20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

112
EDISI 45 08 OKTOBER 2012 KAPAL SILUMAN MUSNAHNYA KISAH POLISI KEPUNG KPK Rp 3M VONIS MATI BATAL PENGAKUAN MENGEJUTKAN ADAMI WILSON, GEMBONG NARKOBA INTERNASIONAL. YAKIN BEBAS DARI VONIS MATI BILA BAYAR RP 3M LEBIH.

Transcript of 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Page 1: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

EDISI 45 08 OKTOBER 2012

kapal

SIlUMaN MUSNahNya

kISah polISI kepUNg kpk

Rp 3Mvonis MATi BATALPENGAKUAN MENGEJUTKAN ADAMI WILSON, GEMBONG NARKOBA INTERNASIONAL.

YAKIN BEBAS DARI VONIS MATI BILA BAYAR RP 3M LEBIH.

Page 2: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

MeMutar ipad:Untuk melihat majalah dalam tampilan horizontal atau vertikal

artikel:Geser keatas dan kebawah untuk membaca artikel

Gunakan icon berikutsebagai petunjuk membaca majalah ini

Share FBBack

Table of ContentsHome

Pindah halaman lewat scroll

Kumpulan edisi yang sudah dan belum didownload

Menampilkan majalah yang sedang dibaca

FavoriteTable of Contents

majalah detik

Close

Geser

Putar Map

Audio

Galeri Image

Video

3600

View360

rubrik:Geser kekiri dan kekanan untuk melihat rubrik

Kebawah

Tap

Page 3: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 23 - 29 APRIL 2012

Pemimpin Redaksi: Arifin Asydhad Wakil Pemimpin Redaksi: Iin Yumiyanti Redaksi: Deden Gunawan, M Rizal, Irwan Nugroho, Ken Yunita, Mulat Esti Utami, Silvia Galikano, Bahtiar Rifai, Evi Tresnawati, Monique Shintami, Isfari Hikmat, Rahmayoga Wedar, Aryo Bhawono, Hans Henricus Tim Foto: Dikhy Sasra, Ari Saputra, Haris Suyono, Agus Purnomo Product Management: Rohalina Gunara, Sena Achari, Eko Tri Hatmono Creative Designer: Mahmud Yunus, Kiagus Aulianshah, Galih Gerryaldy, Desy Purwaningrum Kontak Iklan: Arnie Yuliartiningsih, Email: [email protected] Telp: 021-79177000, Fax: 021-79187769

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------Direktur Utama: Budiono Darsono Direktur: Nur Wahyuni Sulistiowati, Heru Tjatur, Warnedy Kritik dan Saran: [email protected] Alamat Redaksi: Gedung Aldevco Octagon Lantai 2, Jl. Warung Jati Barat Raya No.75 Jakarta Selatan, 12740 Telp: 021-7941177 Fax: 021-7944472 Email: [email protected] detik dipublikasikan oleh PT Agranet Multicitra Siberkom, Grup Trans Corp.

NasioNalJumat Mencekam di Kuningan

Puluhan polisi tiba-tiba mengepung KPK setelah Irjen Djoko Susilo diperiksa. Alasannya mereka akan menangkan penyidik KPK, Novel Baswedan.

albuMHari batik Nasional

iNterNasioNaltangan sarkozy di Kematian Khadafi

peopleashton Kutcher, tya ariestya, irfan bachdim

gaya HidupCosplay, Wow gitu!, semarang Menggoda

iNtervieWKetua dprd dKi Jakarta:tak ada tips, Jokowi lebih pintar dari saya

WKWKWKJambret Ketimpa bajaj

budayadunia pun turut Menjaga subak

bisNisdemi Mempertahankan daging buMi

eKoNoMiMenyemai Harapan terakhir

leNsademo buruh

KriMiNalKapal siluman itu pun Musnah

Kapal tercanggih milik TNI AL bernama KRI Klewang tiba-tiba hangus terbakar sebelum digunakan. Ada kejanggalan atas insiden ludesnya kapal seharga Rp 114 miliar itu.

Tap pada konTen unTuk membaca arTikel

FoKussetor Miliar, Hukum Mati pun Hilang Seorang gembong narkoba internasional membuat pengakuan mengejutkan. Katanya, dengan menyetor uang Rp 1-8 miliar, vonis hukuman mati bisa dihindarkan.

Cover: Kiagus Aulianshah

@majalah_detik

Mendayung

SaMpan,

BerBuru

Sinyal

KOMIK

Edisi 45 8 - 14 oktobEr 2012

Page 4: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

AlbumAlbum

Mengenang satu tahun me-ninggalnya Menteri Sekre-taris Negara (Mensesneg) Moerdiono periode 1988-1999, politikus dan sejaraw-an Fadli Zon meluncurkan tiga judul buku yang berisi kisah kehidupan Moerdiono selama menjabat sebagai Mensesneg. Ketiga buku tersebut berjudul “Moerdio-no Bagimu Negeri (Ideologi, Praktik Berbangsa-Berne-gara)”, “Moerdiono Bagimu Negeri (Birokrasi dan Peng-uatan Aparatur Negara)”, dan “Moerdiono Bagimu Negeri (Globalisasi: Tan-tangan dan Peluang)”.

Peluncuran ketiga buku tentang perjalanan hidup Moerdiono dilakukan pada 7 Oktober 2012 di Fadli Zon Library, Benhil, Jakarta Pusat. Turut hadir dalam peluncuran buku terse-but, Ninuk, putri dari Alm. Moerdiono. Buku-buku ini merupakan kumpulan ma-kalah-makalah Moerdiono sepanjang tahun 1988-1998 yang berkaitan dengan ideologi, birokrasi dan glo-balisasi semasa Orde Baru. (Monique)

ANTARA/HO-MAdAMe

Tiga Buku Moerdiono

Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2012 ini merupakan tahun ketiga sejak ditetapkannya Hari Batik Nasional oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyo-no. Tepatnya pada tanggal 17 November 2009, Presiden SBY menerbitkan Keppres No. 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional. Ditetapkannya Hari Batik Nasional sebagai upaya pemerintah untuk menumbuhkan kecin-taan masyarakat terhadap warisan budaya dunia yang lahir di Indonesia. 

Pemilihan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Na-sional mengacu pada pengakuan dari Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebuda-yaan (UNESCO), di mana pada tanggal yang sama secara resmi mengakui batik dalam Daftar Representatif Buda-ya Tak Benda Warisan Manusia. Untuk merayakan Hari Batik Nasional, maka setiap tanggal 2 Oktober, beberapa institusi mewajibkan karyawannya mengenakan batik. Apakah Anda juga mengenakan batik? (Monique)

Hari BaTik nasional

Majalah detik 8 - 14 OkTObeR 2012

iBu Ani Yudhoyono secara resmi membuka Festival Sulam dan Bordir Interna-sional (international embro-idery festival) 2012 di Balai Sidang Jakarta (JCC), Kamis 4 Oktober 2012. Acara dires-mikan oleh Ibu Ani deng-an membuka kain sulam terpanjang di dunia yang

dicatatkan dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Ketua Panitia International Embroidery Festival 2012, Trisna Jero Wacik menga-takan acara ini diikuti 314 peserta, baik dari UKM bi-naan maupun UKM mandiri. Bahkan sejumlah peserta

datang dari mancanegara.Festival kali ini juga me-

mamerkan koleksi pribadi Ibu Negara Ani Yudhoyono dan juga Istri Wakil Presiden, Herawati Boediono.  Acara ini berlangsung mulai 4 hingga 7 Oktober 2012. (YoG)

Festival sulam Pertama di indonesia

Page 5: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati
Page 6: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

nasional

Reporter: Bahtiar Rifai, Isfari Hikmat SehabiS hujan itu, tiba-tiba Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencekam. Saat jam menunjuk pukul 20.00 WIB, puluhan polisi tiba-tiba berdatangan ke gedung yang

berdiri di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selat-an itu.

hasan/agung Pambudhy/detikFoto

Jumat Mencekam di KuninganPuluHan PolIsI tIBa-tIBa mengePung KPK setelaH IRjen DjoKo susIlo DIPeRIKsa. alasannya meReKa aKan menangKaP PenyIDIK KPK, novel BasweDan.

Page 7: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

nasional

Sebagian polisi itu berseragam lengkap. Lainnya berpakaian preman alias bebas. Ada pula yang me-ngenakan batik, tangannya menggenggam walkie-talkie. 

Sebagian besar dari mereka berdiri di sekitar ge-dung KPK. Mengepung. Sementara beberapa orang terlihat memasuki lobi gedung. Salah satunya seorang perwira tinggi.

Berita tentang pengepungan KPK itu dengan cepat menyebar. Topik tentang kedatangan para polisi ke KPK itu lantas menjadi berita utama media dan di-perbincangkan di media sosial pada Jumat, 5 Oktober 2012 itu.

Selang beberapa menit dari kedatangan para polisi itu, KPK kembali didatangi massa. Kali ini, tamu KPK adalah para aktivis yang sengaja datang untuk men-dukung KPK.

antaRa/Rosa Panggabean

Sejumlah aparat dari kepolisian mendatangi KPK, Jakarta, Jumat malam.

Page 8: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

nasional

Mereka membentangkan spanduk putih panjang bertuliskan ‘Selamatkan KPK!’. Mereka antara lain Usman Hamid, Haris Azhar, serta aktivis ICW Donal Faridz.

Makin lama, tamu pendukung KPK makin banyak. Bahkan jalan di depan kantor itu sudah terblokir oleh massa. Sangat ramai.

Mengapa puluhan polisi mengepung KPK? Kabar beredar, polisi-polisi itu datang untuk menjemput penyidik Polri yang bandel. Terlebih pada sore hari, pukul 15.00 WIB, Wakapolri, Komjen Nanan Soe karna menyatakan Polri bisa memanggil paksa lima penyidik yang belum kembali ke kesatuan, dan pemanggilan dilakukan segera.

“Bukan bisa lagi, malah berkewajiban menangkap. Menangkap itu karena tugas, karena kewajiban, tang-gung jawab. Menahan itu karena tugas, kewajiban, dan tanggung jawab juga,” kata Nanan.

Menurut catatan, memang ada lima penyidik yang selesai masa tugas di KPK, tetapi belum juga ‘pulang kampung’. Hal itu memang sudah ‘dimasalahkan’ oleh Polri.

Namun Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Suhardi

alhabshy/detikFoto

Aktivis dari berbagai LSM mendatangi KPK menyatakan dukungannya kepada KPK, Jakarta.

Page 9: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

nasional

Alius membantah para provos mengepung KPK untuk memaksa ‘pulang kampung’ penyidiknya. Katanya, kedatangan para polisi ke KPK untuk urusan lain.

Para polisi itu berasal dari Polda Bengkulu yang di-pimpin oleh Dirkrimum Polda Bengkulu Kombes Dedy Irianto. 

“Yang datang bukan provos, tapi dari Polda Bengku-lu untuk berkoordinasi dengan pimpinan KPK,” kata Suhardi dalam jumpa pers di Mabes Polri.

Suhardi mengaku telah menghubungi Karo Provos untuk memastikan tidak ada anggotanya yang ke KPK. “Nggak ada, mengada-ada itu. tidak ada penugasan ke sana,” ujarnya.

Sementara itu Dedy yang juga hadir dalam konfe-rensi pers, Sabtu 6 Oktober dini hari itu mengatakan, kedatangannya ke KPK terkait kasus pidana. Bukan hal lain.

Tuduhan pidana itu dialamatkan kepada Kombes Novel Baswedan, penyidik KPK. Novel adalah salah satu anggota tim dari kasus simulasi SIM dengan ter-sangka Djoko Susilo.

Menurut Dedy, Novel terlibat dalam kasus peng-aniayaan berat yang mengakibatkan seseorang luka berat dan meninggal dunia. Kasus itu terjadi pada tahun 2004.

“Jadi ini murni kasus pidana, sama sekali tidak ter-kait dengan masalah antara KPK dan Polri yang terjadi selama ini,” kata pria ini meyakinkan.

Dedy juga membantah telah membawa banyak pasukan dan mengepung KPK. Dia mengaku hanya membawa sekitar tujuh anggota untuk menyertainya.

Dedy juga mengaku mendatangi KPK dengan cara ‘sopan’. Semua prosedur sebagai tamu untuk bertemu dengan pimpinan KPK telah dijalaninya.

“Kami diperlakukan sebagai tamu bahkan kami me-nunggu dua jam untuk bertemu pimpinan KPK, tapi

indRa haRdi/Rm

Akademisi Anis Baswedan.

Page 10: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

nasional

tetap belum datang juga, akhir-nya kami pamit,” ujarnya.

Dedy boleh saja menyebut ti-dak membawa banyak pasukan. Namun faktanya, di sekitar ge-dung KPK tampak banyak orang berpakaian preman ‘berkeliar-an’.

Bahkan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto menyebut ada hampir dua kompi polisi yang ‘mengepung’ kantornya. “Mere-ka tidak berseragam,” ujarnya

dalam jumpa pers.Bambang mempertanyakan ‘sikap so pan’ para po-

lisi. Apalagi, beberapa hari sebelumnya, ada beberapa pihak yang mencoba masuk ke rumah Novel di Kelapa Gading.

Mereka mencoba mencari tahu tentang asal usul rumah Novel. Sejumlah pihak juga mencoba menekan orang-orang dekat Novel. Bambang menduga bahkan dari mereka ada anggota Densus 88 Polda Metro Jaya.

“KPK tetap melindungi Novel. Kalau mau disimpul-kan, inilah bagian dari tindakan kriminalisasi terhadap sebagian anggota KPK,” kata Bambang.

Jauh sebelum pengepungan ini, KPK dan Polri memang tengah berseteru. Semua bermula pada 27 Juli 2012. Saat itu KPK menetapkan Irjen Djoko Su-silo sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek simulator SIM 2011.

KPK juga menggeledah kantor Korlantas Mabes Polri, tetapi sempat dihalangi polisi hingga terjadi ke-tegangan panjang.

Jumat pagi sebelum pengepungan polisi ke KPK itu, Djoko diperiksa dan sempat disebut akan ditahan. Se-telah 8 jam diperiksa, Djoko pun pulang. Tidak ditahan.

(Ken/yog)

dok. detikcom

Rumah Novel di Kelapa Gading, Jakarta Utara

Page 11: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

nasional

Reporter: Bahtiar Rifai

Tudingan Masa Lalu untuk Novel

Saya mau dijemput, jaga ibu.”Jumat sudah mulai larut,

ketika telepon Taufik Baswed-an berbunyi. Jam sudah menunjuk pukul 22.45 WIB, pada 5 Oktober 2012 itu. Malam itu rupanya menjadi malam yang genting bagi keluarga Baswedan.

Kompol Novel S.Ik bin Salim Bas-wedan, yang adalah penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) da-lam kasus simulator SIM membawa kabar gawat.  Kepada sang kakak, Taufik Baswedan, ia menuturkan akan dijemput oleh provos dari Ma-polda Bengkulu. Para provos itu akan memaksa menangkapnya dengan tuduhan terlibat kasus pembunuhan.

Jumat pagi, dua polisi sudah men-datangi rumah Novel,  di Bengkulu. “Mereka mengatasnamakan kepoli-sian, datang ke rumahnya di Beng-kulu. Mereka sempat foto rumah dia dan mengancam,” cerita Taufik.

Mantan anak buah Novel di Polres Bengkulu banyak menangis ketika

tahu penyidik KPK yang ikut ‘meng-obrak-abrik' Korlantas Mabes Polri itu dijerat kasus pembunuhan. Novel yang dikenal sebagai penyidik hebat di KPK memang pernah menjabat sebagai Kasat Serse di Polres Beng-kulu pada 1999-2005.

Tidak hanya rumah di Bengkulu, rumah Novel di Jalan Kelapa Puan Timur 2 ND nomor 22 Kelapa Gading, Jakarta Utara pun didatangi polisi. Dalam situasi genting itulah, Novel berpesan agar sang kakak menjaga ibunya.

Selain mengubek-ubek rumah, polisi pun mendatangi kantor Novel, Gedung KPK. Puluhan provos me-ngepung kantor antikorupsi ini pukul 20.00 WIB. Mereka ingin menang-kap paksa Novel. Direktur Kriminal Umum Polda Bengkulu, Kombes Dedy Irianto sudah membawa surat penangkapan dan penggeledahan untuk Novel.

Menurut Dedy, sepupu Rektor Universitas Paramadina itu terlibat

Page 12: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

nasional

kasus pembunuhan saat ia menja-bat sebagai Kasat Reskrim Polres Bengkulu dengan pangkat Iptu. Pada Februari 2004, Novel menangkap enam pencuri sarang burung walet.

Setelah diperiksa, enam pencuri itu di bawa ke Pantai Panjang Ujung dalam keadaan terborgol. Kata Dedy, di pantai itu, Novel dan anggotanya lantas menembak para pencuri.

“Mereka dijajarkan di pantai ke-mudian enam-enamnya ditembak, dibawa ke kantor, satu jatuh sehing-ga tidak sadarkan diri," jelas Dedy.

Korban tidak sadarkan diri itu lan-tas dibawa ke rumah sakit, namun nyawanya tidak tertolong.

Wakil Ketua KPK, Bambang Widjo-janto menilai tuduhan itu mengada-

ada. Novel tidak pernah melakukan pelanggaran hukum itu. Tindakan itu dilakukan oleh anak buah Novel.

“Saudara Novel dituduh melakukan penganiayaan sesuai pasal 351 ayat 2 dan 3, sesungguhnya tidak pernah ada di tempat kejadian,” terang pria yang biasa disapa BW itu.

Saat itu, Kapolres setempat me-minta Novel untuk menghubungi keluarga korban untuk menjelaskan duduk persoalan. Bahkan terkait ka-sus ini, polisi juga sudah menggelar sidang kode etik.

“Novel mengambil alih tanggung jawab anak buahnya dan sudah kena teguran keras. (Kasus itu) sudah se-lesai tahun 2004,” tegas Bambang. (Iye/yog)

antaRa/Rosa Panggabean

Page 13: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 1 - 7 oktober 2012

nasional

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

Perang Makin Gawat

KPK menetapkan Irjen Djoko Susilo sebagai tersangka kasus dugaan korupsi

proyek simulator SIM 2011. KPK juga menggeledah kantor Korlantas Mabes

Polri, tetapi sempat dihalangi polisi.

nasional

00.13 WIBTerungkap aparat Polri yang datang ke KPK hendak menangkap seorang penyi-dik bernama Novel Baswedan berpangkat Komisaris Polisi (Kompol). 

Mabes Polri menetapkan 5 tersangka, yakni Wakil Kepala Korps Lalu Lintas (Wakakorlantas) Polri Brigjen Pol Didik Purnomo, AKBP Teddy Rusmawan, Kom-pol Legimo, Sukotjo dan Budi Susanto dalam kasus yang sama. Irjen Djoko Susilo tidak masuk dalam daftar itu.

27

2

3

6

8

9

12

19

27

28

1

2

4

5

6

2012

Agustus

september

oktober

Juli

Polisi menahan 4 tersangka dugaan korupsi simulator SIM. Wakakorlantas

Birgjen Pol Didik Purnomo, AKBP Teddy Rusmawan, Kompol Legimo ditahan di Rutan Mako Brimob. Sementara Budi

Susanto ditahan di Bareskrim.Pimpinan KPK bertemu dengan pimpinan Polri, tapi tak tercapai kesepakatan. Polri tetap kukuh mengusut kasus ini karena telah melakukan penyelidikan sejak April 2012. Sedangkan KPK menyatakan telah melakukan penyelidikan sejak Januari 2012.

SBY mendamaikan Kapolri Jenderal Timur Pradopo dan Ketua KPK

Abraham Samad.

Bareskrim Polri menjadwalkan pemerik-saan terhadap mantan Kepala Korlantas Irjen Djoko Susilo terkait kasus dugaan korupsi simulator SIM. Namun, status Djoko masih sebagai saksi.

Polri mengirim surat ke KPK yang isinya Polri tidak memperpanjang masa tugas

alias akan menarik 20 penyidik dari Mabes Polri yang bertugas di KPK.

Abraham menyatakan menolak permin-taan Polri yang akan menarik 20 penyidik KPK. Penarikan itu menghambat pe-nyelesaian kasus di KPK.

Juru bicara KPK, Johan Budi mengata-kan Irjen Djoko Susilo dipanggil untuk

menjalani pemeriksaan pada Jumat 28 September pukul 09.00 WIB.

Irjen Djoko Susilo tidak memenuhi panggilan KPK.

Ketua KPK Abraham Samad menyatakan tidak ada kendala psikologis jika KPK

harus memanggil paksa Irjen Djoko Susilo. Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas

mengatakan KPK memanggil kembali Irjen Djoko Susilo untuk menjalani pemeriksaan pada Jumat 5 Oktober.Ketua KPK, Abraham Samad menegas-

kan KPK tidak akan pernah mundur sejengkal pun untuk menghadapi para

koruptor di negeri ini sekalipun yang bersangkutan adalah jenderal yang aktif.

09.10 WIB Irjen Djoko Susilo tiba di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan.

15.00 WIBWakapolri, Komjen Nanan Soekarna

menyatakan Polri bisa memanggil paksa lima penyidik yang belum

kembali ke kesatuan, dan pemanggil-an dilakukan segera.

17.40 WIB Djoko keluar dari gedung KPK. Ia tidak ditahan.

20.00 WIBPuluhan polisi berseragam lengkap dan preman berdatangan secara bergelombang ke gedung KPK.

22.25 WIBWakil Menteri Hukum dan HAM, Denny Indrayana menyambangi gedung KPK.

Saat ditanya wartawan tujuannya datang, Denny menjawab, “Bela KPK,” katanya.

