26 Maret 2013

download 26 Maret 2013

of 36

  • date post

    28-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    592
  • download

    24

Embed Size (px)

description

26 Maret 2013

Transcript of 26 Maret 2013

  • http://twitter.com/batamposredaksi@batampos.co.id

    16

    Bekerja itu, yang pertama haruspunya perasaan senang. Denganperasaan itu, Anda pasti bisaberprestasi.

    Baca Selundupkan...Hal 5

    Baca Dapat ...Hal 4

    Selasa

    Selundupkan MotorHarley ke KarimunKARIMUN (BP) - Jajaran Bea Cukai Kantor WilayahIV Direktoran Jenderal Bea dan Cukai (Kanwil IVDJBC) Tanjungbalai Karimun berhasil menggagalkanpenyelundupan motor besar merek Harley Davidson dariSingapura tujuan Tanjungbalai Karimun, Sabtu pekanlalu.

    Selain mengamankan motor Harley Davidson, mua-tan kapal KM Citra Agung lainnya yang tak sesuaimenifest adalah 3 unit mesin fuso, puluhan karung pa-kaian bekas dan alat-alat laboratorium. KM Citra Agungitu diamankan saat lego jangkar di perairan Selat Ge-lam, Tanjungbalai Karimun

    JAKARTA (BP) - Musim hujan selama2013 telah membuat sejumlah kawsan diIndonesia dilanda longsor.Tidak tanggung-tanggung,83 orang tewas akibat ben-cana tanah itu. terakhir,longsor terjadi hampir bersamaan di dua lo-kasi, yakni bandung Barat dan Bogor. Ter-catat 17 orang tewas tertimbun, beberapadi antaranya telah ditemukan.

    Longsor di Kabupaten Bandung Barat terja-di kemarin pagi di Desa Mukapayung, Keca-matan Cililin. Bencana yang terjadi sekitarpukul 05.30 di kampung Nagrok itu membuatsuasana di desa tersebut mencekam.

    SABU 5,4 KGDISIMPANDI SPEAKERBATAM (BP) - Batam se-bagai tansit peredarannarkoba jaringan interna-sional ada benarnya. Bukti-nya, sudah beberapa kali petugas Bandara Hang Nadimmenggagalkan penyelundupan narkoba. Terakhir, ke-marin (25/3), petugas Aviation Security (Avsec) Ban-dara Hang Nadim dibantu jajaran Bea Cukai (BC) meng-gagalkan penyelundupan sabu-sabu sebesar 5.437 gramatau 5,4 kg di terminal kargo bandara.

    26.03.2013

    Rp. 3.750

    IKLAN

    MULAI saat ini, jika Anda memakanbuah manggis, jangan lagi mem-buang kulitnya. Karena justru kulit-nya itu yang punya khasiat tinggi.Kulit ini kaya dengan zat yang dise-but xanthone, yang nyaris tak dite-mukan pada buah lain. Selain itu,kulit manggis juga mengadungkatekin, potasium, kalsium, fosfor,besi, vitamin B1, vitamin B2, dan vi-tamin B6, yang juga amat dibutuh-kan tubuh. Xanthone itu bisa menja-di pelindung sel pada proses penu-aan atau perusakan oleh radikal be-bas. Sifat antioksidannya melebihi

    vitamin E dan C. Karena itu, ia ber-peran sebagai antilelah, anti-infla-masi, anti-penuaan, antiparkinson,

    Ekstrak Kulit Manggis

    Dapat MenurunkanKolesterol Total DarahJUKI adalah si jerapah periang yang dis-

    ukai teman-temannya. Juki selalu ceria dantidak suka marah-marah. Kemudian, adaBob, si anjing penolong yang selalu siapmembantu temannya, Risa, si rusa yangramah, Baya, si buaya setia yang hobinyaberenang dan bermain layangan, jugaUnyu, si penyu hijau yang penyabar danselalu pandai menenangkan suasana. Lalu,ada pula Tiki, si tikus pemurah, Elang, siburung penjelajah, dan Ciki, si ayam yangrajin. Mereka berteman dan hidup damaidi Negeri Cermin.

