2013 JFF Annual Report

44
2013 Annual Report Laporan Tahunan 2013 Over 100,000 patients screened, eye operations, eye glasses and medicines issued during 2013 in Indonesia Lebih dari 100,000 pemeriksaan mata, operasi mata, pembagian kacamata dan obat-obatan selama tahun 2013 di Indonesia www.balieye.org JFFYKI JFFYKI @2020balieye

description

The John Fawcett Foundation and its Indonesian counterpart, the Yayasan Kemanusiaan Indonesia, is a humanitarian foundation which assists needy people in Indonesia, particularly those with medical problems. It offers its assistance to people in the lower socio-economic group free of charge and without religious, political or ethnic consideration.

Transcript of 2013 JFF Annual Report

Page 1: 2013 JFF Annual Report

2013 Annual ReportLaporan Tahunan 2013

Over 100,000patients screened, eye operations, eye glasses and medicines issued during 2013 in Indonesia

Lebih dari 100,000 pemeriksaan mata, operasi mata, pembagian kacamata dan obat-obatan selama tahun 2013 di Indonesia

www.balieye.org JFFYKIJFFYKI @2020balieye

Page 2: 2013 JFF Annual Report

“I did not care about the pain because I knew I would see again” Martina Fitriandini, Sumbawa Besar

“Biar saja sakit, biar saya bisa melihat lagi”

Printing Proudly Sponsored ByBiaya cetak disponsori oleh

Page 3: 2013 JFF Annual Report
Page 4: 2013 JFF Annual Report

2 2013 Annual Report Laporan Tahunan 2013 The John Fawcett Foundation

Yayasan John Fawcett Indonesia

4 Report From Our Executive Board Chairmen Laporan Dari Ketua Badan Pengurus Kita

6 Message From Our Founder Pesan Dari Pendiri Kita

7 Our Ceo’s Report Laporan Dari Ceo Kita

8 Our Vision & Mission Drive Our Programs Visi & Misi Menjalankan Program Kita

10 Sight Restoration & Blindness Prevention Program Program Penanggulangan & Pencegahan Kebutaan

22 Children’s Corrective Surgery Operasi Bedah Perbaikan Anak-Anak

ContentsDaftar isi

24 Assistance To Desperately Ill Children & Young People Bantuan Untuk Anak-Anak & Remaja Yang Menderita Penyakit Kronis

26 Education Assistance Program Program Bantuan Pendidikan

28 Our Volunteers & Transferring Technology – Extraordinary Support To The Foundation Relawan Kita Dan Alih Tekhnologi – Dukungkan Istimewa Untuk Yayasan

30 Our Promotion & Fundraising Campaigns Promosi & Kampanye Penggalangan Dana Kita

Page 5: 2013 JFF Annual Report

The John Fawcett Foundation Yayasan John Fawcett Indonesia

32013 Annual Report Laporan Tahunan 2013

34 Recap Of Our Project Outcomes Rekap Dari Hasil-Hasil Program Kita

35 A Summary Of Our Financials Ringkasan Dari Laporan Keuangan Kita

38 Board Structure Struktur Dewan Pengurus

40 Our Team Tim Kita

Partner in

Working together to eliminate avoidable blindness

Layout, Photos & Artwork

All produced in-house byWayan HelmyPromotion & Graphics Designer

Layout, Foto & Karyaseni

Semua dikerjakan in-house olehWayan HelmyPromotion & Graphics Designer

Page 6: 2013 JFF Annual Report

Report From Our Executive Board ChairmenLaporan Dari Ketua Badan Pengurus Kita

4 2013 Annual Report Laporan Tahunan 2013 The John Fawcett Foundation

Yayasan John Fawcett Indonesia

I am pleased to make my initial contribution to the JFF/YKI Annual Report since becoming Chairman mid- 2013. Special thanks to Win Jones for serving as Chairman for the first

half of the year. Win’s valuable input and stable stewardship whilst filling this role helped facilitate my smooth entry into the position.

The year was notable for both the continuation and, indeed, the acceleration of initiatives and inroads achieved by the Foundation. It marked the first full year with new CEO LeRoy Hollenbeck at the helm. His presence, dedication and management skills produced above-budgeted outcomes in virtually all Foundation focus areas – from providing high quality eye health care and education, including all-important cataract eyesight restoring procedures, to cleft palate and lip operations.

Much remains to be done due to the high incidence of cataract blindness, not only on Bali but throughout Indonesia. Our ability to provide increased access to high quality eye health care services is limited by the level of available funding. We are, consequently, determined to increase general awareness of our efforts and to knock on as many doors as it takes ensuring our work will continue.

During 2013, the Foundation outperformed in terms of budgeted revenue and cost containment. Eye screenings totalled 55,290, including 43 children specifically screened for cataracts; 30,420 pairs of eye glasses and 18,616 eye medicines were distributed; 2,206 sight-restoring cataract operations, 73 cleft palate and lip operations and five other children’s corrective surgeries were performed; 47 prosthetic eyes were provided; and 329 children were assisted by the Foundation’s Education Assistance Program.

Saya senang memberikan kontribusi pertama saya untuk Laporan Tahunan JFF/YKI sejak menjadi Ketua pertengahan 2013. Khususnya terima kasih kepada Win

Jones yang telah memangku jabatan sebagai Ketua di paruh awal tahun ini. Kontribusi berharga dari Win dan memberikan stabilitas pada saat mengisi peran ini serta membantu mempermudah saya masuk untuk mengemban posisi ini.

Tahun ini sangat penting bagi kelanjutan dan, demikian pula, percepatan inisiatif dan terobosan yang dicapai oleh Yayasan. Ini menandai tahun pertama bersama CEO baru LeRoy Hollenbeck. Kehadiran, dedikasi dan keterampilan manajemennya yang mencapai hasil lebih dari yang dianggarkan di hampir semua area yang difokuskan Yayasan – dari pelayanan kesehatan mata yang bermutu dan pendidikan, termasuk operasi katarak, dan operasi bibir sumbing serta operasi celah langit-langit.

Masih banyak yang harus dilakukan karena masih tingginya insiden kebutaan yang disebabkan oleh katarak, tidak hanya Bali tetapi di seluruh Indonesia. Kemampuan kita dalam meningkatkan akses pelayanan kesehatan mata yang berkualitas tinggi dibatasi oleh pendanaan yang tersedia. Oleh sebab itu, kita bertekad untuk meningkatkan kesadaran umum dan berupaya mengetuk banyak pintu dan memastikan pelayanan kita akan terus berlanjut.

Selama tahun 2013, Yayasan berhasil melampaui pendapatan anggaran dan pengendalian biaya. Pemeriksaan mata berjumlah 55.290, termasuk skrining khusus bagi 43 anak yang menderita katarak; 30.420 pasang kacamata dan 18.616 obat mata dibagikan; 2.206 operasi katarak dan 73 operasi bibir sumbing & operasi celah langit-langit serta lima operasi

Page 7: 2013 JFF Annual Report

The John Fawcett Foundation Yayasan John Fawcett Indonesia

52013 Annual Report Laporan Tahunan 2013

Both Dr Sudana and I would be remiss not to note our admiration, huge respect and thanks to Founder John Fawcett and CEO LeRoy Hollenbeck. John’s inspiration, energy and passion set a very high standard for all of us to follow. He has created, and long will it be his legacy, an enviable organisational culture and he is absolutely single-minded about helping those who are disadvantaged and unable to help themselves.

What a wonderful gift LeRoy Hollenbeck has been to this Organisation! LeRoy is tireless in his endeavours, highly skilled in people and project management and coordination, and is an extremely credible ambassador, totally committed to his CEO role. These attributes, coupled with achievement of actual, tangible and measureable outcomes, resulted in a banner year for the Foundation and the thousands of people it assisted.

To the members of our Executive Board, we extend great appreciation for your commitment, spirit of encouragement, valuable contributions and constructive thoughts and input during the course of the year. We would also like to convey our great appreciation to Alan Herald, who retired from the Board in 2013. His contribution, kind sharing of a highly-tuned financial and compliance base skill set and his passion for the role were significant.

Finally, one cannot help but be continually impressed and thankful for the quality and calibre of the Foundation’s staff whose combined dedication to our humanitarian efforts is truly inspirational. We look forward to the year ahead and further achieving great progress in our contributions toward assisting disadvantaged people in Bali and throughout Indonesia.

Erik MetanomskiChairman

JFF Australia

Dr Dewa Putu SudanaGeneral Chairman

JFF Indonesia

perbaikan lainnya; 47 mata protese terpasang; dan 329 anak-anak terbantu oleh Program Bantuan Pendidikan.

Kita berdua Dr Sudana dan saya merasa ada yang hilang apabila tidak menyatakan kekaguman, rasa hormat besar kita dan terima kasih kepada John Fawcett Pendiri dan CEO LeRoy Hollenbeck. John mempunyai inspirasi, energi dan gairah yang menetapkan standar yang sangat tinggi bagi kita semua untuk diikuti. Beliau menciptakan, dan akan menjadi warisan yang bertahan lama, sebuah panutan yang perlu ditiru dan beliau siap membantu mereka orang-orang yang kurang beruntung dan yang tidak mampu membantu dirinya sendiri.

Sebuah berkah yang diperoleh Organisasi ini dengan kehadiran LeRoy Hollenbeck! LeRoy tak kenal lelah dalam usahanya, sangat terampil mengolah orang-orang dalam mengatur proyek dan koordinasi, merupakan duta yang sangat dapat diandalkan, berkomitmen penuh untuk peran CEO-nya. Sifatnya, diiringi dengan pencapaian hasil yang nyata dan terukur, berhasil membuat tahun yang istimewa bagi yayasan dan ribuan orang terbantu.

Kepada anggota Badan Pengurus, kita menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya atas komitmennya, semangat dorongan, kontribusi yang berharga dan pikiran konstruktif dan masukan selama setahun. Kita juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Alan Herald, yang pensiun dari Badan Pengurus pada tahun 2013. Kontribusinya, pemberian ilmunya dibidang keuangan dan semangatnya didalam menjalankan perannya yang sangat luar biasa.

Akhirnya, kita semua sepatutnya terkesan dan bersyukur atas kualitas pelayanan yang diberikan oleh staff Yayasan yang secara bersama-sama memberikan bakti pelayanan kemanusiaan yang benar-benar inspiratif. Kita menanti untuk tahun depan dimana kita semua akan mencapai yang lebih besar dalam misi kita dalam membantu Masyarakat tidak mampu baik di Bali dan Indoneisa.

Page 8: 2013 JFF Annual Report

John Fawcett, AMFounder

I suppose we are fortunate to follow our bliss and meet many people along the way with similar feelings. Certainly it is amazing to realize the John Fawcett Foundation is well

into the third decade of its humanitarian work. However, the time factor is not as amazing as the numerous opportunities to achieve incredible acts of kindness and assistance to those in need. These acts, though, are the outer values – the visible. We must not forget the inner values, which are deep in the consciousness and are part of being alive. What we do to help others may have life-changing consequences.

In a group of 45 blind children on a nearby island, ten were brought to our paediatric facility on Bali as we neared the end of the year. The combined skills of Dr Wayan Gde Dharyata and Dr Dini Dharmawidiarini produced a ten-out-of-ten return of sight – immeasurable happiness made possible by skills and technology transfer. The inner value of that act will change each person far beyond the powerful gift of sight.

