2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

23
LAYANAN KONSULTASI Oleh : Ana Shofiyana Qori 2011-31-062

Transcript of 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

Page 1: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

LAYANAN KONSULTASI

Oleh : Ana Shofiyana Qori2011-31-062

Page 2: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

BAHAYA ROKOK

Page 3: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.

Rokok adalah produk yang berbahaya & adiktif (menimbulkan ketergantungan) karena didalam rokok terdapat 4000 bahan kimia berbahaya yang 69 diantaranya merupakan zat karsinogenik (dapat menimbulkan kanker).

Page 4: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

Berikut zat yang terkandung di dalam rokok : 1. Nikotin Zat ini mengandung candu

~ Pengaruh bagi tubuh manusia :menyebabkan kecanduan merusak jaringan otakmenyebabkan darah cepat membekumengeraskan dinding arteri

2. Tar Bahan dasar pembuatan aspal yang dapat menempel pada paru-paru dan bisa menimbulkan iritasi bahkan kanker

Page 5: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

3. Karbon Monoksida Gas yang bisa menimbulkan penyakit jantung karena gas ini bisa mengikat oksigen dalam tubuh.~ Pengaruh bagi tubuh manusia :mengikat hemoglobin, sehingga tubuh kekurangan oksigenmenghalangi transportasi dalam darah

4. Zat Karsinogen~ Pengaruh bagi tubuh manusia :Memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh

5. Zat IritanMengotori saluran udara dan kantung udara dalam paru-paruMenyebabkan batuk

Zat-zat asing berbahaya tersebut adalah zat yang terkandung dalam dalam ASAP ROKOK, dan ada 4000 zat kimia yang terdapat dalam sebatang ROKOK, 40 diantaranya tergolong zat yang berbahaya misalnya : hidrogen sianida (HCN) , arsen, amonia, polonium, dan karbon monoksida (CO).

Page 6: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

BEBERAPA BAHAYA YANG DI TIMBULKAN OLEH ROKOK

1. Kanker ParuDiketahui sekitar 90 persen kasus kanker paru diakibatkan oleh rokok. Hal ini karena asap rokok akan masuk secara inhalasi ke dalam paru-paru. Zat dari asap rokok ini akan merangsang sel di paru-paru menjadi tumbuh abnormal. Diperkirakan 1 dari 10 perokok sedang dan 1 dari 5 perokok berat akan meninggal akibat kanker paru.

2. Kanker Kandung KemihKanker kandung kemih terjadi pada sekitar 40 persen perokok. Studi menemukan kadar tinggi dari senyawa 2-naphthylamine dalam rokok menjadi karsinogen yang mengarah pada kanker kandung kemih.

3. Kanker PayudaraPerempuan yang merokok lebih berisiko mengembangkan kanker payudara. Hasil studi menunjukkan perempuan yang mulai merokok pada usia 20 tahun dan 5 tahun sebelum ia hamil pertama kali berisiko lebih besar terkena kanker payudara.

Page 7: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

4. Kanker ServiksSekitar 30 persen kematian akibat kanker serviks disebabkan oleh merokok. Hal ini karena perempuan yang merokok lebih rentan terkena infeksi oleh virus menular seksual.

5. Kanker KerongkonganStudi menemukan bahwa asap rokok merusak DNA dari sel-sel esofagus sehingga menyebabkan kanker kerongkongan. Sekitar 80 persen kasus kanker esofagus telah dikaitkan dengan merokok.

6. Kanker PencernaanMeskipun asap rokok masuk ke dalam paru-paru, tapi ada beberapa asap yang tertelan sehingga meningkatkan risiko kanker gastrointestinal (pencernaan).

Page 8: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

7. Kanker GinjalKetika seseorang merokok, maka asap yang mengandung nikotin dan tembakau akan masuk ke dalam tubuh. Nikotin bersama dengan bahan kimia berbahaya lainnya seperti karbonmonoksida dan tar menyebabkan perubahan denyut jantung, pernapasan sirkulasi dan tekanan darah. Karsinogen yang disaring keluar dari tubuh melalui ginjal juga mengubah sel DNA dan merusak sel-sel ginjal. Perubahan ini mempengaruhi fungsi ginjal dan memicu kanker.

8. Kanker MulutTembakau adalah penyebab utama kanker mulut. Diketahui perokok 6 kali lebih besar mengalami kanker mulut dibandingkan dengan orang yang tidak merokok, dan orang yang merokok tembakau tanpa asap berisiko 50 kali lipat lebih besar.

9. Kanker TenggorokanAsap rokok yang terhirup sebelum masuk ke paru-paru akan melewati tenggorokan, karenanya kanker ini akan berkaitan dengan rokok.

Page 9: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

10. Serangan JantungNikotin dalam asap rokok menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Sedangkan karbon monoksida mengambil oksigen dalam darah lebih banyak yang membuat jantung memompa darah lebih banyak. Jika jantung bekerja terlalu keras ditambah tekanan darah tinggi, maka bisa menyebabkan serangan jantung.

