2012-2-01483-SI Bab1003

6
BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Menurut penelitian Ceresana pada tahun 2008, bagian Asia Pasifik permintaan HDPE seluruh dunia telah meningkat sekitar 31% pada tahun 2000, sekitar 35% pada tahun 2007. Sejak tahun 2000, produksi HDPE telah meningkat sekitar 20% per tahun. Tidak ada akhir yang terlihat untuk pengembangan yang sangat cepat sampai tahun 2013, proyek yang direncanakan di seluruh Asia Pasifik dan Timur Tengah dengan total kapasitas 6,9 juta ton (7 Press Release, 2008). Diharapkan pendapatan HDPE untuk tahun 2016 akan menjadi dua kali lipat dari volume penjualan yang meningkat dan harga yang lebih tinggi. Ceresana adalah penelitian pasar internasional terkemuka dan perusahaan konsultasi untuk sektor industri yang beroperasi di kantor cabang Wina, dan Hongkong. Selama lebih dari 10 tahun, Ceresana telah menyediakan beberapa ribu pelanggan dari 55 negara termasuk Indonesia dengan intelijen pasar up to date (Ceresana, 2013). Untuk PT. Gapura Fajar Langgeng berdiri pada tahun 1999, sebagai perusahaan distributor terhadap pipa HDPE. Pipa HDPE (high density polyethylene) adalah pipa plastik padat yang banyak digunakan untuk pipa air dan pipa gas. Disebut pipa plastik karena material HDPE berasal dari polymer minyak bumi. Peluang yang besar akan pembangunan industri, maka PT. Gapura juga tumbuh menjadi perusahaan produksi dan instalasi pipa HDPE. PT. Gapura sebagai perusahaan produksi pipa HDPE (segmented) dan distributor HDPE (molded) langsung dari Georg Fischer serta 1

description

TASK

Transcript of 2012-2-01483-SI Bab1003

43

BAB 1PENDAHULUAN1.1 Latar Belakang

Menurut penelitian Ceresana pada tahun 2008, bagian Asia Pasifik permintaan HDPE seluruh dunia telah meningkat sekitar 31% pada tahun 2000, sekitar 35% pada tahun 2007. Sejak tahun 2000, produksi HDPE telah meningkat sekitar 20% per tahun. Tidak ada akhir yang terlihat untuk pengembangan yang sangat cepat sampai tahun 2013, proyek yang direncanakan di seluruh Asia Pasifik dan Timur Tengah dengan total kapasitas 6,9 juta ton (7 Press Release, 2008).

Diharapkan pendapatan HDPE untuk tahun 2016 akan menjadi dua kali lipat dari volume penjualan yang meningkat dan harga yang lebih tinggi. Ceresana adalah penelitian pasar internasional terkemuka dan perusahaan konsultasi untuk sektor industri yang beroperasi di kantor cabang Wina, dan Hongkong. Selama lebih dari 10 tahun, Ceresana telah menyediakan beberapa ribu pelanggan dari 55 negara termasuk Indonesia dengan intelijen pasar up to date (Ceresana, 2013).

Untuk PT. Gapura Fajar Langgeng berdiri pada tahun 1999, sebagai perusahaan distributor terhadap pipa HDPE. Pipa HDPE (high density polyethylene) adalah pipa plastik padat yang banyak digunakan untuk pipa air dan pipa gas. Disebut pipa plastik karena material HDPE berasal dari polymer minyak bumi. Peluang yang besar akan pembangunan industri, maka PT. Gapura juga tumbuh menjadi perusahaan produksi dan instalasi pipa HDPE. PT. Gapura sebagai perusahaan produksi pipa HDPE (segmented) dan distributor HDPE (molded) langsung dari Georg Fischer serta melayani jasa instalasi pipa. Pada tahun 2011, perusahaan mendapatkan pendapatan sebesar Rp. 3 miliar, pada tahun 2012 mendapatkan pendapatan sebesar Rp. 9 miliar dan meningkat menjadi Rp. 16 miliar pada tahun 2013 termasuk hasil dari proyek yang dikerjakan. PT. Gapura Fajar Langgeng telah mencapai pangsa pasar sebesar 3% dan untuk keseluruhan pangsa pasar pipa HDPE di Indonesia sekitar 10% untuk tahun 2013 ini.

Perusahaan PT. Gapura Fajar Langgeng sendiri memiliki struktur organisasi yang meliputi Komisaris, Direktur Utama, Direksi Keuangan, dan Direksi Pemasaran. Sejalan dengan perusahaan ini berdiri, berbagai masalah bermunculan, seperti:

1. Peningkatan pendapatan yang belum maksimal.2. Penetrasi pasar (sulitnya memenuhi kebutuhan pasar).

Hal tersebut merupakan penghambat dari sebuah perusahaan yang ingin mengembangkan proses bisnisnya untuk mencapai visi dari perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan berkeinginan untuk meminimalisir permasalahan yang ada, sehingga mempermudah perusahaan dalam pencapaian visinya.

Untuk rencana 3 tahun mendatang pada tahun 2016, PT. Gapura memiliki strategi menjadi supplier pipa HDPE yang dikenal masyarakat dan mempunyai keuntungan yang besar.

