa Gading Boulevard Email: [email protected] 13 TAHUN XIV 29 MARET 2009 PERGUMULAN DAN PENGHARAPAN (MAZMUR 43 : 1-5) Mazmur 43 ini adalah merupakan lanjutan ungkapan Pemazmur terhadap kerinduannya kepada Allah dalam Mazmur pasal 42, bentuknya adalah sejenis permohonan secara pribadi atas keterasinganNya, ketika ia berada di tengah-tengah orang yang tidak saleh, orang fasik yang telah menindas, mengolok-olok bahkan seperti menantang kuasa dan keberadaan Allah. Jiwa pemazmur gundah gulana dan gelisah, hatinya sedih dan hancur. Pemazmur serasa terasing dari Allah dan manusia. Ia tinggal menangis siang dan malam, ia selalu tertekan sebagai pendatang di tempat yang baru, karena ia tergantung pada kemauan baik masyarakat setempat dan seolah-olah dia tidak mempunyai hak penuh. Dengan penuh kerinduan dia mengingat betapa indah hidupNya. Selagi ia berada di Yerusalem di tengah-tengah umat Allah, dia mencari hiburan dalam harapan bahwa Tuhan akan menghantarnya pulang. Lalu dari manakah datang pertolongan dan kekuatan ? Masihkah ada harapan untuk keluar dari kesesakan ? Dengan iman yang teguh pemazmur memasrahkan diri sepenuhnya hanya kepada Tuhan : 1. Agar ia dituntun dan diberi kekuatan untuk melewati masa kesesakan/kesulitan di dalam hidupnya. 2. Agar ia dapat melakukan kembali persekutuannya yang benar dengan Tuhan dan sesama di baitNya yang kudus. 3. Agar pengharapanNya dapat terjawab dan terlaksana. Bagi kita umat tebusan Allah, melalui pemazmur saat ini kita belajar bahwa orang yang tidak pernah mengalami persekutuan yang mesra dengan Tuhan dan sesama saudara seiman akan mudah terbawa arus zaman keputusasaan oleh kesulitan hidup yang berkepanjangan dan pergumulan. Gereja sebagai Rumah Allah adalah tempat dimana kita dapat menaruh pengharapan kita untuk menjadi sukacita dan kegembiraan untuk selama- lamanya, untuk itu tetaplah setia. Pdt. Baga Lubis

Transcript of 29 Maret 2009

Page 1: 29 Maret 2009

WARTAJEMAAT

GEREJA KRISTEN

PROTESTAN INDONESIA

Jemaat Menteng Jl. Cikini V.No.5 Jakarta 10330

Telephone/Fax: 021-31937731 No Rekening :

125 00 0591348 8 Bank Mandiri

KCP Kelapa Gading Boulevard

Email: [email protected]

13 TAHUN XIV

29 MARET 2009

PERGUMULAN DAN PENGHARAPAN (MAZMUR 43 : 1-5)

Mazmur 43 ini adalah merupakan lanjutan ungkapan Pemazmur terhadap kerinduannya kepada Allah dalam Mazmur pasal 42, bentuknya adalah sejenis permohonan secara pribadi atas keterasinganNya, ketika ia berada di tengah-tengah orang yang tidak saleh, orang fasik yang telah menindas, mengolok-olok bahkan seperti menantang kuasa dan keberadaan Allah. Jiwa pemazmur gundah gulana dan gelisah, hatinya sedih dan hancur. Pemazmur serasa terasing dari Allah dan manusia. Ia tinggal menangis siang dan malam, ia selalu tertekan sebagai pendatang di tempat yang baru, karena ia tergantung pada kemauan baik masyarakat setempat dan seolah-olah dia tidak mempunyai hak penuh. Dengan penuh kerinduan dia mengingat betapa indah hidupNya. Selagi ia berada di Yerusalem di tengah-tengah umat Allah, dia mencari hiburan dalam harapan bahwa Tuhan akan menghantarnya pulang. Lalu dari manakah datang pertolongan dan kekuatan ? Masihkah ada harapan untuk keluar dari kesesakan ? Dengan iman yang teguh pemazmur memasrahkan diri sepenuhnya hanya kepada Tuhan :