Similarly, the sadness following a tragic bus accident where two-year old Vira lost both her legs below the knee was replaced by apprehension then hope ten years later when Vira, ambulating on her knees, arrived in our Sanur office. With our network of technical volunteers and surgeons, Vira is today happily both walking to school on her new prosthetic legs and playing with her friends where she lives on an eastern Indonesian Island. Vira is top of her class and dreams of becoming a doctor. Imagine the effect recent experiences will have on her inner values and her determination to achieve. We need to look far beyond the visible, outer value of our work and calculate the incalculable.

Saya kira kita beruntung dapat mengikuti kebahagiaan ini dan berjumpa dengan orang-orang dengan perasaan yang sama. Pastinya luar biasa saat menyadari

bahwa Yayasan John Fawcett telah menuju tiga dasawarsa melaksanakan kegiatan kemanusiaan. Namun, waktu tidaklah seluar biasa kesempatan yang diberikan untuk berbuat amal baik guna membantu sesama yang membutuhkan. Amal ini adalah nilai kebaikan yang tampak. Kita tidak dapat melupakan nilai kebaikan yang terkandung, yang jauh ada didalam kesadaran diri kita dan bagian dari kehidupan kita. Apa yang kita perbuat untuk membantu orang lain mungkin memiliki konsekuensi yang dapat merubah hidup mereka.

Dalam kelompok 45 anak penderita kebutaan di pulau terdekat, sepuluh diantaranya dikirim ke Bali untuk memperoleh pelayanan pada penghujung tahun ini. Dengan menggabungkan keahlian dari Dr Wayan Gde Dharyata dan Dr Dini Dharmawidiarini telah menghasilkan sepuluh dari kesepuluhnya dapat melihat kembali - kebahagiaan yang tak terhingga ini dimungkinkan oleh kemampuan dan alih tekhnologi. Nilai kebaikan ini akan mengubah tiap-tiap orang melebihi anugrah penglihatan.

Demikian pula, kesedihan disertai kecelakaan tragis sebuah bis di mana Vira berusia dua tahun telah kehilangan kedua kaki di bawah lutut dengan keprihatinan dan harapan sepuluh tahun kemudian ketika Vira, dengan lututnya ia bergerak, tiba di kantor kita di Sanur. Dengan jaringan sukarelawan dan ahli bedah kita, Vira sekarang begitu bahagia dapat berjalan ke sekolah dengan kaki palsu baru dan bermain dengan teman-temannya di mana dia tinggal di sebuah pulau timur Indonesia. Vira selalu teratas di kelasnya dan bercita-cita menjadi seorang dokter. Bayangkan dampak yang dia alamai akan memiliki nilai kebaikan dan tekadnya untuk mencapai cita-citanya. Kita perlu melihat jauh melampaui batas penglihatan, nilai kebaikan yang tampak dari karya kita serta nilai yang tak ternilai.

6 2013 Annual Report Laporan Tahunan 2013 The John Fawcett Foundation

Yayasan John Fawcett Indonesia

Message From Our FounderPesan dari Pendiri Kita

Page 9: 2013 JFF Annual Report

The John Fawcett Foundation Yayasan John Fawcett Indonesia

72013 Annual Report Laporan Tahunan 2013

Message From Our Founder

LeRoy HollenbeckCEO

Let me start with an expression of immense appreciation to our dedicated team of professional doctors, nurses, technicians and medical and administrative support staff,

who performed flawlessly, especially during what were some long and arduous mobile eye health care clinic trips, both on- and off-Bali. Likewise, it is with much gratitude that I thank our donors. Donations during the year were 14 per cent higher than 2012 lead by our friends and supporters in Australia accounting for 63% of the total. Donations from the UK and the US also were significant.

Donations received in Indonesia were a key factor behind the rise in contributions, an 89 per cent increase over 2012. Many of these donations were in response to our “adopt a mobile eye health care clinic” innovation. Twenty-two of these clinics took place on Bali, while the six off Bali included two in partnership with the Indonesia Air Force to the eastern Indonesian islands of Sumbawa and Flores.

In summary, our energetic Foundation staff undertook 41 Wednesday community eye screening days and 36 Friday surgery-days at our Sanur headquarters; 70 adopted clinic days on Bali and 15 off Bali; and 83 clinic-days financed from general donations, both on and off Bali. Total cataract surgeries undertaken on our Bali mobile clinics, at Sanur HQs day clinics and with the Indonesia Air Force reached 1,019 while off Bali totalled 315. Foundation ophthalmologists also provided sight-restoring cataract surgeries for 31 children at Puri Raharja Hospital, Bali. Our Lombok Project eye health care network operated on 464 cataract patients and our two outreach centre partners in Gresik and Surabaya, East Java, generated a combined 377 sight-restoring cataract surgeries.

On top of these were our heart-warming successes with cleft lip and palate operations and the wonderful outcome from the little heroine – Vira. Truly amazing results from an amazing group of people. All in all, a very good year for the Foundation made possible through our strong support base and the commitment and dedication of our staff to perform with the highest level of quality and professionalism. Thank you to everyone involved.

Ijinkan saya mulai dengan menyampaikan penghargaan yang besar atas pengabdian tim kita para dokter yang professional, perawat, teknisi dan staf pendukung medis

dan administrasi, yang dilakukan dengan mulus, terutama beberapa perjalanan bis klinik keliling yang menempuh perjalanan panjang dan sulit, baik didalam-dan diluar-Bali. Demikian juga, dengan rasa hormat yang tinggi saya berterima kasih kepada donatur kita. Donasi selama setahun ini meningkat 14 persen dari 2012 utamanya oleh teman-teman dan para pendukung di Australia dengan total terhitung 63%. Sumbangan dari Inggris dan Amerika Serikat juga sangat berarti.

Sumbangan yang diterima di Indonesia adalah faktor kunci di balik peningkatan sumbangan, meningkat 89 persen dibandingkan 2012. Banyak dari sumbangan ini adalah reaksi dari “adopt a mobile eye health care clinic” innovation. Dua puluh dua pelayanan ini dilaksanakan di Bali, sementara enam diluar Bali dimana dua diantaranya bermitra dengan Angkatan Udara Republik Indonesia ke pulau-pulau di Indonesia bagian timur dari Sumbawa dan Flores.

Singkatnya, staf Yayasan kita yang penuh energik melakukan “community eye screening” pada hari Rabu 41 kali dan operasi katarak 36 kali pada hari Jumat di kantor kita di Sanur; 70 hari ”adopted clinic” di Bali dan 15 hari diluar Bali; dan 83 hari klinik dibiayai dari sumbangan yang sifatnya umum, baik didalam maupun diluar Bali. Jumlah operasi katarak yang dilakukan didalam bis klinik keliling di Bali, klinik di Sanur dan bersama dengan Angkatan Udara Republik Indonesia mencapai 1.019 sementara diluar Bali mencapai 315. Dokter mata Yayasan juga melakukan operasi 31 katarak pada anak-anak di Rumah Sakit Puri Raharja, Bali. Jaringan pelayanan kesehatan mata kita di Lombok mengoperasi 464 pasien katarak dan dua mitra pelayanan kesehatan kita di Gresik dan Surabaya, Jawa Timur, digabungkan menghasilkan 377 operasi katarak.

Di atas ini semua kesuksesan kita yang menyentuh hati dengan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit dan sebuah hasil yang indah dari pahlawan kecil - Vira. Benar-benar hasil yang luarbiasa dari sekelompok orang-orang hebat. Secara keseluruhan, tahun yang sangat baik untuk Yayasan ini dimungkinkan melalui dukungan kuat dan komitmen serta pengabdian dari staf kita untuk melakukan dengan tingkat kualitas tinggi dan profesionalisme. Terima kasih kepada semua orang yang terlibat.

Our CEO’s ReportLaporan dari CEO Kita

Page 10: 2013 JFF Annual Report

Visi & Misi Menjalankan Program Kita

Our Vision & Mission Drive Our Programs

From our vision and mission to restore dignity and productive lives of poor Indonesians through life-changing eye health care innovations and other medical

and social interventions to our mission of providing access to high quality, professional medical care and support services for the impoverished in Indonesia, particularly those who suffer from poor eye health, cleft lip and palate and / or serious crippling and debilitating medical conditions, the Foundation’s main focus for the year was on our Sight Restoration and Blindness Prevention Program. Most of our human and financial resources were dedicated to this stellar initiative, which produced significant results.

We also dedicated significant time and effort to implement activities under our other key initiatives, Children’s Corrective Surgery providing reconstructive cleft lip and palate operations for children; Assistance to Desperately Ill Children and Young People highlighted by the successes with Vira, the young but hugely motivated double leg amputee; and our Education Assistance Program so important for providing participating families seed funding to keep their children in school.

Dari visi dan misi kita untuk memulihkan martabat dan kehidupan produktif rakyat Indonesia yang miskin melalui inovasi pelayanan kesehatan mata dan masalah

kesehatan sosial lainnya untuk misi kita dengan menyediakan akses yg berkualitas tinggi, pelayanan kesehatan yang profesional serta dukungan pelayanan untuk yg miskin di Indonesia, terutama mereka yang menderita kesehatan mata yang buruk, bibir sumbing dan celah langit-langit dan atau kondisi medis yg serius yang melumpuhkan dan melemahkan, fokus utama Yayasan untuk tahun ini adalah pada Program Penanggulangan dan Pencegahan Kebutaan. Sebagian besar sumber daya manusia dan keuangan yang diperuntukkan untuk kegiatan utama ini, dapat menghasilkan hasil yang sangat signifikan.

Kita juga mendedikasikan waktu dan tenaga untuk melaksanakan kegiatan kita lainnya, Operasi Bedah Perbaikan Anak-anak dengan menyediakan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit pada anak-anak, Bantuan Untuk Anak-anak & Remaja Yang Menderita Penyakit Kronis terutama dengan keberhasilan Vira, kaum muda yang termotivasi walaupun kehilangan kedua belah kakinya; dan Program Bantuan Pendidikan kita sangat penting untuk menyediakan dana awal keluarga yang berpartisipasi untuk menjaga anak-anak mereka bersekolah.

Our mission is to restore vision. Our vision is to restore dignity. Our method is to create miracles.

8 2013 Annual Report Laporan Tahunan 2013 The John Fawcett Foundation

Yayasan John Fawcett Indonesia

Page 11: 2013 JFF Annual Report

The John Fawcett Foundation Yayasan John Fawcett Indonesia

92013 Annual Report Laporan Tahunan 2013

Page 12: 2013 JFF Annual Report

Program Penanggulangan & Pencegahan Kebutaan

Sight Restoration & Blindness Prevention Program

10 2013 Annual Report Laporan Tahunan 2013 The John Fawcett Foundation

Yayasan John Fawcett Indonesia

Page 13: 2013 JFF Annual Report

Sight Restoration & Blindness Prevention Program

“According to WHO, every five seconds one person in the world goes blind. One child goes blind every minute. It is estimated that over seven million people become blind every year.” “Menurut WHO, setiap lima detik satu orang di dunia menjadi buta. Satu anak menjadi buta setiap menit. Diperkirakan lebih dari tujuh juta orang menjadi buta setiap tahun.”

Those in Indonesia who are blind because they are poor remain poor because they are blind. Because it can take two to care for a cataract-blind family member, cataract

blindness is both an economic and social problem. Restoring sight to a cataract-blind adult can return three to economic productivity generating significant increases in household income. With millions needlessly cataract blind throughout the country, the economic impact is huge.

With this backdrop, our cornerstone Foundation program, now in its 23rd year of implementation, generated another year of amazing results providing high quality eye health care and sight-restoring cataract surgeries to tens of thousands of poor Indonesians thereby helping us contribute to achieving the Vision 2020 target of eliminating avoidable blindness.