11. Penyakit Jantung Koroner (PJK)Sebagian besar penyakit jantung koroner disebabkan oleh rokok dan akan memburuk jika memiliki penyakit lain seperti diabetes melitus.

12. AterosklerosisNikotin dalam asap rokok bisa mempercepat penyumbatan arteri yang bisa disebabkan oleh penumpukan lemak. Hal ini akan menimbulkan terjadinya jaringan parut dan penebalan arteri yang menyebabkan arterosklerosis.

Page 10: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

13. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

Kondisi ini menyebabkan aliran darah terhalangi sehingga membuat seseorang sulit bernapas,

14. ImpotensiBagi laki-laki berusia 30-an dan 40-an tahun, maka merokok bisa meningkatkan risiko disfungsi ereksi sekitar 50 persen. Hal ini karena merokok bisa merusak pembuluh darah, nikotin mempersempit arteri sehingga mengurangi aliran darah dan tekanan darah ke penis. Jika seseorang sudah mengalami impotensi, maka bisa menjadi peringatan dini bahwa rokok sudah merusak daerah lain di tubuh.

15. Gangguan medis lainnyaBeberapa gangguan medis juga bisa disebabkan oleh rokok seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), gangguan kesuburan, memperburuk asma dan radang saluran napas, berisiko lebih tinggi mengalami degenerasi makula (hilangnya penglihatan secara bertahap), katarak, menjadi lebih sering sakit-sakitan, menimbulkan noda di gigi dam gusi, mengembangkan sariawan di usus serta merusak penampilan.

Page 11: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

Manfaat Rokok Bagi Kehidupan

Siapa bilang rokok gak ada manfaatnya..

1. Mendukung program pemerintah dalam menekan (mengurangi) jumlah penduduk. Berikut data-data yg dilansir WHO:

- Setiap Menit, 60 Orang Mati Karena Rokok - 100 juta kematian tercatat akibat tembakau pada abad ke

20 lalu. Jika tren ini terus berlanjut, akan ada kenaikan hingga satu miliar kematian pada abad ini

- di Indonesia terjadi 1.174 kematian perhari akibat asap rokok( siapa yang mau nyusul )

2. Bisa menjadi batu loncatan utk karir yg lebih tinggi. (dr perokok berpotensi jd alkoholic, narkoba, dsb). Peneliti kesehatan dari Universitas Indonesia “Rokok adalah batu loncatan (stepping stone) untuk mengambil risiko yang lebih besar,”. Menurut data penelitian , orang yang pernah merokok akan berisiko 13 kali menenggak alkohol, 7,03 kali berhubungan seks pranikah, dan 1,3 kali kecanduan narkoba. 

Page 12: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

3. Mempercepat proses kerja birokrasi pemerintah. Sudah sangat lazim kalo birokrasi di Indonesia terkenal ruwet dan lama.. idiom yg dianut aparat birokrasi adl: Klo bisa diperlambat, kenapa harus dipercepat…

Tapi semua itu akan berubah drastis ketika ada yg namanya: “uang rokok”. Segala urusan birokrasi seperti bikin KTP, SIM ato ngurus surat/administrasi di Kantor2 dinas, ato ketika ditilang, prosesnya akan cepat dan mudah bila ada “uang rokok”.

4. Mengurangi (jumlah) orang miskin. Lebih dar 50% perokok berasal dr kalangan menengah ke bawah (miskin). Dan rata-rata orang miskin membelanjakan lebih dari 25% penghasilannya utk konsumsi rokok. Jika makin banyak orang miskin yg merokok, maka jumlah orang miskin makin berkurang (karena makin cepat mati).

Page 13: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

5. Bisa membentuk PARTAI PEROKOK INDONESIA dan memenangkan PEMILU. “Sekitar 31,4 persen atau 72,8 juta jiwa penduduk Indonesia adalah perokok,” ungkap Tjandra Yoga Aditama, dokter ahli paru-paru dari Rumah Sakit Persahabatan. Bila perokok indonesia bikin partai akan bisa memenangkan pemilu, karena sekitar 31% penduduk indonesia adalah perokok…Minimal dapat kursi di DPR

Jika mengarah pada konsep agama, hukum haram minuman keras dan judi itu dikarenakan antara manfaat dan mudharatnya lebih besar mudhratnya,

Allah berfirman : Mereka bertanya kepadamu tentang Khamar dan judi, katakanlah, pada keduanya terdapat dosa besar dan manfaat bagi manusia, tetapi dosanya ( mudharat ) ) lebih besar dari manfaatnya. ( Q.S Al Baqarah 219 )

Pertanyaan ? Didalam rokok itu antara manfaat dan mudharatnya itu banyak mana ? ekonomi, kesehatan, DLL ?? Silahkan anda jawab ?

