atjatim.kemenag.go.id/file/file/kumpulanbukuelektronik/... · 2015. 7. 14. · Ciri-ciriMakanan&...

6

Transcript of atjatim.kemenag.go.id/file/file/kumpulanbukuelektronik/... · 2015. 7. 14. · Ciri-ciriMakanan&...

Page 1: atjatim.kemenag.go.id/file/file/kumpulanbukuelektronik/... · 2015. 7. 14. · Ciri-ciriMakanan& Minuman Halal 1. Makanan Halal • Semua makanan yang balk, tldak kotor dan tldak
Page 2: atjatim.kemenag.go.id/file/file/kumpulanbukuelektronik/... · 2015. 7. 14. · Ciri-ciriMakanan& Minuman Halal 1. Makanan Halal • Semua makanan yang balk, tldak kotor dan tldak

Berbelania Makanan Halal & ThayyibHalaf dan ThayyibSegar,Bergizi dan menyehatkanContoh : lkan, Sayuran,OagingAyam. ~ Sapi.

Halal TIdak Thayylb• Mengandung zat pengawet• Mengandungzatpewamna• Mengandung PemanisContoh: Minuman bersoda.mie instan dll

Jadi semua ball", at B 7 h haram kecuali bangkaiIkan dan belalang.semua darah haram kecuaIi hati dan limpa.

Minuman yang HaramSemua minuman yang memabukkan atau apabiladiminum menlmbulkan mudharat dan merusak badanakal, jlwa, moral dan aqldah sepertl arak, khamar.dan seJenlsnya.Minuman darl benda najls atau benda yang terkenanajls.Minuman yang didapatkan dengan cara-cara Y8IICtidak halan atau yang bertentangan dengan ~Islam.

"Dlharamkan t Ibabl, (daging he ,,... ....Allah. yang ~ ,... .....

Ciri-c' am_ __ ... _ memberi mudharat_ ~._.-. barar1g.bcJrangyang___ ..Ii_Ii Finnan Allah

.. ., 145 :

4.

2 . Mlnuman Halal

Mlnuman yang halal pada dasarnya dapat dlbaglmenjadl 4 baglan :

1. Semua jenls air atau cairan yang tldak mem­bahayakan bag1 kehldupan manusla, balk mem­bahayakan dari segi jasmani, akal, jiwa, maupunaqldah.

2. Air atau calran yang tldak memabukkan wala­pun sebelumnya pernah memabukkan sepertlarak yang berubah menjadi cuka.

3. Air atau cairan Itu bukan berupa benda najlsatau benda sud yang terkena najis.

Pada prinsipnya dalam slam, segale sesuatu yangdlclptakan Allah SWT semua Hatal kecuall ada nash(dalll) shahl dan sharih ( tldak cacat ma'na dan jelasmakna nya ) Halal adalah Jstllah bahasa Arab dalam&gama Islam yang berartl "dlizlnkan" atau "boleh". Bagiorang Muslim, halal merupakan baglan yang tldakterplsahkan dalam kehldupan sehari-hari. Sebagalmanaperintah Allah Swt. dalam AI-Qur'an yang berbunyl:

·Hal sekallan manus/a, makan/ah yang ha/al lagl balkdarl apa yang terdapat dl bum#.Dan jangan/ah kamumenglkutl langkah-langkah syaltan, karena sesungguh­nya syaltan Itu ada/ah musuh yang nyata baglmu." (QS.AI-Baqarah: 168).

Kemajuan Umu pengetahuan dan' teknologl sertakemampuan rekayasa dlbidang' pangan menyebabkanpenemuan halal tldak sederhana. Maka pentlngnya kitamengetahul :

Ciri-ciri Makanan & Minuman Halal1. Makanan Halal

• Semua makanan yang balk, tldak kotor dantldak menjljlkan.

• Semua makanan yang tldak dlharamkan olehAllah dan Rasul-Nya.

• Semua makanan yangtidak member! mu harat,tldak membahayakan kesehatan jasmanl dantldak merusak akal, moral, dan aqldah dU.