1. Agar ia dituntun dan diberi kekuatan untuk melewati masa kesesakan/kesulitan di dalam hidupnya.

2. Agar ia dapat melakukan kembali persekutuannya yang benar dengan Tuhan dan sesama di baitNya yang kudus.

3. Agar pengharapanNya dapat terjawab dan terlaksana.

Bagi kita umat tebusan Allah, melalui pemazmur saat ini kita belajar bahwa orang yang tidak pernah mengalami persekutuan yang mesra dengan Tuhan dan sesama saudara seiman akan mudah terbawa arus zaman keputusasaan oleh kesulitan hidup yang berkepanjangan dan pergumulan. Gereja sebagai Rumah Allah adalah tempat dimana kita dapat menaruh pengharapan kita untuk menjadi sukacita dan kegembiraan untuk selama-lamanya, untuk itu tetaplah setia. Pdt. Baga Lubis

Page 2: 29 Maret 2009

1. Minggu, 29 Maret 2009 A. PELAYAN KEBAKTIAN UMUM

09.00 WIB 17.00 WIB

Pengkhotbah Pdt. MP. Aritonang Pdt. Ramli SS Harahap

Liturgis Pnt. August Lumbantobing Pnt. Ny. Emma Panggabean-Sitompul

Doa Syafaat & Kolektan Sie Diakonia Penatua

Ketua Minggu Pnt. P.L. Gaol Pnt. August Lumbantobing

Piket Minggu Pnt. Riris Nainggolan Pnt. Erwin Sibuea

Organis Ny. Vera Lumbanraja-Tobing & Bp. Tulus Gultom Dessy Hutasoit

Song Leader Ny. Liana Hutagalung-Lumbanraja

B. PELAYAN KEBAKTIAN SEKOLAH MINGGU, Jam 09.00 WIB

C. KELAS KATEKISASI, Jam 11.00 WIB

2. Kamis, 02 April 2009

SERMON SIE PEREMPUAN Pkl 17.00 WIB

Thema & Nats Takluk Kepada Hukum Tuhan (Galatia 4 : 1-5)

Pemimpin Pdt. SP. Hutagalung

Pra Sekolah Tina Hutagalung

Anak Kecil Sharon Simamora

Anak Tanggung Ny. Egi Paturusi-Panggabean

Remaja Rosa Tampubolon

Bahan Pelajaran 31 ( Arti, Tujuan & Tugas Pokok Gereja)

Pengajar Pnt. August Lumbantobing

PELAYANAN JEMAAT MINGGU INI

Majelis

Gereja Kristen Protestan Indonesia

Jemaat Menteng Mengucapkan

Selamat Datang kepada Bapak, ibu, Pemuda/i saudara seiman, khususnya bagi jemaat yang baru

mengikuti kebaktian di GKPI Jemaat Menteng ini. Jika

saudara/i belum menjadi anggota jemaat disalah-satu Gereja di Jakarta dan sekitarnya, kami mengundang saudara/i untuk mendaftarkan diri segera menjadi anggota

di GKPI khususnya GKPI Jemaat Menteng ini. Juga orangtua

yang membawa anak-anak agar dapat menghantarkan anak-anaknya ke Sekolah Minggu di Lantai III gedung Gereja ini. Selanjutnya kami mengundang saudara untuk mengikuti kebaktian di minggu-minggu berikutnya. Tuhan Memberkati.

Nats : Allah Sumber damai sejahtera menyertai kamu sekalian.