23.00 WIBPimpinan KPK mulai berdatangan.

23.15 WIB Menko Polhukam Djoko Suyanto meminta Kapolri menarik aparat Polri yang mendatangi KPK. Menurut Djoko, Kapolri Jenderal Timur Pradopo tidak memerintahkan polisi mendatangi KPK.

23.50 WIBSebagian anggota Polri mulai

meninggalkan gedung KPK. Mereka bungkam saat ditanya wartawan.

Page 14: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

nasional

Reporter: Bahtiar Rifai, Isfari Hikmat Seorang jenderal yang ditunggu-tunggu itu akhirnya datang juga. Dialah mantan Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Irjen Pol Djoko Susilo.

Bertepatan hari TNI, 5 Oktober 2012, ia akhirnya memenuhi panggilan pemeriksaan Komisi Pembe-rantasan Korupsi (KPK).

ramses/detikFoto

Sang Jenderal pun (Terpaksa) DatangSetelaH taRIk uluR panjang, IRjen Djoko SuSIlo akHIRnya memenuHI panggIlan kpk untuk DIpeRIkSa Dalam kaSuS SImulatoR SIm. Ia DIpeRIkSa 8 jam.

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

nasional

Page 15: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

nasional

Djoko yang jadi tersangka kasus peng-adaan simulator SIM di Korlantas itu tiba pukul 09.05 WIB. Pria yang menyebabkan perseteruan panjang antara KPK deng-an Polri itu didampingi tim kuasa hukum-nya Hotma Sitompul, Juniver Girsang, dan Tommy Sihotang.

“Saya hari ini telah menjalani proses hu-kum,” kata Djoko setelah delapan jam diper-iksa KPK.

Setelah kalimat itu, Djoko pun bungkam. Walau diberondong banyak pertanyaan wartawan perihal pemeriksaannya, ia tidak buka suara. Ia segera masuk ke Land Rover hitam dan meninggalkan KPK.

Djoko dijadikan tersangka kasus simulator SIM, pada 27 Juli 2012. Saat itu, selain menetapkan Djoko sebagai tersangka, KPK juga menggeledah kantor Korlantas Mabes Polri. Penggeledahan ini menimbulkan ketegangan berlarut-larut antara Polri dan KPK.  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bahkan sempat mendamaikan Ketua KPK Abraham Samad dan Kapolri Jenderal Timur Pradopo.

Djoko terseret kasus simulator karena diduga mene-rima uang Rp 2 miliar dari proyek itu. Sukotjo S. Bam-bang, pelaksana proyek simulator, menyatakan uang diantar ke kantor Djoko dan diterima Sekprinya, Tiwi, pada 13 Januari 2011. Sukotjo sendiri kini menjalani vonis 3,5 tahun setelah dilaporkan polisi melakukan penggelapan dalam proyek simulator.

Kehadiran Djoko ini sudah ditunggu-tunggu, meng-ingat dia tidak datang pada pemanggilan pertama, Jumat 28 September 2012. Saat itu, Hotma Sitompul dan Juniver Girsang, mendatangi KPK untuk me-nyampaikan surat berkaitan dengan ketidakhadiran mantan Kakorlantas itu.

ramses/detikFoto

Djoko datang ke KPK bersama pengacaranya.

Page 16: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

nasional

Dalam surat tersebut, tim kuasa hukum memper-tanyakan kewenangan menyidik Djoko karena kasus ini ditangani bersamaan KPK dan Polri. Mereka juga mempertanyakan keabsahan penggeledahan yang dilakukan KPK di markas Korlantas pada 27 Juli 2012.

Setelah sempat balela, Djoko akhirnya mematuhi imbauan Mabes Polri. Sebelumnya, Wakapolri Kom-jen Pol Nanan Sukarna meminta mantan gubernur Akademi Polisi itu agar memenuhi panggilan KPK.

Djoko, kata dia, harus menjelaskan duduk perkara kasus yang membelitnya ini dengan jelas. Nanan juga menyampaikan, Polri tidak akan lepas tangan dalam kasus ini dan akan tetap memberikan bantuan hukum.

“Kalau panggilan pertama tidak hadir, diharapkan panggilan kedua dapat hadir,” ujar Nanan di Mabes Polri, Senin, 1 September 2012.

Mabes Polri pun mempersilakan bila KPK akan me-nahan Djoko. “Menahan orang itu bukan hanya hak dan kewenangan tapi juga tugas, kewajiban, dan tanggung jawab,” kata Nanan.

Sehari sebelumnya, Abraham membuat pernyataan tidak takut menghadapi jenderal polisi yang bermasa-lah di KPK. “Yakinlah KPK tidak akan pernah mundur sejengkal pun untuk menghadapi para koruptor di ne-geri ini sekalipun yang bersangkutan adalah jenderal yang aktif,” kata Abraham.

Namun Djoko rupanya tidak ditahan. Abraham me-nyatakan tidak melakukan penahanan pada Djoko karena syaratnya minimal ada tiga tanda tangan pe-mimpin KPK. Sedangkan yang pagi itu ada di Jakarta hanya Zulkarnain dan Busyro Muqoddas, sedangkan Abraham ada di Makassar, Adnan Pandu Praja di Ma-laysia, dan Bambang Widjojanto di Kalimantan.

Tidak dinyana, meski Djoko tidak ditahan, malamnya KPK mendapat kejutan. Puluhan provos mengepung KPK. (SIl/yog)

Menahan orang itu bukan hanya hak dan kewenangan tapi juga tugas, kewajiban, dan tanggung jawab.

Page 17: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 23 - 29 juli 2012

lensa

wz

Tap untuk melihat foto lebih besar

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

lensa

AKSI tolAK outSourcIng

Ribuan buruh yang tergabung dalam Komite Aksi Buruh Tangerang dengan sepeda motor di Jalan Daan Mo-got. Unjuk rasa pada Rabu 3 Oktober menuntut penghapusan sistem outsourcing serta menolak politik upah murah. ANTARA FOTO/Joanzen Yoka

Page 18: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 23 - 29 juli 2012

lensa

wz

Tap untuk melihat foto lebih besar

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

lensa

AKSI tolAK outSourcIng

Ribuan karyawan PT AHM (Astra Honda Motor) di kawasan MM 2100 Cibitung, Kabupaten Bekasi, ikut aksi mogok nasional Rabu 3 Oktober, menuntut penghapusan outsourcing. Rengga Sancaya/detikfoto

Page 19: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 23 - 29 juli 2012

lensa

wz

Tap untuk melihat foto lebih besar

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

lensa

AKSI tolAK outSourcIng

Suasana pabrik di kawasan Industri Pulogadung, Jakarta, Rabu 3 Oktober 2012 sepi karena ditinggal pekerja-nya melakukan aksi mogok nasional menuntut menghentikan politik upah murah dan penghapusan sistem kerja outsourcing serta segera disahkannya RUU BPJS. Jhoni Hutapea/detikfoto

Page 20: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 23 - 29 juli 2012

lensa

wz

Tap untuk melihat foto lebih besar

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

lensa

AKSI tolAK outSourcIng

Anggota TNI bersiaga untuk mengamankan aksi mogok buruh di Lapangan Monas, Jakarta, Rabu 3 Oktober. Aksi mogok buruh di Jakarta dan sejumlah kota ini menuntut penghapusan sistem alih daya (outsourcing) dan kepastian jaminan sosial. Jhoni Hutapea/detikfoto

Page 21: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

gaya hidup

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

gaya hidup

Reporter: Ken YunitaFoto: Thinkstock

Tampil ala Tokoh manga, anime, aTau game online Jepang biasa disebuT cosTume player aTau disingkaT

cosplay. makin banyak penggemarnya. Tapi masih dipandang sebelah maTa.

Page 22: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

gaya hidup

Gadis cantik itu mengenakan baju merah jambu dengan bentuk yang tak biasa. Untuk bawahannya, dia memadukannya dengan rok mini lipit. Penampilannya dilengkapi dengan

kaus kaki panjang di atas lutut. Dilihat sekilas, penampilan gadis berambut pan-

jang itu mirip tokoh Sailor Moon di serial kartun Jepang yang populer sekitar 15 tahun lalu. Aneh? Mungkin untuk orang kebanyakan iya, tapi tidak un-tuk yang menyukainya. 

Tampil ala tokoh manga, anime, atau game online Jepang ini biasa disebut costume player atau dising-kat cosplay. Di Indonesia, hobi ini mulai disukai pada tahun 2005. Hingga kini, penyukanya terus bertam-bah. 

Itu terbukti makin maraknya komunitas dan club cosplay yang exist. Misalnya saja Komunitas Cosplay Indonesia dan IDCosplayer. Kedua komunitas ini di-ikuti banyak orang. 

Dulunya, aktivitas para cosplayer ini hanya terba-tas di kampus-kampus. Biasanya acara diadakan oleh para mahasiswa sastra Jepang. Namun seiring waktu berjalan, cosplay makin berkembang. 

“Kini cosplay tak hanya di kampus tapi juga di mal-mal,” kata Renaldy Pilipus, penggagas AAC

Indonesia, salah satu klub cosplay yang berdiri sekitar tujuh tahun yang lalu. 

Berbagai festival cosplay pun sema-kin sering ditemui. Sebut saja Hellofest Anima Expo yang diadakan setahun

sekali. Dalam event terakhir, panitia sampai kewalahan menampung peserta. 

Dari data panitia, peserta yang mendaftar mencapai 1.100 orang. Mereka tidak hanya datang dari

AGUNG/DetIkFoto

Page 23: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

gaya hidup

Jakarta tapi juga dari luar Jawa, sampai-sampai ada pula yang dari Malaysia dan Singapura. 

Bahkan, orang-orang yang kurang percaya diri juga menggunakan kostum dan menyukai cosplay. Di ajang Jak-Japan Matsuri, banyak pengunjung yang sengaja datang untuk melihat para cosplayer. 

Mereka juga tak segan mengajak para cosplayer untuk berfoto bersama. “Soalnya kostum mereka bagus-bagus dan mirip aslinya. Senang melihat warna-warni gitu,” kata Rini. 

Rini pun mengajak seorang cosplayer dengan kos-tum seperti seorang putri berfoto bersama. Tak ha-nya Rini, banyak juga pengunjung yang memanfaat-kan event itu sebagai ajang ‘narsis’.

 Bukan Sekadar Hobi

Renaldy sudah menyukai tokoh-tokoh manga atau anime Jepang sejak kecil. Sebut saja sejak Ksatria Baja Hitam. Pria yang kini berusia 34 tahun itu lang-sung jatuh cinta pada tokoh-tokoh superhero dari negara itu.

Renaldy mulai membuat kostum tokoh-tokoh ido-lanya saat dewasa. Dulunya, kostum hanya dibuat jika ada acara yang menampilkan cosplay. 

“Salah satu tokoh yang saya sukai Kamen Rider,”

gaya hidup

AGUNG/DetIkFoto

Page 24: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

gaya hidup

kata Renaldy. Setelah cosplay di Indonesia makin berkembang,

Renaldy pun menggagas klub yang berisi para pen-cinta cosplay. Mereka sama-sama membuat kostum tokoh kesukaan masing-masing.

Renaldy selalu berusaha membuat kostumnya mendekati mirip dengan aslinya, baik penampakan maupun bahan-bahan yang digunakan. Mungkin ka-rena itu, kostum buatan AAC sering menang di ber-bagai kontes cosplay. 

“Bahkan kita pernah mengirim wakil untuk kontes di Jepang dan mendapatkan juara kedua,” ujar Re-naldy. Anggota klub ini juga kerap dipanggil untuk mengisi acara cosplay. Salah satunya di acara Battle of The Toys 2012 di Senayan City. 

Karena sering menang kontes, kostum buatan AAC pun semakin terkenal. Sejumlah pesanan untuk membuat kostum pun datang. Kebanyakan, pesan-an itu datang dari luar negeri. 

Menurut Renaldy, pesanan kostum memang be-

gaya hidup

Tap untuk melihat foto-foto cosplay

Foto: bAyU wIDIAtmoko

Page 25: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

gaya hidup

lum terlalu banyak. Namun diakuinya, pembuatan kostum cosplay kini sudah menjadi industri yang la-yak diperhitungkan.

“Ini sudah menjadi industri kreatif yang tidak bisa dipandang sebelah mata,” kata Renaldy yang telah menjadikan AAC sebagai bisnisnya ini.

 Kontroversi

Perkembangan cosplay di Indonesia ternyata juga mengundang kontroversi. Ada pihak yang menilai, para cosplayer ini hanyalah sekumpulan orang yang krisis eksistensi diri.

Ada juga yang menyebut cosplayer merupakan orang yang tidak bangga pada budaya sendiri. Bah-kan di salah satu forum, sampai ada thread yang isi-nya mencibir cosplay. 

Namun Renaldy tidak ingin terlalu memikirkan omongan orang lain. Orang boleh saja berpendapat, tetapi baginya, cosplay justru bagus untuk belajar tentang kreativitas. 

“Jangan lihat dari kebudayaan mana, tapi lihat-lah bagaimana ini melatih kreativitas. Bagus untuk anak-anak muda,” kata Renaldy. Sementara Sosio-log Perkotaan Universitas Indonesia (UI) Otto Her-nowohadi menilai, kegandrungan anak-anak muda pada cosplay banyak dipengaruhi oleh pengalaman masa kecil. Ditambah keluarga yang kurang menyo-sialisasikan tokoh-tokoh dalam negeri.

Selain itu, media massa, film-film, komik dan game juga lebih banyak mengekspos tokoh-tokoh tersebut. Pengaruh itu akhirnya berkembang dalam pergaulan anak-anak muda. 

“Lalu ada anggapan menyukai simbol-simbol mancanegara dianggap lebih ‘gaya’, modern, dan hebat. Sebaliknya terasa kuno kalau gemar tokoh-tokoh lokal,” kata Otto kepada majalah detik. (KEN/YOG)

Salah satu yang menarik dari cosplay adalah foto session. Fotografer yang memotret para cosplayer disebut Kameko singkatan dari Kamera Koso.

Cosplay di Indonesia sudah

sangat maju. Event cos-

play sebaiknya jangan ter-

lalu sering supaya tidak

muncul kejenuhan di publik

maupun cosplayer sendiri.

-Bayu Widiatmoko, Kameko-

-Pinky Lu Xun, cosplayer-

Page 26: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

gaya hidup wisata

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

gaya hidup wisata

Traveller: Febrianing DewiFoto: Angling Adhitya

Suhu pAnAS SeperTinyA bukAn menjADi hAlAngAn pArA wiSATAwAn

unTuk mAmpir ke SemArAng. merupAkAn SAlAh SATu guDAng

kuliner Di inDoneSiA.

Page 27: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

gaya hidup wisata

Panas. Mungkin itu yang akan dibilang orang tentang Kota Semarang. Memang sih, kota di sebelah utara Magelang itu

memang bersuhu panas, rata-rata bisa 32 derajat Celsius pada siang hari. 

Meski begitu, kota ini layak dijadikan tempat tujuan wisata. Selain memiliki se-jumlah tempat wisata sejarah, Semarang juga memiliki wisata panorama pantai yang sedap dipandang. Dan yang tak boleh ketinggalan adalah kulinernya.

Semarang, kota berjuluk kota atlas itu sering dipuji banyak orang. Nah, kapan Anda berencana travelling ke kota yang terkenal dengan lumpianya ini?

gaya hidup wisata

Angli

ng Ad

hitya

Dua tahun aku di Semarang, rasanya sudah terbiasa dengan panas dan macetnya. Untuk menghilangkan penat, aku biasa cuci mata di Simpang Lima. Paling ngangenin dari Semarang adalah Lumpia dan kue mochinya yang legit. Hmm, yummy!

Febrianing Dewi:

Page 28: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

gaya hidup wisata

Tap pada text untuk melihat penjelasan

gaya hidup wisata

What to Do

What to Eat Shopping Area

Where to Stay

thinkstockKompleks Tugu MudaBangunan berbentuk lilin ini merupakan simbol Kota Semarang.

Di dindingnya terdapat relief cerita perjuangan Peringatan Pertem-puran Lima Hari di Semarang.

Masih banyak bangunan bersejarah di kota ini. Salah satunya Lawang Sewu yang konon masih berhawa mistis. Buat Anda yang bernyali, ada paket wisata malam untuk berkunjung ke sini.

Pagoda AvalokitesvaraPagoda setinggi 45 meter ini berada di Vihara Buddhagaya, Wa-

tugong, Semarang. Bangunan bertingkat tujuh ini ditetapkan MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. 

Suasana di Vihara ini sangat tenang dan indah karena ada ham-paran rumput dan taman bunga. Bangunan ini terletak di kawasan Banyumanik, Semarang tepatnya di depan Makodam Diponegoro.

Masjid Agung Jawa TengahBangunan megah di atas lahan 10 hektare ini banyak dikunjungi

karena dianggap mirip dengan Masjid Nabawi. Letaknya di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Semarang.

Selain masjid, di kompleks ini, tepatnya di Tower Asmaul Husna terdapat Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah. Anda juga bisa melihat pemandangan kota Semarang dari ketinggian di tower ini.

What to Do

Angling Adhitya

Angling Adhitya

seputarsemarang.com

Aini Zariyah

Page 29: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

gaya hidup wisata

Tap pada text untuk melihat penjelasan

gaya hidup wisata

What to Do

What to Eat Shopping Area

Where to Stay

thinkstockWhiz Hotel SemarangHotel bintang dua ini terletak di Jalan Kapten Piere Tendean

Semarang. Bangunan baru serta desain minimalis membuat hotel ini nyaman untuk ditinggali.

Cocok untuk dijadikan tempat beristirahat saat berwisata ke kota ini. Sayangnya, hotel ini tidak menyediakan restoran. Menu makan pagi juga terbatas. Tarif Rp 200 ribuan jika memesan dari internet.

 Quest Hotel

Terletak di Jalan Plampitan, Glodok Kota, Semarang. Desain kamar ditata dengan cantik. Anda juga bisa melihat pemandangan melalui balkon yang tersedia di sejumlah kamar.

Tarif menginap di hotel ini Rp 300 ribuan, jika Anda memesan tarif promo yang banyak ditawarkan di internet. Ada kolam renang dan wifi gratis jika menginap di hotel ini.

Imam Bonjol HostelIni cocok sekali untuk para backpacker. Jika memesan melalui

situs diskon hotel di internet, tarif menginap hanya sekitar Rp 60 ribuan. Namun jika langsung datang, tarifnya lebih mahal yakni Rp 150 ribuan.

Seperti namanya, hostel ini terletak di Jalan Imam Bonjol, Sema-rang. Sangat strategis karena berada di pusat kota. Meski nyaman, fasilitasnya sangat terbatas. Hanya cocok untuk tidur saja.

Where to Stay

Page 30: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

gaya hidup wisata

Tap pada text untuk melihat penjelasan

gaya hidup wisata

What to Do

What to Eat Shopping Area

Where to Stay

thinkstockKampung Laut RestoLetaknya di kompleks Puri Maerokoco PRPP Semarang Barat,

dekat dengan Pantai Marina. Ini merupakan restoran terapung terbesar di Semarang yang banyak dikunjungi wisatawan. 

Seperti namanya, restoran ini menyediakan makanan laut seperti bandeng saus kampung laut, bandeng kropok, kakap merah bakar, dan kepiting lemburi goreng tepung. Menu dijual secara kiloan.

Pesta KeboenRestoran yang berada di Jalan Veteran, Semarang ini unik karena

menggunakan rumah berarsitektur Belanda. Dulunya, rumah ini memang milik petinggi Belanda di zaman kolonial.

Menunya perpaduan antara makanan Jawa dan western. Misalnya nasi ayam asap, nasi buntut goreng, dan es kopyor. Untuk ukuran resto, harganya tidak terlalu mahal, sekitar Rp 15 ribu s.d. Rp 50 ribu.

Pecel Mbok SumoDi Semarang, tempat makan pinggir jalan yang paling banyak

dicari adalah pecel. Ada beberapa tempat yang menjadi favorit, salah satunya Pecel Mbok Sador yang berada di Simpang Lima, Semarang.

Pecel Mbok Sador konon disukai karena rasa bumbunya lebih pedas. Selain itu, letaknya yang berada di kawasan ‘nongkrong’ bikin banyak dikunjungi. Harga antara Rp 10 ribu s.d. Rp 20 ribu.

What to Eat

sauskecap.com

dugderan.com

openrice.com

Page 31: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

gaya hidup wisata

Tap pada text untuk melihat penjelasan

gaya hidup wisata

What to Do

What to Eat Shopping Area

Where to Stay

thinkstockKawasan PandanaranBuat Anda yang tak ingin ke sana kemari untuk membeli oleh-

oleh, bisa langsung ke area ini. Di sepanjang Jalan Pandanaran terdapat sejumlah toko oleh-oleh terkenal. 

Anda bisa menemukan aneka camilan dan oleh-oleh seperti lumpia, bandeng presto, wingko babat, dan emping. Meski ada beberapa toko baju di tempat ini, tapi barang-barangnya kurang recommended.

Simpang LimaIni merupakan kawasan favorit anak muda untuk berbelanja.

Selain oleh-oleh camilan, Anda juga bisa mencari barang seperti baju dan lain-lain. 

Di tempat itu terdapat Mal Simpang Lima yang merupakan kebanggaan warga Semarang. Anda bisa berjalan-jalan sembari ‘ngadem’ dari hawa Semarang yang superpanas.