    Bersama Salma Indria Rahman, kedela-pan karakter tersebut berkelana dari satu

    Pendongeng Salma Indria Rahman, Keliling Indonesia Bawakan Juki and Friends

    Bikin Gemas, Obati Anak-Anak Korban BencanaBagi Salma Indria Rahman,dongeng tidak sekadar cerita

    legenda atau cerita rakyat.Dongeng juga jadi media untuk

    mendidik dan menyembuhkantrauma pada anak-anak. Lewat

    karakter rekaannya, Juki andFriends, Salma berkeliling daerah

    bencana dan sekolah-sekolah anakjalanan untuk mendongeng dengan

    media boneka jari.SEKARING RATRI ADANINGGAR,

    Jakarta Baca Bikin...Hal 5

    Berkas DjokoDilimpahkan April

    Di BandaraHang Nadim

    Baca Sabu ...Hal 4

    83 Tewas Tertimbun Longsor

    Baca Tak ...Hal 4

    JAKARTA (BP) - Komisi Pem-berantasan Korupsi (KPK) me-mastikan tak ada penyitaan asetmilik Irjen Djoko Susilo lagi. Ala-sannya, dalam waktu dekat ber-kas milik tersangka dugaan kasuskorupsi simulator SIM dan tindakpidana pencucian uang (TPPU)itu akan P21 atau lengkap.

    Selama2013

    Baca 83 ...Hal 4

    PAgus Suhartono

    Tak Ada LagiPenyitaan Aset

    SETELAH bentrokdengan polisi, wargamemblokade Jalan PandangRaya Makassar, Senin (25/3)untuk mencegah penggusuranoleh pihak pengusaha yangmemenangkan gugatan ataskasus tanah di daerah tersebut.Saat bentrok, sedikitnya 22warga diamankan polisi.

    Berita terkait halaman 5.

    TAWAKKAL/FAJAR/JPNN

    BLOKADE JALAN

    F.KELIK/RADAR BOGOR

    LONGSOR mengakibatkan tutupnya akses jalan dari Kecamatan Tamansarimenuju Tenjolaya. Selain itu 22 rumah rusak di Desa situdaun, Tenjolaya, Bogor.

    F. DOK PRIBADI

    SALMA Indria Rahman tengah mendongeng di Klub Dongeng Cisalopa, Sukabumi, beberapawaktu lalu.

    Djoko SusiloF.DOK

    F.HADI/BATAM POS

    KABID Penindakan BNP Kepri, Raja Maenad Ahmadmemperlihatkan sabu-sabu 1 kg yang ditemukan darikoper penumpang di Bandara Hang Nadin, kemarin.

    JPNN, Jogjakarta

    Soal Lapas Sleman itukewenangan polisi.

    Kan sedang dilakukan

    enyelidikan kasus penyerangandi Lapas Kelas II B, Cebongan,Sleman, Jogjakarta belum jugamenemui titik terang. Me-

    nyikapi hal tersebut, pihak TNI tam-paknya tidak mau disalahkan.

    yamin Sahetapy alias Diki,Yohanis Juan Manbait aliasJuan, Gameliel YermiyantoRohi Riwu alias Adi, dan AdrianusChandra Galaja alias Dedi. Keempat-nya tersangka kasus penusukan ang-gota Kopassus, Sersan Satu San

    Bahkan institusi pertahanan negaratersebut tampaknya cuci tangan darikasus yang menewaskan empat tahan-an tersebut. Para jajaran petinggi TNIkompak menyatakan menyerahkansepenuhnya masalah penanganan kasus

    tersebut kepada pihak kepolisian.Keempat tahanan yang tewasditembak, yakni Hendrik Ben- Baca TNI...Hal 4

    Limpahkan Penyelidikan Penyerangan Lapas Cebongan ke Polisi

    TNI Cuci Tangan

    KimberlyRyder

    WawancaraiDemi Lovato

  • Batam Pos, Selasa 26 Maret 2013 2OPINI

    Kirimkan opini Anda ke opini@batampos.co.idInspirasiPEMERINTAHAN

    Dana Bergulir Harus Diaudit

    Farhat Abbas kritik toilet Hang Nadim

    Ke Hang Nadim naik taksiNaik berdua bersama rekanKalau ini bukan cari sensasiBolehlah jadi saran dan masukan

    JUDUL : Keluarga IndonesiaPENULIS : Karlnawati silalahi dan Eko A

    MeinarnoTEBAL BUKU : 379 HalamanPENERBIT : Raja Grafindo PersadaDIJUAL Di : Toko Buku 171 BatamALAMAT : Ruko Cipta Emerald Jl. Raya

