2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

44
PT PERTAMINA (PERSERO) Tanggal Revisi Revisi ke Halaman : : : 2017 1 (satu) 1 dari 11 SAFETY DATA SHEET LEMBAR DATA KESELAMATAN Slack Wax DAO 1. IDENTIFIKASI Nama Produk : Slack Wax – Deasphalting Oil (DAO) Nama Lain : - Anjuran dan Pembatasan Penggunaan : Produk ini digunakan sebagai polishes dan waxes, lem perekat dan sealant, pelumas dan greases. Produk ini digunakan dalam kegiatan atau proses berikut di tempat kerja: produksi campuran dengan tabletting, kompresi, ekstrusi, peletisasi da manipulasi energi rendah dari ikatan material pada produk. Produsen : PT Pertamina (Persero) Jl. Medan Merdeka Timur 1A Jakarta Pusat Kode Pos 10110 Telepon: 1500-000 Email: [email protected] Nomor Telepon Darurat : 1500-000 2. IDENTIFIKASI BAHAYA Klasifikasi Bahaya Produk : Tidak terklasifikasi. Kata Sinyal : Tidak terklasifikasi. Pernyataan Bahaya : Tidak terklasifikasi. Pernyataan kehati-hatian : Tidak terklasifikasi. Piktogram : - Bahaya Lain : Tidak terklasifikasi. 3. KOMPOSISI/INFORMASI TENTANG BAHAN PENYUSUN Nama Kimia CAS No. Konsentrasi (%) Paraffinic wax Highly-refined mineral oils 8002-74-2 8042-47-5 / 8012-95-1 Min. 80 Max. 20 4. TINDAKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN Uraian Langkah: Kontak Mata : Basuh air dengan air yang banyak. Jika terjadi iritasi, cari pertolongan medis. Kontak Kulit : Lepaskan pakaian yang terkontaminasi dan basuh kulit yang terpapar dengan sabun dan air. Jika iritasi terjadi, cari pertolongan medis. Jika terjadi cedera injeksi tekanan tinggi, segera cari pertolongan medis. Terhirup : Jika terhirup, bawa ke udara segar. Jika sulit bernafas, beri oksigen. Jika tidak bernafas, beri nafas buatan. Cari pertolongan medis. Tertelan : Bersihkan mulut dengan air dan cari pertolongan medis. Aspirasi pada paru-paru dapat menyebabkan chemical pneumonitis sehingga perlu penanganan yang tepat.

Transcript of 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

Page 1: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO) Tanggal Revisi Revisi ke Halaman

: : :

2017 1 (satu) 1 dari 11

SAFETY DATA SHEET LEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax DAO

1. IDENTIFIKASI Nama Produk : Slack Wax – Deasphalting Oil (DAO) Nama Lain : - Anjuran dan Pembatasan Penggunaan

: Produk ini digunakan sebagai polishes dan waxes, lem perekat dan sealant, pelumas dan greases. Produk ini digunakan dalam kegiatan atau proses berikut di tempat kerja: produksi campuran dengan tabletting, kompresi, ekstrusi, peletisasi da manipulasi energi rendah dari ikatan material pada produk.

Produsen : PT Pertamina (Persero) Jl. Medan Merdeka Timur 1A Jakarta Pusat Kode Pos 10110 Telepon: 1500-000 Email: [email protected]

Nomor Telepon Darurat : 1500-000

2. IDENTIFIKASI BAHAYA Klasifikasi Bahaya Produk : Tidak terklasifikasi. Kata Sinyal : Tidak terklasifikasi. Pernyataan Bahaya : Tidak terklasifikasi. Pernyataan kehati-hatian : Tidak terklasifikasi. Piktogram : - Bahaya Lain : Tidak terklasifikasi.

3. KOMPOSISI/INFORMASI TENTANG BAHAN PENYUSUN Nama Kimia CAS No. Konsentrasi (%)

Paraffinic wax Highly-refined mineral oils

8002-74-2 8042-47-5 / 8012-95-1

Min. 80 Max. 20

4. TINDAKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN Uraian Langkah:

Kontak Mata : Basuh air dengan air yang banyak. Jika terjadi iritasi, cari pertolongan medis.

Kontak Kulit : Lepaskan pakaian yang terkontaminasi dan basuh kulit yang terpapar dengan sabun dan air. Jika iritasi terjadi, cari pertolongan medis. Jika terjadi cedera injeksi tekanan tinggi, segera cari pertolongan medis.

Terhirup : Jika terhirup, bawa ke udara segar. Jika sulit bernafas, beri oksigen. Jika tidak bernafas, beri nafas buatan. Cari pertolongan medis.

Tertelan : Bersihkan mulut dengan air dan cari pertolongan medis. Aspirasi pada paru-paru dapat menyebabkan chemical pneumonitis sehingga perlu penanganan yang tepat.

Page 2: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO) Tanggal Revisi Revisi ke Halaman

: : :

2017 1 (satu) 2 dari 11

SAFETY DATA SHEET LEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax DAO

4. TINDAKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN Kumpulan gejala atau efek penting (akut atau kronis)

: Pada kondisi normal, tidak diharapkan menyebabkan bahaya akut saat penggunaan.

Indikasi yang memerlukan bantuan medis atau khusus

: Pengobatan dilakukan sesuai dengan gejala yang timbul.

5. TINDAKAN PEMADAMAN KEBAKARAN Media pemadaman yang sesuai

: Karbon dioksida, dry chemical dan foam.

Media pemadaman yang tidak sesuai

: Water jet.

Bahaya Spesifik yang diakibatkan bahan kimia tersebut

Bahaya ledakan dan kebakaran lain

: Data tidak tersedia.

Titik nyala : 270oC

Batas bahan terbakar (Flammability limit)

: Data tidak tersedia.

Dekomposisi bahan berbahaya

: Karbon oksida (CO, CO2), nitrogen dan sulfur oksida (NOX, SOX), material partikulat, aromatik, VOC.

Prosedur pemadaman

a. Karbon dioksida : Semprotkan pada pangkal api searah dengan angin.

b. Dry chemical powder : Semprotkan pada pangkal api searah dengan angin.

c. Foam/busa : Bila dalam suatu wadah semprotkan busa pada dinding bagian dalam jangan pada cairan yang terbakar, searah dengan angin dan bila hanya suatu ceceran semprotkan pada pangkal api sampai semua terselimuti searah dengan angin.

Alat pelindung khusus untuk pemadam kebakaran

: Untuk kejadian kebakaran pada area yang relatif tertutup, maka orang yang melakukan pemadaman kebakaran harus menggunakan Self Contained Breathing Apparatus (SCBA)

6. TATA CARA PENANGGULANGAN TUMPAHAN DAN KEBOCORAN Langkah-langkah pencegahan diri, alat pelindung dan prosedur tanggap darurat

: Hindari menghirup fume/gas/mist/uap/spray dari produk. Gunakan alat pelindung diri yang sesuai.

Langkah-langkah pencegahan bagi lingkungan

: Cegah masuknya tumpahan ke dalam selokan, saluran pembuangan atau perembesan ke dalam tanah.

Catatan Prosedur : Laporkan terjadinya tumpahan sesuai dengan otorisasi

Page 3: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO) Tanggal Revisi Revisi ke Halaman

: : :

2017 1 (satu) 3 dari 11

SAFETY DATA SHEET LEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax DAO

6. TATA CARA PENANGGULANGAN TUMPAHAN DAN KEBOCORAN lokal yang ditentukan ketika tumpahan diperkirakan dapat mengkontaminasi saluran air.

Metode dan bahan untuk penangkalan (containment) dan pembersihan

: Hilangkan semua kondisi yang dapat memungkinkan terjadinya ignisi. Lakukan absorpsi tumpahan menggunakan bahan penyerap (sorbent), serbuk gergaji dicampur dengan tanah liat dan bahan penghambat kebakaran lainnya. Bersihkan dan buang pada tempat pembuangan yang telah ditentukan oleh peraturan setempat.

7. PENANGANAN DAN PENYIMPANAN Langkah-langkah pencegahan untuk penanganan yang aman

: Jaga kontainer tertutup. Gunakan hanya pada ventilasi yang memadai. Hindari menghirup uap atau mist. Jauhkan dari panas, percikan, dan api. Untuk menghindari kebakaran atau ledakan, hilangkan listrik statis selama pemindahan dengan grounding dan mengikatkan kontainer dan peralatan sebelum pemindahan material. Gunakan peralatan listrik anti ledakan (ventilasi, pencahayaan, dan penanganan material). Cuci dengan bersih setelah penanganan.

Kondisi untuk penyimpanan yang aman dan inkompatibilitas

: Simpan pada area tersendiri yang disetujui. Simpan kontainer pada area yang sejuk dan berventilasi baik. Jaga kontainer untuk tertutup dan terbungkus rapat sampai siap untuk digunakan. Hindari sumber ignisi yang memungkinkan. Gunakan kontainer HDPE. Hindari kontainer PVC.

8. KONTROL PAPARAN ATAU PERLINDUNGAN DIRI Parameter pengendalian Batas paparan : TWA 5 mg/m3 (semua bentuk oil mist, mineral)

STEL 10 mg/m3 (semua bentuk oil mist, mineral) Indikator pajanan biologis : Data tidak tersedia. Pengendalian teknik yang sesuai

Ventilasi : Gunakan ventilasi yang memadai.

Tindakan pengendalian diri, termasuk alat pelindung diri

Perlindungan mata dan wajah

: Gunakan alat pelindung mata untuk bahan kimia (chemical type goggles).

Perlindungan kulit : Kurangi segala bentuk kontak kulit. Gunakan pakaian pelindung untuk mengurangi kontaminasi terhadap pakaian pribadi.

Page 4: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO) Tanggal Revisi Revisi ke Halaman

: : :

2017 1 (satu) 4 dari 11

SAFETY DATA SHEET LEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax DAO

8. KONTROL PAPARAN ATAU PERLINDUNGAN DIRI

Perlindungan pernapasan : Pakailah alat pelindung pernapasan jika konsentrasi polusi di udara telah melebihi Nilai Ambang Batas.

Tindakan higienis : Cuci tangan saat istirahat dan setelah bekerja. Tidak makan dan minum saat menggunakan produk. Tidak merokok saat menggunakan produk.