Pasar Gang BaruPasar ini juga dikenal sebagai Pasar Cina karena letaknya di Gg.

Warung di kawasan Pecinan Semarang. Hanya buka sehabis subuh hingga pukul 09.00 WIB. 

Tempatnya tidak terlalu nyaman untuk berbelanja karena di gang sempit dan kadang becek. Namun Anda akan menemukan kualitas barang yang lebih bagus dibanding pasar lainnya. (KEN/YOG)

Shopping Area

Angling Adhitya

Punya cerita soal kota yang menarik dikunjungi? Kirim ke redaksi@

majalahdetik. com. Cerita Anda akan kami muat di rubrik ini.

travel.detik.com

Angling Adhitya

Page 32: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

Setor Miliar, Hukum mati pun Hilang

Seorang geMbong narkoba internaSional MeMbuat pengakuan Mengejutkan. katanya, dengan Menyetor uang rp 1-8 Miliar, voniS hukuMan Mati biSa dihindarkan.

reporter: evi tresnawati, bahtiar rifai, isfari hikmat, dan andry haryantoFoto: antara/idhad Zakaria

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

Page 33: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

nggak nafsu minum, Aqua saja,” begitu kalimat pertama yang meluncur dari mu-lut Adami Wilson alias Abu (48). Kaus biru berlapis kemeja terbuka tampak melekat di

tubuhnya yang gempal.Kulitnya yang hitam menandakan bahwa ia betul

berasal dari Nigeria. Sebuah topi bertuliskan kalimat syahadat bertengger di kepalanya. Topi itu kemudian dilepaskan, sehingga tampaklah kepalanya yang plon-tos.

“(Topi ini) Teman saya kasih, orang Libanon,” ucap-nya saat ditemui majalah detik, pada Selasa 2 Oktober 2012.

Adami yang fasih berbahasa Indonesia itu dibawa ke BNN setelah ditangkap dalam sebuah penggerebekan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilacap, Jawa Tengah, 13 September 2012. Ia diduga menjadi pe-ngendali penyelundupan narkoba jenis sabu seberat 9 kg dari LP Nusakambangan.

Sesungguhnya, Adami adalah salah satu penghuni LP yang paling mengerikan bagi para pelaku keja-hatan itu. Di sana, ia menunggu hukuman mati atas kasus penyelundupan heroin 1.000 gram pada tahun 2004. Putusan itu dikeluarkan Pengadilan Negeri Ta-ngerang, Banten. Adami masuk ke LP Nusakambang-an tiga tahun setelah divonis.

Adami berulang kali mengeluh ketika kalimat “hu-kuman mati” disebut dalam pertemuan siang itu. Ia keberatan. Sampai sekarang, Adami merasa hukum-an itu tidak pantas diterimanya. Sebab tak ada barang bukti dirinya benar-benar menjual narkoba di Indone-sia.

“Saya timbang tepung terigu,” sangkal pria berka-camata itu.

Adami tak ingin eksekusi mati itu nantinya betul-betul dilakukan oleh aparat Indonesia. “Saya tak mau mati,”

Adami tak ingin eksekusi mati itu nantinya betul-betul dilakukan oleh aparat Indonesia.

““ “

Page 34: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

ucapnya. Ia sempat mengajukan banding pada tahun 2004, tetapi tak berhasil. Adami bermaksud meng-ajukan Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA) dengan harapan hukuman mati itu dianulir.

“Saya mau keluar dari MT (hukuman mati) walaupun (hukuman) seumur hidup,” kata Adami.

Namun, justru dari niatnya itu pula ia terjerat kembali dalam kasus narkoba. Menurut pengakuan Adami, ia terpaksa berbisnis narkoba dari LP Nusakambangan untuk memperoleh uang. Uang itu hendak dipakainya untuk melicinkan proses permohonan PK di MA.

Ide itu tak secara spontan keluar dari kepala Adami. Ia tergiur dengan apa yang sudah coba dilakukan oleh terpidana mati lainnya. Mereka berhasil memperoleh keringanan hukuman dengan cara menyetor sejumlah uang.

Ia tak menyebutkan oknum-oknum yang bermain dalam praktik jual beli hukuman mati itu. Namun,

Adami WilsonANtArA/IdhAd ZAkArIA

Page 35: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

pengakuannya sungguh mengejutkan. Jumlah yang dibayarkan oleh narapidana mati untuk PK itu anta-ra Rp 1 miliar sampai Rp 8 miliar. Jumlah setoran tergantung dari potongan hukuman yang ditawarkan untuk terpidana.

“Kalau Rp 1 miliar turun menjadi SH (seumur hidup), kalau Rp 3 miliar bisa turun 20 (tahun). Ada harganya,” cetus Adami.

Menurut Adami, uang pelicin itu tak dibayarkan oleh narapidana mati di muka. Biasanya, mereka me-nunggu dulu hasil akhir PK, apakah dikabulkan atau tidak oleh MA. Bila PK itu ‘berhasil’, dan salinan nya diperlihatkan secara langsung, maka uang itu baru dibayarkan.

“Kalau sudah masuk di koran, masuk internet juga sudah, buktinya dibawa ke LP, baru bayar,” kata Adami.

Adami mendengar setidaknya ada 12 narapidana yang hukuman matinya dihapus dengan cara menyu-ap. Di antara mereka, ada temannya sendiri yang juga berkewarganegaraan Nigeria. Bahkan temannya itu kini sudah bebas dan kembali ke kampung halaman-nya.“Dia sudah bisa pulang,” ucapnya.

Untuk narapidana warga negara Indonesia (WNI), Adami menyebutkan nama Meirika Franola alias Ola. Ola, yang divonis mati atas kasus narkoba pada tahun 2004, mendapat penurunan hukuman dari 12 tahun hingga 14 tahun. “Ia teman saya,” terang Adami.

Seluruh pengakuan Adami itu bisa benar bisa juga tidak. BNN masih terus menelusuri pengakuan ter-sebut. Namun, informasi adanya praktik jual beli hukuman mati itu tentu saja sangat mengejutkan. Apalagi, akhir-akhir ini sedang ramai polemik tentang perubahan hukuman mati terpidana narkoba oleh MA.

Seperti diketahui, MA membatalkan hukuman mati untuk pemilik pabrik narkoba asal Surabaya, Hanky Gunawan. Hanky yang ditangkap pada 23 Mei 2006

Kalau sudah masuk di koran, masuk internet juga sudah, buktinya dibawa ke LP, baru bayar.

““

Page 36: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

lalu kini hanya dihukum 15 tahun penjara oleh majelis hakim yang diketuai Imron Anwari.

Ketua Gerakan Anti-Narkoba (Granat) Henry Yoso-diningrat mengatakan bisa jadi apa yang diungkapkan Adami itu benar. Sebab, sangat sulit untuk mengatakan tak ada suap dalam kasus-kasus perubahan hukuman bagi terpidana mati narkoba.

Dalam perkara Ola, Henry mencatat, ia bersama dua terpidana mati lainnya yang masih dalam satu jaring-an pernah gagal mengajukan PK. Namun, dalam PK kedua hukuman mereka akhirnya diperingan. Padahal PK hanya bisa diajukan terpidana sebanyak satu kali.

“Sindikat ini memiliki dana tak terbatas, maka sulit bagi kami dalam penanganan kasus ini untuk menga-takan tidak ada suap,” ucap Henry.

Anehnya, pengacara Ola dkk., Habiburokhman, justru mengaku tidak tahu-menahu kalau hukuman kliennya ternyata sudah berubah. Namun, seingat dia, pada tahun 2005, Ola memang mengajukan PK. Na-mun, setelah itu, “Saya nggak memantau lagi,” kata Habiburokhman kepada majalah detik.

Ia membantah kalau jaringan Ola mempunyai dana yang besar saat itu. Sebab, jaringan perempuan asal Sukabumi, Jawa Barat itu, tak mempunyai uang sama sekali. Bahkan, orang tua salah satu terdakwa, Rani Andriani, sampai menjual rumah untuk membayar pengacara sebelum dia.

“Kita sebagai pengacara tidak memungut biaya,” kata Habiburokhman.

MA sendiri bersikukuh putusan perubahan hukum-an bagi terpidana mati narkoba sudah final. Alasan hakim, hukuman mati itu bertentangan dengan pasal 28 ayat 1 UUD 1945 dan melanggar Pasal 4 UU No. 39/1999 tentang HAM.

Juru Bicara MA Djoko Sarwoko mengaku tidak tahu-menahu atas terjadinya jual beli pengurangan hukum-

Juru Bicara MA Djoko SarwokoANtArA

Page 37: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

an mati itu. Ia menyerahkan kepada masyarakat untuk menilai atas munculnya isu miring dalam putusan MA itu.

“Saya hanya membuka fakta, seperti itu keadaannya (putusan MA). Bahwa ada macam-macam, saya tidak tahu itu,” Djoko beralasan.

Anggota Komisi III DPR Nasir Djamil meminta Ko-misi Yudisial (KY) untuk segera menyelidiki dugaan suap dalam putusan MA atas terpidana mati narko-ba. Perubahan vonis itu sendiri sangat disayangkan, mengingat dampak narkoba yang begitu merusak.

“Keganjilan yang dirasakan itu biar menjadi perhati-an. Kita tidak bisa langsung menuduh MA bermasalah. Tentu harus ada awal pintu masuk bagi KY,” katanya. (Wan/yog)

Gembong narkoba berkebangsaan Nigeria tertangkap Polisi.dIkhy s/detIkfoto

Page 38: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 1 - 7 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

Lika-likuADAMI WILSON

September 2003

Adami Wilson ditangkap polisi di Perumahan Harapan Indah, Bekasi dengan tuduhan terkait jaringan narkoba.

2004

Pengadilan Negeri Tangerang memvonis mati Adami Wilson karena terbukti membawa 1.000 gram heroin siap edar.

2007

Adami Wilson yang sebelum-nya ditahan di LP Tangerang di-pindah ke LP Kembang Kuning, Nusakambangan.8 Agustus 2012

Intelijen mengembangkan kasus narkoba tiga WNI berinisial ES, HS, dan SA yang bertugas sebagai kurir narkoba. ES dan HS mengambil sabu di India. 14 Agustus 2012

ES dan HS berangkat ke India dan menerima dua koper berisi sabu dari seorang warga negara Nigeria. Sehari kemudian bertolak menuju Timor Les-te. Setelah tiba, mereka bertemu deng-an SA dan mengambil satu buah koper.

22 Agustus 2012

ES, HS, dan SA membawa tiga koper dan bertolak menuju Kupang, NTT melalui jalur darat. Di Kupang, mereka menginap di Hotel Breng-ston kamar 105. 23 Agustus 2012

Petugas BNN berhasil meringkus ES, HS dan SA. Dari hasil pemeriksaan terhadap ketiga tersangka, terungkap sabu tersebut akan diserahkan kepa-da G dan R di tempat terpisah.

24 Agustus 2012

Petugas BNN menangkap G dan R di kamar sebuah hotel di Jalan Jenderal Soedirman, Medan, deng-an barang bukti berupa 2.675,2 gram sabu. Akhir Agustus 2012

Petugas BNN menangkap tersangka berinisial C dengan barang bukti 3.951,8 gram sabu. Tersangka C mengaku barang bukti sabu merupakan pesan-an untuk tiga orang berinisial HJ, HW, dan WY. HJ memesan sabu seberat 507,3 gram, HW memesan 50,2 gram, sedangkan WY  memesan 1.504,7 gram sabu. Ketiganya ditangkap di lokasi berbeda di Tangerang, Banten.September 2012

Polisi mengembangkan te-muan 8.689,2 gram sabu da-lam penangkapan di Kupang, Medan, dan Tangerang.

14 September 2012Pukul 05.00 WIB

Tim BNN bersama Polres Cilacap menangkap Adami Wilson yang men-jalani rawat inap di RSUD Cilacap dan menyita 3 telepon seluler serta uang tunai sebanyak Rp 1,9 juta.

Pukul 09.00 WIB

Adami Wilson dibawa dari RSUD Cilacap menuju Lapas Kembang Kuning, Nusakambangan untuk menunjukkan barang bukti lainnya. Polisi menyita satu buah telepon se-luler dan dua buku tabungan BCA. Pihak Lapas juga menyerahkan lima telepon seluler milik Adami.

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

Page 39: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

Reporter: Evi Tresnawati

Dari Penjara Atur Janda Selundupkan NarkobaBERBEkal lima TElEpon gEnggam, adami Wilson lEluasa mEnjalankan Bisnis naRkoBa daRi pEnjaRa nusakamBangan. dia mEnggunakan pEREmpuan-pEREmpuan sEBagai kuRiRnya.

evi/detikfoto

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

JeruJi besi di LP Nusakambangan rupanya tidak bisa membuat Adami Wilson alias Abu, terpenjara. Terpidana mati kasus penyelun-dupan heroin seberat 1 kilogram itu masih

leluasa mengendalikan bisnis narkoba dari dalam sel. Dengan telepon genggam yang dimilikinya, Adami

menggerakkan beberapa perempuan asal Indonesia sebagai kurir narkoba. Dari kurir-kurir inilah narkoba

Page 40: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

asal luar negeri masuk ke Indonesia.“Barang itu saya dapat dari Ebere  yang tinggal di

India. Brother itu yang menyiapkan barangnya,” ujar Adami.

Untuk bisa membawa barang haram itu dari In-dia, Adami mengutus Sari, seorang janda yang jadi kenalan nya. “Sebelumnya teman saya warga Rusia yang jalani, tapi dia sudah ketangkap jadi ganti Sari,” terangnya.

Selain memakai jasa Sari, Adami juga mengaku me-minta bantuan perempuan WNI lain bernama Wiwit. 

Wiwit menurut pengakuan Adami adalah seorang pecandu narkoba. “Sebenarnya saya tidak mau meng-ajak Wiwit, tapi karena dia memaksa untuk jadi kurir akhirnya saya oke,” jelasnya.

Lewat Wiwit, sabu seberat 1,2 kilogram dari India berhasil diselundupkan ke Indonesia. Pemesannya adalah seorang warga Jepang bernama Yunishi Tari Gawa yang berdomisili di Lippo Karawaci, Tangerang. Transaksi itu terjadi pada Maret 2012.

Adami mengatakan, sabu yang diambil dari India memang dimaksudkan untuk ke Jepang atau jaringan Jepang yang ada di Indonesia.

Sementara Indonesia hanya dijadikan negara tran-sit. Alasannya, kalau jual sabu di Indonesia tidak bisa untung banyak. Paling Rp 65 juta per kilogram. Se-mentara bila dijual ke Jepang, bisa mencapai Rp 180 juta per kilogram.

“Dia (Ebere) nggak mau di Indonesia karena biaya-nya mahal,” akunya.  

Jalur narkoba yang digunakan Adami antara lain, India, Singapura, Timor Leste, Jakarta, selanjutnya ke Jepang. Adami tahu persis jalur-jalur peredaran narkoba karena pengalamannya saat menjadi intelijen polisi di Nigeria.

Jangan heran jika Adami menjadi operator jaring-

Sabu yang diambil dari India memang dimaksudkan untuk ke Jepang atau jaringan Jepang yang ada di Indonesia.

““

Page 41: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

an narkoba yang dipasok Ebere, kawannya sesama warga Nigeria.

Namun selihai-lihai-nya Adami mengedarkan narkoba akhirnya ter-endus juga. Bisnis ba-rang haramnya terhenti ketika Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil mencokoknya.

Penangkapan Adami buah pengembangan yang di-lakukan BNN terhadap pengungkapan kasus narkoba berupa sabu seberat 8.689,2 gram yang terjadi di Ku-pang, Nusa Tenggara Timur, Jakarta, dan Tangerang. 

Berbekal informasi yang diperoleh dari para ter-sangka dalam kasus itu, BNN yang dipimpin Kombes Pol. Sumirat dan Kasat Res Narkoba Polres Cilacap, langsung meluncur ke Lapas Kembang Kuning, Nu-sakambangan, 13 September 2012.   

Orang yang jadi target buruan adalah pria yang kini berusia 48 tahun bernama Adami Wilson, penghuni salah satu sel di lapas tersebut. Namun petugas tidak berhasil menemukan Adami di selnya. Sebab ia sedang menjalani rawat inap di Ruang Dahlia, Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Takut kehilangan buruan, petugas akhirnya berge-gas ke rumah sakit. Begitu tiba, petugas langsung menggeledah Adami. Ada 3 buah telepon genggam yang disita berikut uang tunai sebesar Rp 1.900.000 dari tangan Adami.

Bukan itu saja, saat diinterogasi petugas, Adami juga mengakui masih memiliki telepon seluler lain dan buku tabungan di selnya. Untuk memastikannya Adami langsung digelandang ke Lapas Kembang Ku-ning dengan mobil ambulans Polres Cilacap.

Barang bukti Adamidetikfoto

Page 42: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

Di dalam sel, petugas kemudian menemukan 2 unit telepon genggam dan 2 buku tabungan BCA. Total ha-sil sitaan sebanyak 5 unit telepon genggam dan 2 buku tabungan yang total saldonya sebanyak Rp 800 juta. 

Adami saat ditemui majalah detik tidak menampik kejahatan yang dilakukannya. Bahkan ia membeber-kan siapa pemasoknya berikut kurir-kurirnya.

Meski mengaku jadi operator perdagangan narkoba dari India, Adami mengaku belum lama mengenal bisnis sabu. Sebab biasanya bisnis ini dilakukan oleh warga Cina. Sementara warga keturunan Afrika yang terjun dalam bisnis narkoba lebih suka “bermain” heroin. Alasannya, imbuh Adami, bisnis heroin atau kokain jauh lebih banyak untungnya. Bayangkan saat harga sabu di produsen seharga Rp 1,5 juta per 100 gram, harga heroin mencapai Rp 6 juta per 100 gram.  

Mahalnya harga heroin karena tidak semua negara yang bisa memproduksinya, sebab pohon kokain ha-nya ada di Amerika Selatan, yaitu di Kolombia, Meksi-ko, Argentina, Peru, dan Brasil.

“Kalau sabu bisa dibuat di mana saja, karena kimia, dioplos kimianya sudah jadi. Nggak tumbuh seperti kokain atau heroin,” ungkap Adami.

Adami juga mengaku terjun di bisnis sabu belum lama, yakni sejak awal 2012. Anehnya, ia mengaku belum pernah melihat dengan mata kepala sendiri bentuk sabu atau heroin. Ia berkilah hanya mengeta-hui bentuk barang-barang itu dari televisi.

Keterangan Adami ini untuk membantah hukuman yang diterimanya pada 2004 silam. Dalam sidang di PN Tangerang, Adami divonis hukuman mati karena kedapatan menyelundupkan heroin seberat 1 kilo-gram ke Indonesia. 

“Saya heran dengan vonis itu. Yang saya jalani hu-kuman terigu, bukan heroin, bukan narkoba,” keluh-nya.

Adami divonis hukuman mati karena kedapatan menyelundupkan heroin seberat 1 kilogram ke Indonesia.

““

Page 43: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

Adami berkisah, ia ditangkap pada 2004 di Jakarta. Saat itu, polisi menyuruh seorang perempuan berpu-ra-pura membeli heroin kepada Adami. Perempuan itu bernama Dewi.

Adami mengaku mengenal Dewi, tetapi merasa aneh ketika Dewi minta (membeli) 50 gram heroin kepadanya. “Saya sudah curiga, karena saya sendiri juga polisi. Jadi tahu kalau ada jebakan seperti itu,” urai Adami.

Namun untuk mengelabui polisi, Adami kemudian berpura-pura menimbang bubuk putih yang ada di dalam rumah kontrakannya. Bubuk yang menurut pengakuan Adami berupa tepung terigu itu kemudian ditimbang. 

Saat bubuk putih itu ditimbang, polisi langsung menyergapnya. Namun Adami tidak tinggal diam, ia langsung mengeluarkan senjata api miliknya. Aksi tembak-tembakan pun terjadi. Hingga Adami menye-rah pada akhirnya.

Meski telah ditangkap, Adami tetap kukuh bubuk yang dimilikinya adalah tepung terigu. Itu sebabnya ia memasukkannya ke dalam mulut untuk membuktikan bila bubuk itu bukan heroin. “Kalau heroin saya sudah

Pengungkapan jaringan narkoba internasionaljhoni hutapea/ detikfoto

Page 44: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

mati. Karena saya tahu itu terigu saya berani makan itu bubuk,” begitu kata Adami.

Adami melanjutkan, polisi saat itu tetap memaksa menyeretnya ke kantor polisi dengan alasan pelang-garan imigrasi. Namun entah kenapa Adami kemudi-an dijerat dengan pasal narkotika yang berujung pada vonis hukuman mati.

Deputi Pengejaran dan Penindakan BNN, Brigjen Pol Benny J. Mamoto, saat ditemui majalah detik meng-aku tidak mengetahui kasus yang menimpa Adami pada 2004 silam. 

“Saya tidak memantau kasusnya saat itu, sebab yang menangani kasus Adami sebelumnya Polda Me-tro Jaya,” ujar Mamoto.

Sementara Habiburokhman, yang mengaku masih sebagai pengacara Meirika Franola alias Ola, terpida-na mati kasus narkotika yang ditangkap pada 2 Januari 2003 silam, mengatakan, Adami diduga merupakan salah satu jaringan narkotika yang dilakukan Ola dan suaminya Tajudin alias Tony.

“Adami kemungkinan terkait jaringan narkotika Tony yang sama-sama warga Nigeria,” duga Habiburokh-man kepada majalah detik.