    KDA no. 8 Batam Centre,(depan Kampus UNIBA)

    TELEPON : 0778-475062 /0852-71341767/ 0813-72150809 (Huda)

    EMAIL : tb171batam@yahoo.co.id

    SinopsisDalam buku ini, keluarga Indonesia dikaji ber-

    dasar isu-isu terkini,didahului dengan pemahamandasar keluarga dan metode penelitiannya. Selan-jutnya diikuti dengan isu-isu kontemporer padakeluarga. Terdapat sepuluh isu yaitu pertama :konsep dasar dan metodologi penelitan, kedua :kesiapan menikah, ketiga : dinamika dan masalahdalam rumah tangga, ke empat: pola usaha dankebudayaan, kelima : orientasi seksual danmasalah seksual, ke enam, keluarga dan keuan-gan, ketujuh: kesehatan, kedelapan : keluargayang berkebutuhan khusus: kesembilan : mediadan hubungannya dengan keluarga dan ke sepu-luh: kemiskinan dan kebijakan keluarga, yangmasing-masing diuraikan menjadi bab-bab kecil.Bab ini dikaji oleh pemerhati keluarga yang terdiridari berbagai bidang ilmu,seperti psikologi,antropologi, sosiologi dan sebagainya... ***

    Toko Buku 171

    Membawa Isu Anak dalam Ranah Politik(Kepentingan)

    OLITIK dan anak merupakan duakata yang jarang ketemu. Keduanyasangat jauh dan jarang sekali disand-ingkan. Politik adalah dunia bagiorang-orang dewasa, sebagai sarana

    mencapai tujuan dan mencari kekuasaan.Politik didasari kepentingan. Anak belummengenal apa itu politik dan tidak bisaberpolitik untuk mencapai tujuannya. Bila iaperlu sesuatu, anak tinggal meminta kepadaorang tua, guru, pemerintah atau pihak yangmempunyai kewajiban untuk itu.

    Anak tidak perlu berpolitik, karena memangtidak punya hak politik. Anak baru diberi hakpolitik atau boleh berpolitik ketika umurnyasudah lebih dari 17 tahun (definisi anak 18tahun ke bawah). Justru merupakan pelangga-ran bila anak di bawah 17 tahun dipaksaberpolitik, dimobilisasi untuk kepentinganpolitik seperti ikut kampanye. Selain melang-gar Undang-Undang yang terkait denganpemilu, juga melanggar Undang-UndangPerlindungan Anak.

    Meski demikian, anak dan orang-orangdewasa yang memperjuangkan anak membutu-hkan politik, partai politik, orang yangberkuasa atau diberi kepercayaan secarapolitik, lembaga-lembaga politik yang ada.Merekalah yang semestinya memperjuangkankepentingan anak. Tanpa politik dan partaipolitik, isu-isu anak sangat sulit perjuangkansehingga permasalahan anak terus bertambahbanyak dan kompleks. Adanya kemauan politikdan komitmen politik membuat isu anak tidaksekadar menjadi pemanis saat musim jualkecap.

    Isu-isu anak yang menjadi PR besar bangsaini ke depan adalah belum sejahteranya anak-anak Indonesia. Masih banyak anak belummendapatkan hak-hak dasarnya seperti hakpendidikan, hak kesehatan, hak pengasuhanyang layak, anak-anak terlantar, masihbanyaknya pekerja anak, menjamurnyapernikahan usia anak, semakin banyaknya anakyang melakukan tindak pidana, semakinbanyak anak yang menjadi korban kekerasandan eksploitasi seksual, rentannya anak terjeratnarkoba dan zat aditif, dan lain sebagainya.

    Yang dibutuhkan anak bukanlah politiknya,tapi hasil dari perjuangan politik yang dilaku-kan, yaitu terpenuhinya hak-hak anak denganbaik; bisa sekolah gratis, mendapatkan layanankesehatan yang dibutuhkan, mendapatkan haksosialnya, hak bermain, dan sebagainya. Sertasemakin berkurangnya permasalahan-per-masalahan anak tersebut di atas dengankebijakan, penganggaran, dan program yangdirasakan langsung oleh anak.

    Bicara isu anak berbeda dengan bicara isugender. Isu gender sangat bermuatan politisdan terk