9. SIFAT FISIK DAN KIMIA Karakteristik Hasil Uji

Organoleptik (bentuk fisik, warna, dll) : Padat pada suhu ambient,

putih kekuningan Bau : Tidak berbau Ambang bau : Data tidak tersedia pH : Data tidak tersedia Titik lebur/titik beku : 69.0 oC – 74.0 oC

Titik didih/ rentang didih : 341 - 665 °C pada 101.325

kPa* Sifat mudah menyala : Tidak mudah menyala Titik nyala : 270 oC Laju penguapan : Data tidak tersedia Nilai batas flamabilitas terendah/tertinggi dan batas ledakan

: Data tidak tersedia

Tekanan uap : Data tidak tersedia Rapat (densitas) uap : Data tidak tersedia

Kerapatan (densitas) relatif : 0.825 - 0.875 g/cm³ pada

70/70 °C Kelarutan

Kelarutan dalam air : Tidak larut

Kelarutan dalam pelarut lain : Larut Koefisien partisi (n-oktanol/air) : -3.27 Suhu dapat membakar sendiri (auto-ignition temperature)

: Data tidak tersedia

Suhu penguraian : Data tidak tersedia Kekentalan (viskositas) : 18.5 - 22.5 cSt pada 100 oC

*Data mengacu pada ECHA Europe

10. STABILITAS DAN REAKTIVITAS Reaktivitas : Polimerisasi bahan berbahaya tidak terbentuk. Stabilitas Kimia : Stabil pada suhu dan tekanan normal. Reaksi berbahaya yang mungkin di bawah kondisi spesifik atau khusus

: Tidak ada reaksi yang berbahaya dalam kondisi normal.

Kondisi yang harus dihindari : Panas, nyala, ignisi atau kondisi yang dapat menyebabkan elektrisitas.

Page 5: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO) Tanggal Revisi Revisi ke Halaman

: : :

2017 1 (satu) 5 dari 11

SAFETY DATA SHEET LEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax DAO

10. STABILITAS DAN REAKTIVITAS Material yang tidak kompatibel

: Reaktif dengan agen pengoksidasi, asam, alkali, nitrat, chlorite, peroksida.

Produk berbahaya hasil dekomposisi

: Karbon oksida (CO, CO2), nitrogen dan sulfur oksida (NOX, SOX), material partikulat, aromatik, VOC

11. INFORMASI TOKSIKOLOGI Uraian lengkap dan komprehensif tentang efek toksikologi/kesehatan

Toksisitas akut : Rute paparan

Paraffin wax Highly-refined mineral oils

Oral Tidak ada dampak yang merugikan pada

LD50 5000 mg/kg (tikus)

Tidak ada dampak yang merugikan pada LD50 5000 mg/kg bw (tikus)

Inhalasi Tidak dipertimbangkan sebagai bahaya

inhalasi di bawah penggunaan dengan

kondisi normal.

Tidak ada dampak yang merugikan

pada LC50 (4 jam) 5000 mg/m3 (tikus)

Dermal Tidak ada dampak yang merugikan pada

LD50 2000 mg/kg (tikus)

Tidak ada dampak yang merugikan pada LD50 2000 mg/kg (kelinci)

Korosi/iritasi kulit : Data tidak tersedia. Diperkirakan tidak menyebabkan iritasi kulit. Pernyataan ini berasal dari senyawa atau produk yang memiliki kemiripan struktur atau komposisi.

Kerusakan atau iritasi serius pada mata

: Data tidak tersedia. Diperkirakan tidak menyebabkan kerusakan atau iritasi serius pada mata. Pernyataan ini berasal dari senyawa atau produk yang memiliki kemiripan struktur atau komposisi.

Sensitisasi saluran pernapasan/kulit

: Data tidak tersedia. Diperkirakan tidak menimbulkan sensitisasi pada saluran pernapasan atau kulit. Pernyataan ini berasal dari senyawa atau produk yang memiliki kemiripan struktur atau komposisi.

Mutagenitas pada sel nutfah

: Data tidak tersedia. Diperkirakan bukan mutagen pada sel nutfah. Pernyataan ini berasal dari senyawa atau produk yang memiliki kemiripan struktur atau komposisi.

Karsinogenisitas : Rute paparan

Paraffin wax Highly-refined mineral oils

Oral Tidak ada dampak yang merugikan

pada NOAEL 5700 mg/kg bw/hari (kronik, tikus)

Tidak ada dampak yang merugikan

pada NOAEL 1200 mg/kg bw/hari (kronik, mencit)

Page 6: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO) Tanggal Revisi Revisi ke Halaman

: : :

2017 1 (satu) 6 dari 11

SAFETY DATA SHEET LEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax DAO

11. INFORMASI TOKSIKOLOGI

Inhalasi - -

Dermal Tidak ada dampak yang merugikan pada NOAEL 128 mg/kg bw/hari

(subkronik, mencit)

-

Toksisitas terhadap reproduksi

: Rute paparan

Paraffin wax Highly-refined mineral oils

Efek pada kesuburan:

Oral Tidak ada dampak yang merugikan

pada NOAEL 1000 mg/kg bw/hari

(subkronik, tikus)

Tidak ada dampak yang merugikan

pada NOAEL 1000 mg/kg bw/hari

(subkronik, tikus)

Inhalasi - -

Dermal - Tidak ada dampak yang merugikan

pada NOAEL 2000 mg/kg bw/hari

(subkronik, tikus)

Efek pada perkembangan janin:

Oral - Tidak ada dampak yang merugikan

pada NOAEL 5000 mg/kg bw/hari

Inhalasi - Tidak ada dampak yang merugikan

pada NOAEC 1000 mg/m3 (subakut,

tikus)

Dermal - Tidak ada dampak yang merugikan

pada NOAEL 2000 mg/kg bw/hari (subakut, tikus)

Toksisitas pada organ sasaran spesifik setelah paparan tunggal

: Data tidak tersedia. Diperkirakan tidak toksik pada organ sasaran spesifik setelah paparan tunggal. Pernyataan ini berasal dari senyawa atau produk yang memiliki kemiripan struktur atau komposisi.

Toksisitas pada organ sasaran spesifik setelah

: Rute paparan

Paraffin wax Highly-refined mineral oils

Page 7: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO) Tanggal Revisi Revisi ke Halaman

: : :

2017 1 (satu) 7 dari 11

SAFETY DATA SHEET LEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax DAO

11. INFORMASI TOKSIKOLOGI paparan berulang Oral Tidak ada dampak

yang merugikan pada NOAEL 1500

mg/kg bw/hari (kronik, tikus)

Tidak ada dampak yang merugikan

pada NOAEL 1200 mg/kg bw/hari (kronik, tikus)

Inhalasi - Tidak ada dampak yang merugikan pada NOAEC 50 mg/m3 (subakut,

tikus)

Dermal Tidak ada dampak yang merugikan

pada NOAEL 2000 mg/kg bw/hari

(subkronik, tikus)

Tidak ada dampak yang merugikan

pada NOAEL 2000 mg/kg bw/hari

(subkronik, tikus)

Bahaya Aspirasi : Data tidak tersedia. Diperkirakan bukan bahaya aspirasi. Pernyataan ini berasal dari senyawa atau produk yang memiliki kemiripan struktur atau komposisi.

Informasi tentang rute paparan

: Tertelan dan kontak kulit.

Kumpulan gejala yang berkaitan dengan sifat fisik, kimia dan toksikologi

: Pada kondisi normal, tidak diharapkan menyebabkan bahaya akut saat penggunaan.

Efek akut, tertunda, dan kronik dari paparan jangka pendek dan jangka panjang

: Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.

Ukuran numerik tingkat toksisitas

: Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.

Efek interaktif : Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut. Jika data bahan kimia secara spesifik tidak tersedia

: Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.

Campuran : Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut. Campuran versus bahan penyusun

: Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.

Informasi lain : Kontak berkepanjangan dan/atau berulang kali dengan produk mengandung minyak mineral dapat menyebabkan defatting pada kulit, khususnya pada suhu tinggi. Hal ini dapat menyebabkan iritasi dan kemungkinan dermatisis, khususnya pada kondisi dengan higiene personal yang buruk.

Page 8: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO) Tanggal Revisi Revisi ke Halaman

: : :

2017 1 (satu) 8 dari 11

SAFETY DATA SHEET LEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax DAO

12. INFORMASI EKOLOGI Ekotoksisitas : Campuran yang tidak larut dengan baik. Dapat

menyebabkan cemaran fisik bagi organisme akuatik.

Efek paparan Paraffin wax Highly-refined mineral oils

Toksisitas jangka pendek pada ikan

LL50 (4 hari) 100 mg/L

LL50 (4 hari) 100 - 10000 mg/L

Toksistas jangka panjang pada ikan

Data tidak tersedia

Data tidak tersedia

Toksisitas jangka pendek pada invertebrata akuatik

LL50 (48 jam) 10 g/L

LL50 (48 jam) 100 mg/L

Toksisitas jangka panjang pada invertebrata akuatik

Data tidak tersedia

Data tidak tersedia

Toksisitas pada alga dan sianobakteri

Data tidak tersedia

Data tidak tersedia

Persistensi dan penguraian oleh lingkungan

: Tidak mudah terurai oleh lingkungan. Sebagian komponen diharapkan dapat terurai secara inheren, tetapi produk mengandung komponen yang mungkin bertahan di lingkungan.

Potensi bioakumulasi : Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut. Mobilitas dalam tanah : Cair di bawah kondisi lingkungan. Mengapung pada air.

Jika masuk ke dalam tanah, akan menyerap ke partikel tanah dan tidak akan bergerak.

Efek merugikan lainnya : Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.

13. PERTIMBANGAN PEMBUANGAN Metode pembuangan : Pembuangan limbah sebaiknya dihindarkan atau

diminimalisasi jika memungkinkan. Hindari penyebaran material tumpahan dan aliran dan kontak dengan tanah, saluran air, dan saluran pembuangan. Pembuangan produk ini, solusi dan produk sejenis sebaiknya

Page 9: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO) Tanggal Revisi Revisi ke Halaman

: : :

2017 1 (satu) 9 dari 11

SAFETY DATA SHEET LEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax DAO

13. PERTIMBANGAN PEMBUANGAN memenuhi persyaratan perlindungan lingkungan dan peraturan pembuangan limbah dan persyaratan dari otoritas lokal regional.