Tony dan tiga temannya tewas ditembak petugas dari Polda Metro Jaya di Cipete, Jakarta Selatan. Peristiwa itu terjadi sehari setelah penangkapan Ola dan dua sepupunya, Rani Andriani, dan Deni Setia Maharwan, di Bandara Soekarno-Hatta.

Saat ditangkap, polisi menyita sebanyak 3,5 kilo-gram heroin dan 3 kilogram kokain dari tangan Deni dan Rani. Selain itu polisi juga menyita 3,5 kilogram heroin lagi dari rumah Ola di Cianjur, Jawa Barat. 

Nah, penangkapan Adami yang terjadi pada 2004 diduga merupakan hasil pengembangan dari kasus narkotika yang dilakukan Ola, Rani, Deni, serta Tony.

(dEn/yog)

Namun entah kenapa Adami kemudian dijerat dengan pasal narkotika yang berujung pada vonis hukuman mati.

““

Page 45: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

Reporter: Evi Tresnawati, Andri Hendriantodok. detikfoto

Hidup Bak Raja Meski DipenjaraTinggAl di lApAs nusAkAmbAngAn TidAk mEmbuAT AdAmi Wilson sEngsARA. iA bisA mEnikmATi fAsiliTAs mEWAH di sEl, mEndATAngkAn mAkAnAn dARi luAR nEgERi dAn bAHkAn bisA bERHubungAn sEks di luAR pEnjARA.

Tangis Adami Wilson seketika meledak. Gembong narkoba asal Nigeria itu mengaku teringat sang anak yang belum pernah dilihat-nya. Ia merasa berdosa karena telah meng-

khianati janjinya dengan istri dan ibunya.“Saya bilang ke mereka (istri dan ibunya) tidak akan

main narkoba,” kata Adami terisak saat ditemui maja-lah detik.

Page 46: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

Sebelum tertangkap di Jakarta, Adami sempat men-jadi guru bahasa Inggris di Sabah, Malaysia. Namun meski kerja di negeri Jiran, Adami tinggal di Tarakan, Kalimantan Timur.

Ia sengaja memilih tinggal di Tarakan supaya bisa terus memperpanjang visanya. “Karena kapal laut hanya 45 menit. Jadi saya mengaku turis supaya bisa memperpanjang visa,” kata pria yang memakai nama samara Abu bila berada di Indonesia itu.

Adami mengaku terpaksa minggat dari negara asal-nya karena di sana tidak aman. Apalagi dirinya saat di Nigeria berprofesi sebagai polisi yang punya risiko tinggi. 

“Kalau di sini jadi polisi aman tapi kalau saya masih jadi polisi di sana mungkin saya sudah bu-suk di tanah, mendingan saya kabur saja,” cerita Adami.

Adami memilih kabur ke Indonesia dan bekerja di Malaysia. Di negeri Jiran itu pula Adami menikah dan memiliki anak.  Namun hidup hanya berbekal sebagai guru bahasa Inggris saja tampaknya dianggap tidak cukup bagi Adami. Ia pun mulai terlibat dengan jaring-an narkoba yang bisa menghasilkan uang banyak.

Bayangkan, sekalipun ia kemudian tertangkap ka-rena kedapatan memiliki heroin dan mengantarkan-nya ke penjara Nusakambangan, hidupnya jauh dari sengsara.

Bahkan selama di Nusakambangan, Adami hidup layaknya seorang raja. Menurut salah satu penyidik BNN kepada majalah detik, di dalam selnya Adami memiliki fasilitas mewah seperti televisi  layar datar (LCD), DVD, kasur empuk, kipas angin, dan sejumlah telepon genggam.

Kalau di sini jadi polisi aman tapi kalau saya masih jadi polisi di sana mungkin saya sudah busuk di tanah, mendingan saya kabur saja.

““

Page 47: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

Dengan telepon genggam inilah Adami bisa leluasa mengatur bisnis narkoba dari India ke Indonesia.  

Belum lagi soal makanan. Adami tidak perlu repot-repot lagi mengantre untuk makan ala kadarnya yang disiapkan sipir penjara. Sebab ia bisa makan sesuka hati sesuai porsi yang biasa dimakan. Bahkan ia bisa memilih menu makanan sesuai yang diinginkan.

“Makanan dia pun spesial, kadang kaki sapi, dia pesan dari luar negeri. Kemudian diolah jadi sop oleh sipir untuk dia (Adami),” ungkap salah satu penyidik yang enggan namanya disebutkan.

Adami mengakui memang mudah mendapatkan aneka fasilitas mewah yang dinikmatinya di penjara Nusakambangan. Dengan uang yang dimiliki, semua bisa dibeli. 

Suasana Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangandok. detikfoto

Page 48: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

“Kadang ada napi yang bawa barang. Terus saya ta-nya apa mau dibeli atau tidak. Saya membeli barang-barang dari mereka (napi),” jelas Adami.

Untuk mendapatkan telepon genggam, Adami meng-aku harus merogoh kocek mulai Rp 80 ribu hingga Rp 120 ribu. Harga tersebut sudah berikut kartu perdana-nya.

Hebatnya, selain digunakan sebagai alat operasional dalam bisnis narkoba, Adami juga sering menyewakan telepon genggam miliknya kepada napi lain. Harga sewanya Rp 10 ribu per hari.

Dengan penghasilannya sebagai pengendali bisnis narkoba dan penyewaan telepon genggam, tak heran

jika Adami bisa hidup nyaman dengan fasilitas mewah selama di Nusa-kambangan.

Selain fasilitas yang mumpuni di dalam sel, Adami juga bisa leluasa melakukan hasrat bio-

logisnya. Sebab ia bisa keluar penjara sewaktu-waktu.Seorang penyidik mengatakan, untuk urusan seks,

Adami biasanya berdalih ingin melakukan cek kese-hatan di rumah sakit. Biasanya di RSUD Cilacap. Nah di dalam ruangan rawat inap itulah Adami melakukan hubungan seks dengan kekasihnya atau pekerja seks komersial yang dipesannya.

Dugaan Adami sering keluar sel untuk berhubung-an seks terbukti saat ia ditangkap pada 13 September 2012 di RSUD Cilacap. Saat itu penyidik BNN dan Polres Cilacap mendapati seorang perempuan yang sedang menemani Adami di ruang rawat inap Dahlia. Di kamar itu pula ditemukan kondom yang sudah ter-pakai.

(dEn/Yog)

Nah di dalam ruangan rawat inap itulah Adami melakukan hubungan seks dengan kekasihnya atau pekerja seks komersial yang dipesannya.

““

Page 49: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

Reporter: Evi Tresnawati, Aryo Bhawono, Isfari Hikmat, dan Andi Saputra

Diobral Demi HAM Atau Uang?PEmBATAlAn HukumAn mATI gEmBong nARkoBA TERnyATA TAk HAnyA SEkAlI-duA kAlI TERjAdI. AlASAnnyA AgAR TIdAk mElAnggAR HAm. BukAn kAREnA uAng?

evi/detikfoto

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

IMron Anwari, Achmad Yamanie dan Prof. Dr. Ha-kim Nyak Pha. Entah apa yang ingin dikenang dari tiga hakim agung ini. Mereka mengatasnamakan HAM untuk membatalkan hukuman mati para

gembong narkoba. Aktivis antinarkoba pun geram.Tiga hakim agung itu mengubah hukuman mati

Hanky Gunawan menjadi 15 tahun penjara. Putusan yang diketok pada tanggal 16 Agustus 2012 itu baru

Page 50: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

terkuak pada awal Oktober 2012.Hanky bukan hanya pengedar narkoba. Ia adalah

pemilik pabrik ekstasi yang memproduksi obat-obatan terlarang. Ia ditangkap polisi pada 23 Mei 2006 pukul 17.00 WIB di Yani Golf Jalan Gunung Sari Surabaya, usai pabriknya digerebek.

Memang, perjalanan Hanky meraih hukuman mati cukup panjang. Salinan putusan vonis yang diterima majalah detik memaparkan Pengadilan Negeri Su-rabaya belum menjatuhkan hukuman mati padanya. 17 April 2007 silam, Hanky hanya dikenai hukuman 15 tahun penjara.

Hukuman ini memacu jaksa untuk mengajukan banding. Alhasil, 11 Juli 2007, Pengadilan Tinggi Jawa Timur menambahkan hukuman menjadi 18 tahun penjara.

Proses berlanjut hingga kasasi. Pada 28 November 2007, MA mengabulkan permintaan jaksa untuk men-jatuhkan hukuman mati.

Hanky tak tinggal diam. Sela penantian eksekusi pun berlanjut pada pengajuan PK. Harapan ini dijawab pada 16 Agustus 2012, Hakim Agung Imron cs meng-anulir hukuman mati. Hukuman Hanky digantikan dengan pidana kurungan 15 tahun.

“Mengabulkan permohonan peninjauan kembali dari: HANKY GUNAWAN alias HANKY tersebut,” tulis putusan yang salinannya diterima oleh majalah detik.

Majelis beralasan hukuman mati tidak sesuai deng-an nilai kemanusiaan. Salah satu pertimbangan hakim dalam dokumen putusan menyebutkan hukuman mati bertentangan dengan Pasal 4 UU No. 39 Tahun 1989 tentang HAM.

Hukuman mati memang menjadi perhatian dalam penegakan HAM. Pembatalan hukuman mati dan per-timbangan penegakan HAM oleh hakim agung meru-pakan preseden baik dalam penerapan HAM. Komisi

Imron Anwariistimewa

Page 51: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menilai putusan ini cukup baik.

“Artinya hakim mencoba meletakkan ancaman hu-kuman mati dari perspektif HAM. Idealnya hukuman untuk kejahatan luar biasa seperti narkoba, ya seumur hidup. Kalaupun 15 tahun, ya murni 15 tahun. Dalam artian tidak ada remisi,” ungkap Ketua Komnas HAM Ifdhal Kasim.

Namun kejanggalan masih menyelimuti putusan ini. Ketua Majelis Hakim pembatalan hukuman mati Hanky, Imron, ternyata sudah mulai menjadi langgan-an dalam kasus serupa. Imron tercatat sebagai hakim militer dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal.  

Penelusuran majalah detik, Imron pernah melaku-kan pembatalan serupa terhadap terpidana mati kasus narkoba Hillary K. Chimezie, bandar dalam sebuah jaringan heroin milik Michael Titus Igweh. Ia memiliki

Penyelundup narkotika Jhoni hutapea/detikfoto

Page 52: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

narkoba seberat 3,4 kg dan sisa dari berat 5,8 kg. Im-ron duduk sebagai ketua majelis hakim bersama dua anggota, Timur P. Manurung dan Suwardi.

Perilaku Imron ini menjadi perhatian Komisi Yudi-sial (KY). Walaupun tidak menyebutkan nama, Wakil Ketua KY Suparman Marzuki merasa curiga dengan beberapa hakim agung yang melakukan pembatalan hukuman mati. Kecurigaan ini berawal dari tren pem-batalan hukuman mati terhadap terpidana narkotika yang marak pascatahun 2003.

“Kami sudah mensinyalir hal ini. Sebagian informasi kami sudah dapatkan dari masyarakat, bahwa ada permainan dalam kasus narkoba. Ini pasti ada duit besar,” ungkapnya.

Kecurigaan KY berawal dari panjangnya penantian eksekusi mati terhadap terpidana. Penantian ini me-rupakan tawaran yang sengaja dibuka agar terpidana merenungkan upaya pembatalan. Praktik ini umum dilakukan dalam mafia peradilan.

Padahal panjangnya penantian dan terlanggarnya jangka waktu upaya hukum merupakan pelanggaran KUHAP. Namun praktik ini marak dilakukan dalam pengadilan.

Daftar tunggu terpidana mati narkotika dari BNN memang cukup panjang. Sebanyak 45 terpidana mati, baik dari dalam negeri maupun orang asing, masih melakukan upaya hukum luar biasa dan 12 orang menunggu pelaksanaan eksekusi. Makanya, suap menjadi godaan menggiurkan dalam upaya hukum luar biasa.

Pembatalan hukuman mati terhadap Hanky memang menyisakan pertanyaan. Karena Hanky tercatat bukan hanya sebagai pengedar, melainkan juga produsen narkoba. Pada tahun 2001, eksekusi mati sudah di-laksanakan terhadap dua terpidana mati asal Nigeria, Hansen Anthony Nwaliosa (pemilik 600 gr heroin) dan

Adami divonis hukuman mati karena kedapatan menyelundupkan heroin seberat 1 kilogram ke Indonesia.

““

Page 53: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

Samuel Iwuchekwu Okoye pemilik (3.800 gr heroin).Apalagi pada tahun 2007, MK pernah menolak per-

mohonan pencabutan hukuman mati yang diajukan oleh dua WNI terpidana mati kasus narkoba yaitu Edith Yunita Sianturi dan Rani Andriani, serta tiga warga Australia yaitu Myuran Sukumaran, Andrew Chan dan Scott Anthony Rush. Harusnya putusan MK ini turut menjadi rujukan bagi hakim agung sebelum memutus pembatalan hukuman mati gembong narkoba.

Ketua Gerakan Nasional Anti-Narkoba (Granat) Henry Yosodiningrat memperingatkan perlunya diwas-padai sindikat narkoba telah mempunyai kepanjangan tangan di lembaga hukum kita.

“Saya tidak mengatakan bahwa ada campur tangan (pada vonis ini) tapi harus kita antisipasi, “ kata Henry.

Henry yakin pengakuan gembong narkoba interna-sional Adami Wilson soal hukuman mati bisa dihin-darkan dengan setor uang sebanyak Rp 3 miliar, benar adanya.

“Sangat sulit mengatakan tidak ada suap dalam perkara ini (penurunan vonis mati). Namun memang cukup sulit membuktikannya. Mungkin KPK harus turun tangan,” kata Henry. (ARy/yog)

Barang bukti narkoba di Kawasan Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Jhoni hutapea/ detikfoto

Page 54: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

Reporter: Evi Tresnawati

Rp 3 M kE ATAs Sudah PaSti tak MatisAyA ingin hukuMAn iTu jAdi sEuMuR hidup, yAng pEnTing jAngAn MATi. kAlAu yAng sudAh pERnAh, Mungkin diA bohong ATAu TidAk sAyA kAn nggAk TAhu, iTu Rp 3 (MiliAR) kE ATAs, TApi ini sudAh pAsTi sAyA TidAk MATi.

ANTARA/IdhAd ZAkARIA

Adami Wilson:

Majalah detik 8 - 14 okTobeR 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

Page 55: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

adaMi Wilson, mantan intelijen kepolisian Nigeria, dijatuhi hukuman mati terkait kasus narkoba di Indonesia. Ia membuat peng-akuan mengejutkan, dengan Rp 3 miliar,

eksekusi mati bisa dihindarkan.  Pria berusia 48 tahun ini memakai nama samaran

Abu di Indonesia. Ia divonis mati pada 2004 oleh Peng-adilan Negeri Tangerang karena kedapatan membawa 1.000 gram heroin siap edar.

Saat menjalani hukumannya di Lapas Nusakam-bangan, ia lagi-lagi ditangkap dengan tuduhan me-nyelundupkan narkoba jenis sabu seberat 9 kg yang akan diedarkan ke Sumatera dan Jakarta.

Benarkah ia menyiapkan dana Rp 3 miliar lebih untuk bebas dari hukuman mati? Berikut wawancara Evi Tresnawati dan Andri Haryanto dari majalah detik dengan Adami Wilson, pada Selasa, 2 Oktober 2012: 

Hakim memvonis Anda hukuman mati. Bagaimana ceritanya?

Sudah lama (tahun 2003), saya ditangkap di Jakarta. Mereka (polisi) memancing saya untuk kasih obat (he-roin). Saya nggak kasih. Mereka minta 50 gram.

Yang minta Dewi, dia teman saya, saya nggak tahu kasus apa, tapi sekarang dia di Pondok Bambu. Dia kerja sama polisi tapi teman, mereka kasih dia (Dewi) uang, mereka jebak saya. Saya sudah curiga karena saya sendiri juga polisi.

Nggak ada barang bukti karena saya nggak pernah pegang. Siapa yang berani pegang? Saya nggak berani pegang. Ya saya timbang tepung terigu.

Mereka sudah siap mau beli, mereka langsung tang-kap saya. Main tembak-tembakan, saya tarik (pistol) itu saya nggak mau mereka tembak saya. Saya tarik (senjatanya) karena kalau nggak, mereka bisa tembak saya.

Dia kerja sama polisi tapi teman, mereka kasih dia (Dewi) uang, mereka jebak saya. Saya sudah curiga karena saya sendiri juga polisi.

““

Page 56: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

Anda divonis mati tahun 2004. Berapa lama Anda di LP Tangerang?

Empat tahun lebih dan masuk ke Nusakambangan tahun 2007.

Sudah 8 tahun vonis mati dijatuhkan, kok Anda belum dieksekusi mati?

Yang divonis mati masuk sebelum saya masih ada harapan. Sebelum saya masuk ke penjara ada orang sudah dipenjara empat tahun tapi sekarang mereka 12 orang (yang divonis mati) semuanya sudah turun (masa hukumannya). Ada yang 12, ada yang 18 (tahun). Saya nggak tahu mereka bayar atau nggak.

Karena ada yang bisa bebas itu, Anda pun tidak mau dieksekusi mati?

Nggak mau mati karena ada teman yang bisa dan dia bisa pulang (ke Nigeria). Saya divonis tahun 2004 di Pengadilan Negeri Tangerang. Barang bukti nggak ada. Nggak ada sama sekali.

Apa yang Anda lakukan untuk menghindar dari vonis mati?

Saya belum ada dananya.Butuh dana? Berapa? Tergantung. Saya ingin hukuman itu jadi seumur hi-

dup, yang penting jangan mati. Kalau yang sudah per-nah, mungkin dia bohong atau tidak saya kan nggak tahu. Itu 3 (miliar) ke atas, tapi ini sudah pasti saya tidak mati.

Siapa yang sudah pernah turun dari hukuman mati dan jadi bebas?

Ada teman saya namanya Thomas Kuwit. Sudah pulang, sudah lama. Dia di Lapas Banyumas. Dia di Rumah Sakit Sumber Waras, di rumah sakit jiwa. Karena MT (mati), dia urus, kemudian jadi 10 tahun. Sehabis itu bebas, sekarang sudah pulang ke Nigeria.

Karena bayar Rp 3 miliar lebih itu?Saya nggak tahu mereka bayar atau nggak, karena

evI/deTIkfoTo

Page 57: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

orang luar sama orang Indonesia itu “beda”.Apa bedanya? Mungkin kalau ini (umpamanya) orang Indonesia Rp

20 ribu, Anda bisa bayar Rp 20 ribu tapi untuk saya (orang luar) harus bayar Rp 30 ribu.

Siapa yang mengurus agar Anda tidak jadi diekse-kusi mati? 

Sebetulnya saya orangnya nggak ada dana begitu. Saya tunggu, saya harap dia (Embassy) kasih saya ke-luar karena mereka datang hampir tiap hari dan kasih uang saya tiap bulan.

Mereka yang urus Anda supaya lolos dari eksekusi mati?

Ya. Saya nggak mau mati karena saya punya anak cuma satu di negara saya. Laki-laki. Dia baru masuk polisi.

Untuk mengurus itu, Anda dimintai dana berapa?Sebetulnya saya belum pernah coba untuk urus.

Saya tanya, mereka bilang Rp 3 atau 2 (miliar) ke atas. Saya belum coba. Saya juga belum punya pengacara. Tapi yang sudah pernah melakukan ini, orang itu be-nar. Dia turun (hukumannya). Kalau saya belum urus.

Anda akan urus itu?Saya harap orang Embassy mau lagi bicarakan anta-

ra negara dengan negara. Bulan ini mereka (Embassy) semua ke sini, karena ada 1.600 orang hitam sekarang masih di Indonesia karena kasus-kasus narkoba. Itu harapan saya.

Kalau untuk Rp 3 M ini saya nggak bisa karena teman saya Ebere itu janji untuk kasih uang Rp 3 M untuk urus saya. Ya dia janji, tapi janji kan bukan utang. Saya harap banget itu antara negara dengan negara lebih oke daripada antara janji orang dengan orang. Orang kan bukan Allah. Allah kan kalau janji nggak bisa ber-ubah, manusia bisa berubah.

Tahun berapa Anda masuk ke Indonesia?

Sebetulnya saya belum pernah coba untuk urus. Saya tanya, mereka bilang Rp 3 atau 2 (miliar) ke atas.

““

Page 58: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

Saya keluar-masuk-keluar.Kapan masuk ke Indonesia?Saya kabur (dari Nigeria) tahun 1984. (Lari) ke Tarak-

an. Dalam rangka apa Anda ke Tarakan?Saya kan guru bahasa Inggris di Saba, Malaysia.Mengapa Anda kabur dari Nigeria?Kalau di sini jadi polisi aman, tapi kalau saya masih

jadi polisi di sana mungkin saya sudah busuk di tanah, mendingan saya kabur saja.

Lalu kapan Anda tersangkut kasus narkotika? Kalau saya sekarang, saya jadi bingung omong apa.

Saya jalani hukuman terigu, bukan heroin, bukan nar-koba.

Terigu itu saya bawa, saya sobek, saya masukkan ke mulut, baru mereka tanya saya, saya kena paspor. Saya kena Undang-Undang Imigrasi, Pasal 55. Jadi begitu saja. Saya digoda sama Gunawan Santoso di satu kamar, saya nggak ada urusan sama narkoba sama sekali.