Page 3: atjatim.kemenag.go.id/file/file/kumpulanbukuelektronik/... · 2015. 7. 14. · Ciri-ciriMakanan& Minuman Halal 1. Makanan Halal • Semua makanan yang balk, tldak kotor dan tldak

Daglng labl

Dari penampakkan lemak

Perbedaan tertlhat dengan jelas antara kedua cIagInePada sapi, serat-serat daging tampak padat dan gari&garisseratnya tertlhat jelas. Sedangkan pada daging batH. semi­seratnya tertlhat samar dan sangat renggang.

Daglng SapiDaglngBabl

Terlihat daglng babl memlllki warna yang leblhpucat dari daging sapl (lihat gambar 1), warna dagingbabl mendekati warna daglng ayam. Namun perbedaanInl tak dapat dljadlkan pegangan, karena warna padadaging babi oplosan blasanya dlkamuflase dengan pelu­muran darah sapl, walau kamuflase In dapat dlhllangkandengan perendaman dengan air.

Dari serQtdaging

Daging Sapi (Wama lebihmerah)Doging Babi (Wama Pucat)

Tips Membedakan Daglng Sapl dan Dagtng Babl

Berbelania Makanan Halal & ThayyibHalal dan ThayyibSegar,Bergizl dan menyehatkanContoh : lkan, Sayuran,Daging Ayam, Daging Sapl, dU.Halal ndak Thayylb• Mengandung zat pengawet• Mengandung zat pewama• Mengandung PemanlsContoh: Mlnuman bersoda, ChUd, permen warna warnl,mie Instan dll

Ciri-ciri Makanan & Minuman HaramSesuatu Itumenjadl haram karena mernbert mudharat

bagI kehldupan manusla sepertl racun, baranfbarang yangrnenjljlkan dan sebagalnya. Sesual dengan Firman AllahsumAl-Maldah ayat 3dan Al-An'am ayat 145:"Dlharamkan bag/mu (memakan) bangkal, darah, dag/ngbabl, (daglng hewan) yang dlsembellh atas nama sela/nAllah, yang tereek/k, yang dlpukul, yang JatUh,yang dltan­duk, dan yang dlterkam binatang buas, keeuall yangsempat kamu menyembellhnya,dan (dlharamkan,bag/mu)yangdisembellh untuk berha/a." (QS.AI-Maidah : 3)

Jadl semua bangkal adalah haram kecuall bangkaIikan dan belalang.semua darah haram kecuali hatl dan IImpa.

Minuman yang HaramSemua mlnuman yang memabukkan atau apablladlmlnum menlmbulkan mudharat dan merusak badanakal, jlwa, moral dan aqldah sepertl arak, khamar,dan sejenlsnya.Mlnuman darl benda najis atau benda yang terkenanajls.Mlnuman yang dldapatkan dengan eara-cara yangtldak halan atau yang bertentangan dengan ajaranIslam.

4. Air atau calran yang suel Itu dldapatkan dengancere-care yang halal yang tldak bertentangandengan ajaran agama Islam.

Page 4: atjatim.kemenag.go.id/file/file/kumpulanbukuelektronik/... · 2015. 7. 14. · Ciri-ciriMakanan& Minuman Halal 1. Makanan Halal • Semua makanan yang balk, tldak kotor dan tldak

DaglngSaplDaglng labl

Dari penampakkan lemak

Perbedaan terllhat dengan jelas antara kedua daglng.Pada sapl, serat-serat daglng tampak padat dan garJs.garisseratnya terllhat Jelas.Sedangkan pada daglng babl, serat­seratnya terllhat samar dan sangat renggang.

DaglngSaplDaglng labl

Terllhat daglng babt memlllki warna yang leblhpucat darl daglng sapl (lihat gambar 1), warna daglngbabl mendekatl warna daglng ayam. Namun perbedaanInl tak dapat dlJadlkan pegangan, karena warna padadaglng babl oplosan blasanya dlkamuflase dengan pelu­muran darah sapl, waJau kamuflase in dapat dihllangkandengan perendaman dengan air.

Dari serat daging

DagingSapl (Wama IebIhmerah)Daglng labl (WamaPucat)

Tips Membedakan Daging Sapl dan Daglng 8abl

Page 5: atjatim.kemenag.go.id/file/file/kumpulanbukuelektronik/... · 2015. 7. 14. · Ciri-ciriMakanan& Minuman Halal 1. Makanan Halal • Semua makanan yang balk, tldak kotor dan tldak

.Tips Berbelanja Daging "yamSekarang ini wajlb bagi kita supaya lebih

berhati-hatl dalam berbelanja daging ayam. Sebabsangat banyak dijumpai daging ayam dalam kondisiyang berbadan besar. Bila dimasak dagingnya men­dut sesuai dengan aslinya.