Starting with a Trustees of The Rotary Foundation approval of a 3H (Health, Hunger and Humanity) grant for the first mobile eye clinic for cataract surgeries in 1991, our innovative, comprehensive and effective eye health care service delivery approach has expanded and includes: i) mobile eye health care clinics on Bali; ii) fully-funded mobile eye health care clinics off-Bali (Lombok); iii) a network of outreach centres in partnership with JFF/YKI-trained ophthalmologists (the East Java municipalities of Surabaya, Gresik); and iv) a solid partnership with the Indonesia Armed Forces.

Our excellent reputation for provision of high quality services is possible because of our professional doctors, nurses, refractionists, technicians and support staff. Their service in the service of others deserves a very special mention of thanks.

Program Outcomes

Our innovative eye health care delivery network remains our strategic focus for delivering high quality eye health care services to poor and disadvantaged populations throughout Indonesia. We achieved annual targets in patients screened, distribution of eye glasses and medicines, and in numbers of cataract surgeries.

Bagi mereka yang berada di Indonesia yang mengalami buta karena mereka miskin mereka akan tetap menjadi miskin karena mereka buta. Ini dapat mengakibatkan

dua orang harus merawat anggota keluarga yang buta katarak, kebutaan katarak adalah merupakan masalah ekonomi dan sosial. Mengembalikan penglihatan buta-katarak pada orang dewasa dapat mengembalikan kembali tiga orang kembali produktif menghasilkan peningkatan ekonomi yang signifikan dalam pendapatan rumah tangga. Dengan menyia-nyiakan jutaan buta katarak di seluruh negeri ini, dampak ekonominya sangat besar.

Dengan latar belakang ini, program utama Yayasan kita, sekarang dalam tahun ke 23 pelaksanaannya, memperoleh setahun lagi hasil yang luar biasa dalam memberikan pelayanan kesehatan mata yang berkualitas tinggi dan dapat memulihkan penglihatan melalui operasi katarak kepada puluhan ribu rakyat Indonesia yang miskin sehingga membantu kita berkontribusi untuk mencapai target dari Visi 2020 yaitu memberantas kebutaan.

Dimulai dengan persetujuan hibah 3K (Kesehatan, Kelaparan dan Kemanusiaan) dari “Trustees of The Rotary Foundation” untuk bis klinik keliling operasi katarak pertama pada tahun 1991, pendekatan pelayanan kesehatan mata kita yang inovative, komprehensif dan effective telah diperluas dan sekarang meliputi: i) bis klinik keliling di Bali; ii) Pendanaan penuh bis klinik keliling diluar Bali (Lombok); iii) jaringan “outreach centre” bermitra dengan dokter mata JFF / YKI yang telah terlatih (kotamadya Jawa Timur Surabaya, Gresik); dan iv) kemitraan yang kuat dengan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia.

Reputasi kita yang sangat baik dalam penyediaan layanan berkualitas tinggi ini dimungkinkan karena profesionalitas para dokter mata, perawat, refractionists, teknisi dan staf pendukung lainnya. Pelayanan mereka dalam melayani orang lain pantas mendapatkan apresiasi khusus.

Hasil Program

jaringan pelayanan kesehatan mata kita yang innovative tetap menjadi fokus strategis kita untuk memberikan pelayanan kesehatan mata berkualitas tinggi untuk masyarakat miskin dan kurang beruntung di seluruh Indonesia. Kita mencapai target-target tahunan pada pasien yang diperiksa, pemberian kacamata dan obat-obatan, dan jumlah operasi katarak.

The John Fawcett Foundation Yayasan John Fawcett Indonesia

112013 Annual Report Laporan Tahunan 2013

Page 14: 2013 JFF Annual Report

Highlights - Our Sight Restoration Component

During the year, our mobile eye health care teams screened 44,803 adult poor Indonesian men and women and 10,444 elementary school children, distributed 30,420 pairs of eye glasses, treated 18,616 patients with medicinal eye drops for minor eye ailments and performed 2,206 sight-restoring cataract operations, 2,175 on adults and 31 on children.

Mobile Eye Health Care Clinic Days

• 150 clinic days on Bali 70 were adopted clinic days funded by sponsors from Australia, Canada, Europe, Indonesia and the United States

• 77 clinic days (Wednesdays & Fridays) at Foundation HQs, Sanur, Bali

• 18 clinic days off-Bali (Bondowoso, East Java; Sumbawa, NTB; Flores, NTT) 15 of these were adopted clinic days with funding from key Australian donors and in partnership with the Indonesia Air Force (Sumbawa; Flores)

• 17 clinic days on Lombok (January-March 2013 only) Despite the temporary suspension of the Lombok mobile eye clinic at the end of 2012 because of a lack of funds, Foundation eye health care clinic staff carried out community eye screenings for three months; identified cataract patients were referred to partner Foundation ophthalmologists at our two Lombok network outreach centre. The Lombok Eye Project is expected to ramp up again early 2014 when funds become available.

• 2 clinic days in South Kalimantan with Yayasan Adaro Bangun Negeri (January 2013 only)After 11 years, the Foundation’s partnership with Yayasan Adaro Bangun Negreri (YABN), PT Adaro’s foundation in South Kalimantan, formally ended. It was mutually agreed that beginning mid-2013 YABN would independently manage and administer this program. JFF/YKI sincerely appreciates its collaboration with PT. Adaro and YABN and thanks all involved in this unique partnership over the years.

Sites Served by The Foundation in Indonesia Peta Pelayanan Yayasan di Indonesia

Highlights – Komponen Penanggulangan Kebutaan

Selama tahun ini, tim bis klinik keliling kita memeriksa 44.803 orang dewasa laki-laki dan perempuan Indonesia yang miskin dan 10.444 anak sekolah dasar, mendistribusikan 30.420 pasang kacamata, pengobatan 18.616 pasien dengan obat tetes mata untuk penyakit mata ringan dan dilakukan 2.206 operasi katarak, 2.175 pada orang dewasa dan 31 pada anak-anak.

Pelayanan Harian Bis Klinik Mata Keliling

• 150 hari klinik di Bali 70 hari klinik adopsi yang didanai oleh sponsor dari Australia, Kanada, Eropa, Indonesia dan Amerika Serikat

• 77 hari klinik (Rabu & Jumat) di halaman Yayasan, Sanur, Bali

• 18 hari klinik di luar Bali (Bondowoso, Jawa Timur; Sumbawa, NTB; Flores, NTT) 15 dari Klinik adopsi ini dengan pendanaan dari donatur Australia serta kemitraan dengan Angkatan Udara Republik Indonesia (Sumbawa; Flores)

• 17 hari klinik di Lombok (hanya sampai Januari-Maret 2013) Meskipun penghentian sementara bis klinik keliling di Lombok pada akhir 2012 karena kurangnya dana, staff Yayasan tetap melakukan pemeriksaan mata terhadap masyarakat selama tiga bulan; mengidentifikasi pasien katarak dan merujuk pasien tersebut ke dokter mata di dua “outreach centre” kita di Lombok. Proyek Mata di Lombok diharapkan dapat meningkat lagi pada awal tahun 2014 ketika dana sudah tersedia.

• 2 hari klinik di Kalimantan Selatan dengan Yayasan Adaro Bangun Negeri (Januari 2013 saja) Setelah 11 tahun, kemitraan JFF/YKI dengan Yayasan Adaro Bangun Negreri (YABN), yayasan PT Adaro di Kalimantan Selatan, secara resmi berakhir. Hal ini disepakati bersama bahwa mulai pertengahan 2013 YABN secara bebas akan mengatur dan mengelola program ini. JFF / YKI tulus menghargai kerjasama dengan PT. Adaro dan YABN dan terima kasih semua yang terlibat dalam kemitraan yang unik ini selama bertahun-tahun.

Outreach clinicOutreach Klinik

Mobile Eye Clinic visitKunjungan Bis Klinik Mata Keliling

Full-time Mobile Eye ClinicFull-time Bis Klinik Mata Keliling

12 2013 Annual Report Laporan Tahunan 2013 The John Fawcett Foundation

Yayasan John Fawcett Indonesia

Page 15: 2013 JFF Annual Report

A breakdown of cataract surgeries

• 791 adult cataract surgeries on Bali in our mobile eye health care clinic buses and at Foundation HQs

• 228 adult cataract surgeries in collaboration with the Indonesia Air Force

• 31 children cataract surgeries at Puri Raharja Hospital

• 315 adult cataract surgeries in our mobile eye health care clinic bus off Bali (excluding Lombok), including 40 with our partner in South Kalimantan

• 464 adult cataract surgeries through our network of outreach centre and mobile eye health care clinic bus on Lombok

• 377 adult cataract surgeries with our partner outreach centre on East Java (Gresik; Surabaya)

Highlights - Our Blindness Prevention Component

As part of our continuum of care approach, JFF/YKI has over the years implemented an eye health care education programme directed at elementary-aged school children to improve their visual acuity, enhance their educational performance and provide a young generation with the basic tools, skills and knowledge to reduce and prevent avoidable blindness.

Nearly every mobile eye health care clinic includes a component for screening elementary school children. A week to ten days prior to the arrival of the mobile eye clinic a small Foundation team goes to the selected village and, working with local government officials, identifies one or two elementary schools to receive screening, eye acuity testing and refraction for glasses for between 250-500 school children.

During the actual day of screening, students are examined for both uncorrected and best corrected visual acuity (UCVA and BCVA, respectively) and prescribed corrective measures, i.e., eye glasses.

Young students are also provided instruction in eye health care basics starting them on the road for implementing daily eye health care and sharing the new knowledge with others in their respective communities with the objective of reducing avoidable blindness by addressing the causes at a young age.

During the year, JFF/YKI undertook 50 elementary school screenings, tested the eyes of a total of 10,444 children and prepared and distributed 558 pairs of prescription eye glasses.

Rincian operasi katarak

• 791 operasi katarak dewasa di Bali yang dilakuka dalam bis klinik keliling dan di halaman Yayasan

• 228 operasi katarak dewasa bekerjasama dengan Angkatan Udara Republik Indonesia

• 31 operasi katarak anak-anak di Rumah Sakit Puri Raharja

• 315 operasi katarak dewasa di bis klinik keliling kita diluar Bali (tidak termasuk Lombok), termasuk 40 dengan mitra kami di Kalimantan Selatan

• 464 operasi katarak dewasa jaringan “outreach centre” kita dan bis klinik keliling di Lombok

• 377 operasi katarak dewasa dengan mitra “outreach centre” kita di Jawa Timur (Gresik; Surabaya)

Highlights – Komponen Pencegahan Kebutaan

Sebagai bagian dari rangkain pendekatan kita, JFF / YKI selama bertahun-tahun melaksanakan program pendidikan kesehatan mata diarahkan pada usia anak SD untuk meningkatkan ketajaman penglihatan mereka, meningkatkan kinerja belajar mereka dan menyediakan peralatan dasar bagi para generasi muda, keterampilan dan pengetahuan untuk mengurangi dan mencegah kebutaan.

Hampir di setiap kegiatan bis klinik mata keliling menyertakan komponen untuk pemeriksaan anak-anak sekolah dasar. Seminggu sampai sepuluh hari sebelum kedatangan bis klinik mata keliling tim kecil Yayasan pergi ke desa yang dipilih dan, bekerja sama dengan pejabat pemerintah daerah, mengidentifikasi satu atau dua sekolah dasar untuk mendapatkan pelayanan pemeriksaan mata, pemeriksaan ketajaman penglihatan dan melakukan refraksi kacamata antara 250-500 anak-anak sekolah.

Selama hari pemeriksaan, siswa diperiksa baik untuk yang mengalami gangguan penglihatan maupun perbaikan ketajaman penglihatan (UCVA dan BCVA) dan meresepkan ukuran yang pas, yaitu kacamata.