Sudah berapa kali Anda memasukkan narkotika ke Indonesia?

Kalau saya omong mungkin Anda tidak percaya tapi saya tetap akan omong, saya nggak pernah kecuali yang ini. Ini yang paling banyak, 9 kg. Saya tidak jual untuk di sini.

Dari mana barang ini?Dari India. Brother yang menyiapkan barangnya.Anda menguasai bisnis sabu ini sejak kapan?Tahun ini, 2012 tapi mungkin Anda tidak akan perca-

ya. Sebelumnya untuk masalah sabu ini bukan bisnis orang hitam. Yang spesial untuk sabu ini orang Cina. Kalau orang hitam cuma heroin.

Anda yakin hukuman mati bisa diubah?Ini bukan main-main, saya tahu itu. Tapi saya harap

sama yang di atas (Allah). Saya harap banget karena

evI/deTIkfoTo

Page 59: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

fokus pengakuan gembong narkoba internasional

saya tahu sendiri bukan saya di dunia ini yang dosanya paling besar, Allah bisa maafkan mereka. Ada yang dosanya sampai dua container dan menurut saya, dosa saya masih ringan untuk bisa dimaafkan sama yang di atas (Allah). Saya harap banget Dia bisa bantu saya.

Pernah Anda cerita ke teman di Nusakambangan bahwa Anda ingin bebas?

Iya saya cerita ke teman saya. Orang pribumi, teman satu sel juga saya cerita. Yang hukumannya MT (mati) juga mereka bisa 20 (tahun) atau SH (seumur hidup). Lalu saya tanya mereka bagaimana? Kalau saya bisa SH saya lebih senang karena kalau sudah SH bisa turun sendiri tanpa harus “urus”.

Bagaimana kata mereka cara yang harus Anda lakukan agar bisa turun hukuman MT tadi?

Mereka bilang saya harus doa.Selain doa?Doa dan kalau ada uang, di Indonesia kalau ada uang

semua oke. Untuk siapa Rp 3 M itu?Ini negara Indonesia. Saya tahu. Saya nggak tebak-

tebak, tapi nama pengacaranya saya pun belum kete-mu dan belum bicara. Namun kalau untuk Rp 3 M ini, itu ada benar turun, Rp 3 M ini masih kecil.

Lalu bagaimana prosesnya?Uangnya nanti nggak langsung dikasih ke pengacara.

Kalau sudah masuk di koran (ada berita hukuman mati dibatalkan), masuk ke internet juga sudah, kemudian buktinya dibawa ke LP baru bayar.

Kalau sudah dimasukkan ke LP, dipanggil sama Ka-lapasnya bahwa hukuman kamu sudah turun sekian tahun, kamu jangan buat dosa lagi ya, ya sudah ke-mudian tanda tangan. Berarti saya sudah bisa terima remisi. Ya sudah baru bayar. (sil/yog)

Doa dan kalau ada uang, di Indonesia kalau ada uang semua oke.

““

Page 60: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

mendayung sampan, berburu sinyalIni sepenggal kisah tentang sulitnya kehidupan masyarakat di pulau terpencil. Jaringan komunikasi yang terba-tas, membuat mereka tak bisa terhubung dengan dunia luar sewaktu-waktu. Untuk mendapatkan sinyal telepon saja, mereka harus mendayung dari pulau ke pulau (WAN/YOG).

B iak Numfor. Begitulah nama kabupaten di Papua itu disebut. Letaknya di belahan utara bumi Papua, berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik. Biak

Numfor berpenduduk sekitar 140 ribu jiwa yang tersebar di pulau induk, dan termasuk 30 dari 70 pulau-pulau kecil yang berpenghuni.

Pulau-pulau di Biak sebenarnya memiliki ter-umbu karang yang indah, tak kalah dari Raja Ampat. Namun, daerah itu belum banyak dikunjungi wisatawan karena minimnya akses transportasi. Komunikasi pun masih sulit dilakukan. Lihat saja apa yang dialami oleh salah satu penduduk ini.

Reporter: Irwan Nugroho ilustrator: kiagus

Meltianus Rumboryas (44) sejak lahir tinggal di Pulau Pasi, Distrik Aimando, sekitar 1,5 jam perjalanan speed-boat dari Biak. Di pulau tempatnya tinggal itu, sinyal telepon blank. dia tak bisa mengirim SMS atau menelepon.

Kita baru bisa menggu-nakan handphone kalau di Biak. Kalau yang dekat

sini ya Pulau Karabai, yang ada di sebelah,

Untuk keperluan komunikasi itu, Meltianus harus menyeberang ke Pulau Karabai. Penyeberangan menggunakan perahu kecil atau dalam bahasa lokal disebut jonson. Ada yang memakai mesin tempel dan tanpa mesin.

“Kalau memakai jonson ber-mesin bisa 5 menit, tapi kalau

mendayung bisa satu jam,

haduu.. haduu...haduu!

dulu sempat ada sarana komunikasi be-rupa handy talky yang

bisa dipakai antarpulau, bahkan ke Biak.

tapi kini HT itu hanya dipegang oleh kepala kampung atau kepala

distrik saja.

Bila menggunakan jonson bermesin, biaya telepon menjadi lebih

mahal. Sebab, diperlukan bahan bakar untuk menja-lankan jonson itu. “Harga bensin di sini Rp 10.000!

Karena handphone mati berhari-hari, maka ketika berada di Karabai, ia menerima SMS secara beruntun. Meltianus pun sibuk membalas tiap SMS yang masuk dan menelepon. Di pulau, itu istilah dia, semua keperluan komunikasi ia selesaikan.

Setelah itu ya pulang kembali ke

Pulau Pasi ini,

Meltianus rutin berlayar ke Biak setiap bulan untuk mengambil gajinya sebagai guru dan kepala sekolah. Saat itulah dia membeli kebutuhan sehari-hari selama satu bulan. Di samping itu pula, ia memborong pulsa. Pulsa hanya bisa dibeli di Kota Biak.

Saya biasanya di Biak 3 hari

sampai 1 minggu,

Di Kepulauan Seribu, sarana komunikasi

sudah dibangun bagus, sehingga komunikasi penduduk pun lancar.

Sebagai sesama pulau, selayaknya Pulau Pasi diperla-kukan sama dengan Kepulauan Seribu di

dekat Jakarta

atau di tempat lainnya ... sangat

susah...

WAH ada surat dari bapak!!!

Kami di sini, di daerah terpencil, mau komunikasi

dengan anak-anak kami yang Pendidikan di Biak.

Pulau Biak

Pulau PaPua

Pulau Biak

tuutuutuut...

tuutuutuut...

nguunguung...

nguunguung...

nguung....

tuutuutuut...

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

BERITA KOMIK

Page 61: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

nasional

Reporter: Isfari Hikmat dan Aryo Bhawono Mangara Pardede keluar dari ruang sidang Komisi A gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Tangannya mengapit stofmap berisi lembaran kertas.

Kertas itu penuh dengan coretan revisi.Senyum lepas dari wajah Mangara. Rapat telah tun-

tas, rapat ini merupakan rapat kedua untuk memang-kas biaya pelantikan.

hasan/agung Pambudhy/detikFoto

Diirit-irit JokowiJokowI peRlu JelI memAnfAAtkAn AnggARAn DkI JAkARtA. AnggARAn teRselIp pAntAs DIpAngkAs. AnggARAn DkI JAkARtA suDAH sARAt DengAn keRugIAn negARA.

Page 62: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

nasional

  Kamis 27 September 2012, kesibukan memenuhi ruang DPRD DKI Jakarta yang hampir selesai di reno-vasi. Protes terhadap biaya tinggi pelantikan Gubernur baru DKI Jakarta keluar dari mulut masing-masing anggota DPRD DKI. Alokasi biaya pelantikan ini me-mang luar biasa besar, yakni Rp 1,05 miliar.

Suara parlemen Provinsi DKI memang lantang memprotes mahalnya pelantikan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pemenang Pilgub DKI 2012, Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Jokowi-Ahok). Protes membuahkan hasil sepadan, dua kali rapat berhasil menurunkan alokasi anggaran dua kali.

Rapat pertama menurunkan alokasi pelantikan men-jadi Rp 626 juta. Pemangkasan ini meliputi anggaran untuk Paduan Suara sebesar Rp 99 juta, anggaran untuk artis penyanyi senilai Rp 160 juta, anggaran un-tuk sound system sebesar Rp 75 juta, anggaran untuk

Jhoni hutaPea/detikFoto

Rumah di bantaran rel kereta api di Kawasan Kampung Bandan, Jakarta.

Page 63: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

nasional

dokumentasi dan dekorasi sebanyak Rp 70 juta dan anggaran untuk sewa Keroncong Tugu sebesar Rp 20 juta.

“Namun anggaran ini masih terasa besar. Karena itu kami rapatkan kembali dengan Komisi A, dan akhir-nya menghasilkan keputusan dilakukan pemangkas-an anggaran kembali sebesar Rp 127 juta menjadi Rp 424 juta,” ujarnya.

Pemangkasan ini menjadi catatan bagi Jokowi-Ahok untuk mengelola Jakarta ke depan. Memanfaatkan APBD besar ternyata tetap harus irit. Badan Pengelo-laan Keuangan Daerah (BPKD) DKI Jakarta mencatat, saat ini APBD DKI Jakarta mencapai Rp 41,3 triliun.

Belanja langsung (terkait dengan publik) mencapai Rp 25,8 triliun dan belanja tidak langsung (terkait belanja rutin) mencapai Rp 12,5 triliun. Total belanja daerah mencapai Rp 38,3 triliun.

Komposisi belanja ini memenuhi komposisi 30-70% untuk belanja rutin dengan kebutuhan pelayanan pub-lik. Namun sayang Bey mengaku beban kegiatan SKPD untuk workshop, sosialisasi, monitoring, dan evaluasi masuk dalam anggaran kebutuhan pelayanan publik.

“Ini tidak melebihi 15%, kemudian barang dan jasa yang diadakan satu tahun habis,” jelas Kepala BPKD DKI Jakarta Syukri Bey.

Perilaku anggaran semacam ini wajib diwaspadai. Catatan Forum Indonesia untuk Transparansi Ang-garan (Fitra) menunjukkan pembebanan anggaran dari belanja pegawai ke kebutuhan pelayanan publik justru menguras. Harusnya pemerintah provinsi tertib dalam memberikan batasan belanja rutin dan belanja pelayanan publik.

DKI Jakarta sendiri kini tengah tercatat sebagai daerah dengan APBD tertinggi. Namun ketidaktertib-an alokasi anggaran dapat menggelincirkan pada kasus hukum. Fitra mencatat publikasi Badan Peme-

Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) DKI Jakarta mencatat, saat ini APBD DKI Jakarta mencapai Rp 41,3 triliun.

Page 64: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

nasional

riksa Keuangan (BPK) semester II tahun 2011 menunjukkan Jakarta sebagai pengelola ke-uangan daerah terpa-rah.

Pasalnya kerugian negara akibat pengelo-laan keuangan daerah mencapai Rp 4,1 triliun dalam 9.703 kasus. DKI menyumbang kerugian negara sebesar Rp 721 miliar. Artinya, tingkat

efisiensi pembiayaan yang rendah justru berimbas pada tingginya korupsi.

“Ini yang perlu dicatat dalam pengelolaan anggar-an DKI. Efektivitas anggaran dalam pelayanan publik yang rendah bisa jadi sarang korupsi. Makanya Jo-kowi-Ahok perlu berhati-hati. Jika perlu memangkas anggaran-anggaran enggak penting yang menyisip di pelayanan publik,” jelasnya.

Jokowi-Ahok memang harus bermain cantik. Pe-ngelolaan anggaran harus bisa ‘dimainkan’ agar efek-tif memenuhi target janji kampanye mereka. Apalagi, beberapa proyek yang belum tuntas dalam pemerin-tahan Foke pantas dilanjutkan.

Proyek tersebut antara lain pembangunan 15 ko-ridor busway, Mass Rapid Transit (MRT), jalan layang nontol, penuntasan Kanal Banjir Timur (KBT), perlu-asan Cengkareng Drain, dan normalisasi kali melalui proyek JEDI (Jakarta Emergency Dradging Initiative). “Jadi dua yang menjadi prioritas, kemacetan dan ban-jir. Anggaran harus efektif di sana,” ujar Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana. (ARY/Yog)

dikhy s/detikFoto

Seorang warga DKI terpaksa mencuci menggunakan air sungai di pintu air Manggarai.

Page 65: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

interviewinterview

IsfarI HIkmat/detIkfotoReporter: Isfari Hikmat

Tak ada Tips, Jokowi Lebih pinTar dari saya

“MeMang tugas beRat untuk Pak JokowI. Pak JokowI akan MengolaH anggaRan yang cukuP besaR, taPI Juga cukuP banyak kegIatan yang HaRus dIbeReskan.”

Ketua DPRD DKI Jakarta:

Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) segera dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Banyak tugas berat menanti mereka.

Ketua DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan, memper-ingatkan tugas seorang Gubernur Jakarta tidaklah gampang. Ia meminta agar Jokowi tidak melenceng

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

Page 66: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

interview

jauh dari rencana pembangunan jangka panjang yang dibuat oleh Gubernur Fauzi Bowo dari 2005-2025.

“Saya rasa itu koridor, gubernur yang baru saya rasa tidak boleh melenceng jauh dari itu,” kata Ferrial.

Lalu apa saran untuk Jokowi? Ferrial tidak mau membaginya. “Tips tidak ada, ia lebih pintar dari saya,” katanya.

Berikut wawancara Isfari Hikmat dari majalah detik dengan Ferrial Sofyan:

Kenapa kemungkinan pelantikan Jokowi dimun-durkan jadwalnya?

Sesuai peraturan saja, pertama tentunya menunggu KPUD (29 September) selanjutnya ada waktu sanggah tiga hari, kira-kira tanggal 4 (Oktober) sudah ada ke-putusan. Setelah itu surat itu (dari KPUD) kita terima, baru menyurati Presiden dan Menteri Dalam Negeri. Mendagri yang membuat Keppresnya. Jadi kalau melihat (prosedur) seperti itu, kecil kemungkinan kita laksanakan tanggal 7 (Oktober), kemungkinan kita mundur. Namun kita berharap tetap dilaksanakan minggu depan-(nya). Artinya di antara tanggal 7 hing-ga 12-an.

Berapa biaya pelantikan Gubernur Jokowi nanti?Masalah besarnya biaya saya tidak tahu. Yang jelas

kita akan melaksanakan kegiatan pelantikan yang proporsional, artinya ya seperti itu. Kondisi sekarang, keamanannya harus kita perhitungkan, jangan sampai terjadi apa-apa. Kedua kalau kita melakukan kegiatan dari pagi hingga siang tentu perlu makan dan segala macam. Soal urutan sederhana saja, pelantikan se-perti biasa.

Apakah ada kemungkinan dilakukan pelantikan secara terbuka agar dapat disaksikan langsung warga Jakarta?

Kalau mau terbuka nanti kita siapkan, mungkin CCTV biar bisa dilihat dari luar. Atau kalau mereka mau lihat

Kondisi sekarang, keamanannya harus kita perhitungkan, jangan sampai terjadi apa-apa.

Page 67: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

interview

mungkin ada live dari stasiun televisi tertentu, silakan saja. Tapi kita laksanakan seperti biasa di dalam. Tidak kita laksanakan di Monas. Tidak usah mengada-ada, kalau aturan seperti itu (rapat paripurna), siapapun gubernurnya maka akan dilaksanakan seperti itu.

Dengan gubernur baru nanti, apa yang diharapkan dari kepemimpinan Jokowi?

Saya kira itu tergantung gubernur yang baru. Gu-bernur baru itu tergantung pada visi dan misi masing-masing, dan itu nanti bisa kita lihat pada saat bersa-ma-sama membahas dengan Pak Gubernur yang baru untuk APBD 2013.

Pembahasan APBD 2013 berarti akan menunggu gubernur yang baru nanti dilantik?

Jelas dong, dia yang melaksanakan. Kalau seorang gubernur jadi, tentu dia ingin melakukan kegiatan pembangunan sesuai keinginan dan janjinya. Nah, janji itu tidak bisa dipenuhi dengan omong doang, harus dengan kegiatan pembangunan, sedangkan kegiatan pembangunan itu adanya di anggaran. Makanya nanti kegiatan janji-janji dia itu harus tercermin di anggaran belanja daerah, khususnya tahun 2013.

Bagaimana dengan proyek MRT, yang administra-sinya sudah mulai sejak kepemimpinan Gubernur Fauzi Bowo?

Kita dapat semacam bantuan (dana) dari Pemerintah

Tap untuk melihat video

Page 68: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

interview

Jepang melalui pemerintah pusat. Lalu dari peme-rintah pusat dimasukkan, jadi anggaran kita sekitar 3 T (Rp 3 triliun) sekian. Numpang lewat saja, bukan dari PAD (pendapatan anggaran daerah), bukan dari pemerintah pusat, tapi dari bantuan. Nanti digunakan oleh PT MRT. Setelah penyelesaian administrasi (di Kemenkeu) yang katanya Oktober (2012), selanjutnya dilanjutkan dengan pelaksanaan. Ini bukan masalah sederhana, jadi menurut saya ini salah satu prestasi dari Gubernur (Fauzi Bowo) sehingga kita bisa menda-patkan pinjaman lunak seperti ini.

Seperti apa upayanya saya tidak tahu, tapi kalau tidak dilakukan kita tidak akan dapat.

Program Fauzi Bowo apa saja yang seharusnya dilanjutkan Joko Widodo nanti?

Sekali lagi saya katakan itu tergantung Pak Jokowi. Kita sudah punya rencana pembangunan jangka pan-jang, yang dia bisa lihat mau dia teruskan atau tidak. Saya rasa rencana pembangunan jangka panjang yang dibuat oleh Gubernur Fauzi Bowo dari 2005-2025 sesuai dengan rencana pembangunan jangka panjang pemerintah pusat. Saya rasa itu koridor, gubernur yang baru saya rasa tidak boleh melenceng jauh dari itu.

Gubernur yang baru hanya didukung dua partai, bagaimana menghadapi partai yang calonnya dika-lahkan? Apakah akan ada ganjalan?

Saya kira tidak mungkin, menghalang-halangi gubernur baru melaksanakan janjinya. Banyak yang bisa dia lakukan tanpa bisa dihalangi dan tidak perlu dihalangi oleh aturan. Tidak mungkin (dihalangi) dong. Kalau dia membuat sesuatu yang baik untuk rakyat, kita semua akan mendukung.

Kita tidak boleh melihat DPRD ini terdiri dari 17 orang partai politik yang mendukung Pak Jokowi dan 77 yang tidak mendukung. Setelah gubernur yang baru nanti

Kita sudah punya rencana pembangunan jangka panjang, yang dia bisa lihat mau dia teruskan atau tidak.

Page 69: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

interview

jadi, harus kita dukung sebagai partner. Jadi tidak ada masalah. Kebetul-an saja Partai Demokrat waktu itu mendapatkan 33 kursi, tetapi artinya tugas kita sebagai mitra dari pemerintah daerah, siapapun gubernurnya.

Lalu, kesulitan yang akan dihadapi Jokowi

seperti apa?Tidak ada yang sulit, apalagi kalau Pak Jokowi bisa

memberikan rencana kegiatan pembangunan yang sangat bagus, kita dukung. Supaya saya lebih nyam-an tinggal di Jakarta. Memang tugas berat untuk Pak Jokowi. Pak Jokowi akan mengolah anggaran yang cukup besar, tapi juga cukup banyak kegiatan yang harus dibereskan.

Dia harus jadi komandan dari 36 SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang besar, seperti Dinas PU (Pekerjaan Umum) dan Dinas Pendidikan. Juga dia membawahi unit yang relatif kecil, mulai dari kepala rumah sakit hingga lurah yang jumlahnya 720.

Dia akan, harus, memperhatikan kegiatan pemba-ngunan yang banyaknya di atas 50 ribu dengan no-minalnya Rp 200 juta ke atas. Tidak sedikit, jadi tidak gampang, masalahnya bukan hanya kemacetan, ban-jir, pendidikan, kesehatan, atau kekumuhan, banyak sekali. Seperti yang saya bilang tadi, mengawasi 50 ribu kegiatan yang nominalnya di atas Rp 200 juta.

Apa pesan Anda untuk Jokowi?Tidak ada tips, dia lebih pintar dari saya. Dia lebih

mengerti dari saya, mungkin. Kita bekerja sama saja yang baik, membangun Jakarta agar bisa lebih sejah-tera, bisa lebih aman tinggal di Jakarta. (Iye/yog)

Tap untuk melihat video

Page 70: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

hukum

Reporter: Irwan Nugrohodetikfoto

SeoRaNg buRuh dItahaN polISI kaReNa meNgIRIm SmS akaN meNgebom pabRIk tempatNya keRja. padahal Ia haNya teRlalu SayaNg aNakNya. Ia emoSI kaReNa tak dIIzINkaN cutI Saat aNakNya SakIt hINgga meNINggal.

Hati-Hati untuk yang di dalam PDK, malam ini sedang dirakit bom untuk meledakkan PDK esok hari,”

Kalimat SMS itu dikirim Omih (28) ke Mana-jer HRD PT Panarub Dwikarya (PDK) Edy Suyono dan Manajer Produksi PDK Guan An. SMS itu juga dikirim

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

Sayang anak Berujung Penjara

Omih (tengah)

Page 71: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

hukum

ke lima orang rekan kerjanya di perusahaan pembuat sepatu di Tangerang, Banten, tersebut.