14. INFORMASI TRANSPORTASI USA DOT : Tidak diatur oleh USA DOT RID / ADR : Tidak diatur oleh RID/ADR IMO : Tidak diatur oleh IMO ICAO / IATA : Tidak diatur oleh IATA

15. INFORMASI REGULASI Regulasi tentang lingkungan, kesehatan dan keamanan untuk produk tersebut

: - Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 23/M-IND/PER/4/2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 87/M-IND/PER/9/2009 Tentang Sistem Harmonisasi Global Klasifikasi dan Label pada Bahan Kimia

- Peraturan Direktur Jenderal Basis Industri Manufaktur No. 04/BIM/PER/I/2014 tentang Petunjuk Teknis dan Petunjuk Pengawasan Pelaksanaan Sistem Harmonisasi Global Klasifikasi dan Label Pada Bahan Kimia

- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2001 Tentang Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun

- Keputusan Menteri Tenaga Kerja No Kep-187/Men/1999 tentang Pengendalian Bahan Kimia Berbahaya

- Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2016 tentang Standar dan Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Industri

- ACGIH®. 2016. TLVs® and BEIs®

16. INFORMASI LAIN

Tanggal Pembuatan LDK :

Tanggal Revisi LDK : 2017

Legenda atau singkatan dan akronim yang digunakan di dalam LDK

: ACGIH - American Conference on Governmental Industrial Hygienist BEI - Biological Exposure Indices CAS No. - Chemical Abstract Service Number HDPE - High Density Polyethylene IMO - International Maritime Organization ICAO/IATA - International Civil Organization Aviation/ International Air Transport Association

Page 10: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO) Tanggal Revisi Revisi ke Halaman

: : :

2017 1 (satu) 10 dari 11

SAFETY DATA SHEET LEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax DAO

16. INFORMASI LAIN PVC - Poly Vinyl Chlorida RID/ADR - European Agreements Concerning the International Carriage of Dangerous Goods by Rail and by road TLV - Threshold Limit Value TWA - Time-Weighted Average SCBA - Self Contained Breathing Apparatus STEL - Short Term Exposure Limit USA DOT - United States Department of Transportation

Referensi yang digunakan dalam penyusunan LDK

: echa.europa.eu

NFPA

: Tingkatan Merah Biru Kuning

0 Tidak dapat terbakar

Bahan bisa/tidak berbahaya

Stabil dalam kondisi normal

1 Harus dipanaskan dahulu untuk terbakar

Sedikit berbahaya

Tidak stabil bila dipanaskan – lakukan tindakan pencegahan normal

2 Terbakar bila dengan panas yang cukup

Berbahaya, gunakan alat pelindung pernapasan

Bahan kimia mungkin dapat bereaksi – gunakan selubung dengan jarak aman

3 Terbakar pada suhu normal

Sangat berbahaya, gunakan pakaian pelindung jenuh

Goncangan kuat atau panas dapat meledakkan – lakukan monitor dari balik penghalang tahan ledakan

4 Sangat Terlalu Dapat

Page 11: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO) Tanggal Revisi Revisi ke Halaman

: : :

2017 1 (satu) 11 dari 11

SAFETY DATA SHEET LEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax DAO

16. INFORMASI LAIN

mudah terbakar

berbahaya untuk memapar uap atau cairannya

meledak – kosongkan area jika bahan dipaparkan api

Putih

Radioaktif

Jangan kontak dengan air

Sangkalan

Informasi ini disusun berdasarkan pengetahuan saat ini dan ditujukan untuk mendeskripsikan

bahaya keselamatan, kesehatan dan lingkungan dari produk tersebut. Oleh karena itu, informasi ini

tidak ditujukan sebagai jaminan terhadap sifat spesifik dari produk. Semua risiko selama penggunaan

adalah tanggung jawab pengguna. Dilarang mengganti dokumen ini, kecuali dengan persetujuan

secara hukum.

Page 12: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)1 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax LMO

1. IDENTIFIKASINama Produk : Slack Wax – Light Machine Oil (LMO)Nama Lain : -Anjuran dan PembatasanPenggunaan

: Produk ini digunakan sebagai polishes dan waxes.Kemudian sebagai sizing agent pada industri tekstil danindustri kayu. Sebagai dispersing agent, binder coating,dan surface glass atau laminating pada industri kertas.Sebagai viscocity regulation, slip agent, dan pelindungpermukaan pada industri cat.

Produsen : PT Pertamina (Persero)Jl. Medan Merdeka Timur 1AJakarta Pusat Kode Pos 10110Telepon: 1500-000Email: [email protected]

Nomor Telepon Darurat : 1500-000

2. IDENTIFIKASI BAHAYAKlasifikasi Bahaya Produk : Tidak terklasifikasi.Kata Sinyal : Tidak terklasifikasi.Pernyataan Bahaya : Tidak terklasifikasi.Pernyataan kehati-hatian : Tidak terklasifikasi.Piktogram : -Bahaya Lain : Tidak terklasifikasi.

3. KOMPOSISI/INFORMASI TENTANG BAHAN PENYUSUNNama Kimia CAS No. Konsentrasi (%)

Paraffinic waxHighly-refined mineral oils

8002-74-28042-47-5 / 8012-95-1

Min. 72Max. 28

4. TINDAKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAANUraian Langkah: Kontak Mata : Basuh air dengan air yang banyak. Jika terjadi iritasi, cari

pertolongan medis. Kontak Kulit : Lepaskan pakaian yang terkontaminasi dan basuh kulit

yang terpapar dengan sabun dan air. Jika iritasi terjadi,cari pertolongan medis. Jika terjadi cedera injeksi tekanantinggi, segera cari pertolongan medis.

Terhirup : Jika terhirup, bawa ke udara segar. Jika sulit bernafas,beri oksigen. Jika tidak bernafas, beri nafas buatan. Caripertolongan medis.

Tertelan : Bersihkan mulut dengan air dan cari pertolongan medis.Aspirasi pada paru-paru dapat menyebabkan chemicalpneumonitis sehingga perlu penanganan yang tepat.

Kumpulan gejala atau efek : Pada kondisi normal, tidak diharapkan menyebabkan

Page 13: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)2 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax LMO

4. TINDAKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAANpenting (akut atau kronis) bahaya akut saat penggunaan.Indikasi yang memerlukanbantuan medis atau khusus

: Pengobatan dilakukan sesuai dengan gejala yang timbul.

5. TINDAKAN PEMADAMAN KEBAKARANMedia pemadaman yangsesuai

: Karbon dioksida, dry chemical dan foam.

Media pemadaman yangtidak sesuai

: Water jet.

Bahaya Spesifik yangdiakibatkan bahan kimiatersebut Bahaya ledakan dan

kebakaran lain: Data tidak tersedia

Titik nyala : Min. 200 oCBatas bahan terbakar(Flammability limit)

: Data tidak tersedia

Dekomposisi bahanberbahaya

: Karbon oksida (CO, CO2), nitrogen dan sulfur oksida (NOX,SOX), material partikulat, aromatik, VOC.

Prosedur pemadaman

a. Karbon dioksida : Semprotkan pada pangkal api searah dengan angin.b. Dry chemical powder : Semprotkan pada pangkal api searah dengan angin.c. Foam/busa : Bila dalam suatu wadah semprotkan busa pada dinding

bagian dalam jangan pada cairan yang terbakar, searahdengan angin dan bila hanya suatu ceceran semprotkanpada pangkal api sampai semua terselimuti searahdengan angin.

Alat pelindung khusus untukpemadam kebakaran

: Untuk kejadian kebakaran pada area yang relatiftertutup, maka orang yang melakukan pemadamankebakaran harus menggunakan Self Contained BreathingApparatus (SCBA)

6. TATA CARA PENANGGULANGAN TUMPAHAN DAN KEBOCORANLangkah-langkahpencegahan diri, alatpelindung dan prosedurtanggap darurat

: Hindari menghirup fume/gas/mist/uap/spray dari produk.Gunakan alat pelindung diri yang sesuai.

Langkah-langkahpencegahan bagi lingkungan

: Cegah masuknya tumpahan ke dalam selokan, saluranpembuangan atau perembesan ke dalam tanah.

Catatan Prosedur : Laporkan terjadinya tumpahan sesuai dengan otorisasilokal yang ditentukan ketika tumpahan diperkirakan

Page 14: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)3 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax LMO

6. TATA CARA PENANGGULANGAN TUMPAHAN DAN KEBOCORANdapat mengkontaminasi saluran air.

Metode dan bahan untukpenangkalan (containment)dan pembersihan

: Hilangkan semua kondisi yang dapat memungkinkanterjadinya ignisi.Lakukan absorpsi tumpahan menggunakan bahanpenyerap (sorbent), serbuk gergaji dicampur dengantanah liat dan bahan penghambat kebakaran lainnya.Bersihkan dan buang pada tempat pembuangan yangtelah ditentukan oleh peraturan setempat.

7. PENANGANAN DAN PENYIMPANANLangkah-langkahpencegahan untukpenanganan yang aman

: Jaga kontainer tertutup. Gunakan hanya pada ventilasiyang memadai. Hindari menghirup uap atau mist.Jauhkan dari panas, percikan, dan api. Untuk menghindarikebakaran atau ledakan, hilangkan listrik statis selamapemindahan dengan grounding dan mengikatkankontainer dan peralatan sebelum pemindahan material.Gunakan peralatan listrik anti ledakan (ventilasi,pencahayaan, dan penanganan material). Cuci denganbersih setelah penanganan.

Kondisi untuk penyimpananyang aman daninkompatibilitas

: Simpan pada area tersendiri yang disetujui. Simpankontainer pada area yang sejuk dan berventilasi baik. Jagakontainer untuk tertutup dan terbungkus rapat sampaisiap untuk digunakan. Hindari sumber ignisi yangmemungkinkan.Gunakan kontainer HDPE.Hindari kontainer PVC.

8. KONTROL PAPARAN ATAU PERLINDUNGAN DIRIParameter pengendalianBatas paparan : TWA 5 mg/m3 (semua bentuk oil mist, mineral)

STEL 10 mg/m3 (semua bentuk oil mist, mineral)Indikator pajanan biologis : Data tidak tersedia.Pengendalian teknik yangsesuai Ventilasi : Gunakan ventilasi yang memadai.Tindakan pengendalian diri,termasuk alat pelindung diri Perlindungan mata dan

wajah: Gunakan alat pelindung mata untuk bahan kimia

(chemical type goggles). Perlindungan kulit : Kurangi segala bentuk kontak kulit. Gunakan pakaian

pelindung untuk mengurangi kontaminasi terhadappakaian pribadi.

Perlindungan pernapasan : Pakailah alat pelindung pernapasan jika konsentrasi

Page 15: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)4 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax LMO

8. KONTROL PAPARAN ATAU PERLINDUNGAN DIRIpolusi di udara telah melebihi Nilai Ambang Batas.

Tindakan higienis : Cuci tangan saat istirahat dan setelah bekerja.Tidak makan dan minum saat menggunakan produk.Tidak merokok saat menggunakan produk.