Siswa juga diberikan petunjuk dasar-dasar perawatan kesehatan mata supaya mereka bisa mulai melaksanakan perawatan kesehatan mata sehari-hari serta membagi pengetahuan baru mereka dengan orang lain di masing-masing komunitas mereka dengan tujuan mengurangi kebutaan dengan cara mengatasi sejak usia dini.

Selama tahun ini, JFF / YKI melakukan skrining di 50 sekolah dasar, pemeriksaan ketajaman penglihatan untuk 10.444 terhadap anak-anak dan menyiapkan serta mendistribusikan 558 pasang kacamata.

The John Fawcett Foundation Yayasan John Fawcett Indonesia

132013 Annual Report Laporan Tahunan 2013

Page 16: 2013 JFF Annual Report

14 2013 Annual Report Laporan Tahunan 2013 The John Fawcett Foundation

Yayasan John Fawcett Indonesia

Highlights – Adopt a Mobile Eye Health Care Clinic

Special mention is made about the Foundation’s innovative “Adopt a Mobile Eye Health Care Clinic” initiative started in September 2012, which now has become a major fundraiser. Mobile clinics are marketed at $2,000 for a two-day clinic and $6,000 for a four and a half day clinic, each with a half day for screening elementary school children and distribution of free glasses and medicines.

In 2013 there were 24 separate sponsors providing funding for 28 mobile eye health care clinics both on and off Bali.

On Bali

Highlights – Adopt a Mobile Eye Health Care Clinic

Khusus kami sampaikan perihal inovasi Yayasan “Adopt a Mobile Eye Health Care Clinic” ini berawal pada September 2012, yang kini telah menjadi penggalang dana utama. Bis klinik mata keliling dipasarkan $ 2.000 untuk pelayanan dua hari klinik dan $ 6.000 untuk pelayanan empat setengah hari klinik, masing-masing dengan setengah hari untuk skrining anak-anak sekolah dasar dan distribusi kacamata gratis dan obat-obatan.

Pada 2013 ada 24 sponsor yang terpisah menyediakan dana untuk 28 kegiatan bis klinik mata keliling baik dalam maupun luar Bali.

Di Bali

1. The Linggih Center, Bali

2. SMEC, Australia

3. Villa Bamboo, Bali

4. Ole Saeverud & Fiona, Australia

5. PT Global Vision Impex / PT Van Aroma, Jakarta

6. Discovery Kartika Plaza Hotel, Bali

Off Bali Diluar Bali

1. Forum Wartawan, South Kalimantan

2. SMEC, Australia (IAF to Sumbawa)

7. XL Vision Villas

8. Nusa Dua Beach Hotel and Spa, Bali

9. Komunitas Cinta Kasih, Bali

10. Social Justice Fund/Australian Communities Foundation, Australia (2 clinics)

3. LP2SM, Bodowoso

4. Lakeside Golf Club, Australia (IAF to Flores, Sail Komodo)

11. John Poynton, Australia

12. Naked Specs, Australia

13. Roger Hussey & son, Bali

14. Hollenbeck Ohana, Bali

15. Rotary Dalkeith, Australia

16. John Hughes, Australia (3 clinics)

5. Doctor Children’s Fund, Sumbawa

6. Harapan Keluarga Hospital, Mataram, Lombok

17. Stichting Bali Bundar, Bali (Mentik family-Netherlands)

18. UD Mente Bali Sejahtera, Bali

19. Bali Safari and Marine Park, Bali

Dr Dini and team performing surgery in the mobile eye clinic | Dr Dini bersama tim melakukan operasi di bis klinik mata keliling

Page 17: 2013 JFF Annual Report

The John Fawcett Foundation Yayasan John Fawcett Indonesia

152013 Annual Report Laporan Tahunan 2013

Page 18: 2013 JFF Annual Report

Indonesia Armed Forces Partnership

Started in 2010, our partnership with the Indonesia Armed Forces continues to grow and expand. Two noteworthy collaborations with the Indonesia Air Force took place during the year. With huge logistical support, the Indonesia Air Force flew our mobile eye health care clinic and staff to Sumbawa and Flores in the more remote eastern part of the country. The combined results from these two visits were stunning – 3,695 patients screened, 2,071 patients assisted with eye medicines, 2,780 pairs of eye glasses distributed and 228 sight-restoring cataract surgeries performed by both JFF/YKI and Indonesia Air Force ophthalmologists.

In a continuation of our strong partnership with the Indonesia Army, we participated in one of their major social outreach events. During the day, 430 patients were screened, 378 pairs of eye glasses and 247 eye medicines were distributed and cataract surgeries performed on 8 patients.

As always, our special thanks to the Indonesia Armed Forces for their support and cooperation.

Kemitraan dengan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia

Dimulai pada tahun 2010, kemitraan kita dengan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia terus tumbuh dan berkembang. Dua kolaborasi penting dengan Angkatan Udara Republik Indonesia berlangsung sepanjang tahun. Dengan dukungan logistik yang sangat besar, Angkatan Udara Republik Indonesian menerbangkan bis klinik mata keliling dan staf kita ke Sumbawa dan Flores ke daerah terpencil timur Negara ini. Hasil gabungan dari dua kunjungan ini sangat luarbiasa - 3,695 pasien diperiksa, 2.071 pasien mendapatkan obat tetes mata, membagikan 2.780 pasang kacamata dan 228 operasi katarak yang dilakukan oleh dokter mata JFF / YKI dan Angkatan Udara Republik Indonesia.

Dalam kelanjutan dari kemitraan yang kuat kita dengan Angkatan Darat Republik Indonesia, kita berpartisipasi dalam salah satu acara sosial mereka. Selama hari itu, melakukan skrining 430 pasien, 378 pasang kacamata dan 247 obat tetes mata didistribusikan dan 8 pasien mendapatkan operasi katarak.

Seperti biasa, terima kasih khusus kita kepada Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atas dukungan dan kerjasamanya.

16 2013 Annual Report Laporan Tahunan 2013 The John Fawcett Foundation

Yayasan John Fawcett Indonesia

Air Chief Marshal, Ida Bagus Putu Dunia and wife visit activities in Sumbawa Besar Kunjungan Kasau, Marsekal Ida Bagus Putu Dunia berasama istri saat kegiatan di Sumbawa Besar

Pangdam IX Udayana, Major General TNI Wisnu Bawa Tenaya, discusses the armed forces social program with CEO & Senior Programs Manager

Pangdam IX Udayana, Mayor Jenderal TNI Wisnu Bawa Tenaya, berdialog dengan CEO & Senior Programs Manager pada waktu acara baksos Kodam

Dr Sri Harto from Indonesia Air Force examining a patient Dr Sri Harto SpM, dari TNI AU sedang melakukan pemeriksaan pada pasien

Page 19: 2013 JFF Annual Report

Outreach Centers

Now in our fourth year of partnership, participating ophthalmologists in Surabaya and Gresik, East Java, continued to support JFF/YKI in achieving our annual goal of reducing avoidable blindness through cataract surgeries. We are grateful for the outstanding services provided to the Foundation by both Klinik Mata Tritya and Klinik Mata Utama and to ophthalmologists Dr Armanto Sidohutomo SpM; Dr Uyik Unari DK, SpM; and Dr Fitria Romadiana, SpM for proving time and service to this critically important component of our sight restoration and blindness prevention program.

Outreach Centres

Sekarang di tahun keempat kemitraan kita, dokter mata yang berpartisipasi di Surabaya dan Gresik, Jawa Timur, terus mendukung JFF / YKI dalam mencapai tujuan tahunan kita dalam mengurangi kebutaan melalui operasi katarak. Kita berterima kasih atas pelayanan yang luar biasa yang diberikan kepada Yayasan oleh Klinik Mata Tritya dan Klinik Mata Utama dan dokter mata Dr Armanto Sidohutomo SpM; Dr Uyik Unari DK, SpM; dan Dr Fitria Romadiana, SpM atas waktu dan pelayanan komponen penting ini dalam program penanggulangan dan pencegahan kebutaan.

The John Fawcett Foundation Yayasan John Fawcett Indonesia

172013 Annual Report Laporan Tahunan 2013

Dr Armanto, partner ophthalmologist to JFF in Surabaya, with some of his patients at the outreach centre Klinik Mata TrityaDr Armanto SpM, mitra JFF di Surabaya, bersama dengan pasiennya di Klinik Mata Tritya

Dr Armanto….and patients after cataract operation at Klinik Mata Tritya – Gresik | .............

JFF partner ophthalmologists post surgery at the Klinik Mata Utama outreach centre, Gresik, East Java Mitra dokter mata JFF setelah operasi di Klinik Mata Utama, Gresik, Jawa Timur

Page 20: 2013 JFF Annual Report

Children’s Cataract Surgery

Children who are cataract-blind, whether at birth or who develop cataracts early in life, remain a significant focus of our services in restoring sight to disadvantaged populations in Indonesia. Experience over the years has shown that about 1% of all our cataract surgeries are performed on children. This year was no exception. Ophthalmologists Dr Dharyata and Dr Dini Dharmawidiarini, assisted by anaesthetists Dr Putu Panji and Dr Wibawa, operated on 31 cataract-blind children. Of special note were operations performed on 10 of these children who had been living in a blind orphanage on Lombok. Our network kicked into action, identified the 10 out of 45 who had operable cataracts and by the end of the year we had completed all of the surgeries.

Operasi Katarak pada Anak-anak

Anak-anak yang buta katarak, baik pada saat lahir atau tumbuh katarak diusia muda, tetap hal ini menjadi fokus pelayanan kita dalam memulihkan penglihatan pada masyarakat di Indonesia yang kurang mampu. Dari pengalaman selama bertahun-tahun menunjukkan sekitar 1% dari semua operasi katarak yang kita lakukan adalah anak-anak. Tidak terkecuali tahun ini. Dokter mata Dr Dharyata, SpM dan Dr Dini Dharmawidiarini, SpM dibantu oleh ahli anestesi Dr Putu Panji, SpAn dan Dr Wibawa, SpAn mengoperasi 31 anak-anak buta-katarak. Khusunya adalah operasi katarak yang dilakukan pada 10 anak-anak ini tinggal di sebuah panti asuhan di Lombok. Jaringan kita bertindak dengan segera, mengidentifikasi 10 dari 45 penderita katarak yang dapat dibantu dengan operasi dan di penghujung tahun kita berhasil malakukan operasi terhadap semuanya.

18 2013 Annual Report Laporan Tahunan 2013 The John Fawcett Foundation

Yayasan John Fawcett Indonesia

Soleh Darmawan, one of the children at the SLB A YPTN, Mataram (Mataram, Lombok blind school) identified with cataracts; photos show pre- and post surgery Soleh Darmawan, salah satu anak dari SLB A YPTN Mataram, ditemukan menderita katarak: foto sebelum dan sesudah operasi

Dr Dharyata, JFF Consultant Ophthalmologist examines a young girl with impaired sight Dr Dharyata, SpM (K) Konsultan JFF melakukan pemeriksaan pada anak perempuan yang mengalami gangguan penglihatan

Page 21: 2013 JFF Annual Report

The John Fawcett Foundation Yayasan John Fawcett Indonesia

192013 Annual Report Laporan Tahunan 2013

Page 22: 2013 JFF Annual Report

Prosthetic Eye Program

One of the most amazing visual results occurs after a child in need receives a hand-made prosthetic eye manufactured at our Sanur facilities. Since its beginning seven years ago, our prosthetic eye program has provided life changing outcomes for over 300 recipients. Confidence is restored as is their dignity enabling them to live a normal, happy life. During 2013, we provide this life-changing assistance to 47 children.

