2019, TAHUN REFORMASI & BIROKRASI BASARNAS...

16

Transcript of 2019, TAHUN REFORMASI & BIROKRASI BASARNAS...

EDISI 95 / FEBRUARI 2019

2019, TAHUN REFORMASI & BIROKRASI BASARNASRESPONSE TIME 28 MENIT DIRGAHAYU BASARNAS KE-47

2019, TAHUN REFORMASI & BIROKRASI BASARNASRESPONSE TIME 28 MENIT DIRGAHAYU BASARNAS KE-47

2

APEL PERDANA KABASARNAS Euforia dan semangat itu dira-sakan Kabasarnas sejak dilan-tik, sertijab dengan Kabasarnas lama, pisah sambut, hingga entry brieeng. “Pekerjaan SAR identik dengan misi kemanu-siaan. Pekerjaan ini memiliki dimensi moral yang tinggi. Karena itu, saya bangga dapat memimpin personil-personil yang berkompeten di bidang SAR yang membanggakan ini,” katanya. Kabasanas juga memberikan apresiasi kepada Kabasarnas sebelumnya. Karena itu, segala hal yang sudah baik, akan tetap dipertahankan. Sementara hal-hal yang bisa dimaksimal-kan, akan dioptimalkaan lagi uuntuk meningkatkan kinerja Basarnas. (*)

PESAN KABASARNAS:

3

1

2

3

4

5

6

7

8

9

Tingkatkan kapasitas, kapablitas, sumber daya ma-nusia, sarana prasarana, dan alat utama.

Jaga kesehatan, terus ciptakan keluarga yang har-monis karena itu merupakan dasar melaksanakan tugas yang berat.

Menjaga soliditas dan kerjasama dengan seluruh anggota Basarnas dengan elemen-elemen dan instansi terkait sesuai tupoksi yang merupakan salah satu kunci keberhasilan

Di tahun politik, jangan sampai anggota Basarnas terlibat politik praktis, harus saling menghargai, berhati-hati ber-medsos, jaga keberagaman dan toleransi kerukunan hidup.

Pertanggungjawabkan anggaran dengan akuntabel

Tingkatkan kesejahteraan personil, diantaranya melaksanakan latihan yang baik, memberikan promosi kepada personil sesuai kompetensinya, menciptakan suasana kerja yang kondusif, serta memberikan reward dan punishment.

Menajalankan amanah Basarnas sesuai tupoksinya dengan semangat kesiapan, kewaspadaan, dan profesionalisme dengan didasari tulus hati.

Lanjutkan program dan kegiatan yang telah tertu-ang dalam renstra Basarnas.

RAPAT KERJA 20194

2019, TAHUNREFORMASIDANBIROKRASIBASARNAS

1. Mengurangi dan akhirnya menghilang-kan setiap penyalahgunaan kewenangan publik oleh pejabat instansi yang bersang-kutan.2. Menjadikan negara yang memiliki bi-rokrasi yang bersih, mampu, dan melayani.3. Meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.4. Meningkatkan mutu perumusan dan pelaksanaan kebijakan/program instansi; meningkatkan eesiensi (biaya dan waktu) dalam pelaksanaan semua segi tugas or-ganisasi. 5. Menjadikan birokrasi Indonesia antisipa-5. Menjadikan birokrasi Indonesia antisipa-sif, proaktif, dan efektif dalam menghadapi globalisasi dan dinamika perubahan ling-kungan strategis.

1. Organisasi > Organisasi yang tepat fungsi dan tepat ukuran2. Tatalaksana > Sistem, progres dan prosedur kerja yang jelas, efektif, eesien, terukur dan sesuai prinsip-prinsip good governance.3. Peraturan Perundang-undangan > Regulasi 3. Peraturan Perundang-undangan > Regulasi yang lebih tertib, tidak tumpang tindih dan kon-dusif4. Sumber Daya Manusia Aparatur > SDM apara-tur yang berintegrasi, netral, kompeten, kapabel, profesional, berkinerja tinggi, dan sejahtera. 5. Pengawasan > Meningkatkan penyelengga-raan pemerintah yang bebas KKN. 6. Akuntabilitas > meningkatnya kapasitas dan kapabilitas kinerja birokrasi7. Pelayanan Publik > Pelayanan prima sesuai ke-butuhan dan harapan masyarakat8. Mindset dan Culture Set Aparatur > Birokrasi sesuai integritas dan kinerja yang tinggi.

1. Tidak ada korupsi;2. Tidak ada pelanggaran/sanksi; 3. APBN dan APBD baik; 4. Semua program selesai dengan baik; 5. Semua pelayanan dan perizinan 5. Semua pelayanan dan perizinan selesai dengan cepat dan tepat; 6. Komunikasi dengan publik baik; 7. Penggunaan waktu ( jam kerja) efektif dan produktif ; 8. Penerapan reward dan punish-8. Penerapan reward dan punish-ment secara konsisten dan berkelanjutan; 9. Hasil pembangunan nyata.