9. SIFAT FISIK DAN KIMIAKarakteristik Hasil UjiOrganoleptik (bentuk fisik, warna, dll) : Padatan, putih kekuninganBau : Tidak berbauAmbang bau : Data tidak tersediapH : Data tidak tersediaTitik lebur/titik beku : 53 – 58 oC pada 101.325 kPa

Titik didih/ rentang didih : 341 - 665 °C pada 101.325kPa*

Sifat mudah menyala : Tidak mudah menyalaTitik nyala : Min. 200 oCLaju penguapan : Data tidak tersediaNilai batas flamabilitas terendah/tertinggi dan batasledakan

: Data tidak tersedia

Tekanan uap : Data tidak tersediaRapat (densitas) uap : Data tidak tersedia

Kerapatan (densitas) relatif : 0.78 - 0.85 g/cm³ pada 70/70°C

Kelarutan Kelarutan dalam air : Tidak larut Kelarutan dalam pelarut lain : Larut

Koefisien partisi (n-oktanol/air) : -1.37Suhu dapat membakar sendiri (auto-ignitiontemperature)

: Data tidak tersedia

Suhu penguraian : Data tidak tersediaKekentalan (viskositas) : 4.7 - 5.7 cSt pada 100 oC

*Data mengacu pada ECHA Europe

10. STABILITAS DAN REAKTIVITASReaktivitas : Polimerisasi bahan berbahaya tidak terbentuk.Stabilitas Kimia : Stabil pada suhu dan tekanan normal.Reaksi berbahaya yangmungkin di bawah kondisispesifik atau khusus

: Tidak ada reaksi yang berbahaya dalam kondisi normal,tetapi reaktif dengan agen pengoksidasi, asam, alkali,nitrat, klorit, peroksida.

Kondisi yang harus dihindari : Panas, nyala, ignisi atau kondisi yang dapat menyebabkanelektrisitas.

Material yang tidakkompatibel

: Agen pengoksidasi, asam, alkali, nitrat, klorit, peroksida.

Produk berbahaya hasil : Karbon oksida (CO, CO2), nitrogen dan sulfur oksida (NOX,

Page 16: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)5 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax LMO

10. STABILITAS DAN REAKTIVITASdekomposisi SOX), material partikulat, aromatik, VOC

11. INFORMASI TOKSIKOLOGIUraian lengkap dan komprehensif tentang efek toksikologi/kesehatan Toksisitas akut : Rute

paparanParaffin wax Highly-refined

mineral oilsOral LD50 5000 mg/kg

(tikus)Tidak ada dampak

yang merugikan

LD50 5000 mg/kgbw (tikus)

Tidak ada dampakyang merugikan

Inhalasi Tidakdipertimbangkansebagai bahaya

inhalasi di bawahpenggunaan dengan

kondisi normal.

LC50 (4 jam) 5000mg/m3 (tikus)

Tidak ada dampakyang merugikan

Dermal LD50 2000 mg/kg(tikus)

Tidak ada dampakyang merugikan

LD50 2000 mg/kg(kelinci)

Tidak ada dampakyang merugikan

Korosi/iritasi kulit : Data tidak tersedia. Diperkirakan tidak menyebabkaniritasi kulit. Pernyataan ini berasal dari senyawa atauproduk yang memiliki kemiripan struktur atau komposisi.

Kerusakan atau iritasiserius pada mata

: Data tidak tersedia. Diperkirakan tidak menyebabkankerusakan atau iritasi serius pada mata. Pernyataan iniberasal dari senyawa atau produk yang memilikikemiripan struktur atau komposisi.

Sensitisasi saluranpernapasan/kulit

: Data tidak tersedia. Diperkirakan tidak menimbulkansensitisasi pada saluran pernapasan atau kulit.Pernyataan ini berasal dari senyawa atau produk yangmemiliki kemiripan struktur atau komposisi.

Mutagenitas pada selnutfah

: Data tidak tersedia. Diperkirakan bukan mutagen pada selnutfah. Pernyataan ini berasal dari senyawa atau produkyang memiliki kemiripan struktur atau komposisi.

Karsinogenisitas : Rutepaparan

Paraffin wax Highly-refinedmineral oils

Oral Tidak ada dampakyang merugikan

pada NOAEL 5700mg/kg bw/hari(kronik, tikus)

Tidak ada dampakyang merugikan

pada NOAEL 1200mg/kg bw/hari(kronik, mencit)

Inhalasi - -Dermal Tidak ada dampak -

Page 17: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)6 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax LMO

11. INFORMASI TOKSIKOLOGIyang merugikanpada NOAEL 128mg/kg bw/hari

(subkronik,mencit)

Toksisitas terhadapreproduksi

: Rutepaparan

Paraffin wax Highly-refinedmineral oils

Efek pada kesuburan:Oral Tidak ada dampak

yang merugikanpada NOAEL 1000

mg/kg bw/hari(subkronik, tikus)

Tidak ada dampakyang merugikan

pada NOAEL 1000mg/kg bw/hari

(subkronik, tikus)Inhalasi - -Dermal - Tidak ada dampak

yang merugikanpada NOAEL 2000

mg/kg bw/hari(subkronik, tikus)

Efek pada perkembangan janin:Oral - Tidak ada dampak

yang merugikanpada NOAEL 5000

mg/kg bw/hariInhalasi - Tidak ada dampak

yang merugikanpada NOAEC 1000mg/m3 (subakut,

tikus)Dermal - Tidak ada dampak

yang merugikanpada NOAEL 2000

mg/kg bw/hari(subakut, tikus)

Toksisitas pada organsasaran spesifik setelahpaparan tunggal

: Data tidak tersedia. Diperkirakan tidak toksik pada organsasaran spesifik setelah paparan tunggal. Pernyataan iniberasal dari senyawa atau produk yang memilikikemiripan struktur atau komposisi.

Toksisitas pada organsasaran spesifik setelahpaparan berulang

: Rutepaparan

Paraffin wax Highly-refinedmineral oils

Oral Tidak ada dampakyang merugikan

Tidak ada dampakyang merugikan

Page 18: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)7 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax LMO

11. INFORMASI TOKSIKOLOGIpada NOAEL 1500

mg/kg bw/hari(kronik, tikus)

pada NOAEL 1200mg/kg bw/hari(kronik, tikus)

Inhalasi - Tidak ada dampakyang merugikanpada NOAEC 50mg/m3 (subakut,

tikus)Dermal Tidak ada dampak

yang merugikanpada NOAEL 2000

mg/kg bw/hari(subkronik, tikus)

Tidak ada dampakyang merugikan

pada NOAEL 2000mg/kg bw/hari

(subkronik, tikus)

Bahaya Aspirasi : Data tidak tersedia. Diperkirakan bukan bahaya aspirasi.Pernyataan ini berasal dari senyawa atau produk yangmemiliki kemiripan struktur atau komposisi.

Informasi tentang rutepaparan

: Tertelan dan kontak kulit.

Kumpulan gejala yangberkaitan dengan sifat fisik,kimia dan toksikologi

: Pada kondisi normal, tidak diharapkan menyebabkanbahaya akut saat penggunaan.

Efek akut, tertunda, dankronik dari paparan jangkapendek dan jangka panjang

: Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.

Ukuran numerik tingkattoksisitas

: Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.

Efek interaktif : Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.Jika data bahan kimia secaraspesifik tidak tersedia

: Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.

Campuran : Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.Campuran versus bahanpenyusun

: Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.

Informasi lain : Kontak berkepanjangan dan/atau berulang kali denganproduk mengandung minyak mineral dapat menyebabkandefatting pada kulit, khususnya pada suhu tinggi. Hal inidapat menyebabkan iritasi dan kemungkinan dermatisis,khususnya pada kondisi dengan higiene personal yangburuk.

12. INFORMASI EKOLOGIEkotoksisitas : Campuran yang tidak larut dengan baik. Dapat

menyebabkan cemaran fisik bagi organisme akuatik.

Page 19: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)8 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax LMO

12. INFORMASI EKOLOGIEfek paparan Paraffin wax Highly-refined

mineral oilsToksisitasjangkapendek padaikan

LL50 (4 hari) 100mg/L

Ikan: LL50 (4 hari)100 - 10000 mg/L

Toksistasjangkapanjang padaikan

Data tidaktersedia Data tidak tersedia

Toksisitasjangkapendek padainvertebrataakuatik

LL50 (48 jam) 10g/L

LL50 (48 jam) 100mg/L

Toksisitasjangkapanjang padainvertebrataakuatik

Data tidaktersedia Data tidak tersedia

Toksisitaspada algadansianobakteri

Data tidaktersedia Data tidak tersedia

Persistensi dan penguraianoleh lingkungan

: Tidak mudah terurai oleh lingkungan. Sebagiankomponen diharapkan dapat terurai secara inheren,tetapi produk mengandung komponen yang mungkinbertahan di lingkungan.

Potensi bioakumulasi : Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.Mobilitas dalam tanah : Cair di bawah kondisi lingkungan. Mengapung pada air.

Jika masuk ke dalam tanah, akan menyerap ke partikeltanah dan tidak akan bergerak.

Efek merugikan lainnya : Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.

13. PERTIMBANGAN PEMBUANGANMetode pembuangan : Pembuangan limbah sebaiknya dihindarkan atau

diminimalisasi jika memungkinkan. Hindari penyebaranmaterial tumpahan dan aliran dan kontak dengan tanah,saluran air, dan saluran pembuangan. Pembuanganproduk ini, solusi dan produk sejenis sebaiknyamemenuhi persyaratan perlindungan lingkungan danperaturan pembuangan limbah dan persyaratan dariotoritas lokal regional.

Page 20: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)9 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax LMO

14. INFORMASI TRANSPORTASIUSA DOT : Tidak diatur oleh USA DOTRID / ADR : Tidak diatur oleh RID/ADRIMO : Tidak diatur oleh IMOICAO / IATA : Tidak diatur oleh IATA

15. INFORMASI REGULASIRegulasi tentang lingkungan,kesehatan dan keamananuntuk produk tersebut

: - Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 23/M-IND/PER/4/2013 tentang Perubahan Atas PeraturanMenteri Perindustrian Nomor 87/M-IND/PER/9/2009Tentang Sistem Harmonisasi Global Klasifikasi danLabel pada Bahan Kimia

- Peraturan Direktur Jenderal Basis Industri ManufakturNo. 04/BIM/PER/I/2014 tentang Petunjuk Teknis danPetunjuk Pengawasan Pelaksanaan Sistem HarmonisasiGlobal Klasifikasi dan Label Pada Bahan Kimia

- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74Tahun 2001 Tentang Pengelolaan Bahan Berbahayadan Beracun

- Keputusan Menteri Tenaga Kerja No Kep-187/Men/1999 tentang Pengendalian Bahan KimiaBerbahaya

- Peraturan Menteri Kesehatan Republik IndonesiaNomor 70 Tahun 2016 tentang Standar danPersyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Industri

- ACGIH®. 2016. TLVs® and BEIs®

16. INFORMASI LAINTanggal Pembuatan LDK :

Tanggal Revisi LDK : 2017

Legenda atau singkatan danakronim yang digunakan didalam LDK

: ACGIH - American Conference on GovernmentalIndustrial HygienistBEI - Biological Exposure IndicesCAS No. - Chemical Abstract Service NumberHDPE - High Density PolyethyleneIMO - International Maritime OrganizationICAO/IATA - International Civil Organization Aviation/International Air Transport AssociationPVC - Poly Vinyl ChloridaRID/ADR - European Agreements Concerning theInternational Carriage of Dangerous Goods by Rail and byroad

