2011 EP, Trauma Tjam Tumpul

31
Dr. Eriko Prawestiningtyas, Sp.F Lab Ilmu Kedokteran Forensik FKUB-RSSA Malang FORENSIC

description

aa

Transcript of 2011 EP, Trauma Tjam Tumpul

  • Dr. Eriko Prawestiningtyas, Sp.FLab Ilmu Kedokteran Forensik FKUB-RSSA MalangFORENSIC

  • Salah satu cabang dari ilmu kedokteran forensik yang mempelajari sebab akibat yang timbul akibat adanya trauma pada tubuh atau bagian tubuh manusia.

  • Setiap tindak pidana atau yang diduga tindak pidana

    Menimbulkan bekas pada tubuh korban berupa :

    luka-luka,kerusakan lain,kematian.

  • PEMBAGIAN TRAUMA1. TRAUMA FISIK/MEKANIK- Tr.benda tumpul - Tr.benda tajam.- Tr.tembakan.- Tr.penyebab mati lemas

    2. TRAUMA TERMIK3. TRAUMA ELEKTRIK- Tr. Elektrik buatan & alam.4. TRAUMA KIMIAWI- Tr.asam & alkali5. TRAUMA BAROMETRIK- Tr.hiperbarik & hipobarik6. TRAUMA AKIBAT RADIASI.

  • Trauma benda tumpulLuka yg.disebabkan oleh karena persentuhan tubuh dgn.benda yg.permukaannya tumpul.Dapat berupa :Luka memar, dibedakan dgn.lebam mayat, diperiksa umur luka memar tsb.Luka babras, dibedakan terjadinya, perkira- an umur luka babras.Luka terbuka, dibedakan dgn.luka iris akibat benda tajam.

  • LUKA MEMARMekanisme terjadinya :Trauma mengenai permukaan kulit akan terjadi pecahnya pembuluh darah di bawah kulit yang menimbulkan perdarahan. Darah merembes ke jaringan bawah kulit. Kulit dapat utuh atau mengalami kerusakan.

    Faktor yg.mempengaruhi timbulnya :a. umur korban,b. jenis kelamin korban,c. adanya penyakit perdarahan,d. konsistensi jaringan bawah kulit,e. daerah yg.terkena trauma (menonjol).

  • Kepentingan di bidang kedokteran forensikHarus dibedakan dengan Lebam Mayat.Lokasinya.Reaksi pada penekanan.Keadaan sekitar luka,tampaknya pada pengirisan, danpemeriksaan mikroskopis.Harus diperhatikan umur Luka Memar.

  • LUKA BABRASMekanisme terjadinya :Terjadi persentuhan benda tumpul dengan tubuh dan terjadi pelepasan atau pengelupasan lapisan luar kulit, sehingga menimbulkan sedikit atau tanpa perdarahan.

    Macam-2 luka babras dihubungkan dgn.penyebabnyaLuka babras goresan: benda tumpul, permukaan kecil, spt paku, jarum.Luka babras gesekan, bergesekan benda tumpul berpermukaan lebar,, ex. jalanLuka babras tekanan, akibat tek. terus menerus atau adanya tekanan yg.berat, jeratan taliLuka babras tekan gesek, akibat persentuhan benda tumpul yg.permukaannya kasar, ban

  • Kepentingan di bidang kedokteran forensikHarus dibedakan terjadinya AM atau PM.:Warnanya,Adanya bintik perdarahan,Adanya luka memar disekitarnya, dandibedakan secara mikroskopis.Perlu diperhatikan hal-2 sehub.dg.kejad.:lokasinya,ukurannya,arahnya,sifatnya, danperkiraan umur luka babras.

  • LUKA TERBUKAMekanisme terjadinya :Adanya trauma yg.kuat dpt.menyebabkan kulit atau jaringan di bawahnya mengalami kerusakan dan menimbulkan banyak pengeluaran darah.

    Penyebabnya dapat berupa :1. Trauma langsung,2. Trauma regangan,3. Trauma berputar, atau4. Trauma yg.menimbulkan patah tulang terbuka.

  • Kepentingan di bidang kedokteran forensikbedakan dengan Luka Iris akibat trauma benda tajam.Sifat luka terbuka ini adalah :Tepi luka tidak rata ujung luka tumpul,Rambut tidak ikut terpotong,Ditemukan adanya jembatan jaringan,Pembuluh darah besar dan syaraf tidak ikut terpotong.

  • TRAUMA TUMPUL PADA DAERAH TERTENTU1. Kepala.Kulit, berupa :luka memar.Luka babras,luka terbuka.Tulang, berupa :simple fracturemultiple fractureimpression fracture"

  • TRAUMA TUMPUL PADA DAERAH TERTENTU(lanjutan)Pembuluh darah, berupa :perdarahan epidural,perdarahan subdural, atauperdarahan subarakhnoid

    Jaringan otak, berupa :Memar otak (contusio cerebri),Kerusakan jaringan otak (laceratio cerebri), perdarahan dalam jaringan otak (intracerebral hemorrhage).