Jawaban : Kalau enggak merokok Bibir kecut, apalagi jika abis makan, Wong kalau enggak merokok tidak ada inspirasi untuk berkarya, Wong kalau ga merokok aku nggak pede..Wong aku beli rokok pakai duit sendiri DLL ??

Page 14: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

ATAU JAWABAN ANDA LAIN ?

Page 15: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi
Page 16: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

MANFAAT LAIN DARI MEROKOK:

Awet muda.

Menghemat biaya belanja kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

Mencegah maling masuk ke rumah perokok.

Mencerdaskan anak bangsa

Memberikan income besar untuk negara.

Page 17: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

GAMBAR PERBANDINGAN ORGAN TUBUH YANG SEHAT DENGAN YANG SAKIT

Page 18: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

Berikut tips untuk membantu remaja agar dapat menjauhi rokok:

1. Pahami ketertarikan yang dapat ditimbulkan oleh rokok.Terkadang remaja melihat rokok sebagai suatu bentuk pemberontakan atau sebagai cara untuk dapat diterima oleh teman-temannya. Untuk mengetahui lebih jelas ajaklah anak berdiskusi mengenai rokok termasuk pandangannya mengenai rokok tersebut.

2. Katakan tidak pada rokok.Mungkin terkadang para orang tua merasa bahwa anak tidak pernah mendengarkan ucapan mereka, tetapi jangan patah semangat. Tetaplah katakan tidak pada rokok & bilang bahwa tindakan tersebut tidak dapat diterima oleh anda.

3. Berikan contoh yang baik.Anak biasanya akan meniru tindakan orang terdekatnya, jadi apabila orang tua melarang anaknya untuk merokok, sebaiknya mereka pun juga tidak mengkonsumsi rokok.

Page 19: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

4. Rokok bukanlah hal yang keren.Tunjukkan pada anak bahwa merokok bukanlah sesuatu hal yang keren atau dapat dibanggakan. Rokok dapat membuat nafas menjadi bau, membuat gigi menjadi kuning, menyebabkan batuk & kehilangan tenaga untuk dapat melakukan aktifitas olahraga ataupun kegiatan lain.

5.Rokok membuang uang.Merokok merupakan hal yang mahal. Bantu anak untuk menghitung pengeluaran yang harus dilakukan apabila mengkonsumsi rokok selama seminggu, sebulan ataupun setahun. Bandingkan uang tersebut dengan barang elektronik ataupun barang lain yang dapat diperoleh apabila tidak merokok.

6. Pahami tekanan dari teman sebaya.Adanya teman yang merokok dapat mempengaruhi anak. Berikan mereka kepercayaan diri untuk dapat bersosialisasi dengan teman mereka tanpa merokok.

Page 20: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

7. Tangani kecanduan akibat rokok dengan serius.Banyak remaja yang percaya bahwa mereka dapat berhenti merokok kapanpun mereka mau, tetapi kenyataannya nikotin dapat membuat mereka menjadi kecanduan sama seperti pada orang dewasa.

8. Berikan gambaran mengenai masa depan mereka.Anak-anak cenderung percaya bahwa mereka tidak akan terkena dampak buruk dari rokok. Tetapi masalah kesehatan seperti kanker, serangan jantung & stroke sangat beresiko dialami oleh mereka yang merokok. Berilah contoh orang yang anda kenal yang menderita karena rokok.

9. Awasi penggunaan produk bertembakau lainnyaBanyak jenis produk bertembakau lainnya yang dianggap lebih aman daripada rokok. Tetapi sebenarnya produks tersebut sama saja dengan rokok, dapat menimbulkan ketergantungan serta bahaya kesehatan yang sama.

10. Ikut terlibat secara aktif.Aktiflah untuk ikut terlibat dalam kegiatan pencegahan rokok baik di sekolah ataupun lingkungan rumah.

Page 21: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

Apabila remaja sudah terlanjur untuk merokok, jangan mengancam dengan memberi ultimatum untuk berhenti merokok. Sebaiknya dukung dia, cari tahu alasan kenapa mereka merokok kemudian diskusikan mengenai langkah yang dapat diambil untuk membantu mereka berhenti merokok.

Page 22: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

CARA BERHENTI MEROKOK Niat yang sungguh-sungguh untuk berhenti merokok. Belajar membenci rokok Bergaulah dengan orang yang tidak merokok Sering-sering pergi ke tempat yang ruangannya ber-AC Pindahkan semua barang-barang yang berhubungan

dengan rokok. Jika ingin merokok, tundalah 10 menit lagi. Beritau teman dan orang terdekat kalau kita ingin

berhenti merokok. Kurangi merokok sedikit demi sedikit. Hilangkan kebiasaan Bengong atau menunggu. Sering-seringlah pergi ke rumah sakit, agar tau

pentingnya kesehatan. Cari pengganti rokok, misalnya permen dan lain - lain Coba dan coba lagi jika masih gagal.

Page 23: 2011 31-062 (Ana Shofiyana Qori) Layanan Konsultasi

TERIMA KASIH