(179089136) Jago Presentasi Dengan PowerPoint 2007

13
1 1 Pengenalan PowerPoint PowerPoint merupakan bagian dari Microsoft Office dan ditujukan untuk keperluan presentasi. Selain membuat slide presentasi, aplikasi Microsoft Office PowerPoint 2007 juga dapat digunakan untuk menyusun modul presentasi versi cetak. Presentasi Pembicara Audiens Presenta si versi cetak Presentasi oleh pembicara

Transcript of (179089136) Jago Presentasi Dengan PowerPoint 2007

Pengenalan PowerPoint

PowerPoint merupakan bagian dari Microsoft Office dan ditujukan untuk keperluan presentasi. Selain membuat slide presentasi, aplikasi Microsoft Office PowerPoint 2007 juga dapat digunakan untuk menyusun modul presentasi versi cetak.

Presentasi

Pembicara

2

Audiens

Presentasi versi cetak

Presentasi oleh pembicara

1.1 Menggunakan PowerPoint

Pastikan dalam komputer sudah terinstal Microsoft Office Power- Point 2007. Setelah itu, lakukan langkah berikut untuk menja- lankan PowerPoint pada Windows Vista.

1. Klik tombol Start pada desktop lalu pilih menu All Programs.

2. Pada folder Microsoft Office, pilih Microsoft Office PowerPoint2007.

1

2

Sedangkan pada Windows XP, caranya juga mirip sebagai berikut:

1. Klik tombol Start pada desktop.

2. Pilih menu All Programs > Microsoft Office > Microsoft OfficePowerPoint 2007.

2

1

Maka aplikasi PowerPoint akan dijalankan. Berikut antarmuka(interface) pada PowerPoint.

Ribbon

Quick accessToolbar

Group

Group

Slide pane

Tab

Office button

1

Notes pane 2

ZoomStatus bar Views

Setelah PowerPoint dijalankan, lakukan praktek membuat slide presentasi sederhana sebagai berikut.

1. Lakukan klik pada Click to add title. Ketikkan judul presentasi:Kewirausahaan di Tengah Krisis.

2. Lakukan klik pada Click to add subtitle. Ketikkan tulisan: Presentasi. Tekan Enter keyboard lalu lanjutkan dengan mengetik tanggal presentasi: 24 Maret 2009.

3. Tambahkan slide baru dengan cara klik kanan pada slide di sebelah kiri lalu pilih menu New Slide.

3

4. Maka akan muncul slide baru sehingga jumlah slide berubah dari satu menjadi dua. Perhatikan bahwa format pada slide baru sedikit berbeda dengan slide sebelumnya. Ini terjadi karena slide ini menggunakan layout untuk isi, sedangkan slide yang pertama menggunakan layout untuk judul.

5

45

5. Ketik tulisan untuk judul slide pada Click to add title. Lan- jutkan dengan mengetikkan isi slide pada Click to add text. Berikut tampilan slide setelah diedit.

5

6. Simpan presentasi ke dalam file baru. Caranya, klik tombolOffice button lalu pilih menu Save.

6

7. Pada File name, ketikkan nama file baru untuk menyimpan file presentasi. Pada contoh ini, digunakan nama Kewirausahaan di Tengah Krisis. Format file yang digunakan adalah .pptx atau merupakan format baku (default) untuk file PowerPoint2007.

8. Klik tombol Save.

7

8

9. Anda dapat menutup file yang sedang dibuka dengan meng- klik tombol Office button di bagian kiri atas aplikasi PowerPoint 2007. Setelah itu, pilih menu Close.

10. Anda juga dapat membuka kembali file yang telah disimpan pada langkah kedelapan. Pada contoh ini, file C:\umbrella\Kewirausahaan di Tengah Krisis.pptx dibuka melalui Windows Explorer.

9

10

1.2 Struktur Presentasi

Presentasi terdiri atas beberapa slide (halaman presentasi) yang ditampilkan satu demi satu oleh pembicara di hadapan audien. Untuk melakukan presentasi, biasanya digunakan proyektor atau monitor dengan ukuran besar.

Sang pembicara akan melakukan presentasi dan menerangkan dari slide pertama, kedua, begitu seterusnya hingga semua slide selesai dipresentasikan. Agar lebih jelas, Anda dapat melihat gambaran struktur presentasi sebagai berikut.

Efek TransisiFile JPG, video , web

File JPG, video , web

File JPG, video , web

Efek TransisiSlide (1)

Slide (2)

Slide (3, dst..)

TeksTeksTeks

GambarGambarGambar

SuaraVideoSuaraVideoSuaraVideo

Perhatikan bahwa dalam sebuah slide bisa terdapat gambar, suara, video, dan efek animasi. Selain itu, pada slide juga dapat dima- sukkan hyperlink yang dapat membuka halaman web, program, dan file yang dibutuhkan dengan cara mengklik link pada slide. Sedangkan efek transisi merupakan animasi yang akan muncul selama terjadi pergantian slide selama presentasi. Kemampuan aplikasi PowerPoint 2007 untuk menghasilkan presentasi dengan efek dan fasilitas yang menarik akan dibahas tuntas dalam buku ini.

***