Jumat petang 14 September 2012, emosi Omih ter-hadap pabrik tempatnya bekerja itu betul-betul sudah memuncak. Ia merasa tak kuat lagi menahan perla-kuan buruk terhadap diri dan rekan-rekannya sesama buruh.

Sejak adanya sistem produksi baru di PDK, beban kerja para buruh menjadi bertambah. Pekerjaan yang biasa dilakukan dua buruh, kini dikerjakan oleh satu buruh. Target produksinya pun dinaikkan hingga 140-150 pasang sepatu per jam. 

Sayang, hal itu tak diimbangi dengan peningkatan kesejahteraan buruh. Justru perusahaan belum juga membayar rapelan gaji mulai Januari 2012. Sudah be-gitu, hak-hak buruh, terutama untuk mengambil cuti tahunan, juga dihilangkan. 

Menurut rekan Omih, Komalasari, para buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Garmen Tekstil dan Sepatu-Gabungan Serikat Buruh Independen (SBGTS-GSBI), sudah melayangkan protes. Bahkan, sejak Juli lalu digelar serangkaian aksi mogok diikuti sekitar

detikfOtO

Suasana pabrik.

Page 72: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

hukum

1.300 buruh. Dikatakan Ketua SBGTS-

GSBI itu, Omih adalah sa-lah satu buruh PDK yang terlibat aktif dalam orga-nisasi yang berdiri pada Februari 2012 itu. Namun, ia tidak menyangka  rek-annya itu nekat berbuat sesuatu yang kemudian berakibat cukup fatal. 

Sehari setelah pengi-riman SMS itu, kampung Omih yang berada di Jl.

Raya Mauk Sepatan Km 11 RT 03/04, Tangerang, di-sambangi aparat Polres Tangerang. Kepada warga, mereka mengaku sedang memburu pengedar narko-ba dan tukang judi.

Pada 28 September 2012, aparat Polres Tangerang tersebut kembali ke kampung itu. Mereka langsung menggerebek rumah Omih, tetapi tidak berhasil me-nangkapnya. Saat itu, beberapa keluarga Omih meng-alami intimidasi karena dianggap menyembunyikan Omih. 

Omih yang mendengar penggerebekan laiknya teroris dari Sekretariat SBGTS-GSBI itu kemudian pulang keesokan harinya. Polisi pun sudah menguntit Omih. Tanggal 29 September 2012, sekitar pukul 12.00 WIB, ia dibekuk dan kini ditahan di LP Wanita Tange-rang. 

Omih dikenakan Pasal 336 KUHP tentang Perbuatan Meneror Orang Lain dan pasal 45 ayat 1 junto 27 dan ayat 4 UU No. 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Pengacara Omih dari LBH Jakar-ta, Maruli Rajagukguk mengatakan, tindakan polisi itu sangat berlebihan. Sebab, tak ada maksud kliennya

antaraDemo untuk Omih.

Page 73: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

hukum

itu untuk benar-benar melakukan aksi terorisme. Salah satu indikasinya jelas, apabila Omih bermak-

sud melakukan teror, maka ia akan menggunakan nomor lain. Sedangkan nomor yang digunakan untuk mengirim SMS itu adalah nomor yang biasa dipakai untuk berkomunikasi sehari-hari. 

“Ini lebay-lah sampai menahan orang segala, apalagi buruh perempuan kan,” ucap Maruli kepada majalah detik. 

Omih sendiri dalam pengakuannya mengatakan, pengiriman SMS itu hanyalah perbuatan iseng yang bercampur dengan luapan marah kepada manajemen pabrik karena tak tuntasnya sengketa perburuhan di PDK. 

Terlebih, ia masih menyimpan rasa sakit hati atas kejadian tahun 2010 lalu. Saat itu, buruh perempuan yang tinggal di Jl. Raya Mauk Sepatan Km 11 RT 03/04, Tangerang, itu sempat dipersulit dalam mengajukan cuti untuk membawa anaknya berobat.

“Sampai kemudian anak saya meninggal dunia,” ucap Omih dalam pengakuannya yang diterima maja-lah detik. 

Maruli menduga polisi sengaja dimanfaatkan oleh perusahaan sepatu itu untuk melemahkan kaum bu-ruh. Hal itu sudah terlihat dari tindakan-tindakan polisi sebelumnya yang sangat melindungi perusahaan dari aksi massa para buruh. 

Edy Suyono tak mau menjelaskan sama sekali mengenai kasus itu. “Sebaiknya ditanyakan ke pihak kepolisian saja,” jawab Edy. Adapun Polres Tangerang mengklaim tindakannya sudah sesuai dengan prose-dur, termasuk penahanan terhadap Omih. 

“Kalau tidak cukup barang bukti, ngapain ditahan? Pemberkasan perkara jalan terus,” ujar Kapolres Kota Tangerang, Kombes Wahyu.(WaN/yog)

Ini lebay-lah sampai menahan orang segala, apalagi buruh perempuan kan.

Page 74: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

kriminal

Reporter: Deden Gunawandetikfoto

Kapal teRcanGGih miliK tni al beRnama KRi KlewanG tiba-tiba hanGus teRbaKaR sebelum DiGunaKan. aDa KejanGGalan atas insiDen luDesnya Kapal sehaRGa Rp 114 miliaR itu.

Kapal sepanjang 63 meter itu dirancang se-perti siluman karena tidak terdeteksi radar. Kapal seharga Rp 114 miliar itu disebut-sebut kapal paling canggih milik TNI Angkatan Laut

(AL) karena memiliki spesifikasi canggih dan sangat cocok untuk mengawal perairan Indonesia.

Kapal ini didesain dengan trimaran, posisi ketiga lambung telah dirancang khusus, masing-masing

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

kriminal

Kapal Siluman Itu Musnah

Page 75: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

kriminal

dilengkapi dengan mesin jet MPK 550 untuk me-maksimalkan daya dorong. Penggunaan bahan serat karbon selama ini juga belum pernah diterapkan pada armada Angkatan Laut di luar Skandinavia. 

Sistem tiga lambung (trimaran) memungkinkan kapal ini membawa cukup banyak senjata. Kapal ini dapat membawa berbagai rudal, termasuk tipe 705, RBS15, dan sebagainya. Kapal ini awalnya diharapkan dapat beroperasi penuh pada tahun 2013 nanti. 

Namun sayang, kapal buatan PT Lundin Industry yang bekerja sama dengan arsitek armada Angkatan Laut Selandia Baru, LOMOcean Desain Ltd, kini nyaris tak tersisa. Kapal itu terbakar pada Jumat, 28 Sep-tember lalu di Pangkalan TNI AL, Banyuwangi, Jawa Timur. 

Dugaan sabotase pun muncul kemudian. Pasalnya, kapal yang dibuat selama 2 tahun di galangan kapal milik PT Lundin itu belum juga digunakan tetapi sudah musnah terbakar. 

 Apalagi beberapa saat setelah kebakaran muncul berbagai dugaan. Pihak TNI AL menyatakan kebakar-an akibat korsleting listrik. Namun Direktur Utama PT Lundin Industry Invest, Lizza Lundin membantah kalau KRI Klewang terbakar akibat korsleting arus pendek listrik. “Tidak benar akibat korsleting listrik,” ujar Liz-za kepada wartawan, Sabtu 29 September 2012. 

Sementara Anggota Komisi I DPR, Roy Suryo, me-nyebut insiden ini sangat aneh. Sebab kapal canggih itu begitu mudah terbakar. Bahkan bangkainya nyaris habis.

Bagi Roy, kebakaran KRI Klewang bukan hanya berdampak pada kerugian secara ekonomi semata. Sebab insiden ini bisa menimbulkan kerugian secara politis. 

Untuk memastikan ada tidaknya sabotase, Anggota DPR Komisi I, yang membawahi bidang pertahanan

Insiden ini sangat aneh. Sebab kapal canggih itu begitu mudah terbakar. Bahkan bangkainya nyaris habis.

Page 76: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

kriminal

dan keamanan langsung memanggil Kementerian Pertahanan, Panglima TNI, serta Kepala Staf TNI AL, Senin 1 Oktober 2012.

Menurut Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksa-mana TNI Soeparno, kapal itu diluncurkan tanggal 31 Agustus dari dok, diluncurkan ke air. Karena di sana tidak ada dermaga yang layak maka ditaruh di derma-ga Angkatan Laut Banyuwangi. 

Meski begitu, kata Soeparno, kapal tersebut masih dalam penanganan pabrik. “Jadi semuanya masih ditangani oleh pekerja pabrik,” katanya. 

Soeparno menambahkan, Sebelum insiden terjadi, pada 28 September 2012, rencananya akan diadakan percobaan di dermaga maupun di laut. Namun agenda itu ditunda karena belum ada persiapan. Siang harinya, sekitar pukul 14.00 WIB, kapal yang akan diuji coba itu malah terbakar. 

Sejumlah mobil kebakaran yang dikerahkan Pemda Banyuwangi tidak berdaya mengatasi kobaran api, lantaran sapuan angin kencang. Apalagi bahan kapal yang terbuat dari serat karbon mudah terbakar. “Kalau terbakar susah untuk padam. Jadi seperti kita mem-bakar kemenyan, dibakar langsung habis,” lanjutnya.

JIbI FOtO

KRI Klewang.

Page 77: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OktOber 2012

kriminal

Adapun Panglima TNI Agus Suhartono saat di DPR membantah dugaan sabotase sebagai pemicu ter-bakarnya KRI Klewang. Penyebab terbakarnya kapal bernomor lambung 625 itu, kata Panglima TNI, akibat korsleting listrik. 

“Tim saya sudah ke sana, mereka memandang tidak ada sabotase. Kapal ini memang belum rapi betul, kemudian ada korsleting listrik sehingga terjadi keba-karan,” jelas Panglima TNI. 

Daniel M. Rosyid, pengamat perkapalan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, meng-anggap kebakaran KRI Klewang aneh. Kapal yang ter-buat dari serat karbon itu sangat minim kelengkapan penanganan api. Apalagi kebakaran terjadi di pang-kalan TNI AL yang harusnya punya tingkat keamanan tinggi. 

“Sudah tahu bahan kapal mudah terbakar, tapi kenapa alat pencegah kebakaran di kapal itu sangat minim? Ini yang harus dikritisi,” ujar Daniel kepada majalah detik.

Namun Daniel menampik kalau kapal canggih itu terbakar akibat sabotase. Menurutnya, kebakaran ter-jadi akibat kelalaian saja. “Ini murni karena kesalahan teknis akibat kelalaian,” ujarnya. 

Hal senada juga dikatakan pengamat intelijen Wawan Purwanto. Kata Wawan, kebakaran KRI Klewang sa-ngat janggal, tetapi soal penyebabnya harus menung-gu hasil penyelidikan TNI. 

Wawan menambahkan, sekalipun kapal canggih tidak tertutup kemungkinan adanya insiden. “Lihat saja  ledakan pesawat ulang-alik Challenger tahun 1986. Itu pesawat canggih di masanya, tapi toh mele-dak juga,” pungkasnya. 

Yang pasti, penyebab terbakarnya kapal siluman milik TNI AL itu masih buram, apalagi sisa material kapal nyaris musnah. (Den/yOG)

Mereka memandang tidak ada sabotase. Kapal ini memang belum rapi betul, kemudian ada korsleting listrik sehingga terjadi kebakaran

Page 78: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

people

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

Pria sekeren Ashton Kutcher ternyata juga pernah mengalami penolakan. Baru-baru ini, lamarannya kepada sang kekasih, Mila Kunis, ditolak mentah-mentah.

Kecewa? Pastilah. Namun untungnya, penolakan itu bukan karena Mila tidak ingin menikah dengan Ashton. Mila hanya ingin aktor kelahiran Iowa, AS, 7 Februari 1978 itu menyelesaikan ‘urusan’ dengan Demi Moore lebih dulu.

“Ashton mencintai Mila dan ingin menikahinya, tapi Mila memintanya untuk tidak mengharapkan jawaban segera soal lamarannya,” ujar teman dekat Mila seperti dilansir Showbizspy.

Ashton memang sudah beberapa bulan mengen-cani Mila. Hingga kini, bintang ‘Just Married’ itu ma-sih berstatus sebagai suami Demi Moore. Bahkan perceraian mereka sama sekali belum diajukan.

Ashton menginginkan Demi mengajukan perce-raian lebih dulu. Namun sepertinya Demi masih belum mau ‘bergerak’. Ashton sendiri tidak ingin mendesak Demi karena takut akan membebaninya.

Namun setelah penolakan lamaran itu, kabarnya pemilik nama lengkap Christopher Ashton Kutcher itu bertemu dengan Demi dan memohon dia untuk mengajukan perceraian. Apakah Demi akan me-ngabulkannya? Kita tunggu saja! (KEN/YOG)

Reporter: Ken YunitaFoto: reuters

people

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

Page 79: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

people

Majalah detik 8 - 14 OKTOBER 2012

Reporter: Ken YunitaFoto: Agung Pambudhy

people

Majalah detik 8 - 14 OKTOBER 2012

angan main-main dengan Tya Aries tya. Wajah memang terlihat lembut,  namun ternyata ia jago bela diri. Bahkan, presenter kocak

itu kini dinobatkan sebaga Duta Taek-wondo oleh Pengurus Besar Persatuan Taekwondo Indonesia (PBTI).

Bagi gadis yang memulai karier di dunia hiburan lewat peran-perannya di FTV itu, menjadi Duta Taekwondo adalah prestasi tersendiri. Mengingat sebelum nyemplung ke dunia keartisan, Tya memang seorang atlet Taekwondo.

Gadis 25 tahun itu telah berlatih bela diri tersebut sejak duduk di bangku sekolah dasar. Dari olahraga itu pula Tya banyak mengukir prestasi, baik di tingkat daerah maupun nasional.

Dia sudah mengoleksi sekitar 8 medali emas untuk kejuaraan tingkat nasional. “Ini memang sesuai banget

sama kecintaan aku,” ujar alumnus SMA 6 Jakarta ini saat ditemui di Taek-wondo Day di Soemantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan.

Selain merupakan kebanggaan atas dirinya sendiri, prestasi ini juga menjadi ajang pembuktian untuk ayahnya. Sejak dulu, ayahnya memang menginginkan Tya menjadi atlet.

“Semua prestasi itu bisa membukti-kan ke papa kalau aku bisa juga men-jadi atlet dan di sisi akademis aku juga bisa membuktikan. Jadi bangganya luar biasa,” kata pemegang sabuk hitam ini.

Dengan prestasi segudang, apakah Tya berniat meninggalkan dunia sele-briti? “Oh enggak, aku tetap di sini. Tapi dengan kegiatan ini, orang bisa tahu bahwa aku presenter yang bisa Taek-wondo juga,” ujarnya tertawa. (KEN/YOG)

Tya AriestyaJadi DutaTaekwonDo

Page 80: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

people

Majalah detik 8 - 14 SEPTEMBER 2012

N amanya nyaris tenggelam setelah beberapa kali tidak tampil dalam laga Timnas. Namun kini, Irfan Bachdim telah membuktikan diri-nya seorang pemain bola yang layak diperhi-

tungkan.Bachdim berhasil mencetak tiga gol dalam pertan-

dingan persahabatan melawan Brunei Darussalam, 26 September lalu. Dalam laga itu, Bachdim tampil domin-an dan mencetak gol pada menit ke-25, ke-51, dan ke-72.

Aksi pesepak bola kelahiran Amsterdam 11 Agustus 1988 itu membuat manajernya bangga. “Irfan mampu membuktikannya karena merasa memiliki tanggung jawab tinggi,” ujar Manajer Timnas Habil Marati.

Ditambah dua gol dari Vendry Mofu dan Hendra Adi Bayauw, Timnas akhirnya menang telak 5-0 atas Bru-nei. Laga melawan Tebuan (Tawon) --julukan Timnas Brunei-- merupakan rangkaian uji coba untuk mema-tangkan Timnas senior jelang Piala AFF 2012.

Hattrick Irfan itu langsung menjadi perbincangan di dunia maya. Akun Twitter suami Jennifer Kurniawan itu langsung dibanjiri para fans yang mengucapkan selamat.

“Terima kasih banyak semua. Golku tidak penting. Aku lebih bahagia karena kemenangan tim. Tetap dukung In-donesia,” ujar pemain bola blasteran Indonesia-Belanda ini merendah. (KEN/YOG)

Reporter: Ken YunitaFoto: Detikfoto

Majalah detik 8 - 14 SEPTEMBER 2012

people

Page 81: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

momen sepekanmomen sepekan

Tabrakan Feri, 38 Tewas

Dua buah feri bertabrakan di perairan sekitar Pulau Lamma, Hong Kong, Senin, 1 Oktober lalu. Setidaknya 38 orang tewas akibat in-siden ini, lima di antaranya masih anak-anak. Sem-bilan lainnya dilaporkan terluka parah dan dalam kondisi kritis. Lebih dari 100 penumpang lainnya berhasil diselamatkan.  Insiden ini terjadi menje-lang digelarnya pesta kem-bang api untuk memper-ingati Hari Nasional Cina, yang jatuh pada 1 Oktober. Untuk penyelidikan, Kepo-lisian Hong Kong menahan tujuh awak kapal dari dua kapal yang bertabrakan. Ini merupakan insiden ter-buruk sejak 1971 saat se-buah feri tenggelam akibat diterjang topan sehingga menewaskan 88 orang. (AMI)

Puluhan ribu buruh anggota Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Rabu 3 Oktober melakukan mogok mas-sal. Aksi mogok di 80 kawasan industri ini untuk menuntut penghapusan sistem outsourcing (alih daya), penetapan upah minimum sesuai kebutuhan hidup layak dan iuran jaminan kesehatan pekerja ditanggung pemberi kerja.Aksi yang berlangsung serentak di 21 kabupaten/kota di Indonesia ini mengakibatkan operasional ratusan pabrik lumpuh, dan mengakibatkan kerugian hingga ratusan mi-liar rupiah.Mogok massal dilakukan setelah serangkaian dialog antara pemerintah dan wakil serikat buruh gagal mencapai titik temu. Para buruh menilai Permenakertrans yang diter-bitkan untuk menampung aspirasi buruh belum memihak pada buruh.Menanggapi tuntutan buruh ini Menakertrans, Muhaimin Iskandar berjanji akan menghapus alih daya di luar sektor yang diatur di UU Ketenagakerjaan. Baik pengusaha mau-pun pekerja diberi waktu untuk transisi. (AMI)

PiPa distribusi milik Perta-mina, Rabu 3 Oktober pagi terbakar. Kebakaran di Ki-lometer 219 di Kecamatan Bayung Lincir, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan ini menewaskan 5 orang. Sedangkan 19 orang lainnya mengalami luka bakar. Api mulai berkobar sekitar pukul 06.00 WIB, setelah sebelumnya terdengar ledakan keras. Menurut saksi mata, tinggi kobaran

api mencapai 6 meter. Ke-bakaran ini juga mengha-nguskan kebun karet yang berada tak jauh dari lokasi. Api baru bisa dipadamkan pukul 12.00 WIB, setelah petugas mengerahkan sejumlah mobil pemadam kebakaran.Para korban ditemukan dalam kondisi hangus terbakar sekitar 30 meter dari titik api. Korban tewas di lokasi kejadian adalah Egi, Kartini dan Ahmad.

Sementara seorang lain-nya, Jhoni, mengembus-kan napas terakhir dalam perjalanan ke rumah sakit. Diduga kebakaran dipicu pencurian minyak yang dilakukan warga. Polisi yang turun ke lokasi me-nemukan jeriken dan drum berisi minyak serta pipa yang berlubang. Polisi juga menemukan sejumlah su-mur yang diduga sebagai tempat penimbunan.

(AMI)

ANTARA/KRisTiAN Ali

Mogok Massal

Pipa Distribusi Terbakar, 5 Tewas

Page 82: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

internasional

Reporter: Monique Shintamigetty images/aNtONiO COtRim

Mantan PReSiden PRanciS, nicolaS SaRkozy diSebut beRada di belakang keMatian PeMiMPin libya, MoaMMaR khadafi. naMun bukan hanya SaRkozy yang MenikMati PetRodolaR libya, SiaPa lagi?

Tangan Sarkozy di kemaTian khadafi

ada keterlibatan agen rahasia Prancis di ke-matian mantan pemimpin Libya, Moammar Khadafi. Sang agen, disebut sengaja disu-supkan ke tengah kelompok anti-Khadafi

yang mengepung Sirte, kota kelahiran sang Kolonel. Sang agen juga yang menembak kepala Khadafi hing-ga tewas.

Page 83: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

internasional

Koran terkemuka Inggris, Daily Mail menyebut, sang ko-lonel sengaja dihabisi untuk menghindarkan upaya dalam mengungkap hubungannya dengan Presiden Prancis saat itu, Nicolas Sarkozy.

Koran Italia, Corriere della Sera bahkan menyebut sang agen bertindak atas perintah langsung dari Sarkozy. “Se-jak NATO mendukung revo-lusi di Libya yang didukung

penuh pemerintahan Sarkozy, Khadafi mengancam akan membuka hubungannya dengan mantan Presi-den Prancis. Termasuk jutaan dolar yang mengalir ke kantong Sarkozy untuk kampanye 2007,” tulis Sera.

Sarkozy awalnya memang berteman dekat dengan Khadafi. Bahkan suami Carla Bruni itu menyebut sang kolonel sebagai ‘saudara pemimpin’ saat Khadafi ber-kunjung ke Paris pada 11 Desember 2007. Kunjungan ini hanya berselang tujuh bulan setelah Sarkozy menjadi orang nomor satu di Prancis. Belakangan terungkap, Khadafi ternyata menggelontorkan uang jutaan euro untuk mengantar Sarkozy memenangi Pilpres 2007.

