16097757 Kaumkaum Yang Telah Dibinasakan 6

2
  permusuhan terhadap mereka. Karena keberaniannya, merekapun mengundang kemurkaan Allah kepada mereka.dan merekapun telah disapu bersih dari muka bumi. Al Qur’an menceritakan kepada kita bahwa peristiwa-peristiwa penghancuran ini hendaknya men jad i per ing aatan bag i gen era si ber iku tny a. Seb aga i con toh , tep at set ela h pen gga mba ran da ri hukuman yang diberikan kepada sekelompok orang Yahudi yang menentang Allah, disini dikatakan dalam Al Qur’an : “Maka Kami jadikan yang demikian itu peringatan bagi orang-orang di masa itu, dan bagi mereka yang datang kemudian, serta menjadi pelajaran bagi orang-orang yang bertaqwa. (QS Al Baqarah 66). Dalam buku ini, kita akan menelaah tentang masyarakat-masyarakat di masa lampau yang telah dihancurkan karena penentangan mereka terhadap Allah. Tujuan kita adalah untuk menyoroti semua  peristiwa ini, setiap peristiwa yang merupakan “peringatn bagi mereka di masa itu”, sehingga mereka dapat menjadikannya sebagai sebuah “peringatan”. Alasan kedua kita mempelajari penghancuran ini adalah untuk menunjukkan bahwa apa yang diungkapkan dalam ayat-ayat Al Qur’an benar-benar terjadi di dunia dan menunjukkan keautentikan (kebenaran/kesahihan) cerita-cerita dalam Al Qur’an. Di dalam Al Qur’an, Allah menjamin bahwa ayat- ayat -Nya dapat diamat i di dalam konte ks duni a luar . “Dan katakan lah: “Sega la puji bagi Allah, Dia akan memperlihatkan kepadamu tanda-tanda kebesarnan-Nya, maka kamu akan mengetahuinya. (QS.An Naml: 93)”. Dan mengatahui serfta mengidentifikasi itu semua merupakan salah satu jalan utama yang membimbing kepada keimanan. Hampir semua peristiwa penghancuran yang diceritakan dalam al Qur’an telah menjadi “dapat dilihat (observable)” dan dapat “dikena li (identifiable)” berkat berbagai penelitian terhadap asip yang dilakukan akhir-akhir ini serta temuan-temuan arkeologis. Dalam penelitian ini kita akan berhubungan deng an jejak -jejak dari beberapa peristiwa peng hanc uran yang disebutkan dalam Al Qur’an. (Ini haruslah dicatat bahwa beberapa kaum yang diceritakan dalam Al Qur’an belum seluruhnya termasuk dalam cakupan buku ini, karena di dalam Al Qur’an tidak terdapat waktu dan tempat yang terperinci yan g dib eri kan ten tan g per ist iwa -pe ris tiwa ter seb ut, yan g hanya di seb utk an ten tan g per il aku  penentangan mereka dan kej ahatan terhadap Allah dan para nabi-Ny a, dan untuk bencana yang menimpa mer eka seb aga i aki bat dar i per il aku mer eka itu . Den gan demiki an, ora ng- ora ng di ser uka n unt uk mengambil sebuah peringatan/pelajaran dari mereka). Tujuan utama kita adalah untuk melihat berbagai kenyataan dalam Al Qur’an melalui berbagai  penemuan saat ini, sehingga menunjukkan kebenaran dari agama Allah kepada semua orang baik mereka yang telah beriman maupun yang tidak beriman. 6

description

sejarah

Transcript of 16097757 Kaumkaum Yang Telah Dibinasakan 6

  • permusuhan terhadap mereka. Karena keberaniannya, merekapun mengundang kemurkaan Allah kepada mereka.dan merekapun telah disapu bersih dari muka bumi.

    Al Quran menceritakan kepada kita bahwa peristiwa-peristiwa penghancuran ini hendaknya menjadi peringaatan bagi generasi berikutnya. Sebagai contoh, tepat setelah penggambaran dari hukuman yang diberikan kepada sekelompok orang Yahudi yang menentang Allah, disini dikatakan dalam Al Quran : Maka Kami jadikan yang demikian itu peringatan bagi orang-orang di masa itu, dan bagi mereka yang datang kemudian, serta menjadi pelajaran bagi orang-orang yang bertaqwa. (QS Al Baqarah 66).

    Dalam buku ini, kita akan menelaah tentang masyarakat-masyarakat di masa lampau yang telah dihancurkan karena penentangan mereka terhadap Allah. Tujuan kita adalah untuk menyoroti semua peristiwa ini, setiap peristiwa yang merupakan peringatn bagi mereka di masa itu, sehingga mereka dapat menjadikannya sebagai sebuah peringatan.

    Alasan kedua kita mempelajari penghancuran ini adalah untuk menunjukkan bahwa apa yang diungkapkan dalam ayat-ayat Al Quran benar-benar terjadi di dunia dan menunjukkan keautentikan (kebenaran/kesahihan) cerita-cerita dalam Al Quran. Di dalam Al Quran, Allah menjamin bahwa ayat-ayat-Nya dapat diamati di dalam konteks dunia luar. Dan katakanlah: Segala puji bagi Allah, Dia akan memperlihatkan kepadamu tanda-tanda kebesarnan-Nya, maka kamu akan mengetahuinya. (QS.An Naml: 93).

    Dan mengatahui serfta mengidentifikasi itu semua merupakan salah satu jalan utama yang membimbing kepada keimanan.

    Hampir semua peristiwa penghancuran yang diceritakan dalam al Quran telah menjadi dapat dilihat (observable) dan dapat dikenali (identifiable) berkat berbagai penelitian terhadap asip yang dilakukan akhir-akhir ini serta temuan-temuan arkeologis. Dalam penelitian ini kita akan berhubungan dengan jejak-jejak dari beberapa peristiwa penghancuran yang disebutkan dalam Al Quran. (Ini haruslah dicatat bahwa beberapa kaum yang diceritakan dalam Al Quran belum seluruhnya termasuk dalam cakupan buku ini, karena di dalam Al Quran tidak terdapat waktu dan tempat yang terperinci yang diberikan tentang peristiwa-peristiwa tersebut, yang hanya disebutkan tentang perilaku penentangan mereka dan kejahatan terhadap Allah dan para nabi-Nya, dan untuk bencana yang menimpa mereka sebagai akibat dari perilaku mereka itu. Dengan demikian, orang-orang diserukan untuk mengambil sebuah peringatan/pelajaran dari mereka).

    Tujuan utama kita adalah untuk melihat berbagai kenyataan dalam Al Quran melalui berbagai penemuan saat ini, sehingga menunjukkan kebenaran dari agama Allah kepada semua orang baik mereka yang telah beriman maupun yang tidak beriman.

    6