Page 21: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)10 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax LMO

16. INFORMASI LAINTLV - Threshold Limit ValueTWA - Time-Weighted AverageSCBA - Self Contained Breathing ApparatusSTEL - Short Term Exposure LimitUSA DOT - United States Department of Transportation

Referensi yang digunakandalam penyusunan LDK

: echa.europa.eu

NFPA : Tingkatan Merah Biru Kuning0 Tidak

dapatterbakar

Bahanbisa/tidakberbahaya

Stabildalamkondisinormal

1 Harusdipanaskandahuluuntukterbakar

Sedikitberbahaya

Tidak stabilbiladipanaskan– lakukantindakanpencegahannormal

2 Terbakarbiladenganpanas yangcukup

Berbahaya,gunakanalatpelindungpernapasan

Bahankimiamungkindapatbereaksi –gunakanselubungdenganjarak aman

3 Terbakarpada suhunormal

Sangatberbahaya,gunakanpakaianpelindungjenuh

Goncangankuat ataupanasdapatmeledakkan– lakukanmonitordari balikpenghalangtahanledakan

4 Sangatmudahterbakar

Terlaluberbahayauntukmemaparuap atau

Dapatmeledak –kosongkanarea jikabahan

Page 22: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)11 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax LMO

16. INFORMASI LAINcairannya dipaparkan

api

PutihRadioaktif

Jangan kontakdengan air

Sangkalan

Informasi ini disusun berdasarkan pengetahuan saat ini dan ditujukan untuk mendeskripsikanbahaya keselamatan, kesehatan dan lingkungan dari produk tersebut. Oleh karena itu, informasi initidak ditujukan sebagai jaminan terhadap sifat spesifik dari produk. Semua risiko selama penggunaanadalah tanggung jawab pengguna. Dilarang mengganti dokumen ini, kecuali dengan persetujuansecara hukum.

Page 23: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)1 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax MMO

1. IDENTIFIKASINama Produk : Slack Wax – Medium Machine Oil (MMO)Nama Lain : Unrefined WaxAnjuran dan PembatasanPenggunaan

: Produk ini digunakan sebagai polishes dan waxes, lemperekat dan sealant, pelumas dan greases.Produk ini digunakan dalam kegiatan atau proses berikutdi tempat kerja: produksi campuran dengan tabletting,kompresi, ekstrusi, peletisasi da manipulasi energi rendahdari ikatan material pada produk.

Produsen : PT Pertamina (Persero)Jl. Medan Merdeka Timur 1AJakarta Pusat Kode Pos 10110Telepon: 1500-000Email: [email protected]

Nomor Telepon Darurat : 1500-000

2. IDENTIFIKASI BAHAYAKlasifikasi Bahaya Produk : Tidak terklasifikasi.Kata Sinyal : Tidak terklasifikasi.Pernyataan Bahaya : Tidak terklasifikasi.Pernyataan kehati-hatian : Tidak terklasifikasi.Piktogram : -Bahaya Lain : Tidak terklasifikasi.

3. KOMPOSISI/INFORMASI TENTANG BAHAN PENYUSUNNama Kimia CAS No. Konsentrasi (%)

Paraffinic waxHighly-refined mineral oils

8002-74-28042-47-5 / 8012-95-1

Min. 60Max.l 40

4. TINDAKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAANUraian Langkah: Kontak Mata : Jauhkan dari sumber pajanan, bawa ke udara segar dan

basuh mata dengan air yang banyak selama kurang lebih15 menit.

Kontak Kulit : Jika kemerahan atau iritasi terjadi, cari pertolonganmedis. Jika terkontaminasi dengan produk molten, basuhmaterial yang terdapat pada kulit dan basuh areaterpajan dengan air dingin.

Terhirup : Jauhkan dari sumber pajanan, bawa ke udara segar. Tertelan : Pada umumnya, tidak ada pertolongan yang dibutuhkan

selain jumlah yang besar tertelan, bagaimanapun segeracari pertolongan medis.

Kumpulan gejala atau efekpenting (akut atau kronis)

: Pada kondisi normal, tidak diharapkan menyebabkanbahaya akut saat penggunaan.

Page 24: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)2 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax MMO

4. TINDAKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAANIndikasi yang memerlukanbantuan medis atau khusus

: Pengobatan dilakukan sesuai dengan gejala yang timbul.

5. TINDAKAN PEMADAMAN KEBAKARANMedia pemadaman yangsesuai

: Karbon dioksida, dry chemical dan foam.

Media pemadaman yangtidak sesuai

: Water jet.

Bahaya Spesifik yangdiakibatkan bahan kimiatersebut Bahaya ledakan dan

kebakaran lain: Molten wax dapat mengignisi material mudah terbakar

yang kontak.Titik nyala : 253 °CBatas bahan terbakar(Flammability limit)

: Data tidak tersedia.

Dekomposisi bahanberbahaya

: Oksida karbon, oksida minor dari sulfur dan nitrogen.

Prosedur pemadaman

a. Karbon dioksida : Semprotkan pada pangkal api searah dengan angin.b. Dry chemical powder : Semprotkan pada pangkal api searah dengan angin.c. Foam/busa : Bila dalam suatu wadah semprotkan busa pada dinding

bagian dalam jangan pada cairan yang terbakar, searahdengan angin dan bila hanya suatu ceceran semprotkanpada pangkal api sampai semua terselimuti searahdengan angin.

Alat pelindung khusus untukpemadam kebakaran

: Gunakan Self Contained Breathing Apparatus (SCBA) yangdisetujui NIOSH/MSHA dan alat perlindungan lengkap.Water spray dapat digunakan pada uap minimum dancooling center dari pajanan terhadap panas dan nyala.Hindari penyebaran.

6. TATA CARA PENANGGULANGAN TUMPAHAN DAN KEBOCORANLangkah-langkahpencegahan diri, alatpelindung dan prosedurtanggap darurat

: Hindari menghirup fume/gas/mist/uap/spray dari produk.Gunakan alat pelindung diri yang sesuai.

Langkah-langkahpencegahan bagi lingkungan

: Cegah masuknya tumpahan ke dalam selokan, saluranpembuangan atau perembesan ke dalam tanah.

Catatan Prosedur : Laporkan terjadinya tumpahan sesuai dengan otorisasilokal yang ditentukan ketika tumpahan diperkirakan

Page 25: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)3 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax MMO

6. TATA CARA PENANGGULANGAN TUMPAHAN DAN KEBOCORANdapat mengkontaminasi saluran air.

Metode dan bahan untukpenangkalan (containment)dan pembersihan

: Hilangkan semua kondisi yang dapat memungkinkanterjadinya ignisi.Lakukan absorpsi tumpahan menggunakan bahanpenyerap (sorbent), serbuk gergaji dicampur dengantanah liat dan bahan penghambat kebakaran lainnya.Bersihkan dan buang pada tempat pembuangan yangtelah ditentukan oleh peraturan setempat.

7. PENANGANAN DAN PENYIMPANANLangkah-langkahpencegahan untukpenanganan yang aman

: Jaga kontainer tertutup. Gunakan hanya pada ventilasiyang memadai. Hindari menghirup uap atau mist.Jauhkan dari panas, percikan, dan api. Untuk menghindarikebakaran atau ledakan, hilangkan listrik statis selamapemindahan dengan grounding dan mengikatkankontainer dan peralatan sebelum pemindahan material.Gunakan peralatan listrik anti ledakan (ventilasi,pencahayaan, dan penanganan material). Cuci denganbersih setelah penanganan.

Kondisi untuk penyimpananyang aman daninkompatibilitas

: Simpan pada area tersendiri yang disetujui. Simpankontainer pada area yang sejuk dan berventilasi baik. Jagakontainer untuk tertutup dan terbungkus rapat sampaisiap untuk digunakan. Hindari sumber ignisi yangmemungkinkan.Gunakan kontainer HDPE.Hindari kontainer PVC.

8. KONTROL PAPARAN ATAU PERLINDUNGAN DIRIParameter pengendalianBatas paparan : TWA 2 mg/m3 (dalam bentuk fume)Indikator pajanan biologis : Data tidak tersediaPengendalian teknik yangsesuai Ventilasi : Local exhaust direkomendasikan selama operasi proses

hot meltingTindakan pengendalian diri,termasuk alat pelindung diri Perlindungan mata dan

wajah: Gunakan alat pelindung mata untuk bahan kimia

(chemical type goggles), eye wash fountain dan delugeshower.

Perlindungan kulit : Segera bilas setelah penanganan. Gunakan heat resistantgloves.

Perlindungan pernapasan : Tidak ada perlindungan pernapasan khusus yang

Page 26: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)4 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax MMO

8. KONTROL PAPARAN ATAU PERLINDUNGAN DIRIdibutuhkan ketika bekerja dengan material padat.Perlindungan dari fume dan uap yang dihasilkan darimaterial molten mungkin diperlukan.

Tindakan higienis : Cuci tangan saat istirahat dan setelah bekerja.Tidak makan dan minum saat menggunakan produk.Tidak merokok saat menggunakan produk.

9. SIFAT FISIK DAN KIMIA

Karakteristik Hasil Uji

Organoleptik (bentuk fisik, warna, dll) : Padatan, putihBau : Tidak berbauAmbang bau : Data tidak tersediapH : Data tidak tersediaTitik lebur/titik beku : 58 - 64 °C pada 101.325 kPa

Titik didih/ rentang didih : 341 - 665 °C pada 101.325kPa*

Sifat mudah menyala : Tidak mudah menyalaTitik nyala : 253 °CLaju penguapan : Data tidak tersediaNilai batas flamabilitas terendah/tertinggi dan batasledakan

: Data tidak tersedia

Tekanan uap : Data tidak tersediaRapat (densitas) uap : Data tidak tersediaKerapatan (densitas) relatif : 0.785 - 0.845 pada 70/70 °CKelarutan Kelarutan dalam air : Tidak larut Kelarutan dalam pelarut lain : Larut

Koefisien partisi (n-oktanol/air) : -1.5Suhu dapat membakar sendiri (auto-ignitiontemperature)

: Data tidak tersedia

Suhu penguraian : Data tidak tersediaKekentalan (viskositas) : 8.2 – 9.4 cSt pada 100 °C

*Data mengacu pada ECHA Europe

10. STABILITAS DAN REAKTIVITASReaktivitas : Polimerisasi bahan berbahaya tidak terbentuk.Stabilitas Kimia : Stabil pada suhu dan tekanan normal.Reaksi berbahaya yangmungkin di bawah kondisispesifik atau khusus

: Tidak ada reaksi yang berbahaya dalam kondisi normal.

Kondisi yang harus dihindari : Panas, nyala, ignisi atau kondisi yang dapat menyebabkanelektrisitas.