Namun, Sarkozy bukannya satu-satunya pemimpin Eropa yang menerima cipratan petrodolar dari Kha-dafi. Mantan Perdana Menteri Inggris, Tony Blair juga disebut-sebut secara teratur mengunjungi Khadafi guna ‘membantu’ bisnis Khadafi di Inggris.

Keterlibatan agen Prancis dalam kematian Khadafi dikuatkan Mahmoud Jibril, Perdana Menteri Libya pas-calengsernya Khadafi. “Agen asing bergabung dengan brigade revolusi yang menewaskan Khadafi,” papar Jibril dalam wawancara dengan sebuah TV Mesir.

Sedangkan Daily Mail mengutip sumber diplomat di

Tap untuk melihat video terbunuhnya Khadafi.

Page 84: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

internasional

Libya, menulis “Sarkozy memiliki alasan untuk membungkam sang kolo-nel secepat mungkin.”

Khadafi terbunuh pada 20 Oktober 2011. Keberadaan Khadafi di Sirte terlacak dari telepon satelit yang digunakan berkomunikasi dengan Presiden Suriah, Bashar al-Assad. Perca-kapan antara dua pemim-pin ‘korban’ Arab Spring ini berhasil dideteksi alat canggih milik NATO.

Temuan ini lantas ditindaklanjuti. Awalnya pesawat jet NATO, menembaki konvoi yang membawa Khadafi. Di darat operasi ini lantas dituntaskan kelompok anti-Khadafi. Sang kolonel ditemukan tengah bersembunyi di parit, sebelum akhirnya dihabisi kelompok anti-Khadafi.

Sang algojo, Ben Omran Shaaban meninggal pekan lalu di Paris. Ia ditembak loyalis Khadafi Juli lalu, dan sempat dirawat di sebuah rumah sakit di Paris, tetapi nyawanya tak bisa diselamatkan.

Dugaan Sarkozy menerima ‘derma’ dari Khadafi ramai diungkap pada masa kampanye pemilihan pre-siden Mei lalu. 'Lawan' Sarkozy, Hollande mendesak dilakukan investigasi, setelah sejumlah media menye-but Sarkozy menerima U$66,3 juta dari Khadafi untuk menghadapi Pilpres 2007.

Sebuah majalah online, Mediapart, mengklaim memiliki dokumen dari pemerintahan Khadafi yang secara detail menguraikan kesepakatan tentang pembiayaan kampanye Sarkozy. Dokumen bertanggal 10 Desember 2006 itu, menyebutkan transfer untuk

Jenazah Khadafi jadi tontonan.getty images/ PHiLiPPe DesmaZes

Page 85: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

internasional

Sarkozy diatur sendiri oleh Kepala Badan Intelijen Libya, Moussa Koussa melalui seorang perantara.

Sarkozy yang Mei lalu, dipecundangi Francois Hol-lande jelas membantah. “Jika Khadafi membi-

ayai kampanye saya, saya tak akan seberuntung ini,” ujarnya dalam wawancara dengan TF1, Maret

2012. Bahkan Sarkozy menyebut kesaksian Khadafi dan anaknya tak bisa dipercaya di

pengadilan. Skandal Sarkozy-Khadafi mulai terung-

kap saat Prancis mendukung keterlibatan NATO di Libya pada 2011. Sikap ini mem-buat Khadafi berang, dan mengancam akan mengungkap hubungannya dengan

Sarkozy. Saif al-Islam Khadafi, putra sekaligus ta-

ngan kanan Khadafi membenarkan adanya gu-yuran dana untuk kampanye Sarkozy. “Kami ingin

mengembalikan uang itu pada rakyat Libya. Dia sudah dibantu, tapi dia mengecewakan kami,” ujarnya dalam wawancara dengan Euronews Maret 2011. Saat itu Saif mengklaim, semua transfer dana didokumentasikan, tapi hingga Khadafi terguling, bukti-bukti itu tak juga diungkap ke publik.

Menjelang Pilpres 2007, Sarkozy memang meng-umumkan US$28,2 juta dana kampanyenya didapat dari sumbangan. (aMi, dari berbagai sumber)

Skandal Sarkozy-Khadafi mulai ter-

ungkap saat Prancis mendukung keterlibat-

an NATO di Libya pada 2011

getty images/PatRiCK KOVaRiK

Page 86: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

ekonomi

Reporter: Hans HenricusJhoni Hutapea/detikfoto

LangkaH pemeRintaH mengHapus bea masuk impoR kedeLai diniLai tidak cukup. pemeRintaH diminta segeRa mengatuR tata niaga kedeLai.

Sukarman mengamati sepuluh orang kar-yawannya meracik tahu bulat berwarna putih. Sambil mengisap sebatang rokok ke-retek, sesekali, pemilik pabrik tahu rumahan

di kawasan Jl. Mampang Prapatan VII itu meladeni pedagang keliling yang mampir mengambil tahu pe-sanan. 

Sukarman mengeluhkan harga kedelai yang saat ini masih bercokol di kisaran Rp 7.600/kg, bahkan sempat

menyemai Harapan Terakhir

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

Page 87: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

ekonomi

menyentuh Rp 8.000/kg awal bulan lalu. Hal ini meng-akibatkan kondisi keuangan pabrik tahu yang dirintis-nya sejak pertengahan tahun 1980-an itu terguncang. “Buat bayar karyawan sudah enggak cukup, buat biaya risiko usaha enggak cukup,” ujar Sukarman.

Namun, Sukarman memilih tetap bertahan. Ia ha-nya mengurangi produksi yang biasanya 3,5 kuintal per hari menjadi 2 hingga 2,5 kuintal per hari. Harga tahu eceran pun dinaikkan dari Rp 350 menjadi Rp 450 per potong. 

Ketua Umum Gabungan Koperasi Produsen Tahu Tempe Indonesia, Aip Syarifuddin mengatakan tren kenaikan harga kedelai impor yang terjadi sejak Mei dan berlangsung hingga saat ini. Bulan Mei harga ke-delai masih di kisaran Rp 5.500/kg dan terus melam-bung menjadi Rp 7.500/kg sampai Rp 8.000/kg saat ini. Harga di tingkat importir mencapai Rp 7.000/kg, belum termasuk biaya pengangkutan menuju gudang untuk dibersihkan. 

Harga ini dinilai sangat memberatkan pengrajin tahu dan tempe yang bernaung di bawah Koperasi Produsen

Jhoni hutapea/detikfoto

Kerjasama antara Bulog dan importir menjadi harapan terakhir pengrajin tahu/tempe.

Page 88: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

ekonomi

Tahu dan Tempe Indonesia (KOPTI).  Peme-rintah diminta campur tangan untuk meng-atur tata niaga kedelai impor lewat Perum Bulog. Apalagi, 80% pasar kedelai impor adalah pengrajin kecil dan menengah. 

Pemerintah juga didesak mendongkrak produksi kedelai dalam negeri dengan me-nambah lahan baru. Menurut Aip, saat ini

produksi kedelai dalam negeri kurang dari 800 ribu ton per tahun. Malah, jika musim kemarau berkepan-jangan produksi turun ke angka 400 ribu ton sampai 500 ribu ton. 

Padahal konsumsi nasional mencapai 2,5 juta ton per tahun. Alhasil, saban tahun pemerintah kudu meng-impor jutaan ton kedelai. “Tahun lalu impor sekitar 2 juta ton kedelai,” terang Aip.

Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, memaparkan tata niaga kedelai sedang digodok. Ia memastikan Bulog bakal dilibatkan, dan BUMN pang-an ini bakal dibekali dengan kewenangan untuk meng-impor serta bertransaksi mengacu pada harga pokok pembelian dan harga pokok penjualan (HPP).

Namun Bayu masih enggan mengungkap berapa HPP yang layak. Dia hanya mengatakan, dengan mengandalkan kekuatan APBN, para pengrajin tahu dan tempe bakal mendapat kedelai dengan harga yang

detikfoto

Kabulog, Sutarto Alimoeso

Dengan mengandalkan kekuatan APBN, para pengrajin tahu dan tempe bakal mendapat kedelai dengan harga yang stabil.

Page 89: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

ekonomi

stabil. Sebelumnya disebut harga kedelai yang ideal adalah Rp 7.000 per kilogram. Angka ini dinilai meng-untungkan baik bagi produsen maupun konsumen. 

Menurut mantan Wakil Menteri Pertanian itu, Bulog dilibatkan agar gejolak harga kedelai impor bisa di-tekan. Namun Bulog tidak akan menggantikan peran importir kedelai alias tidak ada monopoli seperti pada perdagangan beras. 

Bayu mengakui HPP tidak bisa melawan lonjakan harga kedelai impor yang juga dipengaruhi kondisi pasar Internasional. “Kita tidak bisa selamanya, tapi

dalam jangka waktu tertentu relatif stabil. Itu yang bisa kita lakukan,” imbuhnya. 

Corporate Affairs Director PT Cargill Indonesia, Rachmat Hida-yat, menyambut baik kebijakan pemerintah yang tidak sepenuhnya menyerahkan   impor kedelai pada Bulog. Importir akan menerima ke-

hadiran Bulog sepanjang mampu mengarahkan pada persaingan sehat. “Konsekuensinya memang kalau ada pesaing yang datang dengan persaingan yang sehat, ya harus bersaing juga,” tutur Rachmat.

Rachmat enggan memastikan apakah importir akan mengikuti harga kedelai yang ditetapkan pemerintah. Pasalnya harga kedelai impor sangat tergantung pada pasokan dan permintaan kedelai di pasar global. Pa-tokan harga kedelai di dunia mengacu pada harga di bursa kedelai di Chicago, Amerika Serikat.

Jadi selama produksi dalam negeri belum meme-nuhi kebutuhan, harapan terakhir para pengrajin tahu dan tempe bersandar pada kerja sama Bulog dan im-portir kedelai. “Bulog dan importir harus kerja sama sehingga ada sinergi,” tambah Aip. (ami)

Harga kedelai yang ideal adalah Rp 7.000 per kilogram. Angka ini dinilai menguntungkan baik bagi produsen maupun konsumen. 

““

Page 90: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OKTOBER 2012

bisnis

KeretaKan di jajaran pemegang saham, membuat saham bumi terjun bebas. bumi plc berencana melaKuKan audit investigasi Karena menduga sang anaK telah menyimpangKan dana. namun sang anaK membantah.

reporter: hans henricus

Demi Mempertahankan Daging BUMI

UDara Jakarta yang gerah seolah menyusup ke ruang Prada, Hotel Four Seasons yang penuh sesak. Pengunjung yang didominasi investor, analis pasar saham, dan wartawan

berdesakan hingga meluber keluar ruangan.Hari itu, Selasa 2 Oktober atas perintah Bursa

ANTARA/ANdikA WAhyu

Page 91: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OKTOBER 2012

bisnis

Efek Indonesia, PT Bumi Resources Tbk (BUMI) menggelar public expose atau penjelasan kepada masyarakat. Otoritas bursa meminta BUMI menjelaskan antara lain tentang pinjaman yang akan jatuh tempo, penu-runan peringkat utang serta penjualan PT Mi-tratama Perkasa.

Dan yang paling penting adalah rencana audit investigasi oleh induk perusaha-an, Bumi Plc, lantaran diduga terjadi penyimpangan dana. Masalah audit ini menjadi agenda terakhir dari rangkaian public expose yang berlangsung satu sete-ngah jam itu.

Chief Economist and Vice President Investor Rela-tions Bumi Resources (BUMI), Reza Widjaja mema-parkan pada 25 September BUMI menerima surat pemberitahuan tentang rencana Bumi Plc untuk menggelar audit investigasi. Direksi BUMI pun buru-buru menemui Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) untuk menjelas-kan duduk persoalan.

Namun manajemen BUMI membantah adanya audit investigasi yang marak diberitakan media itu. “Sampai saat ini tidak ada yang namanya investigasi terhadap BUMI,” ujarnya.

Masalah audit investigasi ini telah membuat Ari S. Hudaya mengundurkan diri dari posisinya seba-gai Non-Executive Director di Bumi Plc pada 24 Sep-tember, dan kembali memimpin BUMI dengan jabat-an Direktur Utama. Pada saat yang sama, Bumi Plc mengumumkan rencana audit investigasi dan menyu-

Kegiatan penambangan batu bara. Besarnya kandungan batu bara di lahan yang dikuasai membuat BUMI jadi 'rebutan'.

REuTERS/dWi OblO

Page 92: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OKTOBER 2012

bisnis

rati manajemen BUMI. “Surat dilayangkan tidak ada diskusi dengan manajemen,” ungkap Ari.

Rencana audit investigasi ini makin hangat, seiring tersiar kabar keretakan hubungan an-tara Nathaniel Rothschild, salah satu direktur Bumi Plc dengan grup Bakrie. Bahkan, Nathaniel Rothschild, dituduh sengaja me-nurunkan harga saham BUMI dan Bumi Plc. Tujuannya adalah mendorong persepsi sentimen negatif sehingga saham BUMI sampai ke level terendah.

Anjloknya harga BUMI bakal memudahkan Nat mengambil alih porsi saham Bumi Plc di BUMI Re-sources sebesar 29%. Saat ini, komposisi saham di Bumi Plc terdiri dari Bakrie and Brothers 23,8%, Re-capital 9,8%, Samin Tan dari Borneo Lumbung Energi and Metal Tbk, 23,8%, Nathaniel Rothschild 11%, dan publik 31,6%.

Jika pria yang beken disebut Nat Rothschild itu mampu menggandeng Samin Tan, maka duet Nat dan Samin akan menguasai 34,8% saham Bumi Plc, maka memuluskan upaya Nat mengambil alih 29% saham Bumi Plc di BUMI Resources. Upaya inilah yang di-sebut sebagai hostile takeover alias pengambilalihan paksa atas suatu kepemilikan saham.

Apalagi, saat ini Samin Tan juga sedang mengkaji investasinya di Bumi Plc. Pasalnya, investasi sebesar US$1 miliar, yang merupakan hasil pinjaman dari Standard Chartered Bank, sekarang hanya menyisa-kan sekitar US$140 juta lantaran nilai saham Bumi Plc di Bursa London anjlok.

Logo Bakrie & Brothers. 'Guncangan' terhadap BUMI menjadi ujian berat bagi grup Bakrie. dETikfOTO

Page 93: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 OKTOBER 2012

bisnis

Mengomentari kisruh antarpemegang saham ini, Ari S. Hudaya, Pre-siden Direktur BUMI Resources menyindir upaya tuan Rothschild yang sengaja mendorong kejatuhan saham BUMI maupun Bumi Plc. “Kalau pemegang saham meng-hancurkan perusahaan sendiri, apakah itu peme-gang saham yang baik?”

cetusnya.Menurut Ari, kisruh antara grup Bakrie, Nat Rot-

hschild, maupun Samin Tan adalah urusan pemegang saham. Sedangkan BUMI tidak terpengaruh dan kegi-atan operasional emiten tambang batu bara tersebut masih berjalan dengan baik. Tergetnya, tahun 2014 mampu mencapai produksi sebesar 100 juta ton.

Perseroan juga mulai menyiapkan langkah untuk membayar utang yang mulai jatuh tempo pada 2013 dan 2014 nanti. Selain itu, BUMI bakal menerbitkan saham baru atau rights issue demi menghimpun dana segar. Cuma, Ari enggan menjelaskan secara rinci, seperti berapa banyak saham baru itu maupun tujuan penggunaan dana hasil rights issue.

Reza Priyambada, Head of Research Trust Securiti-es menilai rencana audit investigasi bakal memenga-ruhi kinerja saham BUMI. Pelaku pasar akhirnya tahu telah terjadi konflik internal, dan jika berlarut-larut akan mengganggu operasional BUMI.  Saham BUMI akan dijauhi sampai diketahui apa sebenarnya motif di balik rencana audit investigasi ini. “Pelaku pasar akan menilai sendiri apakah saham BUMI masih layak transaksi atau dihindari,” kata Reza. (ami)

Batu bara masih menjadi tumpuan BUMI untuk mendongkrak pendapatan.REuTERS/dWi OblO

Page 94: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

iptek

Reporter: Esti Utami

SEbUah pEnElitian di pRanciS mEngUngkap jagUng tRanSgEnik biSa mEngakibatkan kankER. pRo dan kontRa pUn mUncUl antaRa kElompok yang mEndUkUng dan mEnEntang REkayaSa gEnEtika.

Berita tak sedap mengoar dari Prancis. Se-buah penelitian yang dilakukan tim Univer-sitas Caen, Prancis menyebut jagung hasil rekayasa genetika (transgenik) bisa meng-

akibatkan tumor atau bahkan kanker.Penelitian yang dipimpin Gilles-Eric Seralini itu

mengungkap, mencit (tikus percobaan) yang selama dua tahun diberi pakan jagung transgenik NK603, lebih banyak menderita kanker dibanding mencit yang diberi

Kabar Seram transgenik

Photo by Ulrich baUmgarten

Page 95: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

iptek

pakan jagung biasa. Men-cit yang mengonsumsi jagung transgenik juga lebih rentan terhadap se-jumlah penyakit lainnya.

Mencit yang meng-onsumsi jagung NK603 mati lebih cepat, dengan kondisi hati dan ginjal yang rusak berat. Tim juga menemukan tumor payudara pada mencit yang diteliti. Hasil pe-

nelitian ini dirilis bersama sejumlah foto-foto mencit yang mengalami perubahan bentuk fisik. Tim peneliti merekomendasikan studi lebih lanjut untuk mengeva-luasi dampak produk transgenik pada manusia.

Jagung NK603 adalah benih jagung transgenik yang toleran terhadap obat pembasmi rumput liar Roundup Monsanto. NK603 dan Roundup adalah produk peru-sahaan bioteknologi Monsanto yang berpusat di St. Louise, AS. NK603 yang dipasarkan satu paket deng-an Roundup, selama ini terbukti ampuh mendongkrak produksi jagung.

Temuan yang dirilis di jurnal 'Food and Chemical Toxicology' dan dipaparkan dalam konferensi pers di London, Inggris pertengahan September ini disikapi beragam. Beberapa ilmuwan di Eropa mengkritik metode statistik yang digunakan. Mereka menuduh mencit yang digunakan berasal dari jenis yang cen-derung membawa bakat kanker. Pendukung produk transgenik bahkan menuding penelitian ini dibiayai oleh kelompok penentang produk bioteknologi.

Namun sejumlah ilmuwan mengapresiasi temuan ini. Mustafa Djamgoz, ahli kanker dari Imperial Col-lege, London, mengatakan temuan ini mengejutkan.

aFP Photo/lUisacosta

Unjuk rasa aktivis Greenpeace menentang budi daya jagung transgenik.

Page 96: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

iptek

“Temuan ini sangat sig-nifikan. Sejauh ini pene-litian ini merupakan yang terbaik,” ujar Djamgoz, yang mengaku sebagai pihak yang netral.

Namun menurutnya perlu dilakukan perco-baan terhadap mamalia jenis lain, untuk menda-patkan hasil yang akurat. Untuk itu diperlukan wak-tu dua hingga tiga tahun.

Di tengah kontroversi ini, sejumlah negara Eropa langsung mengambil sikap. Pemerintah Prancis me-merintahkan ANSES, Badan Pengawas Keselamat-an Makanan setempat untuk segera menindaklanjuti temuan ini.

“Saya sudah memerintah sebuah prosedur cepat un-tuk memverifikasi penelitian ini,” ujar Perdana Menteri Prancis Jean-Marc Ayrault. ANSES diharapkan sudah merampungkan laporannya November mendatang. Jika temuan ini dinilai credible, Paris akan meminta Komisi Uni Eropa melarang impor NK603.  

Pemerintah Rusia langsung menutup sementara impor jagung transgenik. Kelompok penentang pro-duk transgenik di negeri beruang mendesak Lembaga Kesehatan dan Perlindungan Konsumen Uni Eropa untuk menjelaskan posisi Uni Eropa mengenai pro-duk itu. Pemerintah Austria juga meminta Uni Eropa meninjau proses persetujuan untuk produk rekayasa genetika dan lebih ketat dalam mengeluarkan izin. Ge-lombang penolakan juga muncul di Amerika Serikat, negara pengonsumsi produk transgenik terbesar.

Pihak Monsanto pun langsung pasang kuda-kuda. Setidaknya US$4,2 juta digelontorkan untuk melobi

aFP Photo / KenZo triboUillarD

Profesor Gilles-Eric Seralini (tengah) dari Universitas Caen memaparkan hasil penelitiannya dengan didampingi anggota parlemen Prancis.

Page 97: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

iptek

sejumlah kalangan agar NK603 tidak di-larang. Monsanto memang berjanji akan mengkaji temuan ini, tapi mereka bersike-ras produknya aman.

Raksasa bioteknologi itu tak yakin temuan Seralini cs akan membuat Eropa mencabut izin ekspor benih jagung NK603. Nasib NK603 akan diputuskan Otoritas Keaman-an Makanan Eropa (EFSA), akhir tahun ini.

Masyarakat Eropa memang lebih hati-hati dalam menggunakan hasil rekayasa genetika. Di beberapa negara seperti Pran-cis, penggunaan benih transgenik bahkan ditolak mentah-mentah. Komisi Uni Ero-pa mengizinkan impor sekitar 40 produk transgenik termasuk jagung NK603. NK603 banyak digunakan di Amerika Serikat dan Brasil. Di Indonesia, jagung transgenik jenis RR NK603 telah mengantongi sertifikat ke-

amanan pangan dan lolos uji keamanan pakan.Pemanfaatan produk transgenik memang masih

menjadi kontroversi. Dalam jangka pendek produk transgenik bisa mendongkrak hasil panen. Namun dalam jangka panjang, dikhawatirkan akan menda-tangkan ancaman, baik dari sisi ekologi maupun sosial ekonomi. 