Program Mata Protese

Salah satu hasil yang paling luar biasa terjadi pada saat seorang anak yang membutuhkan memperoleh bantuan mata protese yang diproduksi sendiri di kantor kita di Sanur. Sejak awal tujuh tahun lalu, program mata protese kita telah memberi perubahan hidup bagi lebih dari 300 orang. Memulihkan kepercayaan diri serta martabat mereka untuk menjalani kehidupan normal, hidup bahagia. Selama tahun 2013, kita memberikan bantuan terhadap 47 anak.

20 2013 Annual Report Laporan Tahunan 2013 The John Fawcett Foundation

Yayasan John Fawcett Indonesia

Page 23: 2013 JFF Annual Report

World Sight Day 2013

World Sight Day 2013, falling on 10 October 2013, was celebrated with the theme “Universal Eye Health” and the “Call to Action - Get Your Eyes Tested”. As written up in the World Sight Day Activities Report 2013, World Sight Day was celebrated by the JFF/YKI timed with the Immanuel Primary School visit, a wonderful and enthusiastic group of students, parents and teachers. The group spent three days in the field with our screening and mobile eye health care clinic team in Bali, watched cataract surgeries inside the mobile eye clinic theatre and visited with JFF/YKI scholarship students and their families in the village of Keramas, part of the planned Immanuel Primary School fundraising initiative for the John Fawcett Foundation called “Small Change…Making a Difference”. Immanuel Primary School has become a major donor to the Foundation having raised $30,000 in their three years of support.

World Sight Day 2013

“World Sight Day 2013” jatuh pada 10 Oktober 2013, dirayakan dengan tema “Universal Eye Health” dan “Call to Action - Get Your Eyes Tested”. Seperti yang tercantum dalam laporan 2013 Peringatan Penglihatan Sedunia, Hari Penglihatan Sedunia dirayakan oleh JFF / YKI bertepatan dengan kunjungan Sekolah Dasar Immanuel, kelompok anak-anak sekolah, orang tua dan guru yang sangat antusias. Kelompok ini melakukan kunjungan selama tiga hari melihat pemeriksaan mata dilapangan bersama bis klinik mata keliling di Bali, menyaksikan secara langsung operasi katarak di dalam bis klinik mata keliling dan juga melakukan kunjungan ke siswa yang memperoleh bantuan beasiswa dari JFF/YKI di desa Keramas, bagian dari kegiatan penggalangan dana Sekolah Dasar Immanuel yang direncanakan untuk Yayasan John Fawcett yang disebut “Small Change…Making a Difference”. Sekolah Dasar Immanuel telah menjadi salah satu donatur utama bagi Yayasan dan telah mengumpulkan $ 30.000 dalam tiga tahun dukungan mereka.

The John Fawcett Foundation Yayasan John Fawcett Indonesia

212013 Annual Report Laporan Tahunan 2013

Page 24: 2013 JFF Annual Report

Operasi Bedah Perbaikan Anak-AnakChildren’s Corrective Surgery

This long-running Foundation Program has, likewise, changed the lives of thousands of children freeing them from the stigma placed on those with facial

deformities. The goal is to improve the quality of life of those in need of cleft lip and / or cleft palate surgeries. During the year, the Foundation provided cleft lip / palate surgeries for 73 children and / or adolescents bringing the total assisted to date since the inception of the Program to

Perjalanan panjang Program Yayasan ini, juga, mengubah kehidupan ribuan anak-anak serta membebaskan mereka yang meiliki kecacatan pada

wajah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup mereka yang membutuhkan operasi bibir sumbing dan / atau celah langit-langit. Selama tahun ini, Yayasan melakukan operasi bibir sumbing / celah langit-langit sebanyak 73 anak-anak / remaja dan jumlah total sejak

22 2013 Annual Report Laporan Tahunan 2013 The John Fawcett Foundation

Yayasan John Fawcett Indonesia

Page 25: 2013 JFF Annual Report

The John Fawcett Foundation Yayasan John Fawcett Indonesia

232013 Annual Report Laporan Tahunan 2013

nearly 2,000. What a pleasure to see the smiling faces post-surgery made possible through the support of individual volunteers and the generosity of our donors.

This Program also assisted four other children with surgeries including synductly, rhynoplasty, facial reconstruction and lesion foot.

Dr Tim Cooper, Dr Anom, and visiting medical students Dr. Ken Lee and Dr. Campbell Flynn during pre-op cleft lip & palate consultation Dr Tim Cooper, Dr Anom, dan dokter residen, Dr. Ken Lee and Dr. Campbell Flynn saat konsultasi pre-op bibir sumbing

awal program yang telah terbantu mencapai hampir 2.000 Sangat menyenangkan melihat wajah mereka tersenyum pasca-operasi, ini semua dimungkinkan melalui dukungan para relawan dan kemurahan hati para donatur kita.

Program ini juga membantu empat anak dengan operasi diantaranya, synductly, rhynoplasty, facial reconstruction dan lesion foot.

Page 26: 2013 JFF Annual Report

Bantuan Untuk Anak-Anak & Remaja Yang Menderita Penyakit Kronis

Assistance to Desperately Ill Children & Young People

24 2013 Annual Report Laporan Tahunan 2013 The John Fawcett Foundation

Yayasan John Fawcett Indonesia

Over the years, with the help and supervision of volunteer surgeons and supporting hospitals, and with sufficient funding, our Foundation has provided treatment and

operations for children and young people from poor families for selected medical conditions which will either make a life-changing impact on their life or in some cases actually save a life. Three such cases stand out in 2013.

Selama bertahun-tahun, dengan bantuan dan pengawasan dari ahli bedah dan rumah sakit serta relawan, dengan dana secukupnya, Yayasan kita telah

memberikan pengobatan dan operasi untuk anak-anak dan remaja yang berasal dari keluarga miskin. Bantuan ini bersifat selective baik itu akan berdampak pada kehidupannya atau beberapa kasus mampu menyelamatkan hidup mereka. Tiga kasus tersebut cukup menonjol terjadi pada tahun 2013.

Page 27: 2013 JFF Annual Report

The John Fawcett Foundation Yayasan John Fawcett Indonesia

252013 Annual Report Laporan Tahunan 2013

Vira’s Incredible Voyage

Vira came to us from the poor village of Pototano, Sumbawa, when she was 10 years old. But over 8 years ago, Vira was a passenger on a tragic bus accident when she lost both her legs. We decided to work with her because of her strong will, determination and dream to become a doctor. Over the course of 5 months and three visits to Bali, Vira was operated on to prepare her legs for new prosthetic and took the first real steps of her life. Please visit the link http://www.youtube.com/watch?v=RBBt_g1se6A to see the smile that tells the entire story.

Rifai’s Incredible Journey

Young Rifai came to us through a request from passengers on the tourist vessel MV Orion II who were in Sumatera on their way to Singapore. His plight touched the hearts of the ship’s passengers who welcomed Rifai and his mother on the MV Orion II and transported them to KK Women’s & Children’s Hospital, Singapore, for a CT scan and diagnosis of his facial encephalocele. A few months later Rifai returned to Singapore for what was to be successful cranio-facial surgery. After post-op in Singapore, Rifai returned to his village in Sumatera where the hero’s welcome mat was thrown out. Today Rifai is doing well and extends his sincerest appreciate and gratitude to everyone who made this incredible journey possible – Orion Expedition Cruises, KK Women’s and Children’s Hospital (Singapore) and Rotary Club of Singapore.

Gede Yasa’s Incredible Feat

We met Gede Yasa after his tragic accident when a truck accidentally ran over his leg crushing it to the knee. During 2013 the Foundation made all the arrangements for Gede’s successful prosthetic leg fitting by F.O.S. Australia. Today, Gede could not be happier attested to by his own words, “There is no regret for me to have my leg amputated...Now I can run!” Our thanks to FOS Australia for their wonderful support.

Perjalanan Vira Yang Luar Biasa

Vira datang pada kita dari sebuah desa miskin Pototano, Sumbawa, saat berusia 10 tahun. Akan tetapi lebih dari 8 tahun yang lalu, Vira adalah penumpang pada saat kecelakaan tragis terjadi dia kehilangan kedua kakinya. Kita memutuskan untuk bekerjasama dengannya karena melihat tekadnya yang kuat, tekad dan mimpi untuk menjadi seorang dokter. Selama 5 bulan dia melakukan perjalanan tiga kali ke Bali, Vira dioperasi kakinya guna persiapan pemasangan kaki palsu yang baru dan untuk pertama kalinya dalam hidupnya ia melangkah menggunakan kaki palsunya. Silakan kunjungi link http://www.youtube.com/watch?v=RBBt_g1se6A untuk melihat senyum yang menceritakan cerita keseluruhannya.

Perjalanan Rifai Yang Luar Biasa

Rifai muda datang ke kita melalui permintaan beberapa penumpang kapal MV Orion II yang saat itu berada di Sumatera dalam perjalanan mereka menuju Singapura. Penderitaanya menyentuh hati penumpang kapal yang mengajak Rifai dan ibunya di MV Orion II kapal yang mengantar mereka ke KK Women’s & Children’s Hospital, Singapura, untuk dilakukan CT scan dan diagnosis mengalami encephalocele pada wajahnya. Beberapa bulan kemudian Rifai kembali ke Singapura untuk menjalani operasi cranio-facial dan berjalan sukses. Setelah post-op di Singapura, Rifai kembali ke desanya di Sumatera yang disambut bak pahlawan dengan bentangan karpet permadani . Sekarang Rifai telah sembuh dan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua orang yang membuat perjalanan luar biasa ini - Orion Expedition Cruises, KK Women’s and Children’s Hospital (Singapore) dan Rotary Club of Singapore.

Perjalanan Gede Yasa Yang Luar Biasa

Kita ketemu dengan Gede Yasa setelah mengalami kecelakaan tragis ketika sebuah truk melindas menghancurkan kaki sampai kelutut. Di tahun 2013 kita membantu Gede untuk pemasangan kaki palsu oleh FOS Australia. Sekarang, Gede tidak bisa lebih bahagia ini dibuktikan oleh kata-katanya sendiri, “Tidak ada penyesalan bagi saya untuk kaki saya diamputasi ... Sekarang saya bisa lari!” Kita berterimakasih atas dukungan yang diberikan oleh FOS Australia

Rifai Gede Yasa

Page 28: 2013 JFF Annual Report

26 2013 Annual Report Laporan Tahunan 2013 The John Fawcett Foundation

Yayasan John Fawcett Indonesia

Program Bantuan PendidikanEducation Assistance Program

For over 10 years, JFF/YKI has supported the education of children on Bali. From its small beginnings has blossomed a robust Education Assistance Program that has since

inception helped 966 children from primary school through senior high school. The children receive funds deposited in a local bank account co-managed by the family and the Foundation with money used to cover such expenses as school fees, uniforms, books and other school requirements.

In 2013 there were 329 children in the Program – 89 at the elementary level, 152 in junior high school and 88 in senior high school.

Helena College

Annual Student Visit

Our partnership with Helena College remains strong. For 2013 two students from Bali, Ni Putu Suryani and Ni Wayan Mertayani, were selected to participate in the two-month Helena College student exchange program in Perth, Australia. This program, now in its eighteenth year, is so successful because of the rigorous selection process in Bali and the warmth and hospitality of the host families in Perth. With improved skills in English and computer science and awareness

Selama lebih dari 10 tahun, JFF / YKI telah membantu pendidikan anak-anak di Bali. Berawal dari kecil telah berkembang menjadi Program Bantuan Pendidikan yang cukup kuat sejak awal telah membantu 973 anak-anak dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Siswa menerima dana yang disimpan dalam rekening bank daerah dan diatur oleh keluarga bersama Yayasan dan uang digunakan untuk menutupi biaya seperti biaya sekolah, seragam, buku dan kebutuhan sekolah lainnya.