Page 27: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)5 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax MMO

10. STABILITAS DAN REAKTIVITASMaterial yang tidakkompatibel

: Reaktif dengan agen pengoksidasi, asam, alkali, nitrat,chlorite, peroksida.

Produk berbahaya hasildekomposisi

: Karbon oksida (CO, CO2), nitrogen dan sulfur oksida(NOX, SOX), material partikulat, aromatik, VOC

11. INFORMASI TOKSIKOLOGIUraian lengkap dan komprehensif tentang efek toksikologi/kesehatan Toksisitas akut : Rute

paparanParaffin wax Highly-refined

mineral oilsOral Tidak ada dampak

yang merugikan padaLD50 5000 mg/kg

(tikus)

Tidak ada dampakyang merugikanpada LD50 5000mg/kg bw (tikus)

Inhalasi Tidakdipertimbangkansebagai bahaya

inhalasi di bawahpenggunaan dengan

kondisi normal.

Tidak ada dampakyang merugikan

pada LC50 (4 jam)5000 mg/m3 (tikus)

Dermal Tidak ada dampakyang merugikan pada

LD50 2000 mg/kg(tikus)

Tidak ada dampakyang merugikanpada LD50 2000mg/kg (kelinci)

Korosi/iritasi kulit : Data tidak tersedia. Diperkirakan tidak menyebabkaniritasi kulit. Pernyataan ini berasal dari senyawa atauproduk yang memiliki kemiripan struktur atau komposisi.

Kerusakan atau iritasiserius pada mata

: Data tidak tersedia. Diperkirakan tidak menyebabkankerusakan atau iritasi serius pada mata. Pernyataan iniberasal dari senyawa atau produk yang memilikikemiripan struktur atau komposisi.

Sensitisasi saluranpernapasan/kulit

: Data tidak tersedia. Diperkirakan tidak menimbulkansensitisasi pada saluran pernapasan atau kulit.Pernyataan ini berasal dari senyawa atau produk yangmemiliki kemiripan struktur atau komposisi.

Mutagenitas pada selnutfah

: Data tidak tersedia. Diperkirakan bukan mutagen pada selnutfah. Pernyataan ini berasal dari senyawa atau produkyang memiliki kemiripan struktur atau komposisi.

Karsinogenisitas : Rutepaparan

Paraffin wax Highly-refinedmineral oils

Oral Tidak ada dampakyang merugikan

pada NOAEL 5700mg/kg bw/hari

Tidak ada dampakyang merugikan

pada NOAEL 1200mg/kg bw/hari

Page 28: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)6 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax MMO

11. INFORMASI TOKSIKOLOGI(kronik, tikus) (kronik, mencit)

Inhalasi - -Dermal Tidak ada dampak

yang merugikanpada NOAEL 128mg/kg bw/hari

(subkronik,mencit)

-

Toksisitas terhadapreproduksi

: Rutepaparan

Paraffin wax Highly-refinedmineral oils

Efek pada kesuburan:Oral Tidak ada dampak

yang merugikanpada NOAEL 1000

mg/kg bw/hari(subkronik, tikus)

Tidak ada dampakyang merugikan

pada NOAEL 1000mg/kg bw/hari

(subkronik, tikus)Inhalasi - -Dermal - Tidak ada dampak

yang merugikanpada NOAEL 2000

mg/kg bw/hari(subkronik, tikus)

Efek pada perkembangan janin:Oral - Tidak ada dampak

yang merugikanpada NOAEL 5000

mg/kg bw/hariInhalasi - Tidak ada dampak

yang merugikanpada NOAEC 1000mg/m3 (subakut,

tikus)Dermal - Tidak ada dampak

yang merugikanpada NOAEL 2000

mg/kg bw/hari(subakut, tikus)

Toksisitas pada organsasaran spesifik setelahpaparan tunggal

: Data tidak tersedia. Diperkirakan tidak toksik pada organsasaran spesifik setelah paparan tunggal. Pernyataan iniberasal dari senyawa atau produk yang memilikikemiripan struktur atau komposisi.

Page 29: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)7 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax MMO

11. INFORMASI TOKSIKOLOGI Toksisitas pada organ

sasaran spesifik setelahpaparan berulang

: Rutepaparan

Paraffin wax Highly-refinedmineral oils

Oral Tidak ada dampakyang merugikan

pada NOAEL 1500mg/kg bw/hari(kronik, tikus)

Tidak ada dampakyang merugikan

pada NOAEL 1200mg/kg bw/hari(kronik, tikus)

Inhalasi - Tidak ada dampakyang merugikanpada NOAEC 50mg/m3 (subakut,

tikus)Dermal Tidak ada dampak

yang merugikanpada NOAEL 2000

mg/kg bw/hari(subkronik, tikus)

Tidak ada dampakyang merugikan

pada NOAEL 2000mg/kg bw/hari

(subkronik, tikus)

Bahaya Aspirasi : Data tidak tersedia. Diperkirakan bukan bahaya aspirasi.Pernyataan ini berasal dari senyawa atau produk yangmemiliki kemiripan struktur atau komposisi.

Informasi tentang rutepaparan

: Tertelan dan kontak kulit.

Kumpulan gejala yangberkaitan dengan sifat fisik,kimia dan toksikologi

: Pada kondisi normal, tidak diharapkan menyebabkanbahaya akut saat penggunaan.

Efek akut, tertunda, dankronik dari paparan jangkapendek dan jangka panjang

: Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.

Ukuran numerik tingkattoksisitas

: Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.

Efek interaktif : Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.Jika data bahan kimia secaraspesifik tidak tersedia

: Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.

Campuran : Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.Campuran versus bahanpenyusun

: Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.

Informasi lain : Kontak berkepanjangan dan/atau berulang kali denganproduk mengandung minyak mineral dapat menyebabkandefatting pada kulit, khususnya pada suhu tinggi. Hal inidapat menyebabkan iritasi dan kemungkinan dermatisis,khususnya pada kondisi dengan higiene personal yangburuk.

Page 30: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)8 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax MMO

12. INFORMASI EKOLOGIEkotoksisitas : Campuran yang tidak larut dengan baik. Dapat

menyebabkan cemaran fisik bagi organisme akuatik.Efek paparan Paraffin wax Highly-refined

mineral oilsToksisitasjangkapendek padaikan

LL50 (4 hari) 100mg/L

Ikan: LL50 (4 hari)100 - 10000 mg/L

Toksistasjangkapanjang padaikan

Data tidaktersedia Data tidak tersedia

Toksisitasjangkapendek padainvertebrataakuatik

LL50 (48 jam) 10g/L

LL50 (48 jam) 100mg/L

Toksisitasjangkapanjang padainvertebrataakuatik

Data tidaktersedia Data tidak tersedia

Toksisitaspada algadansianobakteri

Data tidaktersedia Data tidak tersedia

Persistensi dan penguraianoleh lingkungan

: Tidak mudah terurai oleh lingkungan. Sebagiankomponen diharapkan dapat terurai secara inheren,tetapi produk mengandung komponen yang mungkinbertahan di lingkungan.

Potensi bioakumulasi : Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.Mobilitas dalam tanah : Cair di bawah kondisi lingkungan. Mengapung pada air.

Jika masuk ke dalam tanah, akan menyerap ke partikeltanah dan tidak akan bergerak.

Efek merugikan lainnya : Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.

13. PERTIMBANGAN PEMBUANGANMetode pembuangan : Pembuangan limbah sebaiknya dihindarkan atau

diminimalisasi jika memungkinkan. Hindari penyebaranmaterial tumpahan dan aliran dan kontak dengan tanah,saluran air, dan saluran pembuangan. Pembuanganproduk ini, solusi dan produk sejenis sebaiknyamemenuhi persyaratan perlindungan lingkungan dan

Page 31: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)9 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax MMO

13. PERTIMBANGAN PEMBUANGANperaturan pembuangan limbah dan persyaratan dariotoritas lokal regional.

14. INFORMASI TRANSPORTASIUSA DOT : Tidak diatur oleh USA DOTRID / ADR : Tidak diatur oleh RID/ADRIMO : Tidak diatur oleh IMOICAO / IATA : Tidak diatur oleh IATA

15. INFORMASI REGULASIRegulasi tentang lingkungan,kesehatan dan keamananuntuk produk tersebut

: - Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 23/M-IND/PER/4/2013 tentang Perubahan Atas PeraturanMenteri Perindustrian Nomor 87/M-IND/PER/9/2009Tentang Sistem Harmonisasi Global Klasifikasi danLabel pada Bahan Kimia

- Peraturan Direktur Jenderal Basis Industri ManufakturNo. 04/BIM/PER/I/2014 tentang Petunjuk Teknis danPetunjuk Pengawasan Pelaksanaan Sistem HarmonisasiGlobal Klasifikasi dan Label Pada Bahan Kimia

- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74Tahun 2001 Tentang Pengelolaan Bahan Berbahayadan Beracun

- Keputusan Menteri Tenaga Kerja No Kep-187/Men/1999 tentang Pengendalian Bahan KimiaBerbahaya

- Peraturan Menteri Kesehatan Republik IndonesiaNomor 70 Tahun 2016 tentang Standar danPersyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Industri

- ACGIH. 2016. TLVs and BEIs.

16. INFORMASI LAINTanggal Pembuatan LDK :

Tanggal Revisi LDK : 2017

Legenda atau singkatan danakronim yang digunakan didalam LDK

: ACGIH - American Conference on GovernmentalIndustrial HygienistBEI - Biological Exposure IndicesCAS No. - Chemical Abstract Service NumberHDPE - High Density PolyethyleneIMO - International Maritime OrganizationICAO/IATA - International Civil Organization Aviation/International Air Transport AssociationPVC - Poly Vinyl Chlorida

Page 32: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)10 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax MMO

16. INFORMASI LAINRID/ADR - European Agreements Concerning theInternational Carriage of Dangerous Goods by Rail and byroadTLV - Threshold Limit ValueTWA - Time-Weighted AverageSCBA - Self Contained Breathing ApparatusSTEL - Short Term Exposure LimitUSA DOT - United States Department of Transportation

Referensi yang digunakandalam penyusunan LDK

: echa.europa.eu

NFPA : Tingkatan Merah Biru Kuning0 Tidak

dapatterbakar

Bahanbisa/tidakberbahaya

Stabildalamkondisinormal

1 Harusdipanaskandahuluuntukterbakar

Sedikitberbahaya

Tidak stabilbiladipanaskan– lakukantindakanpencegahannormal

2 Terbakarbiladenganpanas yangcukup

Berbahaya,gunakanalatpelindungpernapasan

Bahankimiamungkindapatbereaksi –gunakanselubungdenganjarak aman

3 Terbakarpada suhunormal

Sangatberbahaya,gunakanpakaianpelindungjenuh

Goncangankuat ataupanasdapatmeledakkan– lakukanmonitordari balikpenghalangtahanledakan

4 Sangatmudah

Terlaluberbahaya

Dapatmeledak –

Page 33: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)11 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax MMO

16. INFORMASI LAINterbakar untuk

memaparuap ataucairannya

kosongkanarea jikabahandipaparkanapi

PutihRadioaktif

Jangan kontakdengan air

Sangkalan

Informasi ini disusun berdasarkan pengetahuan saat ini dan ditujukan untuk mendeskripsikanbahaya keselamatan, kesehatan dan lingkungan dari produk tersebut. Oleh karena itu, informasi initidak ditujukan sebagai jaminan terhadap sifat spesifik dari produk. Semua risiko selama penggunaanadalah tanggung jawab pengguna. Dilarang mengganti dokumen ini, kecuali dengan persetujuansecara hukum.