(Roma 15 : 33)

Page 3: 29 Maret 2009

MINGGU, 05 April 2009 A. KEBAKTIAN UMUM, Jam 09.00 Wib

Epistel : WAHYU 19 : 6-10 Evangelium : MAZMUR 99 : 1-7 Minggu : PALMARUM Nyanyian :

BE No 11 : 1 – 3 BE No 223 : 2 - 3 BE No 194 : 1 + 4 BE No 363 : 12 – 14 BE No 188 : 1 - 2 BE No 267 : 4 – 5 BE No 213 : 2 – 3 BE No 88 : 4

Pelayan Kebaktian

09.00 WIB 17.00 WIB

Pengkhotbah Pdt. Dr. Anwar Tjen Pdt. M.H. Purba

Liturgis Pnt. Mangara Silalahi Pnt. Ny. Rina Tobing-Manik

Doa Syafaat & Kolektan Penatua Sie Perempuan

Ketua Minggu Pnt. P.L.Tobing Pnt. YPM. Sinaga

Piket Minggu Pnt. Ny. Mamora Panggabean Pnt. August Lumbantobing

Organis Ny. Lena Manurung-Siahaan & Ny. Gultom-Manurung Dessy Hutasoit

Song Leader Bp. David Sianipar & Ny. Ester Sitinjak-Siahaan Jessica Pasaribu & Dora Nainggolan

B. PELAYAN KEBAKTIAN SEKOLAH MINGGU, Jam 09.00 Wib

Pengajar

Pra Sekolah Ona Lubis

Anak Kecil Ester Radjagukguk

Anak Tanggung Ondy Lumbantobing

Remaja Ferry Hutagalung

KEGIATAN HARI JAM TEMPAT

Majelis Jemaat Sermon Kamis 17.00 Wib Ruang Konsistori

Seksi Perempuan Sermon + Latihan Koor Kamis 16.30 Wib Ruang Kebaktian

Seksi Pria Kebaktian + Latihan Koor Jumat 19.00 Wib Ruang Konsistori

Seksi Pemuda/i Kebaktian + Kegiatan Musik + Koor Sabtu 17.00 Wib Ruang Kebaktian

PS Sola Gratia Latihan Koor Kamis 19.00 Wib Ruang Kebaktian

Harap diperhatikan tempat dan datanglah tepat pada waktunya

PERSIAPAN PELAYANAN JEMAAT MINGGU DEPAN

KEGIATAN RUTIN JEMAAT

Page 4: 29 Maret 2009

1. SERMON MAJELIS GKPI RESORT JAYA II

Sermon Majelis GKPI Resort Jaya II diadakan pada hari Rabu, tanggal 1 April 2009 Pkl 18.00 WIB, bertempat di Gereja ini.

2. KEBAKTIAN

Kebaktian Malam Passion. Untuk mengenang penderitaan yang dialami Tuhan Yesus Kristus di saat-saat akan mengakhiri hidupNya di kayu salib di Golgota, sudah seharusnya kita umatNya turut merasakan penderitaan tersebut dan mengenangNya melalui ”KEBAKTIAN MALAM GETSEMANE- Passion” yang akan diadakan pada hari Kamis, tanggal 9 Apri 2009 pkl 19.00 WIB (setelah sermon jemaat selesai), bertempat di Gereja ini. Sehubungan dengan itu Majelis Jemaat mengundang kehadiran seluruh warga Jemaat menghadiri kebaktian ini, untuk bersama-sama berdoa dan mengenang penderitaan Kristus bagi kita sekarang ini. Marilah kita menyatakan dan saksikan bahwa Kristus mati untuk kita. Siapkan waktu dan hati kita untuk mengikuti kebaktian ini.

Kebaktian Jumat Agung dan Perjamuan Kudus akan diadakan pada hari Jumat, 10 April 2009, pukul. 09.00 WIB. Diharapkan agar, seluruh Jemaat dapat mempersiapkan diri dan mengikuti Perjamuan kudus ini.

Kebaktian Teduh memperingati detik-detik kematian Tuhan Yesus diadakan pada hari Jumat, tanggal 10 April 2009 pkl 14.00 WIB, bertempat di Gereja ini.

Kebaktian Paskah Subuh diadakan pada hari Minggu, tanggal 12 April 2009 pkl 05.00 WIB, bertempat di Gereja ini.

Kebaktian Lansia akan diadakan pada hari Rabu, tanggal 15 April 2009 pukul 10.00 WIB, bertempat di lantai 3 gedung gereja ini. Kami mengundang seluruh warga jemaat yang berusia 60 tahun keatas untuk dapat mengikutinya.

