2011-2-01070-PS Abstrak001

1
I PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA PSIKOLOGI DI UNIVERSITAS BINA NUSANTARA DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA STEFANUS – 1200971572 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi berprestasi mahasiswa Psikologi Universitas Bina Nusantara. Pola Asuh orang tua dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu Permissive, Authoritarian, dan Authoritative. Pengukuran motivasi berprestasi dilakukan melalui adaptasi kuesioner dari Pratiwi Widyasari, M.Psi. yang terdiri dari 35 item dan untuk pengukuran pola asuh dilakukan melalui adaptasi kuesioner Parental Authority Questionnaire yang dikembangkan oleh John Buri yang terdiri dari 30 item. Total responden yang berpartisipasi sebanyak 105 mahasiswa aktif dalam jurusan Psikologi di Universitas Bina Nusantara. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan motivasi berprestasi mahasiswa Psikologi di Universitas Bina Nusantara ditinjau dari pola asuh orang tua. Mahasiswa yang dibesarkan dengan pola asuh Authoritative memiliki motivasi berprestasi yang lebih tinggi dari pada mahasiswa yang dibesarkan dengan pola asuh Authoritarian dan Permissive. Namun tidak ditemukan adanya perbedaan yang signifikan antara motivasi berprestasi mahasiswa yang dibesarkan dengan pola asuh Authoritarian dan Permissive. Kata Kunci: Motivasi Berprestasi, Mahasiswa Psikologi, Pola Asuh, Auhoritative, Permissive, Authoritarian.

description

Abstrak

Transcript of 2011-2-01070-PS Abstrak001

Page 1: 2011-2-01070-PS Abstrak001

I

PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA PSIKOLOGI DI

UNIVERSITAS BINA NUSANTARA DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG

TUA

STEFANUS – 1200971572

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi berprestasi mahasiswa Psikologi Universitas Bina Nusantara. Pola Asuh orang tua dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu Permissive, Authoritarian, dan Authoritative.

Pengukuran motivasi berprestasi dilakukan melalui adaptasi kuesioner dari Pratiwi Widyasari, M.Psi. yang terdiri dari 35 item dan untuk pengukuran pola asuh dilakukan melalui adaptasi kuesioner Parental Authority Questionnaire yang dikembangkan oleh John Buri yang terdiri dari 30 item. Total responden yang berpartisipasi sebanyak 105 mahasiswa aktif dalam jurusan Psikologi di Universitas Bina Nusantara.

Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan motivasi berprestasi mahasiswa Psikologi di Universitas Bina Nusantara ditinjau dari pola asuh orang tua. Mahasiswa yang dibesarkan dengan pola asuh Authoritative memiliki motivasi berprestasi yang lebih tinggi dari pada mahasiswa yang dibesarkan dengan pola asuh Authoritarian dan Permissive. Namun tidak ditemukan adanya perbedaan yang signifikan antara motivasi berprestasi mahasiswa yang dibesarkan dengan pola asuh Authoritarian dan Permissive.

Kata Kunci: Motivasi Berprestasi, Mahasiswa Psikologi, Pola Asuh, Auhoritative, Permissive, Authoritarian.