Page 34: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)1 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax SPO

1. IDENTIFIKASINama Produk : Slack Wax – Spindle Oil (SPO)Nama Lain : -Anjuran dan PembatasanPenggunaan

: Produk ini digunakan sebagai polishes dan waxes.Kemudian sebagai sizing agent pada industri tekstil danindustri kayu. Sebagai dispersing agent, binder coating,dan surface glass atau laminating pada industri kertas.Sebagai viscocity regulation, slip agent, dan pelindungpermukaan pada industri cat.

Produsen : PT Pertamina (Persero)Jl. Medan Merdeka Timur 1AJakarta Pusat Kode Pos 10110Telepon: 1500-000Email: [email protected]

Nomor Telepon Darurat : 1500-000

2. IDENTIFIKASI BAHAYAKlasifikasi Bahaya Produk : Tidak terklasifikasi.Kata Sinyal : Tidak terklasifikasi.Pernyataan Bahaya : Tidak terklasifikasi.Pernyataan kehati-hatian : Tidak terklasifikasi.Piktogram : -Bahaya Lain : Tidak terklasifikasi.

3. KOMPOSISI/INFORMASI TENTANG BAHAN PENYUSUNNama Kimia CAS No. Konsentrasi (%)

Paraffinic waxHighly-refined mineral oils

8002-74-28042-47-5 / 8012-95-1

Min. 72Max. 28

4. TINDAKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAANUraian Langkah: Kontak Mata : Basuh air dengan air yang banyak. Jika terjadi iritasi, cari

pertolongan medis. Kontak Kulit : Lepaskan pakaian yang terkontaminasi dan basuh kulit

yang terpapar dengan sabun dan air. Jika iritasi terjadi,cari pertolongan medis. Jika terjadi cedera injeksi tekanantinggi, segera cari pertolongan medis.

Terhirup : Jika terhirup, bawa ke udara segar. Jika sulit bernafas,beri oksigen. Jika tidak bernafas, beri nafas buatan. Caripertolongan medis.

Tertelan : Bersihkan mulut dengan air dan cari pertolongan medis.Aspirasi pada paru-paru dapat menyebabkan chemicalpneumonitis sehingga perlu penanganan yang tepat.

Kumpulan gejala atau efek : Pada kondisi normal, tidak diharapkan menyebabkan

Page 35: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)2 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax SPO

4. TINDAKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAANpenting (akut atau kronis) bahaya akut saat penggunaan.Indikasi yang memerlukanbantuan medis atau khusus

: Pengobatan dilakukan sesuai dengan gejala yang timbul.

5. TINDAKAN PEMADAMAN KEBAKARANMedia pemadaman yangsesuai

: Karbon dioksida, dry chemical dan foam.

Media pemadaman yangtidak sesuai

: Water jet.

Bahaya Spesifik yangdiakibatkan bahan kimiatersebut Bahaya ledakan dan

kebakaran lain: Data tidak tersedia.

Titik nyala : Min 145 oC.Batas bahan terbakar(Flammability limit)

: Data tidak tersedia.

Dekomposisi bahanberbahaya

: Karbon oksida (CO, CO2), nitrogen dan sulfur oksida (NOX,SOX), material partikulat, aromatik, VOC.

Prosedur pemadaman

a. Karbon dioksida : Semprotkan pada pangkal api searah dengan angin.b. Dry chemical powder : Semprotkan pada pangkal api searah dengan angin.c. Foam/busa : Bila dalam suatu wadah semprotkan busa pada dinding

bagian dalam jangan pada cairan yang terbakar, searahdengan angin dan bila hanya suatu ceceran semprotkanpada pangkal api sampai semua terselimuti searahdengan angin.

Alat pelindung khusus untukpemadam kebakaran

: Untuk kejadian kebakaran pada area yang relatiftertutup, maka orang yang melakukan pemadamankebakaran harus menggunakan Self Contained BreathingApparatus (SCBA)

6. TATA CARA PENANGGULANGAN TUMPAHAN DAN KEBOCORANLangkah-langkahpencegahan diri, alatpelindung dan prosedurtanggap darurat

: Hindari menghirup fume/gas/mist/uap/spray dari produk.Gunakan alat pelindung diri yang sesuai.

Langkah-langkahpencegahan bagi lingkungan

: Cegah masuknya tumpahan ke dalam selokan, saluranpembuangan atau perembesan ke dalam tanah.

Catatan Prosedur : Laporkan terjadinya tumpahan sesuai dengan otorisasilokal yang ditentukan ketika tumpahan diperkirakan

Page 36: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)3 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax SPO

6. TATA CARA PENANGGULANGAN TUMPAHAN DAN KEBOCORANdapat mengkontaminasi saluran air.

Metode dan bahan untukpenangkalan (containment)dan pembersihan

: Hilangkan semua kondisi yang dapat memungkinkanterjadinya ignisi.Lakukan absorpsi tumpahan menggunakan bahanpenyerap (sorbent), serbuk gergaji dicampur dengantanah liat dan bahan penghambat kebakaran lainnya.Bersihkan dan buang pada tempat pembuangan yangtelah ditentukan oleh peraturan setempat.

7. PENANGANAN DAN PENYIMPANANLangkah-langkahpencegahan untukpenanganan yang aman

: Jaga kontainer tertutup. Gunakan hanya pada ventilasiyang memadai. Hindari menghirup uap atau mist.Jauhkan dari panas, percikan, dan api. Untuk menghindarikebakaran atau ledakan, hilangkan listrik statis selamapemindahan dengan grounding dan mengikatkankontainer dan peralatan sebelum pemindahan material.Gunakan peralatan listrik anti ledakan (ventilasi,pencahayaan, dan penanganan material). Cuci denganbersih setelah penanganan.

Kondisi untuk penyimpananyang aman daninkompatibilitas

: Simpan pada area tersendiri yang disetujui. Simpankontainer pada area yang sejuk dan berventilasi baik. Jagakontainer untuk tertutup dan terbungkus rapat sampaisiap untuk digunakan. Hindari sumber ignisi yangmemungkinkan.Gunakan kontainer HDPE.Hindari kontainer PVC.

8. KONTROL PAPARAN ATAU PERLINDUNGAN DIRIParameter pengendalianBatas paparan : TWA 5 mg/m3 (semua bentuk oil mist, mineral)

STEL 10 mg/m3 (semua bentuk oil mist, mineral)Indikator pajanan biologis : Data tidak tersedia.Pengendalian teknik yangsesuai Ventilasi : Gunakan ventilasi yang memadai.Tindakan pengendalian diri,termasuk alat pelindung diri Perlindungan mata dan

wajah: Gunakan alat pelindung mata untuk bahan kimia

(chemical type goggles). Perlindungan kulit : Kurangi segala bentuk kontak kulit. Gunakan pakaian

pelindung untuk mengurangi kontaminasi terhadappakaian pribadi.

Perlindungan pernapasan : Pakailah alat pelindung pernapasan jika konsentrasi

Page 37: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)4 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax SPO

8. KONTROL PAPARAN ATAU PERLINDUNGAN DIRIpolusi di udara telah melebihi Nilai Ambang Batas.

Tindakan higienis : Cuci tangan saat istirahat dan setelah bekerja.Tidak makan dan minum saat menggunakan produk.Tidak merokok saat menggunakan produk.

9. SIFAT FISIK DAN KIMIAKarakteristik Hasil Uji

Organoleptik (bentuk fisik, warna, dll) : Padat pada suhu ambien,putih kekuningan

Bau : Tidak berbauAmbang bau : Data tidak tersediapH : Data tidak tersediaTitik lebur/titik beku : 47 – 53 oCTitik didih/ rentang didih : Data tidak tersediaSifat mudah menyala : Tidak mudah menyalaTitik nyala : Min. 145 oCLaju penguapan : Data tidak tersediaNilai batas flamabilitas terendah/tertinggi dan batasledakan

: Data tidak tersedia

Tekanan uap : Data tidak tersediaRapat (densitas) uap : Data tidak tersediaKerapatan (densitas) relatif : 0.77 – 0.83 pada 70/70 oCKelarutan Kelarutan dalam air : Data tidak tersedia Kelarutan dalam pelarut lain : Data tidak tersedia

Koefisien partisi (n-oktanol/air) : Data tidak tersediaSuhu dapat membakar sendiri (auto-ignitiontemperature)

: Data tidak tersedia

Suhu penguraian : Data tidak tersediaKekentalan (viskositas) : 3.1 - 4.2 cSt (pada 100oC)

*Data mengacu pada ECHA Europe

10. STABILITAS DAN REAKTIVITASReaktivitas : Polimerisasi bahan berbahaya tidak terbentuk.Stabilitas Kimia : Stabil pada suhu dan tekanan normal.Reaksi berbahaya yangmungkin di bawah kondisispesifik atau khusus

: Tidak ada reaksi yang berbahaya dalam kondisi normal.

Kondisi yang harus dihindari : Panas, nyala, ignisi atau kondisi yang dapat menyebabkanelektrisitas.

Material yang tidakkompatibel

: Reaktif dengan agen pengoksidasi, asam, alkali, nitrat,chlorite, peroksida.

Produk berbahaya hasildekomposisi

: Karbon oksida (CO, CO2), nitrogen dan sulfur oksida (NOX,SOX), material partikulat, aromatik, VOC

Page 38: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)5 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax SPO

11. INFORMASI TOKSIKOLOGIUraian lengkap dan komprehensif tentang efek toksikologi/kesehatan

Toksisitas akut : Rutepaparan

Paraffin wax Highly-refinedmineral oils

Oral Tidak ada dampakyang merugikanpada LD50 5000

mg/kg (tikus)

Tidak ada dampakyang merugikanpada LD50 5000mg/kg bw (tikus)

Inhalasi Tidakdipertimbangkansebagai bahaya

inhalasi di bawahpenggunaan dengan

kondisi normal.