Pada 2013 ada 329 anak-anak didalam Program – 89 di tingkat SD, 152 SMP dan 88 SMA.

Helena College

Misi Tahunan Pelajar ke Perth

Kerjasama kita dengan Helena College tetap terjalin kuat. Untuk 2013 dua mahasiswa dari Bali, Ni Putu Suryani dan Ni Wayan Mertayani, terpilih untuk berpartisipasi dalam program pertukaran mahasiswa selama dua bulan di Helena College Perth, Australia. Program ini, sekarang menginjak tahun kedelapan belasnya, begitu berhasil karena proses seleksi yang ketat di Bali serta keramahan dan kehangatan dari keluarga tuan rumah di Perth. Dengan peningkatan kemampuan dalam

Page 29: 2013 JFF Annual Report

about the culture of Western Australia, Helena College participants upon their return to Bali become a valuable asset. We sincerely appreciate our long-running partnership with Helena College and look forward to 2014 when two more Balinese high school kids will be able to participate in and enjoy this unique opportunity.

Helena Club Members Meeting

To keep the relationship strong and the memories of their experiences fresh, Helena Club student alumni hold semi-annual meetings at the Foundation. Of note during the year was a proposal put forward to establish a Helena College Scholarship Trust Fund to help cover the costs of selected Helena Club alumni should they be accepted to university.

Special Note of Appreciation

Our acknowledgement of our partnership with Helena College, Perth, would not be complete without mentioning the special contribution from one of its enterprising students, Jannica Finis. This year-10 student, so moved by her visit to Bali seeing cataract-blind among some of the poor Balinese families, decided to raise funds to help people see again. Funds raised from her successful car boot sale have helped change the lives of some of those she visited. We congratulate this enterprising young lady for her selfless efforts and support.

Duty of Care

Children’s privacy in this program remains our utmost concern. Meetings between donors and students are frequently arranged but always in the company of Foundation staff and in a neutral location.

The John Fawcett Foundation Yayasan John Fawcett Indonesia

272013 Annual Report Laporan Tahunan 2013

berbahasa Inggris serta menguasai komputer dan mengenal budaya Australia Barat, para peserta Helena College setibanya di Bali menjadi aset berharga. Kami sangat menghargai kemitraan yang berjalan sudah lama bersama Helena College dan berharap untuk tahun 2014 dua anak SMA dari Bali akan dapat berpartisipasi dan menikmati kesempatan unik ini.

Pertemuan Anggota Helena Club

Untuk menjalin hubungan yang kuat serta guna menyegarkan kenangan pengalaman mereka, alumni mahasiswa Helena Club mengadakan pertemuan semi-tahunan di Yayasan. Dalam pembahasan selama setahun terbentuk sebuah proposal Dana Bantuan Beasiswa Helena Club untuk membantu para anggota yang terpilih untuk melanjutkan ke jenjang Universitas.

Apresiasi Khusus

Penghargaan kita sampaikan atas kemitraan kita dengan Helena College, Perth, tidak akan lengkap tanpa menyebutkan kontribusi khusus atas kewirausahaan dari salah satu siswi, Jannica Finis. Siswi kelas 10, begitu tersentuh saat berkunjung ke Bali melihat buta-katarak di tengah-tengah keluarga miskin di Bali, diapun memutuskan mengumpulkan dana guna membantu orang-orang melihat lagi. Sukses mengumpulkan dana dengan penjualan melalui kendaraanya telah membantu mengubah kehidupan beberapa orang yang dia kunjungi. Kita mengucapkan selamat kepada wanita muda ini dalam upayanya yang tanpa pamrih dan atas dukungannya.

Aturan yang perlu ditaati

Dalam Program ini kami sangat mengutamakan serta menjaga privasi anak–anak. Pertemuan antara penyumbang dan siswa/siswi dapat diatur akan tetapi selalu ditemani oleh staff Yayasan dan pertemuan dilakukan di tempat yang netral.

Ni Putu Suryani and Ni Wayan Mertayani at Helena College | Ni Putu Suryani and Ni Wayan Mertayani di Helena College

Page 30: 2013 JFF Annual Report

Volunteers

Contributing to the great work of the Foundation are our regular volunteers, who generously provided their time and skills in transferring technology to a range of local professionals. During 2013, our volunteers helped with technology transfer to Bali-based doctors in the areas of cleft lip and palate surgery, oculoplasty surgery, glaucoma, strabismus and general ophthalmology. Our special thanks to all of them.

JFF/YKI also hosted two skills upgrading training initiatives, the first with two nurses from the Sumba Foundation and the second with a visiting ophthalmologist from the Indonesia Air Force and one from the Mimika District Hospital, located in the Indonesian province of Papua. This latter training was in preparation for an anticipated expansion of the Foundation’s mobile eye health care clinic to this eastern Indonesian province in collaboration with the Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme Kamoro (LPMAK).

Relawan

Kelompok yang menambah dukungan kepada Yayasan adalah tenaga relawan tetap kita, secara sukarela menyumbangkan waktu dan keahliannya dalam bentuk alih teknologi kepada tenaga lokal professional. Selama tahun 2013, relawan kita mendukung alih teknologi terhadap dokter di Bali baik di bidang bibir sumbing, operasi oculoplasty, glaukoma, strabismus dan oftalmologi umum. Secara khusus kita sampaikan terima kasih kepada mereka semua.

JFF / YKI juga menjadi tuan rumah dalam dua kali kesempatan pelatihan, pertama dengan dua orang perawat dari Yayasan Sumba dan yang kedua dengan dokter mata dari Angkatan Udara Indonesia dan satu dari RSUD Mimika, yang terletak di provinsi Papua, Indonesia. Pelatihan tersebut diperuntukkan dalam persiapan untuk mengantisipasi perluasan pelayanan bis klinik keliling Yayasan di provinsi timur Indonesia yang bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme Kamoro (LPMAK).

Professor John Crompton ophthalmologist (South Australia)

Professor Bill Morgan ophthalmologist (Western Australia)

Australia

Relawan Kita Dan Alih Tekhnologi – Dukungkan Istimewa Untuk Yayasan

Our Volunteers & Transferring Technology – Extraordinary Support To The Foundation

Dr Jean-Louis deSousa ophthalmologist (Western Australia)

Dr Peter Graham ophthalmologist (Western Australia)

Dr Bill Ward ophthalmologist (Western Australia)

Dr Timothy Cooper plastic surgeon (Western Australia)

Alan Crumlin Fremantle Orthotics Service (South Australia)

Dr Rick Stapledon internist (South Australia)

Dr Verity Stirling (Western Australia)

Dr Bruce Connor dermatologist (Western Australia)

28 2013 Annual Report Laporan Tahunan 2013 The John Fawcett Foundation

Yayasan John Fawcett Indonesia

Page 31: 2013 JFF Annual Report

Dr Wayan Gde Dharyarta, SpM(K) consultant ophthalmologist (Bali)

Dr Endro Pranoto, SpM ophthalmologist (East Lombok)

Dr Gunawan Effendi, SpM ophthalmologist (West Lombok)

Dr Uyik Unari DK, SpM ophthalmologist (Gresik)

Dr Fitria Romadiana, SpM ophthalmologist (Gresik)

Indonesia

Other Volunteers

The Foundation also welcomed in 2013 voluntary service from a variety of people who offered to assist as part of their medical elective or pre-university study internship, or with advice on fundraising, IT and administration.

Para Relawan Lainnya

Dalam tahun 2013 Yayasan juga mengucapkan terima kasih banyak atas partisipasi dari berbagai pendukung yang secara sukarela memberikan bantuan baik sebagai bagian dari studi kesehatan atau magang dari universitas mereka maupun yang memberikan saran dalam bidang penggalangan dana, IT dan administrasi.

Dean Bowker Consultant-fundraising (Western Australia)

Melissa Buckley Internship in Development (Victoria)

Dr Mike Frood Intern-post-graduate medical elective (Western Australia)

Australia

Dr Armanto Sidohutomo, SpM(K) ophthalmologist (Surabaya)

Letkol Kes Dr Elisa S. Manueke, SpM ophthalmologist (Yogyakarta)

Letkol Kes Dr Djonny Djuarsa, SpM ophthalmologist (Bandung)

Kolonel Kes Dr M. Soewandi, SpM ophthalmologist (Jakarta)

Letkol Kes Dr Sri Harto, SpM ophthalmologist (Jakarta)

Mayor Kes Dr Sukirman, SpM ophthalmologist (Solo)

Dr I Made Agus Kusumadjaja, SpM ophthalmologist (Bali)

Dr Ni Kompyang Rahayu, SpM ophthalmologist (Bali)

Dr Ketut Anom Ratmaya, SpB, MARS, general surgeon (Bali)

Dr Wayan Sukra, SpAn, KIC anaesthetist (Bali)

Dr Ketut Wibawa Nada, SpAn, KAKV, anaesthetist (Bali)

Dr Putu Agus Suryapanji SpAn, KIC, anaesthetist (Bali)

Dr I Putu Pramana Suarjaya, SpAn, Mkes, KMN anaesthetist (Bali)

Dr. Made Bramantya Karna, SpOT orthopaedic (Bali)

Professor Sri Maliawan neurosurgeon (Bali)

Professor Tjakra Wibawa Manuaba oncologist (Bali)

The John Fawcett Foundation Yayasan John Fawcett Indonesia

292013 Annual Report Laporan Tahunan 2013

Ken Lee Intern-post-graduate medical elective (Western Australia)

Ali Mitchell Consultant-fundraising (South Australia)

Prue Madsen Advisor-administration (South Australia)

Charlotte Nitschke Intern-pre-university studies (South Australia)

Indonesia

Wayan Sudiarta IT techncial support (Bali)

Suriko Tirto Web site design/maintenance (Bali)

Liz Travers Consultant-fundraising (Bali)

Gede Wiryadana IT technical support (Bali)

New Zealand

Getrude Matshe Consultant-fundraising

UK

Jeremy Hope Consultant-fundraising/Trustee JFF

Medics Away Interns-medical elective

USA

Judith Myers MD Advisor-fundraising

Prof Bill Morgan examines a patient during a glaucoma training sessionProf Bill Morgan sedang memeriksa pasien saat pelatihan glaucoma

Prof John Crompton in a training session with the Foundation’s ophthalmologists | Prof John Crompton pada saat memberikan

pelatihan bersama dokter mata Yayasan

Page 32: 2013 JFF Annual Report

Promosi & Kampanye Penggalangan Dana KitaOur Promotion & Fundraising Campaigns

During the year, we initiated a more strategic approach at promotion and fundraising. We focused on raising sufficient funds by increasing awareness and visibility

of our stellar humanitarian work to a broader audience in Australia and Indonesia. We also took steps to expand our donor base in the US while at the same time enhancing fundraising activities in the UK and seeking potential new donor bases, i.e., Canada. Reaching a broader donor population is expected to raise sufficient funds to expand current levels of effort.