Atas dasar ini, kami akan melakukan penataan ulang konsep dari proses bisnis pada PT. Gapura Fajar Langgeng untuk membantu PT. Gapura mencapai strateginya dengan judul PERENCANAAN STRATEGI PROSES BISNIS PADA BAGIAN PRODUKSI, GUDANG, DAN PENGADAAN BAHAN BAKU PT. GAPURA FAJAR LANGGENG DENGAN METODE ENTERPRISE ARCHITECTURE / "BUSINESS PROCESS STRATEGIC PLANNING IN PRODUCTION WAREHOUSE AND PROCUREMENT DEPARTMENT AT PT. GAPURA FAJAR LANGGENG USING ENTERPRISE ARCHITECTURE METHOD".

1.2 Ruang LingkupPada ruang lingkup ini kita mengambil pada bagian produksi, gudang dan pengadaan bahan baku. Pada bagian produksi, PT Gapura Fajar Langgeng mengalami kendala pada mencapai target produksi. Pada bagian gudang yang berhubungan terhadap bagian produksi sering terjadinya kekurangan stok bahan baku. Pada pengadaan bahan baku tidak memiliki stok minimum yang menyebabkan bagian gudang mengalami kesulitan pada saat customer memesan barang dalam jumlah yang banyak pada tempo rutinitas.Dari masalah yang terjadi di atas, maka kita mengambil ruang lingkup produksi, gudang, dan pengadaan bahan baku yang bertujuan untuk meminimalisir hambatan perusahaan dalam mencapai visinya.1.3 Tujuan dan Manfaat

Di dalam penulisan skripsi ini memiliki tujuan: 1. Menghasilkan sebuah strategi perusahaan yang dapat diolah dan dikembangkan.2. Menghasilkan sebuah Enterprise Architecture bagi perusahaan.

Selain dari tujuan penulisan skripsi, adapun manfaat dari penulisan skripsi ini:1. Dokumentasi arsitektur perusahaan saat ini dan masa depan.2. Menyelaraskan pemanfaatan teknologi informasi dengan sistem informasi di dalam perusahaan.3. Perusahaan akan menjadi semakin dekat terhadap pencapaian visinya dengan misi-misinya yang terlaksana dengan baik dan terstruktur.1.4 Metodologi PenelitianDalam proses analisis dan perancangan topik skripsi ini, metode-metode penelitian yang digunakan, antara lain :

1. Metode Pengumpulan Data

Pengumpulan data dan informasi pada penulisan skripsi ini dilakukan melalui: Studi Kepustakaan, tahap ini dilakukan dengan membaca buku-buku, artikel dan dari berbagai sumber kepustakaan yang ada untuk dijadikan pedoman dalam membantu penyusunan skripsi ini.

Studi Lapangan, dalam tahap ini kelompok kami melakukan survei lapangan di perusahaan PT. Gapura Fajar Langgeng untuk memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan seperti sejarah perusahaan, proses bisnis perusahaan, dokumen-dokumen. Juga kita mencari mengenai perkembangan perusahaan sejenis di Indonesia. Wawancara, melakukan wawancara dengan bentuk tanya jawab dengan direktur utama PT. Gapura Fajar Langgeng untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan secara lebih detail, seperti proses awal sampai akhir, dokumen yang mendukung proses bisnis perusahaan, dan strategi perusahaan.2. Metode Analisa dan PerencanaanMetode analisis yang digunakan dalam penyusunan skripsi adalah metode Enterprise Architecture yang dikemukakan oleh Scott A. Bernard (2012), yaitu:

Strategic Goals and Initiatives

Business Products and Services

Data and Information

Systems and Applications

Networks and Infrastructure

Security/Standards/Workforce

1.5 Sistematika Penulisan

Penulisan penelitian ini terdiri dari 5 bab. Isi pokok bahasan dari setiap bab adalah sebagai berikut:BAB 1 Pendahuluan

Dalam bab ini akan diuraikan mengenai latar belakang dilakukan penelitian, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.BAB 2 Landasan Teori

Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai teori-teori yang digunakan sebagai landasan untuk membahas permasalahan serta sebagai pedoman dalam perancangan sistem dalam penelitian ini, mencakup teori umum, teori khusus, dan kerangka berpikir.BAB 3 Analisa Sistem Berjalan

Dalam bab ini akan dibahas secara garis besar profil perusahaan, struktur organisasi perusahaan, pembagian tugas dan tanggung jawab, gambaran sistem berjalan, serta berbagai permasalahan yang terjadi pada proses bisnis yang berjalan. Dilengkapi dengan analisis dari berbagai EA Components dan Artifacts yang diperlukan.BAB 4 Usulan Architecture Perusahaan Baru dan Management PlanDalam bab ini akan dibahas tentang hasil analisis yang telah dilakukan serta rekomendasi perencanaan strategi SI/TI serta strategi manajemen SI yang diharapkan mampu membantu perusahaan untuk mencapai tujuan serta visi dan misi perusahaan.BAB 5 Simpulan dan Saran

Pada bab ini akan diuraikan simpulan hasil dari kegiatan penelitian atas hasil analisis dan perancangan serta saran-saran yang berguna bagi pihak-pihak yang bersangkutan dalam perancangan ini. (1