3. SEMINAR

Pada hari Minggu, tanggal 05 April 2009 setelah kebaktian Minggu pagi selesai, Seksi Kerohanian akan mengadakan Seminar, dengan thema: ”Minyak Urapan dan Perjamuan Kudus”. Pembicara : Pdt. Dr. Anwar Tjen. Melalui warta jemaat ini seluruh jemaat diundang untuk hadir.

4. ANGGOTA BARU

Telah menjadi anggota GKPI Menteng dengan nomor anggota 0416, Ibu Eva Erna Trihappy Pasaribu, SE, SH, istri Bp. Roland Basaruli Mamora, SE. Ibu ini datang dari HKBP Tebet dan sekarang beralamat di Jl. Mesjid I Tegal Parang Selatan I No. 161, Mampang Prapatan-Jakarta Selatan, telp. 7982563, HP. 0813.81267686.

5. ANAK LAHIR Telah lahir seorang anak laki-laki (anak pertama) bagi Kel. Bp. Robi Hezron Sembiring & Ibu Emma Irwanty br.

Butar-butar pada hari Kamis, tanggal 05 Maret 2009 di RS. Bunda Menteng. Ibu dan anak dalam keadaan sehat.

WARTA JEMAAT

Page 5: 29 Maret 2009

WARTA JEMAAT

6. KUNJUNGAN PELAYANAN Pada hari ini, Minggu tangal 29 Maret 2009, Pemuda-Pemudi kita sedang melakukan kunjungan pelayanan di GKPI Bandung Barat yang didampingi oleh Bp. Pnt. Jadi Manurung dan Bp. Pnt. Riris Hutagalung. Bersamaan dengan itu, saat ini Seksi Pria juga mengadakan pelayanan paduan suara di GKPI Jelambar bersama dengan Pendeta Resort. Semoga pelayanan ini dapat memberikan sukacita bagi jemaat yang dikunjungi. Tuhan Yesus memberkati.

7. WEBSITE GKPI MENTENG Diberitahukan kepada seluruh warga Jemaat bahwa untuk mendukung kegiatan pelayanan di gereja kita, saat ini

GKPI Menteng telah memiliki situs yaitu : http://gkpimenteng.org. 8. SOSIALISASI PEMILU Koordinator Wilayah (Korwil) GKPI Jabodetabek mengundang Bapak/Ibu/Sdr/Sdri untuk berkenan menghadiri

pertemuan mengenai ”Partisipasi dan Tanggungjawab Warga GKPI untuk mensukseskan Pemilu 2009” yang akan diadakan pada hari ini, Minggu, 29 Maret 2009 pukul. 13.00 WIB di GKPI Rawamangun; Jl. Belanak VI No. 28B, Rawamangun, Jakarta Timur. Pembicara : Pdt. Dr. Andreas Anangguru Yewangoe (Ketua Umum PGI).

9. KOLEKTE

Pada kebaktian Minggu ini, Jemaat kita mengadakan pengumpulan persembahan dua kantong, kantong merah untuk Dana Pendeta dan Evangelis Pensiun.

10. PENGUNJUNG KEBAKTIAN MINGGU TANGGAL 22 MARET 2009

Laki-laki Perempuan Sekolah Minggu Jumlah

Pagi : 116 orang 154 orang 72 orang : 342 orang Sore : 9 orang 5 orang : 14 orang