Donation-by-source breakdown for 2013 and a comparison with 2012 Perincian Donasi-dari-sumber untuk 2013 dibandingkan 2012

Selama tahun ini, kita memulai pendekatan yang lebih strategis di bidang promosi dan penggalangan dana. Kita menfokuskan penggalangan dana yang cukup

dengan meningkatkan kesadaran dan menunjukkan kerja kemanusiaan kita kepada khalayak yang lebih luas di Australia dan Indonesia. Kita juga ambil langka untuk memperkenalkannya kepada khayalak AS dan pada saat yang sama meningkatkan kegiatan penggalangan dana di Inggris serta mencari potensi basis donor baru, yaitu, Kanada. Dengan menjangkaui kelompok donatur yang lebih besar, diharapkan akan mampu mengumpulkan dana yang cukup untuk memperluas volume kegiatan kedepan.

30 2013 Annual Report Laporan Tahunan 2013 The John Fawcett Foundation

Yayasan John Fawcett Indonesia

Source Sumber

2013(AUD)

% OF2013 TOTAL

2012(AUD)

% OF2012 TOTAL

% + / -2013 VS. 2012

Australia 492,307 63.3 480,837 70.2 + 2.4

Indonesia 172,078 22.1 91,199 13.3 + 89.0

UK 74,946 9.6 100,818 14.7 - 25.7

USA 28,330 3.7 0 0.0 N/A

Interest / GST (Bunga / Pajak) 10,615 1.3 12,589 1.8 -15.7

TOTAL 778,276 100.0 685,443 100.0

Page 33: 2013 JFF Annual Report

JFF (UK) Fundraising

This year proved to be another challenging one in terms of raising funds. Our volunteer fundraiser and JFF (UK) Trustee, Jeremy Hope, again rose to this challenge generating a significant amount of funding for the Foundation in raising £47,916. We want to thank both Jeremy for his commitment and dedicated efforts and our donors for their continued support for our humanitarian work in Indonesia.

Adelaide Supporters

During the year two major Adelaide fundraising functions were organized, “2020 BaliEye” and “Celebration Garden Party”. Spearheaded by strong Adelaide supporter Ali Mitchell, both events were well attended and raised a significant amount of funding for the Foundation. Our thanks to Ali and our supporters in Adelaide.

Kejora Suites – On a Clear Day…

One of our major Bali fundraisers, Ms Liz Travers of Kejora Suites / The Glass House, came through again during the year. In a spectacular night billed as “On a Clear Day You Can See Forever”, popular Australian virtuosos Antonio Villano and Kate Lara entertained hundreds of guests and supporters with musical nostalgia. Funds raised through ticket sales, open and silent auctions and a raffle were donated to JFF/YKI. Thanks to Ms Travers for the successful event.

Immanuel Primary School, Adelaide

Immanuel Primary School has been a strong supporter of the JFF/YKI and the Bali Eye project, not only through its innovative “small change tins” but also through individual student initiatives. One of note was the special effort by Noah Fouyaxis who netted significant returns from his garage sale exceeding his goal seven-fold. Our special thanks to this philanthropic entrepreneur.

Penggalangan Dana JFF (UK)

Tahun ini terbukti menjadi salah satu yang menantang dalam hal penggalangan dana. Relawan penggalang dana kita dan “Trustee” dari JFF (UK), Jeremy Hope, kembali bereaksi atas tantangan ini dan menghasilkan dana yang besar untuk Yayasan mampu meningkatkan £ 47.916. Kita ingin mengucapkan terima kasih kepada Jeremy atas komitmen dan upaya dedikasi serta para donatur kita atas dukungannya terhadap pekerjaan kemanusiaan kita di Indonesia.

Kelompok Pendukung dari Adelaide

Selama tahun ini dua acara penggalangan dana besar yang diselenggarakan di Adelaide, “2020 BaliEye” dan “Celebration Garden Party”. Dipelopori oleh pendukung kuat dari Adelaide Ali Mitchell, kedua acara tersebut dihadiri sangat baik dan menghasilkan dana yang besar untuk Yayasan. Terima kasih kita kepada Ali dan pendukung kita di Adelaide.

Kejora Suites – On a Clear Day…

Salah satu penggalang dana penting kita di Bali, Ms Liz Travers dari Kejora Suites / The Glass House, tahun ini kembali membantu. Di malam spektakuler yang bertajuk “ On a Clear Day You Can See Forever “, pasangan penyanyi Australia yang sangat populer Antonio Villano dan Kate Lara menghibur ratusan tamu dan para pendukung malam itu dengan iringan music nostalgia. Dana yang terkumpul melalui penjualan tiket, lelang terbuka dan lelang tertutup dan undian disumbangkan kepada JFF / YKI. Terima kasih kepada Ms Travers atas suksesnya acara.

Sekolah Dasar Immanuel, Adelaide

Sekolah Dasar Immanuel telah menjadi pendukung kuat dari JFF / YKI dan proyek Bali Eye, tidak hanya melalui inovatif “small change tins”, tetapi juga melalui inisiatip masing-masing siswa. Salah satu catatan adalah upaya khusus oleh Noah Fouyaxis yang mendapatkan penghasilan yang cukup signifikan melalui penjualan barang obralan mampu meraih tujuh kali lipat dari yang diharapkan. Terima kasih yang besar kepada para dermawan.

The John Fawcett Foundation Yayasan John Fawcett Indonesia

312013 Annual Report Laporan Tahunan 2013

Noah during his successful garage sale | Noah pada saat melakukan kegiatan obralan

Page 34: 2013 JFF Annual Report

Corporate Social Responsibility Programs (CSR)

In 2013 our Foundation was fortunate to have continuing support from many organizations and companies which assist in financial and other ways with our humanitarian work. These include:

Corporate Social Responsibility Programs (CSR)

Pada 2013 Yayasan kami beruntung telah mendapatkan dukungan dari banyak organisasi dan perusahaan yang membantu dalam bentuk dana dan lain-lain untuk membantu kegiatan kemanusiaan kami. Ini termasuk:

HONG KONG

32 2013 Annual Report Laporan Tahunan 2013 The John Fawcett Foundation

Yayasan John Fawcett Indonesia

Major Funding Partners

We are also proud to acknowledge our major funding partners during the year. Their support provided us needed funding to successfully carry out our humanitarian programs both on Bali and throughout Indonesia.

We also want to acknowledge our hundreds of donors whose smaller contributions collectively amounted to thousands of dollars.

Mitra Donatur Utama

Kita juga merasa bangga untuk mengakui mitra donator utama kita selama tahun ini. Dukungan dari mereka memberikan kita bantuan dana untuk mensukseskan program-program kemanusiaan kita baik di Bali maupun di seluruh Indonesia.

Kita juga ingin menghargai ratusan donatur kita walau dalam sumbangan kecil jika digabung menjadi jumlah ribuan dolar.

• Angela Bennett

• Association of Round Tables Hong Kong

• B1G1, Singapore

• Barbara Kittell

• Bridges, Bali

• Carlo Good

• Chiara Hardy

• Clare Murphy

• Development Assistance Program (DAP), Government of Australia

• David Miller

• Dr AA Michel

• Dr Jean Louis de Sousa

• Geoff Booth Pty Ltd

• Graeme Robertson

• Ian Batey

• JF & DG Cruickshank

• John J Zmak & Feelgood Designs Pty Ltd

• John Fawcett

• Lanyon Asset Management

• Margo Warden

• Martin Sutter

• Melville Primary School, Australia

• Mindarie Tennis Club – V & R Hancock

• Paul Saccone

• PERBHIKTIN, Jakarta

• Peter Brown

• Peter Kean

• Poppies Asia

• PT Adaro Indonesia

• Robert D Minear

• Rotary Club Surabaya D3420, Indonesia

• Teleconsul Nusantara

• The Bowen Foundation

• Spinifex Trust

• Valerie Jacobsen

• WonderWork, USA

• Wonteco Pty Ltd

INDONESIAN ARMY

INDONESIAN NAVY

INDONESIAN NATIONAL POLICE

INDONESIAN AIR FORCE

IMMANUEL PRIMARY SCHOOL

BKKKS PROVINSI BALI

Page 35: 2013 JFF Annual Report

Media Support

Promotional support from the media in Indonesia and Australia continued throughout 2013, with the following media offering their facilities free of charge:

Dukungan Media

Dukungan promosi dari media di Indonesia dan Australia terus berlanjut sepanjang 2013, media-media berikut menawarkan fasilitas mereka secara gratis:

This support from the media is invaluable in raising local and international awareness of our work.

Dukungan dari media sangat berharga dalam meningkatkan kesadaran lokal dan internasional dari kegiatan kami.

seven network operations

Channel 10 perth, western australia

KABUPATEN TABANAN

KOTAMADYA DENPASAR

KABUPATEN BADUNG

KABUPATEN BANGLI

KABUPATEN LOMBOK BARAT

KABUPATEN LOMBOK TIMUR

The John Fawcett Foundation Yayasan John Fawcett Indonesia

332013 Annual Report Laporan Tahunan 2013

KLINIK MATA TRITYA

YAYASAN PERSAUDARAAN BHIKKHUNI THERAVADA INDONESIA

Page 36: 2013 JFF Annual Report

ASSISTANCE | BANTUAN 2012 2013

Adult patients screened & treated for eye problems | Pasien dewasa yang diperiksa & diobati 54,632 44,803

Adult cataract operations | Operasi katarak dewasa 2,146 2,175

Children screened | Anak-anak yang diperiksa 3,024 10,487

Children’s cataract operations | Operasi katarak anak-anak 3 31

Other eye operations | Operasi mata lainnya 26 32

Glasses issued | Pengeluaran kacamata 31,387 30,420

Prosthetic eyes | Mata protese 35 47

Sight Restoration & Blindness Prevention ProgramProgram Penanggulangan & Pencegahan Kebutaan

ASSISTANCE | BANTUAN 2012 2013

Cleft lip operations | Operasi bibir sumbing 49 33

Cleft palate operations | Operasi celah langit-langit 36 40

Children’s Corrective SurgeryOperasi Bedah Perbaikan Anak-Anak

ASSISTANCE | BANTUAN 2012 2013

Operations / major treatment | Operasi / perawatan besar 3 4

Assistance To Desperately Ill Children & Young PeopleBantuan Untuk Anak-Anak & Remaja Yang Menderita Penyakit Kronis

ASSISTANCE | BANTUAN 2012 2013

Patient consultations at office clinic | Pasien konsultasi di klinik kantor 215 75

General Medical Clinic VisitsKunjungan Klinik Umum

CHILDREN ASSISTED | ANAK YANG TELAH DIBANTU 2012 2013

Primary school children | Anak-anak SD 144 89

Junior secondary school children | Anak-anak SMP 153 152

Senior secondary school children | Anak-anak SMA 74 88

TOTAL | JUMLAH 371 329

TOTAL SUPPORTED SINCE INCEPTION OF THE PROGRAM JUMLAH YANG DIBANTU SEJAK PROGRAM DIMULAI 966 966

Education Assistance ProgramProgram Bantuan Pendidikan

Recap Of Our Project OutcomesRekap Dari Hasil-hasil Program Kita

34 2013 Annual Report Laporan Tahunan 2013 The John Fawcett Foundation

Yayasan John Fawcett Indonesia

Page 37: 2013 JFF Annual Report

The Financial Reports represent the consolidated summary of financial statements for the John Fawcett Foundation and the Yayasan Kemanusiaan Indonesia. All donations

and expenditures have been converted to and expressed in Australian dollars.

Optimising Your Donations

The Foundation strives to keep overheads low. One way we do this is through in-kind donations of equipment and medical supplies and the very valuable contribution from medical specialists and skilled volunteers who travel to Bali at their own expense to train local personnel in our programs and to provide other specialist training. When added together and if costed, the total value of these contributions is significant. We remain grateful for these donations and volunteerism as it allows us to use donated funds for undertaking more surgeries, providing more eye glasses and medicines and serve the poor at no cost to them. This is and will always be our mission.