Produk transgenik juga dinilai akan menghapus kemandirian petani. Petani akan kehilangan kreativi-tas dalam pemanfaatan plasma nutfah di sekitarnya, sehingga keragaman plasma nuftah terancam.

Produk transgenik juga akan membuat petani ter-gantung pada produsen. Petani tak hanya tergantung pada benih transgenik, tetapi juga teknik penanaman dan perawatannya, sehingga akan membuka pintu monopoli bagi produsen bioteknologi yang biasanya merupakan perusahaan multinasional. (ami, dari berbagai sumber)

DerricK ceyrac/aFP

Hasil panen jagung transgenik memang lebih memuaskan.

Page 98: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 1 - 7 oktober 2012

wkwkwk

Sudah gagal menjambret, Zainal kini mendekam di Sel. Sudah jatuh tertimpa tangga eh, bajaj. hahaha…

reporter: egir rivkiillustrasi: kiagoes

ulu ada istilah sudah jatuh tertimpa tangga, tapi yang ini sudah jatuh tertimpa bajaj. Itulah yang dialami Zainal

Arif, lelaki yang mencoba menjambret penumpang bajaj.

Cerita terjadi pada Minggu 30 Sep-tember sekitar pukul 13.00 WIB. Di si-ang bolong yang panas itu, Dian sedang menumpang bajaj yang dikendarai Dasman. Mereka melintas di Jalan RP Suroso, Gondangdia, Jakarta Pusat.

Sedang asyik-asyiknya duduk di bangku belakang, tahu-tahu sebuah sepeda motor mencoba memepet bajaj berwarna oranye itu. Si penunggang motor bernama Zainal langsung meraih tas yang dicangklong di bahu kiri Dian.

Dian yang tersadar sedang dijam-

bret lantas bereaksi. Sembari berteriak “jambret”, Dian terus berusaha mem-pertahankan tasnya agar tidak berpin-dah tangan.

Tarik-menarik antara Dian dan Zainal pun terjadi hingga bajaj miring. Dasman yang berada di kemudi terus berusaha menahan agar kendaraannya tidak ja-tuh.

Namun apa daya, tarik-menarik an-tara Dian dan penjambret makin kuat hingga akhirnya, bruk. “Jatuh deh me-nimpa pelakunya. Dia langsung ditang-kap warga,” kata Kapolsek Menteng AKBP Subandi.

Kini Zainal harus meringkuk di balik jeruji besi untuk mempertanggungja-wabkan perbuatannya. Sial-sial.

(ken/YOg)

wkwkwk

Majalah detik 1 - 7 oktober 2012Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

Page 99: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

seni hiburan budaya

Reporter: Esti Utamifoto-foto: thinkstock

SUbak lahiR daRi kontEmplaSi lElUhUR oRang bali, hingga mElahiRkan SEbUah SiStEm nilai yang lUaR biaSa. pbb pUn kini mEngakUinya SEbagai WaRiSan bUdaya dUnia.

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

seni hiburan budaya

Tap untuk mendengarkan musik degung Bali

Dunia Pun TurutMenjaga Subak

Page 100: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

seni hiburan budaya Jauh di pedalaman Bali, Gunung Batur berdiri anggun bersaput kabut. Di sini berumah Pura Ulun Danu Batur yang menjadi pusat

subak di Bali. Setiap purnama kedasa (kesepuluh), wakil subak dari seluruh Bali berkumpul. Persem-bahan digelar sebagai wujud syukur atas hasil panen, sekaligus untuk menyucikan air yang akan mengalir ke seantero Bali. Pembagian air juga dibahas di per-temuan tahunan, di pura yang terletak tak jauh dari Danau Batur, sumber air tertinggi di Bali. 

Air yang mengalir dari Danau Batur ini, kemudian disucikan di sejumlah pura, macam Pura Catur Angga Batukaru atau Pura Taman Ayun, sebelum akhirnya mengaliri puluhan ribu hektare sawah di pulau dewa-ta. 

Itulah sekilas gambaran subak, yang Juni lalu di-akui UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia. Buah kontemplasi leluhur warga Bali ini dinilai menyimpan nilai-nilai universal yang luar biasa. 

“Karena ketulusannya, leluhur orang Bali mampu menerobos tapal batas zaman, sehingga menghasilkan karya yang diakui dunia,” ujar Mendikbud Muhammad

Majalah detik 1 - 7 oktober 2012

Gunung Batur dan Danau Batur, diyakini sebagai sumber air tertinggi di Bali.

Page 101: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

seni hiburan budaya

Nuh, saat meresmikan prasasti pengakuan UNESCO di Pura Taman Ayun, Badung. 

Subak menjadi satu dari sedikit sistem budaya kuno yang masih terjaga. Jejak fisik sistem nilai yang  ter-bangun sejak abad 11 ini, bisa ditemui di pura-pura ataupun hijaunya sawah di Bali.

Subak diusulkan menjadi Warisan Dunia sejak 2000. Lima titik lanskap yakni Pura Subak Danu Batur, Da-nau Batur; Subak DAS Pakerisan; Subak Catur Angga Batukaru; lahan persawahan di Jatiluwih, dan Pura Taman Ayun dinominasikan dalam tajuk “Budaya Su-bak Bali” inspired by the Balinese philosophy of Tri Hita Karana, yang mencerminkan keharmonisan alam dengan manusia, manusia dengan manusia, dan ma-nusia dengan penciptanya. 

Jadi subak tak semata pengairan yang terwujud dalam hijau dan apiknya lans kap persawahan di Bali. Namun sebuah sistem nilai tentang tata kelola air yang terkait erat dengan budaya dan sistem kepercayaan masyarakat. Nilai-nilai subak juga menjelma dalam ritual di pura persembahyangan di lanskap subak.

Setiap subak biasanya memiliki pura yang dina-

seni hiburan

Pura Taman Ayun.

Page 102: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

seni hiburan budaya

makan Pura Uluncarik atau Pura Bedugul. Pura ini dibangun para petani dan diperuntukkan bagi dewi kemakmuran dan kesuburan. 

Sistem irigasi subak merupakan teknologi yang menyatu dengan sosiokultural masyarakat setempat. Para petani berbagi tanggung jawab dalam menjaga dan menggunakan air secara efisien.

Warga di sekitar Danau Tamblingan misalnya, punya cara untuk menjaga kelestarian alam mereka. Pohon di sekitar danau tak boleh ditebang tanpa seizin peng-urus subak. Tiga kelompok subak yang ada, secara tegas menolak rencana pembangunan bungalo di sekitar danau. Selain merusak lingkungan, pemba-ngunan kawasan wisata diyakini juga akan ‘menodai’ kesucian 39 pura di sekeliling danau. 

Setiap anggota subak juga paham betul bagaima-na memanfaatkan air dengan berlandaskan Tri Hita Karana. Pembangunan jaringan irigasi, cara meng-operasikan, koordinasi pelaksanaan operasi dan pemeliharaan, bentuk kelembagaan, dan informasi pengelolaannya juga mendasarkan filosofi ini dengan dipimpin seorang pemuka adat (pekaseh) yang juga adalah seorang petani. Irigasi dikelola berdasarkan prinsip harmoni dan kebersamaan, sehingga mampu mengantisipasi kekurangan air di musim kemarau.

Pengakuan subak sebagai Warisan Budaya Dunia,

Lanskap sawah subak di Bali.

Page 103: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

seni hiburan budaya

akan membuat kelestarian subak menjadi tanggung jawab dunia. Bali dan subaknya juga akan meng-undang lebih banyak wisatawan untuk berkunjung. Namun pengakuan ini juga menyertakan konsekuensi untuk terus menjaga eksistensi subak. Sebuah tugas yang tak mudah.

Menjaga subak, berarti menjaga sistem organisasi masyarakat subak, nilai budaya, tata guna lahan, kualitas air, dan debit air sebagai satu kesatuan. Itu berarti menjaga alam dari hulu hingga hilir serta ling-

kungan di sekitarnya, terma-suk sistem nilai yang terwujud dalam pura-pura dan upacara adat yang berlangsung setiap tahun.

Kelangsungan subak kini menghadapi gempuran dari sektor pariwisata. Karena alasan ekonomi, banyak lahan pertanian yang beralih fungsi menjadi kafe, restoran, hotel maupun vila. Insentif dalam bentuk pajak dibutuhkan. Se-

lain itu pemkab/pemkot diminta lebih tegas mengawal tata ruang dan lebih ‘pelit’ mengeluarkan izin pemba-ngunan hotel maupun vila. 

Keengganan generasi muda Bali untuk turun ke sa-wah, menambah ancaman bagi kelangsungan sistem nilai ini. Untuk mengembalikan minat kembali ke sa-wah, pemerintah menghibahkan dana masing-masing sebesar Rp 20 juta bagi sekitar 2.800 kelompok subak di Bali. Angka ini akan ditingkatkan menjadi Rp 30 juta pada 2013. Namun ancaman belum berakhir, jika masalah klasik seperti harga pupuk yang mahal serta pemasaran hasil pertanian tidak dipecahkan. (ami/yog)

Upacara adat di Bali.

Page 104: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

seni hiburan musik

Reporter: Silvia Galikanofoto: antara

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

di Lautan Histeria

Tap untuk mendengarkan musik One More Night

seni hiburan musik

usai hujan deras, Jakarta diha-ngatkan lagi oleh penampilan Maroon 5 di Istora Senayan, Kamis-Jumat, 4-5 Oktober 2012.

Adam Levine dan kawan-kawan berhasil menciptakan histeria 7 ribu penonton da-lam konser mereka berjudul Overexposed World Tour. 

Maroon 5 beranggotakan Adam Levine (vokal), Jesse Carmichael, (keyboard, gi-tar, backing vokal), Mickey Madden (bass, backing vokal), James Valentine (gitar, backing vokal), dan Matt Filnn (drum, bac-king vokal). 

Malam itu, Maroon 5 membawakan 19 lagu, di antaranya Sunday Morning, If I Never See Your Face Again, Wipe Your Eyes, dan Won’t Go Home Without You. Konser ini menyajikan juga kejutan berupa tarian Gangnam Style oleh Adam Levine yang dia jadikan pembuka Moves Like Jagger. 

Band asal Los Angeles Amerika Serikat ini menutup penampilan mereka dengan Hands All Over dan Misery yang di-medley dengan This Love. (SIL)

Page 105: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 23 - 29 juli 2012

seni & hiburan agenda

Sabtu, 6 Oktober 2012.Pukul 18.30-24.00 WIB.Borneo Beerhouse Jeruk Purut, Jakarta Selatan.Tamu adalah raja di pesta ini, maka IT’S FREE ENTRY! Extra cash untuk bir dan tentunya CD album dan merch dari LUCRETIA.

Majalah detik 8 - 14 OKTOBER 2012

seni & hiburan agenda

Alkisah, tersebutlah seekor badak bernama Plum yang hidup di sebuah planet antah-berantah. Ia diburu oleh penguasa jahat di negerinya. Ia terbang menghindari

buruan dan kapalnya terdampar di Ujung Kulon, Banten. Di hutan tersebut ia bertemu dengan Bismarck, badak

bercula satu penghuni suaka alam itu. Mereka akhirnya menikah dan lahirlah badak hibrida bernama Jo

Marine Ramdhani & Marwan Islami a.k.a Aish (Bandung, Indonesia). Gerai Salihara Jalan Salihara 16, Pasar Minggu, Jakarta. Sabtu, 6 Oktober 2012, 18.00 WIB.

Sutradara: Yudi Ahmad Tajudin (Jakarta, Indonesia)Teater Salihara, Jalan Salihara 16, Pasar Minggu, Jakarta.Sabtu & Minggu, 6 & 7 Oktober 2012, pukul 20.00 WIB.Durasi: 75 menit. HTM: Rp 50.000. Pelajar/Mahasiswa: Rp 25.000Ing Raga adalah teater tari yang menyajikan jalinan peristiwa dan imaji dari tubuh, gerak, bunyi serta komposisi.

Page 106: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 1 - 7 oktober 2012

seni & hiburan filmseni & hiburan film

Reporter: Silvia GalikanoFoto-foto: Sony Pictures

Joe terpaksa kembali ke masa 30 tahun sebelumnya. ada pekerJaan rumah yang harus dia selesaikan. namun rencana tak semulus yang dia perkirakan.

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

Page 107: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 1 - 7 oktober 2012

seni & hiburan film

Tap pada gambar untuk melihat

video trailer Looper

Judul: Looper Genre:Action, sci-fi, futuristik, dramaSutradara:

Rian JohnsonSkenario:Rian JohnsonPemain:

Joseph Gordon-Levitt, Bruce Willis, dan Emily Blunt Durasi:118 menit 

seluasan lahan kosong di tengah kebun jagung, Joe (Joseph Gordon-Levitt) siaga dengan blunderbuss di tangan kanan. Mata-nya menatap lurus ke hamparan kain di atas

tanah di hadapannya. Sebentar dia mengeluarkan arloji saku kuno, memastikan menit dan detiknya tepat, lalu dikembalikan lagi ke dalam saku. Satu detik kemudian mendadak di atas selembar kain itu sudah ada seorang laki-laki dengan tangan terikat ke belakang, kepala di-tutup kain, berlutut menghadap Joe.

Dar!!! Blunderbuss meletus, melubangi dada kiri sa-sarannya. Badannya terdorong keras ke kiri-belakang hingga jatuh terjerembab. Joe menyelesaikan proses eksekusi ini dengan membelah vertikal punggung jubah korban lalu mengambil perak batangan yang dijajarkan di sana.

Joe hidup di tahun 2044, saat time-travel (perjalan-an waktu) belum ditemukan. Sedangkan orang yang dia tembak mati berasal dari tahun 2072 yang dikirim menggunakan mesin time-travel ke masa 30 tahun se-belumnya.

Begini kurang lebih muasalnya. Joe yang seorang junkie dan mantan penjahat ini bertugas mengakhiri

seni & hiburan film

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

Page 108: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 1 - 7 oktober 2012

seni & hiburan film

kejahatan dunia dengan bekerja sebagai juru tembak bayaran. Pemilik profesi ini disebut “looper.” Dia beker-ja kepada satu geng mafia di tahun 2072. Setiap geng itu ingin membunuh seseorang, tak perlu repot-repot, mereka cukup mengirimnya ke masa lalu mengguna-kan mesin time-travel.

Di sana, pada waktu yang telah ditentukan, seorang looper sudah menunggu. Dengan satu tembakan, se-lesai urusan, dan saat itu juga looper menerima bayar-

an berupa perak batangan. Kalau yang ditembak kelas kakap maka bayarannya adalah emas batang-an.

Pekerjaan ini punya konsekuen-si bahwa suatu hari si mafia dapat “menutup loop”. Artinya looper di masa depan akan dikirim ke masa lalu untuk dieksekusi oleh dirinya sendiri yang versi muda.

Itu pula yang akhirnya terjadi pada Joe. Joe tua (Bruce Willis) kembali ke masa 30 tahun se-

belumnya, menemui dirinya sendiri yang lebih muda, mencegah suatu kejadian agar tidak timbul hal buruk nantinya (karena sudah dia alami). Dia juga punya misi mencari versi masa lalu Rainmaker, mafia besar pem-bunuh istrinya, agar bisa dia bunuh terlebih dahulu.

Pencarian Rainmaker berakhir di sebuah rumah di samping kebun jagung. Sara (Emily Blunt), seorang ibu muda, tinggal di sana berdua dengan putranya yang masih kecil, Cid (dimainkan dengan sangat bagus oleh Pierce Gagnon). Bocah dengan kemampuan khusus inilah yang 30 tahun lagi menjadi Rainmaker, bos mafia yang paling ditakuti.

Joe tua hanya punya satu obsesi: membunuh Rain-maker walau masih bocah, sedangkan Joe muda punya cara lain yang tak disangka-sangka.

Sutradara dan penulis skenario, Rian Johnson, cerdik

seni & hiburan film

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

Page 109: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 1 - 7 oktober 2012

seni & hiburan film

sekali meramu cerita hingga Looper bukan saja mene-gangkan, tapi dia sisipkan juga sisi feminin yang lembut dan manis melalui sosok Sara, walau dia digambarkan sebagai perempuan tangguh yang tak ragu-ragu me-nembakkan senapannya. Keterlibatan Joe muda secara emosional dengan Sara menambahkan lapis emosional pada kisah ini. Memang adakala membuat jalan cerita-nya jadi agak lambat, tapi tidak lantas membuat Looper jadi jelek.

Penampilan Joseph Gordon-Levitt mungkin berada di urutan teratas daftar penasaran penonton. Dia tidak tampak seperti Joseph Gordon-Levitt yang kita kenal selama ini. Tak akan kita temui seri-ngai nakal sekaligus lugu karena ben-tuk bibirnya sekarang aneh. Dingin. Alis cokelatnya jadi hitam. Hidungnya pun jadi tinggi. Apa yang terjadi pada Gordon-Levitt?

Ketika kemudian Bruce Willis mun-cul sebagai Joe versi tua, barulah mulai nyambung mengapa tampang Gordon-Levitt jadi seperti habis ope-

rasi plastik begitu. Lensa kontak biru kehijauan dan make-up prosthetic jawabannya. Ternyata dia dirias dan didempul agar sebisa mungkin tampak masuk akal se-bagai Bruce Willis muda. Salut untuk tim periasnya.

Rian juga membuat kisah sci-fi ini terkesan mem-bumi, masuk akal, dan meyakinkan. Mesin time-travel jadi tiket yang mendorong kisah ini ke belakang untuk menggali karakter dan menjawab sederet pertanyaan sulit yang kita temui di awal.

Melalui Looper, kita akan berpikir tak ada yang lebih penting dari masa sekarang. Masa depan ditentukan hari ini. Sekarang, hari ini, adalah waktu yang tepat un-tuk memasukkan mata rantai kebaikan dalam rangkai-an rantai kehidupan. Masing-masing kitalah looper itu. (SIL/YOG)

seni & hiburan film

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

Page 110: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 30 juli - 5 agustus 2012

seni & hiburan film

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

seni & hiburan film pekan ini

Tap pada gambar untuk melihat

lebih jelas

Di dunia tanpa senjata, seorang misterius (Josh Hartnett), seorang samurai muda dan bartender (Woody Harrelson) merencanakan sebuah balas dendam terhadap pemimpin penjahat yang kejam (Ron Perlman) dan pasukannya yang dipimpin sem-bilan pembunuh berdarah dingin.

BUNRAKUJenis Film: ActionProduser: Jessica Wu, Nava Levin, Ram Bergman, Keith CalderSutradara: Guy MosheDurasi: 118 menit

Di dunia tanpa senjata, seorang misterius (Josh Hartnett), seorang samurai muda dan bartender (Woody Harrelson) merencanakan sebuah balas dendam terhadap pemimpin penjahat yang kejam (Ron Perlman) dan pasukannya yang dipimpin sem-bilan pembunuh berdarah dingin.

BUNRAKUJenis Film: ActionProduser: Jessica Wu, Nava Levin, Ram Bergman, Keith CalderSutradara: Guy MosheDurasi: 118 menit

Page 111: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 30 juli - 5 agustus 2012

seni & hiburan film

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

seni & hiburan film pekan ini

Tap pada gambar untuk melihat

lebih jelas

Di dunia tanpa senjata, seorang misterius (Josh Hartnett), seorang samurai muda dan bartender (Woody Harrelson) merencanakan sebuah balas dendam terhadap pemimpin penjahat yang kejam (Ron Perlman) dan pasukannya yang dipimpin sem-bilan pembunuh berdarah dingin.

BUNRAKUJenis Film: ActionProduser: Jessica Wu, Nava Levin, Ram Bergman, Keith CalderSutradara: Guy MosheDurasi: 118 menit

Farah terpaksa kembali dari Melbourne ke Jakarta. Adiknya bernama Rika yang masih SMU sendirian di Jakarta kerena ibunya meninggal.

RUMAH KENTANGJenis Film: HorrorProduser: Ram Soraya Produksi: HITMAKER STUDIOS Sutradara: Jose Poernomo

Page 112: 20121008 MajalahDetik 45 Huk Mati

Majalah detik 30 juli - 5 agustus 2012

seni & hiburan film

Majalah detik 8 - 14 oktober 2012

seni & hiburan film pekan ini

Tap pada gambar untuk melihat

lebih jelas

Di dunia tanpa senjata, seorang misterius (Josh Hartnett), seorang samurai muda dan bartender (Woody Harrelson) merencanakan sebuah balas dendam terhadap pemimpin penjahat yang kejam (Ron Perlman) dan pasukannya yang dipimpin sem-bilan pembunuh berdarah dingin.

BUNRAKUJenis Film: ActionProduser: Jessica Wu, Nava Levin, Ram Bergman, Keith CalderSutradara: Guy MosheDurasi: 118 menit

Jake Sully (Sam Worthington) adalah mantan Angkatan Laut Amerika yang terluka dan cacat akibat perang. Ia terpi-lih untuk berpartisipasi dalam program Avatar, yang memungkinkannya bisa berjalan kembali.

AVATAR (IMAX 3D)Produser: James Cameron, Jon LandauProduksi: 20TH CENTURY FOXDurasi:150 menit