  • TRAUMA TUMPUL PADA DAERAH TERTENTU(lanjutan)Pada patah tulang tengkorak, harus dibeda-kan apakah traumanya satu kali atau lebihdari satu kali, dengan cara memeriksa garisfrakturnya.

  • TRAUMA TUMPUL PADA DAERAH TERTENTU(lanjutan)Beberapa pengertian :Perdarahan epidural.Perdarahan subdural.Perdarahan subarakhnoid.Coupe dan Contra Coupe.Faktor terjadinya Contra Coupe :Perbedaan pergerakan ant. tengkorak dan otak,Permukaan dalam tengkorak yang kasar,Trauma berat & mendadak, danKorban dalam keadaan tidak siaga.

  • TRAUMA TUMPUL PADA DAERAH TERTENTU2. Dada.Kerusakan kulit,Kerusakan tulang,Kerusakan otot-2 dada,Kerusakan pembuluh darah,Kerusakan akibat tek.udara yg.tinggi,Kerusakan organ-2 dalam rongga dada,Gangguan gerak pernafasan.

  • TRAUMA TUMPUL PADA DAERAH TERTENTU(lanjutan)Ada sejenis trauma pada dada tanpa menimbulkan kerusakan apapun, namun cukup mematikan. Kematiannya disebabkan oleh karena :Spasme koroner,Perdarahan dinding arteri coronaria, atauAritmia jantung.

  • TRAUMA TUMPUL PADA DAERAH TERTENTU3. PerutKerusakan kulit,Kerusakan otot-2 dinding perut,Kerusakan organ-2 dalam rongga perut,Patah tulang pelvis atau vertebrae,Perdarahan dalam rongga perut, atauRefleks Hambatan Vagal.

  • TRAUMA TUMPUL PADA DAERAH TERTENTU4. Anggota gerak tubuhKerusakan kulit,Patah tulang, terbuka / tertutup,Dislokasi sendi,Traumatik amputasi,Avulsi dan Crush Syndrome, atauAkibat patah tulang, seperti emboli, sepsis.

  • TRAUMA TUMPUL PADA DAERAH TERTENTU5. Columna Vertebrae Kontusio sampai laserasio medula spinalis,Patah tulang vertebrae,Whiplash injuryNekrosis atau Odema medula spinalis, atauKomplikasi lambat, seperti quadriplegia, paraplegia, sepsis, dll.

  • Trauma benda tajamLuka yg.disebabkan oleh karena persentuhan tubuh dg.benda yg.bermata/bertajamDapat berupa :Luka iris, dibedakan akibat bunuh diri, pembunuhan, atau kecelakaan. Perkira- kan cara kejadian. Cari sebab matinya.Luka tusuk, dibedakan terjadinya, perki ra an senjatanya (ukuran & jenis).Luka bacok, >> pembunuhan.

  • LUKA IRISTerjadi oleh karena persentuhan dgn. benda bermata tajam dg.disertai gores an pd.tubuh korban.Ciri-2 :Tepi luka rata, ujung luka tajam,Rambut ikut terpotong,Perdarahan banyak sekali,Panjang luka lebih besar daridalam luka.

  • Kepentingan di bidang kedokteran forensikHarus dibedakan akibat bunuh diri, pem-bunuhan, atau kecelakaan.Khusus luka iris di leher harus dibedakan cara kejadiannya.Cari sebab kematian luka iris di leher, yg. bisa karena :Perdarahan,Emboli udara,Aspirasi darah, atauInfeksi.

  • LUKA TUSUKLuka yang disebabkan karena persentuhan tubuh dengan benda berujung tajam/runcingCiri-2 luka tusuk :tepi luka rata ujung tajam.panjang luka lebih kecil daripada dalam luka.panjang luka sama dg. lebar maksimal senjata yg.dipakai menusuk.*)dalam luka sama dg.panjang minimum senjata.*)*) kecuali pada perut.

  • Kepentingan di bidang kedokteran forensikHarus dibedakan cara kejadiannya.Harus diperkirakan ukuran senjata yang dipakai menusuk.*)Harus diperkirakan jenis senjata yang di-pakai menusuk.*)*) dipakai perkiraan panjang luka dan atau dalam luka, kecuali pada perut mengingat bahwa dinding perut sifatnya fleksibel.

  • LUKA BACOKLuka yg.disebabkan oleh karena persentuhan dg.benda tajam dan berat biasanya disertai dg.tenaga yg.besar.Ciri-2 luka bacok :tepi luka rata ujung tajam,luka besar dan menganga,di sekitar luka terdapat memar,organ/tulang di bawahnya bisa terkena.

  • Kepentingan di bidang kedokteran forensikCara kejadian biasanya o.k. pengania-yaan/pembunuhan.Dapat juga karena kecelakaan, jarang karena bunuh diri.Sebab kematian bisa o.k.:kerusakan organ vital,perdarahan yg.banyak,emboli,infeksi.

  • TERIMA KASIHFORENSIC