Tidak ada dampakyang merugikan

pada LC50 (4 jam)5000 mg/m3 (tikus)

Dermal Tidak ada dampakyang merugikanpada LD50 2000

mg/kg (tikus)

Tidak ada dampakyang merugikanpada LD50 2000mg/kg (kelinci)

Korosi/iritasi kulit : Data tidak tersedia. Diperkirakan tidak menyebabkaniritasi kulit. Pernyataan ini berasal dari senyawa atauproduk yang memiliki kemiripan struktur atau komposisi.

Kerusakan atau iritasiserius pada mata

: Data tidak tersedia. Diperkirakan tidak menyebabkankerusakan atau iritasi serius pada mata. Pernyataan iniberasal dari senyawa atau produk yang memilikikemiripan struktur atau komposisi.

Sensitisasi saluranpernapasan/kulit

: Data tidak tersedia. Diperkirakan tidak menimbulkansensitisasi pada saluran pernapasan atau kulit.Pernyataan ini berasal dari senyawa atau produk yangmemiliki kemiripan struktur atau komposisi.

Mutagenitas pada selnutfah

: Data tidak tersedia. Diperkirakan bukan mutagen padasel nutfah. Pernyataan ini berasal dari senyawa atauproduk yang memiliki kemiripan struktur atau komposisi.

Karsinogenisitas : Rutepaparan

Paraffin wax Highly-refinedmineral oils

Oral Tidak ada dampakyang merugikan

pada NOAEL 5700mg/kg bw/hari(kronik, tikus)

Tidak ada dampakyang merugikan

pada NOAEL 1200mg/kg bw/hari(kronik, mencit)

Inhalasi - -Dermal Tidak ada dampak

yang merugikanpada NOAEL 128

-

Page 39: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)6 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax SPO

11. INFORMASI TOKSIKOLOGImg/kg bw/hari

(subkronik,mencit)

Toksisitas terhadapreproduksi

: Rutepaparan

Paraffin wax Highly-refinedmineral oils

Efek pada kesuburan:Oral Tidak ada dampak

yang merugikanpada NOAEL 1000

mg/kg bw/hari(subkronik, tikus)

Tidak ada dampakyang merugikan

pada NOAEL 1000mg/kg bw/hari

(subkronik, tikus)Inhalasi - -Dermal - Tidak ada dampak

yang merugikanpada NOAEL 2000

mg/kg bw/hari(subkronik, tikus)

Efek pada perkembangan janin:Oral - Tidak ada dampak

yang merugikanpada NOAEL 5000

mg/kg bw/hariInhalasi - Tidak ada dampak

yang merugikanpada NOAEC 1000mg/m3 (subakut,

tikus)Dermal - Tidak ada dampak

yang merugikanpada NOAEL 2000

mg/kg bw/hari(subakut, tikus)

Toksisitas pada organsasaran spesifik setelahpaparan tunggal

: Data tidak tersedia. Diperkirakan tidak toksik pada organsasaran spesifik setelah paparan tunggal. Pernyataan iniberasal dari senyawa atau produk yang memilikikemiripan struktur atau komposisi.

Toksisitas pada organsasaran spesifik setelahpaparan berulang

: Rutepaparan

Paraffin wax Highly-refinedmineral oils

Oral Tidak ada dampakyang merugikan

pada NOAEL 1500

Tidak ada dampakyang merugikan

pada NOAEL 1200

Page 40: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)7 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax SPO

11. INFORMASI TOKSIKOLOGImg/kg bw/hari(kronik, tikus)

mg/kg bw/hari(kronik, tikus)

Inhalasi - Tidak ada dampakyang merugikanpada NOAEC 50mg/m3 (subakut,

tikus)Dermal Tidak ada dampak

yang merugikanpada NOAEL 2000

mg/kg bw/hari(subkronik, tikus)

Tidak ada dampakyang merugikan

pada NOAEL 2000mg/kg bw/hari

(subkronik, tikus) Bahaya Aspirasi : Data tidak tersedia. Diperkirakan tidak toksik pada organ

sasaran spesifik setelah paparan tunggal. Pernyataan iniberasal dari senyawa atau produk yang memilikikemiripan struktur atau komposisi.

Informasi tentang rutepaparan

: Tertelan dan kontak kulit.

Kumpulan gejala yangberkaitan dengan sifat fisik,kimia dan toksikologi

: Pada kondisi normal, tidak diharapkan menyebabkanbahaya akut saat penggunaan.

Efek akut, tertunda, dankronik dari paparan jangkapendek dan jangka panjang

: Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.

Ukuran numerik tingkattoksisitas

: Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.

Efek interaktif : Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.Jika data bahan kimia secaraspesifik tidak tersedia

: Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.

Campuran : Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.Campuran versus bahanpenyusun

: Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.

Informasi lain : Kontak berkepanjangan dan/atau berulang kali denganproduk mengandung minyak mineral dapatmenyebabkan defatting pada kulit, khususnya pada suhutinggi. Hal ini dapat menyebabkan iritasi dankemungkinan dermatisis, khussunya pada kondisi denganhigiene personal yang buruk.

12. INFORMASI EKOLOGIEkotoksisitas : Campuran yang tidak larut dengan baik. Dapat

menyebabkan cemaran fisik bagi organisme akuatik.

Page 41: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)8 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax SPO

12. INFORMASI EKOLOGIEfek paparan Paraffin wax Highly-refined

mineral oilsToksisitasjangkapendek padaikan

LL50 (4 hari) 100mg/L

Ikan: LL50 (4 hari)100 - 10000 mg/L

Toksistasjangkapanjang padaikan

Data tidaktersedia Data tidak tersedia

Toksisitasjangkapendek padainvertebrataakuatik

LL50 (48 jam) 10g/L

LL50 (48 jam) 100mg/L

Toksisitasjangkapanjang padainvertebrataakuatik

Data tidaktersedia Data tidak tersedia

Toksisitaspada algadansianobakteri

Data tidaktersedia Data tidak tersedia

Persistensi dan penguraianoleh lingkungan

: Tidak mudah terurai oleh lingkungan. Sebagiankomponen diharapkan dapat terurai secara inheren,tetapi produk mengandung komponen yang mungkinbertahan di lingkungan.

Potensi bioakumulasi : Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.Mobilitas dalam tanah : Cair di bawah kondisi lingkungan. Mengapung pada air.

Jika masuk ke dalam tanah, akan menyerap ke partikeltanah dan tidak akan bergerak.

Efek merugikan lainnya : Data tidak tersedia. Belum ada pemeriksaan lebih lanjut.

13. PERTIMBANGAN PEMBUANGANMetode pembuangan : Pembuangan limbah sebaiknya dihindarkan atau

diminimalisasi jika memungkinkan. Hindari penyebaranmaterial tumpahan dan aliran dan kontak dengan tanah,saluran air, dan saluran pembuangan. Pembuanganproduk ini, solusi dan produk sejenis sebaiknyamemenuhi persyaratan perlindungan lingkungan danperaturan pembuangan limbah dan persyaratan dariotoritas lokal regional.

Page 42: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)9 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax SPO

14. INFORMASI TRANSPORTASIUSA DOT : Tidak diatur oleh USA DOTRID / ADR : Tidak diatur oleh RID/ADRIMO : Tidak diatur oleh IMOICAO / IATA : Tidak diatur oleh IATA

15. INFORMASI REGULASIRegulasi tentang lingkungan,kesehatan dan keamananuntuk produk tersebut

: - Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 23/M-IND/PER/4/2013 tentang Perubahan Atas PeraturanMenteri Perindustrian Nomor 87/M-IND/PER/9/2009Tentang Sistem Harmonisasi Global Klasifikasi danLabel pada Bahan Kimia

- Peraturan Direktur Jenderal Basis Industri ManufakturNo. 04/BIM/PER/I/2014 tentang Petunjuk Teknis danPetunjuk Pengawasan Pelaksanaan Sistem HarmonisasiGlobal Klasifikasi dan Label Pada Bahan Kimia

- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74Tahun 2001 Tentang Pengelolaan Bahan Berbahayadan Beracun

- Keputusan Menteri Tenaga Kerja No Kep-187/Men/1999 tentang Pengendalian Bahan KimiaBerbahaya

- Peraturan Menteri Kesehatan Republik IndonesiaNomor 70 Tahun 2016 tentang Standar danPersyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Industri

- ACGIH. 2016. TLVs and BEIs.

16. INFORMASI LAINTanggal Pembuatan LDK :

Tanggal Revisi LDK : 2017

Legenda atau singkatan danakronim yang digunakan didalam LDK

: ACGIH - American Conference on GovernmentalIndustrial HygienistBEI - Biological Exposure IndicesCAS No. - Chemical Abstract Service NumberHDPE - High Density PolyethyleneIMO - International Maritime OrganizationICAO/IATA - International Civil Organization Aviation/International Air Transport AssociationPVC - Poly Vinyl ChloridaRID/ADR - European Agreements Concerning theInternational Carriage of Dangerous Goods by Rail and byroadTLV - Threshold Limit Value

Page 43: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)10 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax SPO

16. INFORMASI LAINTWA - Time-Weighted AverageSCBA - Self Contained Breathing ApparatusSTEL - Short Term Exposure LimitUSA DOT - United States Department of Transportation

Referensi yang digunakandalam penyusunan LDK

: echa.europa.eu

NFPA : Tingkatan Merah Biru Kuning0 Tidak

dapatterbakar

Bahanbisa/tidakberbahaya

Stabildalamkondisinormal

1 Harusdipanaskandahuluuntukterbakar

Sedikitberbahaya

Tidak stabilbiladipanaskan– lakukantindakanpencegahannormal

2 Terbakarbiladenganpanas yangcukup

Berbahaya,gunakanalatpelindungpernapasan

Bahankimiamungkindapatbereaksi –gunakanselubungdenganjarak aman

3 Terbakarpada suhunormal

Sangatberbahaya,gunakanpakaianpelindungjenuh

Goncangankuat ataupanasdapatmeledakkan– lakukanmonitordari balikpenghalangtahanledakan

4 Sangatmudahterbakar

Terlaluberbahayauntukmemaparuap atau

Dapatmeledak –kosongkanarea jikabahan

Page 44: 2017 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO)Tanggal RevisiRevisi keHalaman

:::

20171 (satu)11 dari 11

SAFETY DATA SHEETLEMBAR DATA KESELAMATAN

Slack Wax SPO

16. INFORMASI LAINcairannya dipaparkan

api

PutihRadioaktif

Jangan kontakdengan air

Sangkalan

Informasi ini disusun berdasarkan pengetahuan saat ini dan ditujukan untuk mendeskripsikanbahaya keselamatan, kesehatan dan lingkungan dari produk tersebut. Oleh karena itu, informasi initidak ditujukan sebagai jaminan terhadap sifat spesifik dari produk. Semua risiko selama penggunaanadalah tanggung jawab pengguna. Dilarang mengganti dokumen ini, kecuali dengan persetujuansecara hukum.