Page 6: 29 Maret 2009

WARTA KEUANGAN JEMAAT

M040309 1.1.0 Kolekte Persembahan Kebaktian minggu pagi Tgl.22/3/09 Rp. 2,824,000.00 1.1.0 Kolekte Persembahan Kebaktian minggu pagi di rumah duka Tgl.15/3/09 Rp. 602,000.00 1.1.0 Kolekte Persembahan Kebaktian minggu sore Tgl.22/3/09 Rp. 76,000.00 1.3.2 Kolekte Pengumpulan Khusus untuk Pembangunan ( Tgl.22/3/09 pagi) Rp. 3,088,000.00+USD.5.oo 1.3.2 Kolekte Pengumpulan Khusus untuk Pembangunan ( Tgl.22/3/09 sore) Rp. 86,000.00 1.5.1 Kolekte Persembahan Sekolah Minggu Rp. 622,000.00 1.6.2 Kolekte Persembahan Kebaktian sector Cibubur dsk Rp. 560,000.00 1.6.2 Kolekte Persembahan Kebaktian sector Bekasi dsk Rp. 336,000.00 1.6.2 Kolekte Persembahan Kebaktian sector Rawamangun dsk (24/3) Rp. 287,000.00 1.6.2 Kolekte Persembahan Kebaktian sector Jkt Selatan 2 (17/3) Rp. 260,000.00 Rp. 8,741,000.00+USD.5.oo 2.1.0 Bhakti Bulanan no.0412 untuk Bln.Nov.08 s/d April 09 Rp. 90,000.00 2.1.0 Bhakti Bulanan no.0054 untuk Bln.Maret 09 Rp. 100,000.00 2.3.1 Ucapan Syukur dari NN Rp. 50,000.00 2.3.1 Ucapan Syukur dari NN Rp. 15,000,00 2.3.1 Ucapan Syukur dari NN Rp. 15,000.00 2.3.1 Ucapan Syukur dari NN atas kelahiran anak Rp. 500,000.00 2.3.5 Ucapan Syukur dari NN untuk bantuan pembangunan GKPI Sukabumi Rp. 1,000,000.00 2.4.1 Bhakti Pembangunan no.0412 untuk Bln.Nov.08 s/d April 09 Rp. 90,000.00 2.4.1 Bhakti Pembangunan no.0054 untuk Bln.Maret 09 Rp. 100,000.00 Rp. 1,960,000.00 T O T A L Rp.10,701,000.00+USD.5.oo

Page 7: 29 Maret 2009
Page 8: 29 Maret 2009
Page 9: 29 Maret 2009
Page 10: 29 Maret 2009

TATA IBADAH

MINGGU, 29 MARET 2009

Minggu Judika

01. Bernyanyi PKJ. 9 : 1 + 3 + 5 .….Berdiri 02. Votum/Introitus & Doa 03. Bernyanyi KJ. 446 : 1 - 2 ..... Duduk 04. Epistel I Petrus 2 : 21-35 05. Bernyanyi PKJ. 39 : 1 + 3 06. Pengakuan Dosa ….. Berdiri 07. Bernyanyi KJ. 316 : 2 - 3 .…..Duduk 08. Hukum Tuhan Yesaya 56 : 1 - 2 09. Paduan Suara 10. Bernyanyi PKJ. 199 : 1 - 2 11. Pengakuan Iman ….. Berdiri 12. Warta Jemaat .….. Duduk 13. Doa Syafaat 14. Paduan Suara 15. Bernyanyi KJ. 407 : 1 - 3 16. Khotbah Mazmur 43 : 1-5 17. Paduan Suara 18. Bernyanyi KJ. 412 : 1 -2 19. Persembahan I Korintus 9 : 13-15 20. Doa Persembahan ..….Berdiri 21. Bernyanyi PKJ. 153 : 1 - 2 22. Doa Penutup dan Berkat

POKOK-POKOK DOA SYAFAAT

1. Anggota jemaat yang sakit: Ibu Sabeda br. Lumbantobing, Bp. Benyamin Hutagalung, Ny. Panggabean br. Sibarani, Bp. Theodore Lumbantobing. 2. Pergumulan Jemaat (Kesulitan Ekonomi, Kesulitan Untuk Mendapatkan Pekerjaan, Konflik Rumah tangga,

Pasangan hidup, Kerinduan Untuk Mendapatkan Anak). 3. Warga Jemaat yang maju dalam pemilihan calon legislatif April 2009. 4. Kebaktian Minggu Sore 5. Pekabaran Injil di Indonesia dan Dunia 6. Panti Asuhan Mamre GKPI 7. Bangsa dan negara (Perekonomian, Keamanan, Hukum, Wakil Rakyat, Pemimpin & Pemilu 2009).