Laporan Keuangan menyajikan laporan konsolidasi antara laporan keuangan The John Fawcett Foundation Australia dengan Yayasan Kemanusiaan Indonesia. Semua

sumbangan dan biaya sudah dikonversi ke dalam mata uang dolar Australia.

Optimalisasi Sumbangan

Yayasan berusaha untuk mengurangi biaya administrasi. Ini dilakukan melalui sumbangan dalam bentuk peralatan dan perlengkapan medis dan kontribusi yang sangat berharga dari spesialis tenaga medis dan relawan yang memiliki keahlian tertentu yang datang ke Bali dengan biaya sendiri untuk melatih staff kita sehubungan dengan program Yayasan dan memberikan pelatihan khusus lainnya. Jika digabungkan dan dibiayakan, maka total nilai kontribusi tersebut sangat berarti. Kita sangat berterimakasih atas kontribusi tersebut karena kita bisa menggunakan sumbangan tunai untuk melakukan operasi, memberikan kacamata dan obat-obatan lebih banyak untuk melayani masyarakat miskin tanpa memungut biaya. Hal ini akan selalu menjadi misi kita.

Ini berarti bahwa:

$1 CASH + $0.91 VOLUNTEERS, EQUIPMENT & SUPPLIES = $1.91 TO THE HUMANITARIAN WORK$1 CASH + $0.91 RELAWAN, PERALATAN & SUPPLIES = $1.91 KE KEGIATAN KEMANUSIAAN

52%42%

6%

VOLUNTEERS RELAWAN

A$622,834

CASH DONATIONS SUMBANGAN DANA

$778,275

DONATIONS OF EQUIPMENT & SUPPLIES

SUMBANGAN PERALATAN & SUPPLIES

A$83,910

This means that:

A Summary Of Our FinancialsRingkasan Dari Laporan Keuangan Kita

The John Fawcett Foundation Yayasan John Fawcett Indonesia

352013 Annual Report Laporan Tahunan 2013

Page 38: 2013 JFF Annual Report

Balance Sheet 2013 | Neraca 2013

DESCRIPTION | KETERANGAN BALANCE (A$) JUMLAH (A$)

CURRENT ASSETS AKTIVA LANCAR

Funds at Bank & On Hand | Kas & Bank 454,567

Advances | Biaya Dibayar Dimuka 34,597

Inventories | Persediaan Obat-Obatan & Peralatan 62,738

House Rent | Sewa Dibayar Dimuka 30,146

TOTAL | JUMLAH 582,048

NON-CURRENT ASSETS AKTIVA TIDAK LANCAR

Motor Vehicles - net of depreciation | Kendaraan Bermotor Bersih 17,385

Furniture & Fittings - net of depreciation | Perabotan Bersih 255

Equipment - net of depreciation | Peralatan Bersih 6,773

TOTAL | JUMLAH 24,413

TOTAL ASSETS | TOTAL AKTIVA 606,461

CURRENT LIABILITIES HUTANG LANCAR Accrued Expenses | Biaya yang Masih Harus Dibayar (11,360)

TOTAL LIABILITIES | TOTAL HUTANG (11,360)

NET ASSETS | AKTIVA BERSIH 595,101

EQUITY EKUITAS

Retained Surplus | Laba Ditahan 560,725

Current Year Surplus/(Shortfall) | Surplus (Defisit) Tahun Berjalan 34,376

TOTAL EQUITY | TOTAL EKUITAS 595,101

8.7%

75.5%

11.4%

PROGRAM EXPENDITURES TOTAL BIAYA PROGRAM

A$587,757

ADMINISTRATION ADMINISTRASI

A$88,910

OTHER EXPENDITURES BIAYA LAINA$67,232

EXPENSES 2013 | BIAYA 2013

36 2013 Annual Report Laporan Tahunan 2013 The John Fawcett Foundation

Yayasan John Fawcett Indonesia

Page 39: 2013 JFF Annual Report

DESCRIPTION | KETERANGAN FULL YEAR (A$) SETAHUN (A$)

% OF TOTAL DONATIIONS % DARI TOTAL SUMBANGAN

GENERAL | UMUM 643,079 82.6%

TOTAL GENERAL | TOTAL SUMBANGAN UMUM 643,079 82.6%

PROGRAM DONATIONS SUMBANGAN UNTUK PROGRAM

Assistance Desperately Ill Bantuan Penderita Penyakit Kronis 43,119 5.5%

Children's Corrective Surgery Operasi Bedah Perbaikan Anak-Anak 22,947 2.9%

Children's Cataract Surgery Operasi Katarak Pada Anak-Anak 12,234 1.6%

Education Assistance Bantuan Pendidikan 45,875 5.9%

TOTAL PROGRAM | TOTAL SUMBANGAN PROGRAM 124,176 16.0%

OTHERS LAIN - LAIN

Interest Received | Pendapatan Bunga 9,104 1.2%

Other Sundry Donations | Donasi Lain - Lain 1,916 0.2%

TOTAL OTHER | TOTAL SUMBANGAN LAIN 11,020 1.4%

TOTAL DONATIONS | TOTAL SUMBANGAN 778,275 100.0%

Donations 2013 | Sumbangan 2013

NET DONATIONS OVER FOR PERIOD | SURPLUS (DEFISIT) 34,376 4.4%

Expenses 2013 | Biaya 2013

DESCRIPTION | KETERANGAN FULL YEAR (A$) SETAHUN (A$)

% OF TOTAL DONATIIONS % DARI TOTAL SUMBANGAN

PROGRAM EXPENDITURES BIAYA PROGRAM

Assistance Desperately Ill Bantuan Penderita Penyakit Kronis 12,676 1.6%

Children's Corrective Surgery Operasi Bedah Perbaikan Anak-Anak 23,796 3.1%

Children's Cataract Surgery Operasi Katarak Pada Anak-Anak 11,843 1.5%

Education Assistance Bantuan Pendidikan 32,801 4.2%

Equipment Acquisition Pengadaan Peralatan Rumah Sakit 8,839 1.1%

Sight Restoration General Penanggulangan & Pencegahan Kebutaan 463,516 59.6%

Lombok Eye Project Proyek Mata di Lombok 34,286 4.4%

TOTAL PROGRAM | TOTAL BIAYA PROGRAM 587,757 75.5%

OTHER EXPENDITURES BIAYA LAIN

Fundraising & Promotion | Penggalangan Dana & Promosi 23,590 3.0%

Staff Amenities | Fasilitas Karyawan 2,489 0.3%

Administration | Administrasi 88,910 11.4%

Government Affairs/Legal | Perijinan 16,075 2.1%

Travel & Accommodation | Perjalanan 9,754 1.3%

Bank Fees | Biaya Bank 3,609 0.5%

Depreciation | Penyusutan 11,714 1.5%

TOTAL OTHER | TOTAL BIAYA LAIN 156,142 20.1%

TOTAL | TOTAL BIAYA 743,899 95.6%

The John Fawcett Foundation Yayasan John Fawcett Indonesia

372013 Annual Report Laporan Tahunan 2013

Page 40: 2013 JFF Annual Report

The John Fawcett Foundation - Australia (Incorporated)ABN 81 338 697 784

Board StructureStruktur Dewan Pengurus

38 2013 Annual Report Laporan Tahunan 2013 The John Fawcett Foundation

Yayasan John Fawcett Indonesia

Erik MetanomskiChairman

Renate HamiltonSecretary

Roger HusseyVice Chairman

Winston JonesMember

John FawcettFounder

Prof John CromptonMember

Alan HeraldMember

LeRoy HollenbeckCEO

Patrick EmeryTreasurer

Bruce WallaceMember

Page 41: 2013 JFF Annual Report

Yayasan John Fawcett - Indonesia (formerly Yayasan Kemanusiaan Indonesia)No akta : 2 / 5 October 2011

The John Fawcett Foundation - UKCharity no : 1115274

The John Fawcett Foundation Yayasan John Fawcett Indonesia

392013 Annual Report Laporan Tahunan 2013

John FawcettFounder

John FawcettTrustee

Dr Dewa Putu SudanaGeneral Chairman

Drs I Gusti Made BagiadiSupervisor

Renate HamiltonTrustee

Jeremy HopeHonorary Administrator

Drs Wayan SukajayaChairman

Made SuambaraSupervisor

LeRoy HollenbeckTrustee

Roger ShawIndependent Examiner

Ni Gusti Ayu SusilawatiTreasurer

I Gede BinginSecretary

Page 42: 2013 JFF Annual Report

Our TeamTim Kita

40 2013 Annual Report Laporan Tahunan 2013 The John Fawcett Foundation

Yayasan John Fawcett Indonesia

Drs Wayan SukajayaSenior Programs Manager

Dr Dini Dharmawidiarini, SpM

Ophthalmologist

I Komang MurdikaEducation Coordinator

I Ketut WardikaVehicles Coordinator

Dewa Made ArjawaAssistant Field Projects

Coordinator

I Nengah SariyasaAssistant Field Projects

Coordinator

Dr Made Juli ArsanaGeneral Practitioner

Dr Gede SukrawanGeneral Practitioner

Dr Ni Putu Ayuni Yayas Ramaswari

General Practitioner

I Nyoman LanusAccounts Assistant

Gede BinginAdministration Manager

Ni Made ArtiniAdministration Assistant

I Nyoman WardhanaProjects Manager

Wayan HelmyPromotion & Graphics Designer

LeRoy HollenbeckCEO

John FawcettFounder

Dr Wayan Gde Dharyata, SpM (K)

Consultant Ophthalmologist

I Wayan DarmaField Projects Coordinator

Ni Gst Ayu SusilawatiAccountant

AdministrationAdministrasi

Ophthalmologists & General PractitionersDokter Spesialis Mata & Dokter Umum

Project Coordinators & Assistant CoordinatorsKordinator Program & Asisten Kordinator

Page 43: 2013 JFF Annual Report

The John Fawcett Foundation Yayasan John Fawcett Indonesia

412013 Annual Report Laporan Tahunan 2013

I Made ParwataNurse

Achmad RamliNurse

Ni Luh Gede Eka WahyuniNurse

SudaryonoField Assistant

I Kadek Ngurah SuciptaField Assistant

AA Gede Alit PutraField Assistant

Dewa Made ArtawanField Assistant

Fernando OT EmorNurse

Saiful FahmiNurse

Wayan Merina Novita Nurse

Nurul Khaironi Nurse

IA Made SudiatmawatiNurse

Desak Ketut NuriadiNurse

HaironiProject Coordinator

Lalu Didien KhusmaidiField Assistant

I Wy Pasek Juniawan Nurse

Marwan SuryadiNurse

Andi Kurniawan Refractionist

I Ketut TriasaField Projects Assistant

I Made IndrawanField Assistant

I Nyoman JuliartaTechnical Assistant

I Wayan Wijaya Prosthetic Eye Technician

I Gede Sarianta Security Guard

Dewa Putu Artana Technical Equipment Supervisor

I Ketut ArsaField Assistant

Field Staff & TechniciansStaf Lapangan & Teknisi

Lombok StaffStaff Lombok

Page 44: 2013 JFF Annual Report

www.balieye.org JFFYKIJFFYKI @2020balieye

Jalan Pengembak 16, Blanjong, Sanur, Bali, Indonesiatel : +62 361 270 812 email : [email protected]

YAYASAN JOHN FAWCETT INDONESIAFormerly Yayasan Kemanusiaan Indonesia

Registered in Australia as : The John Fawcett Foundation ABN 81 338 697 784 Registered in Indonesia as : Yayasan John Fawcett Indonesia #2/5 October 2011