220194257 Dasar Dasar Mekatronika

download 220194257 Dasar Dasar Mekatronika

of 15

description

dasardasar

Transcript of 220194257 Dasar Dasar Mekatronika

  • NAMA-NAMA KELOMPOK :JUNION GULTOM (11.08.3.071)NUSWANTORO (11.08.3.065)CATUR PRASETYA (10.08.0.001)ILHAM (10.08.0.022)

  • PENGERTIANMekatronika adalah suatu bidang yang mengintegrasikan teknik mesin , elektronika, perangkat keras,dan perangkat lunak komputer, komunikasi, ilmu bahan, mikroelektronika, dan juga kecerdasan buatan.

  • Ilmu dasar mekatronikaFISIKALOGIKASISTEM KENDALIMEKATRONIK SENSOR-ACTUTATORPEMODELAN

  • Manfaat Penerapan Mekatronika 1. Meningkatkan fleksibilitas Contoh : lengan robot industri yang digerakkan oleh peranti lunak mikroprosessor seperti halnya lengan manusia.2. Meningkatkan kehandalan mengurangi gerak manual yang dikendali oleh komponen elektronika 3. Meningkatkan presisi dan kecepatanKecepatan produksi didalam pabrik

  • Elemen-Elemen Penting Dalam Mekatronik

  • Elemen-Elemen Penting Dalam Mekatronik1. Mekanisme Mesin2. Sensor3. Rangkaian Penggerak4. Aktuator5. Sumber Energi

  • Penerapan Ilmu Mekatronika

    Model Sistem Kendali Motor DC dengan Transformasi Laplace (Matematika Geometri) dapat di lihat Beberapa contoh motor DC di bawah

    1. Penerapan Matematika Geometri dalam Mekatronika

  • 1.Penerapan Matematika Geometri dalam MekatronikaKetika motor diberi beban, maka kelembaman (J) pun harus diperhitungkan. Menganalogikan torsi dengan gaya pada hukum Newton, yakni suatu benda akan mendapatkan percepatan linear ketika dikenakan suatu gaya (F=ma), maka suatu benda yang diberi torsi pun akan berputar dengan percepatan sudut yang berbanding lurus dengan torsi tersebut. Sehingga hubungan ini dapat dituliskan sebagai berikut:dimana J adalah inertia (kelembaman).

  • 2. Penerapan Fluida System dalam Mekatronika.

    Tenaga fluida (Fluid Power) adalah istilah yang mencakup pembangkitan, kendali dan aplikasi dari fluida bertekanan yang digunakan untuk menghasilkan urutan gerak. Berdasarkan fluida yang digunakan tenaga fluida dibagi menjadi pneumatik, yang menggunakan udara, serta hidrolik, yang menggunakan cairan.Dasar dari aktuator tenaga fluida adalah bahwa fluida mempunyai tekanan yang sama ke segala arah (Hukum Pascal). Dalam sistem tenaga fluida, aktuator berupa piston mendapat tekanan fluida dari katup kendali arah, yang kemudian memberikan gaya kepadanya. Gaya inilah yang menggerakkan piston, baik maju atau mundur.Gaya yang bekerja pada sebuah piston, F, dipengaruhi oleh besarnya tekanan fluida yang masuk ke dalam piston, P, dan luas penampang dari permukaan piston, A.

    F = P.A

  • 3. Penerapan Thermal System dalam Mekatronika.

    Salah Satu Contoh Penerapan Thermal System dalam Mekatronika adalah Sensor suhu, dimana merupakan alat yang digunakan untuk merubah besaran panas menjadi besaran listik yang dapat dengan mudah dianalisis besarannya. Adabeberapa metode yang digunakan untuk membuat sensor ini, salah satunyadengan cara menggunakan material yang berubah hambatannya terhadap arusl istrik sesuai dengan suhunya.NTC adalah komponen elektronika dimana jika dikenai panas maka tahanan nya akan naik.PTC adalah komponen elektronika dimana jika terkena panas maka tahanannya akan semakin turun

    Contoh sensor suhu antara lain : bimetal, termistor , termokopel, RTD, photo transistor, photo dioda, photo multiplier, photovoltaik, infrared pyrometer, hygrometer, dsb

  • Penerapan Konsep Teknologi (Otomatisasi) dalam Mekatronika.

    Sistem mekatronik sangat tekait erat dengan:Otomasi dari produk dan proses Otomasi adalah aspek mental, seperti mengawasi, mengendalikan aktivasi dilakukan oleh sistem, sedangkan mekanisasi adalah aspek fisik yangdigantikan oleh mesin. Contoh: Mesin bubut adalah mekanisasi dari suatu prosespemesinan,sedangkan mesin bubut CNC (pengendalian proses bubut dilakukan oleh mesin) adalah otomasi suatu proses pemesian.Sistem Kontroladalah sistem yang menjaga suatu besarakeluaran(temperatur,ketinggian air,putaran)relatif konstan.Defenisi sistem pada sistem kontrol ditunjukkan pada suatu kotak hitamyang memiliki input dan output. Misalnya motor dapat dipandang sebagai suatu sistem dengan input energi listrik dan energi mekanik(gerak rotasi) sebagai output.

  • Sistem Kontrol

    a. Sistem kontrol terbuka adalah proses pengendalian dimana variabel input mempengaruhi output yang dihasilkan

  • b. Sistem kontrol loop tertutup adalah suatu proses pengendalian dimanavariabel yang dikendalikan(out put) disensor secara kontiniu,kemudiandibandingkan dengan besaran acuan. Misalnya pada pendingin ruangan AC (sistem slip dengan pengaturantemperatur) temperatur diset 20 maka AC akan mati atau stand-by sendiri.

  • TERIMA KASIH