5

ASN BASARNAS HANYA 22,28% PAHAM TUSI6

7

REKOMENDASI PERBAIKAN:

8 RESPONSE TIME 28 MENIT

9BINA TENAGA & BINA POTENSIPERMASALAHANDITBINGA:

RENCANA STRATEGISTAHUN 2019:

219 TEMUAN& 426REKOMENDASIINSPEKTORAT

10

INTERAKTIF: Kakansar Kendari bertanya sekaligus memberikan masukan-masukan.

TEMUAN: Inspektur Basarnas menjelaskan sistem kerja Inspektorat terkait temuan-temuan internal. TEMUAN: Inspektur Basarnas menjelaskan sistem kerja Inspektorat terkait temuan-temuan internal.

SARPRAS HARUS SIAP SETIAP SAAT

11

KEWAJIBAN KANTOR SARTERKAIT SARPRAS:

4 POINT SISKOMUNTUK KAKANSAR

4 POINT OPTIMALISASISISTEMKOMUNIKASI

12

Direktorat Sistem Komunikasi memaparkan optimal-isasi sistem komunikasi. Ada 4 point yang harus dilak-sanakan oleh para Kepala Kantor SAR, yaitu:

Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Marsma TNI Kris Budiantoro mengatakan, Ka-kansar harus memaksimalkan fungsi Pusdatin dengan aktif menggunakan sistem informasi yang ada khususnya dalam operasi SAR. Selain itu, penyediaan dan pemutakhiran data dan in-formasi melalui sistem informasi yang ada secara berkala, penyiapan SDM pengguna (operator) sistem informasi yang kompeten, aktif dan tepat waktu dalam mengirimkan lapo-ran bulanan terkait data dan informasi ke Pus-datin, dan aktif menyampaikan data dan infor-masi kepada masyarakat melalui media website dan sosial media. “Sampai bulan Desember 2018, target laporan bulanan yang diterima Pusdatin dari 39 Satuan Kerja hanya sebesar 42,52%. Saya berharap, tahun 2019 ada peningkatan yang signiikan,” tegasnya. (*)

39 SATKER HANYA 42,52% YANG LAPORAN

APLIKASI MANAJERIAL:

APLIKASI OPERASIONAL:

13

DATA DAN INFORMASI: Kapusdatin meminta peran aktif seluruh Kakansar untuk aktif update data Kantor SAR.

14 RANGKAIAN KEGIATAN HUT BASARNASBHAKTI SOSIAL

DONORDARAH

KERJA SAMA PMI: Kabasarnas, Deputi Operasi, Kepala Biro Umum, dan Kepala Biro Hukum dan Kepegawaian sedang diam-bil darahnya oleh petugas medis dari PMI.

ZIARAH

TENIS MEJALOMBA KARAOKE

SANTUNAN: Ketua DWP Basarnas menyerahkan santunan berupa paket sembako dan uangtunai kepada kaum duafa dan anak yatim binaan Yayasan At Taqwa di Kelurahan SunterAgung serta santunan kepada 5 pensiunan Basarnas.

DOA & TABUR BUNGA: Kabasarnas memimpin doa di depan pusara parapendahulu Kabasarnas yang telah berpulang dilanjutkan tabur bunga.

SERU: Pertandingan nal tenis meja di loby Basarnas JUARA: Salah satu juara lomba karaoke.

15

Tim Direktorat Sarpras

Tim Biro Umum

Tim Direktorat Kesiapsiagaan

Tim Pusdatin

Tim Biro Hukum & Kepegawaian

Tim Direktorat Sistem Komunikasi

Tim Direktorat Operasi

Tim Direktorat Bina Tenaga

Tim Direktorat Bina Potensi

KREASI MAUMEREKREASI MAUMERE

DIRGAHAYU BASARNAS KE-47DIRGAHAYU BASARNAS KE-47

MOU: Kabasarnas menyaksikan 7 Potensi SAR menandatangani MoU.

“Dengan Sinergitas & Soliditas,Basarnas Bersama Potensi SAR

Bertekad MewujudkanPelayanan SAR

yang Cepat & Prima”

“Dengan Sinergitas & Soliditas,Basarnas Bersama Potensi SAR

Bertekad MewujudkanPelayanan SAR

yang Cepat & Prima”

DEMO: Tim BSG saat mengevakuasi korban di ketinggian pada demo usai upacara.

TRADISI: Kabasarnas didampingi Ketua DWP Basarnas saat memotong tumpeng. PUNCAK ACARA: Yuni Sara membawakan lagu Cinta Kita pada acara ramah tamah.