Dalam hal ini ada beberapa tips cara memilihdan membeli daging ayam

seperti kulit ayam yang berwama putih bersihdan mengkilat dan tidak dijumpai memar, bau ayamyang speslfik, perhatikan pembuluh darah diseluruhtubuh tidak terlihat. Serabut otot berwarna agakpucat bekas tempat pemotongan dileher regangan­nya besar, dlJual pada tempat-tempat yang memakaipendlngin dan penutup serta tidak dijumpai bulujarum J)ada daglng ayam.

Berikut ini kiat-kiat membeli ikan segar:1. Jika membeli ikan dalam

keadaan:utuh, dri-ciri ke­~arannya ialah: mataikan bening/tidak buram,insangnya berwama merahtua dan berlendir sertatubuh ikan berlendir.

2. Jika anda membeli ikan yang diiris tipis-tipis atausudah dipotong-potong, yang perlu diperhatikanialah: dum aroma daging ikan. Jika aromanyaamis, berarti ikan itu segar.

3. Tak ada salahnya membeli ikan yang masihdalam keadaan hidup. Jika tak memungkinkan,Anda harus memastikan reputasi toko/pasaryang menjUallkan favorlt Anda.

Banyak sekali jenis makanan yang dikemas dalamkaleng. Pilih yang menuliskan kata 'halal' secara jelassekalipun jenisnya buah atau sayuran. Bila tak ada kata'halal', baca secara seksama kandungan makanan yangtertera pada kemasan. Kata pork, ham, bacon adalahistilah yang kerap digunakan untuk mewakili makananyang mengadung babi. Hindari juga makanan yangmengandung kata lard, tallow, dan animal oil.

Page 6: atjatim.kemenag.go.id/file/file/kumpulanbukuelektronik/... · 2015. 7. 14. · Ciri-ciriMakanan& Minuman Halal 1. Makanan Halal • Semua makanan yang balk, tldak kotor dan tldak

Konsultasi dan Informasi:Subdit Produk Halal

Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan SyariahDitjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RIE-mail: [email protected]/[email protected]

www-bimasislam.kemenag.go.idTelp. 021·3811429,Fax. : 021·3920449

JIltui ki1a sukseskan. guakmt ~sada« ha1a1 (fJotuu 7/()a1a1)

dnuput ,Ja/u mYUJfJIUllI'Ul pRJduk ha1a1

Zat Kimia Yang DiharamkanMohon kepada semua Umat Islam untuk

memeriksa terlebih dahulu bahan-bahan produk yangakan kita beli dan konsumsi untuk mencocokannyadengan daftar kode E-CODESberikut ini.

Jika ditemukan kode-kode berikut ini dalamkemasan produk yang akan kita beli, maka hendaknyadapat dihindari karena produk dengan kode-kode terse­but di bawah ini mengandung lemak babi :El00, Ell0, E120, E 140, E141, E153, E210, E213,E214, E216, E234,6252,E270, E280, E325,E326, E327,E334, E335, E336, E330 E422, E430,E431, E432,E433,E434, E435, E436, E440,E410, E471, E472, E473,E474, E475,E476,E477,E478, 6481, E482, 6483, E491,E492, E493,E494, E495, E542,E570,E572, E631, E635,E904.

Sebagai manusia yang diciptakan oleh Allah SWTtidak hanya memiliki nafsu,tetapi juga akal, hendaknyakita dalam memenuhi kebutuhan biologis ( makanandan Miniman ) harus dengan tata caradan budayayangsesuaidengan kaedah-kaedah Islam.

Dengan demikian sangat penting untuk memeli­hara diri kita dan keluarga kita dan api neraka, salahsatunya dengan hanya berbelanja makanan yang halaldan thayyib. .

Sumber oleh :Dr.M.Anjad Khanhttp://www.globalmuslim.webJdI2070/09lkode-babl

paaa makanan berkemasan.htm.